Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by ongisnade »

erwinign wrote: Tue Feb 20, 2018 5:44
ongisnade wrote: Tue Feb 20, 2018 4:28 Saya pake free flow filter sakura di fortuner VNT. Pemakaian mulai km 5 ribuan hingga kini hampir 90 ribu km. Terasa sekali bedanya dengan filter kertas terutama saat diatas 100 km/jam terdengar jelas suara aliran udara dari dalam kabin karena moncong isapnya dekat pengemudi, mengasikkan. Untuk mobil berpiggy sangat terasa efeknya. Stop n go juga terasa lebih enak shifting gear di rpm yg lebih rendah.

Di CX5 saya pake K&N juga terasa sekali efeknya. RPM lebih cepat naik dari filter biasa dan transmisi juga lebih gesit di posisi D. Sangat lelet/telmi kalo pake filter ori. Dengan kNN jarang pake sport mode.

Perawatan mudah, cuci pakai air+sabun cuci piring sunlight keringkan dan olesi oli.
itu filter sakura free flow yang tipe biasa ato gimana ya om?
Yang racing bro, stainless + cotton gaze mudah dicuci gak perlu ganti. Sakura murah dulu 450 rb, kalau knn 950 rb buat fortuner. Sampai 90 rb km blm ganti.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by kunaskun »

marmut wrote: Tue Feb 20, 2018 5:34 imo, ini negara tropis banyak debu, selama pemakaian harian dan bukan buat keperluan resing ya pake filter standar saja.
argumen ini dipatahkan K&N Di webnya, kalau istilah dulu: free flow mah iya nyaring ga tuh, nah K&N ada lab test untuk hal ini. dan well filter racing yang dimaksud itu jangan disamakan dengan filter free flow cotton gauze seperti keluaran K&N karena biar mirip tapi beda.

saya si belasan tahun pake filter kaya gini. alasannya: murah dari segi long term, untuk irit dan lebih kenceng dsb buat saya ga ngaruh. tapi murah karena filter ori (jangan sebut Sakura cs) di mobil yang saya pake harga per pcs itu 200 ribu (sekarang turun harga jadi 130 ribu) dan diganti tiap 20 ribu km dan tidak boleh disemprot2 udara karena bahannnya wet oiled paper dari sananya. K&N dulu saya beli 700 ribu. artinya 5 filter tambah 50 ribu saya dapat K&N dengan segala bonus. dan well filter standard di 10 ribu km dibandingkan filter standard baru saja tarikannya terasa beda. apalagi dibandingkan K&N yang kalau rajin seperti saya tiap 10 ribu km dicuci dan diminyakin (padahal aslinya itu tiap 40 ribu miles kalau ga salah).
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Satya21 »

Kira2 kalau pakai k&n atau filter sejenis, dapat sedikit membantu mengurangi lemotnya tarikan awal anki at bensin om?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Herman7103 »

Saya baru beberapa bulan pake filter K&N, alasan krn reusable utk tujuan long term. Yg saya rasakan lbh enakan kayaknya.
:glodak:
HR15DE 2014
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by efact »

Ga banyak om.. kalopun naik, paling 1% maksimal.. itupun pas lagi flat out..
Yg signifikan pengaruhnya biasa nya sugesti si driver nya aja imho.. krn berasa udh keluar duit utk filter mahal, efeknya mobil jd berasa entengan aja.. padahal cobain dehh ditarik data akselnya before after.. pasti mirip2.. :mrgreen:

Malah filter model gini perawatannya kudu rutin dibersihin.. utk kasus yg stainless mesh, pernah sy liat ada yg sammpe penyok2 kesedot intake gara2 ownernya males ngebersihin...
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by devin96 »

mobil jazz ge8 saya pake filter replacement ferrox yg saya rasakan dari filter std sih beda nya ya cuma dikit aja, paling pas kalo lagi mau narik buat nyalip2 bus gitu terasa lebih plong dikit dan sensasi suara nya lebih terasa whoshhh pas di tarik, menandakan udara yang masuk ke mesin makin banyak. Cuma ya klo udh pake filter replacement gini owner harus lebih rajin bersih2 nya karna lebih cepet kotor, dan perawatan kalo ferrox gampang cuma mobil air aja sama sabun cuci piring, ga ada sabun cuci piring jg gpp sih dan ga perlu oli, beres cuci tinggal jemur aja terus pasang lagi deh.

