Saran mobil harian-trans jawa
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Saran mobil harian-trans jawa
kalo long distance via tol sih, ane tutup mata ambil yg cvt, preferably ahond karena karakter cvt nya enak.
dengan pertimbangan mostly tol terus, pake brv aja, masalah kenyamanan tinggal upgrade sana-sini beres. pasang peredam, jok diempukin, ganti ban.
karena di tol sepanjang itu pasti bakalan banyak cruising dan odo bakalan cepet melonjak, maka butuh mobil yg jalan di rpm rendah agar mesin awet, dan satu-satunya jawaban di range harga segitu cuma cvt. jalan 100 kph cuma sekitar 1500rpm, dan otomatis bakalan irit banget bbm nya.
kalau ngomongin keawetan cvt vs geared AT, lihat dulu kasusnya. ini banyak cruising, jadi otomatis putaran transmisi cvt juga bakalan rendah dibanding geared AT, apalagi kalau jumlah giginya cuma dikit. katakanlah 4AT, jalan 100kph rpm sekitar 3000, sementara cvt sekitar 1500rpm. 2 kali lipat putaran mesin dan 2x lipat putaran gear transmisi. bisa berkurang selisihnya kalau gigi AT nya lebih banyak, tapi di range harga segitu?
apalagi yg RWD, memang biasanya kaki RWD lebih awet, tapi dengan pemakaian segitu, komponen gardan akan lebih cepat aus, belum lagi oli gardan yg juga otomatis cepet ganti.
kalau masih ragu juga masalah keawetan cvt, tinggal pakainya aja yg halus, jangan suka akselerasi kasar. beres deh. toh speed limit juga 100kph, dan makin lama bakalan makin banyak cctv tilang untuk yg overspeed. jadi asal sabar aja ngatur timing dan liat sikon, ga perlu deh sampe hard accel nyalip-nyalip.
kalau nyari yg cvt dan nyaman, pilih ANGL (versi asli nissan), ga usah diapa-apain udah nyaman banget, iritnya juga dapet. tapi gak enak buat akselerasi, kudu sabar. kaki juga ga sekuat atoyot/ahond, tapi memang nyamannya beda.
ini berdasarkan pengalaman dulu pernah long trip toll road pake mirage cvt, calya AT, freed AT, GL MT, evalia MT, dan panty MT. dari semuanya, yg paling suka buat toll cruising ya mirage, karena cvt nya.
dengan pertimbangan mostly tol terus, pake brv aja, masalah kenyamanan tinggal upgrade sana-sini beres. pasang peredam, jok diempukin, ganti ban.
karena di tol sepanjang itu pasti bakalan banyak cruising dan odo bakalan cepet melonjak, maka butuh mobil yg jalan di rpm rendah agar mesin awet, dan satu-satunya jawaban di range harga segitu cuma cvt. jalan 100 kph cuma sekitar 1500rpm, dan otomatis bakalan irit banget bbm nya.
kalau ngomongin keawetan cvt vs geared AT, lihat dulu kasusnya. ini banyak cruising, jadi otomatis putaran transmisi cvt juga bakalan rendah dibanding geared AT, apalagi kalau jumlah giginya cuma dikit. katakanlah 4AT, jalan 100kph rpm sekitar 3000, sementara cvt sekitar 1500rpm. 2 kali lipat putaran mesin dan 2x lipat putaran gear transmisi. bisa berkurang selisihnya kalau gigi AT nya lebih banyak, tapi di range harga segitu?
apalagi yg RWD, memang biasanya kaki RWD lebih awet, tapi dengan pemakaian segitu, komponen gardan akan lebih cepat aus, belum lagi oli gardan yg juga otomatis cepet ganti.
kalau masih ragu juga masalah keawetan cvt, tinggal pakainya aja yg halus, jangan suka akselerasi kasar. beres deh. toh speed limit juga 100kph, dan makin lama bakalan makin banyak cctv tilang untuk yg overspeed. jadi asal sabar aja ngatur timing dan liat sikon, ga perlu deh sampe hard accel nyalip-nyalip.
kalau nyari yg cvt dan nyaman, pilih ANGL (versi asli nissan), ga usah diapa-apain udah nyaman banget, iritnya juga dapet. tapi gak enak buat akselerasi, kudu sabar. kaki juga ga sekuat atoyot/ahond, tapi memang nyamannya beda.
ini berdasarkan pengalaman dulu pernah long trip toll road pake mirage cvt, calya AT, freed AT, GL MT, evalia MT, dan panty MT. dari semuanya, yg paling suka buat toll cruising ya mirage, karena cvt nya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran mobil harian-trans jawa
opini yang menarik, realistis dan jarang dipikirkan oleh banyak orang mengenai tingkat keausan mesin dan gardan.r1409 wrote: Fri Jan 10, 2020 4:08 kalo long distance via tol sih, ane tutup mata ambil yg cvt, preferably ahond karena karakter cvt nya enak.
dengan pertimbangan mostly tol terus, pake brv aja, masalah kenyamanan tinggal upgrade sana-sini beres. pasang peredam, jok diempukin, ganti ban.
karena di tol sepanjang itu pasti bakalan banyak cruising dan odo bakalan cepet melonjak, maka butuh mobil yg jalan di rpm rendah agar mesin awet, dan satu-satunya jawaban di range harga segitu cuma cvt. jalan 100 kph cuma sekitar 1500rpm, dan otomatis bakalan irit banget bbm nya.
kalau ngomongin keawetan cvt vs geared AT, lihat dulu kasusnya. ini banyak cruising, jadi otomatis putaran transmisi cvt juga bakalan rendah dibanding geared AT, apalagi kalau jumlah giginya cuma dikit. katakanlah 4AT, jalan 100kph rpm sekitar 3000, sementara cvt sekitar 1500rpm. 2 kali lipat putaran mesin dan 2x lipat putaran gear transmisi. bisa berkurang selisihnya kalau gigi AT nya lebih banyak, tapi di range harga segitu?
apalagi yg RWD, memang biasanya kaki RWD lebih awet, tapi dengan pemakaian segitu, komponen gardan akan lebih cepat aus, belum lagi oli gardan yg juga otomatis cepet ganti.
kalau masih ragu juga masalah keawetan cvt, tinggal pakainya aja yg halus, jangan suka akselerasi kasar. beres deh. toh speed limit juga 100kph, dan makin lama bakalan makin banyak cctv tilang untuk yg overspeed. jadi asal sabar aja ngatur timing dan liat sikon, ga perlu deh sampe hard accel nyalip-nyalip.
kalau nyari yg cvt dan nyaman, pilih ANGL (versi asli nissan), ga usah diapa-apain udah nyaman banget, iritnya juga dapet. tapi gak enak buat akselerasi, kudu sabar. kaki juga ga sekuat atoyot/ahond, tapi memang nyamannya beda.
ini berdasarkan pengalaman dulu pernah long trip toll road pake mirage cvt, calya AT, freed AT, GL MT, evalia MT, dan panty MT. dari semuanya, yg paling suka buat toll cruising ya mirage, karena cvt nya.
