Share pengguna nissan serena e power (c28)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16665
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Thu Nov 21, 2024 5:34 Iya jadinya kalo mau hybrid ya Toyota pilihan paling OK, Honda masih baru masuk 2 biji dan ini produk harganya kelas premium, yg beli ga banyak, belum keliatan bukti di lapangan. Yg beli juga mungkin nga mantengin forum SM buat share2 hahaha
sebenernya gampang kalo mau liat hibrit yang irit itu liat aja power motornya berapa berbanding kapasitas batrenya.

semakin besar ya semakin makan batre.

hibrit paralel toyota itu rata-rata motor powernya kecil di zenix cuma 113, di corcross cuma 72hp.

kl H motor powernya gede itu di CRV motor only 184hp.

tapi ini masih mending krn motornya bagi tugas dgn ICE siklus atkinson.

kalo mobil genset macem kicks atau serena battery nya kurang lebih sama tapi powernya bener-bener pake electric motor tenaga gede. pasti ngga akan bisa iritnya kayak toyota.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by peterming77 »

kenop wrote: Thu Nov 21, 2024 6:51
farizfsa wrote: Thu Nov 21, 2024 6:12
AbdulHakim wrote: Tue Nov 19, 2024 13:13

ijin comot dari grup fesbuk jinik
milfingsiyen.jpg
fesbuk.jpg
di SM belum ada thread zenix hybrid CMIIW
maklumlah agak kurang mendapat tempat mobil berbatere di SM enthusiasts
salah satu modip yg ane ga ngerti untuk apa, pasang karpet dasar kulit imitasi :big_biglaugh:
lama2 bikin apek, ketumpahan juga ujung2 nya nyerap ke karpet bawaan, makin apek, makin rumit
Sama 1 lagi kl itu karpet dasar bonusan dealer, yg pasang suka kejar setoran, bongkar pasang nya biasa ada aja yg ngaco :mky_04:
Pasang karpet dasar: bongkar semua kursi2, sama konsol tengah, trus baliknya baut miring, ga rapat, makin nambah penyakit rattle.
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by kenop »

peterming77 wrote: Thu Nov 21, 2024 8:01
kenop wrote: Thu Nov 21, 2024 6:51
farizfsa wrote: Thu Nov 21, 2024 6:12

salah satu modip yg ane ga ngerti untuk apa, pasang karpet dasar kulit imitasi :big_biglaugh:
lama2 bikin apek, ketumpahan juga ujung2 nya nyerap ke karpet bawaan, makin apek, makin rumit
Sama 1 lagi kl itu karpet dasar bonusan dealer, yg pasang suka kejar setoran, bongkar pasang nya biasa ada aja yg ngaco :mky_04:
Pasang karpet dasar: bongkar semua kursi2, sama konsol tengah, trus baliknya baut miring, ga rapat, makin nambah penyakit rattle.
Betul om, makanya kl beli mobil baru semua bonusan ngga ada yg sy ambil, jadiin cashback aja, ntar kl mau pasang sendiri sekalian yg bagus

Dl pengalaman 1x dapet bonus karpet dasar, ujan sekali lgsg jd kolam dlm mobil, malah kluar duit :big_biglaugh:
Ngga rapet masang balik karet2 pintunya
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Thu Nov 21, 2024 7:08
peterming77 wrote: Thu Nov 21, 2024 5:34 Iya jadinya kalo mau hybrid ya Toyota pilihan paling OK, Honda masih baru masuk 2 biji dan ini produk harganya kelas premium, yg beli ga banyak, belum keliatan bukti di lapangan. Yg beli juga mungkin nga mantengin forum SM buat share2 hahaha
sebenernya gampang kalo mau liat hibrit yang irit itu liat aja power motornya berapa berbanding kapasitas batrenya.

semakin besar ya semakin makan batre.

hibrit paralel toyota itu rata-rata motor powernya kecil di zenix cuma 113, di corcross cuma 72hp.

