


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
doq wrote:@maskopat:
itu drier nd yg made in singapure oom(bukan ex lho ya) klo yg japan punya g ngerti brapaan![]()
![]()
PM sent
receiver itu bagian yg mana nya ya oom DOCH?DOHC wrote:kalo beres mungkin ganti2 parts kali om dog.... receiver, dryer, freon dan oli kompressor... trus jasa2 nya.... kayanya kalo itu smua nyampe deh 600 rebu...![]()
jalu wrote:setuju om derby......putaran kompressor AC hubungan eratnya adalah rasio antara puli crankshaft dng puli kompresor AC itu sendiri.
skrg nubie mau bertanya lg nih.......
1. jika di AC rumah ada istilah kapasitas 3/4 PK, 1 PK dst......lantas untuk AC mobil gimana satuannya oom...?? adakah istilah satuan seperti itu untuk di mobil ??
2. Manakah yang menyerap energi lbh besar antara kompresor AC jenis dbl action atau single action..?? mana pula yg terbaik efisiensinya.
ditunggu pencerahan dr pakar2 di SM....![]()
di kalimantan timur bro , napa kemahalandoq wrote:hah....ga salah tu oom??
masang d mana n apa aja yg d ganti??
mahal bener yah.....
mengenai perbedaan sanden dan denso, monggo senior2 yg lbh mumpuni menjelaskan....![]()
wah.......mungkin krn d daerah yah, jadinya mahal gtu........coba liat d page 4 oom, biaya total yg sy keluarkan waktu ganti baru itu "cuma" 3,1jt minus kondensor......solar_kerosen wrote:di kalimantan timur bro , napa kemahalandoq wrote:hah....ga salah tu oom??
masang d mana n apa aja yg d ganti??
mahal bener yah.....
mengenai perbedaan sanden dan denso, monggo senior2 yg lbh mumpuni menjelaskan....![]()
ganti banyak lah ganti Kompressor terus dryer, evopator,kondensor
om doq, itu termasuk ganti pipa2 dan selang kah?doq wrote:wah.......mungkin krn d daerah yah, jadinya mahal gtu........coba liat d page 4 oom, biaya total yg sy keluarkan waktu ganti baru itu "cuma" 3,1jt minus kondensor......solar_kerosen wrote: di kalimantan timur bro , napa kemahalan
ganti banyak lah ganti Kompressor terus dryer, evopator,kondensor
klo plus ganti kondensor baru nambah 900rb aja.......dan itu smua full denso lho
doq wrote:wah.......mungkin krn d daerah yah, jadinya mahal gtu........coba liat d page 4 oom, biaya total yg sy keluarkan waktu ganti baru itu "cuma" 3,1jt minus kondensor......solar_kerosen wrote:di kalimantan timur bro , napa kemahalandoq wrote:hah....ga salah tu oom??
masang d mana n apa aja yg d ganti??
mahal bener yah.....
mengenai perbedaan sanden dan denso, monggo senior2 yg lbh mumpuni menjelaskan....![]()
ganti banyak lah ganti Kompressor terus dryer, evopator,kondensor
klo plus ganti kondensor baru nambah 900rb aja.......dan itu smua full denso lho
Mau tanya nih....Kalo masalah menyalakan AC, lebih baik memang pada RPM rendah, karena compressor AC itu ga didesain untuk disentak sentak atau ON pada waktu RPM tinggi (lain halnya kalo udah nyala terlebih dulu,tapi tetep ga boleh disentak)
Jadi gini lho maksudnya, (Itu AC udah ON terlebih dulu pas start dari tmpat parkir kan?) kalo terlebih dulu AC udah nyala kan itu freon dan oli dah sirkulasi ke seluruh system, jadi untuk sentakan berikutnya akibat ON OFF dari thermostat udah enteng alias beban compressornya udah berkurang, karena udah pada sirkulasi, dan kalo jalan dan pemakaian di jalan normal itu kan RPM ga terlalu naik turun ekstrim... kalo gitu ya ga apa2. Yang serem itu baru start awal RPM tinggi AC baru di idupkan kontaknya atau RPM sering dibejek naik turun secara ekstrim, itu yang bikin sering jebol.. Makanya dibeberapa mobil kan ada cut off compressor AC pada saat mobil disentak. gitu menurut ahlinya yang pernah saya tanya..Debiyarto wrote:Mau tanya nih....