Pada kebawa katanya gini katanya gitu. Jadi semacam antitesis bahwa RWD lebih kuat tapi harus dilihat konteksnya juga kalau sering ngetol advantage RWD ini justru berbalik jadi kerugian karena tidak dapat advantage RWD (tangguh) malah oli gardan cepet ganti, belum lagi konsumsi BBM mobil RWD bensin non-turbo begini cenderung lebih boros dari yang FWD.
Berarti justru di toll baru ini yang cocok adalah mobil yang stigmanya kurang awet : FWD + CVT. Ya cocok sih emang platform seperti ini dibuat untuk jalan mulus.
Di tol sendiri sebenernya engine load relatif rendah dan mesin cenderung tidak di-abuse seperti jalan di pegunungan sehingga makin RPM bisa dijaga rendah ya makin awet mesinnya, CVT juga bebannya relatif tidak berat. CVT yang tahan sampe ratusan ribu udah banyak, itu Mobilio CVT yang odonya ratusan ribu jg banyak

Justru di toll pengalaman sy yang lebih rentan di abuse adalah transmisi AT apalagi yang 4-speed. Mayoritas transmisi AT 4-speed dibuat untuk perkotaan, apalagi mobil 1.200-1.500cc, waktu cruising RPM meraung, mau nyalip kickdownnya agak lambat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 76
- Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
- Location: Bogor
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Tambahan lg untuk cvt, seharusnya kompresor ac juga lebih awet karena rpm yg rendahChZ wrote: Fri Jan 10, 2020 5:07opini yang menarik, realistis dan jarang dipikirkan oleh banyak orang mengenai tingkat keausan mesin dan gardan.r1409 wrote: Fri Jan 10, 2020 4:08 kalo long distance via tol sih, ane tutup mata ambil yg cvt, preferably ahond karena karakter cvt nya enak.
dengan pertimbangan mostly tol terus, pake brv aja, masalah kenyamanan tinggal upgrade sana-sini beres. pasang peredam, jok diempukin, ganti ban.
karena di tol sepanjang itu pasti bakalan banyak cruising dan odo bakalan cepet melonjak, maka butuh mobil yg jalan di rpm rendah agar mesin awet, dan satu-satunya jawaban di range harga segitu cuma cvt. jalan 100 kph cuma sekitar 1500rpm, dan otomatis bakalan irit banget bbm nya.
kalau ngomongin keawetan cvt vs geared AT, lihat dulu kasusnya. ini banyak cruising, jadi otomatis putaran transmisi cvt juga bakalan rendah dibanding geared AT, apalagi kalau jumlah giginya cuma dikit. katakanlah 4AT, jalan 100kph rpm sekitar 3000, sementara cvt sekitar 1500rpm. 2 kali lipat putaran mesin dan 2x lipat putaran gear transmisi. bisa berkurang selisihnya kalau gigi AT nya lebih banyak, tapi di range harga segitu?
apalagi yg RWD, memang biasanya kaki RWD lebih awet, tapi dengan pemakaian segitu, komponen gardan akan lebih cepat aus, belum lagi oli gardan yg juga otomatis cepet ganti.
kalau masih ragu juga masalah keawetan cvt, tinggal pakainya aja yg halus, jangan suka akselerasi kasar. beres deh. toh speed limit juga 100kph, dan makin lama bakalan makin banyak cctv tilang untuk yg overspeed. jadi asal sabar aja ngatur timing dan liat sikon, ga perlu deh sampe hard accel nyalip-nyalip.
kalau nyari yg cvt dan nyaman, pilih ANGL (versi asli nissan), ga usah diapa-apain udah nyaman banget, iritnya juga dapet. tapi gak enak buat akselerasi, kudu sabar. kaki juga ga sekuat atoyot/ahond, tapi memang nyamannya beda.
ini berdasarkan pengalaman dulu pernah long trip toll road pake mirage cvt, calya AT, freed AT, GL MT, evalia MT, dan panty MT. dari semuanya, yg paling suka buat toll cruising ya mirage, karena cvt nya.
Pada kebawa katanya gini katanya gitu. Jadi semacam antitesis bahwa RWD lebih kuat tapi harus dilihat konteksnya juga kalau sering ngetol advantage RWD ini justru berbalik jadi kerugian karena tidak dapat advantage RWD (tangguh) malah oli gardan cepet ganti, belum lagi konsumsi BBM mobil RWD bensin non-turbo begini cenderung lebih boros dari yang FWD.
Berarti justru di toll baru ini yang cocok adalah mobil yang stigmanya kurang awet : FWD + CVT. Ya cocok sih emang platform seperti ini dibuat untuk jalan mulus.
Di tol sendiri sebenernya engine load relatif rendah dan mesin cenderung tidak di-abuse seperti jalan di pegunungan sehingga makin RPM bisa dijaga rendah ya makin awet mesinnya, CVT juga bebannya relatif tidak berat. CVT yang tahan sampe ratusan ribu udah banyak, itu Mobilio CVT yang odonya ratusan ribu jg banyak
Justru di toll pengalaman sy yang lebih rentan di abuse adalah transmisi AT apalagi yang 4-speed. Mayoritas transmisi AT 4-speed dibuat untuk perkotaan, apalagi mobil 1.200-1.500cc, waktu cruising RPM meraung, mau nyalip kickdownnya agak lambat.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Bicara awet pake trans cvt, uang buat beli bensin juga bisa lebih awetcengki308 wrote: Fri Jan 10, 2020 5:49Tambahan lg untuk cvt, seharusnya kompresor ac juga lebih awet karena rpm yg rendahChZ wrote: Fri Jan 10, 2020 5:07opini yang menarik, realistis dan jarang dipikirkan oleh banyak orang mengenai tingkat keausan mesin dan gardan.r1409 wrote: Fri Jan 10, 2020 4:08 kalo long distance via tol sih, ane tutup mata ambil yg cvt, preferably ahond karena karakter cvt nya enak.
dengan pertimbangan mostly tol terus, pake brv aja, masalah kenyamanan tinggal upgrade sana-sini beres. pasang peredam, jok diempukin, ganti ban.
karena di tol sepanjang itu pasti bakalan banyak cruising dan odo bakalan cepet melonjak, maka butuh mobil yg jalan di rpm rendah agar mesin awet, dan satu-satunya jawaban di range harga segitu cuma cvt. jalan 100 kph cuma sekitar 1500rpm, dan otomatis bakalan irit banget bbm nya.
kalau ngomongin keawetan cvt vs geared AT, lihat dulu kasusnya. ini banyak cruising, jadi otomatis putaran transmisi cvt juga bakalan rendah dibanding geared AT, apalagi kalau jumlah giginya cuma dikit. katakanlah 4AT, jalan 100kph rpm sekitar 3000, sementara cvt sekitar 1500rpm. 2 kali lipat putaran mesin dan 2x lipat putaran gear transmisi. bisa berkurang selisihnya kalau gigi AT nya lebih banyak, tapi di range harga segitu?
