Share Captiva - PART 06

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

adityamurti
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Aug 26, 2017 11:42

Re: Share Captiva - PART 06

Post by adityamurti »

ntah kenapa di daerah saya akhir akhir ni bnyak captiva, mgkn krn hrga bekas lumayan bagus ya [emoji16]
f1r3f0x
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Aug 09, 2017 7:26
Location: Jkt

Re: Share Captiva - PART 06

Post by f1r3f0x »

klo lewat warranty ke bengkel spesialis aja, klo ga salah disini ada grup Line SM nya jg. Klo di beres oli mesin yg Q8 5w/30 dexos 2 itu 6ltr x 200rb an, diluaran itu cm 150rb an, filter oli 400rb an, jd ganti oli aja emang bs 1.5-2jt sendiri, tp yg lainnya yg perlu dganti cm accu dan fanbelt, accu mahal krn 100AH, skitar 1.5-2.5jt tergantung merk, 2 tahun sekali gantinya. Kuras oli transmisi bisa versi 6/12 ltr, baca2 aja dari part 1 om. Mobil ini termasuk yg paling komplit dbahas di SM. Cuma sejak ada line/wa pada hijrah semua kesana. Anyway ganti oli/servis rutin kecil di Mazda/Honda jg 1-3jt ya, jd dibilang mahal jg ngga ya.
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Share Captiva - PART 06

Post by apoge »

Klo mau murah ganti oli dan filter di bengkel luar. Klo mau lebih murah lagi filternya pake kw merek sakura, klo mau lebih murah lagi service sendiri toh cuman ganti oli mesin dan filter, klo mau lebih murah pake banget pake lcgc hehehe :big_peace:
tandjapri
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 16, 2017 15:54

Re: Share Captiva - PART 06

Post by tandjapri »

guys, mau join Line/WA dong?

bisa invite ke Grup Line? id: tanjimmi
tandjapri
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 16, 2017 15:54

Re: Share Captiva - PART 06

Post by tandjapri »

Dear Smers,

Nubie lagi ingin bertanya karena keinginan hati meminang Captiva FL NIK 2011
setelah membaca 1 minggu, roughly secara Scroll and skip..
kesimpulan yang saya dapat mengenai captiva adalah

1. Shock belakang ada masa pakai ( kur leb 60-120 k Km ) harus diganti
2. Selang turbo bisa rusak ( ga tau berapa taun )
3. AC juga rentan
4. Transimis matic ( sering jebol )
5. pemakaian Solar akan menyebabkan injector mampet

saya juga punya beberapa pertanyaan.
1. bagaimana mengecek kapan utk penggantian selang turbo
2. bagaimana mengecek kapan penggantian Shock Belakang
3. Bila Transmisi Matic ( sudah pernah di ganti ) ( hanya isinya saja ) , bagaimana mengecek kebocoran oli transmisi matic tersebut.
4. tips perawatan agar injector tidak mampet ( apakah hanya purging ) bila iya bagaimana cara purging.
5. Untuk Join Line Group Captiva, caranya bagaimana ya?
6. Captiva FL Nik 2011 pasarannya berapa ya... +- ajah

untuk pertanyaan mengenai cara menggunakan fitur " search di Seraya motor "
caranya bagaimana ya?? koq saya coba search selalu ga berhasil...
bagaimana cara utk ADD friend dan Send PM di Seraya motor..
ada yang punya nomor om JCO yang konon sesepuh di bidang perbadakan utk menanyakan sparepart and ETC


Thanks SMers
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 »

Bantu jawab ya.
1. Utk menentukan kapan hrs ganti mungkin bisa di cek secara manual dari kekerasan selang turbonya sendiri, pernah
bandingkan selang turbo baru dgn selang yg sdh jalan 70K serta 120K, selang turbo yg pecah kondisinya sdh lembek
2. Secara umum bisa di cek ada rembesan oli atau tdk di shock nya
3. Mungkin bisa di cek ada bekas oli di cover bawah atau tdk
4. Selalu pakai Solar Dex, ganti rutin filter solar, rutin purging. Purging di captiva pakai alat/tabung bisa di Beres atau Jco

Om JCO bisa contact di 0818919138
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Share Captiva - PART 06

Post by silentIm2 »

Untuk tambahan saja, selang turbo atas di bawah aki / ecu untuk FL sama mekanik langganan bisa diganti selang hidrolik. Lebih kuat dari aslinya karena diperkuat 2 layer anyaman kawat baja, karet lebih tebal, dibanding aslinya cuma nylon, dan pasti sobek di bilangan 50,000 km / 2-3 tahun.
Enaknya lagi karena lebih kaku turbo spool up lebih cepat, gas lebih spontan.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
tandjapri
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 16, 2017 15:54

Re: Share Captiva - PART 06

Post by tandjapri »

thanks om mid69 atas penjelasannya, mantap infonya om silentim2.

