IMHO, mobil merk apapun punya resiko terbakar tidak hanya sekelas Habanja-Xenia, juga mobil2 sekelas Range Rover, BMW dan Mercedes.
Pemicunya bisa disebabkan banyak hal antara lain :
1. Tabrakan, tabrakan bisa menyebabkan fuel line system rusak/bocor akibatnya bensin yg bocor walaupun baru berupa uap bensin bisa menyebabkan kebakaran jika ada percikan api atau suhu dan temp. tinggi disekitarnya.
2. Instalasi assesories mobil yg tidak benar. Penambahan/penggantian assories mobil spt audio, klakson, foglamp, lampu HID, dll jika dipasang dgn instalasi yg tidak benar dan tidak kompatibel dgn sistem kelistrikan mobil dpt menyebabkan arus pendek yg memicu kebakaran.
3. Faktor eksternal, disebabkan oleh lingkungan/kondisi di luar mobil. Misal, dibakar massa, parkir ditempat yg rawan kebakaran, dll.
4. Kondisi perkabelan listrik yg sdh tidak memadai, misal pernah digigit tikus shg kabel tidak terisolasi secara baik, kabel udah getas yg sering terjadi di mobil2 Eropa diatas 7-8 tahun utk pemakaian di negara tropis spt Indonesia.
5. Kesalahan pabrik, bisa karena salah design atau kesalahan instalasi (human error).
Habanja sbg mobil paling laku dan banyak populasinya di Indo ditambah yg paling sering tabrakan krn paling pecicilan di jalan serta yg paling banyak dipasang assesories tambahan di toko assesories abal2 jadi memang punya resiko terbakar.
Tapi kalo Habanja dipakai secara proper, harusnya tidak ada masalah krn sodare dan teman2 ane juga banyak yg pake Habanja, mobil kantor juga pake Habanja, sdh bertahun-tahun pake, alhamdullilah so far aman2 aja.
Beda dgn merk favoritnya TS, si Batu Makam....
Secara desain bbrp line up memang rawan kebakaran spt GL yg pipa saluran bahan bakarnya rawan keropos. Begitu juga dgn Juke dan X-Trail yg secara design, fuel systemnya memang harus dibenahi disempurnakan lagi agar tidak rawan terbakar. Hal ini juga diakui oleh Nissan shg dilakukan recall.
http://www.wartanews.com/automotive/79d ... n-terbakar
http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... ahan-Bakar