Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
rujaktahu wrote: Tue Aug 02, 2022 11:38
Mobil sy sekarang pake KTA payroll dan memang beneran lebih ringan dibanding leasing. Waktu itu sales ngasih perhitungan cicilan pake BC* finance.
Tapi ini cuma berlaku buat pegawai tetap
berapa bunga nya? kl menurut sini dgn pinjaman spt simulasi di atas (pokok pinjaman 75jt tenor 60 bulan) itu bunganya > 1% per bulan yg artinya per tahun > 12%.
sementara kkb bank 3-4% per tahun.
bedanya mungkin kl beli pake kta bisa seolah2 cash dr dealernya sehingga ga perlu asuransi. asuransinya yg bikin jd mahal kali. berarti ga apple to apple bandinginnya.
Sudah memperhitungkan asuransi kok. Namanya perbandingan tentu harus disamakan parameternya.
Berapa persen sy gak begitu paham, taunya cicilan per bulan KTA lebih kecil
yg sy tau temen2 dulu jaman kerja kan ada payroll juga n mrk pada punya usaha sampingan yaitu rentalan mobil. ga ada tuh yg ngridit mobil pake jalur KTA pdhl kl cerita om kan harusnya lbh murah cicilan ya lbh menguntungkan dong.
kl sy sih belum ngerti knp KTA bisa lbh murah krn ga masuk di akal. yg sy tau hampir semua org bilang paling murah ya kkb bca sampe2 banyak sales yg ga mau terima kl pake itu krn comm nya ga dpt banyak. tp di acc nya relatif sulit dibanding leasing non bank.
Omnibus wrote: Tue Aug 02, 2022 14:12
yg sy tau temen2 dulu jaman kerja kan ada payroll juga n mrk pada punya usaha sampingan yaitu rentalan mobil. ga ada tuh yg ngridit mobil pake jalur KTA pdhl kl cerita om kan harusnya lbh murah cicilan ya lbh menguntungkan dong.
kl sy sih belum ngerti knp KTA bisa lbh murah krn ga masuk di akal. yg sy tau hampir semua org bilang paling murah ya kkb bca sampe2 banyak sales yg ga mau terima kl pake itu krn comm nya ga dpt banyak. tp di acc nya relatif sulit dibanding leasing non bank.
Sy hitung lagi ternyata dapat rate 5,7% per tahun. Gak tau segitu termasuk tinggi atau rendah buat KTA.
Benar lebih tinggi dibanding kkb bca tapi juga lebih rendah dibanding itungan leasing dari sales
Omnibus wrote: Tue Aug 02, 2022 14:12
yg sy tau temen2 dulu jaman kerja kan ada payroll juga n mrk pada punya usaha sampingan yaitu rentalan mobil. ga ada tuh yg ngridit mobil pake jalur KTA pdhl kl cerita om kan harusnya lbh murah cicilan ya lbh menguntungkan dong.
kl sy sih belum ngerti knp KTA bisa lbh murah krn ga masuk di akal. yg sy tau hampir semua org bilang paling murah ya kkb bca sampe2 banyak sales yg ga mau terima kl pake itu krn comm nya ga dpt banyak. tp di acc nya relatif sulit dibanding leasing non bank.
Sy hitung lagi ternyata dapat rate 5,7% per tahun. Gak tau segitu termasuk tinggi atau rendah buat KTA.
Benar lebih tinggi dibanding kkb bca tapi juga lebih rendah dibanding itungan leasing dari sales
nah ini mantap kl ada angka jd bandinginnya mudah.
kl dibandingkan kkb itu kira2 40% lbh tinggi. tp kl dibandingkan kta biasa itu sdh cukup murah 50% lbh murahnya. sementara kl dibanding leasing ini yg sulit, kadang leasing ada yg bersaing ada juga yg menjebak tingginya. itu di simulasi di atas kl dihitung bunganya 16.6% tuh. rata2 yg jualan mobkas tinggi2 begitu leasing rekanan nya. musti xtra hati2 dan hitung yg bener brp sebetulnya angka bunga nya. mudah2an dgn sharing begini lbh terbuka literasi financial kita, even ga minjem pun tp faham hitung2an kan enak, kita jd ga mudah terjebak.
sintoni wrote: Wed Aug 03, 2022 4:20
Kalau misal beli bekas boleh jg ya pake KTA ini?