apalagi yg RWD, memang biasanya kaki RWD lebih awet, tapi dengan pemakaian segitu, komponen gardan akan lebih cepat aus, belum lagi oli gardan yg juga otomatis cepet ganti.
kalau masih ragu juga masalah keawetan cvt, tinggal pakainya aja yg halus, jangan suka akselerasi kasar. beres deh. toh speed limit juga 100kph, dan makin lama bakalan makin banyak cctv tilang untuk yg overspeed. jadi asal sabar aja ngatur timing dan liat sikon, ga perlu deh sampe hard accel nyalip-nyalip.
kalau nyari yg cvt dan nyaman, pilih ANGL (versi asli nissan), ga usah diapa-apain udah nyaman banget, iritnya juga dapet. tapi gak enak buat akselerasi, kudu sabar. kaki juga ga sekuat atoyot/ahond, tapi memang nyamannya beda.
ini berdasarkan pengalaman dulu pernah long trip toll road pake mirage cvt, calya AT, freed AT, GL MT, evalia MT, dan panty MT. dari semuanya, yg paling suka buat toll cruising ya mirage, karena cvt nya.
Pada kebawa katanya gini katanya gitu. Jadi semacam antitesis bahwa RWD lebih kuat tapi harus dilihat konteksnya juga kalau sering ngetol advantage RWD ini justru berbalik jadi kerugian karena tidak dapat advantage RWD (tangguh) malah oli gardan cepet ganti, belum lagi konsumsi BBM mobil RWD bensin non-turbo begini cenderung lebih boros dari yang FWD.
Berarti justru di toll baru ini yang cocok adalah mobil yang stigmanya kurang awet : FWD + CVT. Ya cocok sih emang platform seperti ini dibuat untuk jalan mulus.
Di tol sendiri sebenernya engine load relatif rendah dan mesin cenderung tidak di-abuse seperti jalan di pegunungan sehingga makin RPM bisa dijaga rendah ya makin awet mesinnya, CVT juga bebannya relatif tidak berat. CVT yang tahan sampe ratusan ribu udah banyak, itu Mobilio CVT yang odonya ratusan ribu jg banyak
Justru di toll pengalaman sy yang lebih rentan di abuse adalah transmisi AT apalagi yang 4-speed. Mayoritas transmisi AT 4-speed dibuat untuk perkotaan, apalagi mobil 1.200-1.500cc, waktu cruising RPM meraung, mau nyalip kickdownnya agak lambat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Tambahin info saja yang 6 AT diesel irit loh. Kebanyakan toll 1L diatas 20 KM per jam.
Saya coba sendiri dengan kecepatan rata rata 90-105 km per jam tergantung banyak kondisi.
Saya yakin kalau full toll sepertinya bisa 1L=23 KM
Saya coba sendiri dengan kecepatan rata rata 90-105 km per jam tergantung banyak kondisi.
Saya yakin kalau full toll sepertinya bisa 1L=23 KM
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Saran mobil harian-trans jawa
sebenernya RWD ada bagusnya juga si di high speed, manouverability cenderung lebih sigap karena berkebalikan FWD yg understeer, kalau RWD kan cenderung oversteer.r1409 wrote: Fri Jan 10, 2020 4:08 kalo long distance via tol sih, ane tutup mata ambil yg cvt, preferably ahond karena karakter cvt nya enak.
dengan pertimbangan mostly tol terus, pake brv aja, masalah kenyamanan tinggal upgrade sana-sini beres. pasang peredam, jok diempukin, ganti ban.
karena di tol sepanjang itu pasti bakalan banyak cruising dan odo bakalan cepet melonjak, maka butuh mobil yg jalan di rpm rendah agar mesin awet, dan satu-satunya jawaban di range harga segitu cuma cvt. jalan 100 kph cuma sekitar 1500rpm, dan otomatis bakalan irit banget bbm nya.
kalau ngomongin keawetan cvt vs geared AT, lihat dulu kasusnya. ini banyak cruising, jadi otomatis putaran transmisi cvt juga bakalan rendah dibanding geared AT, apalagi kalau jumlah giginya cuma dikit. katakanlah 4AT, jalan 100kph rpm sekitar 3000, sementara cvt sekitar 1500rpm. 2 kali lipat putaran mesin dan 2x lipat putaran gear transmisi. bisa berkurang selisihnya kalau gigi AT nya lebih banyak, tapi di range harga segitu?
apalagi yg RWD, memang biasanya kaki RWD lebih awet, tapi dengan pemakaian segitu, komponen gardan akan lebih cepat aus, belum lagi oli gardan yg juga otomatis cepet ganti.
soal gardan menurut saya selama sesuai spek pabrikan harusnya ga cepet aus, karena memang peruntukannya muter terus kan. sama seperti FWD mesti service CV joint dsb.
ya kalau CVT mesti "tega" untuk salip2 karena memang begitulah karakternya, tapi ya menurut saya penggantian CVTF per 40 ribu km mestinya sudah lebih dari cukup sama seperti geared AT, masalahnya konsumen indo itu kan "pelit" dan pabrik ga mau kesan service "mahal" jadilah dibikin acuan 100 ribu km. padahal CVT kalau sekali problem jauh lebih nyebelin dari geared AT = tambah lagi stigma.kalau masih ragu juga masalah keawetan cvt, tinggal pakainya aja yg halus, jangan suka akselerasi kasar. beres deh. toh speed limit juga 100kph, dan makin lama bakalan makin banyak cctv tilang untuk yg overspeed. jadi asal sabar aja ngatur timing dan liat sikon, ga perlu deh sampe hard accel nyalip-nyalip.
kalau nyari yg cvt dan nyaman, pilih ANGL (versi asli nissan), ga usah diapa-apain udah nyaman banget, iritnya juga dapet. tapi gak enak buat akselerasi, kudu sabar. kaki juga ga sekuat atoyot/ahond, tapi memang nyamannya beda.
ini berdasarkan pengalaman dulu pernah long trip toll road pake mirage cvt, calya AT, freed AT, GL MT, evalia MT, dan panty MT. dari semuanya, yg paling suka buat toll cruising ya mirage, karena cvt nya.
kalau saya si ngarepnya mobil geared AT 6 speed makin banyak, walau kayanya mustahil karena mayoritas japanese brand pasti CVT untuk common car. kecuali saya ada budget lebih beli european. X1 2017 140 kph rpm 2500an...



FWD + CVT = resep maksimal untuk eco and long drive highway.ChZ wrote: Fri Jan 10, 2020 5:07
opini yang menarik, realistis dan jarang dipikirkan oleh banyak orang mengenai tingkat keausan mesin dan gardan.
Pada kebawa katanya gini katanya gitu. Jadi semacam antitesis bahwa RWD lebih kuat tapi harus dilihat konteksnya juga kalau sering ngetol advantage RWD ini justru berbalik jadi kerugian karena tidak dapat advantage RWD (tangguh) malah oli gardan cepet ganti, belum lagi konsumsi BBM mobil RWD bensin non-turbo begini cenderung lebih boros dari yang FWD.
