Page 5 of 7

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 5:13
by gwsecretc
mbahmu wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02 Iya, wajib itu....demi kemanusiaan, advokasi kondisi mutu Geometri Roda produk otmotif lokal yang tidak diketahui banyak orang....jumlah mekanik nya malah lebih sedikit dari mekanik kelistrikan

Hampir semua toko ban dulu pajang SDM dgn sertifikat geometri roda dari VEDC Malang, sekarang SDM nya sudah punah....ngomong jadi gak nyambung ternyata hanya training dari vendor alat spooring

Banyak komen yg sudah saya validasi terkait suku cadang spt setir getar walau tapak disc rata....ini bisa timbul dr isu mutu steering rack assy yg juga beda dan/atau profil velg yg beda offset sehingga berdampak ke jarak pijak roda (track width) produk

Pembanding suku cadang tentu yg digunakan produk Toyota Innova di vietnam, taiwan, malaysia, filipina, india....ini kan bukan produk global, tapi produk yang didesain di Jepang utk diproduksi dan dipasarkan di pasar SEAM (south east asian market) dan Gulf countries

Tapi jangan anti produk suku cadang lokal ya sepanjang setiap suku cadang lokal mampu berprestasi sesuai Baku Mutu dan fungsinya....sebab ini bukan perang dagang, dan jangan coba2 kaitkan saya dgn antek asing

Literasi otomotif konsumennya apalagi terkait isu Geometri Roda kan sudah bisa dinilai dari rilis media, silahkan saksi ahli otomotifnya diajak aja suruh lagi bawa mobil2an F1 lalu ulangi beri contoh SAI itu spt daun pintu atau sudut rake spd motor spt dipersidangan tapi didepan kamera media

SAI produk Land Cruiser, Prado, LC500, GS350, LX600, LS600 yg semua double wishbone alias SLA sudut SAI nya berapa derajat? :weekk:

Fortuner yg sama-sama kelas M1 aja 12° kan?

Emang ada mobil penumpang kelas M1 sudut SAI nya 8°-10°? Cieeee... :big_weee:

Semoga Toyota mau diskusi di hadapan publik, kan harga suku cadang dan jasa per unit sdh diketahui...jadi jika penaksiran nilai recall produk yg diproduksi Juli 2010 (saat favelift) s/d sekarang bisa diatas 6 T, lah itu proses peradilannya sarat maladministrasi gak bahaya tah?

Ada kerugian negara gak ya?

Dalam diskusi nanti saya bonusin struktur organisasi otomotif dan organ yang bertanggung jawab menyelenggarakan lini purna jual deh....tambahannya ulasan skandal 2024 itu bukan hanya kegagalan sistem kendali mutu yg memang sesuai petitum gugatan saya sejak 2022 bahwa peradilan menyatakan mereka memproduksi produk otomotif dengan cacat tersembunyi....itu verifikasinya melalui rangkaian penggerebekan kemhan jepang kan sebelum Putusan peradilan pertama :big_grin:

Kalau produsen sama agen mau gabung silahkan nimbrung aja, biar kita gibahin si akio toyoda knp dikhianati sedemikian rupa sampai bikin geger dunia, ganjen bener
Om, kira” kasus SAI ini ada pengaruh jg ga ke ban depan inova reborn yg sering makan sebelah?

Berarti innova indo yg SAI ny sesuai spek cuma keluaran 2004-2011 (inova awal sampai facelift pertama sebelum era inova grand, barong, dan reborn) ya?

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 6:38
by lexnic
gwsecretc wrote: Sun Feb 23, 2025 5:13
mbahmu wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02 Iya, wajib itu....demi kemanusiaan, advokasi kondisi mutu Geometri Roda produk otmotif lokal yang tidak diketahui banyak orang....jumlah mekanik nya malah lebih sedikit dari mekanik kelistrikan

Hampir semua toko ban dulu pajang SDM dgn sertifikat geometri roda dari VEDC Malang, sekarang SDM nya sudah punah....ngomong jadi gak nyambung ternyata hanya training dari vendor alat spooring

Banyak komen yg sudah saya validasi terkait suku cadang spt setir getar walau tapak disc rata....ini bisa timbul dr isu mutu steering rack assy yg juga beda dan/atau profil velg yg beda offset sehingga berdampak ke jarak pijak roda (track width) produk

Pembanding suku cadang tentu yg digunakan produk Toyota Innova di vietnam, taiwan, malaysia, filipina, india....ini kan bukan produk global, tapi produk yang didesain di Jepang utk diproduksi dan dipasarkan di pasar SEAM (south east asian market) dan Gulf countries

Tapi jangan anti produk suku cadang lokal ya sepanjang setiap suku cadang lokal mampu berprestasi sesuai Baku Mutu dan fungsinya....sebab ini bukan perang dagang, dan jangan coba2 kaitkan saya dgn antek asing

Literasi otomotif konsumennya apalagi terkait isu Geometri Roda kan sudah bisa dinilai dari rilis media, silahkan saksi ahli otomotifnya diajak aja suruh lagi bawa mobil2an F1 lalu ulangi beri contoh SAI itu spt daun pintu atau sudut rake spd motor spt dipersidangan tapi didepan kamera media

SAI produk Land Cruiser, Prado, LC500, GS350, LX600, LS600 yg semua double wishbone alias SLA sudut SAI nya berapa derajat? :weekk:

Fortuner yg sama-sama kelas M1 aja 12° kan?

Emang ada mobil penumpang kelas M1 sudut SAI nya 8°-10°? Cieeee... :big_weee:

Semoga Toyota mau diskusi di hadapan publik, kan harga suku cadang dan jasa per unit sdh diketahui...jadi jika penaksiran nilai recall produk yg diproduksi Juli 2010 (saat favelift) s/d sekarang bisa diatas 6 T, lah itu proses peradilannya sarat maladministrasi gak bahaya tah?

Ada kerugian negara gak ya?

