Nissan Asia Utility Project (AUV)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

skullkid wrote:Memang Tiida sebagus itu kah? saya pribadi (untuk anak muda) tidak fall in love with Nissan Tiida dan Toyota Vios.. hehe.. saya lebih suka Honda City VTEC facelift, Lancer, Galant, mungkin kalo macho L200 juga termasuk.. hehe.. Saya gak taw mana yang lebih kenceng, City Vtec ataw VIos?

saya berharap konsumen indo bisa lebih rasional dalam membeli mobil.. meskipun saya yakin 99% member SM adalah pembeli rasional, dan punya alasan kuat waktu membeli mobil... btw, bung datsu, Innova 2.0 konsumsi bensiinya brapa ya? menurut temen saya yang pnya bisa sampe 1:5 / 1:4? gak taw loh bener apa nggak..

Btw, ada yang tau safetybelt innova G ada sampai berapa row? Saya juga setuju dengan bung Conan, Kijang sebetulnya cocok juga dinamakan mobil Nasional, i mean better than TImor...
Itu personal...hak subjektif tiap orang...emang banyak koq anak muda yang lebih suka City daripada Vios...tapi yang suka ngebut bakal nyesel kalo ngeliat performa mesin vios yang lebih baik (dalam standar saya..)..

Silahkan cari orang tukang ngebut, surug bawa City VTEC lawan saya pake Vios...di Cipularang of course... Medan terbaik buat ngebut sampe 180-200km/jam untuk saat ini di sekitar jakarta..saya berani membuktikan ketangguhan mesin vios dan keuntungan sebuah Sedan murni dibanding sedan turunan..

Konsumsi BBM innova2.0 kalo dipake dalem kota jakarta aja:
Premium : 1:6 - 1:8
Pertamax : 1:8 - 1:9

yang bilang 1:4 - 1:5 artinya cara nyetirnya pasti lebih reckless dari saya..
But you know what, waktu saya dan keluarga pake mobil ini ke bali, dalam kondisi tanpa AC pake premium perhitungan bensin sampai 1:14!! dan itu terjadi beberapa kali..(semua dalam kondisi jarak antara pengisian bensin AC TIDAK digunakan..)

OOT :
Hal yang sama terjadi dengan Vios tanpa AC di cipularang arah bandung bisa sampai 1:18 ...pertamax plus is the gasoline..
saya rasa iklan vios yang 1:13,5 dalam kombinasi itu real...

BTT:
Innova G seatbeltnya sampe row 2...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

bung datsu: "==SpeedIsNothinWithoutBrainAndTalent=="

AHA!!! hehehehehhehe...


SAya pengen lihat AUV bisa "ngalahin" IMV.. pengen banget liat ada yang bisa ngalahin kijang.. huhuhuhu... must be a very cool car... dan yang pasti dengan harga yang sangat rasional......

SAya setuju dengan bung datsu!!! cipularang rocks!!! hahaha... saya kangen dengan jalanan itu... jalan banyak luruss... dan yang paling penting tanpa speed limit... saya masih ingat... topspeed saya seumur hidup di tol ituuu...

saya juga hampir tak percaya dengan hitungan itu, innova 1:5.....

btw, city sedan turunankah? dari jazz???? HP cityVtec dan VIos gedean mana? torsi?

Ada yang berani korbankan CITYVtecnya lawan Vios bung datsu? ehehheheheheheh.... bung datsu, apakah anda pernah test drive both of those car and rasain sendiri which is better? katanya harga jual City masih lebih bagus daripada vios?
Naruto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat May 07, 2005 18:15
Location: Sby

Post by Naruto »

kalo HP dan torsi antara city Vtec ama vios tuh.
skullkid, emang dapet top speed berapa di cipularang ? hehehe.
harga jual city better, perhaps because vios become taxi ?
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

skullkid wrote:bung datsu: "==SpeedIsNothinWithoutBrainAndTalent=="

AHA!!! hehehehehhehe...


SAya pengen lihat AUV bisa "ngalahin" IMV.. pengen banget liat ada yang bisa ngalahin kijang.. huhuhuhu... must be a very cool car... dan yang pasti dengan harga yang sangat rasional......

SAya setuju dengan bung datsu!!! cipularang rocks!!! hahaha... saya kangen dengan jalanan itu... jalan banyak luruss... dan yang paling penting tanpa speed limit... saya masih ingat... topspeed saya seumur hidup di tol ituuu...

saya juga hampir tak percaya dengan hitungan itu, innova 1:5.....

btw, city sedan turunankah? dari jazz???? HP cityVtec dan VIos gedean mana? torsi?

Ada yang berani korbankan CITYVtecnya lawan Vios bung datsu? ehehheheheheheh.... bung datsu, apakah anda pernah test drive both of those car and rasain sendiri which is better? katanya harga jual City masih lebih bagus daripada vios?
saya gak pernah test drive city...tapi belum ada satupun city VTEC yang ngeduluin saya atau yang gak minggir kalo saya dim di cipularang...

