Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
IMHO, mundur atau enggaknya tergantung banyak faktor bro:calvin99 wrote:kebetulan lagi bahas matic mundur nih...
kemaren juga kebetulan tes mobil punya saudara..ternyata juga mundur tuh ditanjakan..
emang sebenernya boleh mundur ato kaga sih? kok banyak yg gw denger2 kalo matic sehat itu harusnya gak boleh mundur kalo brenti di tanjakan.
PPT, pencerahan lagi donk..hehe
1. tingginya tanjakan
2. kondisi transmisi mobil
3. berat mobil
4. mesin mobil
5. dll
walaupun matic sehat, tapi kalo tanjakan terlalu curam dan beban mobil besar (penumpang full), ya bisa mundur juga bro dan itu normal bukan karena matiknya lemah.
tipe dan besar mesin mobil juga pengaruh misalnya di tanjakan yang sama, toyota landcruiser turbodiesel mungkin gak mundur dibanding dengan rush misalnya walaupun berat landcruiser hampir 2xnya rush

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Cara kerja KOPLING MATIC itu menggunakan ATF ... ada TIGA komponen utama ... STATOR ... TURBIN dan IMPELLER.
IMPELLER dihubungkan dengan FLYWHEEL dan berfungsi sebagai POMPA ATF (ATF diambil dari karter ATF) ... lalu ATF ini akan menggerakkan TURBINE yang disambungkan ke system transmisi OTOMATIK. ATF dari TURBINE ini akan mengalir kembali masuk ke IMPELLER melalui STATOR dan terus didinginkan (disalurkan ke RADIATIOR atau ATF COOLER). Dari ATF COOLER kembali lagi ke Karter ATF.
PUTARAN TURBINE akan lebih kecil dari IMPELLER. Ini yang memungkinkan ATF tetap dapat bersirkulasi. PADA SAAT MASUK ke D (Drive) dan pedal REM diinjak (mobil gak bergerak) ... IMPELLER akan tetap memompa ATF masuk ke TURBINE.
Walaupun mobil MUNDUR pada saat posisi di D (Drive) ... TURBINE yang bergerak berlawanan arah dengan IMPELLER(KECEPATANNYA RENDAH) ... OLI ATF akan tetap bersirkulasi ... Kagak ada yang rusak.
COBA lakukan berjalan pada jalan rata kemudian menanjak semakin tinggi ... tapi dengan pedal gas dilepas ... pada saat datar ... boil akan berjalan pelan-pelan ... saat mulai nanjak akan berkurang kecepatannya ... jika tanjakan semakin tinggi maka kecepatan boil akan berkurang dan pada tanjakan tertentu boil akan berhenti ... dimana power yang tersalurkan ke RODA berada setimbang dengan GRAVITASI dalam arah kemiringan tanjakan. APABILA TANJAKAN DI PERTAJAM LAGI ... maka Gravitasi lebih besar dari Power yang tersedia ... TENTUNYA BOIL AKAN MUNDUR ...
IMPELLER dihubungkan dengan FLYWHEEL dan berfungsi sebagai POMPA ATF (ATF diambil dari karter ATF) ... lalu ATF ini akan menggerakkan TURBINE yang disambungkan ke system transmisi OTOMATIK. ATF dari TURBINE ini akan mengalir kembali masuk ke IMPELLER melalui STATOR dan terus didinginkan (disalurkan ke RADIATIOR atau ATF COOLER). Dari ATF COOLER kembali lagi ke Karter ATF.
PUTARAN TURBINE akan lebih kecil dari IMPELLER. Ini yang memungkinkan ATF tetap dapat bersirkulasi. PADA SAAT MASUK ke D (Drive) dan pedal REM diinjak (mobil gak bergerak) ... IMPELLER akan tetap memompa ATF masuk ke TURBINE.
Walaupun mobil MUNDUR pada saat posisi di D (Drive) ... TURBINE yang bergerak berlawanan arah dengan IMPELLER(KECEPATANNYA RENDAH) ... OLI ATF akan tetap bersirkulasi ... Kagak ada yang rusak.