Berarti justru di toll baru ini yang cocok adalah mobil yang stigmanya kurang awet : FWD + CVT. Ya cocok sih emang platform seperti ini dibuat untuk jalan mulus.
yang pasti CVT kalau untuk very high mileage, mesti siap2 ganti belt. beda dengan geared AT, biasanya cukup ATF. tapi ya ini mungkin bicara diatas 200-300 ribu km.
Di tol sendiri sebenernya engine load relatif rendah dan mesin cenderung tidak di-abuse seperti jalan di pegunungan sehingga makin RPM bisa dijaga rendah ya makin awet mesinnya, CVT juga bebannya relatif tidak berat. CVT yang tahan sampe ratusan ribu udah banyak, itu Mobilio CVT yang odonya ratusan ribu jg banyak
Justru di toll pengalaman sy yang lebih rentan di abuse adalah transmisi AT apalagi yang 4-speed. Mayoritas transmisi AT 4-speed dibuat untuk perkotaan, apalagi mobil 1.200-1.500cc, waktu cruising RPM meraung, mau nyalip kickdownnya agak lambat.
geared AT 4 speed memang begitulah kalah di gear ratio. tapi ada bagusnya juga karena gigi cuma 4 jadi ga ada "telat" hunting gear kaya di geared AT 7 speed ke atas, atau CVT yang "rubbery" dan "slip" dulu baru mau kickdown.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Kalau 1 ltr untuk 23.5 km, di mobil bensin FWD dengan transmisi CVT sudah pernah saya rasakan dengan mobil Nissan All New Grand Livina CVT saat traffic lancar jaya dengan metode pulse and glide. Irittnya puoll serasa pakai mobil hybrid dimana dari full tank sisa 1/2 tanki setelah menempuh jarak 600 km padahal BBM premium ron 88. Bikin ketagihan.Profith83 wrote:Tambahin info saja yang 6 AT diesel irit loh. Kebanyakan toll 1L diatas 20 KM per jam.
Saya coba sendiri dengan kecepatan rata rata 90-105 km per jam tergantung banyak kondisi.
Saya yakin kalau full toll sepertinya bisa 1L=23 KM
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

HR15DE 2014
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Kayaknya tergantung rawatan dan pemakaian juga oom.kunaskun wrote: Fri Jan 10, 2020 8:39 [
yang pasti CVT kalau untuk very high mileage, mesti siap2 ganti belt. beda dengan geared AT, biasanya cukup ATF. tapi ya ini mungkin bicara diatas 200-300 ribu km.
geared AT 4 speed memang begitulah kalah di gear ratio. tapi ada bagusnya juga karena gigi cuma 4 jadi ga ada "telat" hunting gear kaya di geared AT 7 speed ke atas, atau CVT yang "rubbery" dan "slip" dulu baru mau kickdown.
Teman ane pakai Honda Odyssey RA6 odo 15x.[cencored] matiknya masih 4at minta overhaul. Beli seken sih dari odo 80ribuan kalo ga salah. Pakenya alus padahal orangnya jg ngerawat banget. Cm gak mahal sih overhaul cukup 13juta saja abis itu baik2 aja. Kalo kata scotty at nya honda agak lemah emang.
CVT kalo di indo kondisi stop and go ane ganti per 2 taun / 20k. Beban kerjanya berat. Kmrn ane serpis terakhir minta ganti. Kurasnya ntar ajah 40k.
Makin kesini gatau yah makin jarang denger CVT failure bawaan. Cth itu mobilio/brio taksi onlen beberapa cvt odometer ratusan rb jalan tiap hari macet2an jg pada kuat.
Xtronic juga sebenernya kasusnya cukup random kan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Wed Dec 12, 2018 3:19
- Location: Garut
- Daily Vehicle: LC VX 80
Re: Saran mobil harian-trans jawa
1. Innova reborn diesel = all rounder
2. Yaris = compact
3. Xpander = besar tapi irit
2. Yaris = compact
3. Xpander = besar tapi irit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Saran mobil harian-trans jawa
nah, problemnya karena seken itu, cara pake owner sebelumnya gimana, bisa jadi ada salah pemakaian atau ga pernah/salah ganti ATF. misal sederhana aja: sering di tanjakan, cuma masukin D, ga pake rem atau hand brake, malah ngomel kalau melorotChZ wrote: Fri Jan 10, 2020 10:07 Kayaknya tergantung rawatan dan pemakaian juga oom.
Teman ane pakai Honda Odyssey RA6 odo 15x.[cencored] matiknya masih 4at minta overhaul. Beli seken sih dari odo 80ribuan kalo ga salah. Pakenya alus padahal orangnya jg ngerawat banget. Cm gak mahal sih overhaul cukup 13juta saja abis itu baik2 aja. Kalo kata scotty at nya honda agak lemah emang.
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
dan well saya pribadi ga terlalu suka dengan scotty. terlalu bombastis kadang (tipikal american), dan memang PoV dia secara american jadi agak beda dengan di indo. temen pernah cerita, di sono apa2 long drain/long service interval. oli aja udah biasa belasan ribu miles, karena memang di sono gede banget dan jauh2 banget, keluar rumah dikit 10 miles, lah disini udah 20 km. ga macet dsb tapi jauh


ya itu, balik lagi, CVT zaman now udah bedalah dari zaman dulu. beda material, teknologi,dsb. apalagi kalau perawatan bener. karena juga udah umum kan CVT, ga kaya dulu, barang antik. cuma ya ini indo, udah kena stigma duluan. macem toyota vs merek lain. bahkan duo kaleng aja merek D nasib sekennya beda dari merek T, padahal yoyota cuma numpang rakit add-on doangCVT kalo di indo kondisi stop and go ane ganti per 2 taun / 20k. Beban kerjanya berat. Kmrn ane serpis terakhir minta ganti. Kurasnya ntar ajah 40k.
Makin kesini gatau yah makin jarang denger CVT failure bawaan. Cth itu mobilio/brio taksi onlen beberapa cvt odometer ratusan rb jalan tiap hari macet2an jg pada kuat.
Xtronic juga sebenernya kasusnya cukup random kan.

xtronic juga udah terdepan di kelasnya. ya balik lagi kena stigma CVT dan brand. emagn market indo ini bikin repot

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Saran mobil harian-trans jawa
kl sy sering trans jawa via tol akan ambil hrv S M/T .... di tol kan ga banyak ngoper2 dan 6 speed. jaminan irit bensin, tenaga ok krn manual dan ga rewel. GC tinggi kemana2 dlm kota praktis.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Setuju om, pandangan saya kurang lebih sama dengan om, sebagai sesama yaris 2019 owner , TRD Sportivo CVT pembelian bulan oktober 2019, km udh nyentuh 4.000 sekarang . Kalo masalah posisi nyetir sih, lebih ke selera masing - masing ya, cuma kalo om bilang gak nemu posisi yg pas buat nyetir , mungkin lebih ke sistem pengaturan setirnya yg gabisa telescopic, sehingga pengaturan posisi pengemudinya lebih terbatas. Kalo termperatur yg om maksud itu, temperatur suhu luar / apa ya?thestoneroses wrote: Tue Jan 07, 2020 13:55 Sempit, saya ngga nemu posisi yg pas buat nyetir, tapi kalau menerut istri pas.