Soalnya ga perlu asuransi dll, tapi kalau kerjaan wiraswasta bisa jg ya?
jangankan beli bekas mbah ... duitnya kl udah ditangan mau buat kawin lagi juga bisa mbah
kl baca2 buat wiraswasta ga bisa. hrs yg nerima gaji rutin, itupun ai yakin pasti dinilai perusahaannya bonafid apa kaga. ai sih ga pernah tp pasti gitu lah kira2, wong tau ada yg namanya kta payroll aja baru skrg.
Omnibus wrote: Tue Aug 02, 2022 14:12
yg sy tau temen2 dulu jaman kerja kan ada payroll juga n mrk pada punya usaha sampingan yaitu rentalan mobil. ga ada tuh yg ngridit mobil pake jalur KTA pdhl kl cerita om kan harusnya lbh murah cicilan ya lbh menguntungkan dong.
kl sy sih belum ngerti knp KTA bisa lbh murah krn ga masuk di akal. yg sy tau hampir semua org bilang paling murah ya kkb bca sampe2 banyak sales yg ga mau terima kl pake itu krn comm nya ga dpt banyak. tp di acc nya relatif sulit dibanding leasing non bank.
Sy hitung lagi ternyata dapat rate 5,7% per tahun. Gak tau segitu termasuk tinggi atau rendah buat KTA.
Benar lebih tinggi dibanding kkb bca tapi juga lebih rendah dibanding itungan leasing dari sales
nah ini mantap kl ada angka jd bandinginnya mudah.
kl dibandingkan kkb itu kira2 40% lbh tinggi. tp kl dibandingkan kta biasa itu sdh cukup murah 50% lbh murahnya. sementara kl dibanding leasing ini yg sulit, kadang leasing ada yg bersaing ada juga yg menjebak tingginya. itu di simulasi di atas kl dihitung bunganya 16.6% tuh. rata2 yg jualan mobkas tinggi2 begitu leasing rekanan nya. musti xtra hati2 dan hitung yg bener brp sebetulnya angka bunga nya. mudah2an dgn sharing begini lbh terbuka literasi financial kita, even ga minjem pun tp faham hitung2an kan enak, kita jd ga mudah terjebak.
Setuju dengan ini om..
Mudah2an contoh simulasi saya bisa nambah literasi..
Oia, KTA meskipun merk bank yg sama, kadang beda cabang bisa jadi beda jg simulasi/angsuran bulanannya, meskipun biasanya selisihnya ga banyak..
Tapi klo selisih 30-50rb sebulan x 60 ya lumayan jg..
sintoni wrote: Wed Aug 03, 2022 4:20
Kalau misal beli bekas boleh jg ya pake KTA ini?
Soalnya ga perlu asuransi dll, tapi kalau kerjaan wiraswasta bisa jg ya?
Nah ini biasanya sih klo wiraswasta sendiri agak susah ya.. Tapi baiknya coba tanyaken ke banknya saja, kali aja tembus..
Atau cari alternatif, sodara deket atau siapa yg payrollnya tetap di bank tsb.. nanti minta tolong minjemin..
Oia aturan terbaru malah agak edan.. Itu konten yutube, music, dan sejenisnya (kekayaan intelektual) bisa jadi jaminan utang
ChZ wrote: Mon Jul 25, 2022 3:32
nah sayangnya kita hidup di negara yang mayoritas penduduknya tidak melek finansial. jadi mau gaji 10 juta pun bisa 10 juta nya habis buat bayar cicilan apa malah minus
bayar cicilan sampe susah makan aja ada.
tapi kalau tidak ada orang berani nyicil nanti ekonomi gak jalan krn cicil mencicil ini salah satu penyumbang ekonomi terbesar.
