Turboman wrote: Thu May 29, 2025 7:26
sejarah terulang
The Death of Samurai : Robohnya Sony, Panasonic, Sharp, Toshiba dan Sanyo
Hari-hari ini, langit diatas kota Tokyo terasa begitu kelabu. Ada kegetiran yang mencekam dibalik gedung-gedung raksasa yang menjulang disana. Industri elektronika mereka yang begitu digdaya 20 tahun silam, pelan-pelan memasuki lorong kegelapan yang terasa begitu perih.
Bulan lalu, Sony diikuti Panasonic dan Sharp mengumumkan angka kerugian trilyunan rupiah. Harga-harga saham mereka roboh berkeping-keping. Sanyo bahkan harus rela menjual dirinya lantaran sudah hampir kolaps. Sharp berencana menutup divisi AC dan TV Aquos-nya. Sony dan Panasonic akan mem-PHK ribuan karyawan mereka. Dan Toshiba? Sebentar lagi divisi notebook-nya mungkin akan bangkrut (setelah produk televisi mereka juga mati).
Adakah ini pertanda salam sayonara harus dikumandangkan? Mengapa kegagalan demi kegagalan terus menghujam industri elektronika raksasa Jepang itu? Di Senin pagi ini, kita akan coba menelisiknya.
Serbuan Samsung dan LG itu mungkin terasa begitu telak. Di mata orang Jepang, kedua produk Korea itu tampak seperti predator yang telah meremuk-redamkan mereka di mana-mana. Di sisi lain, produk-produk elektronika dari China dan produk domestik dengan harga yang amat murah juga terus menggerus pasar produk Jepang. Lalu, dalam kategori digital gadgets, Apple telah membuat Sony tampak seperti robot yang bodoh dan tolol.
What went wrong? Kenapa perusahaan-perusahaan top Jepang itu jadi seperti pecundang? Ada tiga faktor penyebab fundamental yang bisa kita petik sebagai pelajaran.
Faktor 1 : Harmony Culture Error. Dalam era digital seperti saat ini, kecepatan adalah kunci. Speed in decision making. Speed in product development. Speed in product launch. Dan persis di titik vital ini, perusahaan Jepang termehek-mehek lantaran budaya mereka yang mengangungkan harmoni dan konsensus.
Datanglah ke perusahaan Jepang, dan Anda pasti akan melihat kultur kerja yang sangat mementingkan konsensus. Top manajemen Jepang bisa rapat berminggu-minggu sekedar untuk menemukan konsensus mengenai produk apa yang akan diluncurkan. Dan begitu rapat mereka selesai, Samsung atau LG sudah keluar dengan produk baru, dan para senior manajer Jepang itu hanya bisa melongo.
Budaya yang mementingkan konsensus membuat perusahaan-perusahaan Jepang lamban mengambil keputusan (dan dalam era digital ini artinya tragedi).
Budaya yang menjaga harmoni juga membuat ide-ide kreatif yang radikal nyaris tidak pernah bisa mekar. Sebab mereka keburu mati : dijadikan tumbal demi menjaga “keindahan budaya harmoni”. Ouch.
kalo ini sebenernya kesalahn jepang yang terlalu manut US , ada kyoto protocol (dimana perjanjian jepun gaboleh overcome tech US) selain itu sih jepang di 2010s masih kolot n SoKor dibarengi dengan halyu waves dan socmed era mereka masuk lewat K-pop ma drama. Jepang? alih2 ikut trend malah bikin exclusive rules ala idolgroup 48 ato johnny *yang terbukti kan? skrg mereka berdua redup walupun johny skrg agak comeback karena mau revolusi seluruh jajaran dan mau menerima kerjasam pihak luar. soal sony, panasonic, ma toshiba salah abe yah karena abe jual2in tuh patent demi keuntungan politik doi (yang juga gagal kan declining birth rate, multiculturaism malah bikin banyak masalah kriminal, inflasi ga bisa ditahan, gabisa kompetitif di tech karena harus import dari US)
ctopher7 wrote: Thu May 29, 2025 7:43
kalo ngedenger tentang jepang skrg kyk sedih banget, pabrikan pada kalah saing, yen melemah, org orgnya pada gamau punya anak, ekonominya lesu
tapi saya 2 bulan lalu ke tokyo dan osaka, sepertinya malah sebaliknya. orgnya fine fine aja, masih pada rekreasi ke disneysea (malah rame org jepangnya) kyk restoran dan tempat hiburan di akihabara juga masih rame dan padet banget. begitu jalan jalan di sekitar ginza kalo malem, jiper sndiri sama mobilnya karena lexus lm dan g wagon (g63 asli ya bukan convert convertan wkwk) disono uda kyk kacang goreng (kbetulan saya nginep cukup lama di ginza). maybach ada lah liat beberapa. crown suv yang baru dan bz4x malah dijadiin taksi
saya cmn ngmng ke istri "ini mah apanya ekonomi lesu"
Nippon ekonomi sgt bergantung dari negeri Naga skg
pariwisata = turis N Naga
Mesin2 utk industri elektronik & chip spt Tokyo elektron / canon & Nikon chipmaking machine itu sales ke N naga bisa mencapai 30 - 40% sendiri dari total sales tiap tahun
Robot2 industri
juga mesin2 CNC spt DMG Mori / Mazak dll
yang 2 minggu lalu lagi viral Chengdu J10.....itu Chengdu aircraft konon mesin2 CNC nya pake DMG Mori
wkwkwkwkwk
Porsche aja pake DMG mori kok, lockheed martin juga; emang si DMG jos gandos sih
TEL ma nikon terus abis ini rumor konica ma fujifilm mau bikin semicon. nah ini sih yang ditunggu2 biar harga procie ma GPU ga seenak jidat diatur ma TSMC (smasung fokus ke memori ama storage doang sementara jadi ga gwa anggap)
Turboman wrote: Thu May 29, 2025 8:18
Mesin2 utk industri elektronik & chip spt Tokyo elektron / canon & Nikon chipmaking machine itu sales ke N naga bisa mencapai 30 - 40% sendiri dari total sales tiap tahun
Robot2 industri
juga mesin2 CNC spt DMG Mori / Mazak dll
yang 2 minggu lalu lagi viral Chengdu J10.....itu Chengdu aircraft konon mesin2 CNC nya pake DMG Mori
wkwkwkwkwk
Nah ini bener, kayaknya 5-10 tahun lagi kagak bakal kita ketemu barang consumer made in Japan (mobil sekalipun). Tapi semua barang consumer yg kita pake bakal ada unsur Jepang-nya. Bisa sub komponen (Sony tu bikin semua sensor kamera di HP), mesin2 CNC buat bikin (tu contoh diatas Mori, belun FANUC, Yaskawa, Makino), chemical buat chip (selain Tokyo Electron ada Shin Etsu, ini cuma dia yg bikin, kapan taun tu Korsel panik pas diembargo urusan Jugun Ianfu).