Kalo AC udah nyala, bahkan dinyalakan dari sebelum mobil bergerak dari tempat parkir, kemudian berjalan terus dan masuk tol di waktu subuh dan kecepatan mobil saat itu ada di range 90 kpj., terus compressor nyala sendiri akibat setelan termostat yg udah kita setel, bagaimana caranya waktu compressor nyala tapi gak tersentak??....![]()
Lalu bagaimana caranya kita tahu bahwa compressornya sebentar lagi mau nyala??....
iya nih, sekarang saya juga sedang memikirkan untuk service Air Con. Maklum sudah masuk tahun ke 7 dan mendekati 130.000 km. Tetapi sampai sekarang masih tetap dingin dan bahkan dingin sekali apabila blower belakang juga dihidupkan. Saya khawatir kalau nanti dibuka / service, jadi tidak dingin dengan segala macam masalah. Jadi harus bolak-balik.maskopat wrote:wah, tret oke nih..
sekedar share aja, ane pernah sebel sama bengkel AC. masuk ke sono, 1-2 bulan, pasti ke sono lagi. entah ada yang bocor, AC berasap/embun. akhirnya gak lagi deh ke bengkel itu. padahal udah langganan 8 tahun-an..
sebenernya sih, kalo AC masih dingin, harusnya gak masalah. bener gak sih pernyataan ini? tapi kalo udah mulai gai dingin, harus buru2 service. karena AC yang gak dingin, bisa diakibatkan freon habis. dan biasanya oli ikutan nguap. kalo dipaksakan idupin AC, maka kompresor kerja tanpa oli. bayangin aja seperti mesin kerja tanpa oli..![]()
Wah, kasusnya hampir sama dengan saya nih ; tiap di panteng jalan di atas 130 km/h, pasti AC langsung tidk dingin.. tapi setelah istirahat beberapa saat AC dingin lagi. Mungkin benar kata Penasarn Guy kalau ada Cut off otomatisnya.€lj€p€ wrote:iya nih, sekarang saya juga sedang memikirkan untuk service Air Con. Maklum sudah masuk tahun ke 7 dan mendekati 130.000 km. Tetapi sampai sekarang masih tetap dingin dan bahkan dingin sekali apabila blower belakang juga dihidupkan. Saya khawatir kalau nanti dibuka / service, jadi tidak dingin dengan segala macam masalah. Jadi harus bolak-balik.maskopat wrote:wah, tret oke nih..
sekedar share aja, ane pernah sebel sama bengkel AC. masuk ke sono, 1-2 bulan, pasti ke sono lagi. entah ada yang bocor, AC berasap/embun. akhirnya gak lagi deh ke bengkel itu. padahal udah langganan 8 tahun-an..
sebenernya sih, kalo AC masih dingin, harusnya gak masalah. bener gak sih pernyataan ini? tapi kalo udah mulai gai dingin, harus buru2 service. karena AC yang gak dingin, bisa diakibatkan freon habis. dan biasanya oli ikutan nguap. kalo dipaksakan idupin AC, maka kompresor kerja tanpa oli. bayangin aja seperti mesin kerja tanpa oli..![]()
Satu masalah yang tidak enak saat sekarang ini ialah... apabila jalanan macet yang parah, kompresor bisa berhenti untuk beberapa menit, meskipun kemudian berjalan dengan normal lagi.
MitshuToyo wrote: Wah, kasusnya hampir sama dengan saya nih ; tiap di panteng jalan di atas 130 km/h, pasti AC langsung tidk dingin.. tapi setelah istirahat beberapa saat AC dingin lagi. Mungkin benar kata Penasarn Guy kalau ada Cut off otomatisnya.
Ada pengalaman lain, pernah dua kali gak dingin, dibawa ke bengkel AC ternyata cuma putus Sekringnya.. harganya cuma 5000 perak. Untung bengkelnya super jujur.. padahal gak mudeng AC sama sekali.. misal di bilang kompresornya harus ganti, paling ya nurut saja..
![]()
Benar yang dibilang Penasaran Guy di atas, kalau servis sebaiknya jangan ke bengkel resmi. Pernah air netes di dalam sampai karpet basah semua. Waktu nanyain ke beres sekalian tune up, mereka bilang harus bongkar dashboard.. terkejut jg di bilang begitu. sampai dirumah saya coba lihat2 sendiri .. ternyata saluran hidran dibawah kap mesin mampet.. begitu dibersihkan, langsung ngocor air dari dshboard.. beres dah..
Abu2 wrote:nanya dong...
1.Kira2, apa efek negatif, jika sejak dari baru, temperatur AC, gak pernah di set yg paling dingin (18derajat) ? biasanya di 20-25
2. Mobil2 baru sekarang sepertinya terdapat filter a/c tambahan yg berada di balik laci dashboard. Nah utk filter ini, jika di cabut/tidak dipakai, apakah ada efek negatif.
3. masih terkait, dgn filter ac ini, apakah ada filter a/c racing, seperti simota, k&N ..dll....wkkkwkwkkkkwk
4. untuk tipe ac auto climate control, hal2 apa aja yg perlu diperhatikan untuk perawatannya...
makasih sebelumnya untuk abang2 dan Om2 disini...