Yang pernah saya test drive cuman jazz i-dsi dan vtec... tapi kalo ngeliat karakter mesin saya lebih suka karakter vios..it's real..0-100 tanpa AC bisa cuman 7-8 detik..naikin RPM nya gampang dan ringan...gak pernah berat bahkan sampe 6000rpm pun..
Tapi emang kalo orang mementingkan kenyamanan city lebih baik..interior vios bener2 udah kaya interior mobil balap..warana item dan terlihat "kosong"..

city yang asli bukan turunan..sampai type Z... mulai City yang sekrang itu emang turunan langsung dari jazz.. mirip kaya baleno next-G turunan dari Aerio..dan nanti akan ada toyota Belta turunan dari Yaris...and PRIBADI saya kurang suka dengan sedan turunan..semuanya.. beda sama hatchback2 yang turunan dari sedan murni... kalo mini sedan di indonesia(kelas 1500-1600cc) dulunya sedan2 murni..sekrang malah jadi sedan turunan demi cost efficiency.. mini sedan produksi diatas 2003 yang saya tau sedan turunan semua kecuali vios..

Saya cuman prediksi, AUV gak akan bisa selaris kijang SAMPAI Nissan punya jaringan bengkel seluas Toyota.. tapi kalo Nissan bisa bangun jaringan dengan cepat, bukan tidak mungkin sebuah AUV bisa menyaingi kijang dalam 10 tahun ke depan..tapi mending kita liat aja gimana persaingan mereka nanti..

HP mesin honda 1.5 VTEC itu 110HP
HP mesin 1NZ-FE Toyota 109HP

lebih kecil mesin vios 1 HP..tapi tahanan angin vios juga jauh lebih kecil karena bentuknya yang lebih proporsional buat ngebut banding city..
harga jual city better, perhaps because vios become taxi ?
Couldnot argue better than this...kalo liat kompas (as Mr.Sithlord used to do) harga jual vios lebih rendah dari city..perhaps selain karena harga baru vios yang emang lebih rendah dari city, image taksi merusak juga..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

USED to do ? Correction, routine saya adalah, bangun pagi, serahkan anak saya ke suster, turun ke bawa, then first thing I do : Grap the classified ads (iklan baris) Kompas, then langsung ke WC.

Sambil be-ol sambil nikmati harga mobil bekas. Of course saya focusnya ke Toyota, Honda dan Nissan. Cause I am of the opinion that now, and the future, ini 3 merek akan jadi yang paling kuat di Indo, like in Japan. Mau analyse semua merek, ya mata saya capek baca small print !

Abt jaringgan bengkel, ini saya juga penasaran. Maybe SMers can tell. Memang kalau seperti Renault yang jumlah bengkelnya sangat sangat dikit, jelas akan pengaruh lakunya mobil mereka. Tapi kalau Nissan, sudah jauh lebih banyak bengkel mereka banding dulu. Di Jabotabek sudah ada berapa. Memang mereka terlambat banding Toyota yang sudah ratusan bengkelnya. I think ratio Nissan dan Toyota saat ini sekitar 1:2. For 2 Toyota bengkels there is 1 Nissan.

How influential is this ? I don't know. Ya memang kalau orang tinggal di A, dan bengkel 1 merek ama another jauhnya beda jauh, then it may be influential. But HOW influential ?

But for me, terbalik. Nissan's workshop is 5 minutes from my house. Toyota / Honda's nearest is abt 20 minute. BUT of course thats NOT the main reason I beli Serena. Toh bukan tiap hari service mobil. Asal jangan perlu 1-2 jam ke bengkel ya jadi malas deh.

Yang benar mau keep up with the car markets pulse, tiap pagi baca iklan baris mobil bekas, do that for 1 year dan pelan pelan anda akan benar ngerti " Whats happening in the Indonesian car market ".

Anyway lebih enjoy banding baca kisah korruptor di lepas pengadilan (LAGI !). And of course better than Playboy magazine !
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Sithlord wrote:USED to do ? Correction, routine saya adalah, bangun pagi, serahkan anak saya ke suster, turun ke bawa, then first thing I do : Grap the classified ads (iklan baris) Kompas, then langsung ke WC.

Abt jaringgan bengkel, ini saya juga penasaran. Maybe SMers can tell. Memang kalau seperti Renault yang jumlah bengkelnya sangat sangat dikit, jelas akan pengaruh lakunya mobil mereka. Tapi kalau Nissan, sudah jauh lebih banyak bengkel mereka banding dulu. Di Jabotabek sudah ada berapa. Memang mereka terlambat banding Toyota yang sudah ratusan bengkelnya. I think ratio Nissan dan Toyota saat ini sekitar 1:2. For 2 Toyota bengkels there is 1 Nissan.
Okay..it's always do then..hehe..

dark lord, anda suka meneliti, bagaimana coba buka website nissan dan toyota di indonesia dan cari bengkel2 mereka..saya udah buka dan saya temukan rasio yang lebih besar dari 1:2 untuk Jabodetabek aja..

