Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

saya setuju ma pak turbo.. liat2 tanjak'an nya..

kl miring sekali ya common sense.. mundur lah.. tp mundur nya ngeblong kaga..

mmh.. coba ama mobil sejenis aja bro..

waktu itu sy jg ada sempet nyoba ama mobil sejenis.. mundur dikit.. ngga ngeblong kyk crv saya -_-" untung uda laku.. hehehe..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

calvin99 wrote:kebetulan lagi bahas matic mundur nih...
kemaren juga kebetulan tes mobil punya saudara..ternyata juga mundur tuh ditanjakan..

emang sebenernya boleh mundur ato kaga sih? kok banyak yg gw denger2 kalo matic sehat itu harusnya gak boleh mundur kalo brenti di tanjakan.

PPT, pencerahan lagi donk..hehe
IMHO, mundur atau enggaknya tergantung banyak faktor bro:
1. tingginya tanjakan
2. kondisi transmisi mobil
3. berat mobil
4. mesin mobil
5. dll

walaupun matic sehat, tapi kalo tanjakan terlalu curam dan beban mobil besar (penumpang full), ya bisa mundur juga bro dan itu normal bukan karena matiknya lemah.

tipe dan besar mesin mobil juga pengaruh misalnya di tanjakan yang sama, toyota landcruiser turbodiesel mungkin gak mundur dibanding dengan rush misalnya walaupun berat landcruiser hampir 2xnya rush :D
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Cara kerja KOPLING MATIC itu menggunakan ATF ... ada TIGA komponen utama ... STATOR ... TURBIN dan IMPELLER.

IMPELLER dihubungkan dengan FLYWHEEL dan berfungsi sebagai POMPA ATF (ATF diambil dari karter ATF) ... lalu ATF ini akan menggerakkan TURBINE yang disambungkan ke system transmisi OTOMATIK. ATF dari TURBINE ini akan mengalir kembali masuk ke IMPELLER melalui STATOR dan terus didinginkan (disalurkan ke RADIATIOR atau ATF COOLER). Dari ATF COOLER kembali lagi ke Karter ATF.

PUTARAN TURBINE akan lebih kecil dari IMPELLER. Ini yang memungkinkan ATF tetap dapat bersirkulasi. PADA SAAT MASUK ke D (Drive) dan pedal REM diinjak (mobil gak bergerak) ... IMPELLER akan tetap memompa ATF masuk ke TURBINE.

Walaupun mobil MUNDUR pada saat posisi di D (Drive) ... TURBINE yang bergerak berlawanan arah dengan IMPELLER(KECEPATANNYA RENDAH) ... OLI ATF akan tetap bersirkulasi ... Kagak ada yang rusak.

COBA lakukan berjalan pada jalan rata kemudian menanjak semakin tinggi ... tapi dengan pedal gas dilepas ... pada saat datar ... boil akan berjalan pelan-pelan ... saat mulai nanjak akan berkurang kecepatannya ... jika tanjakan semakin tinggi maka kecepatan boil akan berkurang dan pada tanjakan tertentu boil akan berhenti ... dimana power yang tersalurkan ke RODA berada setimbang dengan GRAVITASI dalam arah kemiringan tanjakan. APABILA TANJAKAN DI PERTAJAM LAGI ... maka Gravitasi lebih besar dari Power yang tersedia ... TENTUNYA BOIL AKAN MUNDUR ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

johnlegend wrote:saya setuju ma pak turbo.. liat2 tanjak'an nya..

kl miring sekali ya common sense.. mundur lah.. tp mundur nya ngeblong kaga..

mmh.. coba ama mobil sejenis aja bro..

waktu itu sy jg ada sempet nyoba ama mobil sejenis.. mundur dikit.. ngga ngeblong kyk crv saya -_-" untung uda laku.. hehehe..
Jangankan CRV ... BMW 3 series AMG ... juga ngeblong ... lebih parah dari CRV ... hahahahahahhahaha ... jadi sebenarnya NORMAL ... BERGANTUNG KEPADA POWER PADA SAAT PEDAL GAS DILEPAS, DESIGN TORQUE CONVERTER dan KECURAMAN TANJAKAN.

