Wuling Binggo... EV + bagasi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
https://wuling.id/id/blog/press-release ... tahun-2023
akhirnya ditulis jg sama mereka, beneran air ev lifetime warranty (syarat ketentuan berlaku).
yg beli kemarin2 berasa kecele ga sih ....??
akhirnya ditulis jg sama mereka, beneran air ev lifetime warranty (syarat ketentuan berlaku).
yg beli kemarin2 berasa kecele ga sih ....??
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
ini menarik nih, habis ngobrol sama temen saya orang armenia yg juga sehari2 pakai air ev bilang dia bisa ganti mesin air ev pakai yang lebih powerfulBibieight wrote: Thu Dec 07, 2023 12:50Nah ini bahan diskusi baru. Kalau ketersediaan produk itu tergantung dari lama garansi, kalo garansi 8 tahun berarti dalam 8 tahun pasti ada partnya. Nah kalo lewat 8 tahun itu tergantung pabrikan, kalo Honda 2W&4W pernah denger onderdilnya ATPM jamin stocknya pasti ada sampai 10 tahun, lewat 10 tahun mengandalkan sisa di gudang sama di market. Lewat itu tergantung pabrikan KW.iwing wrote: Thu Dec 07, 2023 10:30 btw bukan nya salah satu arti dari garansi seumur hidup adalah selama produk tersebut masih di produksi ya (baterai). klo sudah ganti generasi baterai atau sdh tidak produksi tipe tsb, otomatis garansi seumur hidup gak berlaku..??
Nah di ICE, kalo ganti model engine jeroan ganti semua, makanya umur engine panjang2 dan 1 engine dipake buat segala macam model, harapannya setelah discontinue banyak sisanya di pasar umum.
Yang gelap EV. Menang besar dia di platform, kayak Hyundai e-GMP itu dipake I5,I6,I7,Kia EV6,EV7, kayaknya Kona baru juga pake, jadi kayaknya kalo battery module aja populasi pemakainya relatif lebih banyak dari ICE. Cuma beginipun battery modulenya Hyundai spesifik banget, ndak ada cerita batere e-GMP bisa dipasang di EQS
Yang saya penasaran itu low end EV China macam Wuling & Neta, jangan2 pakenya battery-nya generik, pake prismatik biru LFP, mau Wuling, Neta apalagi bisa tuker2an modul, makanya pada berani lifetime2an![]()
![]()
![]()
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
coba om liat2x ke best denki di bagian mesin cuci mungkin nemu motornyaimpactful wrote: Fri Dec 15, 2023 9:54 ini menarik nih, habis ngobrol sama temen saya orang armenia yg juga sehari2 pakai air ev bilang dia bisa ganti mesin air ev pakai yang lebih powerfulentah dari brand apa...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
my bad, ternyata dibikindarrelund wrote: Tue Dec 05, 2023 15:05
ahond sempet wacana e:ny1 (hrv listrik) rakit thai, nyaris kejadian
cuma cancel grgr harga baterenya ga ngejer
entah nanti bakal masukin model global / tar bikin EV kusus developing countries
honda e kepentok ama spion kamera, makanya EV9 dimari aja pke spion biasa
perasaan dulu bilangnya kaga jadi

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
ternyata di luar prediksi BMKG