Dalam diskusi nanti saya bonusin struktur organisasi otomotif dan organ yang bertanggung jawab menyelenggarakan lini purna jual deh....tambahannya ulasan skandal 2024 itu bukan hanya kegagalan sistem kendali mutu yg memang sesuai petitum gugatan saya sejak 2022 bahwa peradilan menyatakan mereka memproduksi produk otomotif dengan cacat tersembunyi....itu verifikasinya melalui rangkaian penggerebekan kemhan jepang kan sebelum Putusan peradilan pertama :big_grin:

Kalau produsen sama agen mau gabung silahkan nimbrung aja, biar kita gibahin si akio toyoda knp dikhianati sedemikian rupa sampai bikin geger dunia, ganjen bener
Om, kira” kasus SAI ini ada pengaruh jg ga ke ban depan inova reborn yg sering makan sebelah?

Berarti innova indo yg SAI ny sesuai spek cuma keluaran 2004-2011 (inova awal sampai facelift pertama sebelum era inova grand, barong, dan reborn) ya?
dulu bokap pernah pnya innova 1TR G manual keluaran 2007. kaki2 depannya bunyi ngik2 pas masuk tahun ketiga pemakaian (skitar 2010). awalnya kita kira karena shockbreaker lemah, tapi bunyinya tetep ada padahal udh ganti shockbreaker (komponen2 lain emg gk diganti2).

akhirnya thn 2013 dijual & diganti innova 2KD G matic. yg saya heran, smpe skrg kaki2 depan gk pernah bunyi ngik2. padahal shockbreaker msh pake bawaan mobil, satu2nya komponen kaki2 depan yg diganti cuma tie rod, itu pun bru diganti pas akhir 2023.

klo saya perhatiin, generasi innova lama mulai yg grand (keluaran pertengahan 2011) smpe yg grill barong, kaki2 depannya gk bunyi ngik2 biarpun dipake kasar. beda dgn innova keluaran 2004-2011 (sblm generasi grand), kaki2 depannya pada bunyi ngik2 semua.

IMO, mngkin emg beneran ada part kaki2 yg diganti pake buatan lokal (klo mnurut video om mbahmu) dri awalnya buatan jepang. alasan kenapa diganti, hanya toyota yg tau..

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 6:41
by lexnic
b0ku wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02
ctopher7 wrote: Sun Feb 23, 2025 4:57
b0ku wrote: Sun Feb 23, 2025 3:25
10taon lalu sejak pake yaris bakpao sampe kapok gw ud bekoar toyota tukang sunat chasis orang2x anggep gw orang gila sekarang kebukti kan :wkkk:

jaman segitu malah pada ributin bq honda klontang2x klontang sama sunat fitur padahal jaman segitu pulalah jaman honda punya kaki2x yang kuat :wkkk:

karena pembiaraan kek gitu keliatannya honda ngikut2x sekarang kakinya makin cengeng deh............ :big_bored:

at least sebusuk2xnya toyota minim kasus kaki copot di jalan

NEXT bakalan ada yang kasusnya copot kaki di jalan tungguin aja itu mobil ud pada somplak pasti kejadian :wkkk:
cungkwo 3 hurup?
iya om yang di cungkwo gak gitu kedengeran padahal ampir tiap bulan ada aja di mainland, terakhir viral itu yang singa laut cuma lindes buaya lsg patah depannya bodynya aja gak ada damage tuh tapi kakinya lsg nungging viral karena kejadian di thailand kalo gak salah :big_think:
tahun lalu sempet viral kasus as roda patah omoda 5 di malaysia, entah gmana kelanjutannya. saya gk anti merk china, cuma kadang harga jualnya terkesan "too good to be true". klo emg beneran bagus sih gpp, tapi klo smpe kena zonk kan bahaya, taruhannya nyawa nih :big_biglaugh:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 8:20
by b0ku
lexnic wrote: Sun Feb 23, 2025 6:41
b0ku wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02
ctopher7 wrote: Sun Feb 23, 2025 4:57
cungkwo 3 hurup?
iya om yang di cungkwo gak gitu kedengeran padahal ampir tiap bulan ada aja di mainland, terakhir viral itu yang singa laut cuma lindes buaya lsg patah depannya bodynya aja gak ada damage tuh tapi kakinya lsg nungging viral karena kejadian di thailand kalo gak salah :big_think:
tahun lalu sempet viral kasus as roda patah omoda 5 di malaysia, entah gmana kelanjutannya. saya gk anti merk china, cuma kadang harga jualnya terkesan "too good to be true". klo emg beneran bagus sih gpp, tapi klo smpe kena zonk kan bahaya, taruhannya nyawa nih :big_biglaugh:
saya liat kaki omoda mah gak heran om :big_dunno:

rem mah senen kamis cuma kemaren pada denial katanya cuma butuh pembiasaan ya ud de...... :big_okay:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 13:23
by darrelund
ExorT wrote: Sun Feb 23, 2025 3:16
Wih Om mbahmu bahas di youtube :big_exellent:

tricky jg niy kasus (sebagai org awam)

krn bisa aja dia prove dgn beli ketengan low arm spec luar, cuma beres pasti nolak pasangin, klo pasang diluar tar dibilang hangusin garansi toyota, yang balik lagi nanti di edukasi sama pemegrang merk

:big_biglaugh:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 13:40
by b0ku
darrelund wrote: Sun Feb 23, 2025 13:23

tricky jg niy kasus (sebagai org awam)

krn bisa aja dia prove dgn beli ketengan low arm spec luar, cuma beres pasti nolak pasangin, klo pasang diluar tar dibilang hangusin garansi toyota, yang balik lagi nanti di edukasi sama pemegrang merk

:big_biglaugh:
tapi kayak yotota itu penyakitnya cuma kek defect produk loh gak sampe itu mobil bikin cilaka kalo nyetirnya gak ngawur, apa kabarnya tuh yang suka patah kaki2x di jalan :mky_07:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 14:54
by ctopher7
b0ku wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02
iya om yang di cungkwo gak gitu kedengeran padahal ampir tiap bulan ada aja di mainland, terakhir viral itu yang singa laut cuma lindes buaya lsg patah depannya bodynya aja gak ada damage tuh tapi kakinya lsg nungging viral karena kejadian di thailand kalo gak salah :big_think:
maklum monokok 2-2.5 ton, harusnya pake sasis truk kyk pajero fortuner yang memang rated untuk bawa barang

ga beda jauh beratnya sama g wagen :big_biglaugh:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 15:34
by darrelund
b0ku wrote: Sun Feb 23, 2025 13:40
tapi kayak yotota itu penyakitnya cuma kek defect produk loh gak sampe itu mobil bikin cilaka kalo nyetirnya gak ngawur, apa kabarnya tuh yang suka patah kaki2x di jalan :mky_07:
yg ini bukan mbah? :big_biglaugh:


Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 15:43
by ilhami
Mungkin diselaraskan dengan umur baterai....
Jadi gak perlu garansi baterai karena kakinya udah pengkor yang pakai juga udah males

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 16:46
by ChZ
mbahmu wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02
Iya, wajib itu....demi kemanusiaan, advokasi kondisi mutu Geometri Roda produk otmotif lokal yang tidak diketahui banyak orang....jumlah mekanik nya malah lebih sedikit dari mekanik kelistrikan

Hampir semua toko ban dulu pajang SDM dgn sertifikat geometri roda dari VEDC Malang, sekarang SDM nya sudah punah....ngomong jadi gak nyambung ternyata hanya training dari vendor alat spooring

Banyak komen yg sudah saya validasi terkait suku cadang spt setir getar walau tapak disc rata....ini bisa timbul dr isu mutu steering rack assy yg juga beda dan/atau profil velg yg beda offset sehingga berdampak ke jarak pijak roda (track width) produk

Pembanding suku cadang tentu yg digunakan produk Toyota Innova di vietnam, taiwan, malaysia, filipina, india....ini kan bukan produk global, tapi produk yang didesain di Jepang utk diproduksi dan dipasarkan di pasar SEAM (south east asian market) dan Gulf countries

Tapi jangan anti produk suku cadang lokal ya sepanjang setiap suku cadang lokal mampu berprestasi sesuai Baku Mutu dan fungsinya....sebab ini bukan perang dagang, dan jangan coba2 kaitkan saya dgn antek asing

Literasi otomotif konsumennya apalagi terkait isu Geometri Roda kan sudah bisa dinilai dari rilis media, silahkan saksi ahli otomotifnya diajak aja suruh lagi bawa mobil2an F1 lalu ulangi beri contoh SAI itu spt daun pintu atau sudut rake spd motor spt dipersidangan tapi didepan kamera media

SAI produk Land Cruiser, Prado, LC500, GS350, LX600, LS600 yg semua double wishbone alias SLA sudut SAI nya berapa derajat? :weekk:

Fortuner yg sama-sama kelas M1 aja 12° kan?

Emang ada mobil penumpang kelas M1 sudut SAI nya 8°-10°? Cieeee... :big_weee:

Semoga Toyota mau diskusi di hadapan publik, kan harga suku cadang dan jasa per unit sdh diketahui...jadi jika penaksiran nilai recall produk yg diproduksi Juli 2010 (saat favelift) s/d sekarang bisa diatas 6 T, lah itu proses peradilannya sarat maladministrasi gak bahaya tah?

Ada kerugian negara gak ya?

Dalam diskusi nanti saya bonusin struktur organisasi otomotif dan organ yang bertanggung jawab menyelenggarakan lini purna jual deh....tambahannya ulasan skandal 2024 itu bukan hanya kegagalan sistem kendali mutu yg memang sesuai petitum gugatan saya sejak 2022 bahwa peradilan menyatakan mereka memproduksi produk otomotif dengan cacat tersembunyi....itu verifikasinya melalui rangkaian penggerebekan kemhan jepang kan sebelum Putusan peradilan pertama :big_grin:

Kalau produsen sama agen mau gabung silahkan nimbrung aja, biar kita gibahin si akio toyoda knp dikhianati sedemikian rupa sampai bikin geger dunia, ganjen bener
Udah saya duga :mky_07: saya lagi dengerin nih om

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Sun Feb 23, 2025 19:16
by b0ku
darrelund wrote: Sun Feb 23, 2025 15:34
b0ku wrote: Sun Feb 23, 2025 13:40
tapi kayak yotota itu penyakitnya cuma kek defect produk loh gak sampe itu mobil bikin cilaka kalo nyetirnya gak ngawur, apa kabarnya tuh yang suka patah kaki2x di jalan :mky_07:
yg ini bukan mbah? :big_biglaugh:

tuh kan bener :mky_07:

itu kolong kok kesannya murahan banget ya liat aja tuh kenalpot las lasannya kek las lasan bengkel kenalpot abal2x :big_biglaugh:

itu korosi apa totol merah sih saya peratiin kok kayak korosi di baut gila itu mobil baru loh :big_biglaugh:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 0:52
by b0ku
darrelund wrote: Sun Feb 23, 2025 15:34
b0ku wrote: Sun Feb 23, 2025 13:40
tapi kayak yotota itu penyakitnya cuma kek defect produk loh gak sampe itu mobil bikin cilaka kalo nyetirnya gak ngawur, apa kabarnya tuh yang suka patah kaki2x di jalan :mky_07:
yg ini bukan mbah? :big_biglaugh:

ini lah om contohnya





ampir tiap bulan ada aja biarpun gak sebanyak yang gosong :mky_07:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 1:46
by Ibet
mbahmu wrote: Sat Jun 08, 2024 21:04
mobilover wrote: Sat Jun 08, 2024 10:34 Kesimpulannya jepang jaman now udah gak sebagus jaman dulu ya. Sekarang profit oriented banget karena tuntutan investor jadi kualitas ada yg kurang di sana di sini.

Saat kualitas jepang dipertanyakan begini, korea dan china pun mulai menyusul, udah gak relevan yah untuk fanatik ke merek jepang. Kecuali karena alasan resale value yg kejaga dan emosional nostalgia kejayaan mobil jepang jaman dulu yang fun to drive (jaman supra,estilo, gt-r, dll)

IMHO masalah utamanya mungkin krn populasi dan peradaban manusia sehingga kondisinya mengharuskan kriteria produk otomotif yang lebih berorientasi kepada lingkungan.

