Minta Saran Mobil 4 Daily Use Max 100jeti

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Jebmuldit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18

Re: Minta Saran Mobil 4 Daily Use Max 100jeti

Post by Jebmuldit »

Kasian banget ada yang bisa buet review aja sifat selangit,padahal makan dan hidup di bumi.
cats catcher
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Minta Saran Mobil 4 Daily Use Max 100jeti

Post by DOHC »

djia wrote:
sucahyo wrote:Mobil baru juga bisa begitu. terutama kalau macet tanjakan. Saya curiganya karena coolant nggak cocok. Kalau mobil lama kan biasa pakai air thok, air daya pendinginannya jauh lebih bagus daripada coolant.
statemennya kok agak beda ya dengan hasil ujicoba di link ini yang menganjurkan untuk tidak memakai air biasa untuk isi radiator, dan menganjurkan pake coolant yang reputable: viewtopic.php?f=19&t=13944 :big_think:

saya sendiri untuk kendaraan2 baru saya (mobil / motor matic yg pake coolant) lebih yakin menggunakan coolant daripada air biasa karena selain kuatir dengan sifat korosifnya juga ga tau kualitas air yg dipake seperti apa.
usia pakai coolant sesuai instruksi juga lama sampe puluhan ribu km.

makanya kalo mobil saya dipinjam sodara yang ga punya mobil kadang saya kasi tau untuk tidak utak-atik isi radiator. soalnya kebiasaan mindset lama orang2 setelah jalan jauh mereka kebiasaan cek2 radiator meskipun ga ada kejadian apa2, n kalo ga kliatan permukaannya langsung main isi air akua aja :e-doh:
Ga smua mobil jaman skrg bsa maen dpakein air akua atau air ledeng.... mobil2 yg pake sensor d coolant apalagi yg d atur ama ecu djamin bsa mabok tuh kl pake aer biasa.... dl d lipina ane perna ane isi air suling thok.. tiap 4 hari abis tuh air d reservoir... apalagi kl abis nyala lama.. ampe mendidih tuh air d reservoir

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Re:

Post by DOHC »

imingwahyudi wrote:
FRD wrote:
DOHC wrote:Kl budget 100 jt dgn mau nya yg nyaman.. unik.. ga rewel.. rada susah segh... tp km mau sekedar unik dan ga rewel doank sehh bsa koq.... cari avansa seken... yg sblom fl kayanya ud dpt d 90an jt... toh ini mrek identik dgn reliable... mau unik jg bsa... cabut tuh logo dan emblem.. ganti dgn lambang ferrari... dan pasang emblem pininfarina... trus d pintu samping tempel stiker gede2 amg petronas.... djamin unik dahh

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
dijamin unik dan masuk instagramnya indoricer seperti apanjah silver milik salah satu mod dimarih :mky_03: :upss:


:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Ternyata...... salah satu mods piyiks d marih sperti itu apanja nya [emoji1]

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Minta Saran Mobil 4 Daily Use Max 100jeti

Post by sucahyo »

djia wrote:
sucahyo wrote:Mobil baru juga bisa begitu. terutama kalau macet tanjakan. Saya curiganya karena coolant nggak cocok. Kalau mobil lama kan biasa pakai air thok, air daya pendinginannya jauh lebih bagus daripada coolant.
statemennya kok agak beda ya dengan hasil ujicoba di link ini yang menganjurkan untuk tidak memakai air biasa untuk isi radiator, dan menganjurkan pake coolant yang reputable: viewtopic.php?f=19&t=13944 :big_think:
kan topiknya beda?

Saya membandingkan kemampuan pendinginan 100% air vs coolant, sementara link tersebut kemampuan mencegah karat 100% air vs coolant.

Lagipula yang saya gunakan bukan 100% air, tapi air plus coolant, walau dengan rasio coolant yang lebih sedikit.
DOHC wrote: Ga smua mobil jaman skrg bsa maen dpakein air akua atau air ledeng.... mobil2 yg pake sensor d coolant apalagi yg d atur ama ecu djamin bsa mabok tuh kl pake aer biasa.... dl d lipina ane perna ane isi air suling thok.. tiap 4 hari abis tuh air d reservoir... apalagi kl abis nyala lama.. ampe mendidih tuh air d reservoir
Ada produk namanya water wetter yang tujuannya mengurangi karat dan mencegah penguapan, mencegah busa.

Saya tidak menganjurkan 100% air. Saya menganjurkan agar menggunakan coolant yang lebih banyak campuran airnya.

Sayangnya nggak ada yang komparasi radiator coolant. Apalagi beberapa kendaraan sekarang nggak ada temperature mesinnya. harus mengandalkan OBD baru tahu. Sayangnya yang punya OBD santai santai saja walau mesin kendaraannya jalan diatas 99 derajat celcius.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Minta Saran Mobil 4 Daily Use Max 100jeti

Post by imsus2c »

DOHC wrote:@ meneer imsus : bisa bkin one tank challenge jakarta - bali donk meneer... hehehehe
Saya yakin kalau full tank, sanggup tuh singa tua :D

Rekor teririt pernah coba, full tank pakai Dex, Semarang-Solo-Ngawi-Mojokerto-Sidoarjo-Surabaya, muatan 2 orang, masih tembus 1:17-18

Yah kalau apes anggap saja 1:15. Kalikan saja 80L, total 1200Km
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Minta Saran Mobil 4 Daily Use Max 100jeti

Post by aspsilver »

amfibi wrote:Ane sendiri lebih nyaranin W124 om. W202 masih suka rewel elektrikalnya (sensor2 & perkabelan)... Sedangkan W124 mercy yg robust bangeet (pernah piara yg E320 masterpiece) solidnya ga kira2 (di usianya yg udh tua tetep ga ada rattling kabin!), kalo buat harian muanteeb. :mky_02:

(Asal kuat bayarin bensinnya terutama yg 3.0 & 3.2, dalkot cuma kuat cetak 1:5 matic, manual 1:6. Dulu ayah jual setelah pake 2 tahunan jg karna FC boros nya ini (karna mobil dipake harian jd ga kuat bayar bensin mercy ini) :mky_03: )
Saya pernah pake C200 W202 1996, ganti kabel harness dan kontrol AT, pas usia mobil 8 th,
gak ada masalah yang lain.
Ganti kabel 5 jutaan waktu itu
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Minta Saran Mobil 4 Daily Use Max 100jeti

Post by amfibi »

aspsilver wrote:
amfibi wrote:Ane sendiri lebih nyaranin W124 om. W202 masih suka rewel elektrikalnya (sensor2 & perkabelan)... Sedangkan W124 mercy yg robust bangeet (pernah piara yg E320 masterpiece) solidnya ga kira2 (di usianya yg udh tua tetep ga ada rattling kabin!), kalo buat harian muanteeb. :mky_02:

(Asal kuat bayarin bensinnya terutama yg 3.0 & 3.2, dalkot cuma kuat cetak 1:5 matic, manual 1:6. Dulu ayah jual setelah pake 2 tahunan jg karna FC boros nya ini (karna mobil dipake harian jd ga kuat bayar bensin mercy ini) :mky_03: )
Saya pernah pake C200 W202 1996, ganti kabel harness dan kontrol AT, pas usia mobil 8 th,
gak ada masalah yang lain.
Ganti kabel 5 jutaan waktu itu
Nah itu kan di tangan om aspsilver yg pasti terawat & bersih makenya, jg masih kena kabel harness d usia yg msh ga tua2 amat... Di tangan khalayak umum banyak yg make rada jorok, jadinya gitu deh mobilnya ... :big_childish:

C180 alias cibo lebih rewel lagi malah :big_dunno:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Minta Saran Mobil 4 Daily Use Max 100jeti

Post by aspsilver »

Bro Amfibi, bukan masalah jorok atau bersih, kelihatannya kabel gak tahan sama iklim kita, jadi setelah xx tahun, kabel getas pecah2.

Yang ditakutkan adalah hubungan pendek antara kabel2 itu.

Daripada ECU rusak, lebih murah ganti kabel.

Sebenernya kalo bisa gak usah diganti, dilak ban aja, kan yang rusak bungkusnya doang. Tembaganya gak apa. Kerjainnya aja malas

Mobilnya saya jual waktu usia 17 th, belum ganti kabel lagi, dan saya cek kabelnya masi baik kondisinya.

Btw kabel ini ada 2 macam, ada yang nomor 25 harganya 2.5 juta, yang nomor 40, harganya 4jutaan.
Saya tanya bedanya apa, jawabnya socketnya doang.
saya punya no 40. Harga diatas harga 10 th yl. Gak tau sekarang.
C class tahun tertentu dapat no 25, tahun lain dapat no 40. Kayaknya yang no 40 model lebih baru.