Model barang industrial gini yg cocok buat kultur Jepang, kaizen, konsensus, perfeksionis. Cuma sebagai end customer kita bakal sedih juga, ketemu hari2nya kalo ndak Cungkuo ya Korsel. Nah ntar mobil Jepang kayaknya ya tinggal Toyota, sisanya cuma pemain niche, kalo Honda bakal balik kodrat, bikin sepeda motor ..
rumor has it semua inverter ma PCU yg ada di EV china juga kebanyakan dari jepun. itu baterai nuclear yang dipromotes tencet juga kapan bulan kan konsep si toshiba juga (sebelum kejadian fukushima) rumor. plus kalo raw material semicon japan dah secure sekitar 70% GaN.
yah sayang aja emang skrg terlalu dominan china ma korsel , kecuali ada bubble economny lagi kaia jepun akhirnya back to militarism terus bank central kasih bunga murah, ato inovasi soal regulasi konglomerat / billionare terkait pajak wah bisa comeback banget.
balek ke honda hmmmm kalo cman jual roda 2 sedih sih huhu soichiro bisa balek dari makam. anyway emang dari turnan soichiro gak ada kah yang nerusin jadi engineer atleast mechanic yang aku tau cman mugen itupun aja gakpunya anak lagi katanya
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Thu May 29, 2025 11:09
by kayukayuthe5th
Joehard30 wrote: Thu May 29, 2025 9:54
Fresh grade jepang gaji min 30an, senior staff min 50an. Asal bukan d Tokyo, makan di resto 200-300rb non nomihodai udah lumayan proper. Di supermarket makanan, sayur, Ikan2an dg kualitas yg top notch lebih murah dari pada di supermarket indo. Apato 4-5jt juga udah cukup bagus. Overall, kualitas hidup lebih baik dg biaya yg lebih murah dari sekitaran JKT.
Asal bisa punya kerjaan tetap, gaji jepang bisa jadi lebih manusiawi untuk hidup standard dibandingkan salarymen di kota2 besar negara anglo saxon.
Industri aviasi dan militer jepang masih di restriksi, g kaya duitsland. Andai restriksi nya dicabut, bisa2 nyaingi Ruski sama duitsland.
Makanya saya g ada kasian2nya sama orang jepang, yg kasian orang kelas menengah indo, gaji mepet biaya hidup gila, dijadiin sapi peres sama preman yg g resmi atopun resmi.
kalo next emperor balek ke militarizm ; kawasaki n mitsubishi be like :
qushay20019 wrote: Tue May 27, 2025 13:15
Sebagai user product ahond CBU Thai NIK 2007 & CKD NIK 2017, ane ngerasa jurang kematian ahond, khususnya di wakanda, adalah cutting too many corners dari kualitas barang jualan.
Jadi buat menjawab pertanyaan bro ChZ, produk Honda gak identik sama sama motorsport. Produk honda (khususnya buatan HPM) identik dgn BQ yg terlalu rendah; gak worth untuk price point yg mereka minta. Alias cuma jualan emblem aja. Lama2 org identikkan ahond dgn mobil berisik, kaki2 lemah cepet bunyi2 yg ujung2nya org gak ngerasa dapet kemewahan yg dijanjikan dari pricelist nya.
itu dia
ketika image motorsport pun luntur sama image kaki kaki berisik dan QC amburadul.
HPM ini kayak melakukan pengiritan kecil-kecil yang gak perlu, padahal yang mereka perlu buat cut cost itu perampingan lineup, gak usah main-main mobil murah karena bukan pasarnya. kita tau city, jazz itu mobil low end tier, tapi itu bukan mobil murahan.
ya macem pemerintah wakanda. yang dihemat AC, listrik kantor dinas. tapi anggaran di atas gemuk, mobil dinas, rumah dinas, dll masih ada.
Nah..nah.. saya pikir memang secara marketing Honda juga lupa membuat sebuah tag line yang kuat, ya mungkin karena produknya juga ga ada.
Tag line Skyactiv Mazda itu awal muncul juga bikin orang skeptis, tapi akhirnya jadi branding yang memang membantu, earth dreams Honda ini kurang kuat secara konsep, jadi kaya tenggelam begitu saja padahal itu meluncur hampir barengan.
Toyota justru bikin gebrakan dengan ganti line up TRD dengan GR, tapi produk Halo macam GR Yaris dan Corolla itu dibikin lebih serius dengan sesuatu yang out of the box, mesin 3 silinder powerfull. Jadi orang bukan lihat powernya, tapi lihat mesin 3 silinder bisa kencang.
Yang cukup mengejutkan Justru Suzuki itu lebih rajin update line up dengan harga yang lebih murah tapi fitur lebih banyak.
suzuki tiap ganti gen model, selalu updates heartech, boosterjet, ma skrg e-heartech powertrain. nih osamu suzuki kaianya senyum liat perusahaannya "rajin"
karena earth dreams itu nanggun, hanya updates besar di mesin tidak diplatform, mazda gwa yakin waktu dulu jaman masih kuliah bisa gebrak dan skrg diikuti juga kan sama semua manufaktur (pake scalable/modular platform) eman hiroshima spirits ga pernah salah
toyota berubah sejak akio takeover dah gamau lagi boring car ma moving A to B imagena dan juga toyota disitu mau showcase (hanya toyota skrg yang mampu kasih semua lini powertrain ICE, hybrid, FCEV, Hydrogen, Methane, Flex fuel)
ketika image motorsport pun luntur sama image kaki kaki berisik dan QC amburadul.
