Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by PRBS »

liep wrote: Mon Feb 26, 2018 8:22
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:46 Iya, saya sependapat dengan atas saya.. kalau roadtrip (solo roadtrip dengan keluarga), lebih baik santai saja tidak harus dikejar waktu.. kalau capai ya istirahat, kalau sudah malam (misal nyetir siang hari) lebih baik cari hotel lalu istirahat.. makanan atau cemilan harus selalu sedia dimobil..

Penumpang senang dan nyaman, badan lebih sehat, mobil juga ga terforsir sekali.. unless, memang pada pingin cepet sampe tujuan.. ya hajar blehh
sbetulnya yg susah itu bkn nyetir cepat sendirian dan halus/penumpang tidur, tp balapan puluhan km dg mbl lain yg sama2 nekat dan masih halus bawanya dan penumpang msh lelap+kita ga bisa disalip di kondisi apapun sd akhir rute---ini yg lebih sulit hehe

tp yg lebih sulit lg buat ane adl rela disalip org lain meskipun sbetulnya kita yakin kita bisa lbih cepat/nekat dr dia, sbaiknya emang spt om pbrs--kalem+sabar, skrg di lio ane pasang audio satori buat hibur diri+lbih ga fokus balapan hehe
Saya sering roadtrip jakarta-jogja dan hampir selalu jalan malam (kecuali balik dr jogja ke jakarta pasti jalan siang).. dan ada beberapa rute dimana saya selalu ga pernah driving kalem.. yaitu selepas kota pekalongan.

Pekalongan - alasroban - menuju semarang - toll semarang - ambarawa biasanya bakal konstan ngebut hahaha..

Dan suka mampir ke goa maria di ambarawa untuk doa bersama keluarga (saya sih colongan tidur)

baru pas masuk magelang, mulai eco driving karena matahari sudah terbit.. sepeda dan motor2 mulai ramai lalu-lalang..

Btw, selepas brexit - pekalongan, saya juga ga berani ngebut.. jebakan batmannya banyak.. sayang kaki2nya.. (kapan ya punya ANF/ANPS) hahahaha

Duh jadi kangen roadtrip.
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by sukerdan02 »

PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 9:04
liep wrote: Mon Feb 26, 2018 8:22
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:46 Iya, saya sependapat dengan atas saya.. kalau roadtrip (solo roadtrip dengan keluarga), lebih baik santai saja tidak harus dikejar waktu.. kalau capai ya istirahat, kalau sudah malam (misal nyetir siang hari) lebih baik cari hotel lalu istirahat.. makanan atau cemilan harus selalu sedia dimobil..

Penumpang senang dan nyaman, badan lebih sehat, mobil juga ga terforsir sekali.. unless, memang pada pingin cepet sampe tujuan.. ya hajar blehh
sbetulnya yg susah itu bkn nyetir cepat sendirian dan halus/penumpang tidur, tp balapan puluhan km dg mbl lain yg sama2 nekat dan masih halus bawanya dan penumpang msh lelap+kita ga bisa disalip di kondisi apapun sd akhir rute---ini yg lebih sulit hehe

tp yg lebih sulit lg buat ane adl rela disalip org lain meskipun sbetulnya kita yakin kita bisa lbih cepat/nekat dr dia, sbaiknya emang spt om pbrs--kalem+sabar, skrg di lio ane pasang audio satori buat hibur diri+lbih ga fokus balapan hehe
Saya sering roadtrip jakarta-jogja dan alwayss jalan malam, tapi ada beberapa rute dimana saya selalu ga pernah driving kalem.. yaitu selepas kota pekalongan.

Pekalongan - alasroban - menuju semarang - toll semarang - salatiga biasanya bakal konstan ngebut hahaha..

Tapi keluar brexit - pekalongan biasanya nyetir santai.. kenapa? Karena Jebakan batmannya banyak sekali... sayang Kaki2nya..

:big_cry:

baru pas masuk magelang, mulai eco driving karena matahari sudah terbit.. sepeda dan motor2 mulai ramai lalu-lalang..



Duh jadi kangen roadtrip.
Mirip2.. Kebetulan sih mobil tua saya ga bs kenceng.. mentok jalan di 80kpj.. Dan syukurlah saya cukup banyak ajaran dari bokap jadi cara nyetir saya relatif smooth walaupun kenceng.. Bahkan beberapa orang temen yg biasanya mabuk kalo naik mobil, selama sy yg nyupir ga pernah ada yg ngeluh mabuk, bahkan bisa tidur.. Tapi pengecualian untuk jalur pantura non tol dari semarang - brexit, kalau jalan malem emg susah buat istirahat.. Faktor utamanya ya karena banyak jebakan betmen itu tadi.. Ini juga yg bikin saya selalu lebih prefer pakai mobil tua yg cuma bisa jalan 80kpj, karena bisa 80kpj di kondisi jalan apapun, maklum naik jip wkwkwkw... Kalau lubang ga bs dihindarin, ya hajar aja bleh wkwkwkwk
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by lemonadelovers »

Saya pernah mau jual mobil, transaksi disepakati sabtu pagi (weekend banking) krna selanjutnya mau cuss liburan long weekend ke bandung. Dan skalian mau beli mobil inceran d bandung.