Bantingan kurang, radius putar juga agak banyak. Keuntungannya ya itu tadi, bensinnya ngga habis2. Headunit kalau you suka konek2 dengan hp sangat dimudahkan. Sayang ngga bisa kaset, cd masih bisa. Terus ngga ada temperaturnya di dashboard, saya agak risih ngga ada ukuran temperatur.
Lalu 1 bulan setelah beli saya pasang kf, habis itu vsc dan abs nyala sensornya, dibawa jalan ngerem2 melulu. Telpon toyota dikirim orang cabut colok aki hilang sampai dgn skrg tdk muncul lagi. Katanya kena rembesan semprotan2 pas pasang kf (sounds bizzare emg), mungkin kalau mau pasang cari yg telaten.
Mungkin ketidaknyamanan bisa karena terbiasa bawa harian sedan, tua sih 90an tapi nyaman masih lebih baik dibanding yaris.
Hb terakhir yg saya pakai 206, jauh lah tarikan sama bantingannya, kalau bengsin jauh juga menang si yaris. Hehe makin bingung ya
Tapi kalo radius putar sih, memang worst , amit amit buat hatchback sekecil ini, bikin annyoying kalo puter balik di jalan sempit , mesti 2x maju mundur, padahal mobil sebelumnya (GE8 dan xpander) sekali aja bisa . Kalo bantingan sih, cukup tolerable buat saya, lebih empuk dibanding GE8 dan xpander saya sebelumnya, kalo dibanding sedan sih memang saya akui, masih lebih baik dibanding yaris ini, tapi dibanding mobil saya sebelumnya, yaitu GE8 dan xpander , yaris ini jauh lebih nyaman dibanding kedua mobil tersebut, serta lebih irit juga, 1:15 dalkot kalo kaki sekolah (GE8 saya 1:10 dah sukur, kalo xpander cuma bisa 1:11 doang dalkotnya kalo kaki sekolah) , serta durable juga, sejauh ini blm ada masalah apapun, padahal sering lewat jalan jelek dan udah bolak balik jkt- depok - bogor PP sm bapak saya buat ngantor. Kalo buat saya sih, saya cukup puas pake mobil ini, tapi buat saya, yaris 2019 atau yaris joker gak cocok buat org yg pengen mobil hatch dengan radius putar kecil dan nyari fun to drive, karena buat saya, mobil ini gak fun to drive sama sekali, CVT bengek (masih enakan GK5 punya, serta limbung di kecepatan tinggi, masih lebih stabil GE8 dan xpander saya dulu yg digeber sampe 180 kpj sekalipun masih stabil) , feedback ampang (gak kerasa sama sekali menurut saya) + tarikan awalnya rada berat.
Tapi disisi lain, yaris cocok buat orang yg nyari durability, kemudahan parts, konsumsi BBM, dan kenyamanan, karena menurut saya mobil ini cukup nyaman buat dijalan tol, asal pinter mainin gasnya, karena seperti karakter CVT pada umumnya, gak bisa asal bejek karena pada dasarnya memang didesain untuk cruising dan efisiensi karena pas putaran rendah (2.000 - 3.000 rpm udah ganti gigi, dan rasio perpindahan giginya lebih rapat dibanding matic biasa menurut pemikiran sotoy saya hehehe)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1703
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Tips cvt awet ganti oli d 30rb km/ 2th dan gantilah filter n strainer sekalian
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1703
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Saya pengalaman mesin v6 3.5L jalan santai 80-100km/h jakarta tegal 15km/lkunaskun wrote: Fri Jan 10, 2020 8:39sebenernya RWD ada bagusnya juga si di high speed, manouverability cenderung lebih sigap karena berkebalikan FWD yg understeer, kalau RWD kan cenderung oversteer.r1409 wrote: Fri Jan 10, 2020 4:08 kalo long distance via tol sih, ane tutup mata ambil yg cvt, preferably ahond karena karakter cvt nya enak.
dengan pertimbangan mostly tol terus, pake brv aja, masalah kenyamanan tinggal upgrade sana-sini beres. pasang peredam, jok diempukin, ganti ban.
karena di tol sepanjang itu pasti bakalan banyak cruising dan odo bakalan cepet melonjak, maka butuh mobil yg jalan di rpm rendah agar mesin awet, dan satu-satunya jawaban di range harga segitu cuma cvt. jalan 100 kph cuma sekitar 1500rpm, dan otomatis bakalan irit banget bbm nya.
kalau ngomongin keawetan cvt vs geared AT, lihat dulu kasusnya. ini banyak cruising, jadi otomatis putaran transmisi cvt juga bakalan rendah dibanding geared AT, apalagi kalau jumlah giginya cuma dikit. katakanlah 4AT, jalan 100kph rpm sekitar 3000, sementara cvt sekitar 1500rpm. 2 kali lipat putaran mesin dan 2x lipat putaran gear transmisi. bisa berkurang selisihnya kalau gigi AT nya lebih banyak, tapi di range harga segitu?
apalagi yg RWD, memang biasanya kaki RWD lebih awet, tapi dengan pemakaian segitu, komponen gardan akan lebih cepat aus, belum lagi oli gardan yg juga otomatis cepet ganti.
soal gardan menurut saya selama sesuai spek pabrikan harusnya ga cepet aus, karena memang peruntukannya muter terus kan. sama seperti FWD mesti service CV joint dsb.
ya kalau CVT mesti "tega" untuk salip2 karena memang begitulah karakternya, tapi ya menurut saya penggantian CVTF per 40 ribu km mestinya sudah lebih dari cukup sama seperti geared AT, masalahnya konsumen indo itu kan "pelit" dan pabrik ga mau kesan service "mahal" jadilah dibikin acuan 100 ribu km. padahal CVT kalau sekali problem jauh lebih nyebelin dari geared AT = tambah lagi stigma.kalau masih ragu juga masalah keawetan cvt, tinggal pakainya aja yg halus, jangan suka akselerasi kasar. beres deh. toh speed limit juga 100kph, dan makin lama bakalan makin banyak cctv tilang untuk yg overspeed. jadi asal sabar aja ngatur timing dan liat sikon, ga perlu deh sampe hard accel nyalip-nyalip.
kalau nyari yg cvt dan nyaman, pilih ANGL (versi asli nissan), ga usah diapa-apain udah nyaman banget, iritnya juga dapet. tapi gak enak buat akselerasi, kudu sabar. kaki juga ga sekuat atoyot/ahond, tapi memang nyamannya beda.
ini berdasarkan pengalaman dulu pernah long trip toll road pake mirage cvt, calya AT, freed AT, GL MT, evalia MT, dan panty MT. dari semuanya, yg paling suka buat toll cruising ya mirage, karena cvt nya.
kalau saya si ngarepnya mobil geared AT 6 speed makin banyak, walau kayanya mustahil karena mayoritas japanese brand pasti CVT untuk common car. kecuali saya ada budget lebih beli european. X1 2017 140 kph rpm 2500an...![]()
![]()
![]()
FWD + CVT = resep maksimal untuk eco and long drive highway.ChZ wrote: Fri Jan 10, 2020 5:07
opini yang menarik, realistis dan jarang dipikirkan oleh banyak orang mengenai tingkat keausan mesin dan gardan.