COBA lakukan berjalan pada jalan rata kemudian menanjak semakin tinggi ... tapi dengan pedal gas dilepas ... pada saat datar ... boil akan berjalan pelan-pelan ... saat mulai nanjak akan berkurang kecepatannya ... jika tanjakan semakin tinggi maka kecepatan boil akan berkurang dan pada tanjakan tertentu boil akan berhenti ... dimana power yang tersalurkan ke RODA berada setimbang dengan GRAVITASI dalam arah kemiringan tanjakan. APABILA TANJAKAN DI PERTAJAM LAGI ... maka Gravitasi lebih besar dari Power yang tersedia ... TENTUNYA BOIL AKAN MUNDUR ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Jangankan CRV ... BMW 3 series AMG ... juga ngeblong ... lebih parah dari CRV ... hahahahahahhahaha ... jadi sebenarnya NORMAL ... BERGANTUNG KEPADA POWER PADA SAAT PEDAL GAS DILEPAS, DESIGN TORQUE CONVERTER dan KECURAMAN TANJAKAN.johnlegend wrote:saya setuju ma pak turbo.. liat2 tanjak'an nya..
kl miring sekali ya common sense.. mundur lah.. tp mundur nya ngeblong kaga..
mmh.. coba ama mobil sejenis aja bro..
waktu itu sy jg ada sempet nyoba ama mobil sejenis.. mundur dikit.. ngga ngeblong kyk crv saya -_-" untung uda laku.. hehehe..
BOIL dibawah pun kalau ditanjakan 30 derajad dan gas dilepas ... MUNDUR JUGAK ... sekiranya kemiringan lebih kecil dari itu ... kagak mundur.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
CONTOH GAMBLANGNYA ADALAH DUA BUAH KIPAS ANGIN seperti berikut. SATU dinyalain ... yang didepan akan ikut muter cuman kecepatan putarnya nya berbeda. Kondisi tersebut disebut dengan Selip (SLIP) ... hal ini merugikan ... untuk menanggulangi hal tersebut ... generasi baru trnasmiri matic udah menggunakan LOCK UP systems ... pada kondisi kecepatan tertentu sehingga antara TURBINE dengan IMPELLER kecepatan putarnya sama ... memperkecil hilangnya tenaga di transmisi.
Seandainya kipas yang gak disambung ke colokan listrik DIPUTAR berlawanan arah dengan kipas yang dicolokin ke listrik ... kira-kira ada yang GAK SEHAT atau RUSAK ?
Seandainya kipas yang gak disambung ke colokan listrik DIPUTAR berlawanan arah dengan kipas yang dicolokin ke listrik ... kira-kira ada yang GAK SEHAT atau RUSAK ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
weleh.. panjang amat penjelasan nya..
pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..
sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..
pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..
nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..
ada penjelasan kaga nih?
pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..
sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..
pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..
nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..
ada penjelasan kaga nih?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
johnlegend wrote:weleh.. panjang amat penjelasan nya..
pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..
sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..
pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..
nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..
ada penjelasan kaga nih?
odyssey juga sama, kayaknya honda memang gitu kali.
inova gak mundur kalo di carport.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau udah dibandingin 2 boil yang sama ... yang satu mundur dikit ... dan yang satu mundur ngeblong ... berarti seperti bung Turboman bilang ... Check ATF nya ... sudah mengalami degradasi ... perlu diganti (kuras habis) ... masalahe ... boil nya udah dijual semua ... tinggal ngisep jempol aja.johnlegend wrote:weleh.. panjang amat penjelasan nya..
pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..
sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..
pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..
nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..
ada penjelasan kaga nih?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau cuman di carport mundur juga ... berarti Design Transmisinya ... atau ... ATF nya Honda yang lain dari yang lain.handling wrote:johnlegend wrote:weleh.. panjang amat penjelasan nya..
pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..
sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..
pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..
nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..
ada penjelasan kaga nih?
odyssey juga sama, kayaknya honda memang gitu kali.
inova gak mundur kalo di carport.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
iya bos.. tinggal bayangin tar yg pake mobil gw gimana.. hehehe..PenyuTurbo wrote:Kalau udah dibandingin 2 boil yang sama ... yang satu mundur dikit ... dan yang satu mundur ngeblong ... berarti seperti bung Turboman bilang ... Check ATF nya ... sudah mengalami degradasi ... perlu diganti (kuras habis) ... masalahe ... boil nya udah dijual semua ... tinggal ngisep jempol aja.johnlegend wrote:weleh.. panjang amat penjelasan nya..
