wahahahahaha.... harga diri nigh maen nya bro... tapi emang sigh, freed lebi cocok buat kluarga kecil yg baru merit... tapi xtrail masuk jg sigh kalo buat kluarga kecil.... cuman kalo maen nya uda harga diri sigh... xtrail lah....hahahahhahaFortunerMan wrote:Kalo alternatif ya antara mobil baru aja...kalo sama X-trail tentu lain category, kalo buat keluarga jelas lebih praktis Freed. Kalo buat co yg masih punya harga diri (huahahaha) ngapain ambil MPV ya ambil X-Trail.
Kalo udah dilawan sama mobkas ya susah - Mercy S-Class thn 1998 juga pasti lebih mewah dr Freed...harga sama
Honda Freed di Honda Union Serpong
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
tapi kalo MPV nya seperti grandis / mazda5
sepertinya harga dirinya masih tinggi juga kok bro
sepertinya harga dirinya masih tinggi juga kok bro

Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
He he...buat saya sih gak bakal beli MPV/minivan sebelum dipaksa oleh keadaan (alias dipaksa bini). Makanya lahir SUV crossover kan karena trend MPV/Minivan sudah lewat di Amerika - jarang sekali co mau keliatan pake MPV. SUV crossover bisa juga dipake keluarga, tapi harga diri laki masih keliatan karena bentuknya.
Ya ini masalah budaya aja sih...di Indonesia/Asia MPV digemari oleh siapa aja. Nothing wrong juga, saya aja kelamaan jadi budak bule...
Ya ini masalah budaya aja sih...di Indonesia/Asia MPV digemari oleh siapa aja. Nothing wrong juga, saya aja kelamaan jadi budak bule...
-
- SM Affiliate
- Posts: 308
- Joined: Mon Sep 22, 2008 3:31
- Location: Jl. Pecindilan 42
- Daily Vehicle: Toyota Innova
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
boz FortunerMan sementara baru dapet info ttg warna, transmisi, dan 2 tipe S dan E, tar klo udah dapet info lebih lanjut pasti saya share di siniFortunerMan wrote:Bro MikeHonda...kasi foto2 lagi dong. Jualan boleh, kasi infonya juga harus kenceng dong

Toyota auto 2000 Pecindilan
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
-
- SM Affiliate
- Posts: 308
- Joined: Mon Sep 22, 2008 3:31
- Location: Jl. Pecindilan 42
- Daily Vehicle: Toyota Innova
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
hahahadaggerLee wrote:BroMike, yg lbh penting lg discount-nya brp......??![]()
he he he

produk baru gini mana ada diskon boz? malah upping price yang iya

Toyota auto 2000 Pecindilan
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Menurut saya jg kayaknya bakalan segitu sih soalnya logikanya MPV/SUV mustinya lebih mahal ongkos bikinnya daripada sedan.FortunerMan wrote:Mana mungkin 160an. Platform sama dgn City, mesin sama dgn City,....besi lebih banyak...korsi lebih banyak, seatbelt lebih banyak...kaca lebih banyak. Prediksi saya sedikit diatas City...sekitar 270-280an.
Tapi kalo di Indo kan sedan pajaknya jauh lebih gede daripada MPV, mungkin ketolong subsidi di sini.
IMO, Kalo CUMA melihat dari struktur harga produk2 honda sekarang, freed kayaknya bakal dipatok deket2 city (+/- lah). Jadi kalo ternyata beneran freed cuma dihargai sedikit diatas jazz (220-240an), berarti cukup "murah" atau HPM mungkin gak ngambil untung sebanyak jazz di freed ini. Sekali lagi kalo cuma ngeliat trend banderol produk2 honda aja ya....entar banyak yg protes lagi koq freed dibilang murah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
hehehe gw jg ogah beli MPV, apalagi yg model boxy gini. Kayaknya kalo lagi nyetir dan ngeliat kebelakang, banyaaak banget kursi kosongnya huehuehueheu......FortunerMan wrote:He he...buat saya sih gak bakal beli MPV/minivan sebelum dipaksa oleh keadaan (alias dipaksa bini). Makanya lahir SUV crossover kan karena trend MPV/Minivan sudah lewat di Amerika - jarang sekali co mau keliatan pake MPV. SUV crossover bisa juga dipake keluarga, tapi harga diri laki masih keliatan karena bentuknya.
Ya ini masalah budaya aja sih...di Indonesia/Asia MPV digemari oleh siapa aja. Nothing wrong juga, saya aja kelamaan jadi budak bule...