Tapi it's no problem for big citylike jakarta or bandung, but seharusnya anda sadar..image kijang jauh lebih kuat di daerah2 kecil daripada di kota2 besar...bahkan innova sudah sampai ke freeport.. karena jaringan toyota adalah jaringan bengkel resmi terbesar dan sangat luas di indonesia..belom ditambah bengkel2 pinggir jalan yang sanggup megang segala jenis kijang sampai kijang kapsul... As for AUV, kalo mau tersebar di Indonesia maka bengkel resminya harus diperluas dulu..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

I know bung !

Cuman, anda pikir, mayoritas angota SMer di sini apakah dari Freeport ? Dari Banyumas ? Dari Banyuwangi ?

Kan mayoritas dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan. Dan di kota kota besar, bengkel Nissan sudah banyak. So in big cities, AUV should be no problem being serviced.

FYI, Nissan told me and the press, mereka selain lagi expand capacitas pabriknya, juga lagi cepat buka dealer / workshop baru. They are aware that mau support sales 40,000 per tahun di tahun 2008 itu perlu aftersales dan jaringgan dealer yang lebih luas lagi. They know that as well as U bung.

thats why recently sudah buka Nissan di Roxy, nanti nyusul di TB Simatupang dan Puri. Luar kota juga jelas akan di tambah.

Tapi tau sendiri, sales mobil rajanya di Jakarta, followed by Surabaya.
Naruto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat May 07, 2005 18:15
Location: Sby

Post by Naruto »

datsu wrote:
skullkid wrote:bung datsu: "==SpeedIsNothinWithoutBrainAndTalent=="

AHA!!! hehehehehhehe...


SAya pengen lihat AUV bisa "ngalahin" IMV.. pengen banget liat ada yang bisa ngalahin kijang.. huhuhuhu... must be a very cool car... dan yang pasti dengan harga yang sangat rasional......

SAya setuju dengan bung datsu!!! cipularang rocks!!! hahaha... saya kangen dengan jalanan itu... jalan banyak luruss... dan yang paling penting tanpa speed limit... saya masih ingat... topspeed saya seumur hidup di tol ituuu...

saya juga hampir tak percaya dengan hitungan itu, innova 1:5.....

btw, city sedan turunankah? dari jazz???? HP cityVtec dan VIos gedean mana? torsi?

Ada yang berani korbankan CITYVtecnya lawan Vios bung datsu? ehehheheheheheh.... bung datsu, apakah anda pernah test drive both of those car and rasain sendiri which is better? katanya harga jual City masih lebih bagus daripada vios?
saya gak pernah test drive city...tapi belum ada satupun city VTEC yang ngeduluin saya atau yang gak minggir kalo saya dim di cipularang...

Yang pernah saya test drive cuman jazz i-dsi dan vtec... tapi kalo ngeliat karakter mesin saya lebih suka karakter vios..it's real..0-100 tanpa AC bisa cuman 7-8 detik..naikin RPM nya gampang dan ringan...gak pernah berat bahkan sampe 6000rpm pun..
Tapi emang kalo orang mementingkan kenyamanan city lebih baik..interior vios bener2 udah kaya interior mobil balap..warana item dan terlihat "kosong"..

city yang asli bukan turunan..sampai type Z... mulai City yang sekrang itu emang turunan langsung dari jazz.. mirip kaya baleno next-G turunan dari Aerio..dan nanti akan ada toyota Belta turunan dari Yaris...and PRIBADI saya kurang suka dengan sedan turunan..semuanya.. beda sama hatchback2 yang turunan dari sedan murni... kalo mini sedan di indonesia(kelas 1500-1600cc) dulunya sedan2 murni..sekrang malah jadi sedan turunan demi cost efficiency.. mini sedan produksi diatas 2003 yang saya tau sedan turunan semua kecuali vios..

Saya cuman prediksi, AUV gak akan bisa selaris kijang SAMPAI Nissan punya jaringan bengkel seluas Toyota.. tapi kalo Nissan bisa bangun jaringan dengan cepat, bukan tidak mungkin sebuah AUV bisa menyaingi kijang dalam 10 tahun ke depan..tapi mending kita liat aja gimana persaingan mereka nanti..

HP mesin honda 1.5 VTEC itu 110HP
HP mesin 1NZ-FE Toyota 109HP

lebih kecil mesin vios 1 HP..tapi tahanan angin vios juga jauh lebih kecil karena bentuknya yang lebih proporsional buat ngebut banding city..
harga jual city better, perhaps because vios become taxi ?
Couldnot argue better than this...kalo liat kompas (as Mr.Sithlord used to do) harga jual vios lebih rendah dari city..perhaps selain karena harga baru vios yang emang lebih rendah dari city, image taksi merusak juga..
Bung datsu, itu beneran 0-100 cuma 7-8 detik ??
sekelas 325i donk ya? hehehe ato bahkan 330i ?
penasaran juga nih kencengnya. hehehe. pantesan dulu pernah balapan sama vios, ditempel terus. hehehe. top2 deh. hehehe..
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Datsu and other need for speeders :

Saran saya, di Indonesia, jangan terlalu sering ngebut gila gilaan. Memang mesinnya kuat, TAPI apakah bannya kuat ? Tau sendiri di Indo kondisi jalan sering no good. Di tol saja bisa ada lobang, retak besar. Kalau lagi 180 km/jam mendadak ketemu lobang, apakah keburu rem ?

