avanza/xenia facelift 1500cc II
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Tue Sep 19, 2006 4:59
- Location: Jakarta/tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Yaris dan Jazz bukan lawan langsung Avanza Xenia. Krn Avanza dan Xenia bisa membawa 8 orang (2+3+3). Anyway, Avanza Xenia sampai sekarang ini masih jauh lebih unggul penjualannya dibandingkan Yaris dan Jazz.Good_boy86 wrote:kalo avanza uda kaya gini bagusnya..
mesin Ok, rem ABS, kapasitas penumpang banyak, ++ laennya
yaris bakalan ga laku dehhh
kalah deh yaris vs jazz..
Kalau Yaris dan Jazz emang lawan langsung krn hanya bisa membawa 5 orang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Yaris dan Jazz bukan lawan langsung Avanza Xenia. Krn Avanza dan Xenia bisa membawa 8 orang (2+3+3). Anyway, Avanza Xenia sampai sekarang ini masih jauh lebih unggul penjualannya dibandingkan Yaris dan Jazz.Good_boy86 wrote:kalo avanza uda kaya gini bagusnya..
mesin Ok, rem ABS, kapasitas penumpang banyak, ++ laennya
yaris bakalan ga laku dehhh
kalah deh yaris vs jazz..
Kalau Yaris dan Jazz emang lawan langsung krn hanya bisa membawa 5 orang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
iya seh beda kelas...DigitALL wrote: Yaris dan Jazz bukan lawan langsung Avanza Xenia. Krn Avanza dan Xenia bisa membawa 8 orang (2+3+3). Anyway, Avanza Xenia sampai sekarang ini masih jauh lebih unggul penjualannya dibandingkan Yaris dan Jazz.
Kalau Yaris dan Jazz emang lawan langsung krn hanya bisa membawa 5 orang.

tp maksud gw gini.
kan toyota ingin nyaingi jazz melalui yaris..
terus kalo misal avansa uda bagus kaya gini, orang mesti berpikir 2x buat beli yaris.
otomatis ngefek ke penjualan yaris dong...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
K3-VE itu mesinnya YRV yang dulu sempet dikeluari daihatsu k?
dulu waktu di YRV, daihatsu ga pake nama VVT-i tapi DVVT....padahal kode mesinnya sama....
setau gue, masih ada yang versi turbonya, kodenya K3-VET
dulu waktu di YRV, daihatsu ga pake nama VVT-i tapi DVVT....padahal kode mesinnya sama....
setau gue, masih ada yang versi turbonya, kodenya K3-VET
jeremyray wrote:Daihatsu Xenia 1.3 VVT-i
Daihatsu Xenia tambah gagah, bukan cuma wajahnya, juga tenaganya. Teknologi VVT-i yang yang dipasang menambah produksi daya maksimal dengan menjaga konsumsi bahan bakar tetap rendah. Dan yang terpenting, value for money Xenia lebih menarik lagi.
Diperkenalkan secara resmi di Jakarta, Rabu (12/6), Xenia VVT-i digambarkan sebagai mobil 'extra efisien'. Sejak diluncurkan Januari 2004, inilah perubahan terbesar Xenia. Sebelumnya, hanya penambahan fitur power steering pada Juli 2005.
Perubahan eksterior meliputi grille baru yang lebih dinamis dan elegan, bumper lebih membulat dan menyatu body, lampu utama lebih ekspresif dan lampu kombinasi belakang.
Interior two-tone kombinasi beige-ivory mencuatkan nuansa mewah. Disain meter cluster dibuat lebih kontras agar jelas terlihat dan seluruh kursi baris kedua bisa dilipat penuh untuk memudahkan keluar masuk dan meningkatkan flesibilitas penataan kabin.
Sisi safety tidak terlalu banyak berubah, tetap menggunakan seatbelt, rem depan cakram, belakang drum, dan body monocoque.
Perubahan paling signifikan adalah adopsi teknologi VVT-i yang membuat Xenia lebih bertenaga, lebih responsif dan efisien bahan bakar. Mesin 1.3 liter K3-VE 1.3 VVT-i memproduksi 92ps/6000rpm dan torsi tertinggi 12.2kg.m/4400rpm. Meningkat dari sebelumnya mesin K3-DE 1.3 yaitu 86ps/6000rpm dan 11.9kg.m/3200rpm. Mesin 1.0 liter EJ-VE 1.0 VVT-i memproduksi daya maksimal 63ps/5600rpm dan torsi 9.2kg.m/3600rpm, sementara mesin lama EJ-DE 1.0 memproduksi 57ps/5200rpm dan torsi 9.2kg.m/3600rpm. Inilah mesin 1.0 liter satu-satunya di Indonesia yang menggunakan teknologi VVT-i.