Iya, di US cuma 3 minivan yg bisa bertahan sampe sekarang, itupun yg pake emak2 semua:
1. Honda Odyssey
2. Toyota Sienna
3. Chrysler Town/Country /Dodge Grand Caravan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Lha, Honda juga mobil emak2 juga (kata Top Gear lho). Performa terbaik di F1 juga terjadi setelah mengundurkan diri.
Di sini khan lainlah. Juara balap sirkuit. Mobil gaul.
Hmmmm, sejak Fortunerman ngepost kayak gitu, aku jadi perhatiin : yg nyetir Honda emang rata2 cewek kalau nggak sopir. Hmmmmm. Kadang kenyataan emang hitam.
Jadi boleh khan Honda keluarin MPV, buat para soccer mom dan antar jemput. Ntar juga laris manis. Dulu Mitsu ngeluarin L300 juga laris-laris aja.
Di sini khan lainlah. Juara balap sirkuit. Mobil gaul.
Hmmmm, sejak Fortunerman ngepost kayak gitu, aku jadi perhatiin : yg nyetir Honda emang rata2 cewek kalau nggak sopir. Hmmmmm. Kadang kenyataan emang hitam.
Jadi boleh khan Honda keluarin MPV, buat para soccer mom dan antar jemput. Ntar juga laris manis. Dulu Mitsu ngeluarin L300 juga laris-laris aja.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Mar 31, 2009 8:32
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Maaf, ini cuma pendapat pribadi, mungkin alasan fanatik sama honda..
Waktu kuliah pakai civic wonder, terus kerja ganti genio, terus sekarang ganti all new jazz - tapi juga punya livina xr matic, dan sering nyetir honda mulay maestro pgmf-1, honda crv gen-2, accord gen 6 karena punya mertua...emang rasanya nikmat. Suara mesin khas, handling khas, respon mesin yg terus makin kenceng kalo rpm tinggi makin tinggi, pindah gigi yg mantap, posisi nyetir mantap, bobot setir, rasa menggenggam setir, paddle shift nikmat...
Mungkin karena pengalaman2 ini jadi gak sadar terus kebawa fanatik sama honda, gak liat faktor laen bantingan keras, peredam kurang, kalo ujan berisik, torsi bawah agak kurang, all new jazz plastiknya keliatan gak bagus (rasanya perakitan mah solid2 aja, udah 6 bulan gak ada bunyi2), beres yg aneh, pernah maksa pakai oli tertentu (gak usah sebut brand deh..), kesel sama gaya marketing Jonfis (tapi itulah hebatnya orang ini..he he)
Padahal livina xr nyaman, buat cruising nikmat..ngagolosor.., bantingan lebih empuk, plastik walau keras tapi gak keliatan jelek, setir enteng, lebih irit dari jazz rs nih (bukti sehari-hari rute sama..), lebih murah, bagasi lebih gede...tapi kalo disuruh bilang enak nyupir mana..kok jawabnya enak jazz rs matic..hu hu..yah, gak sadar udah jadi fanatik...
Penggemar merk laen juga pasti punya alasannya kan, yg mungkin gak sadar dibangun dari pengalaman rasa bertahun-tahun - Tapi menggemari sesuatu emang subyektif kayak kenapa ngedukung Juventus, Mancehester United..dll wong kita2 gak dikasih hadiah kok? Sama Honda atau Toyota atau Suzuki atau Nissan juga gak dikasih hadiah....ha ha
Waktu kuliah pakai civic wonder, terus kerja ganti genio, terus sekarang ganti all new jazz - tapi juga punya livina xr matic, dan sering nyetir honda mulay maestro pgmf-1, honda crv gen-2, accord gen 6 karena punya mertua...emang rasanya nikmat. Suara mesin khas, handling khas, respon mesin yg terus makin kenceng kalo rpm tinggi makin tinggi, pindah gigi yg mantap, posisi nyetir mantap, bobot setir, rasa menggenggam setir, paddle shift nikmat...
Mungkin karena pengalaman2 ini jadi gak sadar terus kebawa fanatik sama honda, gak liat faktor laen bantingan keras, peredam kurang, kalo ujan berisik, torsi bawah agak kurang, all new jazz plastiknya keliatan gak bagus (rasanya perakitan mah solid2 aja, udah 6 bulan gak ada bunyi2), beres yg aneh, pernah maksa pakai oli tertentu (gak usah sebut brand deh..), kesel sama gaya marketing Jonfis (tapi itulah hebatnya orang ini..he he)
Padahal livina xr nyaman, buat cruising nikmat..ngagolosor.., bantingan lebih empuk, plastik walau keras tapi gak keliatan jelek, setir enteng, lebih irit dari jazz rs nih (bukti sehari-hari rute sama..), lebih murah, bagasi lebih gede...tapi kalo disuruh bilang enak nyupir mana..kok jawabnya enak jazz rs matic..hu hu..yah, gak sadar udah jadi fanatik...
Penggemar merk laen juga pasti punya alasannya kan, yg mungkin gak sadar dibangun dari pengalaman rasa bertahun-tahun - Tapi menggemari sesuatu emang subyektif kayak kenapa ngedukung Juventus, Mancehester United..dll wong kita2 gak dikasih hadiah kok? Sama Honda atau Toyota atau Suzuki atau Nissan juga gak dikasih hadiah....ha ha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Memang di Indonesia pasar yang gemuk itu di level MPV, makanya semua ATPM berbondong2 mau menjual produk MPV-nya, Nissan dengan GL, Toyota dengan Avanza-Innova, Daihatsu dengan Xenia-Luxio, Mitsu dengan Grandis (koq disamain dengan L300??)... Nah sekarang Honda juga mau join dengan mobil ini, menurut saya sih tidak ada salahnya koqasudarsono wrote:Lha, Honda juga mobil emak2 juga (kata Top Gear lho). Performa terbaik di F1 juga terjadi setelah mengundurkan diri.
Di sini khan lainlah. Juara balap sirkuit. Mobil gaul.
Hmmmm, sejak Fortunerman ngepost kayak gitu, aku jadi perhatiin : yg nyetir Honda emang rata2 cewek kalau nggak sopir. Hmmmmm. Kadang kenyataan emang hitam.
Jadi boleh khan Honda keluarin MPV, buat para soccer mom dan antar jemput. Ntar juga laris manis. Dulu Mitsu ngeluarin L300 juga laris-laris aja.