Puncak efisiensi mesin 4-Tak ada di Euro6, itupun produsen kesulitan comply dgn berinovasi mulai dr penggunaan CVT sampai Hybrid agar lolos homologasi....maraklah manipulasi baku mutu produk (Quality Standard) atau manipulasi Homologasi....seperti jadi "short cut" terbaik (kalau gak ketauan) :big_grin:

Apakah produsen mau jaga Merk? Belum tentu....

Mereka buka manufacturing plant kan pasti prioritaskan keekonomian utk cuan sekalipun gimmick dewa: kami mendukung perekonomian krn produk otomotif sarana penunjang ekonomi penggunanya yg bahkan bisa jadi pilar ekonomi negara....di jepang kontribusi industri otomotif masih 11% PDB, walau pabrik mereka di Jepang khusus hanya untuk pasar produk Global (europe, NA, ) dan JDM, utk General Countries sudah geser ke Thailand, IDN, dst.

Mungkin fanatik kepada Merk yg adopsi IATF16949 spt produk utk pasar Global...fanatik ke Mutu....sebab, mitra externalnya spt vendor suku cadang wajib adopsi IATF16949 juga....maka saham Suzuku sbg produsen yg fokus LCGC di bursa Jepang naik di Desember 2023
nikmatnya punya mobil spek global ..
maka itu carilah mobil yg dijual di (minimal) US / EU / JP market ..

yg saya aneh, kok ada orang mau beli Kei Car buat disini ya, itu sebenernya kan barang low spec jg
asli better LCGC jauh

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 2:07
by Bibieight
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 1:46
mbahmu wrote: Sat Jun 08, 2024 21:04
mobilover wrote: Sat Jun 08, 2024 10:34 Kesimpulannya jepang jaman now udah gak sebagus jaman dulu ya. Sekarang profit oriented banget karena tuntutan investor jadi kualitas ada yg kurang di sana di sini.

Saat kualitas jepang dipertanyakan begini, korea dan china pun mulai menyusul, udah gak relevan yah untuk fanatik ke merek jepang. Kecuali karena alasan resale value yg kejaga dan emosional nostalgia kejayaan mobil jepang jaman dulu yang fun to drive (jaman supra,estilo, gt-r, dll)

IMHO masalah utamanya mungkin krn populasi dan peradaban manusia sehingga kondisinya mengharuskan kriteria produk otomotif yang lebih berorientasi kepada lingkungan.

Puncak efisiensi mesin 4-Tak ada di Euro6, itupun produsen kesulitan comply dgn berinovasi mulai dr penggunaan CVT sampai Hybrid agar lolos homologasi....maraklah manipulasi baku mutu produk (Quality Standard) atau manipulasi Homologasi....seperti jadi "short cut" terbaik (kalau gak ketauan) :big_grin:

Apakah produsen mau jaga Merk? Belum tentu....

Mereka buka manufacturing plant kan pasti prioritaskan keekonomian utk cuan sekalipun gimmick dewa: kami mendukung perekonomian krn produk otomotif sarana penunjang ekonomi penggunanya yg bahkan bisa jadi pilar ekonomi negara....di jepang kontribusi industri otomotif masih 11% PDB, walau pabrik mereka di Jepang khusus hanya untuk pasar produk Global (europe, NA, ) dan JDM, utk General Countries sudah geser ke Thailand, IDN, dst.

Mungkin fanatik kepada Merk yg adopsi IATF16949 spt produk utk pasar Global...fanatik ke Mutu....sebab, mitra externalnya spt vendor suku cadang wajib adopsi IATF16949 juga....maka saham Suzuku sbg produsen yg fokus LCGC di bursa Jepang naik di Desember 2023
nikmatnya punya mobil spek global ..
maka itu carilah mobil yg dijual di (minimal) US / EU / JP market ..

yg saya aneh, kok ada orang mau beli Kei Car buat disini ya, itu sebenernya kan barang low spec jg
asli better LCGC jauh
Benernya ini kan salah satunya gara2 karakter konsumen Indonesia yang rada aneh, mobil dianggap investasi, beli mobil nanya dulu harga jual kembali, mobil ndak bole rusak karena dianggep pusaka keramat, mobil wajib hukumnya bisa pake spare part KW (garis bawah : KW, bukan OEM lho).
Gara2 mindset begini akhirnya ATPM recall dianggep tabu, soalnya tiap ada inisiatif recall malah dianggep jualan barang busuk, Disini fanatik merek udah ngalah2in fanatik ama Real Madrid :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , begitu satu recall dah sliweran sales2 merek yang lain njatuhin merek yang recall.
Itu yakin saya begitu TMMIN-TAM berani recall arm Innova bakal langsung dihujat habis2an, apalagi untuk barang yang sifatnya samar kayak gini. Kalo ndak parah banget macam Rocky/Raize yang copot dudukan shock absorber ndak mungkin TAM-TMMIN berani recall. Kayaknya mereka ndak begitu takut buang 6T-nya, mereka jauh lebih takut turun jualan gara2 recall produk paling laku-nya.

Omong2 produk global, sejak 100% pake produk global dari 2021 (sejak saya pensiunin cumi2 darat), sekarang kalo pake produk model lokal (mau zenik sekalipun) berasa aneh, kayak ada aja yang gak nyambung :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 2:08
by b0ku
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 1:46 nikmatnya punya mobil spek global ..
maka itu carilah mobil yg dijual di (minimal) US / EU / JP market ..

yg saya aneh, kok ada orang mau beli Kei Car buat disini ya, itu sebenernya kan barang low spec jg
asli better LCGC jauh
SETAU saya kei car itu BQnya bagus deh spek doank kek LCGC cuma BQ mah kek mobil medium macem coroola civic :big_think:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 2:52
by ChZ
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 1:46
mbahmu wrote: Sat Jun 08, 2024 21:04
Mungkin fanatik kepada Merk yg adopsi IATF16949 spt produk utk pasar Global...fanatik ke Mutu....sebab, mitra externalnya spt vendor suku cadang wajib adopsi IATF16949 juga....maka saham Suzuku sbg produsen yg fokus LCGC di bursa Jepang naik di Desember 2023
nikmatnya punya mobil spek global ..
maka itu carilah mobil yg dijual di (minimal) US / EU / JP market ..