Eh pas otw ke bank tiba2 ada sms pembeli cancel ga jelas, sebel banget batal deh beli mobil inceran d bandung

Tp alhamdulillah krna cancel dan tetep harus ke bandung bareng temen mobil ditinggal dirumah eh ga taunya ada yg minat dan deal trf DP

Singkat cerita transaksi selesai dan alhamdulillah dpt mobil pengganti dibawah harga pasaran
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by adityabp »

Kalo kata penguasa roadtrip SM, gak usah buru2x yg penting cepet sampai.
:mky_08:
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by classicrock »

ChZ wrote:
classicrock wrote: Mon Feb 26, 2018 7:15
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:46 Iya, saya sependapat dengan atas saya.. kalau roadtrip (solo roadtrip dengan keluarga), lebih baik santai saja tidak harus dikejar waktu.. kalau capai ya istirahat, kalau sudah malam (misal nyetir siang hari) lebih baik cari hotel lalu istirahat.. makanan atau cemilan harus selalu sedia dimobil..

Penumpang senang dan nyaman, badan lebih sehat, mobil juga ga terforsir sekali.. unless, memang pada pingin cepet sampe tujuan.. ya hajar blehh
Hehehe btw saya kalo nyetir sekarang sudah ngga kuat lagi jalan malam, lebih milih normalnya jam badan aja, jadi maksimal jam 9 malam saya udah harus stop di penginapan seandainya tujuan masih jauh. Pun kondisi aspal yang ga selalu mulus agak susah dipantau kalo malam, takut kena jebakan batman...(lagi banyak banget di pantura mulai Brebes sampai Kendal).
Yes... nyetir malam lebih menghabiskan energi.

Mata capek kena pantulan sinar lampu mobil lain dari arah berlawanan. Konsentrasi juga harus extra di tempat - tempat yang gelap dan minim penerangan jalan.

Makanya, agak miris juga liat beberapa jalan di luar kota penerangan jalannya sangat-sangat minim. Klo penerangan jalan bagus setidaknya efek capek dari sinar lampu dari mobil berlawanan bisa ter-reduksi karena kontras cahayanya berkurang. CMIIW.
Saya masih suka jalan malem lebih kurang 10 tahun lalu. Waktu itu malah bisa enjoy. Sekarang ngga kuat. Katakan jam tidur udah saya balik duluan, eh sampe tujuan tetap aja badan jadi ga enak. Hahahaha.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by classicrock »

evanbngdor wrote:Sebagai pengguna D4D manual sih memang kalo bicara top speed sih sedih, tp dengan top speed 160 sih udah cukup banget buat saya, itu udah mentok limiter.

Tp kalo penggunaan luar kota, ogut ngerasa rasio gear nya sih oke, buat nanjak2 oke, buat selap selip kecepatan sedang jg rasio gear nya pas, memang jambakan tenaga nya ngga bs berharap banyak deh, linear aja kenaikan speed nya, toh kalo terlalu ngejambak tarikannya, penumpang bakal ngga bs tertidur pulas, jd eksistensinya sebagai mobil keluarga msh dapet menurut ogut.

Ogut setahun minimal 2x mudik ke solo&surabaya, so far ngga pernah ngerasa kekurangan tenaga/kedodoran, asal shiftingnya pas. Kalo rute luar kota biasa saya shifting di 2800-3000an kalo lg tarik2an, tp kalo lg jalan santai speed 60-100 sih shifting di 2000-2500an aja cukup.

Selama mesin sehat, ngga ada masalah berarti.

FYI, ogut jauh lebih sering jalan malem dibanding jalan siang, karena biasanya siang msh ada urusan, jd malem nya berangkat, kalo nunggu besok paginya sayang waktu. apalagi kalo cuma liburan pendek misal jumat-minggu.

:mky_03: :mky_03:
Kalo yang diesel sih saya percaya om. Kebetulan saya cukup akrab juga sama mesin diesel.

Diesel jadul konvensional pun masih enak buat keluar kota. Tapi pas kena Innova yang 2.0 bensin...waduh...sengsara. Sudah boros BBM, tenaga kurang (ini menurut pengalaman saya pribadi).
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
new_shogun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Fri Aug 31, 2007 16:58

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by new_shogun »

lemonadelovers wrote: Mon Feb 26, 2018 9:13 Saya pernah mau jual mobil, transaksi disepakati sabtu pagi (weekend banking) krna selanjutnya mau cuss liburan long weekend ke bandung. Dan skalian mau beli mobil inceran d bandung.

Eh pas otw ke bank tiba2 ada sms pembeli cancel ga jelas, sebel banget batal deh beli mobil inceran d bandung

Tp alhamdulillah krna cancel dan tetep harus ke bandung bareng temen mobil ditinggal dirumah eh ga taunya ada yg minat dan deal trf DP

Singkat cerita transaksi selesai dan alhamdulillah dpt mobil pengganti dibawah harga pasaran
kayaknya postingan ini salah kamar mas? [emo-police]
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by liep »

lemonadelovers wrote: Mon Feb 26, 2018 9:13 Saya pernah mau jual mobil, transaksi disepakati sabtu pagi (weekend banking) krna selanjutnya mau cuss liburan long weekend ke bandung. Dan skalian mau beli mobil inceran d bandung.
Eh pas otw ke bank tiba2 ada sms pembeli cancel ga jelas, sebel banget batal deh beli mobil inceran d bandung
Tp alhamdulillah krna cancel dan tetep harus ke bandung bareng temen mobil ditinggal dirumah eh ga taunya ada yg minat dan deal trf DP
Singkat cerita transaksi selesai dan alhamdulillah dpt mobil pengganti dibawah harga pasaran
ga salah posting trit jualan mobil ?? blm nangkep hubungan antara teknik mengemudi+pegunungan+ga jadi jual mobil hehe
goldthisice
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed May 25, 2016 1:39