pak turbo.. sebelum adik saya ganti sx4.. di rumah ada 2crv..
sama2 taon nya.. yg punya adik saya.. terawattttt.. make nya ala cewek..
pas ditanjak'an car port.. yg punya saya.. pas ditest mundur ngeblong.. punya dd saya.. mundur jg.. tp ngga separah saya..
nah, kl sx4 yg baru.. sama sekali ngga mundur loh..
ada penjelasan kaga nih?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
tadi gw baca2 nih di internet, katanya gini...
__________________
Q : Question
A : Answer
Q. Is it true that it is not advisable to "free"the gear at N and let the vehicle roll slowly when approaching a traffic light?
A. It is not advisable to shift to N while on the move as this may damage the internal parts of the device. When engaged at N, deceleration will allow the output shaft to overrun the hydraulic clutches and the gear trains of the gearbox. All hydraulic clutches at this gear will be at a disengaged position. The driving and driven plates will be separated slightly as they rub against one another, causing premature wear and tear. At D position, the governor or speeds sensor in the Electronic Control Transmission is still in operation. There will then be an automatic downshift, also known as coast downshift, to give better control of the vehicle and engine braking.
__________________
Q : Question
A : Answer
Q. Is it true that it is not advisable to "free"the gear at N and let the vehicle roll slowly when approaching a traffic light?
A. It is not advisable to shift to N while on the move as this may damage the internal parts of the device. When engaged at N, deceleration will allow the output shaft to overrun the hydraulic clutches and the gear trains of the gearbox. All hydraulic clutches at this gear will be at a disengaged position. The driving and driven plates will be separated slightly as they rub against one another, causing premature wear and tear. At D position, the governor or speeds sensor in the Electronic Control Transmission is still in operation. There will then be an automatic downshift, also known as coast downshift, to give better control of the vehicle and engine braking.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
mmh.. baru cari2 di internet jg.. kok ada yg bilang gpp yah? katanya untuk save fuel..Hansen wrote:tadi gw baca2 nih di internet, katanya gini...
__________________
Q : Question
A : Answer
Q. Is it true that it is not advisable to "free"the gear at N and let the vehicle roll slowly when approaching a traffic light?
A. It is not advisable to shift to N while on the move as this may damage the internal parts of the device. When engaged at N, deceleration will allow the output shaft to overrun the hydraulic clutches and the gear trains of the gearbox. All hydraulic clutches at this gear will be at a disengaged position. The driving and driven plates will be separated slightly as they rub against one another, causing premature wear and tear. At D position, the governor or speeds sensor in the Electronic Control Transmission is still in operation. There will then be an automatic downshift, also known as coast downshift, to give better control of the vehicle and engine braking.
yg ngga boleh/ngga disarankan itu kalo kita cruising.. trus kita pindah N.. trus mobil masi jalan.. kita masuk'in D lagi.. katanya yg ngerusak pas kita masuk'in k D nya.. ngga tau bener kaga.. -_-"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
yg KATAnya gpp tuh kl kita emang rencana mo berhenti.. kyk waktu di traffic light, mo berhenti.. trus kita pindahin k N.. itu kata nya (KATAnya) gpp..
tp for me personally.. ngga worth deh.. mending jgn maen2 ama transmisi.. lebi mahal benerin nya dari pada beli bensin bro.. (ini pendapat pribadi lhoo..)