Pada kebawa katanya gini katanya gitu. Jadi semacam antitesis bahwa RWD lebih kuat tapi harus dilihat konteksnya juga kalau sering ngetol advantage RWD ini justru berbalik jadi kerugian karena tidak dapat advantage RWD (tangguh) malah oli gardan cepet ganti, belum lagi konsumsi BBM mobil RWD bensin non-turbo begini cenderung lebih boros dari yang FWD.
Berarti justru di toll baru ini yang cocok adalah mobil yang stigmanya kurang awet : FWD + CVT. Ya cocok sih emang platform seperti ini dibuat untuk jalan mulus.
yang pasti CVT kalau untuk very high mileage, mesti siap2 ganti belt. beda dengan geared AT, biasanya cukup ATF. tapi ya ini mungkin bicara diatas 200-300 ribu km.
Di tol sendiri sebenernya engine load relatif rendah dan mesin cenderung tidak di-abuse seperti jalan di pegunungan sehingga makin RPM bisa dijaga rendah ya makin awet mesinnya, CVT juga bebannya relatif tidak berat. CVT yang tahan sampe ratusan ribu udah banyak, itu Mobilio CVT yang odonya ratusan ribu jg banyak
Justru di toll pengalaman sy yang lebih rentan di abuse adalah transmisi AT apalagi yang 4-speed. Mayoritas transmisi AT 4-speed dibuat untuk perkotaan, apalagi mobil 1.200-1.500cc, waktu cruising RPM meraung, mau nyalip kickdownnya agak lambat.
geared AT 4 speed memang begitulah kalah di gear ratio. tapi ada bagusnya juga karena gigi cuma 4 jadi ga ada "telat" hunting gear kaya di geared AT 7 speed ke atas, atau CVT yang "rubbery" dan "slip" dulu baru mau kickdown.
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Saran mobil harian-trans jawa
@Pboyz97
Temperatur yang menandakan suhu mesin mas, misal:
kalau di antara 80-90, speed 1. 90 lebih sedikit, ac nyala, speed 2 hidup mati. Kalau habis main di cipularang keluar belok lembang nanjak macet hampir nyentuh 100 (1 garis di bawah 120), speed terasa kenceng, tapi nanti kembali ke 90 lebih sedikit. Lalu kalau ac hidup dan ac mati temperaturnya beda.
Lha di yaris kan nga ada, saya pusing malah banyakan info a i u di dashboard, tapi info suhu mesin ada di berapa nga ada, deg-degan terus hehehe...
Temperatur yang menandakan suhu mesin mas, misal:
kalau di antara 80-90, speed 1. 90 lebih sedikit, ac nyala, speed 2 hidup mati. Kalau habis main di cipularang keluar belok lembang nanjak macet hampir nyentuh 100 (1 garis di bawah 120), speed terasa kenceng, tapi nanti kembali ke 90 lebih sedikit. Lalu kalau ac hidup dan ac mati temperaturnya beda.
Lha di yaris kan nga ada, saya pusing malah banyakan info a i u di dashboard, tapi info suhu mesin ada di berapa nga ada, deg-degan terus hehehe...
Ron Asheton Forever
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Saya pikir cuma saya yg ngerasain cvt yasir bengek..at least compare sama honda..klo lg pas bawa yasir istri jg gini..dibikin manual baru lumayan mending shiftingnya...ga tau apa krn cvt nya atau mesinnya yg bengek...Pboyz97 wrote:Setuju om, pandangan saya kurang lebih sama dengan om, sebagai sesama yaris 2019 owner , TRD Sportivo CVT pembelian bulan oktober 2019, km udh nyentuh 4.000 sekarang . Kalo masalah posisi nyetir sih, lebih ke selera masing - masing ya, cuma kalo om bilang gak nemu posisi yg pas buat nyetir , mungkin lebih ke sistem pengaturan setirnya yg gabisa telescopic, sehingga pengaturan posisi pengemudinya lebih terbatas. Kalo termperatur yg om maksud itu, temperatur suhu luar / apa ya?thestoneroses wrote: Tue Jan 07, 2020 13:55 Sempit, saya ngga nemu posisi yg pas buat nyetir, tapi kalau menerut istri pas.
Bantingan kurang, radius putar juga agak banyak. Keuntungannya ya itu tadi, bensinnya ngga habis2. Headunit kalau you suka konek2 dengan hp sangat dimudahkan. Sayang ngga bisa kaset, cd masih bisa. Terus ngga ada temperaturnya di dashboard, saya agak risih ngga ada ukuran temperatur.
Lalu 1 bulan setelah beli saya pasang kf, habis itu vsc dan abs nyala sensornya, dibawa jalan ngerem2 melulu. Telpon toyota dikirim orang cabut colok aki hilang sampai dgn skrg tdk muncul lagi. Katanya kena rembesan semprotan2 pas pasang kf (sounds bizzare emg), mungkin kalau mau pasang cari yg telaten.
Mungkin ketidaknyamanan bisa karena terbiasa bawa harian sedan, tua sih 90an tapi nyaman masih lebih baik dibanding yaris.
Hb terakhir yg saya pakai 206, jauh lah tarikan sama bantingannya, kalau bengsin jauh juga menang si yaris. Hehe makin bingung ya
Tapi kalo radius putar sih, memang worst , amit amit buat hatchback sekecil ini, bikin annyoying kalo puter balik di jalan sempit , mesti 2x maju mundur, padahal mobil sebelumnya (GE8 dan xpander) sekali aja bisa . Kalo bantingan sih, cukup tolerable buat saya, lebih empuk dibanding GE8 dan xpander saya sebelumnya, kalo dibanding sedan sih memang saya akui, masih lebih baik dibanding yaris ini, tapi dibanding mobil saya sebelumnya, yaitu GE8 dan xpander , yaris ini jauh lebih nyaman dibanding kedua mobil tersebut, serta lebih irit juga, 1:15 dalkot kalo kaki sekolah (GE8 saya 1:10 dah sukur, kalo xpander cuma bisa 1:11 doang dalkotnya kalo kaki sekolah) , serta durable juga, sejauh ini blm ada masalah apapun, padahal sering lewat jalan jelek dan udah bolak balik jkt- depok - bogor PP sm bapak saya buat ngantor. Kalo buat saya sih, saya cukup puas pake mobil ini, tapi buat saya, yaris 2019 atau yaris joker gak cocok buat org yg pengen mobil hatch dengan radius putar kecil dan nyari fun to drive, karena buat saya, mobil ini gak fun to drive sama sekali, CVT bengek (masih enakan GK5 punya, serta limbung di kecepatan tinggi, masih lebih stabil GE8 dan xpander saya dulu yg digeber sampe 180 kpj sekalipun masih stabil) , feedback ampang (gak kerasa sama sekali menurut saya) + tarikan awalnya rada berat.