kl H motor powernya gede itu di CRV motor only 184hp.

tapi ini masih mending krn motornya bagi tugas dgn ICE siklus atkinson.

kalo mobil genset macem kicks atau serena battery nya kurang lebih sama tapi powernya bener-bener pake electric motor tenaga gede. pasti ngga akan bisa iritnya kayak toyota.
Kalo Honda ICE nya konek ke roda di high speed tertentu 1 gear, selain itu roda konek ke motor listrik makanya power harus gede krn ICE nga bisa assist di low-medium speed, jadi menurut saya om Honda masih 1/2 Toyota 1/2 Nissan. Kalo Toyota ICE + motor listrik lebih sering in tandem, low speed juga bisa tuh ICE nya gerakin gear tergantung posisi batre + kaki sopan ga injak pedalnya :big_biglaugh:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Ibet »

Ini saya pasang OBD logger dan coba loging data RPM vs travel time dan vehicle speed.
aaaa.JPG
bbbb.JPG
orange : Atoyot hibrida seribumaratus cc
biru : Atoyot bengsin sribumaratus cc

perjalanan cikarang - bandung pasteur

avg speed : 75km/h

walau sering high speed, ya mesinnya mati mati jg, itu yg bikin irit
pas stop & go bakal lebih severe lagi itu mesin nyala mati wkkwkw
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Suryaputra »

peterming77 wrote: Thu Nov 21, 2024 9:20
ChZ wrote: Thu Nov 21, 2024 7:08
peterming77 wrote: Thu Nov 21, 2024 5:34 Iya jadinya kalo mau hybrid ya Toyota pilihan paling OK, Honda masih baru masuk 2 biji dan ini produk harganya kelas premium, yg beli ga banyak, belum keliatan bukti di lapangan. Yg beli juga mungkin nga mantengin forum SM buat share2 hahaha
sebenernya gampang kalo mau liat hibrit yang irit itu liat aja power motornya berapa berbanding kapasitas batrenya.

semakin besar ya semakin makan batre.

hibrit paralel toyota itu rata-rata motor powernya kecil di zenix cuma 113, di corcross cuma 72hp.

kl H motor powernya gede itu di CRV motor only 184hp.

tapi ini masih mending krn motornya bagi tugas dgn ICE siklus atkinson.

kalo mobil genset macem kicks atau serena battery nya kurang lebih sama tapi powernya bener-bener pake electric motor tenaga gede. pasti ngga akan bisa iritnya kayak toyota.
Kalo Honda ICE nya konek ke roda di high speed tertentu 1 gear, selain itu roda konek ke motor listrik makanya power harus gede krn ICE nga bisa assist di low-medium speed, jadi menurut saya om Honda masih 1/2 Toyota 1/2 Nissan. Kalo Toyota ICE + motor listrik lebih sering in tandem, low speed juga bisa tuh ICE nya gerakin gear tergantung posisi batre + kaki sopan ga injak pedalnya :big_biglaugh:
Klo lihat test cvt indo
Antara jinik q hibrit
Vs crv hibrit

Msh lbh irit crv hibrit beda +0.1 km / ltr
Full to full
Di nozzle spbu sama pula :big_biglaugh:



Pdhl batre jinik infonya lbh mak erot
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 10:37
Klo lihat test cvt indo
Antara jinik q hibrit
Vs crv hibrit

Msh lbh irit crv hibrit beda +0.1 km / ltr
Full to full
Di nozzle spbu sama pula :big_biglaugh:



Pdhl batre jinik infonya lbh mak erot
hidup ahond. :big_biglaugh:

0.1 kpl buat real life kayanya ga berasa mbah. lebih berasa 10 kpl :mky_08: :mky_08: :mky_08:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Thu Nov 21, 2024 13:20
Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 10:37
Klo lihat test cvt indo
Antara jinik q hibrit
Vs crv hibrit

Msh lbh irit crv hibrit beda +0.1 km / ltr
Full to full
Di nozzle spbu sama pula :big_biglaugh:



Pdhl batre jinik infonya lbh mak erot
hidup ahond. :big_biglaugh:

0.1 kpl buat real life kayanya ga berasa mbah. lebih berasa 10 kpl :mky_08: :mky_08: :mky_08:
Yup
Cuma menjawab keraguan org ttg performa vs efisiensi hibrid honda.

