Posisi Knalpot pengaruh ngga ? (mobil)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Biopremium itu Premium + Ethanol ... Ethanol ini yang akan menyebabkan mesin underpower dan Pemakaian BBM bertambah boros. Lebih baik make premium aja.abdoel wrote:pak PenyuTurbo,
kalo biopremium ditambah acetone efeknya gak ?
Efeknya ada ... yaitu mengkounter efek negatif dari ethanol ... podo wae makai premium ... mendingan premium + acetone sementara ramuanku sik durung sampe daerah.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Wis dijajal ... hasile ... tarikanne enteng buanget. Oli samping itu menurunkan daya penguapan BBM sewaktu disemburkan ke ruang bakar ... dadi nek diminumi acetone hasile ... sampeyan cobaen tah. Motor Suzuki Bebek sampeyan tambahono 10 cc aja.abdoel wrote:pak PenyuTurbo,
kalo di motor 2T di minumi acetone gimana ? kan ada oli sampingnya ?

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Saken sampeyan ... nek kerak nasi .. ueenak banget ... lha iki kerak silinder ...abdoel wrote:aku nggae vespa'61 Pak,
masalah e hampir 4 bl sekali mbongkar silinder gae mberseni kerak e.
terus takerane piye Pak ? opo koyo mobil ?
matur sembahnuwun yo Pak
Kerak (endapan karbon - carbon deposit) itu terjadi karena pembakaran nggak sempurna. Nggak sempurnanya pembakaran itu terjadi karena keurang sempurnanya penguapan BBM (yang dicampur oli samping ... nek vespa lak dadi siji).
Takerane 3.5 cc untuk setiap liter BBM yang ada dalam tanki BBM. Insyaa Allah, mudah-mudahan keraknya berkurangan ... sing ngati-ati nek wis ono tenagane ... jok ngebut-ngebut.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Sampeyan bener RON bioPremium lebih tinggi dari Premium ... karena ethanol ... sing dadi masalane kuwi ethanol menyerap uap air atau bisa juga bercampur dengan air yang kita nggak tahu sehinga penguapan akan menjadi susah (BBM itu akan terbakar kalau sudah jadi uap). Ethanol disamping susah penguapannya (dalam silinder ruang bakar), laju pembakarannya juga lambat. Nek Premium ae susah distart ... apalagi Bio Premium ... semangkin suuuusssaaaahhhhh.abdoel wrote:PakPenyuTurbo,
padahal biopremium oktan e opo RON e yo 90 sedangkan premium 88,
aku yo wis nyobo vespa ku nggae biopremium tarikan e kurang lan luweh angel distater masio tah nggae premium yo angel staterane..... he....he....
Kandungan energi dalam ethanol jauh lebih kecil dari premium, kira-kira 34% lebih sedikit. Kalau premium, kandungan energinya sekitar 33 MJ/liter ... sedang ethanol cuman sekitar 20MJ/liter ... Kalau dua-duanya dicampur tentunya energi yang dihasilkan antara 20MJ/L s/d 33 MJ/L tergantung dari persentase campuran. Tentu saja hasil akhirnya ... tarikannya ngeden.
Insyaa Allah, dengan menambahkan acetone kedalamnya (premium) ... penguapan akan cepat dan busi dengan mudah membakarnya ... alias gampang di starter. Setelah itu .... "Selamat Tinggal Kerak".
Catatan :
1. Tingginya nilai oktan itu hanya untuk mencegah terjadinya NGELITIK pada mesin-mesin yang ber-kompressi lebih tinggi. SEmakin tinggi kompresinya ... maka syarat oktan nya juga semakin tinggi ... Gampang-nggaknya di starter itu nggak ada kaitan dengan Oktan ... hanya berkaitan dengan mudahnya penguapan BBM dalam silinder dan kuatnya percikan bunga api busi. Walaupun Busi bagus tapi nek uap BBM-nya kurang yo susah distart ...
2. Thread ini dari posisi knalpot sampai ke Vespa '61, ... lalu posisi knalpot Vespa '61 udah di modif apa belum ? .... hehehehehehehe ...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
kerak telor pancen enak,Saken sampeyan ... nek kerak nasi .. ueenak banget ... lha iki kerak silinder ...
entep goreng tambah gulo abang cair enak juga........
lha kok malah mbahas pangannan......

kendaraan tuo ora wani banter-banter, masio tah mesine sing digae bendinane PX th 95 sedangkan mesin asline disimpensing ngati-ati nek wis ono tenagane ... jok ngebut-ngebut.

wong yen arep numpak ae sungkem disek kuatir kualat

iyo-yo judule posisi knalpot gae mobil lhakok sampek mbahas vespa iki piyeThread ini dari posisi knalpot sampai ke Vespa '61, ... lalu posisi knalpot Vespa '61 udah di modif apa belum ? .... hehehehehehehe ...

knalpot e bentuk e standar tapi jeroane wis diilangi suarane dadi koyo motor 2 t, sebab yen ora ngono knalpot e gampang buntu je.........
matur sembahnuwun yo Pak