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by goldthisice »

Kebetulan judul trit nya pas dengan kondisi mudik saya; innova (ANKI) n lewat pegunungan
Bedanya saya matic
Pertama baca trit ini sewaktu baru sampai di Banjarnegara setelah melewati rute Slawi-Jatinegara-Randudongkal-Bobotsari-Purbalingga-Banjarnegara dengan diprotes anak n istri pas diperjalananan alesannya bikin pusing, n saya jawab ya maklum jalannya gitu (banyak tikungan turunan n tanjakan) n mobilnya tinggi 😁
Setelah baca trit ini saya jadi belajar waktu baliknya, paling tidak dari posisi menyetir, dan lumayan ada perbaikan. Masih belum belajar sampai yg level lebih tinggi karena blm sempet :mky_01:
Oiya mau nambahin untuk pengenalan medan/jalur apabila baru pertama kali, sebelumnya saya coba cek di google map, kalau ada steet view nya saya telusuri tu jalan via laptop, untuk menghafal beberapa penanda/ciri2 daerah/jalur/tikungan/tanjakan/turunan yg ekstrim jadi ga terlalu kaget waktu beneran nyetir.
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by tremonti »

PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 9:04
liep wrote: Mon Feb 26, 2018 8:22
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:46 Iya, saya sependapat dengan atas saya.. kalau roadtrip (solo roadtrip dengan keluarga), lebih baik santai saja tidak harus dikejar waktu.. kalau capai ya istirahat, kalau sudah malam (misal nyetir siang hari) lebih baik cari hotel lalu istirahat.. makanan atau cemilan harus selalu sedia dimobil..

Penumpang senang dan nyaman, badan lebih sehat, mobil juga ga terforsir sekali.. unless, memang pada pingin cepet sampe tujuan.. ya hajar blehh
sbetulnya yg susah itu bkn nyetir cepat sendirian dan halus/penumpang tidur, tp balapan puluhan km dg mbl lain yg sama2 nekat dan masih halus bawanya dan penumpang msh lelap+kita ga bisa disalip di kondisi apapun sd akhir rute---ini yg lebih sulit hehe

tp yg lebih sulit lg buat ane adl rela disalip org lain meskipun sbetulnya kita yakin kita bisa lbih cepat/nekat dr dia, sbaiknya emang spt om pbrs--kalem+sabar, skrg di lio ane pasang audio satori buat hibur diri+lbih ga fokus balapan hehe
Saya sering roadtrip jakarta-jogja dan hampir selalu jalan malam (kecuali balik dr jogja ke jakarta pasti jalan siang).. dan ada beberapa rute dimana saya selalu ga pernah driving kalem.. yaitu selepas kota pekalongan.

Pekalongan - alasroban - menuju semarang - toll semarang - ambarawa biasanya bakal konstan ngebut hahaha..

Dan suka mampir ke goa maria di ambarawa untuk doa bersama keluarga (saya sih colongan tidur)

baru pas masuk magelang, mulai eco driving karena matahari sudah terbit.. sepeda dan motor2 mulai ramai lalu-lalang..

Btw, selepas brexit - pekalongan, saya juga ga berani ngebut.. jebakan batmannya banyak.. sayang kaki2nya.. (kapan ya punya ANF/ANPS) hahahaha

Duh jadi kangen roadtrip.
Alas roban emang jalannya mulus(sekarang ya,eh ud 10 taunan kali ya).. enak nya lewat situ sore om..ga panas.. apalagi malem ya.. cm pohon2nya tinggi bner..jadi aga2 gmn gt..hehehe

Kalau tol smrg ambarawa(lewat tembalang),masi banyak jalur buat truk rem blong ga,om?

Jgn ganti AnF ANPS,om.. masuk ke gua Kerep kan jalannya kecil..hehehe

Duh,bener..jadi pengen roadtrip :big_biglaugh:
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by evanbngdor »

classicrock wrote: Mon Feb 26, 2018 9:28
evanbngdor wrote:Sebagai pengguna D4D manual sih memang kalo bicara top speed sih sedih, tp dengan top speed 160 sih udah cukup banget buat saya, itu udah mentok limiter.

Tp kalo penggunaan luar kota, ogut ngerasa rasio gear nya sih oke, buat nanjak2 oke, buat selap selip kecepatan sedang jg rasio gear nya pas, memang jambakan tenaga nya ngga bs berharap banyak deh, linear aja kenaikan speed nya, toh kalo terlalu ngejambak tarikannya, penumpang bakal ngga bs tertidur pulas, jd eksistensinya sebagai mobil keluarga msh dapet menurut ogut.

Ogut setahun minimal 2x mudik ke solo&surabaya, so far ngga pernah ngerasa kekurangan tenaga/kedodoran, asal shiftingnya pas. Kalo rute luar kota biasa saya shifting di 2800-3000an kalo lg tarik2an, tp kalo lg jalan santai speed 60-100 sih shifting di 2000-2500an aja cukup.

Selama mesin sehat, ngga ada masalah berarti.

FYI, ogut jauh lebih sering jalan malem dibanding jalan siang, karena biasanya siang msh ada urusan, jd malem nya berangkat, kalo nunggu besok paginya sayang waktu. apalagi kalo cuma liburan pendek misal jumat-minggu.

:mky_03: :mky_03:
Kalo yang diesel sih saya percaya om. Kebetulan saya cukup akrab juga sama mesin diesel.

