Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
di sby ada juga di daerah barat ya kl gak salah. hyundai mayan lah kl di surabaya. pas ada atoz 2001 aja servicenya menurut ane memuaskan kok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Baguslah kalo gitu, om..!campoeran wrote:di sby ada juga di daerah barat ya kl gak salah. hyundai mayan lah kl di surabaya. pas ada atoz 2001 aja servicenya menurut ane memuaskan kok.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Menurut saya, Hyundai ngak perlu tebak mau telur atau ayam dulu. Recipe yang di pakai Nissan terbukti berhasil. Ingat, di tahun 2003, jaringan beres Nissan juga terbatas. Ngak lebih dari 20 di seluruh Indonesia. Ingat angka ini. Nanti kita bandingkan ama beres Hyundai saat ini. Cuman saat ini Nissan udah mulai gede, beresnya udah lebih dari 45.
Mereka sepi saat itu, karena cuman ada 1 SUV kuno si Terrano itu, dan sedan Sentra yang udah tampang kurang menarik, di pasar sedan lagi yang kecil. Plus Serena C23 yang cilakanya mesin kolong dan ngak murah lagi.
Saat itu, coba para SMers pikir, andai kata mulai tahun 2003 itu NMI tidak CKD X-Trail tapi mereka bangun dulu misalnya beresnya di tambah dari 18 jadi 36. Tapi modelnya cuman itu itu aja. Alias ngak ada SUV modern (Terrano kan carburator). Ngak ada MPV murah.
Dengan jaringan beresnya di doublekan pun, apakah sales akan naik banyak ? Saya rasa tidak. Karena orang kalau ngak tertarik ama modelnya, atpmnya mau bikin 1000 beres aja so what ? Seperti sekarang jika VW yang beresnya sedikit. Andai kata VW nambah jaringan beres jadi 50, tapi modelnya masih hatchback harga super mahal dan caravelle yang 1M dan Touran MPV kecil 400 jt, apakah salesnya akan naik ? Saya yakin tidak.
Coba, kalau jaringan VW lebih luas dari honda, tapi Touran masih 400 jt, berapa orang mau beli ? Hatchback Golf kecil gitu juga 400+ jt, siapa mau beli ? Mau 1000 beres pun saya rasa percuma. Anda mau beli ? Ngak kan ? Karena rasa ngak worth it. Kecuali duit udah banyak.
Saat X-Trail CKD sukses besar, jaringan beres Nissan tetap masih terbatas saat itu, tapi karena modelnya OK dan harga masuk akal, konsumen berani kok beli. Dan konsumen sadar kok, Nissan bukan tukang bikin mobil yang rusak terus, asal di tiap kota besar ada minimal 1 beres, cukup kok. Ngak perlu ratusan beres di mana mana.
Dan jika Hyundai mau mulai serang, sasaran utama jelas adalah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dulu. Ngapain fokus ama pembeli di kota kecil atau desa yang volumenya toh kecil ini ?
Sekarang mau bangun satu beres aja perlu puluhan milliar. Hyundai saya perhatiin di tiap kota besar sudah ada 1 beres minimal. Jadi dengan keadaan sekarang, saya rasa sudah cukup. Jangan bikin beres dulu sebelum muncul model yang jelas volumenya bagus.
Ikutin aja resep X-Trail. Sudah di terima dengan baik, baru bertahap bangun beres baru. Karena bangun 5 beres baru aja butuh sekitar 30X5 = 150 milliar. Mau jual berapa mobil tuh untuk balik modal segitu ? Tapi CKD satu model aja paling cuman berapa ?
Kalau habisin 150 milliar aja tanpa ada model menarik yang laku, itu para beres baru pasti akan rugi tiap bulan. Buka, terus tutup. Justru bikin brand image makin jelek. Beres saya rasa di usahakan jangan sampai tutup. Karena orang akan pikir something wrong, kenapa bisa tutup ? Udah pasti sepi banget, ngak laku gitu.
Jika sudah mulai tumbuh, baru bangun beres di kota kecil seperti Sukabumi, Tasikmalaya. Coba sekarang mari kita lihat jaringan beres yang 3S HMI saat ini :
http://www.hyundaimobil.co.id/dealers
Di Jakarta Timur ada 1 di Kalimalang
Jakarta Selatan ada 1 di Warung Buncit
1 di Iskandar Muda
1 di Tebet
Jakarta Utara ada 1 di Pluit
Serpong ada 1
Baru buka 1 di Kebon Jeruk Jakarta Barat
Jadi NSEW masing masing udah ada.
Di Bandung sudah ada 2.
Semarang 1
Palembang 1
Balikpapan 1
Cirebon 1
Purwokerto 1
Malang 1
Medan 1
Padang 1
Solo 1
Yogyakarta 1
Pontianak 1
Lombok 1
Depok 1
Makasar 1
Banjarmasin 1
Denpasar 1
Surabaya 1
Jambi 1
Pekanbaru 1
Untuk populasi dan sales Hyundai saat ini, saya rasa jaringan di atas sudah lebih dari cukup ! Karena setiap beres Hyundai ngak seperti beres Jepang seperti Nissan, honda daihatsu gitu yang sudah ramai sekali. Pasiennya banyak gitu.
Saya yakin pemilik Hyundai sekarang justru enak. Masuk ke salah satu yang diatas akan cepat di terima, ngak usah antri lama, dan waktu untuk servis juga lebih cepat, karena pasiennya ngak terlalu banyak. Nah, kalau udah gini, dan hampir tiap kota besar udah ada minimal 1 beres, ngapain Hyundai bikin beres lagi kalau belum ada model big volume ?
Setelah lebih tau jaringan beres Hyundai saat ini, saya lebih yakin bahwa kendala utama mereka bukan di hanggap beresnya terlalu dikit, tapi adalah banyak orang Indonesia masih trauma ama kasus Hyundai / Kia jaman dulu, saat mobil mereka mutunya masih kurang baik. Faktor kepercayaan masih belum pulih. Kalau faktor ini belum OK, mau bikin 200 beres pun orang juga masih " takut ".
Perhatikan, jaringan Hyundai ama Ford / GM saya yakin ngak beda jauh. Tapi buktinya begitu Ford Fiesta muncul, volume Ford naik tajam. Padahal jaringan beres Ford ngak tambah banyak juga. GM begitu ada Captiva penjualannya juga naik banyak, padahal jaringan beres mereka juga ngak banyak.
Dan untuk tipikal orang mau mudik dari Jakarta ke Surabaya misalnya, coba pikir, apakah jaringan Hyundai di Jawa masih kurang ?
Liat aja, berangkat dari Jakarta ada apa apa udah ada berapa beres di Jakarta. Saat lewatin Jawa barat aja ada apa apa udah ada beres di Bandung, Cirebon. Saat masuk Jawa Tengah udah ada beres di Purwokerto, Semarang dan Jogja.