Tapi disisi lain, yaris cocok buat orang yg nyari durability, kemudahan parts, konsumsi BBM, dan kenyamanan, karena menurut saya mobil ini cukup nyaman buat dijalan tol, asal pinter mainin gasnya, karena seperti karakter CVT pada umumnya, gak bisa asal bejek karena pada dasarnya memang didesain untuk cruising dan efisiensi karena pas putaran rendah (2.000 - 3.000 rpm udah ganti gigi, dan rasio perpindahan giginya lebih rapat dibanding matic biasa menurut pemikiran sotoy saya hehehe)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Bener om, yg ada cuma suhu luar doang ,tapi yg saya salut sm toyota di yaris joker, fiturnya lumayan jauh naiknya daripada yaris lele, apalagi MID nya, infonya banyak amat, dimana banyaknya 11 12 sm cx5 elite sayathestoneroses wrote: Sun Jan 12, 2020 14:44 @Pboyz97
Temperatur yang menandakan suhu mesin mas, misal:
kalau di antara 80-90, speed 1. 90 lebih sedikit, ac nyala, speed 2 hidup mati. Kalau habis main di cipularang keluar belok lembang nanjak macet hampir nyentuh 100 (1 garis di bawah 120), speed terasa kenceng, tapi nanti kembali ke 90 lebih sedikit. Lalu kalau ac hidup dan ac mati temperaturnya beda.
Lha di yaris kan nga ada, saya pusing malah banyakan info a i u di dashboard, tapi info suhu mesin ada di berapa nga ada, deg-degan terus hehehe...
Saya juga ngalamin hal yg sama om, apalagi sblmnya saya biasa bawa GE8 sm xpander, kerasa bgt bengeknya itu yaris , sebenernya sama2 aja sih, mesinnya juga bukan karakter yg cocok buat speeding , dibanding 1NZ lama yg tarikan bawah tengahnya nendang bgt hehehe, ditambah lagi CVTnya boyota yg menurut saya gak seresponsif punya honda bikin kesan bengek di yaris ini makin kuatepevert wrote: Sun Jan 12, 2020 16:23Saya pikir cuma saya yg ngerasain cvt yasir bengek..at least compare sama honda..klo lg pas bawa yasir istri jg gini..dibikin manual baru lumayan mending shiftingnya...ga tau apa krn cvt nya atau mesinnya yg bengek...Pboyz97 wrote:Setuju om, pandangan saya kurang lebih sama dengan om, sebagai sesama yaris 2019 owner , TRD Sportivo CVT pembelian bulan oktober 2019, km udh nyentuh 4.000 sekarang . Kalo masalah posisi nyetir sih, lebih ke selera masing - masing ya, cuma kalo om bilang gak nemu posisi yg pas buat nyetir , mungkin lebih ke sistem pengaturan setirnya yg gabisa telescopic, sehingga pengaturan posisi pengemudinya lebih terbatas. Kalo termperatur yg om maksud itu, temperatur suhu luar / apa ya?thestoneroses wrote: Tue Jan 07, 2020 13:55 Sempit, saya ngga nemu posisi yg pas buat nyetir, tapi kalau menerut istri pas.
Bantingan kurang, radius putar juga agak banyak. Keuntungannya ya itu tadi, bensinnya ngga habis2. Headunit kalau you suka konek2 dengan hp sangat dimudahkan. Sayang ngga bisa kaset, cd masih bisa. Terus ngga ada temperaturnya di dashboard, saya agak risih ngga ada ukuran temperatur.
Lalu 1 bulan setelah beli saya pasang kf, habis itu vsc dan abs nyala sensornya, dibawa jalan ngerem2 melulu. Telpon toyota dikirim orang cabut colok aki hilang sampai dgn skrg tdk muncul lagi. Katanya kena rembesan semprotan2 pas pasang kf (sounds bizzare emg), mungkin kalau mau pasang cari yg telaten.
Mungkin ketidaknyamanan bisa karena terbiasa bawa harian sedan, tua sih 90an tapi nyaman masih lebih baik dibanding yaris.
Hb terakhir yg saya pakai 206, jauh lah tarikan sama bantingannya, kalau bengsin jauh juga menang si yaris. Hehe makin bingung ya
Tapi kalo radius putar sih, memang worst , amit amit buat hatchback sekecil ini, bikin annyoying kalo puter balik di jalan sempit , mesti 2x maju mundur, padahal mobil sebelumnya (GE8 dan xpander) sekali aja bisa . Kalo bantingan sih, cukup tolerable buat saya, lebih empuk dibanding GE8 dan xpander saya sebelumnya, kalo dibanding sedan sih memang saya akui, masih lebih baik dibanding yaris ini, tapi dibanding mobil saya sebelumnya, yaitu GE8 dan xpander , yaris ini jauh lebih nyaman dibanding kedua mobil tersebut, serta lebih irit juga, 1:15 dalkot kalo kaki sekolah (GE8 saya 1:10 dah sukur, kalo xpander cuma bisa 1:11 doang dalkotnya kalo kaki sekolah) , serta durable juga, sejauh ini blm ada masalah apapun, padahal sering lewat jalan jelek dan udah bolak balik jkt- depok - bogor PP sm bapak saya buat ngantor. Kalo buat saya sih, saya cukup puas pake mobil ini, tapi buat saya, yaris 2019 atau yaris joker gak cocok buat org yg pengen mobil hatch dengan radius putar kecil dan nyari fun to drive, karena buat saya, mobil ini gak fun to drive sama sekali, CVT bengek (masih enakan GK5 punya, serta limbung di kecepatan tinggi, masih lebih stabil GE8 dan xpander saya dulu yg digeber sampe 180 kpj sekalipun masih stabil) , feedback ampang (gak kerasa sama sekali menurut saya) + tarikan awalnya rada berat.
Tapi disisi lain, yaris cocok buat orang yg nyari durability, kemudahan parts, konsumsi BBM, dan kenyamanan, karena menurut saya mobil ini cukup nyaman buat dijalan tol, asal pinter mainin gasnya, karena seperti karakter CVT pada umumnya, gak bisa asal bejek karena pada dasarnya memang didesain untuk cruising dan efisiensi karena pas putaran rendah (2.000 - 3.000 rpm udah ganti gigi, dan rasio perpindahan giginya lebih rapat dibanding matic biasa menurut pemikiran sotoy saya hehehe)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Sun Jun 19, 2016 14:07
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Fwd + cvt
Buat luar kota lumayan irit..tapi dalam kota nya boros 7.x mentok di 8 awal

Buat luar kota lumayan irit..tapi dalam kota nya boros 7.x mentok di 8 awal
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota F653RM
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Kalau saya sih pilih M/T dengan gigi banyak. Minimal 5 atau 6:mky_08:
Toh buat tol, ga bakal sering pindah2 gigi ini..saya crusing di toll max 90-100 ga pernah lebih..itu juga liat2 rambu..boleh max kecepatan brapa.
