MPV Wuling

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 666
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: MPV Wuling

Post by josomba » 13 Jan 2018, 12:20

Koddy wrote:
13 Jan 2018, 09:14
Btw. Kalau ngomong mesin China jelek, kok sekarang banyak pabrikan pake mesin China buat proses produksinya yah?

Kalau cepat rusak/jebol, logikanya ga akan mereka investasi beli itu mesin produksi berkelanjutan. Walau mungkin dibilang lifespan ga se-lifetime merk terkemuka, namun yang penting kan dalam lifespan tersebut tidak boleh rusak/jebol berkepanjangan yang mengganggu proses produksi.

Share sedikit + lagi2 OOT.

Kalau dulu saya di pabrik plastik, alat2nya sebagian masih Jepang tp yg baru2 memang china. Kenapa china? Betul jelas murah. Bisa dipake 20 tahun macem yg jepang? Tentu jelas bisa....ada tapinya...yaitu maintenance lebih rutin drpd yg Japs made. Meskipun demikian, total overall maintenance cost tetep lebih murah yg China. Di sisi lain, kapasitas produksi jepang misalkan 1000 parts per jam dengan efisiensi 90%, China bisa 2000 parts dengan efisiensi 60-70%. Di sini dah pasti pilih China.

Pemilik yg kejar profit tentu menginginkan angka maintenance cost.kecil toh, dipilih lah yg china....dengan konsekuensi engineering jd lebih banyak kerjaan. Kalo kata boss dulu "ya biar sering2 praktek". Kendala yg dulu dialami juga sih harness, selang2, dll udah sesuai dengan part number di manualnya, tp pas dijejerin bisa beda2 dimensi. Engineering harus improvisasi lg potong2 atau sambung2, lagi2 bos ngmg "biar keliatan kreatif".

Versi Too Long Didn't Read (TLDR): Mesin China durable memang jika di-abused, tp lebih merepotkan .... Kasusnya kalo di tempat saya dulu pabrik plastik ya.
Image
Image

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2420
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: MPV Wuling

Post by b8099ok » 13 Jan 2018, 12:38

Koddy wrote:
13 Jan 2018, 09:14
Btw. Kalau ngomong mesin China jelek, kok sekarang banyak pabrikan pake mesin China buat proses produksinya yah?

Kalau cepat rusak/jebol, logikanya ga akan mereka investasi beli itu mesin produksi berkelanjutan. Walau mungkin dibilang lifespan ga se-lifetime merk terkemuka, namun yang penting kan dalam lifespan tersebut tidak boleh rusak/jebol berkepanjangan yang mengganggu proses produksi.
Pdhl chinese food enak,... :big_love:
Tune and drive! :big_love:

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: MPV Wuling

Post by alvin23 » 13 Jan 2018, 12:43

josomba wrote:
13 Jan 2018, 12:20
Koddy wrote:
13 Jan 2018, 09:14
Btw. Kalau ngomong mesin China jelek, kok sekarang banyak pabrikan pake mesin China buat proses produksinya yah?

Kalau cepat rusak/jebol, logikanya ga akan mereka investasi beli itu mesin produksi berkelanjutan. Walau mungkin dibilang lifespan ga se-lifetime merk terkemuka, namun yang penting kan dalam lifespan tersebut tidak boleh rusak/jebol berkepanjangan yang mengganggu proses produksi.

Share sedikit + lagi2 OOT.

Kalau dulu saya di pabrik plastik, alat2nya sebagian masih Jepang tp yg baru2 memang china. Kenapa china? Betul jelas murah. Bisa dipake 20 tahun macem yg jepang? Tentu jelas bisa....ada tapinya...yaitu maintenance lebih rutin drpd yg Japs made. Meskipun demikian, total overall maintenance cost tetep lebih murah yg China. Di sisi lain, kapasitas produksi jepang misalkan 1000 parts per jam dengan efisiensi 90%, China bisa 2000 parts dengan efisiensi 60-70%. Di sini dah pasti pilih China.