HPM ini kayak melakukan pengiritan kecil-kecil yang gak perlu, padahal yang mereka perlu buat cut cost itu perampingan lineup, gak usah main-main mobil murah karena bukan pasarnya. kita tau city, jazz itu mobil low end tier, tapi itu bukan mobil murahan.
ya macem pemerintah wakanda. yang dihemat AC, listrik kantor dinas. tapi anggaran di atas gemuk, mobil dinas, rumah dinas, dll masih ada.
Nah..nah.. saya pikir memang secara marketing Honda juga lupa membuat sebuah tag line yang kuat, ya mungkin karena produknya juga ga ada.
Tag line Skyactiv Mazda itu awal muncul juga bikin orang skeptis, tapi akhirnya jadi branding yang memang membantu, earth dreams Honda ini kurang kuat secara konsep, jadi kaya tenggelam begitu saja padahal itu meluncur hampir barengan.
Toyota justru bikin gebrakan dengan ganti line up TRD dengan GR, tapi produk Halo macam GR Yaris dan Corolla itu dibikin lebih serius dengan sesuatu yang out of the box, mesin 3 silinder powerfull. Jadi orang bukan lihat powernya, tapi lihat mesin 3 silinder bisa kencang.
Yang cukup mengejutkan Justru Suzuki itu lebih rajin update line up dengan harga yang lebih murah tapi fitur lebih banyak.
earth dream secara overall itu juga downgrade dari mesin sebelomnya karakter revnya ampas hp turun karena ngejar kurva torsi jadi mesin kota ala toyota
bayangin sebelom earth dream k24nya rm itu redline 7000 jaman segitu nyari mobil redline 7000 susah banget kalo bukan mobil sport, ditambah mana ada mesin earth dream n/a dijadiin buat balapan mesin jait....
ga downgrade cman potensinya disunat parah demi pnegen nyari irit ma efisien, yang masih ok itu yah cman L15 makanya sampe skrg itu mesin diperes masa sampe xxxz series itu kalo dipabrik CMIIW dah paleng akhir sendiri linenya wkwkwk
dilimit RPM rumor dulu emang mau dibikin hybrid ma hachigo.......cman waktu pandemi ganti CEO malah si mibe ganti , eh dia malah nerusin yang IMMD pake mesin R series yang meh
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Thu May 29, 2025 11:20
by zonepublic
Secara keseluruhan saya rasa diler2 H di sini yang tutup kurang sabar sih mereka memang cari profit gede jualan unit mobil ga mau jualan sparepart
tapi pabrikan beda negara itu beda style,produk naga emang murah tapi dia jual putus,sparepartnya aja ga jelas meskipun janji garansinya panjang,tapi ya janji2 doang
Orang konoha kan carinya resale value ,jadi produk yang lebih tahan lama,aftersales,sparepart bisa ready sampe 50 tahun bisa jadi kekuatan brand nihon
Makannya pangsa pasar mobil niaga belum bergeser masih dikuasai jepun semua 90% karena bisa disiksa sampe hancur
Ini saya lagi benerin roti tawar built up nihon tahun2 awal keluar mesinnya badak,oli habis masih halus suaranya,masih bisa jalan meskipun lampu engine check nyala dan indikator oli habis nyala bunyi2 dan sering overheat,kemarin bongkar karena ada bunyi dengung di gigi 1-3 aja karena bearing transmisinya jebol 4 biji tapi masih bisa normal jalan
Mau tahu kondisinya abis bongkar?
Screenshot_20250529_181624.jpg
Screenshot_20250529_181653.jpg
Screenshot_20250529_181723.jpg
Screenshot_20250529_181813.jpg
Screenshot_20250529_181833.jpg
Screenshot_20250529_181851.jpg
Screenshot_20250529_181923.jpg
Mobil buatan naga saya ga yakin kondisi gitu masih bisa starter
Kondisi paling bersih setelah dibersihkan pakai bensin dan scrap tembok lalu diflushing pake oil flush ptt
Screenshot_20250529_182337.jpg
Screenshot_20250529_182354.jpg
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Thu May 29, 2025 11:33
by b0ku
kayukayuthe5th wrote: Thu May 29, 2025 11:16
ga downgrade cman potensinya disunat parah demi pnegen nyari irit ma efisien, yang masih ok itu yah cman L15 makanya sampe skrg itu mesin diperes masa sampe xxxz series itu kalo dipabrik CMIIW dah paleng akhir sendiri linenya wkwkwk
dilimit RPM rumor dulu emang mau dibikin hybrid ma hachigo.......cman waktu pandemi ganti CEO malah si mibe ganti , eh dia malah nerusin yang IMMD pake mesin R series yang meh
pokoknya karakternya jd boring om sampe males liatnya
satu2xnya mesin bagus di line up indo itu yang sekarang cuma city HB manual itu aja kaki2xnya malesin karena durabilitynya ngampas
hpm napa sih gak masukin turbo manual basic model kan mayan buat maenan
Asal bisa punya kerjaan tetap, gaji jepang bisa jadi lebih manusiawi untuk hidup standard dibandingkan salarymen di kota2 besar negara anglo saxon.
apa ga tebalik bro ?
working and corp culture di japan itu setahu gua nyesek banget dan memang bener yg bilang di atas, kata temen gua yg org jp, dia bilang budaya meeting disana is a waste of time karena bisa berulang2 dan sering without results !
kalau gua disuruh pilih mending work at corporate di EU atau JP, gua pribadi -hands down- pilih di EU/UK.