Gearbox tetap manual 5-speed dengan perbedaan rasio gigi akhir antara mesin 1.0 dan 1.3. Kavling transmisi matik tetap milik Toyota Avanza.
Penambahan output mesin ini tidak membuat konsumsi bahan bakar naik. Pengujian Astra Daihatsu Motor menunjukkan mesin 1.3 nyaris sama dan mesin 1.0 liter 7% lebih hemat. Uji di tol, kecepatan tetap 60km/jam menunjukkan 1 liter bensin bisa menempuh 17km dan di kondisi macet 8km. Rentang yang sangat lebar ini tidak lepas dari faktor kondisi jalan dan gaya mengemudi, seperti di tekankan Johannes Loman, CEO Daihatsu Sales Operation.
Boleh pakai bensin timbal
Yang menarik, Daihatsu tidak mengharamkan bensin bertimbal untuk konsumsi Xenia meskipun menggunakan catalytic converter. Penggunaan bensin timbal beresiko catalytic converter mampet dan melumpuhkan fungsinya sebagai penyaring emisi bahaya. Daihatsu tidak menampik bahwa resiko itu ada. Yaitu emisi gas buang Xenia jadi buruk. Namun Daihatsu memastikan kondisi dan kinerja mesin tidak terpengaruh. Daihatsu menyimpulkan itu lewat uji jalan hingga hampir 40,000km. Karena itu, mereka berani menjamin warranty tidak cidera bila catalytic converter bermasalah karena di isi bensin timbal. "Klaim warranty diterima bila masalahnya benar-benar karena bahan bakar," tegas Sudirman MR, vice president director Astra Daihatsu Motor.
Seperti versi terdahulu, ada tiga trim Xenia, yaitu Mi (standar 1.0), Li (deluxe, 1.0) dan Xi (deluxe, 1.3) dan ditambah dealer option terdiri Plus, Family dan Sporty. Daihatsu kini melengkapi pilihan warna Xenia menjadi tujuh warna dengan dua tambahan warna baru -Aqua Blue dan Lime Green-. Warna yang sudah ada adalah Classic Silver, Midnight Black, Exotic Beige, Ocean Blue dan Wine Red.
Harga on the road Jakarta adalah; Rp 84,050,000 (Mi), Rp 95,050,000 (Li) dan Rp 103,050,000 (Li). "Harga-harga ini Rp 1.5 juta lebih mahal dari versi lama. Namun nilai tambah Xenia, jauh lebih besar," kata Jonannes Loman. Kabarnya, nilai teknologi VVT-i, grille, lampu, bumper baru dan perubahaan lainnya yang terpasang di Xenia VVT-i nilainya diatas Rp 5 juta.
Astra Daihatsu Motor menargetkan penjualan Xenia VVT-i sekitar 2000 unit/bulan dan diharapkan konsumen tidak perlu inden. Semoga.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Iya sih kalo dr cc-nya bisa dibilang sekelas, tapi dari segi fungsionalitas dan daya tampungnya berbeda.Tapi kalo dari cc-nya boleh dibilang sekelas....
Pasti ngefek, tp pihak TAM ngga begitu pusing krn peran AVANZA sebenernya jauh lebih besar dr YARIS. Mengingat masyarakat Indonesia selalu butuh kendaraan yg bisa muat banyak orang. Apalagi mendekati lebaran bulan ini, pasti banyak yg melirik AVANZA XENIA disamping Kijang INNOVA.kan toyota ingin nyaingi jazz melalui yaris..
terus kalo misal avansa uda bagus kaya gini, orang mesti berpikir 2x buat beli yaris.
otomatis ngefek ke penjualan yaris dong...
Gw rasa YARIS dan AVANZA memiliki target konsumen yg berbeda jg. YARIS utk anak muda atau keluarga kecil dgn anggota keluarga <5 orang. Sedangkan AVANZA untuk keluarga besar dgn anggota keluarga >5 orang atau keluarga yg punya anak >3 orang.
Jadi efek thdp penjualan YARIS ngga begitu besar bro.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Ya bener bro ween, K3-VE itu mesinnya YRV dan sekarang digunakan pada AVANZA XENIA.K3-VE itu mesinnya YRV yang dulu sempet dikeluari daihatsu k?