Tnyt 11 12 :big_grin:

Krm toyota menjadi benchmark untuk teknologi hibrid
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Ibet »

Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 13:31
kunaskun wrote: Thu Nov 21, 2024 13:20
Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 10:37
Klo lihat test cvt indo
Antara jinik q hibrit
Vs crv hibrit

Msh lbh irit crv hibrit beda +0.1 km / ltr
Full to full
Di nozzle spbu sama pula :big_biglaugh:



Pdhl batre jinik infonya lbh mak erot
hidup ahond. :big_biglaugh:

0.1 kpl buat real life kayanya ga berasa mbah. lebih berasa 10 kpl :mky_08: :mky_08: :mky_08:
Yup
Cuma menjawab keraguan org ttg performa vs efisiensi hibrid honda.

Tnyt 11 12 :big_grin:

Krm toyota menjadi benchmark untuk teknologi hibrid
tapi NiMH vs Li-Ion ngaruh ga ya :big_bored:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Suryaputra »

Ibet wrote: Thu Nov 28, 2024 2:24
Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 13:31
kunaskun wrote: Thu Nov 21, 2024 13:20
hidup ahond. :big_biglaugh:

0.1 kpl buat real life kayanya ga berasa mbah. lebih berasa 10 kpl :mky_08: :mky_08: :mky_08:
Yup
Cuma menjawab keraguan org ttg performa vs efisiensi hibrid honda.

Tnyt 11 12 :big_grin:

Krm toyota menjadi benchmark untuk teknologi hibrid
tapi NiMH vs Li-Ion ngaruh ga ya :big_bored:
banyak variabel nya sebetulnya.
dr batre sampai ke controller nya.
gmn algoritma masing2 untuk utilize power batre X mesin bisa sinergi dgn efisiensi optimal.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by HaykelAdityawarman »

Mau tanya om, di C28 ini kan ada EV Mode, pengaruhnya ke FC sama ketahanan batere gimana ya? Terus kapan sebaiknya dipakai, kapan sebaiknya ga dipakai? Udah nyari2 sampe ke web negara tetangga masih belum nemu yang bahas.

Thanks before.
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT

In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16665
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by ChZ »

HaykelAdityawarman wrote: Mon Feb 24, 2025 1:13 Mau tanya om, di C28 ini kan ada EV Mode, pengaruhnya ke FC sama ketahanan batere gimana ya? Terus kapan sebaiknya dipakai, kapan sebaiknya ga dipakai? Udah nyari2 sampe ke web negara tetangga masih belum nemu yang bahas.

Thanks before.
kalo "EV mode" di kicks itu biasa hanya mau kalo battery di atas 50%. di bawah itu dia ngga mau. technically cuma menunda charge cycle aja sih biar gak keseringan. banyak banget sih syaratnya jadi nggak banyak ngaruh.

sebenernya epower kan emang selalu dalam EV mode ya, saya juga bingung,
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 3:45 kalo "EV mode" di kicks itu biasa hanya mau kalo battery di atas 50%. di bawah itu dia ngga mau. technically cuma menunda charge cycle aja sih biar gak keseringan. banyak banget sih syaratnya jadi nggak banyak ngaruh.

sebenernya epower kan emang selalu dalam EV mode ya, saya juga bingung,
EV mode e-power itu jadi bisa "habisin" batere dan nyalain AC tanpa hidupin mesin = silent mode atau parking garage mode.
https://www.nissan.co.uk/owners/car-rep ... 20possible.