Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

Sore semua,

Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.

Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by POS VETT »

Arah putaran 2 kipas seperti itu tidak harus berlawanan, yang penting aliran udaranya satu arah. Desain pesawat/heli yang seperti apa yang punya 2 kipas berlawanan arah? Heli yang tanpa tail rotor kah?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by ginting »

arissety wrote: Mon Aug 28, 2017 9:35 Sore semua,

Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.

Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
oom kalo saran saya, mending pilih cara ini, kalo memungkinkan :

- Ganti radiator baru, cari yg agak besaran..
- Ganti dgn fan punya mercy/BMW (gitu kata anak2 Peugeot yang kasus sama), cari yg bladenya lebih banyakk
- Pakai Coolant yg bagus
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

POS VETT wrote: Mon Aug 28, 2017 10:11 Arah putaran 2 kipas seperti itu tidak harus berlawanan, yang penting aliran udaranya satu arah. Desain pesawat/heli yang seperti apa yang punya 2 kipas berlawanan arah? Heli yang tanpa tail rotor kah?
Heli mainan remote control yg dobel blade om, ada yg seperti itu.
Klo pesawat, kipas double blade, ada di air intake mesin jetnya om.

Perlu berlawanan, krn sebenarnya angin masuknya agak circular searah putaran kipas om.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by marmut »

untuk arah putaran kipas, saya nggak ngerti kipas listrik mobil apa yang sesuai dengan keinginan TS.
tapi kalau saya pribadi lebih memilih kipas yang ukurannya cukup dengan ruang yang ada dan dengan kemampuan daya tiup paling besar, ketimbang mikirin arah putaran kipas berlawanan/searah.

semoga membantu.

*tambahan :
masalah push/pull e-fan juga sebetulnya tergantung dari ruang yang ada.
kenapa fan manualnya nggak dilepas dan diganti dengan pull e-fan yang daya hisapnya cukup besar, plus push e-fan tambahan dengan daya yang lebih kecil?
untuk main pull e-fan disambungkan dengan thermoswitch. jadi bekerja saat suhu mesin mencapai 90°c.
dan push e-fan bekerja saat AC on.
Last edited by marmut on Mon Aug 28, 2017 11:18, edited 1 time in total.
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

ginting wrote: Mon Aug 28, 2017 10:40
arissety wrote: Mon Aug 28, 2017 9:35 Sore semua,

Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.

Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
oom kalo saran saya, mending pilih cara ini, kalo memungkinkan :

- Ganti radiator baru, cari yg agak besaran..
- Ganti dgn fan punya mercy/BMW (gitu kata anak2 Peugeot yang kasus sama), cari yg bladenya lebih banyakk
- Pakai Coolant yg bagus
Mesinnya g berpendingin air om, tapi berpendingin udara.
Gambarnya seperti dibawah ini, gambar yg tengah.
Image
Nah kipas warna putih itu akan meniupkan angin pendingin ke ducting mesinnya.
Naas nya, jaman sekarang, macetnya parah, sehingga klo pas macet plus ac, kipas g sanggup lg mendinginkan mesin om.
Jadi perlu tiupan yg lbh kenceng lg.
Maklum, ini mesin didesain pad lalulintas masih lancar.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by marmut »

posisi kondensor AC di ruang mesin atau terpisah?
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

marmut wrote: Mon Aug 28, 2017 11:13 untuk arah putaran kipas, saya nggak ngerti kipas listrik mobil apa yang sesuai dengan keinginan TS.
tapi kalau saya pribadi lebih memilih kipas yang ukurannya cukup dengan ruang yang ada dan dengan kemampuan daya tiup paling besar, ketimbang mikirin arah putaran kipas berlawanan/searah.

semoga membantu.

*tambahan :
masalah push/pull e-fan juga sebetulnya tergantung dari ruang yang ada.
kenapa fan manualnya nggak dilepas dan diganti dengan pull e-fan yang daya hisapnya cukup besar, plus push e-fan tambahan dengan daya yang lebih kecil?
untuk main pull e-fan disambungkan dengan thermoswitch. jadi bekerja saat suhu mesin mencapai 90°c.
dan push e-fan bekerja saat AC on.
Image

Klo dilihat gambar blade diatas, mungkin ganti fan blade yg blade nya lbh panjang (klo pd gambar, malah poros bulat nya yg gedhe), bisa memperbesar tiupan angin. Tp blm tahu apakah bisa bikin di tukang fiber, atau bisa comot blade mobil lain.