Dan juga ban di Indonesia stressnya lebih besar, gara gara sering lewat jalan no good. Jadi margin of safetynya lebih kecil banding di Autobahn di German misalnya.

Juga saya sekarang sudah jadi ayah. Sadar sekali betapa cinta ama anak. Kalau anak ada apa apa, hati bisa sakit sekali.

So bung Datsu and company, imagine anda get into a fatal car accident. Expire atau patah tulang, How will yr parents feel ?

So, for yr own sake and theirs, santai saja deh. Orang lain mau pamer mobilnya, silahkan. Paling penting kita aman sampai rumah !

I understand anak muda darahnya kencang. Sekarang saja di tol saya kalau lagi HOT, c24 saya saya hajar kencang. Tapi saya ngak mau nekat. Paling saya batasin max. speed c24 saya ke cuman 130 km/jam. No more. Dan itupun kadang doang, cause I always try to remind myself, di rumah ada istri dan anak tunggu I.

Meskipun I sudah beli asuransi, tapi what good is that if I mati atau patah kaki / tanggan ? My car may have many safety features, BUT still human rash and stupidity kalau di paksa, juga ngak bisa lawan fisika.

As General Patton says " Anything manmade can be destroyed "

Iya gak ?
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Naruto wrote: Bung datsu, itu beneran 0-100 cuma 7-8 detik ??
sekelas 325i donk ya? hehehe ato bahkan 330i ?
penasaran juga nih kencengnya. hehehe. pantesan dulu pernah balapan sama vios, ditempel terus. hehehe. top2 deh. hehehe..
Itu Vios manual bung Naruto... Semua mobil manual pasti bisa lebih kenceng daripada klaim asli ATPM... soalnya itu masalah yang nyetir aja...kapan dia bisa ketemu proporsi gas dan kopling yang pas...dulu juga pertama kali dapet segitu-an susah ngulangnya...tapi lama2 bisa...Kalo kata pembalap mah, yang penting nyatu dulu ama mobil..hehe..

325i pun kalo ada yang manual saya rasa bisa 5 detik...saya sih gak pernah percaya dengan hasil tes ATPM atau majalah..biasanya nilai akselerasinya itu nilai normal...
Bung Datsu and other need for speeders :

Saran saya, di Indonesia, jangan terlalu sering ngebut gila gilaan. Memang mesinnya kuat, TAPI apakah bannya kuat ? Tau sendiri di Indo kondisi jalan sering no good. Di tol saja bisa ada lobang, retak besar. Kalau lagi 180 km/jam mendadak ketemu lobang, apakah keburu rem ?

Dan juga ban di Indonesia stressnya lebih besar, gara gara sering lewat jalan no good. Jadi margin of safetynya lebih kecil banding di Autobahn di German misalnya.

Juga saya sekarang sudah jadi ayah. Sadar sekali betapa cinta ama anak. Kalau anak ada apa apa, hati bisa sakit sekali.

So bung Datsu and company, imagine anda get into a fatal car accident. Expire atau patah tulang, How will yr parents feel ?

So, for yr own sake and theirs, santai saja deh. Orang lain mau pamer mobilnya, silahkan. Paling penting kita aman sampai rumah !

I understand anak muda darahnya kencang. Sekarang saja di tol saya kalau lagi HOT, c24 saya saya hajar kencang. Tapi saya ngak mau nekat. Paling saya batasin max. speed c24 saya ke cuman 130 km/jam. No more. Dan itupun kadang doang, cause I always try to remind myself, di rumah ada istri dan anak tunggu I.
haha...I never done it in free way... only in toll way... di free way sesepi apapun saya belum pernah lewat 140km/jam... tapi toll way (especially cipularang) is different... Boleh dong, orang ingin selalu membuktikan kekuatan mobilnya...

as for my Vios..ban-nya pake Eagle NCT-5 185/55 R15 standar vios...itu ban goodyear terbaik untuk ring 15... saya percaya dengan kondisi mobil... and ngebut juga gak asal2an...sebelum berangkat pasti selalu cek kondisi mobil..kalo gak sip ya gak akan kenceng2...

Jadi jangan salah juga..saya pribadi sebelum lewat tol persiapannya udah kaya bakal melintas di seluruh pulau jawa..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Saya sayang belum pernah coba tol Cipularang. Tapi belakangan kan itu tol sering rewel, ada tanah retak besar atau apa.

Kenapa anda ngak pakai Bridgestone ? Apakah Bridgestone ada kelemahan ? Tolong cerita, cause I sadar sekali, ban itu sangat penting ! Mobil sip, kondisi prima, tapi kalau sepatunya bolong, atau retak, tetap bisa jatuh ...

Dan apakah tol Cipularang sekarang sudah mulus ? Of course kalau sudah mulus, I juga ada temptation untuk , as the Titanic's captain say " Let's stretch her legs ! "

The fastest ever I pernah paksa c24 saya adalah sekitar 135 km/jam. I wonder what it will be like at 150 and above. Tapi I am fully aware, bawa mobil keluarga tinggi, ngak mungkin bisa gaya ala sedan.