Pemilik yg kejar profit tentu menginginkan angka maintenance cost.kecil toh, dipilih lah yg china....dengan konsekuensi engineering jd lebih banyak kerjaan. Kalo kata boss dulu "ya biar sering2 praktek". Kendala yg dulu dialami juga sih harness, selang2, dll udah sesuai dengan part number di manualnya, tp pas dijejerin bisa beda2 dimensi. Engineering harus improvisasi lg potong2 atau sambung2, lagi2 bos ngmg "biar keliatan kreatif".

Versi Too Long Didn't Read (TLDR): Mesin China durable memang jika di-abused, tp lebih merepotkan .... Kasusnya kalo di tempat saya dulu pabrik plastik ya.
ada satu lagi, jaman sekarang, teknologi alat makin cepet updatenya. Jadi daripada awet2in mesin jerman ampe 20 tahun, mendingan lembiru tiap 5 tahun tp bisa ningkatin kapasitas wkwk. Gitu sih menurut beberapa orang.

Tapi mungkin kalo pabrik plastik/kimia yang continous ga seekstrim ini ya penerapannya.
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

fikrebi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 13 Jun 2016, 21:47

Re: MPV Wuling

Post by fikrebi » 13 Jan 2018, 12:54

Bulan lalu abis jalan ke cina
Emang wuling ini pasaran banget di sana
Cuma ntah kenapa liat mobil cina di sana >5tahun uda pada ancur
Sama sering pake titi(grab nya cina) kok kalo uda tua dikit pada ancur interiornya(rattle di mana") sama suaranya mesinnya kasar yak
Sorry no offense

Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 04 Dec 2017, 20:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: AllNewRush

Re: MPV Wuling

Post by Mkresnap » 13 Jan 2018, 13:00

Sebenernya urusan teknologi memang china cuku maju terutama karena mereka disana mendukung reverse engineering, jangankan mesin mobil, mesin sukhoi aja di reverse engineering walaupun nggak bisa sehebat aslinya, ya itulah china. Kalo masalah ngasih harga murah mereka juaranya tapi inget sekali lagi ada konsekuensi dimana produk harusnya dibuat dengan harga sekian tapi dikurangi costnya, inget aja, nanti dibilang haters lagi IMHO

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1648
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: MPV Wuling

Post by jivos » 13 Jan 2018, 13:26

Edit deui... :mrgreen:

ada cara lain kah buat test bq n reliability tanpa hrs bli atopun tunggu waktu?

Apa test buka tutup daun pintu 100 kali?
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: MPV Wuling

Post by newrubble » 13 Jan 2018, 13:51

biasakan kalo liat xterior brg baru itu merem.........selebihnya baru melek
jgn terbalik
(ini kalo sy ya)

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: MPV Wuling

Post by newrubble » 13 Jan 2018, 13:59

jivos wrote:
13 Jan 2018, 13:26
Edit deui... :mrgreen:

ada cara lain kah buat test bq n reliability tanpa hrs bli atopun tunggu waktu?

Apa test buka tutup daun pintu 100 kali?
tggu dia tabrakan n standing still d pol-sek/res
di indo kan kalo ada brg baru pd berlomba duluan

nah nonton sj dulu 2thn pertama
mmg jij akan bayar lbh krn rupiah yg lbh drop
(atau jij akan bayar less krn tdk laku)
tapikan lbh baik kluar wang u itu

drpd kluar wang u kuburan.......yg ini biar 1st batch buyers sj krn mrk dummies
sukur sukur nih fabriek dah tutup sblm 2thn
kalo tutup investor untung krn covered by lloyd's

Venturtle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: MPV Wuling

Post by Venturtle » 13 Jan 2018, 14:00

b8099ok wrote:
13 Jan 2018, 12:38
Koddy wrote:
13 Jan 2018, 09:14
Btw. Kalau ngomong mesin China jelek, kok sekarang banyak pabrikan pake mesin China buat proses produksinya yah?

Kalau cepat rusak/jebol, logikanya ga akan mereka investasi beli itu mesin produksi berkelanjutan. Walau mungkin dibilang lifespan ga se-lifetime merk terkemuka, namun yang penting kan dalam lifespan tersebut tidak boleh rusak/jebol berkepanjangan yang mengganggu proses produksi.
Pdhl chinese food enak,... :big_love:
dim sum .. :big_love:
Ini Pun Akan Berlalu :big_biglaugh: :mky_02:

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1648
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: MPV Wuling

Post by jivos » 13 Jan 2018, 14:12

newrubble wrote:
13 Jan 2018, 13:59
jivos wrote:
13 Jan 2018, 13:26
Edit deui... :mrgreen:

ada cara lain kah buat test bq n reliability tanpa hrs bli atopun tunggu waktu?