krn bayangin itu sekarang beli motor aja mau cash dipersulit. lebih digampangin buat nyicil. orang beli mobil mau cash aja sekarang dimahalin akhirnya ya kepaksa ambil cicilan paling kecil krn promo lebih banyak. sales begitu denger pembelian cash kadang rada bete ngeladeninnya
promo promo kartu kredit lebih banyak daripada kartu debit. kartu kredit skrg dikasih kasih macem barang ga kepake. sering tuh ditelpon telemarketing ditawarin kartu kredit gratis tanpa syarat. online shopping aja yg dipromoin sekarang paylater paylater.
kemarin dapet price list mobil iseng lihat ada tenor sampai 60 bulan (5 tahun) itu dihitung2 kita bayar mobil harga 250 juta jadi 450 juta. padahal sekilas lihat cicilannya sih gak kecil kecil amat juga. biasa yang dilihat orang kebanyakan kan cuma nilai angka DP dan cicilan aja.
cuan berapa tuh bank ama dealer dengan skema begini. pantes aja pada nyuruh nyicil. dan harga mobil jg makin gila la wong yang nyicil aja makin berani ambil bunga segini gede
dan ironisnya yang berani nyicil adalah orang yang tidak punya duit.
kalau ane sih tanpa mikir panjang ya lepas aja tuh boil dan beralih ke motor atau transportasi umum.
Peace-of-mind buat gw adalah prioritas utama. Gile aja, sebagai manusia gw ini (kalau menurut kitab suci) adalah milik Sang Pencipta, lhah mosok gw mau nyerahin hidup gw buat jadi milik pemberi cicilan?
Lagian emang fungsi boil setau gw dari gw kecil ya buat transportasi darurat, bukan buat transportasi harian. Perawatan, Pajak tahunan, Konsumsi BBM-nya udah gak masuk ke transportasi harian. Gw nggak ngomongin orang dengan kemampuan ekonomi yang mendekati level financial freedom.
esaka wrote: Mon Nov 28, 2022 2:11
kalau ane sih tanpa mikir panjang ya lepas aja tuh boil dan beralih ke motor atau transportasi umum.
Peace-of-mind buat gw adalah prioritas utama. Gile aja, sebagai manusia gw ini (kalau menurut kitab suci) adalah milik Sang Pencipta, lhah mosok gw mau nyerahin hidup gw buat jadi milik pemberi cicilan?
Lagian emang fungsi boil setau gw dari gw kecil ya buat transportasi darurat, bukan buat transportasi harian. Perawatan, Pajak tahunan, Konsumsi BBM-nya udah gak masuk ke transportasi harian. Gw nggak ngomongin orang dengan kemampuan ekonomi yang mendekati level financial freedom.
silver liningnya ini salah satu line of defense menghadapi krisis keuangan makanya dihantam badai pun kita tetep gak ambrol2 amat macem amrik.
at the cost of brantem istri ma tetangga krn buat beli beras aja ngutang sama tetangga atau bos bos pusing buruhnya pada demo minta naik gaji akibat nyicil ninja
ChZ wrote: Mon Jul 25, 2022 3:32
nah sayangnya kita hidup di negara yang mayoritas penduduknya tidak melek finansial. jadi mau gaji 10 juta pun bisa 10 juta nya habis buat bayar cicilan apa malah minus
bayar cicilan sampe susah makan aja ada.
tapi kalau tidak ada orang berani nyicil nanti ekonomi gak jalan krn cicil mencicil ini salah satu penyumbang ekonomi terbesar.
krn bayangin itu sekarang beli motor aja mau cash dipersulit. lebih digampangin buat nyicil. orang beli mobil mau cash aja sekarang dimahalin akhirnya ya kepaksa ambil cicilan paling kecil krn promo lebih banyak. sales begitu denger pembelian cash kadang rada bete ngeladeninnya
promo promo kartu kredit lebih banyak daripada kartu debit. kartu kredit skrg dikasih kasih macem barang ga kepake. sering tuh ditelpon telemarketing ditawarin kartu kredit gratis tanpa syarat. online shopping aja yg dipromoin sekarang paylater paylater.