Diesel jadul konvensional pun masih enak buat keluar kota. Tapi pas kena Innova yang 2.0 bensin...waduh...sengsara. Sudah boros BBM, tenaga kurang (ini menurut pengalaman saya pribadi).
Rasanya sih ngga om, ogut pernah mudik bawa innova bensin, malah tarikannya lebih oke. ngga ngomongin konsumsi BBM tp ya, pokoknya waktu itu dr jakarta full, di indramayu ngisi, di pekalongan ngisi, di solo ngisi lg.

Tenaga msh oke kok, cuma memang shiftingnya di RPM agak tinggi
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by classicrock »

evanbngdor wrote:
classicrock wrote: Mon Feb 26, 2018 9:28
evanbngdor wrote:Sebagai pengguna D4D manual sih memang kalo bicara top speed sih sedih, tp dengan top speed 160 sih udah cukup banget buat saya, itu udah mentok limiter.

Tp kalo penggunaan luar kota, ogut ngerasa rasio gear nya sih oke, buat nanjak2 oke, buat selap selip kecepatan sedang jg rasio gear nya pas, memang jambakan tenaga nya ngga bs berharap banyak deh, linear aja kenaikan speed nya, toh kalo terlalu ngejambak tarikannya, penumpang bakal ngga bs tertidur pulas, jd eksistensinya sebagai mobil keluarga msh dapet menurut ogut.

Ogut setahun minimal 2x mudik ke solo&surabaya, so far ngga pernah ngerasa kekurangan tenaga/kedodoran, asal shiftingnya pas. Kalo rute luar kota biasa saya shifting di 2800-3000an kalo lg tarik2an, tp kalo lg jalan santai speed 60-100 sih shifting di 2000-2500an aja cukup.

Selama mesin sehat, ngga ada masalah berarti.

FYI, ogut jauh lebih sering jalan malem dibanding jalan siang, karena biasanya siang msh ada urusan, jd malem nya berangkat, kalo nunggu besok paginya sayang waktu. apalagi kalo cuma liburan pendek misal jumat-minggu.

:mky_03: :mky_03:
Kalo yang diesel sih saya percaya om. Kebetulan saya cukup akrab juga sama mesin diesel.

Diesel jadul konvensional pun masih enak buat keluar kota. Tapi pas kena Innova yang 2.0 bensin...waduh...sengsara. Sudah boros BBM, tenaga kurang (ini menurut pengalaman saya pribadi).
Rasanya sih ngga om, ogut pernah mudik bawa innova bensin, malah tarikannya lebih oke. ngga ngomongin konsumsi BBM tp ya, pokoknya waktu itu dr jakarta full, di indramayu ngisi, di pekalongan ngisi, di solo ngisi lg.

Tenaga msh oke kok, cuma memang shiftingnya di RPM agak tinggi
Siap om. Saya sih tetap vote yang diesel. Ini di rumah saya habis dititipi yang 2.0 V. Wah no hope...
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by evanbngdor »

classicrock wrote: Mon Feb 26, 2018 10:19
Rasanya sih ngga om, ogut pernah mudik bawa innova bensin, malah tarikannya lebih oke. ngga ngomongin konsumsi BBM tp ya, pokoknya waktu itu dr jakarta full, di indramayu ngisi, di pekalongan ngisi, di solo ngisi lg.

Tenaga msh oke kok, cuma memang shiftingnya di RPM agak tinggi
Siap om. Saya sih tetap vote yang diesel. Ini di rumah saya habis dititipi yang 2.0 V. Wah no hope...
[/quote]

Kalau matic pakein overdrivenya aja posisi 3-2.

Kalo manual sih asal berani main RPM yg cukup tinggi ogut rasa cukupan aja lah, ngga sampe over power, tp ya batas cukup aja

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by 964 »

goldthisice wrote:Kebetulan judul trit nya pas dengan kondisi mudik saya; innova (ANKI) n lewat pegunungan
Bedanya saya matic
Pertama baca trit ini sewaktu baru sampai di Banjarnegara setelah melewati rute Slawi-Jatinegara-Randudongkal-Bobotsari-Purbalingga-Banjarnegara dengan diprotes anak n istri pas diperjalananan alesannya bikin pusing, n saya jawab ya maklum jalannya gitu (banyak tikungan turunan n tanjakan) n mobilnya tinggi [emoji16]
Setelah baca trit ini saya jadi belajar waktu baliknya, paling tidak dari posisi menyetir, dan lumayan ada perbaikan. Masih belum belajar sampai yg level lebih tinggi karena blm sempet :mky_01:
Oiya mau nambahin untuk pengenalan medan/jalur apabila baru pertama kali, sebelumnya saya coba cek di google map, kalau ada steet view nya saya telusuri tu jalan via laptop, untuk menghafal beberapa penanda/ciri2 daerah/jalur/tikungan/tanjakan/turunan yg ekstrim jadi ga terlalu kaget waktu beneran nyetir.
Saya biasanya pake google map sambil jalan, selain untuk petunjuk jalan, juga saya gunakan untuk melihat kondisi jalan atau antisipasi apakah ada tikungan di depan, seberapa patah tikungannya, seberapa banyak tikungannya, dll. Sambil nyetir saya selalu lirik-lirik google map. Yang saya rasakan justru lebih aman. Kadang di bantu teman, sepeti co driver balapan, tp lebih nyaman lihat sendiri.

Untuk perjalanan yg sudah tau jalan sampai tujuan tapi belum hafal tikungan-tikungannya, saya biasa hidupkan google map tanpa menentukan tujuan. Pure hanya untuk ancang-ancang tikungan di depan.