Kelemahan filter ferrox yg ane liat sih ada beberapa kasus ane liat di instagram gara2 owner gapernah bersihin jadi filter nya bengkok2 gitu karna udara masuk ketahan debu2, so harus rajin2 bersihin maksimal 2000 km lah..tp ane karna emg hobi bersih2 mobil jadi kadang pas bersihin ruang mesin suka gatel aja kalo ga buka box filter udara wkwwk jadi kadang masih bersih tuh filter saya cuci lagi dan selalu sedia filter udara cadangan (kebetulan ada apex jg, knn versih murah) buat cadangan klo pas lg nyuci ferrox dan belum kering dan mobil mau dipake.

nah kalo apex dlu sempet pake ya mirip2 aja sih rasanya sama ferrox, cuma filter cotton based gitu lebih repot rawat nya harus pake deterjen dan oli. Karna mahal kalo beli clener dan oli bisa di akalin pake sabun cuci piring dan oli samping motor. Filter udara cotton based kayak knn lebih bagus filtrasi nya dari yg model stainless, cuma ya itu repot bersihin dan klo sampe kebanyakan kasih oli malah mampet dan MAF sensor bisa kotor...utk jangka panjang bagi pengguna filter replacement mungkin bisa sedia MAF sensor cleaner kayak crc, atau pake contact cleaner bersihin sendiri gampang kok
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by evanbngdor »

Ogut pake di GNKI D4D sih K&N lumayan signifikan ya beda nya. Ferrox sih ogut ngga rekomen, karena daya saringnya kurang banget, memang plong sih.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by marzoochi »

Setuju oom, pake filter K&N juga di MarkX, pertama dari segi longterm cost, beli di harga 900rb, bisa untuk 2 kali ganti filter asli Toyota. Secara filter asli bawaan Toyota nya dah 400rb sekali ganti.
Akselerasi lebih enak, apalagi pas mode sport.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by exflowly »

marmut wrote: Tue Feb 20, 2018 5:34 imo, ini negara tropis banyak debu, selama pemakaian harian dan bukan buat keperluan resing ya pake filter standar saja.
Setuju om. Ternyata filter Toyota asli standard kertas buat Innova, Fortuner dan terutama Land Cruiser itu flownya beda lho sama Sakura/etc. Harga 380 ribu (kalo masih sama) itu gak bisa boong dibandingin sama yang 100-200an. Yang asli Toyota itu pake lama walaupun keliatan dekil tapi flownya masih bagus. Yang OEM-grade pas awal memang rasanya enteng kayak asli, pas dah mulai kotor mulai mampet dah.

Pernah bawa Innova Diesel pake Ferox sekitar 1000km, selang pembuangan uap oli dari valve cover parah banget kotornya. Kotorannya kayak pasir halus. Ini ni yang ngamplas mesin pelan-pelan dari dalem. Belon pernah pake KNN filter di Innova Diesel.

Pernah juga pake KNN di Nissan duluuuu banget, setiap kali mau jalan jauh langsung kudu bersihin, ada kali tiap 5000km. Akhirnya ganti balik filter kertas karena capek ngebersihin...
kunaskun wrote: Tue Feb 20, 2018 9:59 argumen ini dipatahkan K&N Di webnya, kalau istilah dulu: free flow mah iya nyaring ga tuh, nah K&N ada lab test untuk hal ini. dan well filter racing yang dimaksud itu jangan disamakan dengan filter free flow cotton gauze seperti keluaran K&N karena biar mirip tapi beda.
saya si belasan tahun pake filter kaya gini. alasannya: murah dari segi long term, untuk irit dan lebih kenceng dsb buat saya ga ngaruh. tapi murah karena filter ori (jangan sebut Sakura cs) di mobil yang saya pake harga per pcs itu 200 ribu (sekarang turun harga jadi 130 ribu) dan diganti tiap 20 ribu km dan tidak boleh disemprot2 udara karena bahannnya wet oiled paper dari sananya. K&N dulu saya beli 700 ribu. artinya 5 filter tambah 50 ribu saya dapat K&N dengan segala bonus. dan well filter standard di 10 ribu km dibandingkan filter standard baru saja tarikannya terasa beda. apalagi dibandingkan K&N yang kalau rajin seperti saya tiap 10 ribu km dicuci dan diminyakin (padahal aslinya itu tiap 40 ribu miles kalau ga salah).
Kalau saya jualan KNN so pasti saya bakal bilang hal yang sama om kun. Tapi ya untuk case om kun kalau filter standarnya memang wet oiled paper ya saya rasa sama KNN 11-12 dah. Boleh tau mobil apa om?
Rakean wrote: Tue Feb 20, 2018 5:31 kalo mobil nya dipake belusukan atau sering ke daerah2 berdebu, prefer pake filter standard ajah sih, lebih aman
Setuju 100%.
adityabp wrote: Tue Feb 20, 2018 4:01 Itu ngasih olinya kebanyakan.
Kalo saya, setelah filter KNN dilumuri oli, filter saya tiriskan dulu.
Caranya, filter dialasin koran trus disenderin ke dinding, pastikan arah gotnya vertikal.
Tunggu sampai kelebihan olinya dah luber di bawah, trus dibalik (putar 180 derajat) tiriskan lagi biar olinya rata.
Selama pakai filter jenis ini (KNN, JFC), gak pernah ngalamin MAF sensor sampai error.
Thank you buat tipsnya om adit. Dulu saya sampe kadang vacuum segala ~ jadi pake vacuum cleaner sambil dilapis kaos singlet bekas kita vacuum tuh filter abis ditiris. Dari singlet itu saya liat kalo dah gak ada oli yang keisep lagi berarti siap pasang. Jadi keinget dulu repotnya masang filter ginian dan ternyata dari segi HP/torsi ya agak lebih lincah tp ya saya terus terang masih agak penasaran.

Makanya lagi order buat mobil tua ane efeknya bakal gimana. Rencananya filter ini dipake cuman buat saat tertentu aja. Untuk daily driving saya liat filter saya cukup diganti dua taon sekali ~ 20 rb km.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by exflowly »

erwinign wrote: Mon Feb 19, 2018 16:17 kalo ferrox gimana om2 semua? budget saya ndak nyampe kalo k&n he he he
Kalau mobilnya Innova seri lama (bukan ANKI) dan mau coba, saya punya Ferrox nganggur di rumah ~ cuman pake sekitar 800km ~ kondisi bersih.

Nggak saya pake lagi pas ngeliat uap olinya diesel juga tambah kotor...
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by paidjho »

Silahkan pilih antara hemat, Filtrasi atau kenaikan performance yg gak seberapa...


https://www.bobistheoilguy.com/airfilter/airtest1.htm


Me, standard wae lah....

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by Salvanost »

Make ferrox di outlander sport...
Dah make 3-4 tahun? Sekitar 30000km
Ga pernah dibersihin
Ga kotor.... pernah direndam 1x doank buat cek kotor apa ga

Terakhir ke bengkel spesialis mitsu
Katanya masih bersih... (bagian dalam mesin)
Cek intake manifold masih bersih (ada kotor tapi saya dikasih tunjuk ke intake manifold mobil lain kalau kotor keraknya kaya apa, dan emang mobil saya kondisinya jauh lebih bersih)

Di bagian ruang pembakaran, cek busi masih bagus
Sekalian carbon clean juga kotor tapi ga kotor2 banget (asap dari knalpot pas carbon clean juga ga terlalu kotor)
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by PRBS »

Btw tempat/bengkel yg as authorized K&N di jakarta dimana ya?

Saya mau cari replacement filternya C26.. katanya serinya sama dengan punya T32..
Last edited by PRBS on Wed Feb 21, 2018 3:50, edited 1 time in total.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by marmut »

exflowly wrote: Tue Feb 20, 2018 18:33
-

Setuju om. Ternyata filter Toyota asli standard kertas buat Innova, Fortuner dan terutama Land Cruiser itu flownya beda lho sama Sakura/etc. Harga 380 ribu (kalo masih sama) itu gak bisa boong dibandingin sama yang 100-200an. Yang asli Toyota itu pake lama walaupun keliatan dekil tapi flownya masih bagus. Yang OEM-grade pas awal memang rasanya enteng kayak asli, pas dah mulai kotor mulai mampet dah.