Jika mudik jauh sampai ke Jawa Timur, ada lagi beres siap di Surabaya, Solo dan Malang. Jadi saya sih berani aja pakai Hyundai mudik. Cuman kalau bilang eh di Nagrek, Sukabumi gituan belum ada gimana ?
Jawaban saya adalah : Pusing amat, kalau mogok, ya kan beres terdekat bisa kirim mobil bantuan atau derek.
Emang toyota / daihatsu ada beres di tiap 1 km ? Kalau pakai toyota mogok di tengah jalan yang kiri kanannya cuman sawah gimana ? Ya sama juga kan ? toyota akan kirim mobil bantuan atau derek juga !
Kalau ternyata ngak yakin ama mutu Hyundai, ya mereka punya beres 500 juga percuma. Orang juga ngak bakal beli. Karena ngak bakal ada atpm yang mau bikin 1 beres tiap 1km atau tiap 5km. Tapi kalau yakin mutunya OK, berani kok dengan adanya minimal 1 beres di tiap kota strategic.
Seperti Nissan, bahkan honda juga yang jumlah beresnya juga ngak ada di tiap 1-5km, kenapa penjualan mereka tetap bagus ? Karena orang sadar 2 merek ini jarang rusak ini. Jadi ngak perlu nunggu mereka punya 200 beres baru berani beli. Nissan dan honda masing masing cuman punya sekitar +- 50 beres.
Hyundai punya berapa yah ? Yang di atas tadi di totalin ada 28 ! Untuk populasi mereka yang masih jauh di bawah Nissan dan honda, 28 masih kurang ??? Ingat saat X-Trail CKD muncul pertama kali di tahun 2003, Nissan cuman punya jaringan beres di bawah 20 !
Yang penting di tiap kota strategic minimal ada 1 beres yang TIDAK OVERLOADED karena pasiennya terlalu banyak. Jadi ada apa apa ngak perlu nunggu terlalu lama sebelum bantuan datang.
Justru lihat jaringan Hyundai sekarang, salah kalau mereka fokus bangun beres lagi. Mereka sekarang butuh keluarkan model strategic yang belum ada, yaitu :
MPV 3 baris 150-200 jt
SUV 2 atau 3 baris juga 150-200 jt
Kalau di atas 300 jt, lawannya Jepang kuat kuat, susah mau dapat pembeli yang berani coba. Tapi kalau 150-200 jt, dan 3 baris / tinggi, lumayan cakep, they have a chance.
Buktinya seperti Tucson yang ternyata laku tapi eh supplynya susah. Ya kalau gitu lain lagi ceritanya. Apalagi kalau di CKD jadi +- 220 jt yah ? 300 jt aja ternyata laku, cuman terhalang supply doang.
Jadi nanti kalau Hyundai sudah ada 1 MPV 3 baris tinggi, cakep harga cuman 150 jt, tertarik ? Jika tidak, kenapa ? Karena masih belum yakin ama mutu mereka, atau takut kalau mogok di Nagrek ngak ada beres Hyundai di sono ?
Nissan pun tidak ada beres di Nagrek, tapi kok para pembeli Grand Livina dan Juke yang jumlahnya ribuan tiap bulan ngak takut hal ini ?
Mereka sepi saat itu, karena cuman ada 1 SUV kuno si Terrano itu, dan sedan Sentra yang udah tampang kurang menarik, di pasar sedan lagi yang kecil. Plus Serena C23 yang cilakanya mesin kolong dan ngak murah lagi.
Saat itu, coba para SMers pikir, andai kata mulai tahun 2003 itu NMI tidak CKD X-Trail tapi mereka bangun dulu misalnya beresnya di tambah dari 18 jadi 36. Tapi modelnya cuman itu itu aja. Alias ngak ada SUV modern (Terrano kan carburator). Ngak ada MPV murah.
Dengan jaringan beresnya di doublekan pun, apakah sales akan naik banyak ? Saya rasa tidak. Karena orang kalau ngak tertarik ama modelnya, atpmnya mau bikin 1000 beres aja so what ? Seperti sekarang jika VW yang beresnya sedikit. Andai kata VW nambah jaringan beres jadi 50, tapi modelnya masih hatchback harga super mahal dan caravelle yang 1M dan Touran MPV kecil 400 jt, apakah salesnya akan naik ? Saya yakin tidak.
Coba, kalau jaringan VW lebih luas dari honda, tapi Touran masih 400 jt, berapa orang mau beli ? Hatchback Golf kecil gitu juga 400+ jt, siapa mau beli ? Mau 1000 beres pun saya rasa percuma. Anda mau beli ? Ngak kan ? Karena rasa ngak worth it. Kecuali duit udah banyak.
Saat X-Trail CKD sukses besar, jaringan beres Nissan tetap masih terbatas saat itu, tapi karena modelnya OK dan harga masuk akal, konsumen berani kok beli. Dan konsumen sadar kok, Nissan bukan tukang bikin mobil yang rusak terus, asal di tiap kota besar ada minimal 1 beres, cukup kok. Ngak perlu ratusan beres di mana mana.
Dan jika Hyundai mau mulai serang, sasaran utama jelas adalah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dulu. Ngapain fokus ama pembeli di kota kecil atau desa yang volumenya toh kecil ini ?
Sekarang mau bangun satu beres aja perlu puluhan milliar. Hyundai saya perhatiin di tiap kota besar sudah ada 1 beres minimal. Jadi dengan keadaan sekarang, saya rasa sudah cukup. Jangan bikin beres dulu sebelum muncul model yang jelas volumenya bagus.
Ikutin aja resep X-Trail. Sudah di terima dengan baik, baru bertahap bangun beres baru. Karena bangun 5 beres baru aja butuh sekitar 30X5 = 150 milliar. Mau jual berapa mobil tuh untuk balik modal segitu ? Tapi CKD satu model aja paling cuman berapa ?
Kalau habisin 150 milliar aja tanpa ada model menarik yang laku, itu para beres baru pasti akan rugi tiap bulan. Buka, terus tutup. Justru bikin brand image makin jelek. Beres saya rasa di usahakan jangan sampai tutup. Karena orang akan pikir something wrong, kenapa bisa tutup ? Udah pasti sepi banget, ngak laku gitu.
Jika sudah mulai tumbuh, baru bangun beres di kota kecil seperti Sukabumi, Tasikmalaya. Coba sekarang mari kita lihat jaringan beres yang 3S HMI saat ini :
http://www.hyundaimobil.co.id/dealers
Di Jakarta Timur ada 1 di Kalimalang
Jakarta Selatan ada 1 di Warung Buncit
1 di Iskandar Muda
1 di Tebet
Jakarta Utara ada 1 di Pluit
Serpong ada 1
Baru buka 1 di Kebon Jeruk Jakarta Barat
Jadi NSEW masing masing udah ada.
Di Bandung sudah ada 2.