BOIL dibawah pun kalau ditanjakan 30 derajad dan gas dilepas ... MUNDUR JUGAK ... sekiranya kemiringan lebih kecil dari itu ... kagak mundur.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

TORQUE CONVERTER
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

CONTOH GAMBLANGNYA ADALAH DUA BUAH KIPAS ANGIN seperti berikut. SATU dinyalain ... yang didepan akan ikut muter cuman kecepatan putarnya nya berbeda. Kondisi tersebut disebut dengan Selip (SLIP) ... hal ini merugikan ... untuk menanggulangi hal tersebut ... generasi baru trnasmiri matic udah menggunakan LOCK UP systems ... pada kondisi kecepatan tertentu sehingga antara TURBINE dengan IMPELLER kecepatan putarnya sama ... memperkecil hilangnya tenaga di transmisi.

Seandainya kipas yang gak disambung ke colokan listrik DIPUTAR berlawanan arah dengan kipas yang dicolokin ke listrik ... kira-kira ada yang GAK SEHAT atau RUSAK ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

weleh.. panjang amat penjelasan nya..

pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..

sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..

pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..

nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..

ada penjelasan kaga nih?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

johnlegend wrote: pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..

nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..

ada penjelasan kaga nih?
Coba di cek oli ATF nya oom, kapan terakhir ganti ? :D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

uda dijual semua pak.. hehehe.. cuman bagi pengamalan aja :P
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

johnlegend wrote:weleh.. panjang amat penjelasan nya..

pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..

sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..

pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..

nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..

ada penjelasan kaga nih?

odyssey juga sama, kayaknya honda memang gitu kali.
inova gak mundur kalo di carport.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

johnlegend wrote:weleh.. panjang amat penjelasan nya..

pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..

sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..

pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..

nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..

ada penjelasan kaga nih?
Kalau udah dibandingin 2 boil yang sama ... yang satu mundur dikit ... dan yang satu mundur ngeblong ... berarti seperti bung Turboman bilang ... Check ATF nya ... sudah mengalami degradasi ... perlu diganti (kuras habis) ... masalahe ... boil nya udah dijual semua ... tinggal ngisep jempol aja.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

handling wrote:
johnlegend wrote:weleh.. panjang amat penjelasan nya..

pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..

sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..

pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..

nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..

ada penjelasan kaga nih?

odyssey juga sama, kayaknya honda memang gitu kali.
inova gak mundur kalo di carport.
Kalau cuman di carport mundur juga ... berarti Design Transmisinya ... atau ... ATF nya Honda yang lain dari yang lain.
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

PenyuTurbo wrote:
johnlegend wrote:weleh.. panjang amat penjelasan nya..

pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..

sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..

pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..

nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..

ada penjelasan kaga nih?
Kalau udah dibandingin 2 boil yang sama ... yang satu mundur dikit ... dan yang satu mundur ngeblong ... berarti seperti bung Turboman bilang ... Check ATF nya ... sudah mengalami degradasi ... perlu diganti (kuras habis) ... masalahe ... boil nya udah dijual semua ... tinggal ngisep jempol aja.
iya bos.. tinggal bayangin tar yg pake mobil gw gimana.. hehehe..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

johnlegend wrote:iya pak turbo.. saya bandingin antara crv, gl, sx4..

sx4 berat nya diatas 1ton lho.. tepat nya ngga tau.. saya coba kemiringan nya di car port rumah.. ngga terlalu curam kok..

GL rada mundur.. tp ngga se-blong crv saya pak..
waduh gawat nih...besok test ah... :shock:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

tadi gw baca2 nih di internet, katanya gini...

__________________
Q : Question
A : Answer

Q. Is it true that it is not advisable to "free"the gear at N and let the vehicle roll slowly when approaching a traffic light?

A. It is not advisable to shift to N while on the move as this may damage the internal parts of the device. When engaged at N, deceleration will allow the output shaft to overrun the hydraulic clutches and the gear trains of the gearbox. All hydraulic clutches at this gear will be at a disengaged position. The driving and driven plates will be separated slightly as they rub against one another, causing premature wear and tear. At D position, the governor or speeds sensor in the Electronic Control Transmission is still in operation. There will then be an automatic downshift, also known as coast downshift, to give better control of the vehicle and engine braking.
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Hansen wrote:tadi gw baca2 nih di internet, katanya gini...