964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by 964 »

[youtube]https://www.youtube.com/watch?v=xrj7qYs545g[/youtube]

Ini video untuk yang mau belajar downshift.

Saya coba share tips heel and toe di mobil reguler base on my experience. Karena mobil-mobil umum khususnya jepang, pedal rem dan gas kurang proper untuk melakukan heel and toe. Tips ini untuk yang sudah paham cara kerja dan cara melakukan heel and toe. Namun masih kurang lancar.

-Posisikan kaki kanan ketika menekan rem seperti ( \ ), kalo bisa lebih miring lagi.
-Tekan rem dengan keadaan kaki menggantung, artinya tidak bertumpu pada lantai.
-Tekan pedal rem dengan pasti dan konsisten (ibarat dalam bela diri, pukulan dengan kuda-kuda).
-Tekan gas dengan tumit/kaki bagian bawah dan langsung angkat, beberapa kali awal-awal belajar saya menekan terus-menerus, lupa angkat.
-Awal belajar gunakan gigi 4 ke 3, kenapa 4 ke 3? Itu adalah gigi spesial, baik dari segi tenaga, maupun tata letak pada tuas transmisi.
-Lakukan dengan step yang benar, karena ini berkaitan dengan memori otot/muscle memory.

Ini hanya tips, bukan step by step cara melakukan, untuk cara melakukan bisa lihat video yang saya share di atas, atau menonton video youtube lainnya. Silakan teman-teman share jika punya tips lain, menambahkan, atau mengoreksi.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by pernahmiskin »

jar-jit-no wrote: Mon Feb 26, 2018 0:45
pernahmiskin wrote: Sun Feb 25, 2018 23:46

Jogja~Tulungagung kalau lewat selatan jalur sy jg om, hampir tiap 2 minggu sekali pp jogja~blitar sy...

Kalau sy lewatnya, Jogja~ karangwuni(klaten)/kdg stasiun srowot tembus terminal wonogiri~ponorogo~trenggalek~t.agung ~blitar..

Jalur yg sy tulis jg lumayan menantang, liku2 khas pegunungan, gelap, tikungan cilukba tp syukur aspal sdh lumayan alus per 2017 kemaren....

Jalur itu relatif sangat aman dr penjahat jalanan, walaupun sepi n banyak hutan...
kayaknya jalur kita sama itu om. Ane gak tau daerah itu namanya apa, tapi ane biasanya mulai masuk dari samping terminal wonogiri, kemudian lewat kampung sepi di tengah hutan jati dan lewat pedan sampe keluar lg jalan utama arah jogja. Ane biasanya lewat situ setahun 2 kali pp aja sih waktu mudik.

Kemaren lewat situ udah mulus total, jadi ane pede aja waktu balik tulungagung lewat situ lagi malem2 diatas jam 9

Om jar jit no t.agung yah, tetangga kota nieh, sy tinggal d blitar om

Jalur yg sy tulis td kalau malam yg paling susah cari rumah makan om...

Pernah asal mampir warung buat nge'teh n merokok /istirahat karena kabut, dkt pasar hewan purwantoro, ehh lhadalah....
Banyak manusia bingung jenis kelamin pada mangkal...
Mana bau parfumnya bikin pusing....
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by PRBS »

tremonti wrote: Mon Feb 26, 2018 10:08
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 9:04
liep wrote: Mon Feb 26, 2018 8:22
sbetulnya yg susah itu bkn nyetir cepat sendirian dan halus/penumpang tidur, tp balapan puluhan km dg mbl lain yg sama2 nekat dan masih halus bawanya dan penumpang msh lelap+kita ga bisa disalip di kondisi apapun sd akhir rute---ini yg lebih sulit hehe

tp yg lebih sulit lg buat ane adl rela disalip org lain meskipun sbetulnya kita yakin kita bisa lbih cepat/nekat dr dia, sbaiknya emang spt om pbrs--kalem+sabar, skrg di lio ane pasang audio satori buat hibur diri+lbih ga fokus balapan hehe
Saya sering roadtrip jakarta-jogja dan hampir selalu jalan malam (kecuali balik dr jogja ke jakarta pasti jalan siang).. dan ada beberapa rute dimana saya selalu ga pernah driving kalem.. yaitu selepas kota pekalongan.

Pekalongan - alasroban - menuju semarang - toll semarang - ambarawa biasanya bakal konstan ngebut hahaha..

Dan suka mampir ke goa maria di ambarawa untuk doa bersama keluarga (saya sih colongan tidur)

baru pas masuk magelang, mulai eco driving karena matahari sudah terbit.. sepeda dan motor2 mulai ramai lalu-lalang..

Btw, selepas brexit - pekalongan, saya juga ga berani ngebut.. jebakan batmannya banyak.. sayang kaki2nya.. (kapan ya punya ANF/ANPS) hahahaha

Duh jadi kangen roadtrip.
Alas roban emang jalannya mulus(sekarang ya,eh ud 10 taunan kali ya).. enak nya lewat situ sore om..ga panas.. apalagi malem ya.. cm pohon2nya tinggi bner..jadi aga2 gmn gt..hehehe

Kalau tol smrg ambarawa(lewat tembalang),masi banyak jalur buat truk rem blong ga,om?