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Thu May 29, 2025 13:54
by b0ku
zonepublic wrote: Thu May 29, 2025 11:20
Secara keseluruhan saya rasa diler2 H di sini yang tutup kurang sabar sih mereka memang cari profit gede jualan unit mobil ga mau jualan sparepart
tapi pabrikan beda negara itu beda style,produk naga emang murah tapi dia jual putus,sparepartnya aja ga jelas meskipun janji garansinya panjang,tapi ya janji2 doang
Orang konoha kan carinya resale value ,jadi produk yang lebih tahan lama,aftersales,sparepart bisa ready sampe 50 tahun bisa jadi kekuatan brand nihon
Makannya pangsa pasar mobil niaga belum bergeser masih dikuasai jepun semua 90% karena bisa disiksa sampe hancur
Ini saya lagi benerin roti tawar built up nihon tahun2 awal keluar mesinnya badak,oli habis masih halus suaranya,masih bisa jalan meskipun lampu engine check nyala dan indikator oli habis nyala bunyi2 dan sering overheat,kemarin bongkar karena ada bunyi dengung di gigi 1-3 aja karena bearing transmisinya jebol 4 biji tapi masih bisa normal jalan
Mau tahu kondisinya abis bongkar?
Screenshot_20250529_181624.jpgScreenshot_20250529_181653.jpgScreenshot_20250529_181723.jpgScreenshot_20250529_181813.jpgScreenshot_20250529_181833.jpgScreenshot_20250529_181851.jpgScreenshot_20250529_181923.jpg
Mobil buatan naga saya ga yakin kondisi gitu masih bisa starter
Kondisi paling bersih setelah dibersihkan pakai bensin dan scrap tembok lalu diflushing pake oil flush ptt
Screenshot_20250529_182337.jpgScreenshot_20250529_182354.jpg
ini mobil apa om
kayak freed saya metal ud pecah klatak klotok di block bawah masih lari 120kmh padahal gas ud di tahan biar rpmnya serendah mungkin eh dia ngeloyor 120kmh
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Thu May 29, 2025 14:11
by kayukayuthe5th
zonepublic wrote: Thu May 29, 2025 11:20
Secara keseluruhan saya rasa diler2 H di sini yang tutup kurang sabar sih mereka memang cari profit gede jualan unit mobil ga mau jualan sparepart
tapi pabrikan beda negara itu beda style,produk naga emang murah tapi dia jual putus,sparepartnya aja ga jelas meskipun janji garansinya panjang,tapi ya janji2 doang
Orang konoha kan carinya resale value ,jadi produk yang lebih tahan lama,aftersales,sparepart bisa ready sampe 50 tahun bisa jadi kekuatan brand nihon
Makannya pangsa pasar mobil niaga belum bergeser masih dikuasai jepun semua 90% karena bisa disiksa sampe hancur
Ini saya lagi benerin roti tawar built up nihon tahun2 awal keluar mesinnya badak,oli habis masih halus suaranya,masih bisa jalan meskipun lampu engine check nyala dan indikator oli habis nyala bunyi2 dan sering overheat,kemarin bongkar karena ada bunyi dengung di gigi 1-3 aja karena bearing transmisinya jebol 4 biji tapi masih bisa normal jalan
Mau tahu kondisinya abis bongkar?
Screenshot_20250529_181624.jpgScreenshot_20250529_181653.jpgScreenshot_20250529_181723.jpgScreenshot_20250529_181813.jpgScreenshot_20250529_181833.jpgScreenshot_20250529_181851.jpgScreenshot_20250529_181923.jpg
Mobil buatan naga saya ga yakin kondisi gitu masih bisa starter
Kondisi paling bersih setelah dibersihkan pakai bensin dan scrap tembok lalu diflushing pake oil flush ptt
Screenshot_20250529_182337.jpgScreenshot_20250529_182354.jpg
yes gayakin, lawong SAIC wuling itu aja turunan GM, mesitnya oli pake dexos gen(yah cman dimodif dikit sehingga bisa telen tuh oli macem2)
kayukayuthe5th wrote: Thu May 29, 2025 11:16
ga downgrade cman potensinya disunat parah demi pnegen nyari irit ma efisien, yang masih ok itu yah cman L15 makanya sampe skrg itu mesin diperes masa sampe xxxz series itu kalo dipabrik CMIIW dah paleng akhir sendiri linenya wkwkwk
dilimit RPM rumor dulu emang mau dibikin hybrid ma hachigo.......cman waktu pandemi ganti CEO malah si mibe ganti , eh dia malah nerusin yang IMMD pake mesin R series yang meh
pokoknya karakternya jd boring om sampe males liatnya
satu2xnya mesin bagus di line up indo itu yang sekarang cuma city HB manual itu aja kaki2xnya malesin karena durabilitynya ngampas
hpm napa sih gak masukin turbo manual basic model kan mayan buat maenan
mau masukin tapi 1.0L turbo kebanyakan makan oli om di Thai juga makanya dah diskontinu juga. L15zf menurutku cukup ok kok cman yah gitu.....bosen
mestinya kalo pengen sing 1.0l turbo port injection kaia KRVET ayolah honda india bisa yok hehe
kayak freed saya metal ud pecah klatak klotok di block bawah masih lari 120kmh padahal gas ud di tahan biar rpmnya serendah mungkin eh dia ngeloyor 120kmh
Mobil yang produknya sanggup diromusha
Screenshot_20250529_215422 (3).jpg
Dayatsu luxio
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Thu May 29, 2025 16:01
by Pboyz97
Ya kagak heran. Perkembangan produk barunya cenderung stagnan tanpa ada perubahan signifikan (all new model) alias cenderung gitu gitu aja, blm lg gempuran dari mobcin yg harganya lebih terjangkau + fitur yg lebih banyak , cukup berpengaruh jg, terutama di jabodetabek
