Warna Khas Truk Light Duty

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
rakjatdoni
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 02 Oct 2014, 10:42

Warna Khas Truk Light Duty

Post by rakjatdoni »

Semangat Pagi,
Awalnya bikin trit ini karena di perjalanan ke Palembang 2 minggu yg lalu, berpapasan dan melewati puluhan bahkan ratusan truk. Well, dalam sudut pandang ane, truk dengan muatan atau kosong seliweran berarti ekonomi sedang menggeliat, bergerak, bertumbuh. Positif aja sudut pandangnya. Walau di jalanan, jadi tantangan tersendiri melewati konvoi truk tesebut.



Nah, pada kesempatan ini, mau bikin trit tentang ke-khas-an warna tiap truk, yang secara positioning, mudah dikenali bahkan dari jarak jauh sekalipun. Dan beberapa pabrikan secara konsisten mempertahankan warna tersebut, seolah menjadi ciri khasnya, bahkan menjadi sebutan ikonik. contohnya "si kepala kuning", if you know what i meant. Pemilihan warna sendiri menjadi salah satu "attribute" atau ciri khas pada industri yang lain, semisal Provider Telco, Ojek Online, dan lainnya. Menjadi menarik karena beberapa truk, punya varian warna lainnya.

Berikut hasil pengamatan ane. Oiya, beberapa referensi ada di artikel http://otomotif.liputan6.com/read/21981 ... -indonesia.

1. Si Kepala Kuning
inilah merk paling jamak di dunia truk di Indonesia, terutama truk light duty. Mitsubishi Colt Diesel, atau Canter. Punten, ga punya data penjualannya, namun pengamatan di lapangan, eh, di jalanan, banyak banget yang pake truk ini.

4th generation
Image

7th generation
Image

2. Si Kepala Hijau Muda.
Merk ini punya iklan yang ane inget bgt, dan warna ijo nya memang ikonik. Hino Dutro. kalo siang, sangat gampang dikenalin. Varian Ranger nya juga banyak dipakai untuk Heavy duty. Bahkan bus-busnya menyaingi Mercedes.



Hino Dutro
Image

3. Si Kepala Putih.
Kalo kata om Ginting, ini otot Indonesia, hehe. Isuzu Elf. Lumayan banyak juga. Salah satu yang paling banyak dipakai untuk angkot, seperti K-01 Bekasi - Pulogadung, atau Bekasi - Cikarang. Dan menjadi andalan banyak travel juga. Varian Giga juga sering liat di kawasan Industri.

5th generation
Image

6th generation
Image

4. Si Kepala Merah.
Kurang kelihatan, mungkin tersaingi sama Hino (TMC merupakan induk dari Hino) dan passenger cars yang lebih dominan. Namun yang pakai merk Toyota Dyna masih lumayan. Yang suka liat di jalanan malah yang warna putih kelir biru, merk es krim. Oiya, di websitenya juga ada pilihan warna biru dan putih. Jadi agak bias juga masuk di "kepala merah", tapi yg paling sering keliatan memang warna merah.

Toyota Dyna
Image

biru
Image

5. Si Kepala Biru.
Hyundai Mighty, baru tau kalo namanya itu. Beberapa tahun lalu sering dipakai di instansi pemerintah. Lumayan menarik warnanya, agak2 biru langit gitu. di GIIAS kemarin infonya launching warna putih.

biru
Image

Produsen truk pun dalam produksinya juga mengakomodir kebutuhan tertentu dari buyer, misalnya Pertamina dengan warna merahnya. Demikian trit ini, mohon maaf kalo ketidakakuratan banyak muncul. Just for fun gaes. :mky_01:
Kalo rekan SM mau nambahin info atau gambar, amat dipersilakan.
Last edited by rakjatdoni on 29 Nov 2017, 13:20, edited 1 time in total.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Warna Khas Truk Medium

Post by Or4cle »

Sedikit koreksi ... Yang dimaksud oleh TS itu masuk kategori light truck (bukan medium truck), dengan tonase sekitar 2 tons dengan bobot kotor dibawah 10 tons. Light truck ini ada yang memiliki ban 4 ban dan 6 ban, dengan model angkut : box, bak kayu/besi, loss bak, dll

Yang masuk kategori medium truck adalah truck dengan tonase 5 tons, dengan bobot kotor antara 10 - 24 tons, baik yang dilengkapi penggerak 4x2, 6x2 dan 6x4, dengan model angkut : box/wing box, bak, loss bak, dump truck, dll
User avatar
rakjatdoni
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 02 Oct 2014, 10:42