baca baca grup sebelah, gossipnya FL 2011-2013 ada masalah pada transmisi yah? apakah lebih baik meminang NFL dan 2014++
kemudian mau Tanya lagi nih...
1. untuk mengetahui seri captiva tersebut, caranya bagaimana ya? LT LTZ
2. apakah hanya captiva AWD yang memiliki 6 Airbags? dan apabila iya, adakah taun taun tertentu yang memiliki 6 airbags, atau semua AWD pasti memiliki 6 airbags,
3. seri FWD LTZ 2012 apakah memiliki 6 airbags jgua?


thanks pencerahannya
Divider
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Nov 01, 2017 15:20

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Divider »

Tadi iseng2 ke showroom chevy depok dikasih diskon 30jt buat captiva ltz, kira2 bagus gak ya diskon segitu?
Twister031
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Apr 11, 2017 5:08
Location: DKI Jakarta

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Twister031 »

Halo oms, izin gabung ya.
Saya baru ngambil badak NIK 2010, baru sekitar 3 mingguan tapi udah masuk bengkel gara2 rembes oli dari gasket cover head apalah itu. Tapi dari segi nyaman sih untuk mobil tua bangka masih sangat nyaman dibandingkan dengan SUV/MPV tua bangka jepang.

Kalau mau gabung ke grup WA/line/telegram ping ke siapa ya?
Rizalyamin
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Nov 07, 2017 6:54
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Rizalyamin »

Permisi suhu suhu semua, mau nanya. Jadi kemaren captiva fl ane mogok setelah dibawa ke beres ternyata suruh ganti nozzle 4 biji 20jt sendiri. Akhirnya ane putusin pindah ke bengkel spesialis, ternyata nozzle yang harus di ganti cuma 1 sisanya masih bisa di bersihin. Tapi setelah 3 hari lampu indikator yang gambar (mobil dan kuncipas) nyala dan ga mati2 itu kira2 kenapa ya suhu?
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 »

Bawa ke Beres aja, minta di scan error code nya muncul krn apa.
Rahmat92
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Nov 17, 2017 4:26
Location: Depok
Daily Vehicle: Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Rahmat92 »

Rizalyamin wrote: Tue Nov 07, 2017 7:07 Permisi suhu suhu semua, mau nanya. Jadi kemaren captiva fl ane mogok setelah dibawa ke beres ternyata suruh ganti nozzle 4 biji 20jt sendiri. Akhirnya ane putusin pindah ke bengkel spesialis, ternyata nozzle yang harus di ganti cuma 1 sisanya masih bisa di bersihin. Tapi setelah 3 hari lampu indikator yang gambar (mobil dan kuncipas) nyala dan ga mati2 itu kira2 kenapa ya suhu?
balik ke bengkel tempat ganti aja om
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Share Captiva - PART 06

Post by B064RT »

ada temen nawarin mau lepas captiva 2010 awd nya
km dah 161rb
lepas di angka 120 an
laik dipinang kah?
masih mobil bekas atau bekas mobil utk captiva dgn km segitu...
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Share Captiva - PART 06

Post by B 0 YZ »

Baru angkut captiva vcdi 2011 nfl ijin gabung ya semua, sekalian ma ada beberapa pertanyaan ni, mohon bantuannya ya
1. Tombol ac untuk fan dan suhu dol, jadi diputar ke kanan atau ke kiri naik turun sendiri, itu bisa direpair ga ya, knob puterannya aja kalau ada dimana ya kira2?
2. Mobil kalau di lock/unlock suara di logo chevy pintu belakang gemuruh kencang kayaknya mekanisme kuncinya, kira2 normal ga ya?
3. Ac mendesis lumayan kencang, tapi tetap dingin dan normal, memang karakternya seperti ini atau kira2 ada masalah ya?
4. Alternator didiagnosa udah lemah, logo aki sering nyala, kira2 ada yang punya pengalaman selain ganti baru?

Selain itu si overall mobil yang enak, sangat worth dengan harga beli saat ini, salut sama ni badak
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Share Captiva - PART 06

Post by roadtrain99 »

tandjapri wrote: Wed Oct 18, 2017 4:02 Dear Smers,

Nubie lagi ingin bertanya karena keinginan hati meminang Captiva FL NIK 2011
setelah membaca 1 minggu, roughly secara Scroll and skip..
kesimpulan yang saya dapat mengenai captiva adalah

1. Shock belakang ada masa pakai ( kur leb 60-120 k Km ) harus diganti
2. Selang turbo bisa rusak ( ga tau berapa taun )
3. AC juga rentan
4. Transimis matic ( sering jebol )
5. pemakaian Solar akan menyebabkan injector mampet

saya juga punya beberapa pertanyaan.
1. bagaimana mengecek kapan utk penggantian selang turbo
2. bagaimana mengecek kapan penggantian Shock Belakang
3. Bila Transmisi Matic ( sudah pernah di ganti ) ( hanya isinya saja ) , bagaimana mengecek kebocoran oli transmisi matic tersebut.
4. tips perawatan agar injector tidak mampet ( apakah hanya purging ) bila iya bagaimana cara purging.
5. Untuk Join Line Group Captiva, caranya bagaimana ya?
6. Captiva FL Nik 2011 pasarannya berapa ya... +- ajah

untuk pertanyaan mengenai cara menggunakan fitur " search di Seraya motor "
caranya bagaimana ya?? koq saya coba search selalu ga berhasil...
bagaimana cara utk ADD friend dan Send PM di Seraya motor..
ada yang punya nomor om JCO yang konon sesepuh di bidang perbadakan utk menanyakan sparepart and ETC