yg saya aneh, kok ada orang mau beli Kei Car buat disini ya, itu sebenernya kan barang low spec jg
asli better LCGC jauh
saya idem dgn om mbahmu... fanatik ke mobil yang punya standar mutu... makanya motuba eropa pun saya ambil. apalagi awarded dimana-mana, dapet gelar subjectively & objectively the best BMW ever made... ke bengkel nggak drama, udah tau penyakit dan spare parts mudah cari... repair sekali beres nggak emosi dikadalin orang dealer yang planga plongo. saya lihat sendiri orang2 beli mobil baru tapi dramanya lebih banyak daripada saya ngurusin motuba jerman dan mopang 8 thn.

maintenance mahal ya you get what you paid... saya akan beli mobil yang saya merasa secure di dalamnya.

bayar lebih untuk keamanan dan kenyamanan lebih. nggak mahal juga sih, even dibanding mocin sekalipun yang standar mutunya juga (?).

anyway low specnya japan kan beda dgn low specnya sini om, granmax reject an jepang aja jadi barang rebutan :mky_07:

TL, DR :

lebih baik beli mobil seken tapi memenuhi standar kualitas... maintenance slow/fast moving itu masih jauh lebih baik daripada cacat bawaan yang disembunyikan.

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 3:35
by Jenson
mbahmu wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02 Wih Om mbahmu bahas di youtube :big_exellent:

Iya, wajib itu....demi kemanusiaan, advokasi kondisi mutu Geometri Roda produk otmotif lokal yang tidak diketahui banyak orang....jumlah mekanik nya malah lebih sedikit dari mekanik kelistrikan

Hampir semua toko ban dulu pajang SDM dgn sertifikat geometri roda dari VEDC Malang, sekarang SDM nya sudah punah....ngomong jadi gak nyambung ternyata hanya training dari vendor alat spooring

Banyak komen yg sudah saya validasi terkait suku cadang spt setir getar walau tapak disc rata....ini bisa timbul dr isu mutu steering rack assy yg juga beda dan/atau profil velg yg beda offset sehingga berdampak ke jarak pijak roda (track width) produk

Pembanding suku cadang tentu yg digunakan produk Toyota Innova di vietnam, taiwan, malaysia, filipina, india....ini kan bukan produk global, tapi produk yang didesain di Jepang utk diproduksi dan dipasarkan di pasar SEAM (south east asian market) dan Gulf countries

Tapi jangan anti produk suku cadang lokal ya sepanjang setiap suku cadang lokal mampu berprestasi sesuai Baku Mutu dan fungsinya....sebab ini bukan perang dagang, dan jangan coba2 kaitkan saya dgn antek asing

Literasi otomotif konsumennya apalagi terkait isu Geometri Roda kan sudah bisa dinilai dari rilis media, silahkan saksi ahli otomotifnya diajak aja suruh lagi bawa mobil2an F1 lalu ulangi beri contoh SAI itu spt daun pintu atau sudut rake spd motor spt dipersidangan tapi didepan kamera media

SAI produk Land Cruiser, Prado, LC500, GS350, LX600, LS600 yg semua double wishbone alias SLA sudut SAI nya berapa derajat? :weekk:

Fortuner yg sama-sama kelas M1 aja 12° kan?

Emang ada mobil penumpang kelas M1 sudut SAI nya 8°-10°? Cieeee... :big_weee:

Semoga Toyota mau diskusi di hadapan publik, kan harga suku cadang dan jasa per unit sdh diketahui...jadi jika penaksiran nilai recall produk yg diproduksi Juli 2010 (saat favelift) s/d sekarang bisa diatas 6 T, lah itu proses peradilannya sarat maladministrasi gak bahaya tah?

Ada kerugian negara gak ya?

Dalam diskusi nanti saya bonusin struktur organisasi otomotif dan organ yang bertanggung jawab menyelenggarakan lini purna jual deh....tambahannya ulasan skandal 2024 itu bukan hanya kegagalan sistem kendali mutu yg memang sesuai petitum gugatan saya sejak 2022 bahwa peradilan menyatakan mereka memproduksi produk otomotif dengan cacat tersembunyi....itu verifikasinya melalui rangkaian penggerebekan kemhan jepang kan sebelum Putusan peradilan pertama :big_grin:

Kalau produsen sama agen mau gabung silahkan nimbrung aja, biar kita gibahin si akio toyoda knp dikhianati sedemikian rupa sampai bikin geger dunia, ganjen bener
[/quote]
Mantap om ulasannya. Apakah sudah coba d up kr media international agar bisa lebih jadi pusat perhatian? Tentunya bisa geger ini karena terkait safety issues international. BTW, saya jd tertarik liat komen2nya di video, banyak yg speak up soal rakitan pabrik yg asal2an (ini juga diamini kenalan saya yg kerja d sana dlu) sampai beberapa komen soal airbag ga keluar (ntah kenapa makin sering saya denger remarks ini drkenalam yg ada accident). Kalo mau dibilamg soal point of impact, dr bbrpp bangke yg saya liat fotonya, agak BS karena idung depan ancursemua jd mustshil ga kena sensor

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 3:42
by sahabatq8
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 1:46
mbahmu wrote: Sat Jun 08, 2024 21:04
mobilover wrote: Sat Jun 08, 2024 10:34 Kesimpulannya jepang jaman now udah gak sebagus jaman dulu ya. Sekarang profit oriented banget karena tuntutan investor jadi kualitas ada yg kurang di sana di sini.

Saat kualitas jepang dipertanyakan begini, korea dan china pun mulai menyusul, udah gak relevan yah untuk fanatik ke merek jepang. Kecuali karena alasan resale value yg kejaga dan emosional nostalgia kejayaan mobil jepang jaman dulu yang fun to drive (jaman supra,estilo, gt-r, dll)

IMHO masalah utamanya mungkin krn populasi dan peradaban manusia sehingga kondisinya mengharuskan kriteria produk otomotif yang lebih berorientasi kepada lingkungan.