Semarang 1
Palembang 1
Balikpapan 1
Cirebon 1
Purwokerto 1
Malang 1
Medan 1
Padang 1
Solo 1
Yogyakarta 1
Pontianak 1
Lombok 1
Depok 1
Makasar 1
Banjarmasin 1
Denpasar 1
Surabaya 1
Jambi 1
Pekanbaru 1
Untuk populasi dan sales Hyundai saat ini, saya rasa jaringan di atas sudah lebih dari cukup ! Karena setiap beres Hyundai ngak seperti beres Jepang seperti Nissan, honda daihatsu gitu yang sudah ramai sekali. Pasiennya banyak gitu.
Saya yakin pemilik Hyundai sekarang justru enak. Masuk ke salah satu yang diatas akan cepat di terima, ngak usah antri lama, dan waktu untuk servis juga lebih cepat, karena pasiennya ngak terlalu banyak. Nah, kalau udah gini, dan hampir tiap kota besar udah ada minimal 1 beres, ngapain Hyundai bikin beres lagi kalau belum ada model big volume ?
Setelah lebih tau jaringan beres Hyundai saat ini, saya lebih yakin bahwa kendala utama mereka bukan di hanggap beresnya terlalu dikit, tapi adalah banyak orang Indonesia masih trauma ama kasus Hyundai / Kia jaman dulu, saat mobil mereka mutunya masih kurang baik. Faktor kepercayaan masih belum pulih. Kalau faktor ini belum OK, mau bikin 200 beres pun orang juga masih " takut ".
Perhatikan, jaringan Hyundai ama Ford / GM saya yakin ngak beda jauh. Tapi buktinya begitu Ford Fiesta muncul, volume Ford naik tajam. Padahal jaringan beres Ford ngak tambah banyak juga. GM begitu ada Captiva penjualannya juga naik banyak, padahal jaringan beres mereka juga ngak banyak.
Dan untuk tipikal orang mau mudik dari Jakarta ke Surabaya misalnya, coba pikir, apakah jaringan Hyundai di Jawa masih kurang ?
Liat aja, berangkat dari Jakarta ada apa apa udah ada berapa beres di Jakarta. Saat lewatin Jawa barat aja ada apa apa udah ada beres di Bandung, Cirebon. Saat masuk Jawa Tengah udah ada beres di Purwokerto, Semarang dan Jogja.
Jika mudik jauh sampai ke Jawa Timur, ada lagi beres siap di Surabaya, Solo dan Malang. Jadi saya sih berani aja pakai Hyundai mudik. Cuman kalau bilang eh di Nagrek, Sukabumi gituan belum ada gimana ?
Jawaban saya adalah : Pusing amat, kalau mogok, ya kan beres terdekat bisa kirim mobil bantuan atau derek.
Emang toyota / daihatsu ada beres di tiap 1 km ? Kalau pakai toyota mogok di tengah jalan yang kiri kanannya cuman sawah gimana ? Ya sama juga kan ? toyota akan kirim mobil bantuan atau derek juga !
Kalau ternyata ngak yakin ama mutu Hyundai, ya mereka punya beres 500 juga percuma. Orang juga ngak bakal beli. Karena ngak bakal ada atpm yang mau bikin 1 beres tiap 1km atau tiap 5km. Tapi kalau yakin mutunya OK, berani kok dengan adanya minimal 1 beres di tiap kota strategic.
Seperti Nissan, bahkan honda juga yang jumlah beresnya juga ngak ada di tiap 1-5km, kenapa penjualan mereka tetap bagus ? Karena orang sadar 2 merek ini jarang rusak ini. Jadi ngak perlu nunggu mereka punya 200 beres baru berani beli. Nissan dan honda masing masing cuman punya sekitar +- 50 beres.
Hyundai punya berapa yah ? Yang di atas tadi di totalin ada 28 ! Untuk populasi mereka yang masih jauh di bawah Nissan dan honda, 28 masih kurang ??? Ingat saat X-Trail CKD muncul pertama kali di tahun 2003, Nissan cuman punya jaringan beres di bawah 20 !
Yang penting di tiap kota strategic minimal ada 1 beres yang TIDAK OVERLOADED karena pasiennya terlalu banyak. Jadi ada apa apa ngak perlu nunggu terlalu lama sebelum bantuan datang.
Justru lihat jaringan Hyundai sekarang, salah kalau mereka fokus bangun beres lagi. Mereka sekarang butuh keluarkan model strategic yang belum ada, yaitu :
MPV 3 baris 150-200 jt
SUV 2 atau 3 baris juga 150-200 jt
Kalau di atas 300 jt, lawannya Jepang kuat kuat, susah mau dapat pembeli yang berani coba. Tapi kalau 150-200 jt, dan 3 baris / tinggi, lumayan cakep, they have a chance.
Buktinya seperti Tucson yang ternyata laku tapi eh supplynya susah. Ya kalau gitu lain lagi ceritanya. Apalagi kalau di CKD jadi +- 220 jt yah ? 300 jt aja ternyata laku, cuman terhalang supply doang.
Jadi nanti kalau Hyundai sudah ada 1 MPV 3 baris tinggi, cakep harga cuman 150 jt, tertarik ? Jika tidak, kenapa ? Karena masih belum yakin ama mutu mereka, atau takut kalau mogok di Nagrek ngak ada beres Hyundai di sono ?
Nissan pun tidak ada beres di Nagrek, tapi kok para pembeli Grand Livina dan Juke yang jumlahnya ribuan tiap bulan ngak takut hal ini ?
nasywa azalia wrote:Bagai buah simalangkama om, ckd penjualan bagus tp beres blm byk repot, sebaliknya beres dulu, jualan ga byk nombok
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Kesimpulan postingan om TM, untuk H miring:
1) Perbanyak line up yang eye catching. Handal, bandel.
2) Strategi harga tetap harus lebih murah dari Jepangan
3) Endorsement lebih intensif lagi pada market bahwa H miring udah berubah, gak 'jelek' kayak dulu lagi (seperti image Daihatsu dulu yang sekarang udah jauh terkerek naik)
CMIIW.
Edited: IMHO, beban H miring lebih berat dari Nissan, karena:
1) Brand Korea dianggap 'selapis' di bawah Jepang dari segi kualitas. Ini mind of perception.
2) Nissan uda bercokol sangat lama di Indo. Uda tertanam. Walau sempat jatuh bangun dan ATPM nya pernah menelantarkan konsumen.
1) Perbanyak line up yang eye catching. Handal, bandel.
2) Strategi harga tetap harus lebih murah dari Jepangan
3) Endorsement lebih intensif lagi pada market bahwa H miring udah berubah, gak 'jelek' kayak dulu lagi (seperti image Daihatsu dulu yang sekarang udah jauh terkerek naik)
CMIIW.