perjudice saya masih malaikat di banding clausul aslinya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
Dari SGMW ada kalo ga salah buat model mereka yg lainimpactful wrote: Fri Dec 15, 2023 9:54ini menarik nih, habis ngobrol sama temen saya orang armenia yg juga sehari2 pakai air ev bilang dia bisa ganti mesin air ev pakai yang lebih powerfulBibieight wrote: Thu Dec 07, 2023 12:50Nah ini bahan diskusi baru. Kalau ketersediaan produk itu tergantung dari lama garansi, kalo garansi 8 tahun berarti dalam 8 tahun pasti ada partnya. Nah kalo lewat 8 tahun itu tergantung pabrikan, kalo Honda 2W&4W pernah denger onderdilnya ATPM jamin stocknya pasti ada sampai 10 tahun, lewat 10 tahun mengandalkan sisa di gudang sama di market. Lewat itu tergantung pabrikan KW.iwing wrote: Thu Dec 07, 2023 10:30 btw bukan nya salah satu arti dari garansi seumur hidup adalah selama produk tersebut masih di produksi ya (baterai). klo sudah ganti generasi baterai atau sdh tidak produksi tipe tsb, otomatis garansi seumur hidup gak berlaku..??
Nah di ICE, kalo ganti model engine jeroan ganti semua, makanya umur engine panjang2 dan 1 engine dipake buat segala macam model, harapannya setelah discontinue banyak sisanya di pasar umum.
Yang gelap EV. Menang besar dia di platform, kayak Hyundai e-GMP itu dipake I5,I6,I7,Kia EV6,EV7, kayaknya Kona baru juga pake, jadi kayaknya kalo battery module aja populasi pemakainya relatif lebih banyak dari ICE. Cuma beginipun battery modulenya Hyundai spesifik banget, ndak ada cerita batere e-GMP bisa dipasang di EQS
Yang saya penasaran itu low end EV China macam Wuling & Neta, jangan2 pakenya battery-nya generik, pake prismatik biru LFP, mau Wuling, Neta apalagi bisa tuker2an modul, makanya pada berani lifetime2an![]()
![]()
![]()
entah dari brand apa...
Kemaren sempet ada yg kasi link taobai/aliexpressnya di group airev
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
https://otomotif.kompas.com/read/2023/1 ... p-358-juta
Masih mabok set harganya, takut di bully sama yang telanjur beli AirEV
… Kalo sama2 dapet diskon PPN masih murah Neta bangsa 30an juta tuh
Fix, sampe hari ini ATPM set harga sambil minum soju cuma si Ioniq, marketing Wuling perlu dikirimin maotai biar set harganya bener

Masih mabok set harganya, takut di bully sama yang telanjur beli AirEV









-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
ni mah lebi parah dari warranty mobil biasanyab0ku wrote: Sat Dec 16, 2023 0:34
ternyata di luar prediksi BMKG
perjudice saya masih malaikat di banding clausul aslinya![]()

