
Btw, keren juga ya namanya, kakak kandungnya celica dong


Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
Maksud ane, standar JDM itu tinggi...dan mesin ini dipake juga. Jelas2 Hilux itu dijual di seluruh dunia. Legendaris mana, Hilux apa L300 bwahahahaha....maskopat wrote:jah, cuman mesin jdm... mesin elsape itu mesin global om.. banyak dipake di negara manapun... 4D56 gitu loh.. mesin legendaris...FortunerMan wrote:Kijang juga naik kelas ...dr 1.5/1.8...naik ke 2.0....dari segi platform pun naik pangkat...pake platform badak Hilux, mesin Hilux (mesin JDM lho..dipake di Hiace JDM).maskopat wrote: dan small sedan seperti corolla, civic, lancer sudah naek kelas... dulu small sedan ini mesinnya 1300-1600cc.. untuk lancer (yang ane tahu) versi luarnya tahun 80-an ada yang 1800cc.. nah, sekarang, small sedan ini paling kecil 1800cc.. udah jarang yang di bawah 1600cc...
dari sisi dimensi juga lebih besar small sedan sekarang dibanding small sedan 20-15 thn yll...
sepertinya civic, corolla, lancer sudah masuk ke kelas accord, corona dan gallant jaman dulu.. dari sisi mesin dan dimensi..
pengganti small sedan adalah
Masa dibandingin L300...jauh bener
lagian kan yang ane bandingin mobil yang masih diproduksi.. coba ada hiace di indon.. bisa kita compare... kalo masih ada taft lebih lengkap lagi perbandingannya...
jangan dengan ispan, soalnya sama2 di bawah astra dan di bawah toyota...
Taft? nt pernah tau Toyota Blizzard? ini penampakannya :FortunerMan wrote:Maksud ane, standar JDM itu tinggi...dan mesin ini dipake juga. Jelas2 Hilux itu dijual di seluruh dunia. Legendaris mana, Hilux apa L300 bwahahahaha....maskopat wrote:jah, cuman mesin jdm... mesin elsape itu mesin global om.. banyak dipake di negara manapun... 4D56 gitu loh.. mesin legendaris...
lagian kan yang ane bandingin mobil yang masih diproduksi.. coba ada hiace di indon.. bisa kita compare... kalo masih ada taft lebih lengkap lagi perbandingannya...
jangan dengan ispan, soalnya sama2 di bawah astra dan di bawah toyota...
Nah tuh udah pas banget tuh jawabannya om Dalmandala1 wrote:C'mon om....jgn banding2in L300 sama kijang n panther baru sekarang.... L300 itu semua masih dibuat dari 'stock lama gaya baru'maskopat wrote:tapi masalahnya, kijang dan panther sekarang lebih mahal daripada L300.. 15 tahun yang lalu, L300 lebih mahal daripada kijang dan panther.... sampe sekarang, L300 masih diproduksi..model jadul,teknologi jadul.
Ga ada inovasi apa2 yg ditanam di L300 kecuali grille depannya aja yg beda2,, fyi L300 juga dulu nya namanya Delica....nah apa KTB berani masukin Delica baru kesini? n ambil resiko kehilangan pelanggan setia nya? I don't think so......
Nah yg ini udah dijawab jg sama om FMFortunerMan wrote:Kijang juga naik kelas ...dr 1.5/1.8...naik ke 2.0....dari segi platform pun naik pangkat...pake platform badak Hilux, mesin Hilux (mesin JDM lho..dipake di Hiace JDM).maskopat wrote: dan small sedan seperti corolla, civic, lancer sudah naek kelas... dulu small sedan ini mesinnya 1300-1600cc.. untuk lancer (yang ane tahu) versi luarnya tahun 80-an ada yang 1800cc.. nah, sekarang, small sedan ini paling kecil 1800cc.. udah jarang yang di bawah 1600cc...
dari sisi dimensi juga lebih besar small sedan sekarang dibanding small sedan 20-15 thn yll...
sepertinya civic, corolla, lancer sudah masuk ke kelas accord, corona dan gallant jaman dulu.. dari sisi mesin dan dimensi..
pengganti small sedan adalah
Masa dibandingin L300...jauh bener
Kalo diliat diatas, ane gak lagi bicarain ttg nilai tukar, tapi nilai uang rupiah kita yg turun drastis (atau bahasa kerennya "inflasi tinggi") gitu um Kopatmaskopat wrote:masalah IDR yang makin lemah, yang jadi pertanyaan adalah, dollar naiknya sekitar 100.. tahun lalu dolar bergerak di sekitar 9100-9300.. sekarang di sekitaran 10000-13000... naiknya sekitar 10%... tapi harga mobil2 naiknya lebih daripada itu.:Risol1 wrote:iya setuju nih sama pendapat yg ini.esh wrote:Sebenarnya bukan tokinov yang nggak value of money, tetapi rupiah kita yang makin nggak ada valuenya. CMIIW
Kalo dilihat dari nominalnya, memang kayaknya muahal banget "sebuah kijang" main di harga 200-an juta. Tapi juga perlu diliat, sekarang duit 200 jt bisa dapet mobil apaan?