Edited: IMHO, beban H miring lebih berat dari Nissan, karena:
1) Brand Korea dianggap 'selapis' di bawah Jepang dari segi kualitas. Ini mind of perception.
2) Nissan uda bercokol sangat lama di Indo. Uda tertanam. Walau sempat jatuh bangun dan ATPM nya pernah menelantarkan konsumen.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
mau komen untuk beres hyundai yang di medan..
summarynya : masih kurang meyakinkan.. ...
aftersales bukan hanya ada BeRes di satu kota , titik, selesai.. bukan om TM...
masih ada kualitas, ada komitmen, ada pelayanan dll yang saling berkesinambungan yg terangkum dalam kata "aftersales"
semoga hyundai segera meningkatkan kualitas dan kuantitas aftersales mereka.
summarynya : masih kurang meyakinkan.. ...

aftersales bukan hanya ada BeRes di satu kota , titik, selesai.. bukan om TM...
masih ada kualitas, ada komitmen, ada pelayanan dll yang saling berkesinambungan yg terangkum dalam kata "aftersales"
semoga hyundai segera meningkatkan kualitas dan kuantitas aftersales mereka.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Tiap prinsipal pasti punya strategi yang berbeda. Ibaratnya, tiap warung punya ciri pelayanan yang berbeda. Mau 'warung' sekelas cafe di Grand Ind ataupun sekelas warteg, konsumennya udah ada sendiri-sendiri. Ibaratnya lagi, biar kata hanya buka di Senci, kalau emang udah cocok ama disitu, dari Bogor pun dijabanin deh. Yaa itu tadi, kalau strateginya memang lebih prefer ke niche market, ya sah sah saja tho? Walaupun konsumennya dikit dan jarang yang dateng, tapi kalo tamu sekali dateng aja enteng byr bill Rp 500rb, ya silakan saja.
Semua punya rejekinya masing2. Nissan, hidup lagi bangkit dari kubur. Hyundai, pendatang baru, berbarengan moment si Bimantara Cakra maupun Nenggala. Yaa..historinya beda2 lah. Nissan udh pernah mampir di kuping konsumen. Hyundai? Mampirnya karena bau2 penguasa. Semua ada jalannya masing2, ada setorinya sendiri2. Jadi, sah saja kalo mereka punya strategi dan metode sendiri2.
Kalau mau menguasai mayoritas pasar, yaa jualan lah dengan dagangan yang sesuai demand suatu pasar, dan sesuai dengan kemampuan serta pola pikir pasar yang ingin dikuasai..
Sekali lagi, bagi konsumen mayoritas bangsa Indonesia spt saya yang lebih banyak melaratnya daripada mandi uangnya, yaa saya lebih cari aman saja tho dalam membeli mobil? Buat apa saya menstandarkan hidup saya sama dengan oportunis otomotip yg lain, kalau itu malah membuat saya kelabakan sendiri?
Buat apa saia membeli suatu merk yang bengkel nya hanya satu satu, spare partsnya harus nunggu menunggu padahal hanya retak bumper disenggol becak di daerah? ?Belum lagi harganya mungkin berlipat2 bikin kantong saya harus saya lipat lipat lagi hanya untuk sebuah bumper, yang di lapakan bekas aja ga jual?? Kalo saya, maaf deh.. Kalo you prefer, silakan!
The point is, it's all in your hands, bro! Dan tiap perusahaan otomotif punya cara dia sendiri untuk bertahan hdup.
Semua punya rejekinya masing2. Nissan, hidup lagi bangkit dari kubur. Hyundai, pendatang baru, berbarengan moment si Bimantara Cakra maupun Nenggala. Yaa..historinya beda2 lah. Nissan udh pernah mampir di kuping konsumen. Hyundai? Mampirnya karena bau2 penguasa. Semua ada jalannya masing2, ada setorinya sendiri2. Jadi, sah saja kalo mereka punya strategi dan metode sendiri2.
Kalau mau menguasai mayoritas pasar, yaa jualan lah dengan dagangan yang sesuai demand suatu pasar, dan sesuai dengan kemampuan serta pola pikir pasar yang ingin dikuasai..
Sekali lagi, bagi konsumen mayoritas bangsa Indonesia spt saya yang lebih banyak melaratnya daripada mandi uangnya, yaa saya lebih cari aman saja tho dalam membeli mobil? Buat apa saya menstandarkan hidup saya sama dengan oportunis otomotip yg lain, kalau itu malah membuat saya kelabakan sendiri?
Buat apa saia membeli suatu merk yang bengkel nya hanya satu satu, spare partsnya harus nunggu menunggu padahal hanya retak bumper disenggol becak di daerah? ?Belum lagi harganya mungkin berlipat2 bikin kantong saya harus saya lipat lipat lagi hanya untuk sebuah bumper, yang di lapakan bekas aja ga jual?? Kalo saya, maaf deh.. Kalo you prefer, silakan!
The point is, it's all in your hands, bro! Dan tiap perusahaan otomotif punya cara dia sendiri untuk bertahan hdup.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Ngak cuman di Indonesia, di negara lain juga, yang bikin Hyundai berbahaya untuk saingannya adalah selain lebih MURAH dan feature banyak, Mutu mereka udah ngak jelek ! Ini kunci utama ! Kalau dulu, murah juga ngak di beli.
Juga fakta bahwa ongkos di Korea lebih murah dari Jepang. Labour cost etc di Jepang sangat mahal. Belum kurs yen yang liar menguat terus. Kurs Won ngak gitu sulitkan pabrik mobil Korea. Ini 2 advantage Korea yang di pusingkan Jepang...
Konsumen di negara lain emang beda ama di Indonesia ? Pada dasarnya sama. Mereka juga mau mobil yang ngak rusak terus, tahan banting.
Masalah beres Hyundai di Indonesia, saya ngak tau bagus atau jelek sekarang, karena belum piara Hyundai. Dulu sih pernah, tahun 2001, long time ago, dan memang mutunya belum terlalu bagus. Tapi seingat saya orang beresnya OK kok. Malah kepala bengkelnya sangat friendly dan helpful. Saya masih ingat dia sampai sekarang.
Jangan campurkan urusan bengkel sepi ama bengkelnya ngak bisa benerin mobil / service jelek. Kalau bengkel sepi itu bisa jadi karena modelnya belum laku. Yang beli dikit, ya otomatis yang servis dikit. Belum tentu artinya mechanicnya bodoh semua.
Hyundai bisa jadi gede di US, Eropa, China etc. udah pasti mereka terbukti mampu bisa bikin beres yang handal di sono. Masa di Indonesia ngak bisa ? Kan orang beres HMI ama NMI, HPM, Mitsu sama sama orang Indonesia juga.
Juga fakta bahwa ongkos di Korea lebih murah dari Jepang. Labour cost etc di Jepang sangat mahal. Belum kurs yen yang liar menguat terus. Kurs Won ngak gitu sulitkan pabrik mobil Korea. Ini 2 advantage Korea yang di pusingkan Jepang...
