Salvanost wrote: Tue Aug 27, 2024 17:20
gara2 kasus kebakaran mau limit charge 90% aja...
tapi secara logika aturan ga mencegah kebakaran..., karena kasus kebakaran itu biasanya ada 1 baterai yang mau rusak
battery.jpg
NAH masalahnya batre rusak wiring gak beres itu susah ke detect makanya di mobil BBM juga kalo gak ada dosa tiba2x kebakar juga ujung2xnya dosanya di electrical juga
kenapa di limit 90%??? karena kalo cuma segitu batrenya gak kerja keras terutama kalo lagi di fast charging jd emang ngurangin resiko meleduk bukannya gak bakalan meleduk........ toh juga disarankan sama pabrikan jangan sampe 100% juga
coba aja charge batre hp sampe 100% pasti pas ud deket 100% mulai panas tuh......
soal hp, selama ini hp2 saya jika akan penuh, malah lbh dingin om (hp dan charger nya). justru awal2 charge yang panas
edit nambahin soal baterai laptop
tambahan soal baterai dan kali ini soal laptop saya. laptop jadul yang saya pakai ini, nyala 24 jam kecuali mudik atau pln mati. perlakuan saya terhadap baterai laptop ini, jika kondisi baterai penuh (100 persen), maka charger akan saya cabut dan sktr 1 menit kemudian charger akan saya hubungkan lagi. ini akan muncul notif 99 persen available (plugged in). semakin lama (banyak hari), kondisi baterai akan terus menurun hingga menyentuh 90 persen dan jika dibawah 90 persen, maka otomatis akan charge baterai lagi hingga 100 persen. jika sudah 100 persen, maka charger akan saya lepas sktr 1 menit dan akan saya hubungkan dan nanti akan muncul notif 99 persen available (plugged in). maksud charger yang saya lepas ini adalah konektor yang masuk ke laptop
perlakuan saya ini, sukses membuat baterai tidak pernah ganti. tapi ya kemampuan laptop nyala via 100 persen baterai gak bisa lama2 juga (faktor usia baterai harusnya)
ciri laptop jadul saya adalah cpu dual core, memory maks 8 gb ddr3 (2 slot), usb 2.0, koneksi ke monitor eksternal cuma ada soket vga jadul kwkwkw. kondisi hardware tidak bisa install windows 11 karena tidak support
Re: EV's Safety?
Posted: Wed Aug 28, 2024 2:03
by esaka
Salvanost wrote: Tue Aug 27, 2024 17:20
gara2 kasus kebakaran mau limit charge 90% aja...
tapi secara logika aturan ga mencegah kebakaran..., karena kasus kebakaran itu biasanya ada 1 baterai yang mau rusak
battery.jpg
sampean inget kejadian Galaxy Note 7, mbah?
mitigasi awalnya kan dibatesin charging maksimal di 90%,
eh meleduk lagi sampe kena banned di mana-mana
emang bener sih kalau ada senior sini yg bilang ini EV cenderungnya cuma gadget raksasa yg dikasih roda aja
alamaaak, kalau orang Arab berprinsip "I buy the whole car, I'm gonna use the whole speedometer", ini EV udah langsung dicoret
Salvanost wrote: Tue Aug 27, 2024 17:20
gara2 kasus kebakaran mau limit charge 90% aja...
tapi secara logika aturan ga mencegah kebakaran..., karena kasus kebakaran itu biasanya ada 1 baterai yang mau rusak
battery.jpg
sampean inget kejadian Galaxy Note 7, mbah?
mitigasi awalnya kan dibatesin charging maksimal di 90%,
eh meleduk lagi sampe kena banned di mana-mana
emang bener sih kalau ada senior sini yg bilang ini EV cenderungnya cuma gadget raksasa yg dikasih roda aja
alamaaak, kalau orang Arab berprinsip "I buy the whole car, I'm gonna use the whole speedometer", ini EV udah langsung dicoret
low battery di tengah gurun
temperature ambient gurun yang tinggi di siang hari, ngeriy siy untuk batere
tapi Arab khan berlimpah oil nya, paling beli EV cuma buat koleksi aja, sedangkan untuk daily beater tetep mobil NA ber-CC gede
kalo preferensi saya pribadi sampai saat ini, EV No! Hybrid Yes!
Re: EV's Safety?