tp for me personally.. ngga worth deh.. mending jgn maen2 ama transmisi.. lebi mahal benerin nya dari pada beli bensin bro.. (ini pendapat pribadi lhoo..)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Yang terjadi ATF nya tambah panas ... tapi ini gak jadi masalah karena ATF didinginkan melalui radiator atau Cooler tersendiri (jika ada) ... namun demikian disarankan sekiranya berhentinya lebih dari satu atau dua menit ... Shift ke "N" untuk mengurangi peningkatan temperature pada ATF ... bertujuan untuk memperpanjang umur ATF.dion wrote:pas di traffic light kalo main di 'D' sambil injek rem itu yg terjadi didalam transmisi gmn ya? kok gue ngerasa kasihan, boil mau maju tapi ditahan, habis ktnya gakboleh N. please infonya
Untuk boil yang yang udah ada transmission electronic control nya ... maka pada saat di traffic light ... jika melebihi 1 menit ... maka komputer akan shift ke "N" secara otomotatis ... dengan memberikan signal visual dan beep sound kepada pengemudi ... contohnya di boil Alfa Romeo Generasi baru.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Tentang Shifting Automatic Transmission
1. Yang Gak Boleh SHIFTING waktu Berlajan adalah ke POSISI “P†(Parking) … disebabkan mekanisme Posisi Parking ini menggunakan perangkat Mekanis (bukan Hidrolik) … Jika dalam keadaan berjalan … kemudian langsung masuk ke “P†… bisa Rompal Tuas/Pin dan Gigi-Gigi nya (Notches) … Lihat Gambar.
2. Pada Waktu berjalan maju … tidak boleh langsung SHIFT ke POSISI “R†(Mundur) … walaupun mekanisme ini dilakukan secara hidrolik … yang akan terjadi ATF akan over heated (kepanasan) dan kemungkinan akan terbakar (Oksidasi) membentuk kerak-kerak Halus. Kerak-kerak (kotoran) ini yang akan menyebabkan Clutch Plate cepat terkikis Habis. Disamping Clutch Plate terkikis habis … kotoran (kerak) ini juga akan bisa nyumbat saluran ATF yang ada di Valve Body sehingga sehingga GEAR gak akan ENGAGE. Jadi inget waktu itu ada orang tua manggil untuk ndorong mundur boil CIVIC matic-nya … karena gigi “R†nya gak bisa Engage … walaupun di gas boil gak mundur … tapi kalau maju bisa. Tak suruh pergi bengkel … ganti ATF dulu dan setelah ada duit Flush itu ATF dah kotor buanget. Setelah ganti ATF … isa mundur lagi … sebulan kemudian FLUSH ATF … jadi smooth lagi.
3. Setiap perpindahan GIGI, maka akan selalu ada perenggangan dan penempelan system clutch plate sesuai dengan GIGI yang bersangkutan. Kebersihan ATF adalah diutamakan untuk meminimalkan keausan pada Clutch Plate. Ini berarti Seringnya memindahkan Gigi dari Posisi satu ke posisi lainnya akan juga memberikan percepatan pada keausan Clutch Plate.
4. Mengingat dari Point 3 diatas … adalah tidak mengapa memindahkan Gigi dari D ke posisi “N†(waktu berjalan) … tentunya pemindahan posisi ini akan diikuti dengan perenggangan Clutch Plate … dan tentu saja pedal gas mesti dilepas … kalau gak RPM akan tinggi dan kenceng suaranya. Konsekwensinya … Lihat Point 3.
5. Pemindahan gigi dari D ke N ini sering dilakukan oleh para motorist di Amrik untuk menyiasati penghematan Konsumsi BBM. Cuman mesti ada Trick untuk mengembalikan Gigi dari posisi “N†ke posisi “D†(waktu berjalan tentunya). Contohnya Boil berjalan pada kecepatan 70 km/h … masuk ke N … pedal gas dilepas supaya RPM ke posisi IDLE… untuk memasukkan ke D … kaki pedal gas siap-siap …lalu masukkan ke D terus injak pedal gas … sampai ke rpm 2000 ke 3000.
6. Kalau cuman mindahin Gigi dari D ke N menjelang Traffic Light … gak masalah.
7. Yang paling penting adalah jangan TELAT ganti ATF. Secara pribadi gw ganti bersamaan dengan ganti oli … kelihatannya mubazir … tapi hasilnya ampe sekarang smooth dan gak ada problem (udah 140 000 km) … shifting nya masih tetep kayak boil baru.
1. Yang Gak Boleh SHIFTING waktu Berlajan adalah ke POSISI “P†(Parking) … disebabkan mekanisme Posisi Parking ini menggunakan perangkat Mekanis (bukan Hidrolik) … Jika dalam keadaan berjalan … kemudian langsung masuk ke “P†… bisa Rompal Tuas/Pin dan Gigi-Gigi nya (Notches) … Lihat Gambar.