Apa test buka tutup daun pintu 100 kali?
tggu dia tabrakan n standing still d pol-sek/res
di indo kan kalo ada brg baru pd berlomba duluan

nah nonton sj dulu 2thn pertama
mmg jij akan bayar lbh krn rupiah yg lbh drop
(atau jij akan bayar less krn tdk laku)
tapikan lbh baik kluar wang u itu

drpd kluar wang u kuburan.......yg ini biar 1st batch buyers sj krn mrk dummies
sukur sukur nih fabriek dah tutup sblm 2thn
kalo tutup investor untung krn covered by lloyd's
Xixixi....lbh baik duduk manis jd penonton dl y :mky_01:
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

uncledog
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 09 Jan 2018, 07:53

Re: MPV Wuling

Post by uncledog » 13 Jan 2018, 14:16

jivos wrote:
13 Jan 2018, 14:12
newrubble wrote:
13 Jan 2018, 13:59
jivos wrote:
13 Jan 2018, 13:26
Edit deui... :mrgreen:

ada cara lain kah buat test bq n reliability tanpa hrs bli atopun tunggu waktu?

Apa test buka tutup daun pintu 100 kali?
tggu dia tabrakan n standing still d pol-sek/res
di indo kan kalo ada brg baru pd berlomba duluan

nah nonton sj dulu 2thn pertama
mmg jij akan bayar lbh krn rupiah yg lbh drop
(atau jij akan bayar less krn tdk laku)
tapikan lbh baik kluar wang u itu

drpd kluar wang u kuburan.......yg ini biar 1st batch buyers sj krn mrk dummies
sukur sukur nih fabriek dah tutup sblm 2thn
kalo tutup investor untung krn covered by lloyd's
Xixixi....lbh baik duduk manis jd penonton dl y :mky_01:
Wkwkwkwk,,, Memangnya om abis jadi penonton 2 taun masih mau beli mobil ini???,,,, wkwkwk :big_blushing:

uncledog
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 09 Jan 2018, 07:53

Re: MPV Wuling

Post by uncledog » 13 Jan 2018, 14:17

Venturtle wrote:
13 Jan 2018, 14:00
b8099ok wrote:
13 Jan 2018, 12:38
Koddy wrote:
13 Jan 2018, 09:14
Btw. Kalau ngomong mesin China jelek, kok sekarang banyak pabrikan pake mesin China buat proses produksinya yah?

Kalau cepat rusak/jebol, logikanya ga akan mereka investasi beli itu mesin produksi berkelanjutan. Walau mungkin dibilang lifespan ga se-lifetime merk terkemuka, namun yang penting kan dalam lifespan tersebut tidak boleh rusak/jebol berkepanjangan yang mengganggu proses produksi.
Pdhl chinese food enak,... :big_love:
dim sum .. :big_love:
char siu :emo-big_love: jadi laperrrr

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1648
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: MPV Wuling

Post by jivos » 13 Jan 2018, 14:23

uncledog wrote:
13 Jan 2018, 14:16
jivos wrote:
13 Jan 2018, 14:12
newrubble wrote:
13 Jan 2018, 13:59


tggu dia tabrakan n standing still d pol-sek/res
di indo kan kalo ada brg baru pd berlomba duluan

nah nonton sj dulu 2thn pertama
mmg jij akan bayar lbh krn rupiah yg lbh drop
(atau jij akan bayar less krn tdk laku)
tapikan lbh baik kluar wang u itu

drpd kluar wang u kuburan.......yg ini biar 1st batch buyers sj krn mrk dummies
sukur sukur nih fabriek dah tutup sblm 2thn
kalo tutup investor untung krn covered by lloyd's
Xixixi....lbh baik duduk manis jd penonton dl y :mky_01:
Wkwkwkwk,,, Memangnya om abis jadi penonton 2 taun masih mau beli mobil ini???,,,, wkwkwk :big_blushing:
Mau aja um...nunggu scrap besi tuanya..buat d jadiin pagar kebon :mky_01:
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1650
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: MPV Wuling

Post by kunaskun » 13 Jan 2018, 16:32

ChZ wrote:
13 Jan 2018, 02:43
Emang susah ya klo bawaan udah baperan... mslhnya banyak orang baperan pol...

lagi seneng honeymoon sama mobilnya jadi fanboy... giliran masalah komplen jadi hater militan lebay banget komplennya...