Saya sendiri & keluarga adalah pengguna honda dari 1980an- sekarang. Alm kakek saya merupakan civic enthusiast dari civic excellent hatchback - ferio fl, kemudian jg accord enthusiast dari prestige - cielo . kemudian untuk ortu saya jg make CRV dari gen 2 (RD), gen 3 (RE) & terakhir gen 5 (RW). Sedangkan saya sendiri user jazz GE8, terus HRV RU & saat ini user HRV RV all new & BRV all new. Liat perkembangan honda sekarang entah knp buat saya pribadi udh ga sebagus dulu honda2 skrg terutama driving feelnya. Mungkin kali ini terakhir kalinya kami pake honda baru, yg saya rasakan mobilnya "cukupan" aja. Gak ada yg spesial. Yaitu cukup fun to drive, cukup lega & cukup nyaman, tp disisi lain , hal itu lah yg paling sesuai buat kebutuhan kami, terutama ortu saya, yg mau mobil yg di 1 sisi enak dikemudikan sendiri, tp disisi lain punya akomodasi, kepraktisan , kenyamanan serta kelegaan kabin yg cukup baik walaupun minus di BQ sm road noise + kualitas audio bawaan yg kurang buat harga segitu. Tp buat kedepannya, kami bakal stick ke mobcin EV/ hybrid (last option) aja kalo baru. Kalo beli ICE entah knp mending seken hehe
zonepublic wrote: Thu May 29, 2025 11:20
Secara keseluruhan saya rasa diler2 H di sini yang tutup kurang sabar sih mereka memang cari profit gede jualan unit mobil ga mau jualan sparepart
tapi pabrikan beda negara itu beda style,produk naga emang murah tapi dia jual putus,sparepartnya aja ga jelas meskipun janji garansinya panjang,tapi ya janji2 doang
Orang konoha kan carinya resale value ,jadi produk yang lebih tahan lama,aftersales,sparepart bisa ready sampe 50 tahun bisa jadi kekuatan brand nihon
Makannya pangsa pasar mobil niaga belum bergeser masih dikuasai jepun semua 90% karena bisa disiksa sampe hancur
Ini saya lagi benerin roti tawar built up nihon tahun2 awal keluar mesinnya badak,oli habis masih halus suaranya,masih bisa jalan meskipun lampu engine check nyala dan indikator oli habis nyala bunyi2 dan sering overheat,kemarin bongkar karena ada bunyi dengung di gigi 1-3 aja karena bearing transmisinya jebol 4 biji tapi masih bisa normal jalan
Mau tahu kondisinya abis bongkar?
Screenshot_20250529_181624.jpgScreenshot_20250529_181653.jpgScreenshot_20250529_181723.jpgScreenshot_20250529_181813.jpgScreenshot_20250529_181833.jpgScreenshot_20250529_181851.jpgScreenshot_20250529_181923.jpg
Mobil buatan naga saya ga yakin kondisi gitu masih bisa starter
Kondisi paling bersih setelah dibersihkan pakai bensin dan scrap tembok lalu diflushing pake oil flush ptt
Screenshot_20250529_182337.jpgScreenshot_20250529_182354.jpg
yes gayakin, lawong SAIC wuling itu aja turunan GM, mesitnya oli pake dexos gen(yah cman dimodif dikit sehingga bisa telen tuh oli macem2)
kayukayuthe5th wrote: Thu May 29, 2025 11:16
ga downgrade cman potensinya disunat parah demi pnegen nyari irit ma efisien, yang masih ok itu yah cman L15 makanya sampe skrg itu mesin diperes masa sampe xxxz series itu kalo dipabrik CMIIW dah paleng akhir sendiri linenya wkwkwk
dilimit RPM rumor dulu emang mau dibikin hybrid ma hachigo.......cman waktu pandemi ganti CEO malah si mibe ganti , eh dia malah nerusin yang IMMD pake mesin R series yang meh
pokoknya karakternya jd boring om sampe males liatnya
satu2xnya mesin bagus di line up indo itu yang sekarang cuma city HB manual itu aja kaki2xnya malesin karena durabilitynya ngampas
hpm napa sih gak masukin turbo manual basic model kan mayan buat maenan
mau masukin tapi 1.0L turbo kebanyakan makan oli om di Thai juga makanya dah diskontinu juga. L15zf menurutku cukup ok kok cman yah gitu.....bosen
mestinya kalo pengen sing 1.0l turbo port injection kaia KRVET ayolah honda india bisa yok hehe
sorry om maksud saya cipic turbo
spek trondol aja pelek kaleng lampu halogen gak usah kasih head unit terus kasih influencer chalengge buat bangun sendiri manualnya itu mancing orang kaya buat beli dan bangun apalagi di sini spoon aja ud resmi masuk indo gandeng endrito kek buat jadi official partner jualin parts spoon tambah acc resmi mugen...... tuh gr yaris yang harganya ampir 1m aja suksess masa kek gini bisa jual 400-500jt kagak bisa apalagi orang daerah juga masih banyak yang doyan manual di kasih embel2x sport menggila mereka di track drag race
jualnya terus kasih contoh spoon sama mugen yang ud jadi tambahin bikin one make race civic turbo seru tuh isinya mobil kenceng semua
carlzeiss wrote: Tue May 27, 2025 12:20
Gimana ga sepi, servis jutaan, dpt nya cuman snek kecil doang , itu pun yang boleh refill yg snek kiloannya (kuping gajah, sumpia ) kalah banget ssma merk sebelah
Ini serius dapet nya kayak gini? Kayak di suzuki dong
Di plaza toyota kl servis ada makan beratnya (nasi goreng / nasi uduk / nasi kuning), kopi (pake excelso) dan teh boleh refill sampe kembung
beneran om, saya pake merk H tegak sama T seberang seberangan di gads3r bandingin aja isi ruang tunggunya, kadang kalo ga males saya suka nyebrang ke merk T buat nunggunya
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Fri May 30, 2025 3:34
by ChZ
Pugman wrote: Thu May 29, 2025 4:40
Nah..nah.. saya pikir memang secara marketing Honda juga lupa membuat sebuah tag line yang kuat, ya mungkin karena produknya juga ga ada.
Tag line Skyactiv Mazda itu awal muncul juga bikin orang skeptis, tapi akhirnya jadi branding yang memang membantu, earth dreams Honda ini kurang kuat secara konsep, jadi kaya tenggelam begitu saja padahal itu meluncur hampir barengan.
Toyota justru bikin gebrakan dengan ganti line up TRD dengan GR, tapi produk Halo macam GR Yaris dan Corolla itu dibikin lebih serius dengan sesuatu yang out of the box, mesin 3 silinder powerfull. Jadi orang bukan lihat powernya, tapi lihat mesin 3 silinder bisa kencang.