Thanks SMers
sy coba bantu jawab ya..
1. coba fisiknya sudah terlalu lembek, ada robek atau desis?
2. shock bisa dirasa sewaktu test drive, test di jalan yg agak gelombang dan rusak. biasanya bantingan/pantulan nya gak seimbang, goyang/bounce berlebihan lewat polisi tidur, atau bisa juga ada bunyi bunyi aneh. Kadang juga shock lemah tanpa oli rembes/bocor.
3. mobil nya di angkat, liat dari bawah, ada rembesan dari dek mesin kah? biasanya warna oli trans merah. cek dipstick nya. cek shift perpindahan gigi nya halus..atau ngejedak kasar atau telat.
4. utk injector, filter solar wajib ganti. kalau rekomen pabrik utk nfl 15rb km, tapi krn ada ada yg aftermarket dan kwalitas cukup baik, saya ganti tiap 7500km. Purging juga membantu, tapi gak bisa sering2 krn racun solar nya keras juga buat komponen2 karet di saluran fuel. Biasanya purging ke bengkel yg ada alat nya (krn captiva gak bisa purging pakai botol manual), atau mau praktis, cara saya ketika fuel hampir habis (fuel light nyala) saya tuang sebotol obat purging nya, lalu jalanin mobil seperti biasa, kira2 bisa sampai 15-20km, digenjot..biar kerak2 nya copot..lalu baru saya refill full tank.
kalau untuk jenis solar, pertadex, bio solar..solar merk ini itu..kebetulan di captiva nfl saya gak masalah, yg penting teratur ganti filter solar. Sy pernah nanya sama owner yg fl, dia pakai pertadex, tau2 injector kena..rupanya telat ganti filter solar...tapi ya tiap mobil pasti beda penyebab.
5.-
6. bisa di cek online ke website yg jualan mobil..banyak kok.

cara pakai search sm: biasanya saya masukin keyword yg ingin dicari saja.

mudah2an membantu.. [emo-have-a-nice-day]
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Venturtle »

Captiva ini CBU Korea ya? :big_think:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Share Captiva - PART 06

Post by alvin23 »

Venturtle wrote: Sat Dec 02, 2017 9:40 Captiva ini CBU Korea ya? :big_think:
Thai om, tapi yang desain GM Korea
Rocky R ADS CVT 2021
kunsam
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Dec 03, 2017 9:17
Location: Jakarta

Re: Share Captiva - PART 06

Post by kunsam »

Permisi om, salam kenal. Saya baru mau minang Captiva, tapi yang bensin dan manual. Saya baca2 di sini kayaknya lebih banyak populasi captiva disel daripada bensin ya :D
FRDS
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 05, 2017 13:02
Location: indonesia lampung
Daily Vehicle: captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by FRDS »

Salken om, sy new user captiva diesel 09... :big_peace:

ASK ::: niat mau pinang lg yg AWD 10 Harga 150jt worthit gk ?? posisi sy lampung
FRDS
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 05, 2017 13:02
Location: indonesia lampung
Daily Vehicle: captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by FRDS »

Disni ada gorup WA, Line / telegram khusus Captiva biar gampang tanya jawab info... soalny ctv ane ada sedikit kluhan :big_childish:

:thanks:
adit212
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Dec 13, 2017 13:58

Re: Share Captiva - PART 06

Post by adit212 »

salam om... apakah ada yg pernah pakai kampas rem merk BREMBO...? bagus dan amankah untuk Badak diesel NFL?
lifecycle
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Sep 29, 2017 6:05

Re: Share Captiva - PART 06

Post by lifecycle »

Halo semua semoga libur akhir tahun nya menyenangkan.
Mau tanya, kalo minat join gabung grup WA atau line kontak ke siapa ya?
Terimakasih. Salam
adnanrio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Dec 01, 2017 18:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by adnanrio »

Salam kenal. Saya baru angkut Captiva 2017. Ada grup wa atau telegram kah? Terima kasih.
Ferin
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Jan 06, 2018 12:37
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Ferin »

Numpang tanya pada teman2 pengguna Captiva. Saya pakai captiva 2.4l FWD thn 2009. Waktu dipakai dipendakian yg terjal dibandung pakai gigi satu dari bawah, tiba2 dipertengahan engine dan di indikatornya nya pindah ke matic D, padahal tuasnya masih di manual. Dan dicoba di pindahkan + atau -, tetap ajah di posisi matic D. Dan di panelnya ada tanda maintenance engine (gambar kunci gitu). Trus pada saat di restart lagi. Indikatornya udah baik lagi.
Apakah ini hal yang wajar atau kenapa yah?