Konsumen di negara lain emang beda ama di Indonesia ? Pada dasarnya sama. Mereka juga mau mobil yang ngak rusak terus, tahan banting.
Masalah beres Hyundai di Indonesia, saya ngak tau bagus atau jelek sekarang, karena belum piara Hyundai. Dulu sih pernah, tahun 2001, long time ago, dan memang mutunya belum terlalu bagus. Tapi seingat saya orang beresnya OK kok. Malah kepala bengkelnya sangat friendly dan helpful. Saya masih ingat dia sampai sekarang.
Jangan campurkan urusan bengkel sepi ama bengkelnya ngak bisa benerin mobil / service jelek. Kalau bengkel sepi itu bisa jadi karena modelnya belum laku. Yang beli dikit, ya otomatis yang servis dikit. Belum tentu artinya mechanicnya bodoh semua.
Hyundai bisa jadi gede di US, Eropa, China etc. udah pasti mereka terbukti mampu bisa bikin beres yang handal di sono. Masa di Indonesia ngak bisa ? Kan orang beres HMI ama NMI, HPM, Mitsu sama sama orang Indonesia juga.
BADAK wrote:IMO, tergantung jg, kl Hyundai ttp kasi good value kyk skrg saya jg pilih Hyundai. Tapi kalo setelah pny nama, harga Hyundai jg makin dinaekkin bahkan setara mbl jepang, tentu msh byk yg pilih mbl jepang. Saat ini kekuatan mbl korea ada di value of money, dgn fitur seabrek + model keren tp harga lbh murah dr mbl jepang.
Btw, produsen mbl di korea selain KIA & Hyundai apa lg ya?
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Hal ini saya yakin Hyundai ngak bakal tutup di Indonesia. Prinsipalnya sekarang kuat sekali, duit banyak, arus kas kencang karena laku dan tumbuh cepat di manca negara (Ngak ada ceritanya Hyundai hengkang dari negara manapun saat ini), terutama pasar besar dan penting seperti US, China dan di Eropa juga di terima dengan baik.
Mereka sekarang lagi asyik nikmati pesta di pasar gede dan sementara tunda dulu invasi ke Indonesia. Karena perhatiin line-up mereka, mayoritas sedan dan hatchback yang sangat laku di negara lain (karena jalannya ngak seperti Indonesia yang sering keriting, dan ngak diskriminasi pajak sedan). Juga pembeli di negara gede lain ngak maniac harus 3 baris.
Jadi saat ini Hyundai belum rasa perlu cepat bikin MPV 3 baris murah untuk pasar seperti Indonesia. Dengan line-up mayoritas sedan dan hatchback aja mereka sekarang udah jadi world no.4 atau 5. Lebih gede banding honda pun yang rating scorenya selalu tinggi....Hmm.
Pasar di negara besar tiap tahun jutaan, bahkan puluhan juta. Indonesia cuman ratusan ribu. So mereka in no hurry. Mereka fokus semua kekuatan untuk jadi raja di China dulu misalnya, dan memang make sense, karena China adalah raja pasar mobil di dunia saat ini.
Whoever rules China bisa peluang jadi raja mobil (Well, world no.1 dan 2 GM dan VW saat ini bukan kebetulan udah jadi pemain utama di China).
Tapi sooner or later, saya yakin boss Hyundai akan launch invasi besar di kemudian hari, saat pertumbuhan di negara lain udah matang. Its a matter of time. Itu bossnya Chung Mong Koo bukan orang sembarangan. Dia terkenal sangat ambitius, aggressive.
Dan hasilnya jelas hari ini. So Indonesia, dia pasti pikir " Sabar, saya pasti datang nanti ". Malah perhatikan, belakangan saat merek Jepang seperti toyota skala recallnya jumbo jumbo dan kasus aneh aneh, justru Hyundai relatif jarang ada recall besar besaran.
Di Indonesia ada satu kendala lagi, sebaik apapun mutunya, faktor gengsi di Indonesia untuk merek ini belum tinggi, jadi suami mau beli pun bisa jadi istrinya tolak, karena hanggap nanti gengsinya turun.
Butuh waktu di Indonesia....Tapi di Amrik bisa, di China bisa, bahkan di Eropa aja yang buyernya lumayan European minded aja mereka lumayan laku. Ngak ada alasan di Indonesia nanti ngak bisa.
Mereka sekarang lagi asyik nikmati pesta di pasar gede dan sementara tunda dulu invasi ke Indonesia. Karena perhatiin line-up mereka, mayoritas sedan dan hatchback yang sangat laku di negara lain (karena jalannya ngak seperti Indonesia yang sering keriting, dan ngak diskriminasi pajak sedan). Juga pembeli di negara gede lain ngak maniac harus 3 baris.
Jadi saat ini Hyundai belum rasa perlu cepat bikin MPV 3 baris murah untuk pasar seperti Indonesia. Dengan line-up mayoritas sedan dan hatchback aja mereka sekarang udah jadi world no.4 atau 5. Lebih gede banding honda pun yang rating scorenya selalu tinggi....Hmm.
Pasar di negara besar tiap tahun jutaan, bahkan puluhan juta. Indonesia cuman ratusan ribu. So mereka in no hurry. Mereka fokus semua kekuatan untuk jadi raja di China dulu misalnya, dan memang make sense, karena China adalah raja pasar mobil di dunia saat ini.
Whoever rules China bisa peluang jadi raja mobil (Well, world no.1 dan 2 GM dan VW saat ini bukan kebetulan udah jadi pemain utama di China).
Tapi sooner or later, saya yakin boss Hyundai akan launch invasi besar di kemudian hari, saat pertumbuhan di negara lain udah matang. Its a matter of time. Itu bossnya Chung Mong Koo bukan orang sembarangan. Dia terkenal sangat ambitius, aggressive.
Dan hasilnya jelas hari ini. So Indonesia, dia pasti pikir " Sabar, saya pasti datang nanti ". Malah perhatikan, belakangan saat merek Jepang seperti toyota skala recallnya jumbo jumbo dan kasus aneh aneh, justru Hyundai relatif jarang ada recall besar besaran.
Di Indonesia ada satu kendala lagi, sebaik apapun mutunya, faktor gengsi di Indonesia untuk merek ini belum tinggi, jadi suami mau beli pun bisa jadi istrinya tolak, karena hanggap nanti gengsinya turun.
Butuh waktu di Indonesia....Tapi di Amrik bisa, di China bisa, bahkan di Eropa aja yang buyernya lumayan European minded aja mereka lumayan laku. Ngak ada alasan di Indonesia nanti ngak bisa.
nasywa azalia wrote:kalo membaca artikel kompas itu om bisa2 produk korea gak lama lg gulung tikar eheheh.. mudah2 ga terjadi soalnya kasian yg sudah beli
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Bold red....VanzMatic wrote:- CUT -
Sekali lagi, bagi konsumen mayoritas bangsa Indonesia spt saya yang lebih banyak melaratnya daripada mandi uangnya, yaa saya lebih cari aman saja tho dalam membeli mobil? Buat apa saya menstandarkan hidup saya sama dengan oportunis otomotip yg lain, kalau itu malah membuat saya kelabakan sendiri?
