BLAZER masih worthed gak? - Part 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
coment blazer
gw taon lalu bli blazer LT 98=75jt wajar g y??kondisinya sih mulus, km br 45000 asli, gw yakin asli coz bekas sodara gw n emang gw liat jarang dipake...
pengalaman gw setahun lbh bawa ada perbaikan2 ringan yang perlu dilakukan kyak ksi bering roda gemuk, ganti timing belt dkk, n ganti dinamo starternya...btw mau tanya nih, knp y klo ac gw matiin mesinnya langsung panas?apa blazer emang gt?
bagi2 info nie di bali ada bengkel kusus blazer di deket kampus udayana bukit, klo blazer loe ada masalah di bali bwa ksana aja....
pengalaman gw setahun lbh bawa ada perbaikan2 ringan yang perlu dilakukan kyak ksi bering roda gemuk, ganti timing belt dkk, n ganti dinamo starternya...btw mau tanya nih, knp y klo ac gw matiin mesinnya langsung panas?apa blazer emang gt?

bagi2 info nie di bali ada bengkel kusus blazer di deket kampus udayana bukit, klo blazer loe ada masalah di bali bwa ksana aja....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: coment blazer
Salam kenal bro blazy DK...Blazy DK wrote:btw mau tanya nih, knp y klo ac gw matiin mesinnya langsung panas?apa blazer emang gt?![]()
Langsung panas gimana maksudnya..? Jarum bergerak naik itu normal sampe titik tertentu.
Standardnya indikator tempratur blazer itu dari 80-102 C. Di titik 102 C fan akan nyala dan jarum indikator bergerak turun ke 80 derajat. Fan kemudian mati dan perlahan2 jarum indikator bergerak naik lagi. Dan turun lagi setelah 102C. Begitu terus. Yg membedakannya, kalo AC ON, suhu mesin agak lama baru menyentuh 102 (atau ada kemungkinan kalo cruising 80-110 kmh, tidak bergerak naik sama sekali, diam di 80 derajat). Sebaliknya, kalo macet di kondisi panas terik, pergerakan naik-turunnya relatif cepat. Itu kondisi normal.
Kalo jarum tidak berhenti di 102 C, ada kemungkinan fan sudah lemah atau water pump tidak bekerja optimal. Atau bisa jg sirkulasi air radiator tidak bagus.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Cara liat oli bagus ato ngga dari W nya gmana?
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
@bro relisar
Wah.. kagak tau jg bro. Katenye makin kecil angka makin encer (dan makin mahal). Mana yg paling bagus, tergantung cocok2kan ama mesin jg kali. Basically, kalo encer makin cepat proses pelumasannya (pertama start). CMIIW.
@blazy_dk
Biarpun rekomendasi manual nya premium, tapi Pertamax plus itu maknyussss bro.. (sesuai harga lah..
).
Karena walaupun mobil design tua (1995), mesin blazer itu udah ditanam knocking sensor yg cukup canggih. Ini knocking sensor beneran, bukan boong2an. Kalo ketemu oktan dibawah 88, otomatis pengapian maju supaya nggak knocking. Blazer nggak akan pernah ngelitik walaupun minum premium pinggir jalan di pelosok2 sono. Sebaliknya kalo di kasih oktan tinggi, timing pengapian otomatis dimundurkan dan kompresi otomatis naik (tenaga jg pasti naik).
Jadi kalo dompet lagi tebal, jangan takut minum pertamax plus...
Setidaknya begitu menurut dukun nya... ha..ha..ha..
Wah.. kagak tau jg bro. Katenye makin kecil angka makin encer (dan makin mahal). Mana yg paling bagus, tergantung cocok2kan ama mesin jg kali. Basically, kalo encer makin cepat proses pelumasannya (pertama start). CMIIW.
@blazy_dk
Biarpun rekomendasi manual nya premium, tapi Pertamax plus itu maknyussss bro.. (sesuai harga lah..