Yang cukup mengejutkan Justru Suzuki itu lebih rajin update line up dengan harga yang lebih murah tapi fitur lebih banyak.
saya cuma merenung gini oom as a honda fan and loyalist,
inovasi itu dulu spiritnya Honda.
pre-2010 kita liat banyak banget inovasi unik yang mungkin buat customer gak penting, tapi percayalah itu what shapes the brand value.
- jazz dengan smart cabin + ultra seat.
- freed dengan box+triangle shape, open cafe interior
- civic FD dengan multiplex meter
suka nggak suka dibilang gimik, gimiknya Honda is never about electrical nannies, saat pabrikan lain ribut adu fitur, Honda kasih sesuatu yang beda. saat pabrikan lain bikin SUV itu kotak-kotak (Xtrail, GV, Escape), Honda bikin konsep baru dengan CRV gen 3 yang membulat, dan dalemnya roomy mewah kayak sedan besar. makanya mau naikannya gerobak abis ya tetep laku. fiturnya kalah dari X-trail ya tetep laku, karena kabinnya 80% bikin orang gak ngelirik kabinnya Xtrail yang lebih ke utilitarian.
lalu image dari dulu sebagai engine builder. saat itu VTEC itu dianggep sebagai inovasi hebat karena bisa menghasilkan hp/liter paling gede, sebelumnya CVCC bisa lolos uji emisi tanpa catalytic converter. ini berujung ke prestasi motorsportnya, engine dengan karakter revving dan dual-cam profile gini enak dituning. and still reliable. mobil emak-emak ke pasar yang bisa dipake trackday.
sekarang kalau Honda gimmicknya adalah electrical nannies, turbo, hybrid ? dimana brand value itu? apa inovatifnya, mesin turbo semua pake ya tapi ini ok lah cuma why fooling us with "VTEC turbo", while gak semua VTEC Turbo itu pake VTEC cam itupun hanya exhaust?
maksudnya turbo rasa VTEC kah? gak ada penjelasannya.
hybrid semua pake. e:HEV nothing special lah.
Brio is just a small car and Honda, that's it. nggak ada yang inovatif dari Brio. double triangle design itu biar apa akhirnya direvisi juga pantatnya, wong koper aja gak masuk ke bagasinya.
sekarang penataan kabin yang dari dulu jadi jagonya Honda pun ilang. liat HRV RV yang begitu kacau practicalitynya. mobilnya gendut karena alasan a b c d. HRV RU itu masih secara konsep menarik, RV udah gak menarik. sayangnya RU ruined by HPM dengan entah apa yang dilakukan H dengan bushing lower armnya, might be something like innova reborn.
Katanya honda sekarang kiblat ke VAG group.. Interior quality (global model: civic; crv, akort) seh udah bagus control panelnya smua “clicky” pas di pencet tombolnya enak.. Persis kek Audi
Tapi tuh tranny masih aja pake CVT belt wkwk (yg VW group pun udah tinggalin tuh tranny busuk ganti full DCT). Mau di tuning aja selalu kendala di matic cvt takut putus. Pdhl bisa up to 300bhp tuh enjin L15 turbo kalo udah stage 3.
Kalo honda japan kg sanggup inhouse gegara kendala budget. Yaudah gandeng aja ZF kerjasama buat kawinin engine honda + dual clutch mereka.
Kapan lagi punya honda maticnya berasa
Porsche-Doppelkupplungsgetriebe
gw tuh sebenernya deep inside yah waktu tau accord turbo 2.0T pake 10-speed, kirain directionnya Honda nanti bakal kesini. banyak dipuji kok itu 10AT.
lah kok malah discontinue
lah kok malah boring hybrids.
kenapa gw bisa mikir gitu? 2016 itu udah ada berita honda test mule civic with 10 speed gearbox.
FE civic? great. good car. tapi pricetag segitu. garuk-garuk pala udah. hanya FC with slightly better interior. coba FE civic dapet 10AT mau deh gw harga segitu. worth banget bisa bikin nangis itu mazda3.
gak bilang CVTnya jelek tbh malah quite impressed ini gak berasa CVT... cuma ya mbok... saya masih garuk pala kalo ditanya mau apa gak upgrade ke FE. malah sekarang di ditch sama sekali.
gw baru tau mibe ditunjuk 2021... pantesan dibuang semua itu. kayak ada benang putus aja ini. masa udah ngembangin 10AT gak di apply lagi padahal bukan transmisi jelek. mahal? ford bisa tuh di everest pake 10AT.
as a fan gw gak bisa lagi belain ini brand, gak kebaca, gak ngerti lagi arahnya si mibe atau si billy. di otaknya mikir apa masukin civic hybrid only.
carlzeiss wrote: Tue May 27, 2025 12:20
Gimana ga sepi, servis jutaan, dpt nya cuman snek kecil doang , itu pun yang boleh refill yg snek kiloannya (kuping gajah, sumpia ) kalah banget ssma merk sebelah
Ini serius dapet nya kayak gini? Kayak di suzuki dong
Di plaza toyota kl servis ada makan beratnya (nasi goreng / nasi uduk / nasi kuning), kopi (pake excelso) dan teh boleh refill sampe kembung
beneran om, saya pake merk H tegak sama T seberang seberangan di gads3r bandingin aja isi ruang tunggunya, kadang kalo ga males saya suka nyebrang ke merk T buat nunggunya
Ini kayaknya sama nih beres T nya, sy jg biasa servis yg di GS
Waktu liat2 mobil sempet mampir jg ke H seberangnya buat liat city HB, istri sampe bilang waktu lg parkir, "ini yakin showroomnya buka?" Saking suramnya
Tp ngga nyangka aja sih kl waiting room buat servisnya kelasnya sama kayak S
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Fri May 30, 2025 4:14
by b0ku
Andhyka wrote: Fri May 30, 2025 4:03
Screenshot_2025-05-30-10-43-18-121_com.instagram.barcelona-edit.jpg
Kok mengenaskan begini ya Honda, padahal CRV 10 tahun lalu sangat populer bagi yg tidak suka ladder frame diesel
Jika Civic turbo diganti hybrid, apakah akan bernasib sama dgn CRV hybrid?