sampe di cap biaya perbaikannya

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Mar 06, 2017 7:50
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
Yg saya dapat info dr sales senior wulingnya..
Garansi battery awal secara umum berlaku utk mobil wuling ev bingo ataupun airev:
Garansi 8 tahun atau 120rb km.
Naaah. Setelah 8 tahun/ 120 rb km, baru dilihat syarat dan kondisi saat beli masa promo ini. Kalau memenuhi syarat, wuling akan mengasuransikan batterynya sehingga garansi diextend lebih lanjut sampai seumur hidup.
Jadi life time battery ini yg dibicarakan sebenarnya setelah 8 tahun/ 120rb km.
Selama 8 tahun/120rb km, yg beli air ev dulu sama sekarang sama aja.. ga beda garansi baterainya..
Nah kalau mobil dijual sebelum 8 thn atau 120rb km garansi pembeli kedua mengikuti kelanjutan garansi 8 thn/ 120rb km ini. Tidak ada klausul life time setelah umur mbl 8 tahun. Jd utk pembeli kedua ya sama aja jg.
Dan pergantian battery ini jg ga akan 1 modul semua. Tp sel2 yg rusak atau aus saja.
Pertanyaannya (yg mana semua org ributin life time battery guarrantee dan jd trigger promo bingo dan airev skg) :
Berapa banyak orang yang akan memakai mobil ini selama 8 tahun dan ga ganti2 mobil?
Mengingat part2 lain selain battery jg akan aus (saatnya diganti) dan selama 8 tahun jg pasti akan keluar mobil2 ev lain yg lbh up to date dan modern lagi.
Disini wuling jg main probability org ganti mbl dan psikology keberatan org saja akan battery.
Yg notabene paling kurang dr 20% yg mungkin msh bertahan pakai evnya lebih dr 8 tahun (tapi kalau 120rb km ga tau ya. Mkn bs lbh banyak, krn banyak org pasti akan geber pakai evnya jg terus2an dr pada mobil bensin. Walau yakin jg pasti km 80rb-100rb km jg akan kepikir ganti)
Imho aja ya
Garansi battery awal secara umum berlaku utk mobil wuling ev bingo ataupun airev:
Garansi 8 tahun atau 120rb km.
Naaah. Setelah 8 tahun/ 120 rb km, baru dilihat syarat dan kondisi saat beli masa promo ini. Kalau memenuhi syarat, wuling akan mengasuransikan batterynya sehingga garansi diextend lebih lanjut sampai seumur hidup.
Jadi life time battery ini yg dibicarakan sebenarnya setelah 8 tahun/ 120rb km.
Selama 8 tahun/120rb km, yg beli air ev dulu sama sekarang sama aja.. ga beda garansi baterainya..
Nah kalau mobil dijual sebelum 8 thn atau 120rb km garansi pembeli kedua mengikuti kelanjutan garansi 8 thn/ 120rb km ini. Tidak ada klausul life time setelah umur mbl 8 tahun. Jd utk pembeli kedua ya sama aja jg.
Dan pergantian battery ini jg ga akan 1 modul semua. Tp sel2 yg rusak atau aus saja.
Pertanyaannya (yg mana semua org ributin life time battery guarrantee dan jd trigger promo bingo dan airev skg) :
Berapa banyak orang yang akan memakai mobil ini selama 8 tahun dan ga ganti2 mobil?
Mengingat part2 lain selain battery jg akan aus (saatnya diganti) dan selama 8 tahun jg pasti akan keluar mobil2 ev lain yg lbh up to date dan modern lagi.
Disini wuling jg main probability org ganti mbl dan psikology keberatan org saja akan battery.
Yg notabene paling kurang dr 20% yg mungkin msh bertahan pakai evnya lebih dr 8 tahun (tapi kalau 120rb km ga tau ya. Mkn bs lbh banyak, krn banyak org pasti akan geber pakai evnya jg terus2an dr pada mobil bensin. Walau yakin jg pasti km 80rb-100rb km jg akan kepikir ganti)
Imho aja ya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
darrelund wrote: Sat Dec 16, 2023 14:58
ni mah lebi parah dari warranty mobil biasanya![]()
sampe di cap biaya perbaikannya![]()
mateng dah loe cuma gesrot aja warranty void...........

jgn2x garansi seumur idup tapi kolongnya lecet dikit lsg void.....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
Kebutuhan tersier... yg punya duit lebih iseng ah coba...
Setelah pake bbrp lama... ooh gini toh... dgn suka dukanya...
Jual ambles or didiemin aja... mirip2 hp...
Setelah pake bbrp lama... ooh gini toh... dgn suka dukanya...
Jual ambles or didiemin aja... mirip2 hp...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
yep, bener banget om, tar bisa drag tuh air ev kita hahaha...ban depan jengat ke atas kayak tamiya kalau udah pake hyper dash motor...pendoli wrote: Sat Dec 16, 2023 2:19 Dari SGMW ada kalo ga salah buat model mereka yg lain
Kemaren sempet ada yg kasi link taobai/aliexpressnya di group airev![]()

Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
Nah, kalo yang mobil harian pada dipake mainan drag/balap di Sentul Sabtu/Minggu itu habis modal berapa si ya ?, kalo EV enak juga kali yak kaya mainan Tamiya raksasa, Jumat masuk bengkel, ganti battery pack racing sama motor racing, plug and play kan, upload coding racing di BMS dan VMS-nya, sabtu-minggu drag, minggu malem balikin normal, Senen dah ngantor lagiimpactful wrote: Mon Dec 18, 2023 11:56 yep, bener banget om, tar bisa drag tuh air ev kita hahaha...ban depan jengat ke atas kayak tamiya kalau udah pake hyper dash motor...![]()






-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
Ini pabrikan mana om? Ada statement resminya? *serius nanyab0ku wrote: Sat Dec 16, 2023 0:34
ternyata di luar prediksi BMKG
perjudice saya masih malaikat di banding clausul aslinya![]()
Kadang influenza jg suka bikin heboh ngelempar statement tanpa kejelasan siapa trus dimakan mentah2 ma netijen

Kalo ada statement resmi dari pabrikannya beneran max pertanggungan 20jt baru deh kita goreng rame2 tuh pabrikan