kemarin dapet price list mobil iseng lihat ada tenor sampai 60 bulan (5 tahun) itu dihitung2 kita bayar mobil harga 250 juta jadi 450 juta. padahal sekilas lihat cicilannya sih gak kecil kecil amat juga. biasa yang dilihat orang kebanyakan kan cuma nilai angka DP dan cicilan aja.
cuan berapa tuh bank ama dealer dengan skema begini. pantes aja pada nyuruh nyicil. dan harga mobil jg makin gila la wong yang nyicil aja makin berani ambil bunga segini gede
dan ironisnya yang berani nyicil adalah orang yang tidak punya duit.
kalau ane sih tanpa mikir panjang ya lepas aja tuh boil dan beralih ke motor atau transportasi umum.
Peace-of-mind buat gw adalah prioritas utama. Gile aja, sebagai manusia gw ini (kalau menurut kitab suci) adalah milik Sang Pencipta, lhah mosok gw mau nyerahin hidup gw buat jadi milik pemberi cicilan?
Lagian emang fungsi boil setau gw dari gw kecil ya buat transportasi darurat, bukan buat transportasi harian. Perawatan, Pajak tahunan, Konsumsi BBM-nya udah gak masuk ke transportasi harian. Gw nggak ngomongin orang dengan kemampuan ekonomi yang mendekati level financial freedom.
ini bener banget...
apalagi mobil cicil...
5 tahun pertama ngos2an bayar cicilan
5 tahun sisanya enak ga ada cicilan
tapi habis itu banyak PR dan service gede habis banyak duit wkwkwkwk
ChZ wrote: Mon Jul 25, 2022 3:32
nah sayangnya kita hidup di negara yang mayoritas penduduknya tidak melek finansial. jadi mau gaji 10 juta pun bisa 10 juta nya habis buat bayar cicilan apa malah minus
bayar cicilan sampe susah makan aja ada.
tapi kalau tidak ada orang berani nyicil nanti ekonomi gak jalan krn cicil mencicil ini salah satu penyumbang ekonomi terbesar.
krn bayangin itu sekarang beli motor aja mau cash dipersulit. lebih digampangin buat nyicil. orang beli mobil mau cash aja sekarang dimahalin akhirnya ya kepaksa ambil cicilan paling kecil krn promo lebih banyak. sales begitu denger pembelian cash kadang rada bete ngeladeninnya
promo promo kartu kredit lebih banyak daripada kartu debit. kartu kredit skrg dikasih kasih macem barang ga kepake. sering tuh ditelpon telemarketing ditawarin kartu kredit gratis tanpa syarat. online shopping aja yg dipromoin sekarang paylater paylater.
kemarin dapet price list mobil iseng lihat ada tenor sampai 60 bulan (5 tahun) itu dihitung2 kita bayar mobil harga 250 juta jadi 450 juta. padahal sekilas lihat cicilannya sih gak kecil kecil amat juga. biasa yang dilihat orang kebanyakan kan cuma nilai angka DP dan cicilan aja.
cuan berapa tuh bank ama dealer dengan skema begini. pantes aja pada nyuruh nyicil. dan harga mobil jg makin gila la wong yang nyicil aja makin berani ambil bunga segini gede
dan ironisnya yang berani nyicil adalah orang yang tidak punya duit.
kalau ane sih tanpa mikir panjang ya lepas aja tuh boil dan beralih ke motor atau transportasi umum.
Peace-of-mind buat gw adalah prioritas utama. Gile aja, sebagai manusia gw ini (kalau menurut kitab suci) adalah milik Sang Pencipta, lhah mosok gw mau nyerahin hidup gw buat jadi milik pemberi cicilan?
Lagian emang fungsi boil setau gw dari gw kecil ya buat transportasi darurat, bukan buat transportasi harian. Perawatan, Pajak tahunan, Konsumsi BBM-nya udah gak masuk ke transportasi harian. Gw nggak ngomongin orang dengan kemampuan ekonomi yang mendekati level financial freedom.
ini bener banget...
apalagi mobil cicil...