2. Pada Waktu berjalan maju … tidak boleh langsung SHIFT ke POSISI “R†(Mundur) … walaupun mekanisme ini dilakukan secara hidrolik … yang akan terjadi ATF akan over heated (kepanasan) dan kemungkinan akan terbakar (Oksidasi) membentuk kerak-kerak Halus. Kerak-kerak (kotoran) ini yang akan menyebabkan Clutch Plate cepat terkikis Habis. Disamping Clutch Plate terkikis habis … kotoran (kerak) ini juga akan bisa nyumbat saluran ATF yang ada di Valve Body sehingga sehingga GEAR gak akan ENGAGE. Jadi inget waktu itu ada orang tua manggil untuk ndorong mundur boil CIVIC matic-nya … karena gigi “R†nya gak bisa Engage … walaupun di gas boil gak mundur … tapi kalau maju bisa. Tak suruh pergi bengkel … ganti ATF dulu dan setelah ada duit Flush itu ATF dah kotor buanget. Setelah ganti ATF … isa mundur lagi … sebulan kemudian FLUSH ATF … jadi smooth lagi.
3. Setiap perpindahan GIGI, maka akan selalu ada perenggangan dan penempelan system clutch plate sesuai dengan GIGI yang bersangkutan. Kebersihan ATF adalah diutamakan untuk meminimalkan keausan pada Clutch Plate. Ini berarti Seringnya memindahkan Gigi dari Posisi satu ke posisi lainnya akan juga memberikan percepatan pada keausan Clutch Plate.
4. Mengingat dari Point 3 diatas … adalah tidak mengapa memindahkan Gigi dari D ke posisi “N†(waktu berjalan) … tentunya pemindahan posisi ini akan diikuti dengan perenggangan Clutch Plate … dan tentu saja pedal gas mesti dilepas … kalau gak RPM akan tinggi dan kenceng suaranya. Konsekwensinya … Lihat Point 3.
5. Pemindahan gigi dari D ke N ini sering dilakukan oleh para motorist di Amrik untuk menyiasati penghematan Konsumsi BBM. Cuman mesti ada Trick untuk mengembalikan Gigi dari posisi “N†ke posisi “D†(waktu berjalan tentunya). Contohnya Boil berjalan pada kecepatan 70 km/h … masuk ke N … pedal gas dilepas supaya RPM ke posisi IDLE… untuk memasukkan ke D … kaki pedal gas siap-siap …lalu masukkan ke D terus injak pedal gas … sampai ke rpm 2000 ke 3000.
6. Kalau cuman mindahin Gigi dari D ke N menjelang Traffic Light … gak masalah.
7. Yang paling penting adalah jangan TELAT ganti ATF. Secara pribadi gw ganti bersamaan dengan ganti oli … kelihatannya mubazir … tapi hasilnya ampe sekarang smooth dan gak ada problem (udah 140 000 km) … shifting nya masih tetep kayak boil baru.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
kalo punya rejeki berlebih, mobil matic buat week days menerabas macetnya jakarta akibat baswei, week end car pake manual buat 'sensasi' ngebut.PenyuTurbo wrote:Bros semua,
Gejala semakin macetnya di kota-kota besar dan perkembangan teknologi transmisi Kendaraan Bermotor ... maka mana yang lebih disukai ... Transmisi Automatic (MATIC) atau MANUAL ? dan apa yang melatar belakangi pilihan anda ?
tapi kalo rejeki masih sekedarnya (seperti keadaan saya skrg) for my money matic is a no brainer.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Week End pun masih bisa makai Manual Triptonic ... cuman emang response perpindahan gigi gak segalak manual yang murni ... maklum pakai fluid.alim ulama wrote:kalo punya rejeki berlebih, mobil matic buat week days menerabas macetnya jakarta akibat baswei, week end car pake manual buat 'sensasi' ngebut.PenyuTurbo wrote:Bros semua,
Gejala semakin macetnya di kota-kota besar dan perkembangan teknologi transmisi Kendaraan Bermotor ... maka mana yang lebih disukai ... Transmisi Automatic (MATIC) atau MANUAL ? dan apa yang melatar belakangi pilihan anda ?
tapi kalo rejeki masih sekedarnya (seperti keadaan saya skrg) for my money matic is a no brainer.