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
Konon itu wuling, ga tau sourcenya dari sales apa kacab asal ngomong wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
pada bilang woling om lagian liat aja video ioniq yang saya share di atas tenryata gesrot aja bisa bikin warranty void padahal yang damage cuma cover pelindung batrenyakendibocor wrote: Tue Dec 19, 2023 17:27
Ini pabrikan mana om? Ada statement resminya? *serius nanya
Kadang influenza jg suka bikin heboh ngelempar statement tanpa kejelasan siapa trus dimakan mentah2 ma netijen![]()
Kalo ada statement resmi dari pabrikannya beneran max pertanggungan 20jt baru deh kita goreng rame2 tuh pabrikan![]()

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
nah kadang (oknuum) sales ada aja yg asal ngomongpendoli wrote: Tue Dec 19, 2023 23:58 Konon itu wuling, ga tau sourcenya dari sales apa kacab asal ngomong wkwkwk
kaya kemaren sempet nanya2 harga official binguo sebelum rilis ada aja yg kepedean nyebut angka pas 350, padahal nyatanya 358...


Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
cuma hati2x deh kalo ud di kasih bintang S&K berlaku berarti ada clausul yang di umpetin dan gak di open di publik kemaren saya korek2x semua brosur mobil kalo garansi biasa itu mereka gak selipin gituan ini semua merek batrenya di selipin gituanimpactful wrote: Wed Dec 20, 2023 6:55 nah kadang (oknuum) sales ada aja yg asal ngomong
kaya kemaren sempet nanya2 harga official binguo sebelum rilis ada aja yg kepedean nyebut angka pas 350, padahal nyatanya 358...
![]()
![]()

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner VRZ
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
saya baru aja nonton videonya. Gila sih, di jakarta gampang banget kena gesrot kayak gitu. Parkiran mall aja sudutnya suka gak kira2b0ku wrote: Wed Dec 20, 2023 1:51pada bilang woling om lagian liat aja video ioniq yang saya share di atas tenryata gesrot aja bisa bikin warranty void padahal yang damage cuma cover pelindung batrenyakendibocor wrote: Tue Dec 19, 2023 17:27
Ini pabrikan mana om? Ada statement resminya? *serius nanya
Kadang influenza jg suka bikin heboh ngelempar statement tanpa kejelasan siapa trus dimakan mentah2 ma netijen![]()
Kalo ada statement resmi dari pabrikannya beneran max pertanggungan 20jt baru deh kita goreng rame2 tuh pabrikan![]()
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
EV inheren ada risiko kena batere, karena 100% EV batere-nya ditaruh di bawah. Cuma beda mobil beda inheren risikonya. Salah satu yang inheren risiko-nya tinggi itu platform e-GMP. Buat maksimumkan berat batere & kWh-nya, cooling plate dijadiin integral sama struktur. Jadi kalo liat Ioniq 5/EV6/EV7 itu dibawah ada CFRP item, tebelnya cuma 1 mm-an, setelah plastik item itu langsung cooling plate, alumunium tebel 1mm x 2, dibalik cooling plate langsung battery yang pouch cell, ditempel ke cooling plate pake thermal grease.dregon wrote: Wed Dec 20, 2023 9:56
saya baru aja nonton videonya. Gila sih, di jakarta gampang banget kena gesrot kayak gitu. Parkiran mall aja sudutnya suka gak kira2
Nah urusan gesruk, selama beneran cuma geseran gesruk, jadi ndak sampe visibel deformasi di CFRP kemungkinan besar cooling plate aman, kalo cooling plate aman berarti batere aman. Yang repot itu kalo sampe deformasi CFRP (sobek, penyok), soalnya kalo CFRP deformasi ada kemungkinan cooling plate deformasi, terus kalo cooling plate deformasi ada kemungkinan batere ikut penyok.
Nah untuk diagnosa ini susah, soalnya CFRP-nya dilem mati sama cooling plate, jadi ada 2 opsi, CFRP dilepas, atau pack diturunin, diinspeksi batere yang pas diatasnya deformasi itu. Biasanya kalo batere-nya penyok parah, voltase-nya akan turun pas 1 cell di posisi yang penyok itu (1 module itu ada 6 cell), jadi bisa ditebak2 dari bacaan voltase, cuma kalo penyok dikit enggak kebaca.
Nah beres Hyundai di Indonesia SOP-nya kalo gesruk parah : module lepas semua, ganti housing baru, pasang thermal grease baru, pasang batere-nya, major job ini soalnya penyok dikit dah di-write off itu housing, yang bingung kenapa beres di US/Kanada pada males2 banget yak ?, dikit2 ganti module