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Yang macet ni yang dikasih PM atau apanya ... hehehehehehe.deadwood wrote:wah koq PM saya macet yah ... tulis disini aja deh ...
pak penyu , apakah penggunaan acetone 100cc/40l premium di jazz umur 22rb km ( 2tahun ) masih aman untuk fuel line yg dr rubber itu ? thanks ...
Umur 22 rb km (2 tahun) ... gak jadi masalah ... punya gw umur 8 tahun (370 rb km) ... pun gak jadi masalah.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Fri Sep 24, 2004 6:38
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Bisa boss, dan masih aman thd selang karet bensin ... cuman waktu nuang jangan sampai keca cat mobilnya ... nuanginnya pakai corong yang disambung dengan selang plastik transparan.asdw wrote:Boss Penyu, kalo 400cc Toulene (Thinner) + 100cc Acetone dicampurkan ke 40lt Premium bisa ga utk mobil saya Hyundai Acent 2002 dg kompresi 10:1.
Thinner utk menaikkan oktan & acetone utk menghilangkan kotoran.
Masih aman tdk thd selang karet bensin? Thanks ya bos.

-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Sep 27, 2006 4:22
Corong plastik dan Selang plastiknya itu bisa bertahan lama ngak pak terhadap Aceton ?PenyuTurbo wrote:Bisa boss, dan masih aman thd selang karet bensin ... cuman waktu nuang jangan sampai keca cat mobilnya ... nuanginnya pakai corong yang disambung dengan selang plastik transparan.asdw wrote:Boss Penyu, kalo 400cc Toulene (Thinner) + 100cc Acetone dicampurkan ke 40lt Premium bisa ga utk mobil saya Hyundai Acent 2002 dg kompresi 10:1.
Thinner utk menaikkan oktan & acetone utk menghilangkan kotoran.
Masih aman tdk thd selang karet bensin? Thanks ya bos.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Apr 08, 2006 6:30
gmana biar suara kenceng?
Penyuturbo, gmana dong biar suara kenceng tapi ga terlalu ngaruh ke boros dan performa ngedrop? Mobiku starlet 1300cc
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: gmana biar suara kenceng?
Cukup dengan menghilangkan muffler/resonator bagian tengah ... kemudian muffler belakang diganti dengan Straight Through Muffler atau TWIN Tail Pipe ... biar agak ngebass sedikit.Ridha Sulaiman wrote:Penyuturbo, gmana dong biar suara kenceng tapi ga terlalu ngaruh ke boros dan performa ngedrop? Mobiku starlet 1300cc
Orang berlomba untuk dapat power tapi dengan kesunyian ... eeeee ... malah yang ini sebaliknya ... hehehehehehe ... jangan kenceng-kenceng banget suaranya ... ntar diikutin ama JIN.

Pak Penyu, omong2.. dimana ya nyari pengganti rubber fuel lines menjadi teflon ? Aku sekarang bersama Jeskoneng ada di Jakarta pak, mau menemui bung David Cihampelas Motor, nyobain ramuan sampeyan dan ngabuburit di tol Cipularang... hayoooo..... sapa aja yang mau ikuuut..... daftar ke bung David lah....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Here I am ... sorry lama gak OL ...deadwood wrote:bung penyu kemana yah ?? koq uda lama banget ga ada kabar kayanya , hehe ...
anyway, masi pada rutin pake acetone ngga nih ? yakin aman and bermanfaat khan pemakaian acetone ini secara rutin ? kalo ngga bisa rugi gw , abis beli acetone 3liter , buat persediaan , hehe ...
Itu aceotne 3 liter untuk berapa lama ???

Pak PenyuTurbo dan bung Reyner, gue masih terus pake Acetone... 100 cc untuk 40 Liter ( 1 full tank Jazz).. dan ada kawan yang bilang bahwa fuel hoses Jazz itu terbuat dari bahan Teflon aslinya, apa iya Pak ? kalo itu benar, berarti pengguna Jazz yang memakai Acetone atau additif2 lain tidak perlu terlalu kuatir dengan daya tahan slang2 BBM, tidak mudah mengeras/getas lalu retak....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Check aja ... kalau cukup keras dan warnanya putih (dalemnya) berarti dari teflon ... kalau luar dalam hitam ... ya bukan dari Teflon.frontier wrote:Pak PenyuTurbo dan bung Reyner, gue masih terus pake Acetone... 100 cc untuk 40 Liter ( 1 full tank Jazz).. dan ada kawan yang bilang bahwa fuel hoses Jazz itu terbuat dari bahan Teflon aslinya, apa iya Pak ? kalo itu benar, berarti pengguna Jazz yang memakai Acetone atau additif2 lain tidak perlu terlalu kuatir dengan daya tahan slang2 BBM, tidak mudah mengeras/getas lalu retak....
Sekarang dimana ? Banjar atau SBY ?
