Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
sundullll..........................
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Aug 22, 2016 13:40
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Hebat juga dah 5000km dipake nih mobil masih sehat loh
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Turboman wrote:sundullll..........................
sepak pojok..
...........
htannis wrote:Hebat juga dah 5000km dipake nih mobil masih sehat loh
kami suka turbo..
........
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20
Re: RE: Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Bhahahaha +1redsbright wrote:Sekarang yang ditakuti selain ibu-ibu bawa skutik adalah ibu-ibu yang bawa Ayla
Fenomena anyar LCGC [emoji24]
Sent from my SM-N910H using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Ibu" bawa ayla gak terlalu.. Mereka cuma gugup aja kena klakson panjang...
Yang bahaya ituu alay... Di kanan lambat, disusul ngebut... Diklakson ngegas... Plus suara knalpot racing kaleng cat
Yang bahaya ituu alay... Di kanan lambat, disusul ngebut... Diklakson ngegas... Plus suara knalpot racing kaleng cat
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Lbh ngeri lg mak² pake skutik,... Dafuq beneran itu,...
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20
Re: RE: Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Bhahaha bener banget, tempo hari jalan2 lwt Padalarang owe dah klakson dari 200m, ktmu mak2 bawa anak smp & 1 balita di depan.b8099ok wrote:Lbh ngeri lg mak² pake skutik,... Dafuq beneran itu,...
Dah tau owe dari belakang kenceng eh dia orang malah tambah gas & ngeyel tetep dikanan. [emoji29]
Terpaksa ngalah, ngerem & pindah kiri. [emoji24]
Sent from my SM-N910H using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: RE: Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Awas om, klo ngamuk, diselpet ama kutang 7 taon ga dicuci. Bisa kudis sekujur tubuh,...bl4cks4m1dj4 wrote:Bhahaha bener banget, tempo hari jalan2 lwt Padalarang owe dah klakson dari 200m, ktmu mak2 bawa anak smp & 1 balita di depan.b8099ok wrote:Lbh ngeri lg mak² pake skutik,... Dafuq beneran itu,...
Dah tau owe dari belakang kenceng eh dia orang malah tambah gas & ngeyel tetep dikanan. [emoji29]
Terpaksa ngalah, ngerem & pindah kiri. [emoji24]
Sent from my SM-N910H using Tapatalk
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Mumpung lagi ngomongin turbo, pertama saya mau tanya, kalau spec Power dan torsi yang ada di brosur itu spec on wheel atau on cranck ya? Kalau motor kan banyaknya Power on cranck.
Dan mohon sharing ilmunya, Sebenarnya mana yang lebih mudah baik secara teknis atau biaya buat di tune mobil NA dikasih turbo atau retuning mobil yang sudah ada turbonya?
Saya baca blog berikut ini,
http://ahw308.blogspot.co.id/2011/06/ec ... f.html?m=1
Ternyata remap ecu untuk mobil yang sudah turbo integrated lebih rumit dibandingkan mesin NA di remap dan dikasih turbo. karena salah remap, turbine blade bisa overspin. Beberapa mesin turbo bawaan pabrik yang pernah saya lihat tidak ada turbo boost Indicator dan juga turbo off timer.
Yang jadi pertanyaan juga, kenapa kalau kita tuning baik Power maupun torsi, maka yang harus dilihat kemampuan transmisi dalam menerima torsi bukan horse Power?
Dan mohon sharing ilmunya, Sebenarnya mana yang lebih mudah baik secara teknis atau biaya buat di tune mobil NA dikasih turbo atau retuning mobil yang sudah ada turbonya?
Saya baca blog berikut ini,
http://ahw308.blogspot.co.id/2011/06/ec ... f.html?m=1
Ternyata remap ecu untuk mobil yang sudah turbo integrated lebih rumit dibandingkan mesin NA di remap dan dikasih turbo. karena salah remap, turbine blade bisa overspin. Beberapa mesin turbo bawaan pabrik yang pernah saya lihat tidak ada turbo boost Indicator dan juga turbo off timer.
Yang jadi pertanyaan juga, kenapa kalau kita tuning baik Power maupun torsi, maka yang harus dilihat kemampuan transmisi dalam menerima torsi bukan horse Power?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 331
- Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
- Location: Bogor Kota
- Daily Vehicle: Yaris Off-road
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Kalo ane nonton beberapa review om mobi dan test drivenya itu didaerah jalsel (hang jebat,hang lekir,hang tuah raya) benarkah om? Heheromi10 wrote:Minggu lalu liat ni mobil di seputaran scbd, ada stiker palanya om mobi d kaca belakangnya, suara knalpotnya gede benerr..