Puncak efisiensi mesin 4-Tak ada di Euro6, itupun produsen kesulitan comply dgn berinovasi mulai dr penggunaan CVT sampai Hybrid agar lolos homologasi....maraklah manipulasi baku mutu produk (Quality Standard) atau manipulasi Homologasi....seperti jadi "short cut" terbaik (kalau gak ketauan) :big_grin:

Apakah produsen mau jaga Merk? Belum tentu....

Mereka buka manufacturing plant kan pasti prioritaskan keekonomian utk cuan sekalipun gimmick dewa: kami mendukung perekonomian krn produk otomotif sarana penunjang ekonomi penggunanya yg bahkan bisa jadi pilar ekonomi negara....di jepang kontribusi industri otomotif masih 11% PDB, walau pabrik mereka di Jepang khusus hanya untuk pasar produk Global (europe, NA, ) dan JDM, utk General Countries sudah geser ke Thailand, IDN, dst.

Mungkin fanatik kepada Merk yg adopsi IATF16949 spt produk utk pasar Global...fanatik ke Mutu....sebab, mitra externalnya spt vendor suku cadang wajib adopsi IATF16949 juga....maka saham Suzuku sbg produsen yg fokus LCGC di bursa Jepang naik di Desember 2023
nikmatnya punya mobil spek global ..
maka itu carilah mobil yg dijual di (minimal) US / EU / JP market ..

yg saya aneh, kok ada orang mau beli Kei Car buat disini ya, itu sebenernya kan barang low spec jg
asli better LCGC jauh
Lucu om and katanya fun to drive, saya aja mau kalo ada S660 / Daihatsu Copen tapi harga normal. Masalahnya importir umum gitu jualnya kan mahal bgt ya jadi gak worth it aja

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 3:52
by ChZ
Jenson wrote: Mon Feb 24, 2025 3:35
Mantap om ulasannya. Apakah sudah coba d up kr media international agar bisa lebih jadi pusat perhatian? Tentunya bisa geger ini karena terkait safety issues international. BTW, saya jd tertarik liat komen2nya di video, banyak yg speak up soal rakitan pabrik yg asal2an (ini juga diamini kenalan saya yg kerja d sana dlu) sampai beberapa komen soal airbag ga keluar (ntah kenapa makin sering saya denger remarks ini drkenalam yg ada accident). Kalo mau dibilamg soal point of impact, dr bbrpp bangke yg saya liat fotonya, agak BS karena idung depan ancursemua jd mustshil ga kena sensor
saya salut buat om @mbahmu speak up soal ini. tipikal orang kita kan kalo belum ada "tumbal" nggak mau investigasi. apalagi urusan laka itu selalu direduksi jadi human error melulu. nggak pernah ada investigasi lanjut.

coba aja kalo komentar bilang innova unsafe, nanti pasti ada aja yang bilang "beli mobil kan bukan buat ditabrakin", "emang berapa % innova yang tabrakan dan laka", "gw pake innova ya baik baik aja".

masalah "sekecil" spooring nggak bisa bener itu soalnya pengaruh bener ke safety.

yang aneh tuh mau beli arm yang buatan jepang nggak boleh :mky_07: lah itu dulu HRV pres yang cacat produk aja dipesenin arm buatan jepang langsung beres, emang beda bentuk ternyata :mky_07:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 4:10
by Ibet
Bibieight wrote: Mon Feb 24, 2025 2:07 Itu yakin saya begitu TMMIN-TAM berani recall arm Innova bakal langsung dihujat habis2an, apalagi untuk barang yang sifatnya samar kayak gini. Kalo ndak parah banget macam Rocky/Raize yang copot dudukan shock absorber ndak mungkin TAM-TMMIN berani recall. Kayaknya mereka ndak begitu takut buang 6T-nya, mereka jauh lebih takut turun jualan gara2 recall produk paling laku-nya.

Omong2 produk global, sejak 100% pake produk global dari 2021 (sejak saya pensiunin cumi2 darat), sekarang kalo pake produk model lokal (mau zenik sekalipun) berasa aneh, kayak ada aja yang gak nyambung :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
setujuh om, bukan masalah 6T nya sih, lebih ke takut image nya rusak mobil badak .. padahal bentuk tanggung jawab atpm jg seh
wkwk istri saya pake wr-v kok om, downgrade dari hrv 2015 memang, tapi pakenya worry free, tinggal isben ganti oli filter aja
b0ku wrote: Mon Feb 24, 2025 2:08 SETAU saya kei car itu BQnya bagus deh spek doank kek LCGC cuma BQ mah kek mobil medium macem coroola civic :big_think:
bicara BQ seh iya om, toh yg ngecek nihonjin jg, mungkin satu line produksi sama fit sekarang
tapi bicara spec, ini kan mobil kecil, power kecil, beban kecil, ga cocok sama jalanan sini ga sih ..
ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 2:52 saya idem dgn om mbahmu... fanatik ke mobil yang punya standar mutu... makanya motuba eropa pun saya ambil. apalagi awarded dimana-mana, dapet gelar subjectively & objectively the best BMW ever made... ke bengkel nggak drama, udah tau penyakit dan spare parts mudah cari... repair sekali beres nggak emosi dikadalin orang dealer yang planga plongo. saya lihat sendiri orang2 beli mobil baru tapi dramanya lebih banyak daripada saya ngurusin motuba jerman dan mopang 8 thn.

maintenance mahal ya you get what you paid... saya akan beli mobil yang saya merasa secure di dalamnya.

bayar lebih untuk keamanan dan kenyamanan lebih. nggak mahal juga sih, even dibanding mocin sekalipun yang standar mutunya juga (?).

anyway low specnya japan kan beda dgn low specnya sini om, granmax reject an jepang aja jadi barang rebutan :mky_07:

TL, DR :

lebih baik beli mobil seken tapi memenuhi standar kualitas... maintenance slow/fast moving itu masih jauh lebih baik daripada cacat bawaan yang disembunyikan.
yup om, jaman 90an ya market lokal sini kan dapet mobil global terus
yg satu era e39, yg mobil regional nya cuman kijang dan soluna aja rasanya ..
cmiiw, pun 2 mobil itu basisnya dari mobil global jg kan ..

sisanya bahkan starlet pun kan mobil global jatohnya, yaris bakpao masih .. sampai yaris lele dimana beda sama yaris jp
honda juga sama lah, yg regional kan cuman city z aja, sampe keluar brio di 2012 .. walau kalo diliat brio ini kan turunan jazz ge8 yg saat itu produknya sendiri dah 5 taun hadir ..

after that .... downfall hahaha
memang beneran cuman buat menuhin mobility 1st car buyer aja sih, panjang juga ini kalo dirunut
by market ada kebutuhan, by regulasi juga memenuhi (yg penting bisa 1:20 kpl, plus wajib pertamax (?))
so you get sigra 1.0 lane hogger yg gamau minggir

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 4:32
by ChZ
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 4:10
yup om, jaman 90an ya market lokal sini kan dapet mobil global terus
yg satu era e39, yg mobil regional nya cuman kijang dan soluna aja rasanya ..
cmiiw, pun 2 mobil itu basisnya dari mobil global jg kan ..

sisanya bahkan starlet pun kan mobil global jatohnya, yaris bakpao masih .. sampai yaris lele dimana beda sama yaris jp
honda juga sama lah, yg regional kan cuman city z aja, sampe keluar brio di 2012 .. walau kalo diliat brio ini kan turunan jazz ge8 yg saat itu produknya sendiri dah 5 taun hadir ..

after that .... downfall hahaha
memang beneran cuman buat menuhin mobility 1st car buyer aja sih, panjang juga ini kalo dirunut
by market ada kebutuhan, by regulasi juga memenuhi (yg penting bisa 1:20 kpl, plus wajib pertamax (?))
so you get sigra 1.0 lane hogger yg gamau minggir
kemarin ada perbandingan autoshow jaman dulu... isinya celica, 3000gt, dll... sekarang... either mocin atau low grade japs car.

ibarat kata mopang lokal 2000s awal itu masih adaptasi tehnologi. local content sedikit, soluna cuma slightly downgraded corolla setau saya. makanya standar kenyamannya juga ok banget buat mobil entry level masa itu.

vios 2nd gen aja rasanya beda banget dgn 3rd gen yang share dgn yaris lele... blom ngomong durability yang jauh lebih menyedihkan hahaha. jangan yang 2nd gen sama 3rd gen deh, 2nd gen tapi facelift saja eps modulenya suka ngaco. temen saya sampe takut, dijual itu vios. pdhl sebelumnya pake yaris 2005 agak lama baik2 aja.

sekarang ya buat local content bener banyak. tapi ternyata local contentnya nggak bermutu. wkwkwkwkwk.

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 5:09
by b0ku
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 4:10
bicara BQ seh iya om, toh yg ngecek nihonjin jg, mungkin satu line produksi sama fit sekarang
tapi bicara spec, ini kan mobil kecil, power kecil, beban kecil, ga cocok sama jalanan sini ga sih ..
YA cuma pemikiran kasar saya sih justru KEI car itu kunci wakanda lepas dari subsidi BBM masukin aja yang 660 turbo, bayangin mobil yang FCnya setara motor dan emisi rendah lagian wakanda macet mulu ngapain tenaga gede2x kalo cuma buat kaki doank mah :mky_03:

karena mesin 660CC turbo maksa yang pake kasih bensin RON 92 MIN tapi akrena konsumsi nyaris setara motor buat mereka kemungkinan juga gak berasa :mky_03:

dan mesin 660CC turbo dengan tuningan maen torsi bawah cukup buat libas tanjakan dimana aja :mky_03:

SISANYA boleh tuh MPV 1.5 kasih opsi 1.0 turbo buat penumpang banyak :mky_03:

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 9:55
by Jenson
ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 4:32
Ibet wrote: Mon Feb 24, 2025 4:10
yup om, jaman 90an ya market lokal sini kan dapet mobil global terus
yg satu era e39, yg mobil regional nya cuman kijang dan soluna aja rasanya ..
cmiiw, pun 2 mobil itu basisnya dari mobil global jg kan ..

sisanya bahkan starlet pun kan mobil global jatohnya, yaris bakpao masih .. sampai yaris lele dimana beda sama yaris jp
honda juga sama lah, yg regional kan cuman city z aja, sampe keluar brio di 2012 .. walau kalo diliat brio ini kan turunan jazz ge8 yg saat itu produknya sendiri dah 5 taun hadir ..

after that .... downfall hahaha
memang beneran cuman buat menuhin mobility 1st car buyer aja sih, panjang juga ini kalo dirunut
by market ada kebutuhan, by regulasi juga memenuhi (yg penting bisa 1:20 kpl, plus wajib pertamax (?))
so you get sigra 1.0 lane hogger yg gamau minggir
kemarin ada perbandingan autoshow jaman dulu... isinya celica, 3000gt, dll... sekarang... either mocin atau low grade japs car.

ibarat kata mopang lokal 2000s awal itu masih adaptasi tehnologi. local content sedikit, soluna cuma slightly downgraded corolla setau saya. makanya standar kenyamannya juga ok banget buat mobil entry level masa itu.

vios 2nd gen aja rasanya beda banget dgn 3rd gen yang share dgn yaris lele... blom ngomong durability yang jauh lebih menyedihkan hahaha. jangan yang 2nd gen sama 3rd gen deh, 2nd gen tapi facelift saja eps modulenya suka ngaco. temen saya sampe takut, dijual itu vios. pdhl sebelumnya pake yaris 2005 agak lama baik2 aja.

sekarang ya buat local content bener banyak. tapi ternyata local contentnya nggak bermutu. wkwkwkwkwk.
Bener banget sih, dulu keinget zaman ke auto show rata2 pabrikan pada kasih edukasi teknologi macem2 dari mesin yang mereka punya. Budget marketing juga jor2an, masuk sana pulang2 dapet goody bag beserta isi macem2.