Karena walaupun mobil design tua (1995), mesin blazer itu udah ditanam knocking sensor yg cukup canggih. Ini knocking sensor beneran, bukan boong2an. Kalo ketemu oktan dibawah 88, otomatis pengapian maju supaya nggak knocking. Blazer nggak akan pernah ngelitik walaupun minum premium pinggir jalan di pelosok2 sono. Sebaliknya kalo di kasih oktan tinggi, timing pengapian otomatis dimundurkan dan kompresi otomatis naik (tenaga jg pasti naik).
Jadi kalo dompet lagi tebal, jangan takut minum pertamax plus...

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
@ relisar
iya smkin kecil angka Wnya smakin encer artinya, n setauku klo mobil g perlu oli yg encer2 amat misalnya masi teknologi karbulator jadi rada brisik suara mesinnya klo olinya keenceran, tp klo mesin yang ada teknologi katup variable kyak vvt-i ato v-tec dikasi oli yang kekentalannya 20-50w akibatnya vvt-i ato v-tecnya bsa gagal berfungsi (klo salah tolong dikoreksi).
@uch
wew canggih jg nie kobo y...
btw di panel instrumennya kok g ada lampu indikator klo blazer pake abs y? klo liat stream temen gw ada lampu absnya, n kt temen gw klo nyala artinya ada masalah pada absnya. klo di blazer gmn?klo g ada lampunya kita kan g tau klo absnya g berfungsi...satu lg bung uch mesin blazer ada teknologi katup variablenya g?Btw bung uch mekanik blazer y??kok kyaknya ngerti banget ma nie kebo...
iya smkin kecil angka Wnya smakin encer artinya, n setauku klo mobil g perlu oli yg encer2 amat misalnya masi teknologi karbulator jadi rada brisik suara mesinnya klo olinya keenceran, tp klo mesin yang ada teknologi katup variable kyak vvt-i ato v-tec dikasi oli yang kekentalannya 20-50w akibatnya vvt-i ato v-tecnya bsa gagal berfungsi (klo salah tolong dikoreksi).
@uch
wew canggih jg nie kobo y...
btw di panel instrumennya kok g ada lampu indikator klo blazer pake abs y? klo liat stream temen gw ada lampu absnya, n kt temen gw klo nyala artinya ada masalah pada absnya. klo di blazer gmn?klo g ada lampunya kita kan g tau klo absnya g berfungsi...satu lg bung uch mesin blazer ada teknologi katup variablenya g?Btw bung uch mekanik blazer y??kok kyaknya ngerti banget ma nie kebo...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
- Harusnya ada koq Pak. Ada di atas speedometer. Tapi ini emang bukan khusus ABS, tapi untuk semua rem baik depan maupun belakang/ABS (kecuali rem tangan yg punya indikator "P" sendiri).
- Teknologi katup kayak nya belum ada di mesin blazer. Mesin blazer itu mesin paling kuno saat itu (thn 94-95) di lingkungan General Motor group. Satu2nya yg masih menerima leaded gasoline. Emang katenye GMI sengaja nyari mesin itu agar sesuai dgn kondisi Endonesa. Kalo nyari Chevy di Indonesia yg udah udah ada teknologi variable valve, ada di mesin Zafira yg udah pake ECOTEC 2 (kalo nggak salah), Optra, Kalos dan Estate. Kalo Blazer, Aveo, Spark kayaknya belum tuh. Nggak yakin 100% jg sih.
- Salah besar bos. Gw bukan mekanik. Tapi karena tinggal nya dekat2 bengkel blazer (bengkel Donie), gw sering mampir disitu dan sering dapat pencerahan dari bos nya yg dulu ikut tim yg mendesign blazer (kate dia sih...
). Jadi ngelmu nya ketangkep dikit2, sebagian besar sih ngeluber keluar lagi.... ha..ha..ha...
- Teknologi katup kayak nya belum ada di mesin blazer. Mesin blazer itu mesin paling kuno saat itu (thn 94-95) di lingkungan General Motor group. Satu2nya yg masih menerima leaded gasoline. Emang katenye GMI sengaja nyari mesin itu agar sesuai dgn kondisi Endonesa. Kalo nyari Chevy di Indonesia yg udah udah ada teknologi variable valve, ada di mesin Zafira yg udah pake ECOTEC 2 (kalo nggak salah), Optra, Kalos dan Estate. Kalo Blazer, Aveo, Spark kayaknya belum tuh. Nggak yakin 100% jg sih.
- Salah besar bos. Gw bukan mekanik. Tapi karena tinggal nya dekat2 bengkel blazer (bengkel Donie), gw sering mampir disitu dan sering dapat pencerahan dari bos nya yg dulu ikut tim yg mendesign blazer (kate dia sih...