Kalo kita mao pake analisis "bodoh", liat aja dari historical pricenya kijang dari jaman kijang kotak (grand extra) sampe kapsul. Semua generasi kijang2 tsb selalu dijual dgn harga dibawah small sedan (corolla, civic, lancer) tapi sedikit diatas compact sedan/hatch (kaya starlet, soluna, city, dll).
Dan kalo kita liat harga innova sekarang, memang masih masuk di range harga itu (compact sedan<kijang<small sedan). Jadi sebenernya yg musti disalahin ya mustinya rupiah kita, kenapa nilainya turun drastis selama 12 tahun terakhir (juga karena adanya faktor income yg kenaikkannya gak ngejar inflasi jadi berasanya 200jt mahal).
Soalnya susah juga kalo produsen "dituntut" untuk meningkatkan overal kualitas (kualitas disini termasuk sektor mesin, efisiensi, safety, fitur2, reliability, dsb) dari sebuah mobil di pasar yg mata uangnya drop drastis, TAPI harganya gak boleh naik.
Bisa ngga produsen bikin mobil "seperti kijang" tapi pake harga lama? ya bisa aja, tuh contohnya Avanza/Xenia yg bisa dibilang overall qualitynya dibawah Innova. Itupun suka dijelek2in juga walaupun udah pake harga "lama"
IMO, Panther juga sama ajah, kalo berpuluh2 tahun modelnya masih begitu2 aja tapi harga terus ngikutin innova (dgn asumsi terus berevolusi), pasti nasibnya akan sama kaya L300 minibus alias gak laku.maskopat wrote:emang delica pernah masuk ke sini yak?![]()
![]()
nah, kenapa sekarang panther harganya lebih mahal daripada elsape? padahal teknologinya juga jadoel.. kalo ipah, ane kan udah jelasin secara tersirat, emang udah naek kelas... termasuk civic, lancer, corolla naek kelas..
yang masih tinggal kelas si elsape dan carry...![]()
siapa yang complen ane kan cuman nanya...![]()
Jelas aje bro ipah lbh banyak bensin, lha bedanya yg bensin ama diesel jg lumayan tuh, bisa sekitar 30jt.panther terang aja kurang dperhatikan ama ptinggi astra, lah wong orang sini lebi demen mobil bensin gt, liat aja si ipah di jalanan, banyakan yg bengsin daripada diesel kan... karena paradigma diesel di masyarakat sini kan masih mobil yg brisik, bergetar hebat, bau, servis nya mahal kalo rusak.... sama aja dgn anggapan kalo kijang itu mobil rakyat... like it or not, emang itu uda smacam anggapan masyarakat sini...
elsape masih dipake untuk mobil niaga.. dari jaman kijang makan besi juga elsape dipake niaga atau fleet.. jarang jadi mobil keluarga...Risol1 wrote: IMO, Panther juga sama ajah, kalo berpuluh2 tahun modelnya masih begitu2 aja tapi harga terus ngikutin innova (dgn asumsi terus berevolusi), pasti nasibnya akan sama kaya L300 minibus alias gak laku.
Sekarang pun liat aja di pasaran medium minibus, pasarnya panther udah jauh digerus sama si ipah (bensin maupun diesel), gak kaya dulu jamannya panther kotak vs kijang kotak.....atau panther kapsul vs kijang kapsul.....Dulu Panther itu salesnya gak jauh sama kijang.
Panther sekarang ane bilang banyak ditolong salesnya untuk dijadiin mobil fleet (mobil untuk nyari duit: buat travel, angkutan di daerah2, dll) karena mereka perlu mobil yg murah meriah maintenancenya, irit, reliable, dicekokin solar busuk hayo aja, dsb.
Kalo keadaan ini dibiarkan aja sama ATPM isuzu, bukan gak mungkin 10 thn lagi panther bakalan bernasib sama dengan L300, yg banyakan dibeli hanya karena faktor "harga lebih murah daripada saingannya dan faktor kebandelan"nya tsb dan dipake untuk tujuan nyari duit semata, bukan sebagai family car lagi seperti tujuan si panther mula2
emang apa sih improvement ipah dibanding pendahulunya? paling cuman kursinya yang madep ke depan semua... ngikutin carry... what else? power window, power steering? ada lagi improvementnya? sama2 boyo dan boros..Risol1 wrote: Nah tuh udah pas banget tuh jawabannya om Dal![]()
Susah ngebandingin L300, mobil yg umurnya seperempat abad dan gak ada improvements nya sama sekali dengan kijang, yg terus berevolusi supaya bisa terus ngikutin perkembangan jaman (kemauan konsumennya).