Lah sekarang, dateng isinya mobcin yang ampe ga hafal mereknya. Dateng ke booth bukan dpt knowledge tp diserbu sales SPK

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Mon Feb 24, 2025 13:40
by gwsecretc
lexnic wrote: Sun Feb 23, 2025 6:38 dulu bokap pernah pnya innova 1TR G manual keluaran 2007. kaki2 depannya bunyi ngik2 pas masuk tahun ketiga pemakaian (skitar 2010). awalnya kita kira karena shockbreaker lemah, tapi bunyinya tetep ada padahal udh ganti shockbreaker (komponen2 lain emg gk diganti2).

akhirnya thn 2013 dijual & diganti innova 2KD G matic. yg saya heran, smpe skrg kaki2 depan gk pernah bunyi ngik2. padahal shockbreaker msh pake bawaan mobil, satu2nya komponen kaki2 depan yg diganti cuma tie rod, itu pun bru diganti pas akhir 2023.

klo saya perhatiin, generasi innova lama mulai yg grand (keluaran pertengahan 2011) smpe yg grill barong, kaki2 depannya gk bunyi ngik2 biarpun dipake kasar. beda dgn innova keluaran 2004-2011 (sblm generasi grand), kaki2 depannya pada bunyi ngik2 semua.

IMO, mngkin emg beneran ada part kaki2 yg diganti pake buatan lokal (klo mnurut video om mbahmu) dri awalnya buatan jepang. alasan kenapa diganti, hanya toyota yg tau..
Sy perna punya inova 1tr m/t 2010 aman sih pakai 5 tahun ga ada bunyi aneh”. Tapi emg stir ny lebih anteng dibanding gnki 1tr m/t 2013 pny kawan kalo pas ngebut. Kalau inova 2kd saya blm perna kesampaian nyoba.

Nah di reborn ini, mau 1tr atau 2gd ya sama stir ga seanteng inova lama dulu pas ngebut. Mana yg 2gd bonus stirnya lebih berat lagi wkwk.

Re: Toyota halts sales of 3 cars as Japan safety scandal deepens

Posted: Tue Feb 25, 2025 2:30
by linschneider
mbahmu wrote: Sun Feb 23, 2025 5:02 Wih Om mbahmu bahas di youtube :big_exellent:

Iya, wajib itu....demi kemanusiaan, advokasi kondisi mutu Geometri Roda produk otmotif lokal yang tidak diketahui banyak orang....jumlah mekanik nya malah lebih sedikit dari mekanik kelistrikan

Hampir semua toko ban dulu pajang SDM dgn sertifikat geometri roda dari VEDC Malang, sekarang SDM nya sudah punah....ngomong jadi gak nyambung ternyata hanya training dari vendor alat spooring

Banyak komen yg sudah saya validasi terkait suku cadang spt setir getar walau tapak disc rata....ini bisa timbul dr isu mutu steering rack assy yg juga beda dan/atau profil velg yg beda offset sehingga berdampak ke jarak pijak roda (track width) produk

Pembanding suku cadang tentu yg digunakan produk Toyota Innova di vietnam, taiwan, malaysia, filipina, india....ini kan bukan produk global, tapi produk yang didesain di Jepang utk diproduksi dan dipasarkan di pasar SEAM (south east asian market) dan Gulf countries

Tapi jangan anti produk suku cadang lokal ya sepanjang setiap suku cadang lokal mampu berprestasi sesuai Baku Mutu dan fungsinya....sebab ini bukan perang dagang, dan jangan coba2 kaitkan saya dgn antek asing

Literasi otomotif konsumennya apalagi terkait isu Geometri Roda kan sudah bisa dinilai dari rilis media, silahkan saksi ahli otomotifnya diajak aja suruh lagi bawa mobil2an F1 lalu ulangi beri contoh SAI itu spt daun pintu atau sudut rake spd motor spt dipersidangan tapi didepan kamera media

SAI produk Land Cruiser, Prado, LC500, GS350, LX600, LS600 yg semua double wishbone alias SLA sudut SAI nya berapa derajat? :weekk:

Fortuner yg sama-sama kelas M1 aja 12° kan?

Emang ada mobil penumpang kelas M1 sudut SAI nya 8°-10°? Cieeee... :big_weee:

Semoga Toyota mau diskusi di hadapan publik, kan harga suku cadang dan jasa per unit sdh diketahui...jadi jika penaksiran nilai recall produk yg diproduksi Juli 2010 (saat favelift) s/d sekarang bisa diatas 6 T, lah itu proses peradilannya sarat maladministrasi gak bahaya tah?

Ada kerugian negara gak ya?

Dalam diskusi nanti saya bonusin struktur organisasi otomotif dan organ yang bertanggung jawab menyelenggarakan lini purna jual deh....tambahannya ulasan skandal 2024 itu bukan hanya kegagalan sistem kendali mutu yg memang sesuai petitum gugatan saya sejak 2022 bahwa peradilan menyatakan mereka memproduksi produk otomotif dengan cacat tersembunyi....itu verifikasinya melalui rangkaian penggerebekan kemhan jepang kan sebelum Putusan peradilan pertama :big_grin:

Kalau produsen sama agen mau gabung silahkan nimbrung aja, biar kita gibahin si akio toyoda knp dikhianati sedemikian rupa sampai bikin geger dunia, ganjen bener
mantap om. ini hal yg bakal miss di mayoritas bahkan enthusias mobil sekalipun. whistleblower top :big_exellent:

sempet terbesit kenapa generasi rebon kok lifespannya pendek banget, blm 10 taon uda ganti generasi baru. apa mgkn toyota pusat diem" tahu klo ada 1 negara kena kibul cacat kongenital? krn idealisme ky gini msh ada ketemu di jepang, klo indo tipikal selama laku ky kacang goreng lanjooeet, tunggu viral or kena demo dulu br mulai pikir :mky_03:

lgs tutupin deh dgn zenix yg sejatinya sodara kluger tp dikuepang ke lineup innova. moga2 org lupa, tp tiba2 ada yg speakup dan distributor indo tetep aj jualan. :mky_01: