MPV Wuling

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 953
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: MPV Wuling

Post by liemivan86 » 12 Mar 2018, 15:00

alvin23 wrote:sekarang cortez lagi media test drive di bromo ya.
sebelumnya ada juga kayaknya semarang jogja. yg jadi perhatian buat saya, rata2 di review youtube, i-amt nya harus digeser ke mode manual pas nanjak. pas kickdown juga katanya rada berisik kl di D.

mungkin ada user yg uda punya unitnya kah?
Betul Om. Se canggih apa pun, AMT tetap lah manual transmission yang diberi komputer. Jadi memang seharusnya dipakai manual. Menurut saya sih, seharusnya hilangkan saja mode D nya, jadi tetap manual tapi minus pedal kopling...

Saya sendiri pernah pakai AMT di alat berat saja, dan memang perpindahan nya harus manual, tidak ada mode D.

Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 05 Mar 2017, 14:05
Location: Bandung

Re: MPV Wuling

Post by Crossoverjersey » 12 Mar 2018, 15:42

Mengecewakan yah wuling matic nya gitu... Gagal maning deh

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: MPV Wuling

Post by Bulgogi » 12 Mar 2018, 17:01

Cuma confero yg worthed to buy.

Trusted GM engineer, not clone.

User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 15 Oct 2016, 19:19

Re: MPV Wuling

Post by bero89 » 12 Mar 2018, 17:35

Mode manualnya guling kates buruk juga hasilnya om?

User avatar
mobilover
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: MPV Wuling

Post by mobilover » 12 Mar 2018, 17:38

Tungguin aja yg versi 1500 cc turbo dengan dual clutch transmission (DCT). Seharusnya lbh enak untuk dibawanya haha.

Saya jg masih pending minang cortez karena AMT nya sama absennya smart keyless entry. Harga naik dikit pun gpp asal dapet mesin turbo dan fiturnya dilengkapin lagi hehe

User avatar
mobilover
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: MPV Wuling

Post by mobilover » 12 Mar 2018, 18:19

https://autonetmagz.com/test-drive-wuli ... 3798517083

Udah ada review artikelnya di autonetmagz. AMTnya cortez sebenarnya bisa banget untuk jalan2 yg nanjak juga seperti pegunungan. Cuma perlu adaptasi dgn cara pakai AMTnya dgn switching dari mode D dan M dan mainin pedal gas.

Cuma kalau nyari fun to drive dengan transmisi AMT kayaknya kurang terpuaskan. Nunggu yg versi turbo dgn DCT aja deh haha

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1442
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: MPV Wuling

Post by alvin23 » 12 Mar 2018, 19:23

mobilover wrote:
12 Mar 2018, 18:19
https://autonetmagz.com/test-drive-wuli ... 3798517083

Udah ada review artikelnya di autonetmagz. AMTnya cortez sebenarnya bisa banget untuk jalan2 yg nanjak juga seperti pegunungan. Cuma perlu adaptasi dgn cara pakai AMTnya dgn switching dari mode D dan M dan mainin pedal gas.

Cuma kalau nyari fun to drive dengan transmisi AMT kayaknya kurang terpuaskan. Nunggu yg versi turbo dgn DCT aja deh haha
Pertama berjalan, terasa sekali bahwa transmisi i-AMT di mobil ini memang masih jauh dari kata halus

Mengambil rute melalui kawasan Nongkojajar, kami langsung bersua dengan jalanan yang sempit, menanjak, dan juga hujan. Pada kondisi ini, transmisi masih berada di posisi D dengan mode sport.

Namun nampaknya keraguan kami tersebut perlahan sirna setelah beberapa tanjakan berhasil dilibas dengan mode manual dari Wuling Cortez ini.

Intinya sayang ya, mungkin nanti pas lg di jkt nyoba td cortez ini. tapi kl dari baca sepertinya masih lebih cocok buat pengguna manual yang pengen nyobain tanpa kopling. Ragu deh kl udh biasa AT, meskipun AT jaman purba bakal seneng. Dulu TD Ignis juga dealbreakernya disitu
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

P47hos
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Samarinda

Re: MPV Wuling

Post by P47hos » 12 Mar 2018, 22:31

Coba Wuling ini kasih test drive ke OtoDriver terus dpt penilaian bagus, besoknya dijamin laris

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1744
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: MPV Wuling

Post by kunaskun » 12 Mar 2018, 23:20

alvin23 wrote:
12 Mar 2018, 19:23
mobilover wrote:
12 Mar 2018, 18:19
https://autonetmagz.com/test-drive-wuli ... 3798517083

Udah ada review artikelnya di autonetmagz. AMTnya cortez sebenarnya bisa banget untuk jalan2 yg nanjak juga seperti pegunungan. Cuma perlu adaptasi dgn cara pakai AMTnya dgn switching dari mode D dan M dan mainin pedal gas.

Cuma kalau nyari fun to drive dengan transmisi AMT kayaknya kurang terpuaskan. Nunggu yg versi turbo dgn DCT aja deh haha
Pertama berjalan, terasa sekali bahwa transmisi i-AMT di mobil ini memang masih jauh dari kata halus

Mengambil rute melalui kawasan Nongkojajar, kami langsung bersua dengan jalanan yang sempit, menanjak, dan juga hujan. Pada kondisi ini, transmisi masih berada di posisi D dengan mode sport.

Namun nampaknya keraguan kami tersebut perlahan sirna setelah beberapa tanjakan berhasil dilibas dengan mode manual dari Wuling Cortez ini.

Intinya sayang ya, mungkin nanti pas lg di jkt nyoba td cortez ini. tapi kl dari baca sepertinya masih lebih cocok buat pengguna manual yang pengen nyobain tanpa kopling. Ragu deh kl udh biasa AT, meskipun AT jaman purba bakal seneng. Dulu TD Ignis juga dealbreakernya disitu
itu komennya autonet aneh banget: AMT mah mumpuni lah selama gear ratio emang imbang dengan bobot dan enjin spec, secara AMT kan emang MT bukan AT... :mky_08:

memang kalau biasa AT bakal bingung karena biasa AT user cuma ketemu: slip kopling ngga, rubber band kalau cvt, lemot ga shiftingnya. nah di AMT ya bener macem di ignis, rada bingung kok AT gini hahaha...

c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: 01 Feb 2017, 10:23

Re: MPV Wuling

Post by c4b13 » 13 Mar 2018, 10:17

emang kapan masuk yg mesin turbo + dct??

saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 17 Oct 2014, 10:36

Re: MPV Wuling

Post by saridin » 13 Mar 2018, 11:06

berarti problem dimatiknya ya? kalo ambil yg M/T utk yg tinggal di kampung macam sy jd gak masalah berarti... barusan sengaja lihat gambarnya, itu logo W diilangin nampaknya jd much better, kalo gak dibilang gak pede.... :mky_01:
|ertelu gx 13||miras glx 14|

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 953
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: MPV Wuling

Post by liemivan86 » 13 Mar 2018, 11:41

Akhirnya pagi ini saya test drive yang tipe C AMT.

Kesan saya:
1. Travel suspension depan pendek, jadi waktu saya tes lewat polisi tidur dalam kecepatan tinggi, dia langsung jedug sebelum Ban mendarat di tanah. Waktu saya coba dengan kecepatan yang lebih rendah, juga tetap jedug, walaupun agak pelan. Baru kalo lewat polisi tidur dengan kecepatan normal polisi tidur, baru tidak jedug.

2. Suara kaki2 mirip seperti suara kaki2 ertiga. Beda dengan Innova dan avanza yang mantap kalo melewati lubang. Tapi ini wajar sih, nama nya juga monocoque. Cuma memang kekuatan kaki2 masih dipertanyakan. Kebetulan unit yang saya coba baru jalan 500 km.

3. AMT. Ini bagian paling kontroversial. Saat dicoba di mode D, AMT ini memang tidak nyaman, karena ada perpindahan gigi yang sangat sangat sangat terasa. Tapi kalo sudah biasa, angkat gas sebelum pindah gigi, akan terasa mendingan. Solusi lain: pakai mode manual. Mode manual nya enak sih, perpindahan gigi lumayan cepat.

4. Karena AMT dan tidak pakai torque converter, pada saat stop and go terasa agak ndut2an. Karena mekanisme kopling yang engage - disengage. Semakin terasa waktu mundur. Ini akan sangat terasa waktu parkir dan kena macet. Menurut saya sih ini lebih karena belum biasa ya.. Kebiasaan bawa CVT..