KALO dari wholesales 2024 honda kebanyakan masukinnya 2400 unit
akhirnya jadi stock mati sedangkan turbo nik 2025 ud masuk sekitar 900 apa 90 ya saya lupa inget detail datanya artinya yang turbo lebih gampang dijual ditambah cek sendiri aja di pasar mobkas adanya cuma hybrid buat model yang itu yang turbo sejauh ini gak nemu bekasnya
zonepublic wrote: Thu May 29, 2025 11:20
Secara keseluruhan saya rasa diler2 H di sini yang tutup kurang sabar sih mereka memang cari profit gede jualan unit mobil ga mau jualan sparepart
tapi pabrikan beda negara itu beda style,produk naga emang murah tapi dia jual putus,sparepartnya aja ga jelas meskipun janji garansinya panjang,tapi ya janji2 doang
Orang konoha kan carinya resale value ,jadi produk yang lebih tahan lama,aftersales,sparepart bisa ready sampe 50 tahun bisa jadi kekuatan brand nihon
Makannya pangsa pasar mobil niaga belum bergeser masih dikuasai jepun semua 90% karena bisa disiksa sampe hancur
Ini saya lagi benerin roti tawar built up nihon tahun2 awal keluar mesinnya badak,oli habis masih halus suaranya,masih bisa jalan meskipun lampu engine check nyala dan indikator oli habis nyala bunyi2 dan sering overheat,kemarin bongkar karena ada bunyi dengung di gigi 1-3 aja karena bearing transmisinya jebol 4 biji tapi masih bisa normal jalan
Mau tahu kondisinya abis bongkar?
Screenshot_20250529_181624.jpgScreenshot_20250529_181653.jpgScreenshot_20250529_181723.jpgScreenshot_20250529_181813.jpgScreenshot_20250529_181833.jpgScreenshot_20250529_181851.jpgScreenshot_20250529_181923.jpg
Mobil buatan naga saya ga yakin kondisi gitu masih bisa starter
Kondisi paling bersih setelah dibersihkan pakai bensin dan scrap tembok lalu diflushing pake oil flush ptt
Screenshot_20250529_182337.jpgScreenshot_20250529_182354.jpg
yes gayakin, lawong SAIC wuling itu aja turunan GM, mesitnya oli pake dexos gen(yah cman dimodif dikit sehingga bisa telen tuh oli macem2)
pokoknya karakternya jd boring om sampe males liatnya
satu2xnya mesin bagus di line up indo itu yang sekarang cuma city HB manual itu aja kaki2xnya malesin karena durabilitynya ngampas
hpm napa sih gak masukin turbo manual basic model kan mayan buat maenan
mau masukin tapi 1.0L turbo kebanyakan makan oli om di Thai juga makanya dah diskontinu juga. L15zf menurutku cukup ok kok cman yah gitu.....bosen
mestinya kalo pengen sing 1.0l turbo port injection kaia KRVET ayolah honda india bisa yok hehe
sorry om maksud saya cipic turbo
spek trondol aja pelek kaleng lampu halogen gak usah kasih head unit terus kasih influencer chalengge buat bangun sendiri manualnya itu mancing orang kaya buat beli dan bangun apalagi di sini spoon aja ud resmi masuk indo gandeng endrito kek buat jadi official partner jualin parts spoon tambah acc resmi mugen...... tuh gr yaris yang harganya ampir 1m aja suksess masa kek gini bisa jual 400-500jt kagak bisa apalagi orang daerah juga masih banyak yang doyan manual di kasih embel2x sport menggila mereka di track drag race
jualnya terus kasih contoh spoon sama mugen yang ud jadi tambahin bikin one make race civic turbo seru tuh isinya mobil kenceng semua
kek gini bisa naekin brandnya jd lebih kuat
L!5b itu potent pernah ada yang drag bisa 800hp, fl5 terakhir kemaren event K20c1 1000hp. cman like come on L15 lagi2 ganti lah D series ato ZC sekalian aja dong hehe.
yes manual bisalah honda kasih tuh masah siviti mulu
betul honda ini jualannya aneh aja sih kaia terlalu korporat banget ama kaku gitu; ga fleksibel kaia toyota hoho
JDM master sayang malah doi pasca pandemi ga aktif lagireportsnya mantep padahal.
Katanya honda sekarang kiblat ke VAG group.. Interior quality (global model: civic; crv, akort) seh udah bagus control panelnya smua “clicky” pas di pencet tombolnya enak.. Persis kek Audi
Tapi tuh tranny masih aja pake CVT belt wkwk (yg VW group pun udah tinggalin tuh tranny busuk ganti full DCT). Mau di tuning aja selalu kendala di matic cvt takut putus. Pdhl bisa up to 300bhp tuh enjin L15 turbo kalo udah stage 3.
Kalo honda japan kg sanggup inhouse gegara kendala budget. Yaudah gandeng aja ZF kerjasama buat kawinin engine honda + dual clutch mereka.
Kapan lagi punya honda maticnya berasa
Porsche-Doppelkupplungsgetriebe
gw tuh sebenernya deep inside yah waktu tau accord turbo 2.0T pake 10-speed, kirain directionnya Honda nanti bakal kesini. banyak dipuji kok itu 10AT.
lah kok malah discontinue
lah kok malah boring hybrids.
kenapa gw bisa mikir gitu? 2016 itu udah ada berita honda test mule civic with 10 speed gearbox.
FE civic? great. good car. tapi pricetag segitu. garuk-garuk pala udah. hanya FC with slightly better interior. coba FE civic dapet 10AT mau deh gw harga segitu. worth banget bisa bikin nangis itu mazda3.
gak bilang CVTnya jelek tbh malah quite impressed ini gak berasa CVT... cuma ya mbok... saya masih garuk pala kalo ditanya mau apa gak upgrade ke FE. malah sekarang di ditch sama sekali.
gw baru tau mibe ditunjuk 2021... pantesan dibuang semua itu. kayak ada benang putus aja ini. masa udah ngembangin 10AT gak di apply lagi padahal bukan transmisi jelek. mahal? ford bisa tuh di everest pake 10AT.
as a fan gw gak bisa lagi belain ini brand, gak kebaca, gak ngerti lagi arahnya si mibe atau si billy. di otaknya mikir apa masukin civic hybrid only.
kalo mampus ama china ya so be it aja lah.
ya gitulah padahal dari hachigo gwa ada high hopes sih.