-
kalo masalah flow saya nggak bisa ngerasain bedanya. tapi yang jelas filter udara merk daihatsu dengan merk sakura, yang saya sebut terakhir lebih gampang kotor.
kondisi jalan bisa dibilang sama, 70% tol jorr.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by silentIm2 »

filter udara gampang kotor itu berarti partikel yang terfiltrasi makin banyak.
kalo filter ga gampang kotor berarti banyak partikel mikro yang lolos. saya pake sakura maupun standar umur maks 20,000 km saja.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by exflowly »

paidjho wrote: Wed Feb 21, 2018 0:56 Silahkan pilih antara hemat, Filtrasi atau kenaikan performance yg gak seberapa...

https://www.bobistheoilguy.com/airfilter/airtest1.htm

Me, standard wae lah....
Nambahin dikit dah buat referensi utk KNN, hasil akhir ya balik ke owner masing-masing.

https://www.youtube.com/watch?v=uf2Do9dQzn4

https://www.youtube.com/watch?v=gE6moItrZNg

marmut wrote: Wed Feb 21, 2018 3:49 kalo masalah flow saya nggak bisa ngerasain bedanya. tapi yang jelas filter udara merk daihatsu dengan merk sakura, yang saya sebut terakhir lebih gampang kotor.
kondisi jalan bisa dibilang sama, 70% tol jorr.
Kalau di saya bensin/solar jadi lebih boros, turun sekitar 1km/l untuk kondisi rute mayoritas stop-and-go (macet, jalan dalam kota sekitar 90%, tol paling 10%). Kalo dah agak lama (lebih dari 30rb km) kadang borosnya sampai turun 2km/l utk filter kotor. Tapi kalo asli Toyota berdasarkan pengalaman saya turunnya gak sampai 2km/l, dia stabil di 1km/l tapi memang respons gas agak lbh lambat namun nyaris tak terasa.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by paidjho »

exflowly wrote:
paidjho wrote: Wed Feb 21, 2018 0:56 Silahkan pilih antara hemat, Filtrasi atau kenaikan performance yg gak seberapa...

https://www.bobistheoilguy.com/airfilter/airtest1.htm

Me, standard wae lah....
Nambahin dikit dah buat referensi utk KNN, hasil akhir ya balik ke owner masing-masing.

https://www.youtube.com/watch?v=uf2Do9dQzn4

https://www.youtube.com/watch?v=gE6moItrZNg

marmut wrote: Wed Feb 21, 2018 3:49 kalo masalah flow saya nggak bisa ngerasain bedanya. tapi yang jelas filter udara merk daihatsu dengan merk sakura, yang saya sebut terakhir lebih gampang kotor.
kondisi jalan bisa dibilang sama, 70% tol jorr.
Kalau di saya bensin/solar jadi lebih boros, turun sekitar 1km/l untuk kondisi rute mayoritas stop-and-go (macet, jalan dalam kota sekitar 90%, tol paling 10%). Kalo dah agak lama (lebih dari 30rb km) kadang borosnya sampai turun 2km/l utk filter kotor. Tapi kalo asli Toyota berdasarkan pengalaman saya turunnya gak sampai 2km/l, dia stabil di 1km/l tapi memang respons gas agak lbh lambat namun nyaris tak terasa.
Kondisi seteleh sekali lewat pasir bromo, Dan abis hujan...
IMG-20170425-WA0002.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by exflowly »

paidjho wrote: Wed Feb 21, 2018 8:00 Kondisi seteleh sekali lewat pasir bromo, Dan abis hujan...

IMG-20170425-WA0002.jpg
Wkwkwkwkwk.... saya sama Jakarta aja pake filter kertas, apalagi bromo. Pake filter bungkus kali...wkwkwkwk...

Akhir tahun 2016 juga ke sana dan juga ujan, pake Fortuner bensin tapi filter gak tambah kotor parah si. Tapi memang gak dibawa masuk ke kawahnya hehehehe...
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by paidjho »

Eh, salah yg bawah filter cabin... Dah di delete masih ke upload...