__________________
Q : Question
A : Answer

Q. Is it true that it is not advisable to "free"the gear at N and let the vehicle roll slowly when approaching a traffic light?

A. It is not advisable to shift to N while on the move as this may damage the internal parts of the device. When engaged at N, deceleration will allow the output shaft to overrun the hydraulic clutches and the gear trains of the gearbox. All hydraulic clutches at this gear will be at a disengaged position. The driving and driven plates will be separated slightly as they rub against one another, causing premature wear and tear. At D position, the governor or speeds sensor in the Electronic Control Transmission is still in operation. There will then be an automatic downshift, also known as coast downshift, to give better control of the vehicle and engine braking.
mmh.. baru cari2 di internet jg.. kok ada yg bilang gpp yah? katanya untuk save fuel..

yg ngga boleh/ngga disarankan itu kalo kita cruising.. trus kita pindah N.. trus mobil masi jalan.. kita masuk'in D lagi.. katanya yg ngerusak pas kita masuk'in k D nya.. ngga tau bener kaga.. -_-"
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

yg KATAnya gpp tuh kl kita emang rencana mo berhenti.. kyk waktu di traffic light, mo berhenti.. trus kita pindahin k N.. itu kata nya (KATAnya) gpp..

tp for me personally.. ngga worth deh.. mending jgn maen2 ama transmisi.. lebi mahal benerin nya dari pada beli bensin bro.. (ini pendapat pribadi lhoo..)
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

pas di traffic light kalo main di 'D' sambil injek rem itu yg terjadi didalam transmisi gmn ya? kok gue ngerasa kasihan, boil mau maju tapi ditahan, habis ktnya gakboleh N. please infonya
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

dion wrote:pas di traffic light kalo main di 'D' sambil injek rem itu yg terjadi didalam transmisi gmn ya? kok gue ngerasa kasihan, boil mau maju tapi ditahan, habis ktnya gakboleh N. please infonya
Yang terjadi ATF nya tambah panas ... tapi ini gak jadi masalah karena ATF didinginkan melalui radiator atau Cooler tersendiri (jika ada) ... namun demikian disarankan sekiranya berhentinya lebih dari satu atau dua menit ... Shift ke "N" untuk mengurangi peningkatan temperature pada ATF ... bertujuan untuk memperpanjang umur ATF.

Untuk boil yang yang udah ada transmission electronic control nya ... maka pada saat di traffic light ... jika melebihi 1 menit ... maka komputer akan shift ke "N" secara otomotatis ... dengan memberikan signal visual dan beep sound kepada pengemudi ... contohnya di boil Alfa Romeo Generasi baru.
Image
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

thanks bro atas penjelasannya. nah sekarang balik lagi ke article sebelumnya, yang gakboleh di 'N' itu kondisi apa saja?
1. turunan
2. geber2 gas (katanya sering dilakukan di bengkel (?))

apa yg terjadi dg ATF, stator, impeler dan turbin seperti yg bro penyu jelaskan sebelumnya?
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

yg gw tau si kl mobil uda jalan.. trus kita pindahin N trus balik'in lagi k D.. ini yg kaga boleh.. *katanya lho*
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Tentang Shifting Automatic Transmission

1. Yang Gak Boleh SHIFTING waktu Berlajan adalah ke POSISI “P” (Parking) … disebabkan mekanisme Posisi Parking ini menggunakan perangkat Mekanis (bukan Hidrolik) … Jika dalam keadaan berjalan … kemudian langsung masuk ke “P” … bisa Rompal Tuas/Pin dan Gigi-Gigi nya (Notches) … Lihat Gambar.