Karena sudah diakuisisi oleh TOYOTA maka namanya pun berubah menjadi VVT-i walopun kode mesinnya sama.dulu waktu di YRV, daihatsu ga pake nama VVT-i tapi DVVT....padahal kode mesinnya sama....
setau gue, masih ada yang versi turbonya, kodenya K3-VET
Kalo ada Turbonya, seharusnya bisa dicangkokkan pada mesin AVANZA XENIA. Gile jg tuh tarikannya kalo dah Turbo !

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Yg paling kepukul dgn AXIC baru ini kayak nya justru pemilik kijang atau Taruna. Dugaan gw, resale value kijang innova/kapsul atau taruna tidak akan sekuat dulu lagi. Orang pasti mikir 10 kali sebelum beli mobil bekas kalo harga bekasnya mirip2 dgn Avanza baru ini (bersaing dgn harga bekas kijang/taruna yg berumur 1-3 thn).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
7 seater jg khan..? Emang sih tetap lebih lega kakaknya. Tapi ini pilihan antara Baru 100% kinclong plus garansi dibanding dgn mobil bekas, ghitu lho.. Toh, selama ini jg tidak semua karena butuh kabin yg luas, tapi karena nama "Toyota" nya yg udah nempel. Buktinya banyak jg pembelinya pasangan baru menikah, bahkan yg masih lajang.Mike wrote:Tapi daya tampung khan beda....
Kayak Taruna misalnya, dimensi kabinnya malah mirip2, tapi Xenia baru punya teknologi yg lebih canggih bahkan tenaga jg lebih gede (kalo nggak salah).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
kalo ga salah YRV biasa(atpm)itu 140ps kondisi standar pabrik.....DigitALL wrote:Karena sudah diakuisisi oleh TOYOTA maka namanya pun berubah menjadi VVT-i walopun kode mesinnya sama.dulu waktu di YRV, daihatsu ga pake nama VVT-i tapi DVVT....padahal kode mesinnya sama....
setau gue, masih ada yang versi turbonya, kodenya K3-VET
Kalo ada Turbonya, seharusnya bisa dicangkokkan pada mesin AVANZA XENIA. Gile jg tuh tarikannya kalo dah Turbo !Kira2 jd berapa HP ?
kalo yang turbo, katanya sekitar 160ps.....(CMIIW)
trus setau saya,prinsip kerja dvvt itu masih full mekanis......kira2 setara dengan v-tec biasa....
sedangkan vvt-i lebih maju (setara i-vtec) karena di atur juga oleh ecu....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Untuk daya tampung emang sama, tp ruang dibagasi masih lebih besar Kijang kapsul dan Innova.uch wrote:7 seater jg khan..? Emang sih tetap lebih lega kakaknya. Tapi ini pilihan antara Baru 100% kinclong plus garansi dibanding dgn mobil bekas, ghitu lho.. Toh, selama ini jg tidak semua karena butuh kabin yg luas, tapi karena nama "Toyota" nya yg udah nempel. Buktinya banyak jg pembelinya pasangan baru menikah, bahkan yg masih lajang.Mike wrote:Tapi daya tampung khan beda....
Kayak Taruna misalnya, dimensi kabinnya malah mirip2, tapi Xenia baru punya teknologi yg lebih canggih bahkan tenaga jg lebih gede (kalo nggak salah).
Untuk harga bekas Taruna, Kijang kapsul dan Innova pasti ada ngaruhnya tapi ngga gitu banyak koq. Apalagi permintaan terhadap ketiga mobil diatas masih lumayan tinggi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
YRV 1.300cc kan ? Ngga salah tuh 140 ps ?ween wrote:kalo ga salah YRV biasa(atpm)itu 140ps kondisi standar pabrik.....DigitALL wrote:Karena sudah diakuisisi oleh TOYOTA maka namanya pun berubah menjadi VVT-i walopun kode mesinnya sama.dulu waktu di YRV, daihatsu ga pake nama VVT-i tapi DVVT....padahal kode mesinnya sama....
setau gue, masih ada yang versi turbonya, kodenya K3-VET
Kalo ada Turbonya, seharusnya bisa dicangkokkan pada mesin AVANZA XENIA. Gile jg tuh tarikannya kalo dah Turbo !Kira2 jd berapa HP ?
kalo yang turbo, katanya sekitar 160ps.....(CMIIW)
trus setau saya,prinsip kerja dvvt itu masih full mekanis......kira2 setara dengan v-tec biasa....
sedangkan vvt-i lebih maju (setara i-vtec) karena di atur juga oleh ecu....


