waktunya belajar pake alat solder uapChZ wrote: Mon Apr 11, 2022 4:46 tar jdnya kita mobil rusak carinya bukan montir tapi tukang dinamo. bisa-bisa tukang reparasi hape ntar buka jasa servis mobil listrik![]()



Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
waktunya belajar pake alat solder uapChZ wrote: Mon Apr 11, 2022 4:46 tar jdnya kita mobil rusak carinya bukan montir tapi tukang dinamo. bisa-bisa tukang reparasi hape ntar buka jasa servis mobil listrik![]()
24kwh 200an juta....the-mantal wrote: Mon Apr 11, 2022 3:11 https://www.motorbiscuit.com/replacing- ... expensive/
Link diatas laporan yg menguatkan dugaan ane, ini berita valid bahwa utk old ev harga batere tetap mahal (malah makin mahal), penurunan harga batere cm terjadi utk new ev... Yg mana beberapa tahun ke depan new ev ini akan jd old ev juga
Jd kesimpulannya buat org2 umum kl hitung2 dr sisi keekonomian ya tunggu sampai teknologi batere standard n matang (n super murah) dlu br bisa pindah ke bev dengan less worry.
Kl yg org kaya dan perusahaan taksi (dan org yg pakai mobilnya super high mileage) bev ini masuk akal banget saat ini dr sisi keekonomian. Teoritis blue bird udah boleh nih ganti semua armada nya ke ioniq
kalo spk IIMS kemaren sales janjiin 785jt signature long range, kalo meleset tanda jadi balik 100%.
Rata2 pada ambil long range Signature ya ?, soalnya bates psikologis saya ndak mau terlalu jauh dari VRZ 2.8 4x2.sherryandkez wrote: Mon Apr 11, 2022 13:30kalo spk IIMS kemaren sales janjiin 785jt signature long range, kalo meleset tanda jadi balik 100%.
Sy jg ada minat ke ioniq 5 sih. Tp masih maju mundur soal beberapa hal :Bibieight wrote: Tue Apr 12, 2022 3:07Rata2 pada ambil long range Signature ya ?, soalnya bates psikologis saya ndak mau terlalu jauh dari VRZ 2.8 4x2.sherryandkez wrote: Mon Apr 11, 2022 13:30kalo spk IIMS kemaren sales janjiin 785jt signature long range, kalo meleset tanda jadi balik 100%.
kemaren minggu pas mau buka SPK saya masih belum mau nyebut model si, cuma buka SPK buat inden doang, ntar ada stock 4-4nya model baru saya pilih, soalnya masih bingung soalnya antara Signature Std vs Prime Long Range. Btw, saya dapet salesnya yang Hyundai Motor Indonesia, katanya batal apapun alasannya balik 100%... ndak tau beneran apa enggak....
Hasil menggali di yutup, nemu akun orang Korea namanya Power BASTRO, kumplit buat yang pingin liat jeroan dalemnya si Ioniq 5/EV 6. Di vidio tentang Installing Battery Management Unit-Power Relay Assembly-Cell Monitoring Unit si Bastro ini kasih harga, per assy battery :
1. Power Relay Assembly : KRW 307.780
2. Battery Management Unit : KRW 187.000
3. Cell Monitoring Unit/pcs, butuh 8 pcs : 130.000
4. Battery Module : KRW 837.980
Kalo satu papan butuh 30 module (katanya KIA EV6 dapetnya 32 module) jatuhnya : KRW 26.681.380 kurs IDR 12.5 kena IDR 335 juta-an, tapi kalo liat di yutupnya, kayaknya bisa aja diganti per balok-an modul yang soak doang, alias cuma kena ongkos bongkar + 1 atau dua modul yang diganti. Jadi feeling saya si garansi 8 taun itu bukannya diganti satu papan utuh, tapi diganti modul2 yang voltase-nya dibawah 80%.
Secara yutup, kayaknya ada prospek buat jadi spesialis aftermarketnya EV, pekerjaan tuning jadi pekerjaan rekondisi batere tanpa kebakaran, dan bisa ngulik ECU-nya mobil supaya tetep bisa komunikasi sama batere hasil rekondisian, alat2 malah yang perlu (selain car lift) malah alat2 kelistrikan voltase gede. Terus bengkel jadinya bisa bersih kinclong bebas oli bensin, kalo perlu seruangan bisa di AC-in semua....
Jgn mau dibodohin donk, kl ga mau transfer teknologi ya dicontek aja. Cina maju dg cara mencontek teknologi knp kita tidak lakukan hal yg sama?ilhami wrote: Tue Apr 12, 2022 1:53 China mau beli doang, tapi nggak transfer teknologi.
https://finance.detik.com/energi/d-6028 ... an-dunia/2
https://finance.detik.com/energi/d-6027 ... rang-di-ri
Beberapa hari yg lalu sempet ketemu info harganya di youtube, entah bener atau salah
Harga resmi dan cicilan dari Shinhan Bank.
Tergantung target pasarnya yah. Kl tujuannya memang mau luxury unit 800 juta up yah bisa aja main di kelas ini. Tp yah ga bakal rame di pasar udah pasti lebih main ke prestige market kayak lexus atau tesla. Pasar EV kl mau berkembang itu minimal ada unit EV di pasaran yg menjamur dan banyak dibeli orang. SPLKU juga akan tambah banyak kalau di pasaran banyak ev terjual. Sebagai EV rakitan indonesia yg pertama, mnrt saya sih ironis kalau cuma ada jd penggembira di pasaran sedangkan yg ramai di jalan nanti malah wuling evteppey wrote: Tue Apr 12, 2022 4:54 Denger denger sih SPK tembus 500 sedangkan quota supply di bawah 300, kalo jual murah pasti 2nd nya bakal di goreng semacam Jimny. Denger2 worldwide supply juga kurang. Kalo jual kemahalan banyak yg cancel (tapi tergantung supply dia juga). Kalo harga Ioniq 700jt, org yg pengen EV kayanya ga mikir lagi buat spend 10% lagi buat Ioniq 5 base range. Long range tambah 10% lagi lah. Next BEV aja Lexus UX udah 1.4M atau Tesla 3 1.5M.
IMO yang bandingin Ioniq 5 sama Pajero atau Fortuner kayanya bukan target market mereka.
Dua temen gw udah nerima mobilnya si, so far pada happy kalo liat IG storiesnya, masi pada fase honeymoon kali yaa
semua indah kalo masih barupendoli wrote: Sun Jun 12, 2022 12:35
Dua temen gw udah nerima mobilnya si, so far pada happy kalo liat IG storiesnya, masi pada fase honeymoon kali yaa![]()
ChZ wrote: Mon Jun 13, 2022 3:02 sempat liat mobil ini di semarang kyknya unit test dealer....
kesan pertama diliatnya ini mobil gedhe banget mobil sekitarnya jadi keliatan imut.
malah jadi gak suka kesannya kurang nimblekalo ioniq yang sblm ini saya masih suka bentuknya kayak mobil normal
Baru pegang kuncinya 2 hari, blm bisa cerita banyak. Ada satu komen aja sih, istri dulu pakai F30 sekarang G20, initial impression katanya, yaa naikan sama si, beda2 tipis, agak keempukan, kurangnya si Ioniq cuman satu, ndak ada raungan mesin kayak BMW….