Memang kalo di luar sih Honda dan Toyota memang imagenya lebih kental sebagai family car & mobil yang reliable dibanding sebagai mobil sirkuit/mobil gaul.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Iya maksud saya L300 yg udah desainnya kayak kotak sabun, interiornya panas dan sempit, boros bahan bakar aja sukses, apalagi Freed
Ready to Race
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
^L300 bukannya laku karna dia mobil niaga dan punya image "bandel"??lah kalo freed kan beda kelas kali...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sat Apr 21, 2007 16:28
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
hahaha...trus benefit lainnya dari si kenop ini, kalau jalan jangan lupa bawa indomie ama tabung gas kecil, kalo laper tinggal .."ctak!!"..indomie matang...hehehe..ALTIMIT wrote:kalo kenop a/cnya sih emang sederhana bro,tapi engineer honda mungkin pertimbangin cost kalo kenopnya rusak,bisa diganti ama kenop kompor gas yang lebih murah![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
komen gw diforum sebelah....
[QUOTE=AlphardVellfire;75047531]Tampilan dashboardnya tampak murahan[/QUOTE]
ya iyalah pasti tampak murahan abis jualnya juga "murah". mobil 2jt yen( 250jt) di Jepang terus distripped down atw spec down jadi 200 jutaaan lebih disini.
Bandingin sama Toy alphard vellfire yg cuma 4 juta Yen lebih artinya notabene 2x Freed tapi dijual ama TAM yg versi stripped down juga 1.1 M ato 4X harga Freed.
Klo kita pake "matematika" yg sm harusnya freed spec Jepang dijual di harga minimal 400/500 jutaan.
Sekarang kita liat yg "kasat mata" apa aja yg di spec down ,AC yg Jepang/JDM pake digital + LCD display yg selisih hrgnya jutaan sm model knob. Material bungkus jok , panel2 pintu, karet pintu, karpet, material dashboard, kain seat belt, cat, dll (semua atpm prakteknya +/- sama). Yg sedikit "ngumpet" spt filter AC ?? , Peredam dll gw cuma perkirakan aja .
Semua spec down itu dihargai 200jutaan. Sekarang gw mau tanya sm yg ikut comment disini, mending full spec dgn hrg 400 jutaan ato stripped down dgn hrg 200jutaan lebih. Mana yg dipilih ?? Klo yg bilang mau full spec tapi hrg lebih murah dr di Jepang kyk APV ato Luxio ya mimpi aja. mana mungkin boss.
Klo udah liat perbandingan gini ketawan sapa yg jual "murah" sama mahal.
FYI gw bukan org HPM ato di company yg ada hubungan dgn mereka ,
gwpun merasa Freed mayan mahal tapi klo dibanding pake perbandingan yg gw sebutin diatas yah masi "untung" lah HPM mau repot2 meretelin features Freed spy harga masi "lebih terjangkau".
Yg penting secara konstruksi dasarnya masih dipake yg std DUNIA.
Kasi conto lagi Volks Tiguan yg hrgnya 800 jt cc nya cuma 2.400cc kelas Harrier sm CRV . mau tau harga aslinya??
Gw ada conto nih gw liat pas kebengkel ,HPM klo ga pake std konst yg global/dunia buat konstruksi boilnya nasib yg nyetir boil ini sptnya uda tamat. boilnya aja uda jadi kyk gini:

Gw masi lebi sayang nyawa gw yg cm 1 , gw ngeri klo pake yg stdnya "abal2" alias disesuaikan pasar spt boil2 yg keliatannya "murah" padahal cuma "kulitnya"/kosmetiknya aja bagus tapi dalemnya "busuK".
Mending kulitnya ga terlalu pake kosmetik tapi dalemannya asli.
konon kt bengkelnya yg pake ni mobil udah ganti mobil baru tapi jenis yg sama.
gw sih cuma sharing aja , no offense . forum kan buat sharing ok.
[QUOTE=AlphardVellfire;75047531]Tampilan dashboardnya tampak murahan[/QUOTE]
ya iyalah pasti tampak murahan abis jualnya juga "murah". mobil 2jt yen( 250jt) di Jepang terus distripped down atw spec down jadi 200 jutaaan lebih disini.
Bandingin sama Toy alphard vellfire yg cuma 4 juta Yen lebih artinya notabene 2x Freed tapi dijual ama TAM yg versi stripped down juga 1.1 M ato 4X harga Freed.
Klo kita pake "matematika" yg sm harusnya freed spec Jepang dijual di harga minimal 400/500 jutaan.
Sekarang kita liat yg "kasat mata" apa aja yg di spec down ,AC yg Jepang/JDM pake digital + LCD display yg selisih hrgnya jutaan sm model knob. Material bungkus jok , panel2 pintu, karet pintu, karpet, material dashboard, kain seat belt, cat, dll (semua atpm prakteknya +/- sama). Yg sedikit "ngumpet" spt filter AC ?? , Peredam dll gw cuma perkirakan aja .
Semua spec down itu dihargai 200jutaan. Sekarang gw mau tanya sm yg ikut comment disini, mending full spec dgn hrg 400 jutaan ato stripped down dgn hrg 200jutaan lebih. Mana yg dipilih ?? Klo yg bilang mau full spec tapi hrg lebih murah dr di Jepang kyk APV ato Luxio ya mimpi aja. mana mungkin boss.
Klo udah liat perbandingan gini ketawan sapa yg jual "murah" sama mahal.
FYI gw bukan org HPM ato di company yg ada hubungan dgn mereka ,
gwpun merasa Freed mayan mahal tapi klo dibanding pake perbandingan yg gw sebutin diatas yah masi "untung" lah HPM mau repot2 meretelin features Freed spy harga masi "lebih terjangkau".
Yg penting secara konstruksi dasarnya masih dipake yg std DUNIA.
Kasi conto lagi Volks Tiguan yg hrgnya 800 jt cc nya cuma 2.400cc kelas Harrier sm CRV . mau tau harga aslinya??
Gw ada conto nih gw liat pas kebengkel ,HPM klo ga pake std konst yg global/dunia buat konstruksi boilnya nasib yg nyetir boil ini sptnya uda tamat. boilnya aja uda jadi kyk gini:


Gw masi lebi sayang nyawa gw yg cm 1 , gw ngeri klo pake yg stdnya "abal2" alias disesuaikan pasar spt boil2 yg keliatannya "murah" padahal cuma "kulitnya"/kosmetiknya aja bagus tapi dalemnya "busuK".
Mending kulitnya ga terlalu pake kosmetik tapi dalemannya asli.
konon kt bengkelnya yg pake ni mobil udah ganti mobil baru tapi jenis yg sama.
gw sih cuma sharing aja , no offense . forum kan buat sharing ok.
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Manteb banget....passenger cagenya gak ternodai 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Gw Copas dr link Honda Japan:










Enjoy....










Enjoy....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Boss, itu kan logika kalau datengin gelondongan dari sono..koolrider wrote: ya iyalah pasti tampak murahan abis jualnya juga "murah". mobil 2jt yen( 250jt) di Jepang terus distripped down atw spec down jadi 200 jutaaan lebih disini.
Bandingin sama Toy alphard vellfire yg cuma 4 juta Yen lebih artinya notabene 2x Freed tapi dijual ama TAM yg versi stripped down juga 1.1 M ato 4X harga Freed.
Klo kita pake "matematika" yg sm harusnya freed spec Jepang dijual di harga minimal 400/500 jutaan.
Sekarang kita liat yg "kasat mata" apa aja yg di spec down ,AC yg Jepang/JDM pake digital + LCD display yg selisih hrgnya jutaan sm model knob. Material bungkus jok , panel2 pintu, karet pintu, karpet, material dashboard, kain seat belt, cat, dll (semua atpm prakteknya +/- sama). Yg sedikit "ngumpet" spt filter AC ?? , Peredam dll gw cuma perkirakan aja .
Semua spec down itu dihargai 200jutaan. Sekarang gw mau tanya sm yg ikut comment disini, mending full spec dgn hrg 400 jutaan ato stripped down dgn hrg 200jutaan lebih. Mana yg dipilih ?? Klo yg bilang mau full spec tapi hrg lebih murah dr di Jepang kyk APV ato Luxio ya mimpi aja. mana mungkin boss.
Klo udah liat perbandingan gini ketawan sapa yg jual "murah" sama mahal.
FYI gw bukan org HPM ato di company yg ada hubungan dgn mereka ,
gwpun merasa Freed mayan mahal tapi klo dibanding pake perbandingan yg gw sebutin diatas yah masi "untung" lah HPM mau repot2 meretelin features Freed spy harga masi "lebih terjangkau".
Yg penting secara konstruksi dasarnya masih dipake yg std DUNIA.
Kasi conto lagi Volks Tiguan yg hrgnya 800 jt cc nya cuma 2.400cc kelas Harrier sm CRV . mau tau harga aslinya??
gw sih cuma sharing aja , no offense . forum kan buat sharing ok.

Lagian itu kan di Jepang. Pabriknya di Jepang, buat bayarnya jg tenaga kerja Jepang, sub contractor part2nya jg Jepang (?) , pembelinya jg Jepang, di pajakin pemerintah Jepang ?
Kabarnya Freed akan di produksi di sini kan ya ? Kalau bayarin tenaga kerja sini, part2nya sebagian dibikin rekanan lokal sini, dst, pasti bisa dong harganya beda jauh..
Tapi yaa itulah kalau cuma jadi bangsa konsumen.. mereka yang jualan yang seneng, kita2 malah saling ribut..

Andai mobil nasional punya sendiri...