Jgn ganti AnF ANPS,om.. masuk ke gua Kerep kan jalannya kecil..hehehe

Duh,bener..jadi pengen roadtrip :big_biglaugh:
Hhaha alasroban pas saya lewati lebaran kemarin sih lumayan mulus.. (yaa ada aspal yg ngelipet akibat tekanan truk2 yg lewat, tp masih oke sih).. kalau toll semarang ambarawa sekarang halus sekali dan sangat membantu mengurangi waktu tempuh..

Wah om juga suka mampir ke goa kerep?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by maastricht889 »

tremonti wrote: Mon Feb 26, 2018 10:08
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 9:04
liep wrote: Mon Feb 26, 2018 8:22
sbetulnya yg susah itu bkn nyetir cepat sendirian dan halus/penumpang tidur, tp balapan puluhan km dg mbl lain yg sama2 nekat dan masih halus bawanya dan penumpang msh lelap+kita ga bisa disalip di kondisi apapun sd akhir rute---ini yg lebih sulit hehe

tp yg lebih sulit lg buat ane adl rela disalip org lain meskipun sbetulnya kita yakin kita bisa lbih cepat/nekat dr dia, sbaiknya emang spt om pbrs--kalem+sabar, skrg di lio ane pasang audio satori buat hibur diri+lbih ga fokus balapan hehe
Saya sering roadtrip jakarta-jogja dan hampir selalu jalan malam (kecuali balik dr jogja ke jakarta pasti jalan siang).. dan ada beberapa rute dimana saya selalu ga pernah driving kalem.. yaitu selepas kota pekalongan.

Pekalongan - alasroban - menuju semarang - toll semarang - ambarawa biasanya bakal konstan ngebut hahaha..

Dan suka mampir ke goa maria di ambarawa untuk doa bersama keluarga (saya sih colongan tidur)

baru pas masuk magelang, mulai eco driving karena matahari sudah terbit.. sepeda dan motor2 mulai ramai lalu-lalang..

Btw, selepas brexit - pekalongan, saya juga ga berani ngebut.. jebakan batmannya banyak.. sayang kaki2nya.. (kapan ya punya ANF/ANPS) hahahaha

Duh jadi kangen roadtrip.
Alas roban emang jalannya mulus(sekarang ya,eh ud 10 taunan kali ya).. enak nya lewat situ sore om..ga panas.. apalagi malem ya.. cm pohon2nya tinggi bner..jadi aga2 gmn gt..hehehe

Kalau tol smrg ambarawa(lewat tembalang),masi banyak jalur buat truk rem blong ga,om?

Jgn ganti AnF ANPS,om.. masuk ke gua Kerep kan jalannya kecil..hehehe

Duh,bener..jadi pengen roadtrip :big_biglaugh:
pas januari kmrn saya semarang-bandung brkt malem om. pas lewat alas roban nyoba jalur paling baru. enak sih, cuma saingannya sama truk2 lemot sama hampir blas ndak ada lampu penerangan. saya selama perjalanan sblm brexit ya rada ngati ati gara2 jebakan betmen dan banyak main overdrive biar salip2 enak. Btw, mampir semarang oom, kulinernya banyak + murah2. Kl di ambarawa selain gua maria kerep jg ada wisata eling bening, viewnya madep ke lingkar ambarawa dan itu buat saya kerenn. Sama kalo siang2 sampe di jambu/salam bisa makan duren kalo lagi musim, enak juga he he he (numpang promosi gara2 saya wong semarang)
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by tremonti »

PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 13:38
tremonti wrote: Mon Feb 26, 2018 10:08
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 9:04 Saya sering roadtrip jakarta-jogja dan hampir selalu jalan malam (kecuali balik dr jogja ke jakarta pasti jalan siang).. dan ada beberapa rute dimana saya selalu ga pernah driving kalem.. yaitu selepas kota pekalongan.

Pekalongan - alasroban - menuju semarang - toll semarang - ambarawa biasanya bakal konstan ngebut hahaha..

Dan suka mampir ke goa maria di ambarawa untuk doa bersama keluarga (saya sih colongan tidur)

baru pas masuk magelang, mulai eco driving karena matahari sudah terbit.. sepeda dan motor2 mulai ramai lalu-lalang..

Btw, selepas brexit - pekalongan, saya juga ga berani ngebut.. jebakan batmannya banyak.. sayang kaki2nya.. (kapan ya punya ANF/ANPS) hahahaha

Duh jadi kangen roadtrip.
Alas roban emang jalannya mulus(sekarang ya,eh ud 10 taunan kali ya).. enak nya lewat situ sore om..ga panas.. apalagi malem ya.. cm pohon2nya tinggi bner..jadi aga2 gmn gt..hehehe

Kalau tol smrg ambarawa(lewat tembalang),masi banyak jalur buat truk rem blong ga,om?

Jgn ganti AnF ANPS,om.. masuk ke gua Kerep kan jalannya kecil..hehehe

Duh,bener..jadi pengen roadtrip :big_biglaugh:
Hhaha alasroban pas saya lewati lebaran kemarin sih lumayan mulus.. (yaa ada aspal yg ngelipet akibat tekanan truk2 yg lewat, tp masih oke sih).. kalau toll semarang ambarawa sekarang halus sekali dan sangat membantu mengurangi waktu tempuh..

Wah om juga suka mampir ke goa kerep?