Cuma pengalaman ya, kalo cuma gesruk poldur sama parkiran mall biasanya ndak bikin deformasi (contoh yang extreem di JKT itu jembatan masuk AG dari Yos Sudarso, harus pelan, kalo ndak gesruk, di SBY palang sepur Juwingan, harus pelan banget). Beda perkara kalo kena batu di tol, nerjang kerb trotoar dan sejenisnya, ini pasti penyok cooling plate-nya, naah yang divideo itu keliatan banget deformasi-nya, disamping panjang pulak, itu kayaknya nyrempet kerb trotoar rada kenceng, kalo di Indonesia pasti ganti housing + ganti modul minimal 4 (sepanjang gasrukannya), kalo di Kanada, berhubung bengkelnya males2 banget langsung ganti 1 pack



Balik ke Wuling, yang AirEv itu pake modul prismatik ditaruh dalam box baja, pake pendingin angin, jadi per-gesruk-an aman, tapi ndak isa difast-charging, soalnya kalo dibikin bisa bakal pendek umurnya tu batere (ini yg bikin ngeri Citroen EC3). Kalo Kona/BMW pake prismatic, ditaruh diatas cooling plate, baru cooling plate-nya ditaruh dalam box, repotnya kalo selangnya ada yang bocor, bisa agak lama ketauan, itu kenapa coolant EV harus low conductivity...
Naaah urusan gesruk, isu beginian di Indonesia akan amat sangat menguntungkan pedagang mobkas, karena yang jual ama yang beli pada males investigasi dalem, ada gesruk dikit ditawar pdg mobkas cuma 40% pasaran langsung dilepas. Abis itu sama si pdg ditambal gesrukannya, dicat item, dijual lagi dah cuma murah 5% dari pasaran