5 tahun pertama ngos2an bayar cicilan
5 tahun sisanya enak ga ada cicilan
tapi habis itu banyak PR dan service gede habis banyak duit wkwkwkwk
Habis 5 tahun service gede & PR printilan bete dijual. Hasilnya buat DP lagi next struggling 5 thn angsuran
Salvanost wrote: Fri Dec 02, 2022 19:40
ini bener banget...
apalagi mobil cicil...
5 tahun pertama ngos2an bayar cicilan
5 tahun sisanya enak ga ada cicilan
tapi habis itu banyak PR dan service gede habis banyak duit wkwkwkwk
Bean06 wrote: Sat Dec 03, 2022 1:50
Habis 5 tahun service gede & PR printilan bete dijual. Hasilnya buat DP lagi next struggling 5 thn angsuran
Biasanya sih antara ini dua kejadiannya
Yg lebih parah dan ga feasible lg menurut ane beli mobkas kredit yg warranty dan free maintenis habis. Dihajar dari segala penjuru mata angin itu, cicilan bunga sadis, maintenance bayar sendiri, ada rusak bayar sendiri jg. Habis lah sudah
Bean06 wrote: Sat Dec 03, 2022 1:50
Habis 5 tahun service gede & PR printilan bete dijual. Hasilnya buat DP lagi next struggling 5 thn angsuran
Jadi begini...om
Ane sempet kepikiran ambil mobkas dengan umur kurang dari 10 tahun...
Jalan-jalan dan lihat ke beberapa dealer mobkas...
tiap merek/tipe mobil gw itung populasinya...
Well, kok banyak amat mobkas under 5 years of age yang nangkring...kesimpulan ane? (aside from Resale Value)
1. Mobkas ini terlalu banyak perawatan utk tipikal orang Indonesia yang cenderung buy-n-forget.
2. Komentar tsb di atas.
3. LCGC dan low MPV ternyata naikannya tak senyaman maxi skuter.
4. BU di saat yang tidak mengenakkan.
Bini gw aja mesti ngomel mulu kalau gw ngabisin duit buat perawatan wajib (ganti oli mesin-transmisi-coolant, bayar pajak STNK, bensin full-tank), gimana kalau harus nyicil padahal nggak financial freedom
Salvanost wrote: Tue Feb 14, 2023 16:54
harga mobil bekas masih mahal
ada teori kalau banyak orang ga kuat bayar cicilan mobil baru = banyak mobil bekas = harga mobil bekas turun
Selama ada permintaan ya ga akan turun
Coba dilihat siapa saja yang masuk kategori "permintaan" yg beli mobil bekas
1 pedagang (jumlahnya sudah berlipat2 dari 1 dekade lalu)
2 pekerja yang memang butuh mobil tp dana terbatas (taksi online)
3 kebutuhan keluarga baru (hadirnya anak membuat kedua orang tua harus memiliki mobil)
Jadi sebenarnya jumlah mobil yang beredar di indonesia belum sebanyak jumlah penduduknya
Mobil bodong ga ada surat2 aja laris manis
Sepanjang masih memadai untuk wira-wiri dan kerja, saya utamakan pilih no.3 (naik motor).
Klo sesekali butuh mobil bisa sewa, atau naek taksol..
Tapi klo kasusnya butuh banget mobil.. maka kesampingkan gengsi, utamakan fungsi..
Pilih no.1, asal dapet yg sehat dan bayar cash.
Alternatif bisa no.2..
Tapi mending nabung dulu diawal, untuk beli mobil baru yg murah (LCGC atau sejenis).
Nabung minimal sampai 50% harga mobil (misal harga mobil baru LCGC 150jt, nabung paling enggak 75-80jt), sisanya ambil utangan cash (KTA) di bank sesuai kemampuan, kemudian beli mobil cash pas lagi diskon gede2an (biasa akhir tahun)+asuransi TLO tahunan selama 2-3th.
Tapi pastikan penghasilan konsisten dulu selama masa angsuran KTA.
Atau klo ada yayasan ayah-bunda yg mampu, bisalah dimintain tolong, tapi tetap tahu diri.. bayar utangnya cicil tiap bulan! Wkwkwkwk...