Mau mobil, mau motor (ngonda vs yamihul), mau henpon (fanboy apel kroak vs fanboy robot), mau kamera (conan vs nokin)... kelakuan mirip semua :big_biglaugh:

dua spesies yang sama-sama ngeselin dan ironisnya terkadang kedua spesies ini adalah orang yang sama...

kadang kan gini , merasa udah cape-cape nabung kerja buat beli tuh barang, jadi baper dan emosional... lah ini mobil kan gue beli pake duit gue... jadi ini yang paling perfect. Ada kekurangan (ya kadang ngerasa kok mereka ada kekurangan) pun jadinya denial ... ah enggak ah gak ada kekurangan kok... kan belinya pake duit gue hasil cape cape nabung...
nah inilah enaknya jadi produsen di indo, gimana control and remoting those crowd so called fanboy :mky_01: apalagi org indo seneng katanya, dikasih racelogic tetep bilang kenceng :mky_01: dikasi tau spek plat body sekian mm tetep di ketok2 karena katanya ketok2 itu pertanda bagus ga pake dempul dan plat tebel... :mky_01: dikasi tahu isi angin ban itu pake nitrogen biar ga cepet kempes dibilang boong udara itu isinya juga nitrogen... :mky_01: dikasi tau isi radiator fluid pake ori bawaan pabrik jgn yg laen malah pamer ini saya sudah sekian tahun pake air tetesan AC rumah tuh campur beli aja preston di luaran yang warnanya sama... :mky_01:

btw kalau nabung mending.. hasil kredit makanya lebih baper lagi :mky_01:

gobale
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 25 Sep 2008, 08:20

Re: MPV Wuling

Post by gobale » 13 Jan 2018, 18:12

sekali lagi....akibat medsos...semua pengen eksis dan punya status....berbahagialah para pemilik perusahaan kredit dan asuransi....demo....demo....

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16975
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: MPV Wuling

Post by Turboman » 14 Jan 2018, 07:24

Datipada bahas yang mboten2 dan tak ada guna nya

Bagaimana jika bahas ttg AMT ?

apa saja kekurangan2 AMT sejauh ini yang ditemukan pada mobil3 ber AMT ?

Apa yang harus diperhatikan utk jangka panjang pada sistem AMT ?

Thx sebelumnya

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: GO+

Re: MPV Wuling

Post by mike22 » 14 Jan 2018, 08:11

Turboman wrote:
14 Jan 2018, 07:24
Datipada bahas yang mboten2 dan tak ada guna nya

Bagaimana jika bahas ttg AMT ?

apa saja kekurangan2 AMT sejauh ini yang ditemukan pada mobil3 ber AMT ?

Apa yang harus diperhatikan utk jangka panjang pada sistem AMT ?

Thx sebelumnya
Finally, thanks...

Pernah nyoba amt di suzuq itu bikin saya kayak baru pertama bawa mobil. Ya sepertinya amt diciptakan buat negara padat penduduk yg supermacet (india, china, dll) jadi sekedar buat mengistirahatkan kaki kiri.

iritbensin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 11 Dec 2013, 22:40

Re: MPV Wuling

Post by iritbensin » 14 Jan 2018, 09:12

Kualitas bahan interiornya gmn sih??itu softpad2, solid ga?kerapihan jahitan dll..merawat softpad2 kaya gtu kan ga semudah marawat plastik biasa

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: MPV Wuling

Post by liemivan86 » 14 Jan 2018, 09:14

Soal AMT, menurut saya, sebelum test drive atau setir, ekspektasi kita harus di adjust dulu. Ini AMT, bukan Matic, jadi tetap ada perpindahan gigi, pasti ada jeda nya, bukan seperti Matic yang langsung masuk gigi.