-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
per module aja mahal om coba kalo mobil sya paling pecah tangki ganti 2-4jtBibieight wrote: Thu Dec 21, 2023 6:37
EV inheren ada risiko kena batere, karena 100% EV batere-nya ditaruh di bawah. Cuma beda mobil beda inheren risikonya. Salah satu yang inheren risiko-nya tinggi itu platform e-GMP. Buat maksimumkan berat batere & kWh-nya, cooling plate dijadiin integral sama struktur. Jadi kalo liat Ioniq 5/EV6/EV7 itu dibawah ada CFRP item, tebelnya cuma 1 mm-an, setelah plastik item itu langsung cooling plate, alumunium tebel 1mm x 2, dibalik cooling plate langsung battery yang pouch cell, ditempel ke cooling plate pake thermal grease.
Nah urusan gesruk, selama beneran cuma geseran gesruk, jadi ndak sampe visibel deformasi di CFRP kemungkinan besar cooling plate aman, kalo cooling plate aman berarti batere aman. Yang repot itu kalo sampe deformasi CFRP (sobek, penyok), soalnya kalo CFRP deformasi ada kemungkinan cooling plate deformasi, terus kalo cooling plate deformasi ada kemungkinan batere ikut penyok.
Nah untuk diagnosa ini susah, soalnya CFRP-nya dilem mati sama cooling plate, jadi ada 2 opsi, CFRP dilepas, atau pack diturunin, diinspeksi batere yang pas diatasnya deformasi itu. Biasanya kalo batere-nya penyok parah, voltase-nya akan turun pas 1 cell di posisi yang penyok itu (1 module itu ada 6 cell), jadi bisa ditebak2 dari bacaan voltase, cuma kalo penyok dikit enggak kebaca.
Nah beres Hyundai di Indonesia SOP-nya kalo gesruk parah : module lepas semua, ganti housing baru, pasang thermal grease baru, pasang batere-nya, major job ini soalnya penyok dikit dah di-write off itu housing, yang bingung kenapa beres di US/Kanada pada males2 banget yak ?, dikit2 ganti module![]()
![]()
![]()
Cuma pengalaman ya, kalo cuma gesruk poldur sama parkiran mall biasanya ndak bikin deformasi (contoh yang extreem di JKT itu jembatan masuk AG dari Yos Sudarso, harus pelan, kalo ndak gesruk, di SBY palang sepur Juwingan, harus pelan banget). Beda perkara kalo kena batu di tol, nerjang kerb trotoar dan sejenisnya, ini pasti penyok cooling plate-nya, naah yang divideo itu keliatan banget deformasi-nya, disamping panjang pulak, itu kayaknya nyrempet kerb trotoar rada kenceng, kalo di Indonesia pasti ganti housing + ganti modul minimal 4 (sepanjang gasrukannya), kalo di Kanada, berhubung bengkelnya males2 banget langsung ganti 1 pack![]()
![]()
![]()
Balik ke Wuling, yang AirEv itu pake modul prismatik ditaruh dalam box baja, pake pendingin angin, jadi per-gesruk-an aman, tapi ndak isa difast-charging, soalnya kalo dibikin bisa bakal pendek umurnya tu batere (ini yg bikin ngeri Citroen EC3). Kalo Kona/BMW pake prismatic, ditaruh diatas cooling plate, baru cooling plate-nya ditaruh dalam box, repotnya kalo selangnya ada yang bocor, bisa agak lama ketauan, itu kenapa coolant EV harus low conductivity...
Naaah urusan gesruk, isu beginian di Indonesia akan amat sangat menguntungkan pedagang mobkas, karena yang jual ama yang beli pada males investigasi dalem, ada gesruk dikit ditawar pdg mobkas cuma 40% pasaran langsung dilepas. Abis itu sama si pdg ditambal gesrukannya, dicat item, dijual lagi dah cuma murah 5% dari pasaran![]()
![]()
![]()
![]()
. Saya kalo ama pdg itu entah kenapa selalu illfill, taun 2022 jual ANKI dijel Q 2016 masa cuma ditawar 260 juta, lamaan lagi, taun 2014 jual Innova 2008 bensin captain seat cuma ditawar 160 juta, udah gitu gaya nawar pdg itu kayak saya dianggep maling mobil
![]()
![]()
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
ini trit ngana ya um yg ganti tray bawah?Bibieight wrote: Thu Dec 21, 2023 6:37EV inheren ada risiko kena batere, karena 100% EV batere-nya ditaruh di bawah. Cuma beda mobil beda inheren risikonya. Salah satu yang inheren risiko-nya tinggi itu platform e-GMP. Buat maksimumkan berat batere & kWh-nya, cooling plate dijadiin integral sama struktur. Jadi kalo liat Ioniq 5/EV6/EV7 itu dibawah ada CFRP item, tebelnya cuma 1 mm-an, setelah plastik item itu langsung cooling plate, alumunium tebel 1mm x 2, dibalik cooling plate langsung battery yang pouch cell, ditempel ke cooling plate pake thermal grease.dregon wrote: Wed Dec 20, 2023 9:56
saya baru aja nonton videonya. Gila sih, di jakarta gampang banget kena gesrot kayak gitu. Parkiran mall aja sudutnya suka gak kira2
Nah urusan gesruk, selama beneran cuma geseran gesruk, jadi ndak sampe visibel deformasi di CFRP kemungkinan besar cooling plate aman, kalo cooling plate aman berarti batere aman. Yang repot itu kalo sampe deformasi CFRP (sobek, penyok), soalnya kalo CFRP deformasi ada kemungkinan cooling plate deformasi, terus kalo cooling plate deformasi ada kemungkinan batere ikut penyok.
Nah untuk diagnosa ini susah, soalnya CFRP-nya dilem mati sama cooling plate, jadi ada 2 opsi, CFRP dilepas, atau pack diturunin, diinspeksi batere yang pas diatasnya deformasi itu. Biasanya kalo batere-nya penyok parah, voltase-nya akan turun pas 1 cell di posisi yang penyok itu (1 module itu ada 6 cell), jadi bisa ditebak2 dari bacaan voltase, cuma kalo penyok dikit enggak kebaca.
Nah beres Hyundai di Indonesia SOP-nya kalo gesruk parah : module lepas semua, ganti housing baru, pasang thermal grease baru, pasang batere-nya, major job ini soalnya penyok dikit dah di-write off itu housing, yang bingung kenapa beres di US/Kanada pada males2 banget yak ?, dikit2 ganti module![]()
![]()
![]()
Cuma pengalaman ya, kalo cuma gesruk poldur sama parkiran mall biasanya ndak bikin deformasi (contoh yang extreem di JKT itu jembatan masuk AG dari Yos Sudarso, harus pelan, kalo ndak gesruk, di SBY palang sepur Juwingan, harus pelan banget). Beda perkara kalo kena batu di tol, nerjang kerb trotoar dan sejenisnya, ini pasti penyok cooling plate-nya, naah yang divideo itu keliatan banget deformasi-nya, disamping panjang pulak, itu kayaknya nyrempet kerb trotoar rada kenceng, kalo di Indonesia pasti ganti housing + ganti modul minimal 4 (sepanjang gasrukannya), kalo di Kanada, berhubung bengkelnya males2 banget langsung ganti 1 pack![]()
![]()
![]()
Balik ke Wuling, yang AirEv itu pake modul prismatik ditaruh dalam box baja, pake pendingin angin, jadi per-gesruk-an aman, tapi ndak isa difast-charging, soalnya kalo dibikin bisa bakal pendek umurnya tu batere (ini yg bikin ngeri Citroen EC3). Kalo Kona/BMW pake prismatic, ditaruh diatas cooling plate, baru cooling plate-nya ditaruh dalam box, repotnya kalo selangnya ada yang bocor, bisa agak lama ketauan, itu kenapa coolant EV harus low conductivity...
Naaah urusan gesruk, isu beginian di Indonesia akan amat sangat menguntungkan pedagang mobkas, karena yang jual ama yang beli pada males investigasi dalem, ada gesruk dikit ditawar pdg mobkas cuma 40% pasaran langsung dilepas. Abis itu sama si pdg ditambal gesrukannya, dicat item, dijual lagi dah cuma murah 5% dari pasaran![]()
![]()
![]()
![]()
. Saya kalo ama pdg itu entah kenapa selalu illfill, taun 2022 jual ANKI dijel Q 2016 masa cuma ditawar 260 juta, lamaan lagi, taun 2014 jual Innova 2008 bensin captain seat cuma ditawar 160 juta, udah gitu gaya nawar pdg itu kayak saya dianggep maling mobil
![]()
![]()
![]()
ngeri jg ampe penyok gitu

