pengalaman ke 1 :
antara tahun 2001-2002 saya (nyetir), mama, bapak, dan adiknya bapak di peugeot 505 dalam perjalanan ke pelabuhan ratu lewat cikidang. tanjakan turunan curam dan tikungan patah nggak masalah buat saya, tapi saat pedal rem yang sedang saya injak pas di turunan panjang mendadak bertambah keras dan keras seperti mesin mobil mati sementara kecepatan mobil bukannya berkurang tapi malah bertambah, cukup bikin keringet dingin menetes. apalagi pedal rem sempet sampai mentok ke dasar.
sempet agak panik, tapi refleks langsung injek kopling pindah dari gigi 3 ke 2 dan tangan kiri narik rem tangan sekuat tenaga.
untung (dasar orang indonesia) saat itu bapak yang duduk di depan nggak ikutan panik, malah dengan tenangnya bertanya "remnya panas...?".
saat bisa berhenti di tempat yang aman, saya periksa tromol rem belakang puanasnya minta ampun sampai keluas asap tipis dan bau sangit. hampir 1 jam kami berhenti, setelah suhu tromol rem menurun kamipun melanjutkan perjalanan dan rem nggak ada masalah.
tetapi saat menghadapi turunan curam lagi dan butuh memperlambat laju kendaraan, kembali rem berulah menjadi keras, lebih keras dari sebelumnya dan terpaksa turunan curam dilalui dengan gigi 1 plus suara mesin yang meraung keras.
setelah saya ingat-ingat, penyebabnya adalah brake shoe belakang yang beberapa hari sebelumnya saya ganti baru dengan yang murah meriah.
pulangnya nggak lewat cikidang lagi, terpaksa lewat parungkuda yang jalanannya rusak parah.
nyaris saja.
pengalaman ke 2 :
masih dengan peugeot 505 dari bandung menuju bsd lewat subang. kali ini hanya saya sendirian. sesaat setelah melewati tangkuban perahu saya ngerasa pedal rem makin lama makin dalam dan mentok.
"wah, pasti seal master atas jebol nih....."
segera saya kocok pedal rem dan berhenti di tempat aman dan memeriksa. untungnya (again-dasar orang indonesia) saya selalu bawa minyak rem di bagasi. sendirian saya bongkar master rem dan mendapati bibir seal-nya sudah mingkem nggak mekar lagi. dipinggir kebon deket hutan mana ada toko spare parts peugeot? kalopun ada pasti saya kabur nggak mau nyamperin....
puter otak sambil jalan-jalan iseng nemu karet gelang, saya coba lilitkan di piston master rem-nya supaya bibir seal bisa mekar lagi.
"bisa berfungsi ya sukur, kalo enggak cari pohon gede aja buat brenti..." pikir saya.
setelah terpasang dan buang angin serta isi minyak rem sampai penuh, mobil saya coba jalankan trus injek rem, BERHASIL...!!!
dan sayapun melanjutkan perjalanan melewati subang menuju rumah di bsd dengan aman sentosa.