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
waduh gue suka banget ama blazer...impian gue dari dulu, btw bisa gak sih blazer ganti mesin diesel? yang cocok apa yha?
oh yha konsumsi dalam kota brapa? dan spare partnya seperti mobil apa (harganya) ?
kayaknya 2 tahun lagi gue beli tuh yang model ke 3, yang berubah jadi chevrolet...hmmmm....blazer.....
oh yha konsumsi dalam kota brapa? dan spare partnya seperti mobil apa (harganya) ?
kayaknya 2 tahun lagi gue beli tuh yang model ke 3, yang berubah jadi chevrolet...hmmmm....blazer.....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
@lenon
wah nambah lg nie orang yang suka ma blazer..but klo suka knp mau ganti mesin???bakal repot tuh...mesinnya yang DOHC lumayan power full kok
tentang konsumsi bbm udah banyak dibahas di halaman2 sebelumnya, coba aja dibuka lg...
masalah harga partsnya ya mirip2 kyak ngerawat cielo rasanya...tp ada rencana mau diturunin tuh sma dealer resminya supaya bsa bersaing sma harga parts mobil2 kyak inova...setau gw sih gt
wah nambah lg nie orang yang suka ma blazer..but klo suka knp mau ganti mesin???bakal repot tuh...mesinnya yang DOHC lumayan power full kok
tentang konsumsi bbm udah banyak dibahas di halaman2 sebelumnya, coba aja dibuka lg...
masalah harga partsnya ya mirip2 kyak ngerawat cielo rasanya...tp ada rencana mau diturunin tuh sma dealer resminya supaya bsa bersaing sma harga parts mobil2 kyak inova...setau gw sih gt

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
2 tahun lagi kelamaan bos... ntar harga nya keburu naik... opppsss ... ngawur..lennon wrote:waduh gue suka banget ama blazer...impian gue dari dulu, btw bisa gak sih blazer ganti mesin diesel? yang cocok apa yha?
oh yha konsumsi dalam kota brapa? dan spare partnya seperti mobil apa (harganya) ?
kayaknya 2 tahun lagi gue beli tuh yang model ke 3, yang berubah jadi chevrolet...hmmmm....blazer.....

Fast moving partnya kalo di bengkel/toko yg "bener", sama aja bahkan ada yg lebih murah dari Innova (sama2 original) kecuali kaki2. Fyi, Filter bensin Rp 140 ribu (AC DELCO USA), fan belt Rp 90 ribu, filter oli Rp 35 merek Sakura-50 ribuAC Delco (USA). Tapi kalo di bengkel yg "nggak bener", semua nya berubah jadi mahal.
Kaki2 harga nya mahal. Tapi kalo yg ngerti mah, nggak usah diganti karena sebenarnya logamnya nggak ada yg aus. Cukup rebuild ganti teflon impor dan isi grease baru, kwalitas dan umurnya bisa 90% dari originalnya dgn harga 15% dari harga original.
Kalo mau kaki2 murah, ada yg lokal. Kate yg udah make, masih dapet "bonus" sensor permukaan jalan. Kalo make itu, walaupun mata ditutup kita langsung tau lewat setir kita lagi di atas aspal mulus, banyak kerikil, agak keriting, jalan beton, dll...