Lagi nginjek rem..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
masalah standarisasi / lisensi aja, seperti yg SMer sini pernah utarakan, kalo produsen sudah klaim suatu produk tsb adalah merk "A" or "B" termasuk juga spareparts nya mau berasal darimana pun, semua berarti memenuhi standar pabrikan tsb.
most model toyota yg laris disini juga dari negara semacam thai dan indo, malah diexpor ke negara lainnya.
parts BMW juga ada dari Afrika cmiiw.
jangan nanti dibilang produk A , jadi ga boleh disebut produk A, cuma karena dirakit di negara lain misalnya di amerika atau eropa atau harus yg dirakit di jepangnya aja yang asli.
pabrik produsen banyak dimana2, di beberapa benua.
contoh yg sama terjadi dari produk semacam nokia dll (made in china) s/d sepatu reebok dll (made in indonesia).
most model toyota yg laris disini juga dari negara semacam thai dan indo, malah diexpor ke negara lainnya.
parts BMW juga ada dari Afrika cmiiw.
jangan nanti dibilang produk A , jadi ga boleh disebut produk A, cuma karena dirakit di negara lain misalnya di amerika atau eropa atau harus yg dirakit di jepangnya aja yang asli.
pabrik produsen banyak dimana2, di beberapa benua.
contoh yg sama terjadi dari produk semacam nokia dll (made in china) s/d sepatu reebok dll (made in indonesia).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Nice post bung koolrider 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Tidak semua sependapat dengan ini. Kalau penggemar mobil Peugeot kalau disuruh milih antara yg buatan Inggris dan Indonesia, pasti milih yg Indonesia. Mobil Suzuki Swift CBU (India) dan CKD (Indonesia) rata2 bilang keren yg CBU. Volvo yg buatan Swedia asli lebih dicari dari yg buatan Belanda dst. Daihatsu Sirion lebih dicari dari Perodua Myvi.GTR wrote:masalah standarisasi / lisensi aja, seperti yg SMer sini pernah utarakan, kalo produsen sudah klaim suatu produk tsb adalah merk "A" or "B" termasuk juga spareparts nya mau berasal darimana pun, semua berarti memenuhi standar pabrikan tsb.
most model toyota yg laris disini juga dari negara semacam thai dan indo, malah diexpor ke negara lainnya.
parts BMW juga ada dari Afrika cmiiw.
jangan nanti dibilang produk A , jadi ga boleh disebut produk A, cuma karena dirakit di negara lain misalnya di amerika atau eropa atau harus yg dirakit di jepangnya aja yang asli.
pabrik produsen banyak dimana2, di beberapa benua.
contoh yg sama terjadi dari produk semacam nokia dll (made in china) s/d sepatu reebok dll (made in indonesia).
Sebaliknya Subaru yg JDM, Australia Export dan USDM, orang pilih yg JDM padahal pabriknya gabung di Jepang.
Ford Ranger di Asia Tenggara sama sekali lain dari Ranger di AS.
Di Kemayoran banyak onderdil yg istilahnya KW1, KW2 dst. Zaman dulu VW ada yg buatan Brasil dan Jerman (mau tukeran VW Kombi Jerman ama Brasil punya? Nggak mau khan).
Kalau Reebok sih emang sama di mana2, sayangnya kalau mobil saya lihat lebih kompleks.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
betul..kalo bicara standar "KW" ya ga jelas standarnya, ini kan parts original yg dirakit (& dijual juga) oleh produsennya disini.
cuma kalo design / engineeringnya itu misal yg tipe mesin nya sama = dari pabrik manapun berasal boleh dibilang sama (bukan soal setting ecu/kompresi masing2 negara), termasuk spareparts nya; tulang, chassis, body, kaca.
makanya ada standar nya dari mereka, yg bisa jadi mereka aja yg tau kode referensi nya, misal di nomor2 referensi kaca, yg seems juga di parts mesin/body nya.
mungkin mereka susah juga kalo parts yg udah ada standar global nya seperti ban2, velg, knalpot, aki, sampe baut2 pun harus yg berasal dari jepangnya pdhal ada standar parts utk tiap tipe mobil.
kecuali, yg beda adalah standar parts tiap pabrikan nya, berarti berlaku pula ke semua merk AFAIK dimana ini susah / belum ada ukuran baku nya (mungkin si produsennya yg bisa).
kalo ga ada / ikutin bikin berdasarkan standar, konsistensi reliability general produk nya juga ga bisa standar rata2.
menurut salah satu SMer sini, contoh kualitas interior USDM lebih bagus dari indo utk produk yg sama, ga selalu berlaku mutlak juga. kalo kualitas interior/peredaman, ulasan media asing pun sering mengkritik hal2 beginian terhadap produk rakitan negaranya, mereka ga pernah bilang kalah jauh dari yg versi keluaran pabrik lainnya.
cuma kalo hal2 diluar engineering, misal dibilang, busa jok nya indo sedikit lebih keras daripada amrik, yah mungkin, or suara dari speaker nya lebih cocok yg di amrik, or lebih terang (cocok) versi Jepang yah lampunya karena pake Koito Bulbs daripada Osram (versi eropa), hal2 seperti ini yah mungkin aja.
walaupun, barang CKD itu kalo harganya sama dgn CBU, gw tetep pilih CBU JDM
(tapi tetep aja kayanya CBU version masih beda harga mayan, meskipun gara2 ongkos kirim juga);
yg maybe karena faktor2 yg gw (subyektif) percaya seperti misalnya SDM, keliatan dari montir umum di jepang misalnya disiplin pake sarung tangan dan tertib urut pasang2 mur nya terukur pake torque wrench.
cuma kalo design / engineeringnya itu misal yg tipe mesin nya sama = dari pabrik manapun berasal boleh dibilang sama (bukan soal setting ecu/kompresi masing2 negara), termasuk spareparts nya; tulang, chassis, body, kaca.
makanya ada standar nya dari mereka, yg bisa jadi mereka aja yg tau kode referensi nya, misal di nomor2 referensi kaca, yg seems juga di parts mesin/body nya.
mungkin mereka susah juga kalo parts yg udah ada standar global nya seperti ban2, velg, knalpot, aki, sampe baut2 pun harus yg berasal dari jepangnya pdhal ada standar parts utk tiap tipe mobil.
kecuali, yg beda adalah standar parts tiap pabrikan nya, berarti berlaku pula ke semua merk AFAIK dimana ini susah / belum ada ukuran baku nya (mungkin si produsennya yg bisa).
kalo ga ada / ikutin bikin berdasarkan standar, konsistensi reliability general produk nya juga ga bisa standar rata2.
menurut salah satu SMer sini, contoh kualitas interior USDM lebih bagus dari indo utk produk yg sama, ga selalu berlaku mutlak juga. kalo kualitas interior/peredaman, ulasan media asing pun sering mengkritik hal2 beginian terhadap produk rakitan negaranya, mereka ga pernah bilang kalah jauh dari yg versi keluaran pabrik lainnya.
cuma kalo hal2 diluar engineering, misal dibilang, busa jok nya indo sedikit lebih keras daripada amrik, yah mungkin, or suara dari speaker nya lebih cocok yg di amrik, or lebih terang (cocok) versi Jepang yah lampunya karena pake Koito Bulbs daripada Osram (versi eropa), hal2 seperti ini yah mungkin aja.
walaupun, barang CKD itu kalo harganya sama dgn CBU, gw tetep pilih CBU JDM

