Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Halo para suhu sekalian, di dunia maya tentu banyak sudah beredar informasi, fakta dan mitos seputar otomotif yang menarik untuk kita ketahui. Namun karena informasi tersebut terpencar kesana dan kemari tentu akan memakan waktu juga untuk kita mencarinya.
Kali ini saya kembali mengajak para suhu untuk mengumpulkan Informasi-informasi tersebut di forum ini khususnya di Thread ini mudah-mudahan ada manfaatnya.
Silakan berbagi Informasi tentu saja seputar otomotif baik roda 4, roda 2, bus, truk hingga industri pendukung atau parts. Informasi Bisa bersifat umum, brand tertentu atau menunjuk pada salah satu komponen unik yang terpasang pada sebuah kendaraan.
Formatnya adalah dibagian depan diberi tag berikut
# Informasi Menarik
# Fakta dan Mitos
Diikuti oleh kategori umum, nama brand, parts dll dan silakan ditambahkan yang lain. Informasi bisa ditambahkan link website (tidak wajib). Jika ada informasi dari post yang dirasa keliru silakan mengkoreksi namun bagi yang mengkoreksi wajib untuk attach data sahih atau link web yang berkaitan dengan koreksi tersebut. Oke mari kita mulai
# Informasi menarik, umum seputar tuas di setir
Tidak semua orang tahu bahwa mobil buatan jepang dan korea menggunakan tuas setir sebelah kanan sebagai sein dan lampu dan wiper disebelah kiri namun keadaan tersebut berlaku sebaliknya bagi mobil buatan Amerika dn eropa.
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
# Informasi menarik, Lexus LFA seputar saluran udara dimesin
Lexus LFA merupakan mobil sport yang dibuat dengan jumlah terbatas sekitar 500 unit. salah satu bagian unik ada pada mesin yaitu saluran intake udara dimana beberapa orang menyebut bentuknya seperti kepala setan. Bukan hanya bentuknya, saluran ini udara ini didesain oleh para Engineer YAMAHA untuk tidak hanya memberikan asupan udara yang baik keruang mesin sehingga menghasilkan tenaga besar tetapi juga mengahasilkan suara mesin merdu yang dijuluki "roar of angel"
# Informasi menarik, Yamaha seputar Cranck Shaft.
Yamaha merupakan salah satu produsen roda dua yang memiliki banyak lineup produk. Produk sport yang unik dari Yamaha adalah penerapan atau aplikasi crossplane cranck shaft pada beberapa Produk R-series dan MT-Series bermesin inline 2 - 4 silinder. Perbedaannya adalah pada timing order dimana umumnya menggunakan timing 180 atau 360 derajat maka pada Crossplane Cranck Shaft menggunakan 90 - 270 derajat. Aplikasi ini akan menghasilkan timing yang mirip dengan mesin konfigurasi V dengan pengapian normal 180 derajat. Keuntungan konfigurasi Crossplane adalah penyaluran tenaga yang linear ke roda, disamping itu suara mesin juga memiliki ciri unik yang bersuara parau dimana justru banyak juga yang menyukai.
Nah itu dari saya, nanti kalau ada yang ingat saya tambah lagi. Sekarang mohon dari para suhu ikut sharing
Kali ini saya kembali mengajak para suhu untuk mengumpulkan Informasi-informasi tersebut di forum ini khususnya di Thread ini mudah-mudahan ada manfaatnya.
Silakan berbagi Informasi tentu saja seputar otomotif baik roda 4, roda 2, bus, truk hingga industri pendukung atau parts. Informasi Bisa bersifat umum, brand tertentu atau menunjuk pada salah satu komponen unik yang terpasang pada sebuah kendaraan.
Formatnya adalah dibagian depan diberi tag berikut
# Informasi Menarik
# Fakta dan Mitos
Diikuti oleh kategori umum, nama brand, parts dll dan silakan ditambahkan yang lain. Informasi bisa ditambahkan link website (tidak wajib). Jika ada informasi dari post yang dirasa keliru silakan mengkoreksi namun bagi yang mengkoreksi wajib untuk attach data sahih atau link web yang berkaitan dengan koreksi tersebut. Oke mari kita mulai
# Informasi menarik, umum seputar tuas di setir
Tidak semua orang tahu bahwa mobil buatan jepang dan korea menggunakan tuas setir sebelah kanan sebagai sein dan lampu dan wiper disebelah kiri namun keadaan tersebut berlaku sebaliknya bagi mobil buatan Amerika dn eropa.
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
# Informasi menarik, Lexus LFA seputar saluran udara dimesin
Lexus LFA merupakan mobil sport yang dibuat dengan jumlah terbatas sekitar 500 unit. salah satu bagian unik ada pada mesin yaitu saluran intake udara dimana beberapa orang menyebut bentuknya seperti kepala setan. Bukan hanya bentuknya, saluran ini udara ini didesain oleh para Engineer YAMAHA untuk tidak hanya memberikan asupan udara yang baik keruang mesin sehingga menghasilkan tenaga besar tetapi juga mengahasilkan suara mesin merdu yang dijuluki "roar of angel"
# Informasi menarik, Yamaha seputar Cranck Shaft.
Yamaha merupakan salah satu produsen roda dua yang memiliki banyak lineup produk. Produk sport yang unik dari Yamaha adalah penerapan atau aplikasi crossplane cranck shaft pada beberapa Produk R-series dan MT-Series bermesin inline 2 - 4 silinder. Perbedaannya adalah pada timing order dimana umumnya menggunakan timing 180 atau 360 derajat maka pada Crossplane Cranck Shaft menggunakan 90 - 270 derajat. Aplikasi ini akan menghasilkan timing yang mirip dengan mesin konfigurasi V dengan pengapian normal 180 derajat. Keuntungan konfigurasi Crossplane adalah penyaluran tenaga yang linear ke roda, disamping itu suara mesin juga memiliki ciri unik yang bersuara parau dimana justru banyak juga yang menyukai.
Nah itu dari saya, nanti kalau ada yang ingat saya tambah lagi. Sekarang mohon dari para suhu ikut sharing
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mitos.
Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.
Fakta
Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.
tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.
alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.
Fakta
Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.
tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.
alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mitos: ipah, mbl legendaris serba bisa, meyelesaikan masalah tanpa masalah
Fakta: errrrrrrr...........ane ga tau, ga pernah miara+takut kena sleding klo ngomong salah hehe
Fakta: errrrrrrr...........ane ga tau, ga pernah miara+takut kena sleding klo ngomong salah hehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Tue Sep 26, 2017 1:48
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
# Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin
Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.
Note : Dont try to do this
Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.
Note : Dont try to do this
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
nubie numpang gelar tiker sambil nyeruput kopi dan ngunyah roti sumbu.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
IMHO sih bukan mitos om,ginting wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:02 Mitos.
Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.
Fakta
Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.
tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.
alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
D4D saya kalo lg isi solar mau dipenuhin, harus digoyang2in biar turun, busa nya banyak.
Misal nozzle nya udah "cetek" di 20 liter, tp kalo ogut goyang2in dulu, kedengeran itu suara solar nya turun karena banyak angin di dalem, bisa masuk 5-8 liter lg.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5690
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?ambifi wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin
Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.
Note : Dont try to do this
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
crossplane berarti kalo dilihat dari sumbu akan terlihat seperti salib (huruf x atau plus) sehingga sudutnya bukan 90 -270, tetapi ya 0, 90, 180, 270.Pugman wrote: ↑Tue Mar 06, 2018 17:01 Yamaha merupakan salah satu produsen roda dua yang memiliki banyak lineup produk. Produk sport yang unik dari Yamaha adalah penerapan atau aplikasi crossplane cranck shaft pada beberapa Produk R-series dan MT-Series bermesin inline 2 - 4 silinder. Perbedaannya adalah pada timing order dimana umumnya menggunakan timing 180 atau 360 derajat maka pada Crossplane Cranck Shaft menggunakan 90 - 270 derajat. Aplikasi ini akan menghasilkan timing yang mirip dengan mesin konfigurasi V dengan pengapian normal 180 derajat. Keuntungan konfigurasi Crossplane adalah penyaluran tenaga yang linear ke roda, disamping itu suara mesin juga memiliki ciri unik yang bersuara parau dimana justru banyak juga yang menyukai.
atau bisa juga sudutnya tidak dibuat per 90, tetapi bisa diatasnya (100) atau dibawahnya (75, 80, dsb). meski bentuknya bukan salib murni (90 derajat) tetap disebut crossplane.
penyaluran tenaga crossplane crank "tidak linear", tetapi cenderung big bang. yang linear itu screamer. screamer merata tenaganya, dari siklus 2 putaran (720 derajat) dibagi empat (atau per 180 derajat). crossplane urutan tenaganya tidak akan merata, tenaga terkumpul (pada 4 silinder biasanya terpisah jadi 2). dua silinder pengapian berdekatan, terus jeda jauh, dilanjutkan lagi dua silinder yang lain pengapian berdekatan. dari efisiensi justru crossplane ini jelek, karena tenaga tidak linear dan menyebabkan getaran (butuh balancer). adanya komponen tambahan efisiensi mekanis berkurang, atau tenaga turun, atau bbm lebih boros. kelebihan cuma satu buat motogp, degradasi ban berkurang. buat harian, menurut saya gimmick. suara gk menjerit (kurang serem), lebih boros atau tenaga lebih kecil (mana yang dipilih). road use bukan buat murni kebut2an. efek degradasi ban gk kerasa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
isi bensin teorinya tidak perlu diguncang, tapi faktanya banyak udara terjebak di dalam tanki. biasanya pada tanki sepeda motor. mulut inlet lebih rendah posisinya dari permukaan atas tanki. efeknya pasti ada udara di atas tanki. (normalnya tanki tidak boleh isi full bbm, harus ada udara diatasnya). kalau ngisi kepenuhan dan diguncang2, maka masih bisa diisi bensin sedikit.
pada mobil juga gitu, karena banyak busa, untuk mempercepat isi bisa digoncang2.
pada mobil juga gitu, karena banyak busa, untuk mempercepat isi bisa digoncang2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mungkin maksudnya meledak disini itu kayak yg difilm hollywood,sintoni wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 2:38Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?ambifi wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin
Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.
Note : Dont try to do this
atap mobil terbang, ban and parts2 berhamburan...
kalo sekedar menyala and kebakar aja seh masih mungkin kayaknya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
udah pernah dites sama mythbuster kalo saya ga salah inget...coba aja di youtube omsintoni wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 2:38Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?ambifi wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin
Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.
Note : Dont try to do this
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalau soal busa memang pasti ada...tapi itu akan turun seiring berubahnya buih jadi cairan....evanbngdor wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:45IMHO sih bukan mitos om,ginting wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:02 Mitos.
Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.
Fakta
Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.
tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.
alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
D4D saya kalo lg isi solar mau dipenuhin, harus digoyang2in biar turun, busa nya banyak.
Misal nozzle nya udah "cetek" di 20 liter, tp kalo ogut goyang2in dulu, kedengeran itu suara solar nya turun karena banyak angin di dalem, bisa masuk 5-8 liter lg.
soal nozzel yang "cetek" itu sebenarnya peringatan sama petugas bahwa sudah mau penuh...
coba aja isi lagi solarnya, gak usah diguncang2, entar juga turun...
atau dibalik. coba aja kosongin tanki, lalu isi solar dgn cara diguncang guncang...isi terus sampe full 100%...
lalu coba lagi isi dengan metode tidak diguncang2, lalu lihat muat berapa liter....
ambifi wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin
Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.
Note : Dont try to do this
Maksudnya, kalaupun ditembak, iya kebakaran bisa saja terjadi...tapi gak ddduuuuuarrrrrrr,,,meledak kayak film hollywood..
kebakar ya kebakar aja...
btw, sy suka nonton acara Mythbuster di TV Kabel.
Pernaha ada episode dimana si botak dan kawannya satu lagi itu mencoba memacahkan mitos kalau di film itu suka ada adegan mobil jatuh ke jurang, lalu meledak begitu terhempas ke jurang.
sudah beberapa mobil yang mereka jatuhkan tapi tak kunjung meledak..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Tue Sep 26, 2017 1:48
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Ada 3 hal yang diperlukan untuk memicu meledaknya tangki bensin : tekanan udara, panas dan oksigen.sintoni wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 2:38Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?ambifi wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin
Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.
Note : Dont try to do this
Pas tangki bensin ditembak, peluru akan nembus 2 sisi tangki, jd ada dua lubang. Itu bikin udara di dalam tangki keluar dengan cepat sehingga ledakan pun nggak memungkinkan untuk terjadi (tekanan udara berkurang). Panas dari peluru yang ditembakkan pun ga cukup panas untuk memicu percikan api dari bensin.
Kalo ga salah pernah nonton di Discovery Channel. Ada percobaan apakah tangki bensin bisa meledak gara-gara ditembak peluru, mereka nembakin lima peluru ke tangki bensin sebuah mobil.
Hasilnya, nggak ada sedikit pun api yang muncul, apalagi ledakan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Adegan di film suka begini...ambifi wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 3:18Ada 3 hal yang diperlukan untuk memicu meledaknya tangki bensin : tekanan udara, panas dan oksigen.sintoni wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 2:38Lah, tapi misal pas tangki cuma isi setengah bensinnya kan bisa aja om? Kan berarti ada setengah ruang isi udara kan?ambifi wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:32 # Fakta dan Mitos, seputar tangki bensin
Di film, mobil meledak gara-gara di tembak di tangki bensinnya. Ini tidak terjadi di dunia nyata, kecuali bahan bakar mobil tersebut adalah gas.
Karna saat ditembak, masih belum cukup udara dan bensin dalam bentuk gas di ruang bakar untuk menyebabkan ledakan.
Note : Dont try to do this
Pas tangki bensin ditembak, peluru akan nembus 2 sisi tangki, jd ada dua lubang. Itu bikin udara di dalam tangki keluar dengan cepat sehingga ledakan pun nggak memungkinkan untuk terjadi (tekanan udara berkurang). Panas dari peluru yang ditembakkan pun ga cukup panas untuk memicu percikan api dari bensin.
Kalo ga salah pernah nonton di Discovery Channel. Ada percobaan apakah tangki bensin bisa meledak gara-gara ditembak peluru, mereka nembakin lima peluru ke tangki bensin sebuah mobil.
Hasilnya, nggak ada sedikit pun api yang muncul, apalagi ledakan.
setelah kejar kejaran, tebka tembakan... mobilnya bandit terguling dan kakinya kejepit..gak bisa keluar...bensin mulai berceceran dan mengalir..
jagoannya datang dan terjadi dialog...
si bandit minta tolong, tapi dicuekin...dan jagoan pun balik badan dan keluarkan zippo, lempar ke belakang dengan gaya cool dan meledak itu mobil...
(tapi si jagoan tak ada sedikitpun expresi kaget atau nunduk saat ledakan...tapi tetap jalan dengan cool....THE END...
Kalau adegan film Indonesia, si penjahat berhasil dilumpuhkan dan polisi datang dengan Kijang Doyok, di bak belakang ada kursi back to back..
"Ini dia penjahat yang sudah lama kami cari"..
...... TAMAT ..................
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Wah asik ada thread begini... Saatnya bakar bensin.
Klo cari mythbusting2 gini coba liat channel om John Cadogan (autoexpertTV).
Kebanyakan ilmu saya dapet di situ... Penjelasannya logis dan lucu.
Klo cari mythbusting2 gini coba liat channel om John Cadogan (autoexpertTV).
Kebanyakan ilmu saya dapet di situ... Penjelasannya logis dan lucu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1397
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
ginting wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 3:26Adegan di film suka begini...ambifi wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 3:18Ada 3 hal yang diperlukan untuk memicu meledaknya tangki bensin : tekanan udara, panas dan oksigen.
Pas tangki bensin ditembak, peluru akan nembus 2 sisi tangki, jd ada dua lubang. Itu bikin udara di dalam tangki keluar dengan cepat sehingga ledakan pun nggak memungkinkan untuk terjadi (tekanan udara berkurang). Panas dari peluru yang ditembakkan pun ga cukup panas untuk memicu percikan api dari bensin.
Kalo ga salah pernah nonton di Discovery Channel. Ada percobaan apakah tangki bensin bisa meledak gara-gara ditembak peluru, mereka nembakin lima peluru ke tangki bensin sebuah mobil.
Hasilnya, nggak ada sedikit pun api yang muncul, apalagi ledakan.
setelah kejar kejaran, tebka tembakan... mobilnya bandit terguling dan kakinya kejepit..gak bisa keluar...bensin mulai berceceran dan mengalir..
jagoannya datang dan terjadi dialog...
si bandit minta tolong, tapi dicuekin...dan jagoan pun balik badan dan keluarkan zippo, lempar ke belakang dengan gaya cool dan meledak itu mobil...
(tapi si jagoan tak ada sedikitpun expresi kaget atau nunduk saat ledakan...tapi tetap jalan dengan cool....THE END...
Kalau adegan film Indonesia, si penjahat berhasil dilumpuhkan dan polisi datang dengan Kijang Doyok, di bak belakang ada kursi back to back..
"Ini dia penjahat yang sudah lama kami cari"..
...... TAMAT ..................
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kenyataanginting wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 1:02 Mitos.
Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.
Fakta
Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.
tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.
alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
Saya isi bensin sampe luber, trus saya goyang2x mobilnya, turun lagi tuh bensinnya.
Malah kadang ampe muncrat pas turun.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo RWD, make sense.Pugman wrote: ↑Tue Mar 06, 2018 17:01 ..cut..
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
..cut..
Kalo FWD, bukannya ban depan nantinya malah selip mulu krn kurang traksi?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
mitos : 1.aki mobil umur pakai nya 2-3thn
2.bensin SPBU COCO lebih baik dan lebih akurat
Kenyataan : 1.selama pakai mbl aki nya selalu GS hybrid ijo,rutin dirawat tiap bulan cek air aki...rata2 umur aki 4thn bahkan innova bensin bs 4,5thn
2. yaa klo bahan bakar nya sering muter ya bagus,contoh disini dexlite ngga laku,ya basi....spbu coco yg 1 lg dex nya ngga laku,ttp beda lah rasanya sm spbu coco yang dex nya laku keras dan sering dpt kiriman baru
2.bensin SPBU COCO lebih baik dan lebih akurat
Kenyataan : 1.selama pakai mbl aki nya selalu GS hybrid ijo,rutin dirawat tiap bulan cek air aki...rata2 umur aki 4thn bahkan innova bensin bs 4,5thn
2. yaa klo bahan bakar nya sering muter ya bagus,contoh disini dexlite ngga laku,ya basi....spbu coco yg 1 lg dex nya ngga laku,ttp beda lah rasanya sm spbu coco yang dex nya laku keras dan sering dpt kiriman baru
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Nope.adityabp wrote:Kalo RWD, make sense.Pugman wrote: ↑Tue Mar 06, 2018 17:01 ..cut..
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
..cut..
Kalo FWD, bukannya ban depan nantinya malah selip mulu krn kurang traksi?
Kalo mobil 2wd better ban yang bagus kasih belakang.
Krn ban depan ilang traksi bisa dikontrol pake steering.
Ban blakang ilang traksi wassalam... jd hrs kita pastikan ban blakang gak kehilangan traksi supaya se amsiong2nya bokong ndak liar.
Plus, di mobil FF ban depan masih dapet extra traction klo mobil mesin depan... Krn pembagian beban mayoritas di depan.
Mau FWD juga punya tendency oversteer tergantung setting suspensi.
Om Fitra pernah bahas juga di salah 1 videonya klo ndak salah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 655
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
#Informasi menarik...
Kendaraan2 di area ground handling bandara yg ceper2 itu macam push-back car, mobil ada tangganya, dll. Seringnya ngeliat merek hyundai.
Itu dijual berdasarkan pesanan atau diproduksi massal ya..?
Kendaraan2 di area ground handling bandara yg ceper2 itu macam push-back car, mobil ada tangganya, dll. Seringnya ngeliat merek hyundai.
Itu dijual berdasarkan pesanan atau diproduksi massal ya..?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
#Mitos;
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
https://www.viva.co.id/otomotif/601680- ... sin-kenapa
Sekedar sharing....
#wendy-,mana-wendy...harusnya dia lebih tahu...
Sekedar sharing....
#wendy-,mana-wendy...harusnya dia lebih tahu...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Bagaimana jika kena aquaplanning?ChZ wrote: ↑Wed Mar 07, 2018 4:42Nope.adityabp wrote:Kalo RWD, make sense.Pugman wrote: ↑Tue Mar 06, 2018 17:01 ..cut..
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
..cut..
Kalo FWD, bukannya ban depan nantinya malah selip mulu krn kurang traksi?
Kalo mobil 2wd better ban yang bagus kasih belakang.
Krn ban depan ilang traksi bisa dikontrol pake steering.
Ban blakang ilang traksi wassalam... jd hrs kita pastikan ban blakang gak kehilangan traksi supaya se amsiong2nya bokong ndak liar.
Plus, di mobil FF ban depan masih dapet extra traction klo mobil mesin depan... Krn pembagian beban mayoritas di depan.
Mau FWD juga punya tendency oversteer tergantung setting suspensi.
Om Fitra pernah bahas juga di salah 1 videonya klo ndak salah...
Selama ini saya pake RWD, kalo kena aquaplanning (stir tiba2x belok tapi mobil tetap lurus), saya cukup lepas gas.
Saya gak kebayang kalo FWD kena aquaplanning. Yg pasti salah satu roda depan pasti slip. Kalo ditambah stir yg tiba2x belok, waduh kayaknya ngeri nih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36