2. Pada Waktu berjalan maju … tidak boleh langsung SHIFT ke POSISI “R” (Mundur) … walaupun mekanisme ini dilakukan secara hidrolik … yang akan terjadi ATF akan over heated (kepanasan) dan kemungkinan akan terbakar (Oksidasi) membentuk kerak-kerak Halus. Kerak-kerak (kotoran) ini yang akan menyebabkan Clutch Plate cepat terkikis Habis. Disamping Clutch Plate terkikis habis … kotoran (kerak) ini juga akan bisa nyumbat saluran ATF yang ada di Valve Body sehingga sehingga GEAR gak akan ENGAGE. Jadi inget waktu itu ada orang tua manggil untuk ndorong mundur boil CIVIC matic-nya … karena gigi “R” nya gak bisa Engage … walaupun di gas boil gak mundur … tapi kalau maju bisa. Tak suruh pergi bengkel … ganti ATF dulu dan setelah ada duit Flush itu ATF dah kotor buanget. Setelah ganti ATF … isa mundur lagi … sebulan kemudian FLUSH ATF … jadi smooth lagi.

3. Setiap perpindahan GIGI, maka akan selalu ada perenggangan dan penempelan system clutch plate sesuai dengan GIGI yang bersangkutan. Kebersihan ATF adalah diutamakan untuk meminimalkan keausan pada Clutch Plate. Ini berarti Seringnya memindahkan Gigi dari Posisi satu ke posisi lainnya akan juga memberikan percepatan pada keausan Clutch Plate.

4. Mengingat dari Point 3 diatas … adalah tidak mengapa memindahkan Gigi dari D ke posisi “N” (waktu berjalan) … tentunya pemindahan posisi ini akan diikuti dengan perenggangan Clutch Plate … dan tentu saja pedal gas mesti dilepas … kalau gak RPM akan tinggi dan kenceng suaranya. Konsekwensinya … Lihat Point 3.

5. Pemindahan gigi dari D ke N ini sering dilakukan oleh para motorist di Amrik untuk menyiasati penghematan Konsumsi BBM. Cuman mesti ada Trick untuk mengembalikan Gigi dari posisi “N” ke posisi “D” (waktu berjalan tentunya). Contohnya Boil berjalan pada kecepatan 70 km/h … masuk ke N … pedal gas dilepas supaya RPM ke posisi IDLE… untuk memasukkan ke D … kaki pedal gas siap-siap …lalu masukkan ke D terus injak pedal gas … sampai ke rpm 2000 ke 3000.

6. Kalau cuman mindahin Gigi dari D ke N menjelang Traffic Light … gak masalah.

7. Yang paling penting adalah jangan TELAT ganti ATF. Secara pribadi gw ganti bersamaan dengan ganti oli … kelihatannya mubazir … tapi hasilnya ampe sekarang smooth dan gak ada problem (udah 140 000 km) … shifting nya masih tetep kayak boil baru.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Tentang Parking ... walaupun Hand Brake gak digunakan juga gak apa apa ... kala tempatnya landai dan miring dikit ... kalau parking di tempat yang curam ... HARUS dan WAJIB dibantu dengan Hand Brake ... supaya Mekanisme Parking AT gak cepat jebol.
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL

Post by alim ulama »

PenyuTurbo wrote:Bros semua,

Gejala semakin macetnya di kota-kota besar dan perkembangan teknologi transmisi Kendaraan Bermotor ... maka mana yang lebih disukai ... Transmisi Automatic (MATIC) atau MANUAL ? dan apa yang melatar belakangi pilihan anda ?
kalo punya rejeki berlebih, mobil matic buat week days menerabas macetnya jakarta akibat baswei, week end car pake manual buat 'sensasi' ngebut.
tapi kalo rejeki masih sekedarnya (seperti keadaan saya skrg) for my money matic is a no brainer.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:
PenyuTurbo wrote:Bros semua,

Gejala semakin macetnya di kota-kota besar dan perkembangan teknologi transmisi Kendaraan Bermotor ... maka mana yang lebih disukai ... Transmisi Automatic (MATIC) atau MANUAL ? dan apa yang melatar belakangi pilihan anda ?
kalo punya rejeki berlebih, mobil matic buat week days menerabas macetnya jakarta akibat baswei, week end car pake manual buat 'sensasi' ngebut.
tapi kalo rejeki masih sekedarnya (seperti keadaan saya skrg) for my money matic is a no brainer.
Week End pun masih bisa makai Manual Triptonic ... cuman emang response perpindahan gigi gak segalak manual yang murni ... maklum pakai fluid.
Image