-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jun 19, 2007 13:14
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu May 03, 2007 9:20
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
hahahah gak jadi 2 taon lagi....kemungkinan akhir taon ini, gak tau buka toko apa beli mobil, jujur aja gue keluarga biasa aja...gak punya kendaraan. kadi ini kendaraan pertama gue (kalo jadi beli).
kalo gue kurang pertimbangan atas mobil ini sih gue kayaknya gak bijaksana...jadi gue mau cari tau dari lo orang...yang udah punya mobil ini....
kenapa gak ke BIC?? karena pasti gak "netral"....its true...its true....masa anak BIC jelekin mobilnya sendiri....gue tao lo orang ngefans ama nih mobil.....gue juga...hahahah
pertanyaan dan request
ada brapa generasi blazer?
stau gue ada 4=
a. mata belo - opel
b.mata sipit bawah kuning - opel
c.mata sipit bawah sipit juga - chevy
d. mata belo (yang brazil apa gitu gue lupa) - chevy
ada yang mao posting gambarnya??
kalo gue kurang pertimbangan atas mobil ini sih gue kayaknya gak bijaksana...jadi gue mau cari tau dari lo orang...yang udah punya mobil ini....
kenapa gak ke BIC?? karena pasti gak "netral"....its true...its true....masa anak BIC jelekin mobilnya sendiri....gue tao lo orang ngefans ama nih mobil.....gue juga...hahahah
pertanyaan dan request
ada brapa generasi blazer?
stau gue ada 4=
a. mata belo - opel
b.mata sipit bawah kuning - opel
c.mata sipit bawah sipit juga - chevy
d. mata belo (yang brazil apa gitu gue lupa) - chevy
ada yang mao posting gambarnya??
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
hahahah gak jadi 2 taon lagi....kemungkinan akhir taon ini, gak tau buka toko apa beli mobil, jujur aja gue keluarga biasa aja...gak punya kendaraan. kadi ini kendaraan pertama gue (kalo jadi beli).
kalo gue kurang pertimbangan atas mobil ini sih gue kayaknya gak bijaksana...jadi gue mau cari tau dari lo orang...yang udah punya mobil ini....
kenapa gak ke BIC?? karena pasti gak "netral"....its true...its true....masa anak BIC jelekin mobilnya sendiri....gue tao lo orang ngefans ama nih mobil.....gue juga...hahahah
pertanyaan dan request
ada brapa generasi blazer?
stau gue ada 4=
a. mata belo - opel
b.mata sipit bawah kuning - opel
c.mata sipit bawah sipit juga - chevy
d. mata belo (yang brazil apa gitu gue lupa) - chevy
ada yang mao posting gambarnya??
kalo gue kurang pertimbangan atas mobil ini sih gue kayaknya gak bijaksana...jadi gue mau cari tau dari lo orang...yang udah punya mobil ini....
kenapa gak ke BIC?? karena pasti gak "netral"....its true...its true....masa anak BIC jelekin mobilnya sendiri....gue tao lo orang ngefans ama nih mobil.....gue juga...hahahah
pertanyaan dan request
ada brapa generasi blazer?
stau gue ada 4=
a. mata belo - opel
b.mata sipit bawah kuning - opel
c.mata sipit bawah sipit juga - chevy
d. mata belo (yang brazil apa gitu gue lupa) - chevy
ada yang mao posting gambarnya??
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
hahahah gak jadi 2 taon lagi....kemungkinan akhir taon ini, gak tau buka toko apa beli mobil, jujur aja gue keluarga biasa aja...gak punya kendaraan. kadi ini kendaraan pertama gue (kalo jadi beli).
kalo gue kurang pertimbangan atas mobil ini sih gue kayaknya gak bijaksana...jadi gue mau cari tau dari lo orang...yang udah punya mobil ini....
kenapa gak ke BIC?? karena pasti gak "netral"....its true...its true....masa anak BIC jelekin mobilnya sendiri....gue tao lo orang ngefans ama nih mobil.....gue juga...hahahah
yang jadi pertimbangan berat adalah konsumsi, dan sparepart mobil ini....kalo plusnya banyak hehehe walau gue gak pernah coba naek mobil ini....btw gak ada yang matic yha??
kalo gue kurang pertimbangan atas mobil ini sih gue kayaknya gak bijaksana...jadi gue mau cari tau dari lo orang...yang udah punya mobil ini....
kenapa gak ke BIC?? karena pasti gak "netral"....its true...its true....masa anak BIC jelekin mobilnya sendiri....gue tao lo orang ngefans ama nih mobil.....gue juga...hahahah
yang jadi pertimbangan berat adalah konsumsi, dan sparepart mobil ini....kalo plusnya banyak hehehe walau gue gak pernah coba naek mobil ini....btw gak ada yang matic yha??
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue May 15, 2007 16:36
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon May 07, 2007 16:47