Iya,om... sekitar 2012-14 lmyan sering kesana.. sekitar 2x per tahun..... sejak Brexit dibuka, malah males tour ke sana..hahaha


@om erwingn (maaf ga di quote, takut kepanjangan) wah, makasih infonya,om..hehehe.. baru tahu wisata kuliner disana selain bandeng,lumpia, tahu petis..hehehe

Btw, biar OOT ga jauh...saya juga ngerasain kalau di pegunungan pakai Terios ngos2an, padahal cuma di area ciater. harus main di gigi 1 buat nanjak,kalau ga ya megap2...
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by jar-jit-no »

pernahmiskin wrote: Mon Feb 26, 2018 12:37
jar-jit-no wrote: Mon Feb 26, 2018 0:45
pernahmiskin wrote: Sun Feb 25, 2018 23:46

Jogja~Tulungagung kalau lewat selatan jalur sy jg om, hampir tiap 2 minggu sekali pp jogja~blitar sy...

Kalau sy lewatnya, Jogja~ karangwuni(klaten)/kdg stasiun srowot tembus terminal wonogiri~ponorogo~trenggalek~t.agung ~blitar..

Jalur yg sy tulis jg lumayan menantang, liku2 khas pegunungan, gelap, tikungan cilukba tp syukur aspal sdh lumayan alus per 2017 kemaren....

Jalur itu relatif sangat aman dr penjahat jalanan, walaupun sepi n banyak hutan...
kayaknya jalur kita sama itu om. Ane gak tau daerah itu namanya apa, tapi ane biasanya mulai masuk dari samping terminal wonogiri, kemudian lewat kampung sepi di tengah hutan jati dan lewat pedan sampe keluar lg jalan utama arah jogja. Ane biasanya lewat situ setahun 2 kali pp aja sih waktu mudik.

Kemaren lewat situ udah mulus total, jadi ane pede aja waktu balik tulungagung lewat situ lagi malem2 diatas jam 9

Om jar jit no t.agung yah, tetangga kota nieh, sy tinggal d blitar om

Jalur yg sy tulis td kalau malam yg paling susah cari rumah makan om...

Pernah asal mampir warung buat nge'teh n merokok /istirahat karena kabut, dkt pasar hewan purwantoro, ehh lhadalah....
Banyak manusia bingung jenis kelamin pada mangkal...
Mana bau parfumnya bikin pusing....
Saya aslinya malang sih om. Tulungagung rumah mertua. Biasa transit disitu dulu sebelum road trip ke barat..hehe

Hahaha..serem banget itu bisa ketemu bencis malem2. Kmaren ane pas lewat situ kelaperan tak bela2in nunggu sampe ponorogo baru cari makan. Kalo pas arah sebaliknya biasa brenti di wonogiri atau di jogja sekalian makan yg enak..hehe
4A91 4at - Slow Driver
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by osbertc0ol »

Saya 2 tahun yang lalu pas lagi jalan2 ke bali sempet yaa mungkin bukan road trip tapi membelah gunung.
Dari Kuta ke Lovina jam 3 pagi (Ngejar liat lumba2 di lovina) tidur jam 10/11 malam bangun jam 2.30 langsung cuss.
Kebetulan mobil rental spin bensin manual (kalo ga salah 1400cc) isi saya + 6 orang penumpang
Dari kuta 2jam 45 menit sampai di pantai lovina.

Kalobuat saya sih kira2 seperti ini
1. siapin red bull, minum dikit2 untuk jaga2 aja tenaga ekstra.
2. jangan terlalu santai, nanti kebawa ngantuk.
3. jangan ngebut. terlebih jika jalanan masih blm paham.
4. ngalah sama bus / truk gila. Saya sempat buta sesaat karena tiba2 ada truk pake high beam tiba2 di saat jalanan tidak ada penerangan sama sekali. :mad:
5. sabar, jangan terburu2.

Intinya sih seru mendaki gunung melewati lembah di sana hehehe..


Ada seru sedikit, shift knob spin saya sempet COPOT pas lagi TURUN GUNUNG, untung masih bisa main cuman pas waktu itu ada salah jalan dan mau puter balik, pas mau masukin gigi R (Tipe gigi eropa R di paling kiri atas) gamau masuk, nyangkut dinaikin juga gamau, akhirnya langsung copotin semua tinggal tiang besinya doang, lalu masukin deh ke R. sempet panik tapi untung selamat.

Pas di pantai lovina minjem obeng buat benerin :drinking:
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by ngalih »

jar-jit-no wrote: Mon Feb 26, 2018 14:49
pernahmiskin wrote: Mon Feb 26, 2018 12:37
jar-jit-no wrote: Mon Feb 26, 2018 0:45

kayaknya jalur kita sama itu om. Ane gak tau daerah itu namanya apa, tapi ane biasanya mulai masuk dari samping terminal wonogiri, kemudian lewat kampung sepi di tengah hutan jati dan lewat pedan sampe keluar lg jalan utama arah jogja. Ane biasanya lewat situ setahun 2 kali pp aja sih waktu mudik.

Kemaren lewat situ udah mulus total, jadi ane pede aja waktu balik tulungagung lewat situ lagi malem2 diatas jam 9

Om jar jit no t.agung yah, tetangga kota nieh, sy tinggal d blitar om

Jalur yg sy tulis td kalau malam yg paling susah cari rumah makan om...