- CUT -
No pic = hoax gan!

Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
mandi uang pun ane belum pernah,
kalo mandi kucing?

kalo mandi kucing?


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Juga ngak cuman urusan mechanicnya bagus ngak, tapi juga partsnya handal ngak. Karena jika partsnya yang ngak bagus, ya ngak fair dong salahkan mechanicnya.
Memang model kuno Hyundai dulu kurang bagus, tapi yang sekarang, jangan cepat vonis apa apa dulu. Coba kalau bisa ada pemilik Hyundai model baru belakangan, kesaksian mereka akan sangat informatif. Asal genuine....
Tapi saya tetap yakin udah bagus. Pabrik mobil [cencored] mana bisa jadi world no.4 or 5 saat ini ? Emang jutaan orang yang beli banyak Hyundai belakangan di mana mana [cencored] semua ?
Dan yang penting, posisi Hyundai world no.4 or 5 ini ngak beda jauh ama world no.1-3. Jadi asal Hyundai ngak berbuat kesalahan dan mainnya benar, bisa aja nanti jadi world no.1 ! Its not easy but not impossible.
Setau saya world no.1-5 salesnya dekat dekat. Sekitar +-7-8 juta setahun. Kalau yang kecil seperti daihatsu, 1 juta setahun aja udah bagus. Bisa jadi ngak sampai segitu.
Memang model kuno Hyundai dulu kurang bagus, tapi yang sekarang, jangan cepat vonis apa apa dulu. Coba kalau bisa ada pemilik Hyundai model baru belakangan, kesaksian mereka akan sangat informatif. Asal genuine....
Tapi saya tetap yakin udah bagus. Pabrik mobil [cencored] mana bisa jadi world no.4 or 5 saat ini ? Emang jutaan orang yang beli banyak Hyundai belakangan di mana mana [cencored] semua ?
Dan yang penting, posisi Hyundai world no.4 or 5 ini ngak beda jauh ama world no.1-3. Jadi asal Hyundai ngak berbuat kesalahan dan mainnya benar, bisa aja nanti jadi world no.1 ! Its not easy but not impossible.
Setau saya world no.1-5 salesnya dekat dekat. Sekitar +-7-8 juta setahun. Kalau yang kecil seperti daihatsu, 1 juta setahun aja udah bagus. Bisa jadi ngak sampai segitu.
doq wrote:imho....
sebener nya paling pas utk me-review bagaimana layanan beres maupun aftersales service diluar ibukota, keliatan nya bisa ditanyakan kepada para owner hyunkia gen2 awal macam oom imsus-oom andra
disitu kita bsa liat kondisi real nya gmana
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Hwah?!
Serius om? H miring uda no 4/5 saat ini? Soal2 sales ginian sama sekali bukan bidang ketertarikan saya di otomotif, jadi jarang apdet.
Coba mandi kucing ama mods Abu ah.............

Serius om? H miring uda no 4/5 saat ini? Soal2 sales ginian sama sekali bukan bidang ketertarikan saya di otomotif, jadi jarang apdet.
Coba mandi kucing ama mods Abu ah.............


Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Nah itu dia, HMI selama ini diam banget. Coba kalau dia lebih promosi kasih tau orang bahwa merek ini di dunia udah gede banget, banyak prestasi, banyak award untuk mesin baru mereka yang bagus, pasti gradually orang Indonesia pun akan lebih yakin ama merek ini dan berani coba.
Karena saya yakin ngak cuman saya yang sadar : Merek bisa jadi no.4 atau 5 di seluruh dunia (kalau patokan cuman Indonesia, SAMPLE SIZEnya terlalu kecil), dan jaraknya no.4 ama no.1-3 dekat, itu artinya apa ?
For me it means Hyundai adalah pemain serius dan bagus, yang tidak boleh di remehkan. Masalah belum mau keluarkan MPV 3 baris murah untuk Indonesia itu urusan lain. Ngak ada kaitannya ama mutu Hyundai sekarang bagus atau masih jelek. Dan saya ngak pernah pakai rating gituan sebagai acuan.
Mending liat aja mayoritas orang seluruh dunia (ngak cuman Indonesia yang minoritas di pasar mobil di bumi) berani beli apa. Suruh saya pakai VW Touran ? Mau aja ! Meskipun jd power gituan bilang rating VW jelek, tapi kalau benar jelek, kok bisa jadi world no.2 yah ? Saya yakin mutu VW bagus !
Saya sih sekarang siap SPK Hyundai H1 CRD. Cuman istri saya aja yang nolak, karena selain terlalu gede, juga dia seperti banyak orang Indonesia, rasa pakai Hyundai gengsinya agak " kurang ". Dan saya malas edukasi dia tentang Hyundai, karena saya sadar juga, memang sih piara H1 kalau tiap kali parkir, memang bikin was was.
Toh ada alternatif seperti Nissan Serena ya sudah cukup. Tunggu nanti udah lebih kaya piara supir baru pakai mobil gede. Tapi pada dasarnya, kalau saya di kasih H1, saya pakai kok, ngak bakal saya jual jadiin duit.
Nanti saya kasih data sales Hyundai sebesar apa saat ini. You will be surprised....
Karena saya yakin ngak cuman saya yang sadar : Merek bisa jadi no.4 atau 5 di seluruh dunia (kalau patokan cuman Indonesia, SAMPLE SIZEnya terlalu kecil), dan jaraknya no.4 ama no.1-3 dekat, itu artinya apa ?
For me it means Hyundai adalah pemain serius dan bagus, yang tidak boleh di remehkan. Masalah belum mau keluarkan MPV 3 baris murah untuk Indonesia itu urusan lain. Ngak ada kaitannya ama mutu Hyundai sekarang bagus atau masih jelek. Dan saya ngak pernah pakai rating gituan sebagai acuan.
Mending liat aja mayoritas orang seluruh dunia (ngak cuman Indonesia yang minoritas di pasar mobil di bumi) berani beli apa. Suruh saya pakai VW Touran ? Mau aja ! Meskipun jd power gituan bilang rating VW jelek, tapi kalau benar jelek, kok bisa jadi world no.2 yah ? Saya yakin mutu VW bagus !
Saya sih sekarang siap SPK Hyundai H1 CRD. Cuman istri saya aja yang nolak, karena selain terlalu gede, juga dia seperti banyak orang Indonesia, rasa pakai Hyundai gengsinya agak " kurang ". Dan saya malas edukasi dia tentang Hyundai, karena saya sadar juga, memang sih piara H1 kalau tiap kali parkir, memang bikin was was.