Walopun mesin YRV yg dipake oleh Avanza Xenia adlh satu tipe dan dijuluki VVTi, tp cara kerjanya masih sama dgn dvvt pada YRV.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
iya, 1.3L.....K3-VE...gue pernah nyimpen brosur yg dari atpm....DigitALL wrote:YRV 1.300cc kan ? Ngga salah tuh 140 ps ?ween wrote:kalo ga salah YRV biasa(atpm)itu 140ps kondisi standar pabrik.....DigitALL wrote: Karena sudah diakuisisi oleh TOYOTA maka namanya pun berubah menjadi VVT-i walopun kode mesinnya sama.
Kalo ada Turbonya, seharusnya bisa dicangkokkan pada mesin AVANZA XENIA. Gile jg tuh tarikannya kalo dah Turbo !Kira2 jd berapa HP ?
kalo yang turbo, katanya sekitar 160ps.....(CMIIW)
trus setau saya,prinsip kerja dvvt itu masih full mekanis......kira2 setara dengan v-tec biasa....
sedangkan vvt-i lebih maju (setara i-vtec) karena di atur juga oleh ecu....![]()
![]()
Walopun mesin YRV yg dipake oleh Avanza Xenia adlh satu tipe dan dijuluki VVTi, tp cara kerjanya masih sama dgn dvvt pada YRV.
nanti gue cari liat brosurnya dulu deh....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
nih...aku udah pegang brosur yrv standar(non turbo)yg dijual sama daihatsu indo...DigitALL wrote:Ok2 ditunggu ya bro ween.
spek mesinnya:
tipe: K3-VE 4 silider segaris 16V DOHC DVVT
kapasitas cyl: 1298cc
diaxlangkah: 72.0x79.7
tenaga max: 87ps@6000rpm
torsi max: 12.24kgm@3200rpm
rasio kompresi: 10:1
sistem bahan bakar: EFI
bahan bakar: premix
kapasitas bahan bakar: 40ltr
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Inilah anehnya Daihatsu, aslinya bernama DVVT kenapa jadi ikut2an nama Toyota, pakai VVT-i???ween wrote:nih...aku udah pegang brosur yrv standar(non turbo)yg dijual sama daihatsu indo...DigitALL wrote:Ok2 ditunggu ya bro ween.
spek mesinnya:
tipe: K3-VE 4 silider segaris 16V DOHC DVVT
kapasitas cyl: 1298cc
diaxlangkah: 72.0x79.7
tenaga max: 87ps@6000rpm
torsi max: 12.24kgm@3200rpm
rasio kompresi: 10:1
sistem bahan bakar: EFI
bahan bakar: premix
kapasitas bahan bakar: 40ltr
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
karena saham daihatsu di beli toyota....
jadi babu musti ngikutin apa kata tuannya
jadi babu musti ngikutin apa kata tuannya
WP wrote:Inilah anehnya Daihatsu, aslinya bernama DVVT kenapa jadi ikut2an nama Toyota, pakai VVT-i???ween wrote:nih...aku udah pegang brosur yrv standar(non turbo)yg dijual sama daihatsu indo...DigitALL wrote:Ok2 ditunggu ya bro ween.
spek mesinnya:
tipe: K3-VE 4 silider segaris 16V DOHC DVVT
kapasitas cyl: 1298cc
diaxlangkah: 72.0x79.7
tenaga max: 87ps@6000rpm
torsi max: 12.24kgm@3200rpm
rasio kompresi: 10:1
sistem bahan bakar: EFI
bahan bakar: premix
kapasitas bahan bakar: 40ltr
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
bukankah di luar Daihatsu gak pakai nama VVT-i?ween wrote:karena saham daihatsu di beli toyota....
jadi babu musti ngikutin apa kata tuannya
WP wrote:Inilah anehnya Daihatsu, aslinya bernama DVVT kenapa jadi ikut2an nama Toyota, pakai VVT-i???ween wrote: nih...aku udah pegang brosur yrv standar(non turbo)yg dijual sama daihatsu indo...
spek mesinnya:
tipe: K3-VE 4 silider segaris 16V DOHC DVVT
kapasitas cyl: 1298cc
diaxlangkah: 72.0x79.7
tenaga max: 87ps@6000rpm
torsi max: 12.24kgm@3200rpm
rasio kompresi: 10:1
sistem bahan bakar: EFI
bahan bakar: premix
kapasitas bahan bakar: 40ltr