Katanya cipularang ada kelemahaan, yaitu, banyak " gredug gredugnya " soalnya ngak mulus banget. Apakah gitu high speed masih mantap ? Apakah ngak berasa vibration yang lumayan ?
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

untuk bung naruto: ahh.. topspeed saya cuman 160 kog waktu itu pake lancer.. btw, odissey absolute tu kenceng banget... hehe.. yang lama bisa 180 x ya?

kalo ban paling bagus bukannya michelin ya? tergantung tipe juga kali ya? bahkan test driver wheels saja percaya, beda kecepatan track M3 dan M3 CSL yang cuma 3/100 detik dan mungkin terletak pada ban Michelin yang dipake CSL.. saya setuju ama bung Sithlord.. ban itu penting banget,.,

Bung Sithlord blm coba Cipularang? how come? Agustus lalu saya terakir ke sana uda lumayan bagus,... gak taw akir2 ini..

btw bung sithlord, waktu kita ngebut kita pasti taw batas kemampuan kita pegang steer brapa.. kita juga bakal stop lah kalo dah ga mampu lagi, masa' maw digeber terus... kalo jalan masih lurus n kita yakin no barrier c lanjutin ajaa... hehe... :P
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Sithlord wrote:Kenapa anda ngak pakai Bridgestone ? Apakah Bridgestone ada kelemahan ? Tolong cerita, cause I sadar sekali, ban itu sangat penting ! Mobil sip, kondisi prima, tapi kalau sepatunya bolong, atau retak, tetap bisa jatuh ...

Dan apakah tol Cipularang sekarang sudah mulus ? Of course kalau sudah mulus, I juga ada temptation untuk , as the Titanic's captain say " Let's stretch her legs ! "

Katanya cipularang ada kelemahaan, yaitu, banyak " gredug gredugnya " soalnya ngak mulus banget. Apakah gitu high speed masih mantap ? Apakah ngak berasa vibration yang lumayan ?
Sekarang cipulrang udah bisa dilewatin mobil golongan 1 semua.. diluar golongan 1 harus keluar di jatiluhur..
Justru gredug2nya itu yang jadi tantangan laen buat ngendaliin mobil.. :D

Kalo ban sih tergantung modelnya pak.. Eagle NCT 5 itu udah setara sama potenza..melebihi Turanza... dan itu ban masih made in Thailand...nanti tahun depan baru ganti ama Potenza kalo udah botak...
btw bung sithlord, waktu kita ngebut kita pasti taw batas kemampuan kita pegang steer brapa.. kita juga bakal stop lah kalo dah ga mampu lagi, masa' maw digeber terus... kalo jalan masih lurus n kita yakin no barrier c lanjutin ajaa... hehe...
SETUJU!!!
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

But sometimes terlambat ! Takutnya saat kita mulai sadar sudah dekat ama kemampuan kita, BAM ! Kasus !

Or worse, someone mau adu ama kita, biasanya begitu, sudah urusan emosi, adrenaline, gengsi, kalau gitu, the stakes are raised to a dangerous level !

Sudah pasti hilang kendali ! Maunya asal gue menang saja. Sudah berapa kali I dengar cerita anak muda, maupun di luar negeri, demi balapan mobil kerennya ama orang lain, eh, TEWAS tabrakan !

Guess how will his parents feel ? My son died because of his own stupidity !

I ngerti ngebut itu seru banget, tapi kita harus harus sering coba kendalikan emosi kita.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

bung datsu; saya akui mesin vios emang hebat......terbukti waktu saya ke bandung seminggu yg lalu, krn cipularang blm d buka, jadi saya lewat subang.......waktu itu sekitar jam 12 malem.......saya nyetir camry 2.4G......sejak keluar tol, di depan saya ada 2 ekor vios......yang saling kejar2an.....saya sempet iri melihat mereka......tarikannya kuat bgt.....saya yang ngikutin di belakang mereka aja ngos2an....saya kagum dgn tarikannya waktu nyusul truk2 di tanjakan berliku......sepertinya gesit sekali....sedangkan saya kualahan dgn body yg gede.......jd kurang pede pas nyusul truk di tanjakan berliku......walau akhirnya saya bisa mendahului mereka, itu cuma karena faktor kebetulan.....(saya susul mereka sewaktu mereka merayap di belakang truk pasir).....

btw, soal body, vios termasuk turunan dari yaris lama.......ciri2nya, ada kesamaan di mesin(sama persis), bentuk sasis, & bentuk pillar A&Bnya.......semua itu (next-G,city,vios) merupakan kreasi insinyur thailand.......untuk pasar asia tenggara.....padahal di negeri asalnya ga ada varian2 itu.....
Naruto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat May 07, 2005 18:15
Location: Sby