FE mah klo gwa bilang emang ampas sih.
ga mahal cman emang karena mibe diawal2 itu dah fetish elektrik doi. dreamo project sustainable fuel dulu waktu prepandemi langsung dicutt, pabrik2 dibuat assembly line untuk EV skrg baru sadar EV slowdown panik reinvest di ICE (lewat india) ma Hybrid. development engine juga dicut karena alasan Pandemi......saat itu
pokoknya kalo selagi mibe yah honda bakal gini2 aja cenderung declines.
cina kalo gwa bilang dah lepas aja , ualan pragmatis sporadis aja wes. gakmungking lu kejar big6 sono (Wuling-SAIC, cherry, byd , GMW , Baojun, DFSK)
Ini serius dapet nya kayak gini? Kayak di suzuki dong
Di plaza toyota kl servis ada makan beratnya (nasi goreng / nasi uduk / nasi kuning), kopi (pake excelso) dan teh boleh refill sampe kembung
beneran om, saya pake merk H tegak sama T seberang seberangan di gads3r bandingin aja isi ruang tunggunya, kadang kalo ga males saya suka nyebrang ke merk T buat nunggunya
Ini kayaknya sama nih beres T nya, sy jg biasa servis yg di GS
Waktu liat2 mobil sempet mampir jg ke H seberangnya buat liat city HB, istri sampe bilang waktu lg parkir, "ini yakin showroomnya buka?" Saking suramnya
Tp ngga nyangka aja sih kl waiting room buat servisnya kelasnya sama kayak S
dealer honda di jatim yang gwa acungin jempol soal cuci mobil. lainnya servis2 meh, skrg je bengkel spesialis.
kenop wrote: Tue May 27, 2025 12:56
Ini serius dapet nya kayak gini? Kayak di suzuki dong
Di plaza toyota kl servis ada makan beratnya (nasi goreng / nasi uduk / nasi kuning), kopi (pake excelso) dan teh boleh refill sampe kembung
beneran om, saya pake merk H tegak sama T seberang seberangan di gads3r bandingin aja isi ruang tunggunya, kadang kalo ga males saya suka nyebrang ke merk T buat nunggunya
Ini kayaknya sama nih beres T nya, sy jg biasa servis yg di GS
Waktu liat2 mobil sempet mampir jg ke H seberangnya buat liat city HB, istri sampe bilang waktu lg parkir, "ini yakin showroomnya buka?" Saking suramnya
Tp ngga nyangka aja sih kl waiting room buat servisnya kelasnya sama kayak S
waktu dulu saya masih "rajiN" servis honda HRV RU dulu ruang tunggu gede. skrg ruang tunggunya literally cman bangku1-1. mana minuman cman teh, kopi, air putih. itupun aja refill snak dikit.
big T mah jos gandos sampe ada kursi pijat, coffe points, plus makan gede kalo servis besar lewat jam makan siang (bukan bermaskud menjatuhkan)
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Fri May 30, 2025 6:54
by zonepublic
carlzeiss wrote: Tue May 27, 2025 12:20
Gimana ga sepi, servis jutaan, dpt nya cuman snek kecil doang , itu pun yang boleh refill yg snek kiloannya (kuping gajah, sumpia ) kalah banget ssma merk sebelah
Beda sama T kayanya,kalo H dilernya dimiliki perorangan,ga diatur SOP wajibnya untuk pelayanannya
Kalo perusahaan T SOP layanannya lebih menyeluruh dan dimiliki korporasi yang diatur harus pakai SOP sama
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Fri May 30, 2025 7:01
by pengendiesel
neodx wrote: Fri May 30, 2025 3:21
bener banget klo ini... saya kerja sama bos Jepang, pas naik mobilio ane dibilang bagus ya Honda...mobil mahal...
ane cuma melongo sama ngangguk2
dan emang bener di sby, uda ada ex diler Honda, beralih ke mobcin chery
Yang di jalan masuk perumahan itu?
Dulu pas cari mobil, sempat ke sana tanya2 hrv. Minta skema cicilan, si sales panggil vendor 3rd party yg handle masalah kredit. Keluar angka dan hasilnya......dp sama cicilan per bulannya bisa lebih tinggi daripada innova g diesel matic. Padahal kalo gak salah ingat, harga otrnya masih lebih tinggi si innova 40 jt an. Ya gimana mau ambil hrv
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Posted: Fri May 30, 2025 8:00
by ChZ
kayukayuthe5th wrote: Fri May 30, 2025 4:36
ya gitulah padahal dari hachigo gwa ada high hopes sih.
FE mah klo gwa bilang emang ampas sih.
ga mahal cman emang karena mibe diawal2 itu dah fetish elektrik doi. dreamo project sustainable fuel dulu waktu prepandemi langsung dicutt, pabrik2 dibuat assembly line untuk EV skrg baru sadar EV slowdown panik reinvest di ICE (lewat india) ma Hybrid. development engine juga dicut karena alasan Pandemi......saat itu
pokoknya kalo selagi mibe yah honda bakal gini2 aja cenderung declines.
cina kalo gwa bilang dah lepas aja , ualan pragmatis sporadis aja wes. gakmungking lu kejar big6 sono (Wuling-SAIC, cherry, byd , GMW , Baojun, DFSK)
iya zaman si hachigo justru lagi naik naiknya kan. develop whole new platform buat civic-crv-accord. directionnya mibe itu kayak gak jelas. FCX apa kabar itu, gak kedengeran di masanya mibe. padahal itu mobil unik yang dijual pake 3 tipe penggerak berbeda. gw yakin sebenernya goalnya buat riset aja tapi sekarang di shutdown
gw makanya bingung kenapa straightforward ke BEV. bener missing link antara hachigo sama mibe.
dulu teknologi2 gini H itu pelopor kok, sekarang jadi ngekor.