Sent from ladies room
sent from ladies room
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 762
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Bntu jwb..Pugman wrote:Mumpung lagi ngomongin turbo, pertama saya mau tanya, kalau spec Power dan torsi yang ada di brosur itu spec on wheel atau on cranck ya? Kalau motor kan banyaknya Power on cranck.
Dan mohon sharing ilmunya, Sebenarnya mana yang lebih mudah baik secara teknis atau biaya buat di tune mobil NA dikasih turbo atau retuning mobil yang sudah ada turbonya?
Saya baca blog berikut ini,
http://ahw308.blogspot.co.id/2011/06/ec ... f.html?m=1
Ternyata remap ecu untuk mobil yang sudah turbo integrated lebih rumit dibandingkan mesin NA di remap dan dikasih turbo. karena salah remap, turbine blade bisa overspin. Beberapa mesin turbo bawaan pabrik yang pernah saya lihat tidak ada turbo boost Indicator dan juga turbo off timer.
Yang jadi pertanyaan juga, kenapa kalau kita tuning baik Power maupun torsi, maka yang harus dilihat kemampuan transmisi dalam menerima torsi bukan horse Power?
1. On crank, krn on wheels lbh kecil (on wheels x 1.32 = on crank) (cth: ava 1.3 on brosur 92hp, ada majalah yg prnah dyno kebaca on wheels 70)
Like old saying, horsepowers sell cars
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Power engine sebenarnya adalah dari "kumpulan torsi" yang dihasilkan tiap satuan waktu.Pugman wrote:kenapa kalau kita tuning baik Power maupun torsi, maka yang harus dilihat kemampuan transmisi dalam menerima torsi bukan horse Power?
jika torsi kecil tapi rpm tinggi (banyak kerja per menit), maka power pun relatif tinggi. jika torsi besar tapi rpm sedikit (sedikit kerja per menit), power pun relatif rendah.
itu sebabnya, meskipun diesel engine (NA) dibandingkan gasoline engine (NA), displacement sama, saluran intake dan exhaust dibuat sama, tetap lebih besar power gasoline karena rpm bisa lebih tinggi, meski torsi di rpm rendah jauh lebih besar diesel (sifat alami pembakaran diesel yang delaynya panjang).
atau mudahnya gini, torsi besar ibaratkan atlet angkat besi yang mampu mengangkat 120 kg, tapi cuma 2 orang, sehingga kemampuan mengangkat beban keduanya maksimal 240 kg.
torsi kecil ibaratkan cewek yang cuma sanggup angkat beban 60 kg, tapi jumlahnya 5 orang, sehingga kemampuan mengangkat beban maksimal kelimanya adalah 300 kg. meski kalah torsi, tapi keroyokan lebih banyak, hasil akhir lebih kuat juga (power).
Kaitannya sama transmisi (power train), kalau torsi besar, butuh komponen yang kuat memutarkan torsi tersebut. kalau torsi kecil komponen bisa dibuat lebih kecil, tapi konsekuensinya harus reliable buat berputar lebih tinggi agar didapat power yang besar.
jadi kalau merancang engine "tanpa mengganti/upgrade" transmisi ya paling mudah sesuaikan kemampuan transmisi menerima torsi. kalau torsi kelebihan, transmisi jebol meskipun rpmnya masih rendah. bisa jadi torsi kecil sehingga transmisi aman, tapi karena rpm lebih tinggi, maka power bisa keluar lebih tinggi. tinggal cari cara transmisi mampu berputar lebih tinggi (lebih mudah daripada ubah ukuran komponen lebih besar).
kalau mau total ya, gk usah hiraukan torsi, ganti transmisi dengan spek yang sesuai hasil maksimal torsi engine.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Mantap penjelasannyaCloud wrote:Power engine sebenarnya adalah dari "kumpulan torsi" yang dihasilkan tiap satuan waktu.Pugman wrote:kenapa kalau kita tuning baik Power maupun torsi, maka yang harus dilihat kemampuan transmisi dalam menerima torsi bukan horse Power?
jika torsi kecil tapi rpm tinggi (banyak kerja per menit), maka power pun relatif tinggi. jika torsi besar tapi rpm sedikit (sedikit kerja per menit), power pun relatif rendah.