Post by Naruto »

ween wrote: btw, soal body, vios termasuk turunan dari yaris lama.......ciri2nya, ada kesamaan di mesin(sama persis), bentuk sasis, & bentuk pillar A&Bnya.......semua itu (next-G,city,vios) merupakan kreasi insinyur thailand.......untuk pasar asia tenggara.....padahal di negeri asalnya ga ada varian2 itu.....
Setuju nih. Menurut saya juga begitu. Jadi vios ini bukan 100% sedan murni.
CMIIW
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

ween wrote:bung datsu; saya akui mesin vios emang hebat......terbukti waktu saya ke bandung seminggu yg lalu, krn cipularang blm d buka, jadi saya lewat subang.......waktu itu sekitar jam 12 malem.......saya nyetir camry 2.4G......sejak keluar tol, di depan saya ada 2 ekor vios......yang saling kejar2an.....saya sempet iri melihat mereka......tarikannya kuat bgt.....saya yang ngikutin di belakang mereka aja ngos2an....saya kagum dgn tarikannya waktu nyusul truk2 di tanjakan berliku......sepertinya gesit sekali....sedangkan saya kualahan dgn body yg gede.......jd kurang pede pas nyusul truk di tanjakan berliku......walau akhirnya saya bisa mendahului mereka, itu cuma karena faktor kebetulan.....(saya susul mereka sewaktu mereka merayap di belakang truk pasir).....

btw, soal body, vios termasuk turunan dari yaris lama.......ciri2nya, ada kesamaan di mesin(sama persis), bentuk sasis, & bentuk pillar A&Bnya.......semua itu (next-G,city,vios) merupakan kreasi insinyur thailand.......untuk pasar asia tenggara.....padahal di negeri asalnya ga ada varian2 itu.....
hehe..saya juga serin kaya gitu...tapi lebih sering liat orang laen yang balapan...biasalah..ego ngeliat mobil kembaran yang sama2 kenceng..

Oya..samakah? Kalo mesin jangan ditanya...Yaris dan Ist pun sama persis..gak bisa dijadikan alasan.. Kalo sasis dan pilar baru bisa dijadikan alesan.. bung ween punya artikel yang menunjukkan kalo vios turunan yaris lama?? Padahal dulu di forum2 otomotif laen digembor2kan bahwa vios sedan murni yang beda dengan city dan next-G? FYI, vios bukan desain thailand pak...saya gak tau darimana desainnya tapi produksi pertama vios itu di Cina...trus dibawa ke ASEAN sama toyota thailand untuk menggantikan soluna..menghemat ongkos desain karena sejenis..sama2 mini sedan murni... next-G desain thailand? ah..serius? koq bisa nyampe amerika dengan nama liana??Kalau city sama emang gak pernah denger ada kabarnya diluar pasar ASEAN..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Vios memang tidak memiliki proporsi 'sedan murni' seperti misalnya Honda Accord, tapi proporsinya masih 'lebih sedan' daripada City/Baleno Next-G.

Vios memang based on old Yaris/Echo sedan; look comparison pics below. Perhatikan A-pillars dan bonnet (kap mesin), dan terutama ciri khas yaitu daun pintu yang memakan sebagian panel bodi (jarang ditemui pada sedan2 lain).
Sementara old Yaris sedan ini juga based on old Yaris supermini, seperti generasi baru mereka : Toyota Belta yang based on new Yaris.

Jadi, Vios adalah turunan dari Yaris sedan yang turunan dari Yaris supermini, sedangkan City dan Baleno adalah turunan langsung dari Fit/Jazz dan Aerio (Liana hatchback).

Oh ya, City memang design buatan Thailand tapi sekarang new City dijual juga di Jepang sebagai 'Fit Aria'. Lihat saja di http://www.honda.co.jp.

Juga, seperti disinggung Mr. Datsu di atas, bedakan 'supermini berpintu hatch at the back' (Yaris, Jazz)dengan 'hatchback' (Estilo, Mazda 3 dan Focus hatchback).

City adalah 'sedan' turunan dari Fit yang supermini, artinya Fit diciptakan duluan.
Sedangkan hatchback biasanya diciptakan bersamaan dengan versi sedannya, dan kalaupun tidak bersamaan, biasanya yang diciptakan duluan adalah versi sedannya, terbalik dengan sedan berbasis supermini dimana yang diciptakan duluan adalah supermininya.

Sedan berbasis supermini seperti City/Baleno Next-G akan memiliki proporsi yang aneh sebagai sebuah sedan, karena supermini itu tinggi tapi tidak begitu lebar.

Sedangkan hatchback seperti Estilo, Focus, Mazda 3, mereka memiliki tinggi yang sama dengan versi sedannya. Bisa dibilang bahwa hatchback adalah sedan tanpa bagasi, dan proporsi dan stylingnya bahkan lebih sporty daripada versi sedannya. Kadang2, handlingnya juga. Contoh : lebih banyak Estilo yang dipakai balapan daripada Genio.

Sedan2 merk Jepang sekarang yang dijual di Indo, menurutku hanya sedikit yang masih bisa disebut sedan murni : bentuk 3-box yaitu bonnet (kap mesin) panjang, kabin dan bagasi.
Contoh sedan murni yang paling jelas adalah Mazda 3 sedan, Honda Accord, Mitsubishi Galant dan Nissan Teana.