Karena beli cash, BPKB langsung ditangan kita (ga mampir leasing). Klo sewaktu2 butuh cash.. mobil bisa langsung dijual, atau jaminkan BPKB.. Ga ribet oper kredit..
menarik nih kombinasinya.
nabung n KTA.
kl dibandingkan, bunga KTA vs leasing gt lebih tinggi mana ya?
Nah itu perlu riset om..
Ini saya coba riset sederhana saja via inet:
Misal harga mobil baru OTR Jakarta 150jt. Rencana kredit selama 5th (60 bulan). Tabungan sendiri terkumpul 75jt.
A.Simulasi kredit mobil baru via leasing di web Adi** Finance
Pembayaran pertama 75jt (tabungan sendiri), area jabodetabek, ketemu angsuran 2.667jt/bulan selama 60 bulan (5th).
Klo ditotal dana yg keluar selama 5th: (2.667jt x 60) + 75jt = 235jt-an..
BPKB ditahan selama masa angsuran.
B.Pake KTA
75jt duit sendiri, sisanya 75jt utang via KTA bank BN* (kebetulan pegang brosurnya), asumsi payroll di bank yg sama, ketemu angsuran 1.556jt/bulan selama 60bulan (5th). Tambah provisi 0,76% (Rp 570rb) dan biaya admin 76rb = 646rb (anggap saja 650rb).
Total dana keluar selama 5th : (1.556jt x 60) + 75jt + 650rb = 169 jutaan *(blum include asuransi selama 5th).
Misalkan tambah asuransi mobil TLO 4jutaan/th, maka tambah biaya: 4jt x 5th = 20jt *.
Total selama 5th (dana keluar + asuransi) : 169jt + 20jt. = 189 jt.
Sedari baru, BPKB ditangan pemilik.
*Itu asuransi mobil premi tahunannya rata2 menurun, bisa lebih murah dikit.
Lebih murah mana? Silahkan pilih..
CMIIW.. kali aja ada itungan yg salah/kurang
Berarti kalau mobil 2nd 3-5 tahun itungannya lbh masuk KTA ya? Karena saya lihat bunganya tinggi2 untuk kredit bank
zonepublic wrote: Tue Feb 14, 2023 17:38
Selama ada permintaan ya ga akan turun
Coba dilihat siapa saja yang masuk kategori "permintaan" yg beli mobil bekas
1 pedagang (jumlahnya sudah berlipat2 dari 1 dekade lalu)
2 pekerja yang memang butuh mobil tp dana terbatas (taksi online)
3 kebutuhan keluarga baru (hadirnya anak membuat kedua orang tua harus memiliki mobil)
Jadi sebenarnya jumlah mobil yang beredar di indonesia belum sebanyak jumlah penduduknya
Mobil bodong ga ada surat2 aja laris manis
rasio kepemilikan mobil per orang di indo emang termasuk kecil banget, lupa pernah dibaca dimana, bahkan sama malaysia saja Indonesia kalah jauh kok. tapi entah ini ngitung total semua orang atau orang yang "mampu" beneran bukan mampu dalam artian definisi bukan orang miskin saja.
zonepublic wrote: Tue Feb 14, 2023 17:38
Selama ada permintaan ya ga akan turun
Coba dilihat siapa saja yang masuk kategori "permintaan" yg beli mobil bekas
1 pedagang (jumlahnya sudah berlipat2 dari 1 dekade lalu)
2 pekerja yang memang butuh mobil tp dana terbatas (taksi online)
3 kebutuhan keluarga baru (hadirnya anak membuat kedua orang tua harus memiliki mobil)
Jadi sebenarnya jumlah mobil yang beredar di indonesia belum sebanyak jumlah penduduknya
Mobil bodong ga ada surat2 aja laris manis
rasio kepemilikan mobil per orang di indo emang termasuk kecil banget, lupa pernah dibaca dimana, bahkan sama malaysia saja Indonesia kalah jauh kok. tapi entah ini ngitung total semua orang atau orang yang "mampu" beneran bukan mampu dalam artian definisi bukan orang miskin saja.