Pernah asal mampir warung buat nge'teh n merokok /istirahat karena kabut, dkt pasar hewan purwantoro, ehh lhadalah....
Banyak manusia bingung jenis kelamin pada mangkal...
Mana bau parfumnya bikin pusing....
Saya aslinya malang sih om. Tulungagung rumah mertua. Biasa transit disitu dulu sebelum road trip ke barat..hehe

Hahaha..serem banget itu bisa ketemu bencis malem2. Kmaren ane pas lewat situ kelaperan tak bela2in nunggu sampe ponorogo baru cari makan. Kalo pas arah sebaliknya biasa brenti di wonogiri atau di jogja sekalian makan yg enak..hehe
Ayam bakar mbok tiyem jatisrono maknyus om... Banyak cabang di wonogiri. Ato makan di waduk, ikan bakar pak glinding lumayan enak
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by pernahmiskin »

jar-jit-no wrote: Mon Feb 26, 2018 14:49
pernahmiskin wrote: Mon Feb 26, 2018 12:37
jar-jit-no wrote: Mon Feb 26, 2018 0:45

~cut~

Om jar jit no t.agung yah, tetangga kota nieh, sy tinggal d blitar om

Jalur yg sy tulis td kalau malam yg paling susah cari rumah makan om...

Pernah asal mampir warung buat nge'teh n merokok /istirahat karena kabut, dkt pasar hewan purwantoro, ehh lhadalah....
Banyak manusia bingung jenis kelamin pada mangkal...
Mana bau parfumnya bikin pusing....
Saya aslinya malang sih om. Tulungagung rumah mertua. Biasa transit disitu dulu sebelum road trip ke barat..hehe

Hahaha..serem banget itu bisa ketemu bencis malem2. Kmaren ane pas lewat situ kelaperan tak bela2in nunggu sampe ponorogo baru cari makan. Kalo pas arah sebaliknya biasa brenti di wonogiri atau di jogja sekalian makan yg enak..hehe
Masalah ketemu bencong, syukur sy g d godain parah, sy pura2 aja pasang tampang cool, padahal dlm ati modyar aku.....

Oalah malang tho, kalau lewat blitar mampir2 om....sy d kademangan, jembatan penghubung blitar dan t.agung ke arah pantai tambak....



Sy seringnya makan nasi pecel di selatan bunderan alun2 om, sekitar 100m selatan bunderan alun2, kiri jalan kalau arah ke t.agung tp buka'nya cuma malam aja ampe subuh...

ngalih wrote: Mon Feb 26, 2018 15:44
jar-jit-no wrote: Mon Feb 26, 2018 14:49
pernahmiskin wrote: Mon Feb 26, 2018 12:37
Ayam bakar mbok tiyem jatisrono maknyus om... Banyak cabang di wonogiri. Ato makan di waduk, ikan bakar pak glinding lumayan enak
Sy seringnya malam hari om, start jam 9 malam jd ga pernah ketemu ikan bakar di waduk gajah mungkur
(bener ga ikan bakar pak glinding d sekitar waduk)
Kalau ayam bakar mbok tiyem pernah mampir jg tp ga tau yg ke berapa angkanya..
Ada yg buka ampe malam jg d salah 1 cabangnya, memang mantap ayam bakarnya, asli ayam kampung bukan ayam negeri/horn...

1 porsi utuh, biasa sisa cuma kepala, cakar dan buntut aka brutu aja buat sy sendiri, nyonyah pling cuma separuh, itupun d makan dikit, sisanya sy yg habisin jg
:big_exellent:

road trip/perjalanan luar kota tanpa makan2 di tempat makan khas daerah tsb adalah hampa menurut saya...

Sampai anak sy yg TK, bilang kek gini
Papa kalau d jalan koq cari tempat makan terus...padahal sdh guendut kaya gembul (pit bull peliharaan d rumah)
Dlm hati, huasem untung kamu anak'ku, kalau bukan tak keplak ndiasmu lee...masa papa'nya d samain ama anjing

:mky_01:
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by classicrock »

ngalih wrote:
jar-jit-no wrote: Mon Feb 26, 2018 14:49
pernahmiskin wrote: Mon Feb 26, 2018 12:37 Om jar jit no t.agung yah, tetangga kota nieh, sy tinggal d blitar om

Jalur yg sy tulis td kalau malam yg paling susah cari rumah makan om...

Pernah asal mampir warung buat nge'teh n merokok /istirahat karena kabut, dkt pasar hewan purwantoro, ehh lhadalah....
Banyak manusia bingung jenis kelamin pada mangkal...
Mana bau parfumnya bikin pusing....
Saya aslinya malang sih om. Tulungagung rumah mertua. Biasa transit disitu dulu sebelum road trip ke barat..hehe

Hahaha..serem banget itu bisa ketemu bencis malem2. Kmaren ane pas lewat situ kelaperan tak bela2in nunggu sampe ponorogo baru cari makan. Kalo pas arah sebaliknya biasa brenti di wonogiri atau di jogja sekalian makan yg enak..hehe
Ayam bakar mbok tiyem jatisrono maknyus om... Banyak cabang di wonogiri. Ato makan di waduk, ikan bakar pak glinding lumayan enak
Ikutan OOT dikit kalo udah bahas ayam. Kalo saya justru senang ayam goreng Laras di Slogohimo (sambelnya super pedes) kalo udah lewat daerah situ. Sama sate kambing di pasar yang disiram kuah gule.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by P47hos »

Klo Innova bensin manual dibawa keluar kota yg banyak turun naek gunung memang ga bisa dibawa kaya dikota (eco riding shifting < 2k rpm) yg ada malah empot2an naek gunung. Minimal shifting di 3k rpm terus banyak tahan di gigi 3 klo jalannya banyak turun naek gunung. So far ane bawa Innova bensin ga pernah merasa kedodoran powernya, masih lebih nyaman dibanding bawa LMPV 1500cc. Cuma memang bensinnya ngocor.. bawa Livina rute yg sama +/- 120km, Livina habis 75rb,Innova 130rb, Avanza 90rb