Corolla Altis sudah memiliki proporsi yang MPV-ish : terlalu tinggi. Bandingkan saja tingginya dengan Corolla lama, Honda Civic lama atau Mitsubishi Lancer.
New Honda Civic juga sudah MPV-ish dengan bonnet pendeknya.

Next generation Mitsubishi Lancer tampaknya akan tetap berbentuk sedan murni, dan menjadi basis untuk Evolution X.

Sedangkan sedan2 Jerman, semuanya masih sedan murni : BMW 3-series, Audi A4 dan Mercedes C-class.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

datsu wrote:Oya..samakah? Kalo mesin jangan ditanya...Yaris dan Ist pun sama persis..gak bisa dijadikan alasan.. Kalo sasis dan pilar baru bisa dijadikan alesan.. bung ween punya artikel yang menunjukkan kalo vios turunan yaris lama?? Padahal dulu di forum2 otomotif laen digembor2kan bahwa vios sedan murni yang beda dengan city dan next-G? FYI, vios bukan desain thailand pak...saya gak tau darimana desainnya tapi produksi pertama vios itu di Cina...trus dibawa ke ASEAN sama toyota thailand untuk menggantikan soluna..menghemat ongkos desain karena sejenis..sama2 mini sedan murni... next-G desain thailand? ah..serius? koq bisa nyampe amerika dengan nama liana??Kalau city sama emang gak pernah denger ada kabarnya diluar pasar ASEAN..
soal vios di pertama di buat di cina, gw ga tau pastinya yah......yg jelas, yg buat di indo asalnya dari thai.....kalo liana emang produk jdm......alias aerio.......rasanya saya belom pernah denger liana saloon masuk us deh.....oya di thai, vios dilabeli soluna vios.........penamaannya mirip seperti corolla altis&kijang innova.......
tentang kembarnya vios dan yaris lama, saya bisa buktikan di kode nomer sasisnya........untuk toyota, persamaan sasis bisa diliat di digit ke 7&8 (kalo ga salah), seinget saya, mereka cuma beda satu angka.......
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

IC... so my mistake all the time then... Saya gak tau kalo yaris lama ada versi sedannya juga... Jadi Yaris lama diturunin jadi Yaris sedan lama...terus diturunin lagi jadi Vios..gitu ya bung conan?

yang saya heran kenapa bisa malah berbentuk "lebih sedan" daripada yaris sedan ya? :D

vios dilabelin soluna vios di thailand karena dia emang diciptakan untuk menggantikan soluna yang imagenya kuat di thailand...nah pas masuk indonesia diilangin nama solunanya karena TAM takut ama image soluna taxi..tapi akhirnya dijadiin taxi juga..dasar TAM geblek...

bung ween..coba cek http://www.suzukiauto.com/ ada aerio sedan buat pasar amerika..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Jadi Yaris lama diturunin jadi Yaris sedan lama...terus diturunin lagi jadi Vios..gitu ya bung conan?
Yes, I'm afraid so..
yang saya heran kenapa bisa malah berbentuk "lebih sedan" daripada yaris sedan ya?
I guess you should thank Toyota Thailand's designers for that...
vios dilabelin soluna vios di thailand karena dia emang diciptakan untuk menggantikan soluna yang imagenya kuat di thailand...nah pas masuk indonesia diilangin nama solunanya karena TAM takut ama image soluna taxi..tapi akhirnya dijadiin taxi juga..dasar TAM geblek...
Betul sekali, memang geblek TAM itu...tapi ini juga gara2 masyarakat Indo itu paling pentingkan gengsi, sehingga tidak suka mobil yang dijadikan taksi. Padahal kalau di negara lain, kalau suatu mobil dijadikan taksi, justru imagenya naik, karena menunjukkan bahwa mobil itu memiliki reliability tinggi, maintenance cost rendah dan spare part pasti mudah didapat. Contohnya, di Taiwan taksi memakai Altis dan Camry, Singapore ada Nissan Sunny (best-selling sedan there), dan di Jerman banyak Mercedes E-class...
Ini menunjukkan bahwa pasar Indon masih terlalu pentingkan faktor gengsi, yang sebenarnya tidak perlu jadi pertimbangan utama dalam memilih sebuah mobil untuk operasional sehari2...berbeda kalau untuk mobil weekend/mobil simpanan..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

conan wrote:Betul sekali, memang geblek TAM itu...tapi ini juga gara2 masyarakat Indo itu paling pentingkan gengsi, sehingga tidak suka mobil yang dijadikan taksi ...
Kayaknya problem inipun sama deh dengan Malaysia (Proton sebagai taksi), hanya karena terpaksa mobil murah yang bisa dijangkau khalayak ramai adalah Proton ataupun perodua ... nggak ada pilihan lain. Bagi yang punya doku ... beli yang mewah-mewah ... dan harganya pun lebih mahal dari harga mobil di Indonesia.

Honda Jazz di Malaysia di patok RM 93,000.00 (Rp 230 juataan) lebih mahal Ketimbang Honda City yang dipatok RM 80,000.00 (Rp. 200 jutaan)
Toyota Innova 2.0 Manual Type G dipatok RM 98,000.00 (RP. 245 jutaan)

Yaa apa hendak dikata jika memang gengsi yang masih menempati nomor 1.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Sudah saatnya topic lama ini di bangkitkan, cause the previous thread itu titlenya sudah tidak accurate ! AUV's coming out in 2007, NOT 2008, dan sizenya juga beda tipis ama Innova, the previous thread kesannya AUV itu mendekatin Avanza.