Seharusnya dipersulit apalagi polusinya sudah gila tapi mau gimana lagi kalo dipersulit ntar banyak phk makin sakit kepala tuh pemerintahnya cariin ganti pekerjaanya
whitehorse4 wrote: Thu Aug 22, 2024 6:01
Berarti kalau mobil 2nd 3-5 tahun itungannya lbh masuk KTA ya? Karena saya lihat bunganya tinggi2 untuk kredit bank
iya lebih murah KTA. apalagi kalau karyawan Swasta. tapi:
KTA mesti kasih jaminan, mungkin kalau tanpa jaminan seperti di posting diatas modelan KTA Payroll karyawan swasta bisalah. untuk wiraswasta auto ga tembus KTA dengan bunga segitu kecuali tentu saja nasabah "bernilai" dan punya rekening giro di bank tsb.
KKB Bekas memang di bank jauh lebih tinggi daripada leasing, bahkan leasing rekanan pedege.
ada teman pernah cerita, kalau mau pake leasing, dibalik saja jalurnya, cari info leasing dulu baru cari mobilnya nah terus deal pake leasing kita, kalau pedege biasanya ga mau karena ga dapet bonus dari leasing, nah cari info sales atau ordal di leasing tsb dulu supaya nanti waktu akad harganya bisa di ubah pedege tsb tetep dapet bonus jadi everybody happy.
zonepublic wrote: Thu Aug 22, 2024 14:30
Seharusnya dipersulit apalagi polusinya sudah gila tapi mau gimana lagi kalo dipersulit ntar banyak phk makin sakit kepala tuh pemerintahnya cariin ganti pekerjaanya
nah makanya pemerintah maunya langsung green car pake BEV, industri hulu pun disiapkan dengan nikel. tapi tau sendiri govt
menarik nih kombinasinya.
nabung n KTA.
kl dibandingkan, bunga KTA vs leasing gt lebih tinggi mana ya?
Nah itu perlu riset om..
Ini saya coba riset sederhana saja via inet:
Misal harga mobil baru OTR Jakarta 150jt. Rencana kredit selama 5th (60 bulan). Tabungan sendiri terkumpul 75jt.
A.Simulasi kredit mobil baru via leasing di web Adi** Finance
Pembayaran pertama 75jt (tabungan sendiri), area jabodetabek, ketemu angsuran 2.667jt/bulan selama 60 bulan (5th).
Klo ditotal dana yg keluar selama 5th: (2.667jt x 60) + 75jt = 235jt-an..
BPKB ditahan selama masa angsuran.
B.Pake KTA
75jt duit sendiri, sisanya 75jt utang via KTA bank BN* (kebetulan pegang brosurnya), asumsi payroll di bank yg sama, ketemu angsuran 1.556jt/bulan selama 60bulan (5th). Tambah provisi 0,76% (Rp 570rb) dan biaya admin 76rb = 646rb (anggap saja 650rb).
Total dana keluar selama 5th : (1.556jt x 60) + 75jt + 650rb = 169 jutaan *(blum include asuransi selama 5th).
Misalkan tambah asuransi mobil TLO 4jutaan/th, maka tambah biaya: 4jt x 5th = 20jt *.
Total selama 5th (dana keluar + asuransi) : 169jt + 20jt. = 189 jt.
Sedari baru, BPKB ditangan pemilik.
*Itu asuransi mobil premi tahunannya rata2 menurun, bisa lebih murah dikit.
Lebih murah mana? Silahkan pilih..
CMIIW.. kali aja ada itungan yg salah/kurang
Berarti kalau mobil 2nd 3-5 tahun itungannya lbh masuk KTA ya? Karena saya lihat bunganya tinggi2 untuk kredit bank
Yes om. Tapi klo mobil sekend saran saya mending cash aja (nabung). Coz mobil sekend kan ada risiko jajan/perbaikan tdk terduga, sementara cicilan KTA per bulan tetap jalan, jadi khawatirnya dobel pengeluaran.
Tapi klo emang sanggup ya silahkan aja.
KTA ga selalu untuk pegawai aktif.. Ortu saya pensiunan pun sering ditawari KTA. Wkwkwk...