5. Kenyamanan ok, padahal masih yang semi independent, belum yang tipe L full independent. Ban terasa agak keras, entah angin nya diisi berapa.

6. Mesin cukup responsif. Karena AMT, jadi tidak ada selip kopling atau rubber band effect. Konsumsi bbm, entahlah, tidak perhatikan.

Sebenarnya AMT nya lumayan sih menurut saya, cuma memang kita belum biasa dengan karakter AMT jadi terasa agak aneh. Dan memang dalam mode manual jauh lebih enak, dibanding di mode D.

Overall dengan harga yang ditawarkan, menurut saya ini sangat menarik..

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: MPV Wuling

Post by Bulgogi » 13 Mar 2018, 12:38

saridin wrote:berarti problem dimatiknya ya? kalo ambil yg M/T utk yg tinggal di kampung macam sy jd gak masalah berarti... barusan sengaja lihat gambarnya, itu logo W diilangin nampaknya jd much better, kalo gak dibilang gak pede.... :mky_01:
Bukan problem sih, kurang terbiasa aja om, heheh..

Suzuki aja sampe kampanye "amt begini lho pakenya". Jadi konsumen dipaksa nyesuain karakter transmisinya..

Kalo demen MT, ambil yg AMT harusnya sih ngga masalah Om.. tinggal matiin mode D, jadi dah MT tanpa kopling..

Kemarin TD si cortez, mode manual di amt enak lhooo.. shifting mayan cepet..

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1442
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: MPV Wuling

Post by alvin23 » 13 Mar 2018, 14:27

Duh worry juga kalo kiblatnya ke Chindia, makin banyak mobil AMT instead of pure AT
di India Swift AMT hiks
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

msa
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 09 Aug 2017, 03:29
Location: Bandung
Daily Vehicle: Vios

Re: MPV Wuling

Post by msa » 17 Mar 2018, 11:17

Diskusi ama nyonya dan udah TD juga neh mobil, karna anak baru 2 dan gak urgent juga ambil 7 seater keknya bakal nunggu giias tahun ini dululah, sapa tahu wuling keluarin baojun 530 tahun ini. Memang cari yg tangguh kek rush lama seh yg bentuknya ngotak. Smoga pake turbo dan DCT. Untuk review AMTnya seh menurut saya enak yah, apalagi di sport mode behh tarikannya oke bgt mirip MT. Lebih oke lagi klo ada fitur paddle shiftnya sekalian.

P47hos
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Samarinda

Re: MPV Wuling

Post by P47hos » 18 Mar 2018, 12:37

Yang banyak review dari pengguna Wuling ini di forum mana ya? Klo Ada bisa share link-nya entah dr FB atau forum lain. Trims

Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: 24 Jan 2018, 01:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: MPV Wuling

Post by Swedeppon » 18 Mar 2018, 14:02

P47hos wrote:
18 Mar 2018, 12:37
Yang banyak review dari pengguna Wuling ini di forum mana ya? Klo Ada bisa share link-nya entah dr FB atau forum lain. Trims
Coba bung main ke fb WIFO, banyak review lgs dr ownermya n kebanyakan puas
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12

Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: MPV Wuling

Post by Cloud » 18 Mar 2018, 15:41

Nunggu turbo n dtc? Turbo merk ternama sj byk masalah, semoga yg ini tidak,

mich
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 17 Mar 2018, 20:11

Re: MPV Wuling

Post by mich » 18 Mar 2018, 19:07

Mobil Wuling ini rata rata memang lebih lega atau besar untuk ukuran dibanding mobil sekelasnya dan fitur fitur di top trim juga lebih banyak dibandingkan lawan lawan sekelasnya dengan harganya selalu lebih rendah juga. Bilamana mobilnya memang bandel serta badak akan bikin mobil mobil lain kelihatan over price jadinya.

medkintos
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: 20 Apr 2016, 23:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204
Contact:

Re: MPV Wuling

Post by medkintos » 18 Mar 2018, 19:42

Swedeppon wrote:
P47hos wrote:
18 Mar 2018, 12:37
Yang banyak review dari pengguna Wuling ini di forum mana ya? Klo Ada bisa share link-nya entah dr FB atau forum lain. Trims
Coba bung main ke fb WIFO, banyak review lgs dr ownermya n kebanyakan puas
Bukannya kalo WIFO lebih fanboy-ish ya kaya MiFans gitu...
Editor in Chief for Kendara. web | youtube
------
W204 C180 FL '11
dodge journey '11 AT
hr-v e '16 AT
W166 GLE400 '17
T32 '17

User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 15 Oct 2016, 19:19

Re: MPV Wuling

Post by bero89 » 18 Mar 2018, 20:01

medkintos wrote:
Swedeppon wrote:
P47hos wrote:
18 Mar 2018, 12:37
Yang banyak review dari pengguna Wuling ini di forum mana ya? Klo Ada bisa share link-nya entah dr FB atau forum lain. Trims
Coba bung main ke fb WIFO, banyak review lgs dr ownermya n kebanyakan puas
Bukannya kalo WIFO lebih fanboy-ish ya kaya MiFans gitu...
Mm,,nganu isine bukan kayak Momodbaik ya biasanya, tp yah belum liat juga sih

User avatar
Asfur
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: MPV Wuling

Post by Asfur » 19 Mar 2018, 08:52

Kmrn sudah ngeliat cortez warna coklat metalik parkir di daan mogot baru, apa udah rilis yah cortez ini soalnya ngk ada tempelan Test Drive dibodynya, kalo diliat exteriornya sih sptnya emang ngk gitu gmn ext nya tp fitur2 interiornya yg bikin makyos nih.

salz23
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 14 Dec 2016, 21:40

Re: MPV Wuling

Post by salz23 » 19 Apr 2018, 17:21

Wuling Cortez Luncurkan Varian Termurah Mulai Rp 190 Jutaan
Kamis, 19 April 2018 | 16:45 WIB
Merek China, Wuling Motors kembali menggebrak dengan melepas Cortez varian termurah, berbekal mesin 1.5L.
JAKARTA, KOMPAS.com - Model baru Wuling, Cortez 1.5L, resmi meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis (19/4/2018). Model ini jadi pilihan mesin kedua setelah Cortez 1.8L.

“Hari ini kami membawa varian baru menggunakan platform medium MPV. Meski kami sudah memiliki medium MPV, kami melihat masih ada kebutuhan masyarakat yang belum terjawab. Sebab itu kami meluncurkan cortez 1.5L,” kata Nathan Sun, Sales Director SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors)

Nathan menjelaskan mesin 1.5L yang digunakan Cortez berbeda dari mesin 1.5L pada Confero. Cortez 1.5L berteknologi 4-silinder DOHC, DVVT, dengan tenaga 110 tk dan torsi 142 Nm.


Nathan juga menjelaskan Cortez 1.5L tersedia dua varian, S dan C. Namun keduanya hanya ditawarkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Baca juga : Wuling Cortez Jadi Pilihan Baru Medium MPV

“Untuk membedakan seluruh model kami pilih hanya transmisi manual. Ada kemungkinan kami tawarkan otomatis pada masa depan,” kata Nathan.

Cortez 1.5L S sudah dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD), Isofix, dua kantong udara, dan rem cakram.

Varian C punya semua kelengkapan S tapi ditambah Tire Pressure Monitoring System (TPMS), kamera parkir, sensor parkir, antena sirip hiu, Immobilizer, dan LED daytime running light.


Cortez 1.5L S dijual dengan harga Rp 193,8 juta. Sedangkan varian C Rp 203,8 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... 190-jutaan

medkintos
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: 20 Apr 2016, 23:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204
Contact:

Re: MPV Wuling

Post by medkintos » 20 Apr 2018, 01:30

Ohiya, di yang 1.5 ini electric brake replaced by conventional handbrake
Editor in Chief for Kendara. web | youtube
------
W204 C180 FL '11
dodge journey '11 AT
hr-v e '16 AT
W166 GLE400 '17
T32 '17

User avatar
Joehard30
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: MPV Wuling

Post by Joehard30 » 20 Apr 2018, 08:27

Mantep juga nih si guling, manual 6 speed, g ada d kompetitornya. Body seGD innova harga sama kaya low mpv low trim. Moga laris n durable. Oe g suka pasar mobil cuma didekte satu negara kaya sekarang
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang

Post Reply