Toh ada alternatif seperti Nissan Serena ya sudah cukup. Tunggu nanti udah lebih kaya piara supir baru pakai mobil gede. Tapi pada dasarnya, kalau saya di kasih H1, saya pakai kok, ngak bakal saya jual jadiin duit.
Nanti saya kasih data sales Hyundai sebesar apa saat ini. You will be surprised....
Nightster Guy wrote:Hwah?!
Serius om? H miring uda no 4/5 saat ini? Soal2 sales ginian sama sekali bukan bidang ketertarikan saya di otomotif, jadi jarang apdet.
Coba mandi kucing ama mods Abu ah.............![]()
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
di tunggu data nya TM...toyotaman wrote:
Nanti saya kasih data sales Hyundai sebesar apa saat ini. You will be surprised....
kalo ada berikut SPG2 nya sekalian ya

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
ikut nimbrung dikit ttg hyundai.
hyundai baru benar2 akan kuat klo prinsipal mrk di korsel terjun lgs ke indo.
sy dpt kbr (cmiiw) smua produk hyundai blm diproduksi di indo tp msh diimpor dr korsel sana.
beda ma jepang yg udah punya kerjasama tarif antar sesama negara asean.
dari tarif masuk saja sdh tidak kompetitif buat hyundai.
hyundai baru benar2 akan kuat klo prinsipal mrk di korsel terjun lgs ke indo.
sy dpt kbr (cmiiw) smua produk hyundai blm diproduksi di indo tp msh diimpor dr korsel sana.
beda ma jepang yg udah punya kerjasama tarif antar sesama negara asean.
dari tarif masuk saja sdh tidak kompetitif buat hyundai.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Kabarnya segment light truck Hyundai mighty jeblok bgt om. Pernah dgr supplier ortu yg armadanya pake Hyundai banyak yg jebol. Kyk gini yg mau menggeser mbl jepang, kyk nya msh prl waktu yg panjang..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Mungkin salah satu sebabnya, karena masih impor langsung dari Korea ya? Di Korea kan pada patuh tuh untuk tonasenya, jadi awet2, dan Korea juga sebesar apa tho negaranya? masih lebih besar Jawa ya mungkin, jadi rusak dikit, bengkelnya juga deket..BADAK wrote:Kabarnya segment light truck Hyundai mighty jeblok bgt om. Pernah dgr supplier ortu yg armadanya pake Hyundai banyak yg jebol. Kyk gini yg mau menggeser mbl jepang, kyk nya msh prl waktu yg panjang..
Gimana Truk hyundai ngga KO, lha wong ngangkutnya:

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
ikuuuuuuuttttttttNightster Guy wrote:Hwah?!
Serius om? H miring uda no 4/5 saat ini? Soal2 sales ginian sama sekali bukan bidang ketertarikan saya di otomotif, jadi jarang apdet.
Coba mandi kucing ama mods Abu ah.............![]()


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Data paling up to date : Bulan Agustus 2011 :
Hyundai jual 307,320 seluruh dunia bulan Agustus 2011.
http://worldwide.hyundai.com/company-ov ... istNum=293
Kia juga ternyata galak, seluruh dunia dia jual 197,695 mobil di bulan Agustus.
http://www.4-traders.com/news/Kia-Motor ... 785496/Wed
Hyundai dan Kia kan sekarang satu Group, seperti toyota dan daihatsu. Jadi di jadikan satu, bulan Agustus mereka jual 307,320 + 197,695 = 505,015 bulan Agustus.
Kalau di jadiin satu tahun, mereka jual 6,060,180 mobil ! Dan trend mereka kan tumbuh terus, ngak stabil tiap bulan. Jadi bisa nanti akhir tahun 2011 pasti dengan gampang mereka jual lebih dari 6 juta mobil !
6 juta lebih ! Bukan angka yang kecil !
SPG Korea ? Jangan dulu deh. Nanti ganggu konsentrasi bahas topic ini.
Hyundai jual 307,320 seluruh dunia bulan Agustus 2011.
http://worldwide.hyundai.com/company-ov ... istNum=293
Kia juga ternyata galak, seluruh dunia dia jual 197,695 mobil di bulan Agustus.
http://www.4-traders.com/news/Kia-Motor ... 785496/Wed
Hyundai dan Kia kan sekarang satu Group, seperti toyota dan daihatsu. Jadi di jadikan satu, bulan Agustus mereka jual 307,320 + 197,695 = 505,015 bulan Agustus.
Kalau di jadiin satu tahun, mereka jual 6,060,180 mobil ! Dan trend mereka kan tumbuh terus, ngak stabil tiap bulan. Jadi bisa nanti akhir tahun 2011 pasti dengan gampang mereka jual lebih dari 6 juta mobil !
6 juta lebih ! Bukan angka yang kecil !
SPG Korea ? Jangan dulu deh. Nanti ganggu konsentrasi bahas topic ini.
Abu2 wrote:di tunggu data nya TM...toyotaman wrote:
Nanti saya kasih data sales Hyundai sebesar apa saat ini. You will be surprised....
kalo ada berikut SPG2 nya sekalian ya
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Cuman short term Hyundai di Indonesia ngak bisa tumbuh. Susah. Karena cuman andalkan Tucson dan H1. Line-up mereka seluruh dunia ngak ada MPV atau SUV 3 baris yang 1300-1500 cc - segment paling popular di Indonesia saat ini.
Jadi mau pasang SPG paling cakep dan pintar di beres Hyundai, mau langsung muncul 200 beres Hyundai di Indonesia sekarang, tanpa MPV / SUV 150-200 jt, mustahil HMI mau tumbuh cepat. Mau ngak mau mereka harus sabar nunggu prinsipalnya ciptakan mobil baru di segment ini.
Tapi mau koreksi anda, H1 sudah di CKD di Indonesia, dan tadi dengar ternyata Tucson juga sudah di CKD. Entah benar ngak kata sales Hyundai itu. Tapi bisa saja, karena harganya sudah wajar kok.
Jadi mau pasang SPG paling cakep dan pintar di beres Hyundai, mau langsung muncul 200 beres Hyundai di Indonesia sekarang, tanpa MPV / SUV 150-200 jt, mustahil HMI mau tumbuh cepat. Mau ngak mau mereka harus sabar nunggu prinsipalnya ciptakan mobil baru di segment ini.