Re: Warna Khas Truk Medium

Post by rakjatdoni »

Or4cle wrote: 29 Nov 2017, 12:19 Sedikit koreksi ... Yang dimaksud oleh TS itu masuk kategori light truck (bukan medium truck), dengan tonase sekitar 2 tons dengan bobot kotor dibawah 10 tons. Light truck ini ada yang memiliki ban 4 ban dan 6 ban, dengan model angkut : box, bak kayu/besi, loss bak, dll

Yang masuk kategori medium truck adalah truck dengan tonase 5 tons, dengan bobot kotor antara 10 - 24 tons, baik yang dilengkapi penggerak 4x2, 6x2 dan 6x4, dengan model angkut : box/wing box, bak, loss bak, dump truck, dll
trims koreksinya oom,
:big_okay:
ane ngutip Medium size di Wikipedia nya Isuzu Elf.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Zaxis »

Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Or4cle »

Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 15:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Rundeer »

Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 15:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Mau sebesar apapun truknya, akan dipaksa sampe muatannya setinggi pohon kelapa kalau bisa :big_slap:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
rakjatdoni
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 02 Oct 2014, 10:42

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by rakjatdoni »

Or4cle wrote: 29 Nov 2017, 16:03
Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 15:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
di tol japek hari ini ada kecelakaan, muatannya menimpa kabin pengemudi. entah apakah kelebihan muatan atau bukan..
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Rundeer »

rakjatdoni wrote: 29 Nov 2017, 16:43
Or4cle wrote: 29 Nov 2017, 16:03
Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 15:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
di tol japek hari ini ada kecelakaan, muatannya menimpa kabin pengemudi. entah apakah kelebihan muatan atau bukan..
Yg ngangkut baja itu ya om? Itu sih fix kelebihan muatan, pas truknya ngerem mendadak muatannya terdorong ke depan dan menimpa kabin..
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by ipat »

Rundeer wrote: 29 Nov 2017, 16:56
rakjatdoni wrote: 29 Nov 2017, 16:43
Or4cle wrote: 29 Nov 2017, 16:03

Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
di tol japek hari ini ada kecelakaan, muatannya menimpa kabin pengemudi. entah apakah kelebihan muatan atau bukan..
Yg ngangkut baja itu ya om? Itu sih fix kelebihan muatan, pas truknya ngerem mendadak muatannya terdorong ke depan dan menimpa kabin..
Kernet temen saya juga pernah,pas muat betoneser(besi batangan), pas truk nabrak dia ketusuk muatan dari belakang

Yg lagi musim sekarang Isuzu Elf Nmr,karna dia kabin persis versi tronton, punya saya canter kepala kuning yg tahun ini keluar edisi spesial 1jt unit
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by POS VETT »

Kalau di sini istilah "light duty" untuk pikap. Kalau yang kelasnya di atas "1-ton" dan untuk kuda beban dinamakan Commercial Duty. Light duty pickup warna khasnya hitam buat gw hahaha

Image
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
rakjatdoni
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 02 Oct 2014, 10:42

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by rakjatdoni »

POS VETT wrote: 29 Nov 2017, 18:39 Kalau di sini istilah "light duty" untuk pikap. Kalau yang kelasnya di atas "1-ton" dan untuk kuda beban dinamakan Commercial Duty. Light duty pickup warna khasnya hitam buat gw hahaha

Image
ok om Tom, masuk hitungan deh: warna hitam (walau double cabin, hehe)
:big_deal:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by daftar »

oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
:ngacir:
Ajun06
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 06 Sep 2015, 14:52

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Ajun06 »

daftar wrote:oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
Ini bukannya yang dibilang CDD Long ya om?
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by ipat »

daftar wrote: 29 Nov 2017, 19:23 oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
Itu masih "standard" kalo dipantura,ada yg panjang+lebar hampir menyamai truk tronton,kadang ada yg pake kepala kuning versi widecab,lebih lebar lagi...
Yg dijawa masih "normal,kalo truk lintas malah tronton(fuso/hino/UD)bak disambung hampir 2x bak standar demi muatan banyak..
Isuzu memang mantab,irit dan roso(kata mbah marijan), kalo tanjakan bisa diandalkan,beda sama kepala kuning yg ngos2an kalo ketemu tanjakan
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by coklatMetalik »

Kalo truk2 Mercedes rata2 merah. Mulai dr Bagong L911, LP911 kepala kotak, 917, MB700, sampel axor punya pabrik rokok, kebanyakan warnanya merah
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Zaxis »

Or4cle wrote: 29 Nov 2017, 16:03
Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 15:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
Light truck ban 6 muat batubara 10 ton,tipe canter elf dutro dan temen2 nya

Loh kalo 6x4 itu apa nama nya om kalo bukan tronton?fuso oren atau hino lohan itu
Ukuran bak aja ada yg panjang 7 m tinggi 2 m tinggal itung aja uda brp kubik
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by ak4ng »

Kalo saya patokannya canter 4ban long maupun short bisa 6ton, yg 6 ban 10ton,

Btw hino 500 lohan (ijo) yg paling panjang itu FL 235/240crd panjang bak bersih nya 10meter, kalo giga (putih) fvm 34w juga sama panjang bak bersih nya 10M, biasa jadi wingbox or lossbak :big_love: kuat muatan 40ton or lebih kalo datar2 aja soalnya 6x2 doang, :big_love: fuso 2325 (oren) long 6x2 katanya sih aga letoy sasisnya kalo overload gampang bengkok, entah bner or ngak blm nyoba, ni fuso malah kebolak pake hedlem canter :big_bored: elf pake hedlem giga :big_exellent: desainernya kebanyakan minum kayanya :big_slap:

Cmiiw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Or4cle »

Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 21:45
Or4cle wrote: 29 Nov 2017, 16:03
Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 15:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
Light truck ban 6 muat batubara 10 ton,tipe canter elf dutro dan temen2 nya

Loh kalo 6x4 itu apa nama nya om kalo bukan tronton?fuso oren atau hino lohan itu
Ukuran bak aja ada yg panjang 7 m tinggi 2 m tinggal itung aja uda brp kubik
Truck ban 6 kapasitas muatnya bahkan sampai 15 tons ( tergantung kondisi jalan). Di perusahaan ekspedisi lintas Sumatera (Lampung/Palembang/Jambi) sangat lumrah muat di antara 12 - 15 tons.

Naaahh kalau 6x4 itu masuk dalam kategori tronton. Contohnya tronton fuso, baik yang lokal (6x2) maupun yang built-up (6x4), dengan panjang bak antara 7 - 9,6 meter, bahkan ada yang sampai 11 meter (jarang)

Untuk fuso built-up yang sering dipakai adalah the great dan super great dengan seri 6D22 dan 6D40, biasanya dipakai perusahaan ekspedisi baik bak besi maupun wing box.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Or4cle »

Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 21:45
Or4cle wrote: 29 Nov 2017, 16:03
Zaxis wrote: 29 Nov 2017, 15:31 Di indo yg light muatan nya bisa ampe 10 ton
Yg medium bisa muat sampe 35 ton bahkan 40 ton
Sasis nya kuat tp jalan nya lelet bikin macet
Tergantung yang dimaksud dengan light truck yang mana ... apakah yang ban 4 ? atau yang ban 6?
Kalau ban 4 dimuat sampai 10 ton = mencrettt, pecah ban ... istilah sopir terduduk itu mobil.

Tidak ada medium truck yang BISA muat 35 - 40 tons.
Muatan 35 - 40 tons itu sudah masuk ke truck trintin, tronton, trinton dan trailer

Lebih simplenya truck biasanya diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi sumbu roda
Light truck ban 6 muat batubara 10 ton,tipe canter elf dutro dan temen2 nya

Loh kalo 6x4 itu apa nama nya om kalo bukan tronton?fuso oren atau hino lohan itu
Ukuran bak aja ada yg panjang 7 m tinggi 2 m tinggal itung aja uda brp kubik
Truck ban 6 kapasitas muatnya bahkan sampai 15 tons ( tergantung kondisi jalan). Di perusahaan ekspedisi lintas Sumatera (Lampung/Palembang/Jambi) sangat lumrah muat di antara 12 - 15 tons.

Naaahh kalau 6x4 itu masuk dalam kategori tronton. Contohnya tronton fuso, baik yang lokal (6x2) maupun yang built-up (6x4), dengan panjang bak antara 7 - 9,6 meter, bahkan ada yang sampai 11 meter (jarang)

Untuk fuso built-up yang sering dipakai adalah the great dan super great dengan seri 6D22 dan 6D40, biasanya dipakai perusahaan ekspedisi baik bak besi maupun wing box.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by Or4cle »

ak4ng wrote: 29 Nov 2017, 22:35 Kalo saya patokannya canter 4ban long maupun short bisa 6ton, yg 6 ban 10ton,

Btw hino 500 lohan (ijo) yg paling panjang itu FL 235/240crd panjang bak bersih nya 10meter, kalo giga (putih) fvm 34w juga sama panjang bak bersih nya 10M, biasa jadi wingbox or lossbak :big_love: kuat muatan 40ton or lebih kalo datar2 aja soalnya 6x2 doang, :big_love: fuso 2325 (oren) long 6x2 katanya sih aga letoy sasisnya kalo overload gampang bengkok, entah bner or ngak blm nyoba, ni fuso malah kebolak pake hedlem canter :big_bored: elf pake hedlem giga :big_exellent: desainernya kebanyakan minum kayanya :big_slap:

Cmiiw
Koreksi dikit ... canter 4 ban payload standar sekitar 3,3 tons dan paling maksimal 4 tons.

Kalau muatan 40 tons itu makanan sehari-hari Fuso built-up. Dengan kapasitas muat besar maka gak heran the great & super great masih banyak dipakai sebagai kuda perah ekspedisi.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by dsign1990 »

ipat wrote: 29 Nov 2017, 20:47
daftar wrote: 29 Nov 2017, 19:23 oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
Itu masih "standard" kalo dipantura,ada yg panjang+lebar hampir menyamai truk tronton,kadang ada yg pake kepala kuning versi widecab,lebih lebar lagi...
Yg dijawa masih "normal,kalo truk lintas malah tronton(fuso/hino/UD)bak disambung hampir 2x bak standar demi muatan banyak..
Isuzu memang mantab,irit dan roso(kata mbah marijan), kalo tanjakan bisa diandalkan,beda sama kepala kuning yg ngos2an kalo ketemu tanjakan
biasanya punya pabrik spring bed sama tangki penyimpanan air
User avatar
rakjatdoni
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 02 Oct 2014, 10:42

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by rakjatdoni »

coklatMetalik wrote: 29 Nov 2017, 21:00 Kalo truk2 Mercedes rata2 merah. Mulai dr Bagong L911, LP911 kepala kotak, 917, MB700, sampel axor punya pabrik rokok, kebanyakan warnanya merah
sepengamatan ane, agak jarang Mercedes di kelas light duty spt list ane. tadinya mau ane tulis di kepala merah oom, tapi berhubung beda kelas, ga masuk list.
di kelas yg sama dgn mercedes tsb, Hino Ranger sering pake kelir Orange.
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by ipat »

UD truk ngeluarin Light truk buat ngelawan elf sama canter,tapi sampe sekarang blm ada yg keliatan dijalan...
Malah truk Siba/Krakatau udah pake Volvo FH16
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by ginting »

ipat wrote: 29 Nov 2017, 20:47
daftar wrote: 29 Nov 2017, 19:23 oot nih, kalo truk yang buat angkut motor gitu apa nggak menyalahi aturan ya? lebar dan panjangnya udah kayak kelas medium truck
Image


kalo buat dump truk angkut pasir disini sih kebanyakan kepala putih
Itu masih "standard" kalo dipantura,ada yg panjang+lebar hampir menyamai truk tronton,kadang ada yg pake kepala kuning versi widecab,lebih lebar lagi...
Yg dijawa masih "normal,kalo truk lintas malah tronton(fuso/hino/UD)bak disambung hampir 2x bak standar demi muatan banyak..
Isuzu memang mantab,irit dan roso(kata mbah marijan), kalo tanjakan bisa diandalkan,beda sama kepala kuning yg ngos2an kalo ketemu tanjakan
Dugaan saya sih karena Kepala Kuning itu "Born to run", rasio giginya kayaknya untuk ngejar kecepatan di jalan rata...Juga mesinnya kuat di RPM menengah atas..

Kalau si Otot Indonesia (demikian tulisan di Mug hadiah beli iMuX) menang di flat torque dan rasio gigi...

Btw, kalau di penggunaan angkut penumpang yg ukuran bus "tanggung" , semua bus antar kota dalam provinsi sudah kadung dipanggil "Elf" walaupun mereknya Mitsu, Toyota, Hino, dll...Mungkin karena Isuzu Elf yg merajai...(sama kayak motor di Medan/Aceh dipanggil "Honda"..padahal bisa saja Yamaha/Suzuki)..
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Warna Khas Truk Light Duty

Post by coklatMetalik »

Sebetulnya dulu pertama kali colt diesel keluar (T200) kan warna biru telor asin, mirip colt T100&T120. Pas ganti model, klo gk salah taun 79, ikut ganti warna jd kuning & warna itu yg dipake smp skrg
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post