itu sebabnya, meskipun diesel engine (NA) dibandingkan gasoline engine (NA), displacement sama, saluran intake dan exhaust dibuat sama, tetap lebih besar power gasoline karena rpm bisa lebih tinggi, meski torsi di rpm rendah jauh lebih besar diesel (sifat alami pembakaran diesel yang delaynya panjang).
atau mudahnya gini, torsi besar ibaratkan atlet angkat besi yang mampu mengangkat 120 kg, tapi cuma 2 orang, sehingga kemampuan mengangkat beban keduanya maksimal 240 kg.
torsi kecil ibaratkan cewek yang cuma sanggup angkat beban 60 kg, tapi jumlahnya 5 orang, sehingga kemampuan mengangkat beban maksimal kelimanya adalah 300 kg. meski kalah torsi, tapi keroyokan lebih banyak, hasil akhir lebih kuat juga (power).
Kaitannya sama transmisi (power train), kalau torsi besar, butuh komponen yang kuat memutarkan torsi tersebut. kalau torsi kecil komponen bisa dibuat lebih kecil, tapi konsekuensinya harus reliable buat berputar lebih tinggi agar didapat power yang besar.
jadi kalau merancang engine "tanpa mengganti/upgrade" transmisi ya paling mudah sesuaikan kemampuan transmisi menerima torsi. kalau torsi kelebihan, transmisi jebol meskipun rpmnya masih rendah. bisa jadi torsi kecil sehingga transmisi aman, tapi karena rpm lebih tinggi, maka power bisa keluar lebih tinggi. tinggal cari cara transmisi mampu berputar lebih tinggi (lebih mudah daripada ubah ukuran komponen lebih besar).
kalau mau total ya, gk usah hiraukan torsi, ganti transmisi dengan spek yang sesuai hasil maksimal torsi engine.
Thanks Om..
Hehehe Memang ya.. Cukup bisa pengaruhi konsumen meski masih ada faktor lain. Apalagi kalau CC Di bawah 1500, kaya mobilio diclaim tenaga paling besar dikelasnya tapi dijalan performa ga jauh beda sama Ertiga/avanza dan saya jarang lihat mobilio pecicilan dijalan tapi Kalo avanza pecicilan itu bisa dilihat hampir tiap hari.doge wrote:Bntu jwb..Pugman wrote:Mumpung lagi ngomongin turbo, pertama saya mau tanya, kalau spec Power dan torsi yang ada di brosur itu spec on wheel atau on cranck ya? Kalau motor kan banyaknya Power on cranck.
Dan mohon sharing ilmunya, Sebenarnya mana yang lebih mudah baik secara teknis atau biaya buat di tune mobil NA dikasih turbo atau retuning mobil yang sudah ada turbonya?
Saya baca blog berikut ini,
http://ahw308.blogspot.co.id/2011/06/ec ... f.html?m=1
Ternyata remap ecu untuk mobil yang sudah turbo integrated lebih rumit dibandingkan mesin NA di remap dan dikasih turbo. karena salah remap, turbine blade bisa overspin. Beberapa mesin turbo bawaan pabrik yang pernah saya lihat tidak ada turbo boost Indicator dan juga turbo off timer.
Yang jadi pertanyaan juga, kenapa kalau kita tuning baik Power maupun torsi, maka yang harus dilihat kemampuan transmisi dalam menerima torsi bukan horse Power?
1. On crank, krn on wheels lbh kecil (on wheels x 1.32 = on crank) (cth: ava 1.3 on brosur 92hp, ada majalah yg prnah dyno kebaca on wheels 70)
Like old saying, horsepowers sell cars
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Mon Apr 21, 2014 6:51
Re: RE: Re: Daihatsu AYLA TURBO oleh Motomobi - paging Ayla lovers
Bentar lagi adeknya (calsig) bakal nemenin avanza pecicilan om[emoji14]
Hehehe Memang ya.. Cukup bisa pengaruhi konsumen meski masih ada faktor lain. Apalagi kalau CC Di bawah 1500, kaya mobilio diclaim tenaga paling besar dikelasnya tapi dijalan performa ga jauh beda sama Ertiga/avanza dan saya jarang lihat mobilio pecicilan dijalan tapi Kalo avanza pecicilan itu bisa dilihat hampir tiap hari.
Btw om Mobi masih belum launching ya ini paket turbo nya jadi mw dibikin mass product apa enggak. *ngiler*
Sent from my SM-G903M using Seraya Motor mobile app