yg maybe karena faktor2 yg gw (subyektif) percaya seperti misalnya SDM, keliatan dari montir umum di jepang misalnya disiplin pake sarung tangan dan tertib urut pasang2 mur nya terukur pake torque wrench.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
MitshuToyo wrote:Boss, itu kan logika kalau datengin gelondongan dari sono..koolrider wrote: ya iyalah pasti tampak murahan abis jualnya juga "murah". mobil 2jt yen( 250jt) di Jepang terus distripped down atw spec down jadi 200 jutaaan lebih disini.
Bandingin sama Toy alphard vellfire yg cuma 4 juta Yen lebih artinya notabene 2x Freed tapi dijual ama TAM yg versi stripped down juga 1.1 M ato 4X harga Freed.
Klo kita pake "matematika" yg sm harusnya freed spec Jepang dijual di harga minimal 400/500 jutaan.
Sekarang kita liat yg "kasat mata" apa aja yg di spec down ,AC yg Jepang/JDM pake digital + LCD display yg selisih hrgnya jutaan sm model knob. Material bungkus jok , panel2 pintu, karet pintu, karpet, material dashboard, kain seat belt, cat, dll (semua atpm prakteknya +/- sama). Yg sedikit "ngumpet" spt filter AC ?? , Peredam dll gw cuma perkirakan aja .
Semua spec down itu dihargai 200jutaan. Sekarang gw mau tanya sm yg ikut comment disini, mending full spec dgn hrg 400 jutaan ato stripped down dgn hrg 200jutaan lebih. Mana yg dipilih ?? Klo yg bilang mau full spec tapi hrg lebih murah dr di Jepang kyk APV ato Luxio ya mimpi aja. mana mungkin boss.
Klo udah liat perbandingan gini ketawan sapa yg jual "murah" sama mahal.
FYI gw bukan org HPM ato di company yg ada hubungan dgn mereka ,
gwpun merasa Freed mayan mahal tapi klo dibanding pake perbandingan yg gw sebutin diatas yah masi "untung" lah HPM mau repot2 meretelin features Freed spy harga masi "lebih terjangkau".
Yg penting secara konstruksi dasarnya masih dipake yg std DUNIA.
Kasi conto lagi Volks Tiguan yg hrgnya 800 jt cc nya cuma 2.400cc kelas Harrier sm CRV . mau tau harga aslinya??
gw sih cuma sharing aja , no offense . forum kan buat sharing ok.![]()
Lagian itu kan di Jepang. Pabriknya di Jepang, buat bayarnya jg tenaga kerja Jepang, sub contractor part2nya jg Jepang (?) , pembelinya jg Jepang, di pajakin pemerintah Jepang ?
Kabarnya Freed akan di produksi di sini kan ya ? Kalau bayarin tenaga kerja sini, part2nya sebagian dibikin rekanan lokal sini, dst, pasti bisa dong harganya beda jauh..
Tapi yaa itulah kalau cuma jadi bangsa konsumen.. mereka yang jualan yang seneng, kita2 malah saling ribut..![]()
Andai mobil nasional punya sendiri...
logika bro mitsu juga betul, tapi perlu diingat industri otomotif salah 1 cashcow dr sistem perpajakan kita juga, walopun begitu atpm disini jg masih dpt profit yg cukup bagus.
Saya ambil contoh D. G Max Light PU produksi ADM yg dijual dijepang jd toy Lite Ace, hrg dijepang sekitar 1.5jt yen padahal jelas2 diproduksi dikita. Jadi logikanya klo disini bisa buat dgn lengkap dgn spec Jepang dan disana dijual dgn hrg segitu, hrsnya dikita bisa dijual lebih murah atau sama dgn catatan dpt skema pajak yg sama betul ga?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Tue Aug 14, 2007 2:09
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
blom resmi keluar bahasannya aja dah banyak..
kalo gw dari pihak awam yg ga tau apa2 soal mobil cuman pemakai biasa..
menurutku sih
buat yg pemakai city car jenis honda jazz, swift, yaris or sedan2 kalo mereka melirik untuk upgrade kursi (baca:sdh berkeluarga/bertambah), emang pilihannya ke freed sih.. (kalo duitnya cukup)
en kalo ga cukup yah pindah ke GL :p
gitu aja sih..
temen2 gw yg pada pake jazz sih pada comment mo upgrade ke itu.
simpel, tanpa ba bi bu nanya luasnya apa sebesar inova, kencengnya apa sekenceng GL,tingginya apa setinggi Rush, harganya apa seharga luxio..
mungkin karena brand kali yah.

