Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
paparara wrote: Wed Dec 28, 2016 19:19
nice info om untuk DIY, saya ada captiva awd 2014, di masa break in turing jakarta bali jakarta belom sampe finish jakarta tepatnya disurabaya mobil sudah terkapar, 4 injector di vonis rusak, kemarin satu injector kena lagi, so far sih masih di cover warranty,
mc2 wrote:2 minggu ini fuel pump ctv saya bunyi lebih keras dari biasanya dan betul 3 hari yg lalu tidak bisa start hasilnya harus ganti fuel pump..
sambil ganti fuel pump sekalian saya cek tanki untungnya masih bersih..sekalian deh saya coba test injector yg di ajarin om judi hasilnya injector no 1&4 keluar lebih banyak dari pada no 2&3..
Indikasi yg sudah berjalan:
*Di tol mode manual di rpm 4000 kadang2 suka lost power
*Asap tebal range rpm 2500-3000
@om Judi..apakah indikasi di atas bisa di golongkan injector atau ada penyebab yg lain? (Sensor2?)
Ada temen yang punya masalah lost power aeperti ini ... istilahnya ecu memerintahkan mesin untuk masuk ke limp mode.. coba di scan ke bengkel atau pake obd2 .. muncul error code macem macem.. akhirnya service ecu di atak ... bolak balik 2x service .. balik ke 2 gratis karena garansi.. sembuh total tuh mobil... malah lebih enak dari sebelum service ecu [emoji4]... tp intinya coba di scan aja dulu
Kayaknya untung-untungan ya.. Biasa pakai dex atau shell diesel. Sekali terpaksa isi full pakai solar (bukan biosolar) di daerah, deg-degan bukan maen. Syukur sampai ke kota tujuan dan dex berikutnya. Menjelang bersih-bersih di service 30rb KM, so far no issue.
Belom ada yang review miara captiva pakai dexlite ya?
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur buruk untuk mesin karena bereaksi dengan besi-besi saluran bahan bakar hingga ruang bakar - seharusnya masalahnya rada-rada jangka panjang. Kalau kenanya injektor dengan nozzle kecil itu tersumbat, berarti ada partikulat yang lebih besar dari nozzle atau terjadi penumpukan partikulat di nozzle. Kalau baca-baca di SM, kayaknya ada Om Turboman yang hobi nyimpen diesel biar kotorannya mengendap.
Edit:
Faktor partikulat bisa jadi dari tangki solar SPBU-nya.
Makanya tiap isi solar sekelas dex pun saya selalu campur dengan additive mau itu crc atau redline .. gak pernah cuma solar tok.. kalau pas kepepet isi solbus saya tambah lg dengan minyak sereh .. so far udah 2 tahun aman aman saja
Filter solar pakai ori, ikutin jadwal penggantian filter menurut manual book, selalu usahakan pakai dex & tetap gunakan additive olar seperti crc 1tank / sdt2000..setidaknya dengan cara itu ane 2x miara captiva diesel ga pernah masalah di injektor. Tiap tahun trip mudik lebaran ke jawa timur aman aja
ardianzer wrote: Sun Feb 12, 2017 13:07
Makanya tiap isi solar sekelas dex pun saya selalu campur dengan additive mau itu crc atau redline .. gak pernah cuma solar tok.. kalau pas kepepet isi solbus saya tambah lg dengan minyak sereh .. so far udah 2 tahun aman aman saja
Salam kenal semua...om Yudi ada tutorial DIY untuk benerin turbo yang ngrok? Problem mobil sy banyak bgt soalnya mulai injector sampai egr yang kadang katup nya macet..
Febry77777 wrote:Salam kenal semua...om Yudi ada tutorial DIY untuk benerin turbo yang ngrok? Problem mobil sy banyak bgt soalnya mulai injector sampai egr yang kadang katup nya macet..
Pengalaman suara ngorok kalo ga salah di koc@k kaskus bisa karena pake filter udara ga standar, apalgi pakai ferrox.
apoge wrote: Sun Feb 12, 2017 7:49
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW
Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter
Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki
Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.
apoge wrote: Sun Feb 12, 2017 7:49
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW
Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter
Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki
Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.
Maap hanya sharing. Bisa jadi nubie salah
Pertamina ga pakai mesin mixing ya om, cuma tercampur di tangki truk tanker ya om.
apoge wrote: Sun Feb 12, 2017 7:49
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW
Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter
Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki
Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.
Maap hanya sharing. Bisa jadi nubie salah
Pertamina ga pakai mesin mixing ya om, cuma tercampur di tangki truk tanker ya om.
Pros bio diesel
Low sulfur,
Cons biodiesel
Low calorific value,
mudah terdegradasi mikroba
mudah teroksidasi menambah lemak jenuh, menaikan acid number, membentuk sludge
Ketika mixing harus ada solvent, antioksidan, dispersant, detergen dll
Cmiiw
apoge wrote: Sun Feb 12, 2017 7:49
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Kalau shell sulfurnya tinggi gak om? Ane biasa pakai shell, skrg injectornya divonis 1 mati dan 3 gak normal. Kata org bengkel shell sulfurnya tinggi.. Betul kah?