Cuma pernah sekali pas bawa honda sm4 di cipali, ga nyadar udah 140.. lupa si RPM di angka berapa..suara mesin ga terdengar jerit soalnya. hahahha..
M/T lebih peace of mind buat saya.
Tapi kalau dipake harian juga di dalkot Jakarta atau kota2 yang ada macet2nya..memang mending A/T atau CVT sih.
Toh buat tol, ga bakal sering pindah2 gigi ini..saya crusing di toll max 90-100 ga pernah lebih..itu juga liat2 rambu..boleh max kecepatan brapa.
Cuma pernah sekali pas bawa honda sm4 di cipali, ga nyadar udah 140.. lupa si RPM di angka berapa..suara mesin ga terdengar jerit soalnya. hahahha..
M/T lebih peace of mind buat saya.
Tapi kalau dipake harian juga di dalkot Jakarta atau kota2 yang ada macet2nya..memang mending A/T atau CVT sih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Sebagai front bela Suzuki, saya pilih BHB awokawokawoakwok
Halus, empuk, santai
Namun ga ada larinya
Dan 100 kpj uda 2500 rpm.
Value for money dapet
Irit? Cruising tol 1:23 pake Pertalite. Kombinasi Jakarta - Bandung - Jakarta include macet-macetan 1:16 FTF
biaya perawatan murah
Pajak murah




Halus, empuk, santai
Namun ga ada larinya
Dan 100 kpj uda 2500 rpm.
Value for money dapet
Irit? Cruising tol 1:23 pake Pertalite. Kombinasi Jakarta - Bandung - Jakarta include macet-macetan 1:16 FTF
biaya perawatan murah
Pajak murah
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Saran mobil harian-trans jawa
IMHO bukan masalah jumlah gear nya sih Om, tp final gear ratio nya.sm4 wrote: Fri Jan 17, 2020 14:35 Kalau saya sih pilih M/T dengan gigi banyak. Minimal 5 atau 6:mky_08:
Toh buat tol, ga bakal sering pindah2 gigi ini..saya crusing di toll max 90-100 ga pernah lebih..itu juga liat2 rambu..boleh max kecepatan brapa.
Cuma pernah sekali pas bawa honda sm4 di cipali, ga nyadar udah 140.. lupa si RPM di angka berapa..suara mesin ga terdengar jerit soalnya. hahahha..
M/T lebih peace of mind buat saya.
Tapi kalau dipake harian juga di dalkot Jakarta atau kota2 yang ada macet2nya..memang mending A/T atau CVT sih.
Innova saya M/T 5 speed tp ratio final gear nya kasar, Gear 5 speed 150 itu udah redline, mentok limiter. Jalan speed 100 aja RPM nya udah 3000an, Mentok limiter di 4500.
CRV saya M/T 6 speed jg ratio final gear nya agak kasar, Jalan speed 100 itu RPM 2800an gear 6. Masih jauh lebih rendah CRV Turbo CVT, atau bahkan CRV A/T 5 speed biasa sekalipun
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran mobil harian-trans jawa
5AT nya honda itu rasionya panjang panjang, enak buat luar kota alus, cuma buat akselerasi agak begoevanbngdor wrote: Mon Jan 20, 2020 3:35IMHO bukan masalah jumlah gear nya sih Om, tp final gear ratio nya.sm4 wrote: Fri Jan 17, 2020 14:35 Kalau saya sih pilih M/T dengan gigi banyak. Minimal 5 atau 6:mky_08:
Toh buat tol, ga bakal sering pindah2 gigi ini..saya crusing di toll max 90-100 ga pernah lebih..itu juga liat2 rambu..boleh max kecepatan brapa.
Cuma pernah sekali pas bawa honda sm4 di cipali, ga nyadar udah 140.. lupa si RPM di angka berapa..suara mesin ga terdengar jerit soalnya. hahahha..
M/T lebih peace of mind buat saya.
Tapi kalau dipake harian juga di dalkot Jakarta atau kota2 yang ada macet2nya..memang mending A/T atau CVT sih.
Innova saya M/T 5 speed tp ratio final gear nya kasar, Gear 5 speed 150 itu udah redline, mentok limiter. Jalan speed 100 aja RPM nya udah 3000an, Mentok limiter di 4500.
CRV saya M/T 6 speed jg ratio final gear nya agak kasar, Jalan speed 100 itu RPM 2800an gear 6. Masih jauh lebih rendah CRV Turbo CVT, atau bahkan CRV A/T 5 speed biasa sekalipun

CVT pun kalo fg nya kasar macem sienta tetep rpm nya teriak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Paling enak menurut saya itu CRV pake mesin K24 dan 5AT nya. Kombinasi yg pas. Tp kalo buat dalkot, dompet agak kering aja.ChZ wrote: Mon Jan 20, 2020 4:075AT nya honda itu rasionya panjang panjang, enak buat luar kota alus, cuma buat akselerasi agak begoevanbngdor wrote: Mon Jan 20, 2020 3:35
Innova saya M/T 5 speed tp ratio final gear nya kasar, Gear 5 speed 150 itu udah redline, mentok limiter. Jalan speed 100 aja RPM nya udah 3000an, Mentok limiter di 4500.
CRV saya M/T 6 speed jg ratio final gear nya agak kasar, Jalan speed 100 itu RPM 2800an gear 6. Masih jauh lebih rendah CRV Turbo CVT, atau bahkan CRV A/T 5 speed biasa sekalipun![]()
CVT pun kalo fg nya kasar macem sienta tetep rpm nya teriak...

Kalo CRV mesin R20 dan 6speed M/T nya sih tarikan lumayan buas itu, dan rapet2 banget. Gear 3 aja masih bisa spin, buat dalkot pas, cuma jdnya sering oper2

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Saran mobil harian-trans jawa
Ada yang pernah coba 42ner 2gd yang m/t? Kalau gak salah 6 m/t.
Sudah pernah coba meain bensin 6 m/t, penasaran mesin diesel 6 m/t seenak apa
Sudah pernah coba meain bensin 6 m/t, penasaran mesin diesel 6 m/t seenak apa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Saran mobil harian-trans jawa
oh msh tinggi ya rpm gigi 6 nya .... kirain dibawah 2000 rpm @ 100 kphevanbngdor wrote: Mon Jan 20, 2020 3:35
IMHO bukan masalah jumlah gear nya sih Om, tp final gear ratio nya.
Innova saya M/T 5 speed tp ratio final gear nya kasar, Gear 5 speed 150 itu udah redline, mentok limiter. Jalan speed 100 aja RPM nya udah 3000an, Mentok limiter di 4500.
CRV saya M/T 6 speed jg ratio final gear nya agak kasar, Jalan speed 100 itu RPM 2800an gear 6. Masih jauh lebih rendah CRV Turbo CVT, atau bahkan CRV A/T 5 speed biasa sekalipun
berarti tol msh enak cvt ya, kl pegunungan tetep enak manual