kalo gw dari pihak awam yg ga tau apa2 soal mobil cuman pemakai biasa..
menurutku sih
buat yg pemakai city car jenis honda jazz, swift, yaris or sedan2 kalo mereka melirik untuk upgrade kursi (baca:sdh berkeluarga/bertambah), emang pilihannya ke freed sih.. (kalo duitnya cukup)
en kalo ga cukup yah pindah ke GL :p
gitu aja sih..
temen2 gw yg pada pake jazz sih pada comment mo upgrade ke itu.
simpel, tanpa ba bi bu nanya luasnya apa sebesar inova, kencengnya apa sekenceng GL,tingginya apa setinggi Rush, harganya apa seharga luxio..
mungkin karena brand kali yah.
Re: Honda Freed di Honda Union Serpong
Ya betul...brand terpercaya, orang awam udah percaya gak usah terlalu pusing. Makanya membangun brand name itu sulit - perlu waktu, tidak datang dr langit, dan harus selalu di maintain.
Ibarat kita ke toko bangunan langganan yg sudah kita percaya, kita santai aja beli disana terus. Tapi kalo dia sekali jual barang nipu, kita pindah ke yg lain. Kalo sudah terkenal toko bangunan tukang tipu, susah sekali menarik pembeli walaupun penjualnya sudah tobat nipu.
Ibarat kita ke toko bangunan langganan yg sudah kita percaya, kita santai aja beli disana terus. Tapi kalo dia sekali jual barang nipu, kita pindah ke yg lain. Kalo sudah terkenal toko bangunan tukang tipu, susah sekali menarik pembeli walaupun penjualnya sudah tobat nipu.