mahal seh, cuma di sisi lain keliatan ud serius maen EV tuh yoondei
https://www.ioniqforum.com/threads/dama ... q-5.47418/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
Nemu aja oomdarrelund wrote: Sat Dec 23, 2023 1:40 ini trit ngana ya um yg ganti tray bawah?
ngeri jg ampe penyok gitu![]()
mahal seh, cuma di sisi lain keliatan ud serius maen EV tuh yoondei
https://www.ioniqforum.com/threads/dama ... q-5.47418/
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)






Sekarang dah beres tapi si Youngdie beneran perlu beres2 PR after sales service. Battery housing inden 45 hari, battery module inden 45 hari, rebutan alat antar bengkel 15 hari. Alat2 se-Jekardah cuma ada 1 di Hyundai Simprug, alat pentingnya itu : thermal interface applicator (kayak printer 3D), sama battery balancer (buat balancing voltase, cek internal resistance masing2 module).
Pelajaran : perlu pasang accessories kayak punya Tesla begini :
https://www.greencarreports.com/news/10 ... ail-photos
Minimal front deflector, sama pelat yg ditengah, post mortem : punya saya si batu kena ke connector juga, pelat tengah ndak perlu extrem titanium, aluminium dah cukup, tinggal sudut pasangnya aja. Kalo di I5 pasang front deflectornya lebih mudah mudah, bisa pasang di reinforcement cross member depan. Itu cross member bahannya pelat baja 4 mm, terus cuma dibaut ke front sub-frame, jadi nempelin aluminium bar gampang, tinggal bingung saya, tukang fabricator yg bisa bikin kayak difoto di Jakarta dimana.
Kesempatan bisnis si benernya, secara peredaran dah 8000 lebih dan tiap bulan nambah 500-700 unit, udah gitu orang sini kan banyak yg awam dan gampang banget ditakut2in