Tapi mau koreksi anda, H1 sudah di CKD di Indonesia, dan tadi dengar ternyata Tucson juga sudah di CKD. Entah benar ngak kata sales Hyundai itu. Tapi bisa saja, karena harganya sudah wajar kok.
silverlining wrote:ikut nimbrung dikit ttg hyundai.
hyundai baru benar2 akan kuat klo prinsipal mrk di korsel terjun lgs ke indo.
sy dpt kbr (cmiiw) smua produk hyundai blm diproduksi di indo tp msh diimpor dr korsel sana.
beda ma jepang yg udah punya kerjasama tarif antar sesama negara asean.
dari tarif masuk saja sdh tidak kompetitif buat hyundai.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
heheheh asik nih tret!!
bahasan nya informatif dan menarik disertai gaya penyampaian yg enak

jd nambah pengetahuan lg klo ternyata jaringan beres H miring ngga sejarang yg diduga sebelum nya
berarti keliatan nya PR H miring hanya di masalah line-up modewl beserta promosi nya ya?
terjawab semua pertanyaan?? nanti dulu......masih ada satu lg produsen korea yg memiliki produk2 bagus tapi justru memiliki aftersales service selapis dibawah H miring, or begitulah beberapa review yg saya baca disini.....
bahasan nya informatif dan menarik disertai gaya penyampaian yg enak


jd nambah pengetahuan lg klo ternyata jaringan beres H miring ngga sejarang yg diduga sebelum nya

berarti keliatan nya PR H miring hanya di masalah line-up modewl beserta promosi nya ya?
terjawab semua pertanyaan?? nanti dulu......masih ada satu lg produsen korea yg memiliki produk2 bagus tapi justru memiliki aftersales service selapis dibawah H miring, or begitulah beberapa review yg saya baca disini.....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
biar ndak mengganggu konsentrasi di sini, gimana jika kita konsentrasi di topik sebelah ...khusus SPG korea....


toyotaman wrote:---cut---
SPG Korea ? Jangan dulu deh. Nanti ganggu konsentrasi bahas topic ini.
Abu2 wrote:di tunggu data nya TM...toyotaman wrote:
Nanti saya kasih data sales Hyundai sebesar apa saat ini. You will be surprised....
kalo ada berikut SPG2 nya sekalian ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Sebagai perbandingan, raja dunia mobil saat ini, General Motors, saya ngak ketemu angka sales Agustus, cuman di lapornya laba GM naik tajam.
Saya temukan angka sales GM 6 bulan pertama 2011. Sebanyak 4.5 juta mobil. Jadi kalau ngak ada hal hal yang aneh, GM sangat mungkin tahun 2011 bisa jual sekitar 9 juta mobil !
http://www.timesfreepress.com/news/2011 ... -for-no-1/
Padahal rating GM di jd power, CR juga biasa biasa aja. Siapa sangka aje gile belakangan mereka jual begitu banyak mobil. Hyundai Kia Group sekuat kuatnya masih kalah, 6 juta vs GM 9 juta !
Saya temukan angka sales GM 6 bulan pertama 2011. Sebanyak 4.5 juta mobil. Jadi kalau ngak ada hal hal yang aneh, GM sangat mungkin tahun 2011 bisa jual sekitar 9 juta mobil !
http://www.timesfreepress.com/news/2011 ... -for-no-1/
Padahal rating GM di jd power, CR juga biasa biasa aja. Siapa sangka aje gile belakangan mereka jual begitu banyak mobil. Hyundai Kia Group sekuat kuatnya masih kalah, 6 juta vs GM 9 juta !
toyotaman wrote:Data paling up to date : Bulan Agustus 2011 :
Hyundai jual 307,320 seluruh dunia bulan Agustus 2011.
http://worldwide.hyundai.com/company-ov ... istNum=293
Kia juga ternyata galak, seluruh dunia dia jual 197,695 mobil di bulan Agustus.
http://www.4-traders.com/news/Kia-Motor ... 785496/Wed
Hyundai dan Kia kan sekarang satu Group, seperti toyota dan daihatsu. Jadi di jadikan satu, bulan Agustus mereka jual 307,320 + 197,695 = 505,015 bulan Agustus.
Kalau di jadiin satu tahun, mereka jual 6,060,180 mobil ! Dan trend mereka kan tumbuh terus, ngak stabil tiap bulan. Jadi bisa nanti akhir tahun 2011 pasti dengan gampang mereka jual lebih dari 6 juta mobil !
6 juta lebih ! Bukan angka yang kecil !
SPG Korea ? Jangan dulu deh. Nanti ganggu konsentrasi bahas topic ini.
Abu2 wrote:di tunggu data nya TM...toyotaman wrote:
Nanti saya kasih data sales Hyundai sebesar apa saat ini. You will be surprised....
kalo ada berikut SPG2 nya sekalian ya
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Walaupun satu grup macam Avania, toh data penjualan duet Avania ini engga dijadikan satu kan? Lebih baik bicara real data saja sudah cukup kita tau pergerakan duet HyunKia ini.toyotaman wrote:Data paling up to date : Bulan Agustus 2011 :
Hyundai jual 307,320 seluruh dunia bulan Agustus 2011.
http://worldwide.hyundai.com/company-ov ... istNum=293
Kia juga ternyata galak, seluruh dunia dia jual 197,695 mobil di bulan Agustus.
http://www.4-traders.com/news/Kia-Motor ... 785496/Wed
Hyundai dan Kia kan sekarang satu Group, seperti toyota dan daihatsu. Jadi di jadikan satu, bulan Agustus mereka jual 307,320 + 197,695 = 505,015 bulan Agustus.
Kalau di jadiin satu tahun, mereka jual 6,060,180 mobil ! Dan trend mereka kan tumbuh terus, ngak stabil tiap bulan. Jadi bisa nanti akhir tahun 2011 pasti dengan gampang mereka jual lebih dari 6 juta mobil !
6 juta lebih ! Bukan angka yang kecil !
-cut-
Satu lagi, tolong ya, kalau data bulan Agustus 2011, jangan dikalikan dengan 12 bulan untuk memprediksi pertumbuhan setaun.. Setau saya, untuk memprediksi ekspektasi pertumbuhan penjualan, dicompare dengan data penjualan bulan Agustus 2010, dari situ kita bisa lihat, prediksi ke depan untuk setahun. Terlalu dini dan sangat tidak mendasar kalau kita katakan untuk duabelas bulan ke depan diprediksi sekian ribu unit bulan ini dikalikan 12 bulan.
kalau om toyotaman punya data penjualan hyunkia (masing-masing, alias tidak digabung) pada bulan Agustus 2010, kita bisa prediksikan estimasi penjualan paling optimis untuk bulan Agustus 2012.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!
Mantep!
Ini bener2 namanya SM! Forum sharing. Beda opini, saling kukuh berargumen, tapi CLEAN! Sekali lagi, mantep! Teruskan, master2 di atas.... Yang kek gini ini yang dibutuhkan.
*No icon for this post.
Ini bener2 namanya SM! Forum sharing. Beda opini, saling kukuh berargumen, tapi CLEAN! Sekali lagi, mantep! Teruskan, master2 di atas.... Yang kek gini ini yang dibutuhkan.
*No icon for this post.
Das Beste oder nichts.