So its RIP to the previous thread. I continue here, where it really belongs.

Bung Mike, sebenernya saya paling penting dapat mesin paling OK ! I have said before and I say it again, I loyal ama Nissan atau Toyota atau whoever, so what ? Mereka ngak akan bayar saya.

Cuman, saya terus recommend mesin baru yang bagus yang akan tiba, and its obvious banyak juga yang resist, insist ini mesin biasa biasa saja, marketing gimmick, or whatever.

Well, Its OK ! Anyway, I pikir, nanti yang bayar biaya BBM tiap bulan setiap member SM juga bukan saya, masing masing sendiri. Iya gak ? So yang ngak interest, mau setia ama satu merek yang lebih boros mesinnya, its up to them ! I don't pay their fuel bills !

Of couse if saya ayah mereka yang tiap bulan bayarin BBMnya, ya saya akan maksa mereka cari mesin yang paling efficient. But hell, luckily I don't have that kind of burden !

I cuman answer to myself and my family. I pay for my own fuel bill sendiri, ngak di subsidi, tapi juga ngak perlu subsidi orang lain (kecuali BBM mobil istri ku jelas aku yang bayar).

So saya ngomong panjang lebar cuman mau recommend and bring a notice to all members here. Yang RESIST seperti wanita mau di memperkosa, ya sudah, I juga ngak mau ngotot. Toh mau bayar Pertamina extra duit tiap bulan hak masing masing kok.

Inggat kata sering muncul di film gangland boss yang biasanya ada actor Chow Yun Fat " Di sajikan arak manis ngak mau, ngotot mau arak pahit. " I wonder why ?

Does that engineering graph of the QR vs MR yang saya kasih linknya means nothing at all ? Is Nissan Japan bluffing ? Mereka ASBUN (asal bunyi ?)

And TomS, I don't take yr CBU friend's comments seriously. Apakah dia pakai Lafesta berapa bulan dan jalan ribuan km, dan merasa performa dan irit BBMnya ama mesin QR sama ?

But its OK ! Yang ngak percaya saya ngak papa kok. Nanti the truth will come out sendiri. Mesin kalau lebih bagus nanti juga semua orang tau. Ngak bisa bohong kok urusan begini.

Just remember ONE THING : ANDA sendiri yang akan bayar BBM pemakaian sendiri di masa depan, BUKAN SAYA.... So when I recommend a good interesting machine, itu bukan self-interest untuk saya. Its for the good of ALL SMers in this forum.

Of course nanti kalau Toyota atau Honda sajikan mesin yang LEBIH hebat lagi, tell me about it. Cause I want to keep getting better stuff at a reasonable price !

Of course pasti ada SMer yang teriak, how about hybrids ? Kan JAUH lebih irit. My answer is, yeah, memang, but too bad di Indonesia, I have to pay 400+ juta for a Toyota Vios sized hybrid car, dan setelah hitung, balik modalnya hampir 100 tahun ! So what for !

U can even try to calculate balik modalnya assume Pertamax naik ke harga Rp10,000. Tetap lama balik modalnya. So I don't even think about it. Dan toh buktinya di jalan, satu hybrid pun saya ngak pernah lihat.

Belum hybrid componentnya mahal sekali, apakah CBU showroom berani seperti Toyota di US, kasih warranty yang sangat lama ?

So before hybrids makes more sense in Indonesia, newer and improved internal combustion engines are all we have got. Tanpa harus bayar banyak extra duit dan hadapi ongkos service amat mahal !
chapruk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Dec 11, 2005 5:56
Location: bandung

Post by chapruk »

yup...i think bung sithlord benar...

knp dr dulu dia ngotot ke nissan...

mungkin bung sithlord lebih prefer ke safety and engine...

thx for u're advice....
^^^^ChapRuK*S^^^^
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Sithlord wrote:............
Bung Mike, sebenernya saya paling penting dapat mesin paling OK ! I have said before and I say it again, I loyal ama Nissan atau Toyota atau whoever, so what ? Mereka ngak akan bayar saya.
..............
Oke, continuing in here.......

well, unfortunately, narasumber gw di NMI no longer pleased to give me more information....

Pas gw tanya, "Itu AUV kira2 pake mesin type apa?"
he said : "it's confidential..."

Tapi waktu sempet gw tanya :
"Apa benar AUV akan di launch terlebih dahulu di China?"
dan dijawab olehnya dgn pertanyaan: "Beberapa hari lalu petinggi Nissan dari seluruh ASIA kumpul di MT, itu apa artinya coba?"
"dan di pabrik, engineer dari Japan didatangkan 10 org lagi"

So, gw simpulkan AUV akan diluncurkan perdana di Endonesya.... :roll: :roll:

MT= MT Haryono (NMI Head Quarters-red)
Pabrik = Pabrik Nissan (di Cikampek-red)
Image