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
klo ud robekin lantai gtu berarti batunya gede, makanya oe bilang jalan dimari tuh kyk mario kart. ada aja rintangannyaBibieight wrote: Sat Dec 23, 2023 3:34Nemu aja oomdarrelund wrote: Sat Dec 23, 2023 1:40 ini trit ngana ya um yg ganti tray bawah?
ngeri jg ampe penyok gitu![]()
mahal seh, cuma di sisi lain keliatan ud serius maen EV tuh yoondei
https://www.ioniqforum.com/threads/dama ... q-5.47418/![]()
![]()
, kejadian di JORR, cuma 80 km/h padahal, kan disana ada speedcam. Pas gludak saya langsung kepikir oom b0ku, mbledug nih mobil, modyar saya
![]()
![]()
, eh masih jalan normal, sensor2 ndak ada yang nyala dan masih bisa dibawa ke Sunter. Tapi sumpah, seumur idup nyetir, udah 35 taun, mulai dari yang aneh kayak GS,CX,W109,W116, setengah aneh kayak 504,505,306,308,F30,G20, barang sejuta umat kayak Avanza, Innova ya baru sekali ini kena batu di jalan tol
![]()
![]()
![]()
Sekarang dah beres tapi si Youngdie beneran perlu beres2 PR after sales service. Battery housing inden 45 hari, battery module inden 45 hari, rebutan alat antar bengkel 15 hari. Alat2 se-Jekardah cuma ada 1 di Hyundai Simprug, alat pentingnya itu : thermal interface applicator (kayak printer 3D), sama battery balancer (buat balancing voltase, cek internal resistance masing2 module).
Pelajaran : perlu pasang accessories kayak punya Tesla begini :
https://www.greencarreports.com/news/10 ... ail-photos
Minimal front deflector, sama pelat yg ditengah, post mortem : punya saya si batu kena ke connector juga, pelat tengah ndak perlu extrem titanium, aluminium dah cukup, tinggal sudut pasangnya aja. Kalo di I5 pasang front deflectornya lebih mudah mudah, bisa pasang di reinforcement cross member depan. Itu cross member bahannya pelat baja 4 mm, terus cuma dibaut ke front sub-frame, jadi nempelin aluminium bar gampang, tinggal bingung saya, tukang fabricator yg bisa bikin kayak difoto di Jakarta dimana.
Kesempatan bisnis si benernya, secara peredaran dah 8000 lebih dan tiap bulan nambah 500-700 unit, udah gitu orang sini kan banyak yg awam dan gampang banget ditakut2in![]()
![]()
![]()

battnya itu termasuk oke lho, sampe cellnya mletot gitu tapi gak meledug
inden 45 hari? gudang pusat gak nyetok samsek ya um klo gitu. atleast imo nyetok 1-5 pcs lah full assy tray nya itu.
itu alat TIA & batt balancernya bespoke yoondei ga tuh?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Wuling Binggo... EV + bagasi
klo ud robekin lantai gtu berarti batunya gede, makanya oe bilang jalan dimari tuh kyk mario kart. ada aja rintangannya

battnya itu termasuk oke lho, sampe cellnya mletot gitu tapi gak meledug
inden 45 hari? gudang pusat gak nyetok samsek ya um klo gitu. atleast imo nyetok 1-5 pcs lah full assy tray nya itu.
itu alat TIA & batt balancernya bespoke yoondei ga tuh?
[/quote]
Segede helm oom






Sekilas ya, bengkel spesialis EV bakal jd bisnis tenar, kalah tuh spesialis sheer repairing pleasure. Cuma skill ya bukan montir kruk as, tapi montir benerin hengpon, montir kruk as cukup kerja otot angkat2 battery modul