Piss.... [emoji6][emoji120][emoji120][emoji120]
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by dieselman228 »

paidjho wrote: Wed Feb 21, 2018 8:00
exflowly wrote:
paidjho wrote: Wed Feb 21, 2018 0:56 Silahkan pilih antara hemat, Filtrasi atau kenaikan performance yg gak seberapa...

https://www.bobistheoilguy.com/airfilter/airtest1.htm

Me, standard wae lah....
Nambahin dikit dah buat referensi utk KNN, hasil akhir ya balik ke owner masing-masing.

https://www.youtube.com/watch?v=uf2Do9dQzn4

https://www.youtube.com/watch?v=gE6moItrZNg

marmut wrote: Wed Feb 21, 2018 3:49 kalo masalah flow saya nggak bisa ngerasain bedanya. tapi yang jelas filter udara merk daihatsu dengan merk sakura, yang saya sebut terakhir lebih gampang kotor.
kondisi jalan bisa dibilang sama, 70% tol jorr.
Kalau di saya bensin/solar jadi lebih boros, turun sekitar 1km/l untuk kondisi rute mayoritas stop-and-go (macet, jalan dalam kota sekitar 90%, tol paling 10%). Kalo dah agak lama (lebih dari 30rb km) kadang borosnya sampai turun 2km/l utk filter kotor. Tapi kalo asli Toyota berdasarkan pengalaman saya turunnya gak sampai 2km/l, dia stabil di 1km/l tapi memang respons gas agak lbh lambat namun nyaris tak terasa.
Kondisi seteleh sekali lewat pasir bromo, Dan abis hujan...

IMG-20170425-WA0002.jpg

aduh kagak ikut masuk bromo nih mobil saya om :big_childish:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by paidjho »

paidjho wrote: Wed Feb 21, 2018 8:13 Eh, salah yg bawah filter cabin... Dah di delete masih ke upload...

Piss.... [emoji6][emoji120][emoji120][emoji120]
Aneh ini di Android apps Ada 2 foto, dibuka dr browser foto nya dah bener...

🙏🙏🙏
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by paidjho »

dieselman228 wrote: Wed Feb 21, 2018 9:33
paidjho wrote: Wed Feb 21, 2018 8:00
exflowly wrote:
Nambahin dikit dah buat referensi utk KNN, hasil akhir ya balik ke owner masing-masing.

https://www.youtube.com/watch?v=uf2Do9dQzn4

https://www.youtube.com/watch?v=gE6moItrZNg




Kalau di saya bensin/solar jadi lebih boros, turun sekitar 1km/l untuk kondisi rute mayoritas stop-and-go (macet, jalan dalam kota sekitar 90%, tol paling 10%). Kalo dah agak lama (lebih dari 30rb km) kadang borosnya sampai turun 2km/l utk filter kotor. Tapi kalo asli Toyota berdasarkan pengalaman saya turunnya gak sampai 2km/l, dia stabil di 1km/l tapi memang respons gas agak lbh lambat namun nyaris tak terasa.
Kondisi seteleh sekali lewat pasir bromo, Dan abis hujan...

IMG-20170425-WA0002.jpg

aduh kagak ikut masuk bromo nih mobil saya om :big_childish:

One-day om... One-day....
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by iwing »

kalo saya pakai sakura dan ganti setahun sekali kalo mo mudik lebaran meskipun setahun jalan dibawah 5 ribu km kwkwkwkw. murah meriah
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by maastricht889 »

iwing wrote: Wed Feb 21, 2018 14:49 kalo saya pakai sakura dan ganti setahun sekali kalo mo mudik lebaran meskipun setahun jalan dibawah 5 ribu km kwkwkwkw. murah meriah
dibanding air filter oem tarikannya gimana om? om pake mobil apa ya?
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ganti filter udara K&N/Ferrox, apa ada pengaruh signifikan?

Post by iwing »

erwinign wrote: Wed Feb 21, 2018 14:53
iwing wrote: Wed Feb 21, 2018 14:49 kalo saya pakai sakura dan ganti setahun sekali kalo mo mudik lebaran meskipun setahun jalan dibawah 5 ribu km kwkwkwkw. murah meriah
dibanding air filter oem tarikannya gimana om? om pake mobil apa ya?
tarikan nya sama aja sih om. mobil sx4 fl. kalo mo tarikan enak, saya akan campur bbm nya dengan pertabo 100 ribu. bbm saya selama ini selalu pertamax. terasa bener bedanya kalo campur gitu. oli pake fastron gold 5w-30