Posted: Wed Aug 28, 2024 4:48
by b0ku
iwing wrote: Wed Aug 28, 2024 1:12
soal hp, selama ini hp2 saya jika akan penuh, malah lbh dingin om (hp dan charger nya). justru awal2 charge yang panas
edit nambahin soal baterai laptop
tambahan soal baterai dan kali ini soal laptop saya. laptop jadul yang saya pakai ini, nyala 24 jam kecuali mudik atau pln mati. perlakuan saya terhadap baterai laptop ini, jika kondisi baterai penuh (100 persen), maka charger akan saya cabut dan sktr 1 menit kemudian charger akan saya hubungkan lagi. ini akan muncul notif 99 persen available (plugged in). semakin lama (banyak hari), kondisi baterai akan terus menurun hingga menyentuh 90 persen dan jika dibawah 90 persen, maka otomatis akan charge baterai lagi hingga 100 persen. jika sudah 100 persen, maka charger akan saya lepas sktr 1 menit dan akan saya hubungkan dan nanti akan muncul notif 99 persen available (plugged in). maksud charger yang saya lepas ini adalah konektor yang masuk ke laptop
perlakuan saya ini, sukses membuat baterai tidak pernah ganti. tapi ya kemampuan laptop nyala via 100 persen baterai gak bisa lama2 juga (faktor usia baterai harusnya)
ciri laptop jadul saya adalah cpu dual core, memory maks 8 gb ddr3 (2 slot), usb 2.0, koneksi ke monitor eksternal cuma ada soket vga jadul kwkwkw. kondisi hardware tidak bisa install windows 11 karena tidak support
laptop itu bisa discconnect batrenya kalo ud 100% jd external ngeselin tuh laptop jaman sekarang batrenya gak bisa di cabut
saya malah pake laptop 2012 batrenya saya cabut
tapi 2 laptop saya mah nyolok mulu 24jem
Re: EV's Safety?
Posted: Wed Aug 28, 2024 7:16
by Jenson
Yang saya bingung liat video Benz meleduk d Korea itu kok aneh bgt ya, mobil idle dan konon ud parkir bbrp hari bisa meleduk gaada angin gaada ujan
Re: EV's Safety?
Posted: Wed Aug 28, 2024 7:59
by b0ku
Jenson wrote: Wed Aug 28, 2024 7:16
Yang saya bingung liat video Benz meleduk d Korea itu kok aneh bgt ya, mobil idle dan konon ud parkir bbrp hari bisa meleduk gaada angin gaada ujan
nah itu bedannya mobil ice sama EV apinya mau ICE lebih banyak gak ngepek soalnya predictable dan rare banget cased ice itu lagi parkir tiba2x meledak orang tuh cuma mikir bensin nya gampang terbakar padahal bensin gak ada api gak bakalan jadi kebakaran jd gak mungkin itu bensin gak kesamber apa2x tiba2x nyala
sedangkan batre itu gak butuh oxygen gak butuh api buat meledak karena dialah sumber apinya bahkan di dalem aer pun ud kejadian itu EV bukannya tewas malah kebakaran...... makannya kenapa EV fire itu lebih bahaya dan concern di banding ice.........
Re: EV's Safety?
Posted: Thu Aug 29, 2024 0:26
by vanosz
om boku ajib dah tentang ev,
ane sering nonton yutub modif muscle car,
kumpulan modif orang pintar,wajarlah emang orang bule kiblatnya ilmu pengetahuan,
itu nikmatnya punya mobil bgtuan,klo senggang digarasi buka kap mesin liat mesinnya wahhh idup terhibur,
klo ioniq 5 N buka kap mesin,anyeppp
di gaspolllll sakit kuping kena suara mesin palsu,perasaan itu gak akan pernah bisa diboongi,sama dgn pake barang KW palsu,org lain bisa tertipu tp diri sendiri NO,beban rasa,
ane dikomporin ioniq 5 N,ane bilang ogah,
model ev juga ky alien,
pabrikan bikin ev krn gak bisa berkompetisi soal mesin,
mknya banyak bertebaran mobil merk xi jin ping,mahal pula,nempel harga mobil jepang,wae wae aya,
wong cuma batere disusun trs kasi dinamo,
jelek banget klo liat ky apa tuh ev,copotin batere servis,
gak ada sesuatu yang wow diliat biar terhibur,
mknya ane dikomporin ioniq 5 n yg ktnya kencang,diajak tes driv,ya biar ajalah,lirik juga ogah,
nih lihat,apa gak bikin tiap hari ada senyum dengan kehidupan yg pait sepet ky empedu,
Re: EV's Safety?
Posted: Thu Aug 29, 2024 0:52
by vanosz
jadi ketika ada konten tentang ev,
lgsg ngamuk dah folowernya,
phuk ev,krn ini konten org yg ngerti tentang mobil,
Screenshot_20240828_185919_YouTube.jpg
Re: EV's Safety?
Posted: Thu Aug 29, 2024 1:33
by b0ku
vanosz wrote: Thu Aug 29, 2024 0:52
jadi ketika ada konten tentang ev,
lgsg ngamuk dah folowernya,
phuk ev,krn ini konten org yg ngerti tentang mobil,
Screenshot_20240828_185919_YouTube.jpg
itulah hasil pemakasaan orang di paksa pake EV akhirnya malah banyak haternya tinggal tunggu bom meledak aja pada boikot kagak beli kalo ud pada kesel
ditambah mereka kena inflasi karena kebijakan lingkungan yang ngada2x liat aja ekonomi us uk eropa anjlok semua
sebenernya liat kondisi politik kita sekarang juga harusnya rame2x boikot juga tuh EV biar si firaun kebakaran jenggot terutama bossnya........ karena tujuan mereka bertidak sejauh ini ya gara2x ev
makannya kalo politikus ud kerjanya ngomongin lingkungan mendingan jgn di pilih.........
vanosz wrote: Thu Aug 29, 2024 0:52
jadi ketika ada konten tentang ev,
lgsg ngamuk dah folowernya,
phuk ev,krn ini konten org yg ngerti tentang mobil,
Screenshot_20240828_185919_YouTube.jpg
itulah hasil pemakasaan orang di paksa pake EV akhirnya malah banyak haternya tinggal tunggu bom meledak aja pada boikot kagak beli kalo ud pada kesel
ditambah mereka kena inflasi karena kebijakan lingkungan yang ngada2x liat aja ekonomi us uk eropa anjlok semua
sebenernya liat kondisi politik kita sekarang juga harusnya rame2x boikot juga tuh EV biar si firaun kebakaran jenggot terutama bossnya........ karena tujuan mereka bertidak sejauh ini ya gara2x ev
makannya kalo politikus ud kerjanya ngomongin lingkungan mendingan jgn di pilih.........
udah settingan, politikus spt itu udah disetting as winner
Re: EV's Safety?
Posted: Thu Aug 29, 2024 3:17
by b0ku
Suryaputra wrote: Thu Aug 29, 2024 2:53
udah settingan, politikus spt itu udah disetting as winner
Suryaputra wrote: Thu Aug 29, 2024 2:53
udah settingan, politikus spt itu udah disetting as winner
ya liat aja nanti
klo gakmau nurut jadi petugas partai,
ya out aja
Re: EV's Safety?
Posted: Thu Aug 29, 2024 4:27
by b0ku
Suryaputra wrote: Thu Aug 29, 2024 3:34
klo gakmau nurut jadi petugas partai,
ya out aja
tapi saya milih dia 2 periode buat jadi petugas partai bukan jadi jongos mentri.........
buat apa bukan pertugas partai hasilnya amburadul koyok gini
saya yang penting hasil mau petugas partai jongos mentri kalo hasilnya baik bodo amat cuma acak2xan gini makin gak jelas, emang keliatan kan selama ini gaya dia juga didikte sama partai terus pada kepincut.......... begitu out lsg beda banget sama yang dulu
kalo beli barang kan as advertised dia kemaren2x kampanye 2 periode pake gaya petugas partai kan ternyata........
maksud oe sih liat aja nanti hasil pemilu USA kalo yang menang si donal bebek kelar dah...........
dia bakalan mati2xan neken harga minyak karena dia tau minyak murah bisa boost ekonomi.........
selama ini si plonga plongo versi amrik itu kerjanya nekenin oil and gas soalnya.........
Re: EV's Safety?
Posted: Thu Aug 29, 2024 5:34
by b0ku
oh iya cased bulan ini juga lisbon airport fire.......
According to preliminary findings by public television RTP, citing witness accounts, the fire started in one of the electric cars and quickly spread to nearby vehicles.
According to preliminary findings by public television RTP, citing witness accounts, the fire started in one of the electric cars and quickly spread to nearby vehicles.
let see
hukum supply & demand akan berlaku di sana.
di LN, makin sering berita EV kebakar (pdhl scr statistik, user BEV masih di bawah ICE jauh).
dan gak butuh waktu lama jadi viral.
intinya, klo sy (sebisa mungkin) avoid parkir di samping BEV
Gak nutup kemungkinan, Plot twist dari drama Otomotif, tau2 (in near future) ultimate goal 0 carbon, malah dieksekusi oleh eFuel, Hydrogen, Hybrid with eFuel & whetever you call it except BEV
seperti teknologi Laserdisc -> DVD-> HD-DVD -> bluray... yg finalnya tergeser oleh Netflix dkk
Re: EV's Safety?
Posted: Thu Aug 29, 2024 6:04
by b0ku
Suryaputra wrote: Thu Aug 29, 2024 5:54
let see
hukum supply & demand akan berlaku di sana.
di LN, makin sering berita EV kebakar (pdhl scr statistik, user BEV masih di bawah ICE jauh).
dan gak butuh waktu lama jadi viral.
intinya, klo sy (sebisa mungkin) avoid parkir di samping BEV
Gak nutup kemungkinan, Plot twist dari drama Otomotif, tau2 (in near future) ultimate goal 0 carbon, malah dieksekusi oleh eFuel, Hydrogen, Hybrid with eFuel & whetever you call it except BEV
seperti teknologi Laserdisc -> DVD-> HD-DVD -> bluray... yg finalnya tergeser oleh Netflix dkk
saya si ud ngomong dari dulu bakalan sering kejadian antara dari batre atau dari wiring wong yang 12 volt aja banyak yang meledak ini ratusan volt ditambah kalo ada apa2x juga susah kedectect soalnya itu kabel loh, FYI penyakit umum camry XV40 aja karena usia wiringnya suka kebakaran tuh dan resenya toyota ud gak sediain partsnya atau indent tapi saya cek banyak di lapangan wiringnya kena
jadi percuma batre aman pun WIRING gak akan pernah aman........ byd aja ud kejadian 3x kena wiring hongkong 1 thailand 2
mau piara ev tua rajin2x lah inpeksi wiring, keriting dah loe.........
menurut saya ujung2xnya pada mundur teratur EV/hybrid bakalan jadi diesel nasibnya
lebih bagus gitu ud sesuai penggemar dan demand aja gak usah maksa musti kemana
Re: EV's Safety?
Posted: Fri Aug 30, 2024 15:33
by Suryaputra
Menarik caption nya.
BEV hype tapi realitanya gak praktis
Menarik caption nya.
BEV hype tapi realitanya gak praktis
iya terus itu mr2 sama celica kalo gak dijual di sana rugii....... ngemeng doank artikel misleading yang di omongin cuma rav4
Re: EV's Safety?
Posted: Fri Aug 30, 2024 16:47
by b0ku
yaaa namanya bikin masalah yang gak ada terus di selesaiiin pake masalah juga....................
Re: EV's Safety?
Posted: Sat Aug 31, 2024 2:14
by b0ku
baru lagi nabrak hydrant
Re: EV's Safety?
Posted: Mon Sep 02, 2024 5:41
by b0ku
tiap minggu aye update di sini sambil ngecek ini videonya bener apa kagak
denger kabar katanya ud 600 byd gosong di china tahun 2024 ini
tau deh bener apa kagak
Re: EV's Safety?
Posted: Mon Sep 02, 2024 6:57
by farizfsa
kmrn liat charging point slots di basement plaza indo, ada 2 air ev ga nge charge atau udah selesai nge charge tp parkir disana aja terus.
ga praktis amat hidup harus nungguin 2 mbl kecil itu pindah dulu abis charging, yg gatau kapan jg owner bakal nyamperin mblnya.
sempet jg naik ev temen, nge charge ke 100 persen kayanya waktu itu 50 menitan dr system, cm si tmn nya baru balik ke mbl hampr 1 setengah jam yg mana itu jd sia2 dan org lain harus nunggu ga jelas wkwk.
PHEV masih solusi oke lah so far. meski bikin mbl berat.
Re: EV's Safety?
Posted: Mon Sep 02, 2024 10:07
by b0ku
farizfsa wrote: Mon Sep 02, 2024 6:57
kmrn liat charging point slots di basement plaza indo, ada 2 air ev ga nge charge atau udah selesai nge charge tp parkir disana aja terus.
ga praktis amat hidup harus nungguin 2 mbl kecil itu pindah dulu abis charging, yg gatau kapan jg owner bakal nyamperin mblnya.
sempet jg naik ev temen, nge charge ke 100 persen kayanya waktu itu 50 menitan dr system, cm si tmn nya baru balik ke mbl hampr 1 setengah jam yg mana itu jd sia2 dan org lain harus nunggu ga jelas wkwk.
PHEV masih solusi oke lah so far. meski bikin mbl berat.
ya tungguin aja ntar ada yang berantem gebuk2xan pake charger
Re: EV's Safety?
Posted: Mon Sep 02, 2024 11:41
by Suryaputra
farizfsa wrote: Mon Sep 02, 2024 6:57
kmrn liat charging point slots di basement plaza indo, ada 2 air ev ga nge charge atau udah selesai nge charge tp parkir disana aja terus.
ga praktis amat hidup harus nungguin 2 mbl kecil itu pindah dulu abis charging, yg gatau kapan jg owner bakal nyamperin mblnya.
sempet jg naik ev temen, nge charge ke 100 persen kayanya waktu itu 50 menitan dr system, cm si tmn nya baru balik ke mbl hampr 1 setengah jam yg mana itu jd sia2 dan org lain harus nunggu ga jelas wkwk.
PHEV masih solusi oke lah so far. meski bikin mbl berat.
Nah ini mbah..
Pernah belajar.
Product Practicality itu "salah satu" Faktor dalam sebuah produk gadget atau sejenisnya, bisa memenangkan market.
4P + customer review.
Kenapa apple dan android bisa win the market? ya krn:
- produknya praktis; dr kirim sms, sampai internet, gps, dan nonton film hampir semua bisa
- harga sesuai dgn capability
- charging jauhh lbh cepat dibanding nokia or blackberry sekalipun
Klo someday ada bev yg ngisinya bs secepat mobil bbm.
Nah siap2 aja kegeser tuh mobil bensin.
Kawan saya dpt cop, dia pilih bev, ribett katanya.
Tiap minggu hrs nongkrong di spklu hampir sejam buat ngecharge doang (itu jg gak antri, cb klo makin banyak bev, yg ada malah naik gojek ke ktr)
Dia krn ngontrak, jd gak bs instalasi MCB terpisah.
Fitur banyak tp repot refill energynya
That's what if.
Segala macam teori bisnis ya balik lg ke product
Re: EV's Safety?
Posted: Mon Sep 02, 2024 13:58
by b0ku
Suryaputra wrote: Mon Sep 02, 2024 11:41
Nah ini mbah..
Pernah belajar.
Product Practicality itu "salah satu" Faktor dalam sebuah produk gadget atau sejenisnya, bisa memenangkan market.
4P + customer review.
Kenapa apple dan android bisa win the market? ya krn:
- produknya praktis; dr kirim sms, sampai internet, gps, dan nonton film hampir semua bisa
- harga sesuai dgn capability
- charging jauhh lbh cepat dibanding nokia or blackberry sekalipun
Klo someday ada bev yg ngisinya bs secepat mobil bbm.
Nah siap2 aja kegeser tuh mobil bensin.
Kawan saya dpt cop, dia pilih bev, ribett katanya.
Tiap minggu hrs nongkrong di spklu hampir sejam buat ngecharge doang (itu jg gak antri, cb klo makin banyak bev, yg ada malah naik gojek ke ktr)
Dia krn ngontrak, jd gak bs instalasi MCB terpisah.
Fitur banyak tp repot refill energynya
That's what if.
Segala macam teori bisnis ya balik lg ke product
masalahnya charging cepet resoucesnya darimana???? mau di rumah bisa charging 5menit kelar di tempat laen belom tentu bisa karena saya kebetulan punya temen dagang genset sama alat berat ketika saya tanya genset buat 200.000watt dimana dipakai buat supercharger 30menit kata dia segede kontener 20feet.........
jadi mau sampe kapanpun gak akan praktis karena batre itu cuma bisa nyimpan bukan generate yang generate alat laen kecuali EVnya bukan EV batre..........