Says kadang berpikir, lebih baik AMT itu mode D nya dihilangkan saja, supaya orang tidak berpikir itu Matic konvensional. Selain itu, kalo kita pindah kan manual, kita akan expect perpindahan gigi, jadi ya mungkin akan terasa mendingan ya...

Tapi saya belum pernah coba AMT di mobil kecil sih. Asli penasaran sana AMT wuling ini..

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16975
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: MPV Wuling

Post by Turboman » 14 Jan 2018, 10:52

mike22 wrote:
Turboman wrote:
14 Jan 2018, 07:24
Datipada bahas yang mboten2 dan tak ada guna nya

Bagaimana jika bahas ttg AMT ?

apa saja kekurangan2 AMT sejauh ini yang ditemukan pada mobil3 ber AMT ?

Apa yang harus diperhatikan utk jangka panjang pada sistem AMT ?

Thx sebelumnya
Finally, thanks...

Pernah nyoba amt di suzuq itu bikin saya kayak baru pertama bawa mobil. Ya sepertinya amt diciptakan buat negara padat penduduk yg supermacet (india, china, dll) jadi sekedar buat mengistirahatkan kaki kiri.
ada jedut2 yah

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1151
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: MPV Wuling

Post by Penikmat_Kopi » 14 Jan 2018, 11:02

Turboman wrote:
14 Jan 2018, 10:52
mike22 wrote:
Turboman wrote:
14 Jan 2018, 07:24
Datipada bahas yang mboten2 dan tak ada guna nya

Bagaimana jika bahas ttg AMT ?

apa saja kekurangan2 AMT sejauh ini yang ditemukan pada mobil3 ber AMT ?

Apa yang harus diperhatikan utk jangka panjang pada sistem AMT ?

Thx sebelumnya
Finally, thanks...

Pernah nyoba amt di suzuq itu bikin saya kayak baru pertama bawa mobil. Ya sepertinya amt diciptakan buat negara padat penduduk yg supermacet (india, china, dll) jadi sekedar buat mengistirahatkan kaki kiri.
ada jedut2 yah
Pertama nyoba transmisi ini di sijuki sih emang aneh, sampe penasaran td berkali-kali, tapi setelah nyoba sampe 5 kali akhirnya...... tetep aneh hahaha.
Kalau ngarepnya sama sg metik konvensional sih mendingan jangan ngarep deh

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: MPV Wuling

Post by newrubble » 14 Jan 2018, 11:39

sy pernah lama n bgt lama pake clutchpedal-less trx shifting jaman vw 1303 dulu n biasa nya hrs overhaul per lima thn ...... pdhl dia punya mechanism yg sangat simple (pressure tube di isi dgn carbon monoxide n ada inlet/outlet valve n pressure tube ada di atas roda blakang kanan)

30 thn pake = 6x overhaul ..... sama spt nasip sportomatic nya classic porsche dulu

tapi mgkn yg jaman skrg jauh lbh durable ....... kalo yg jaman dulu bs bongkar sendiri di rumah (krn very simple n parts bs bikin di bengkel bubut)

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1650
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: MPV Wuling

Post by kunaskun » 14 Jan 2018, 16:52

Turboman wrote:
14 Jan 2018, 07:24
Datipada bahas yang mboten2 dan tak ada guna nya

Bagaimana jika bahas ttg AMT ?

apa saja kekurangan2 AMT sejauh ini yang ditemukan pada mobil3 ber AMT ?

Apa yang harus diperhatikan utk jangka panjang pada sistem AMT ?

Thx sebelumnya
perawatan extra di hydraulic clutch.

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5372
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: MPV Wuling

Post by evolution21 » 14 Jan 2018, 18:25

Bulgogi wrote:
18 Dec 2017, 19:48
Agak aneh sih kalo dibandingin innova..

Ini ga beda jauh sama stream & grandis yg FWD + GC rendah.. keduanya juga dibilang innova killer.. tapi ujung2nya malah mati..

Saya berani jamin, penjualan cortez ga bakal bisa nandingin innova..
Ehmm maaf oot dikit, grandis gc ga rendah
Specnya tertulis 175. Tp kenyataan saya pake ga pernah gesruk sama skali

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7236
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: MPV Wuling

Post by newrubble » 14 Jan 2018, 18:44

bandingkan sama lotus multiseat (proton x-ora)

Post Reply

Return to “MPV Types”