Memang udah jadi rahasia pasar bahwa kalo kita jualan produk yg sama selama 25 tahun tanpa ada inovasi2 yg berarti di produk tsb, maka kita pasti bisa menghemat biaya produksi (akibatnya harga jual lebih bersahabat), TAPI disisi lain produk kita juga akan ditinggal sama konsumennya.
Makanya KTB sekarang memposisikan L300 cuma buat mobil niaga doang alias target konsumen yg gak nuntut macem2, yg penting reliable, kuat angkat barang, dsb.
IMO, bukannya KTB "baik" dengan tidak menaikkan harga L300 sebanyak TAm menaikkan harga Innova, TAPI karena KTB tau bahwa gak akan laku tuh L300 kalopun mereka maksa bikin L300 minibus dan diadu head on sama Innova dengan harga jual yang sama, makanya KTB "pinter", maennya di pasar niaga ajah
tepat om.. celica dulu.. setelah itu delica.. berikutnya eelica... penerusnya felica yang diplesetin jadi felicia... terakhi zelica... zelica ini gabungan carl zeis dan leica...esh wrote: Btw, keren juga ya namanya, kakak kandungnya celica dong![]()
kalo di luar emang namanya sama... dulu..mandala1 wrote:oke mr.mitsu lover....panther sudah banyak melakukan berbagai perubahan dari sektor mesin, kaki2,bodi,n perlengkapan kenyamanan.....sedangkan elsape? apa yg diubah dari dulu? oiya ada perubahan koq dari yg tadinya sparepart pake asli jepang skr udah 80% all lokalmaskopat wrote:emang delica pernah masuk ke sini yak?![]()
![]()
nah, kenapa sekarang panther harganya lebih mahal daripada elsape? padahal teknologinya juga jadoel.. kalo ipah, ane kan udah jelasin secara tersirat, emang udah naek kelas... termasuk civic, lancer, corolla naek kelas..
yang masih tinggal kelas si elsape dan carry...![]()
siapa yang complen ane kan cuman nanya...![]()
btw nt ngaku2 mitsu loper tapi koq ga tau kalo elsape itu delica? coba deh dibuka2 lagi buku sejarah mitsubishi nya......![]()
lebi irit dan bertenaga bro, kijang dulu kan 1800cc, fc 1 :7, skrg naek 2000 cc jg fc kisaran sgitu... power pun jg naek, dari 80an ps jadi 136 ps.... btw ipah boyo ?? mungkin yg nyetir nya baru blajar kali....maskopat wrote:emang apa sih improvement ipah dibanding pendahulunya? paling cuman kursinya yang madep ke depan semua... ngikutin carry... what else? power window, power steering? ada lagi improvementnya? sama2 boyo dan boros..Risol1 wrote: Nah tuh udah pas banget tuh jawabannya om Dal![]()
Susah ngebandingin L300, mobil yg umurnya seperempat abad dan gak ada improvements nya sama sekali dengan kijang, yg terus berevolusi supaya bisa terus ngikutin perkembangan jaman (kemauan konsumennya).
Memang udah jadi rahasia pasar bahwa kalo kita jualan produk yg sama selama 25 tahun tanpa ada inovasi2 yg berarti di produk tsb, maka kita pasti bisa menghemat biaya produksi (akibatnya harga jual lebih bersahabat), TAPI disisi lain produk kita juga akan ditinggal sama konsumennya.
Makanya KTB sekarang memposisikan L300 cuma buat mobil niaga doang alias target konsumen yg gak nuntut macem2, yg penting reliable, kuat angkat barang, dsb.
IMO, bukannya KTB "baik" dengan tidak menaikkan harga L300 sebanyak TAm menaikkan harga Innova, TAPI karena KTB tau bahwa gak akan laku tuh L300 kalopun mereka maksa bikin L300 minibus dan diadu head on sama Innova dengan harga jual yang sama, makanya KTB "pinter", maennya di pasar niaga ajah![]()
ya emang sama elsape = delica,, cuma beda nya orang kita 'dipaksa' nelen model lama bin jadul aja sama KTBmaskopat wrote: kalo di luar emang namanya sama... dulu..
tapi sekarang, mobilnya udah beda antara elsape dan delica.. base nya mungkin sama... tapi barang udah beda...
bagus dunk udan 80% kandungan lokal...![]()
![]()
makin salut ane dengan KTB.. tetap jualan mobil jepang, tapi tetap melakukan investasi untuk pembuatan komponen.. gak kayak merek sebelah.. cuman rakit doang... emang sih mungkin komponen produksi lokal belum sedurabel yang buatan luar.. tapi gak apa2 lah.. mudah2an 5-20 tahun ke depan akan lebih durable...![]()
Hehehe......itu dulu karoseri'an om, kalo ga salah barengan 2 model sama starion,, yg lampu stop blk nya pake Lancer SL'82jalu wrote:waktu msh sekolah yg saya tau L300 = Starwagon....sampe skrg malah kagak tau apa sih starwagon itu ?