Mau pakai model pull, tidak memungkinkan om. Karena udara ditiup, lalu masuk ke ducting engine, untuk meniup sirip2 mesin, lewat lorong2 angin, dan meniup engine oil cooler, yg lorongnya berbeda dg lorong sirip, lalu angin keluar kebawah ducting.

Image

Mobilnya seperti ini, buat gambaran aja.
Image
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by ginting »

arissety wrote: Mon Aug 28, 2017 11:17
ginting wrote: Mon Aug 28, 2017 10:40
arissety wrote: Mon Aug 28, 2017 9:35 Sore semua,

Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.

Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
oom kalo saran saya, mending pilih cara ini, kalo memungkinkan :

- Ganti radiator baru, cari yg agak besaran..
- Ganti dgn fan punya mercy/BMW (gitu kata anak2 Peugeot yang kasus sama), cari yg bladenya lebih banyakk
- Pakai Coolant yg bagus
Mesinnya g berpendingin air om, tapi berpendingin udara.
Gambarnya seperti dibawah ini, gambar yg tengah.
Image
Nah kipas warna putih itu akan meniupkan angin pendingin ke ducting mesinnya.
Naas nya, jaman sekarang, macetnya parah, sehingga klo pas macet plus ac, kipas g sanggup lg mendinginkan mesin om.
Jadi perlu tiupan yg lbh kenceng lg.
Maklum, ini mesin didesain pad lalulintas masih lancar.
Wah, maaf oom...
Berarti ini type mesin beda sama Peugeot ya,..saya pikir masih kembaran..
maaf kalau begitu..
berarti solusi satu satunya ya pakai electric fan...selain fan yg diputer poros mesin..

Btw, kalau type BX 16 TRS atau BX 19 GT itu sudah ada radiator ya oom ?
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

marmut wrote: Mon Aug 28, 2017 11:21 posisi kondensor AC di ruang mesin atau terpisah?
Untuk kondensor, posisinya malah dibawah bagasi belakang om. :mky_01:
Asli desain dari atpm alun.
Klo kompresor masih di ruang bawah kap, tp diluar ducting mesin.

Satu2nya citroen gs yg ada AC nya, ya cuma di indonesia om, diprancis sana g ada.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by ginting »

Bagi yg mau piara Citroen gini, ini ada iklan di lapak sebelah..
=================

Halo agan-agan Citroen Mania..

Mau nawarin Citroen ane nih mau dijual, ada 3 unit: Citroen BX 16 TRS, Citroen BX 1900 GTI dan Citroen Cottage.

Kiranya ada agan-agan sekalian yg berminat bisa whatsapp saya di 081932984244 ya

Thank you gan, maap numpang jualan siapa tau ada yg tertarik hehe..

==============

Disclaimer : Teli sebelum membeli..mesin sama dengan Pug 505 GR
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by Mozawa »

Bingung aku...
Cukup pasang kipas yang identik berhadapan.
1 di depan radiator 1 di belakang radiator.

Kipas di depan niup udara
Kipas di belakang ngisap udara.

Saran saya, coba ganti radiator dgn ply yang lbh banyak. Atau kalau kondensor ac dan radiator terletak berhadapan, biasanya udara panas dari kondensor ac melewati radiator shg mengurangi efektifitas pendinginan.

Intinya benahi dulu syste pendingin engine
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

ginting wrote: Mon Aug 28, 2017 11:32 ...
Wah, maaf oom...
Berarti ini type mesin beda sama Peugeot ya,..saya pikir masih kembaran..
maaf kalau begitu..
berarti solusi satu satunya ya pakai electric fan...selain fan yg diputer poros mesin..

Btw, kalau type BX 16 TRS atau BX 19 GT itu sudah ada radiator ya oom ?
Iya om, kayaknya harus beli di ebay cari fan yg rotate anti-clockwise.
Untuk semua tipe Citroen BX, sudah berpendingin air menggunakan radiator lbh aman dari masalah overheat.
Untuk GS, tetep saya pelihara, karena suspensi depannya empuknya seperti suspensi belakang, sedangkan BX, suspensi depan desainnya agak beda untuk mengejar handling (walaupun tetep lebih empuk dari suspensi per biasa).
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by ginting »

Mozawa wrote: Mon Aug 28, 2017 11:42 Bingung aku...
Cukup pasang kipas yang identik berhadapan.
1 di depan radiator 1 di belakang radiator.

Kipas di depan niup udara
Kipas di belakang ngisap udara.

Saran saya, coba ganti radiator dgn ply yang lbh banyak. Atau kalau kondensor ac dan radiator terletak berhadapan, biasanya udara panas dari kondensor ac melewati radiator shg mengurangi efektifitas pendinginan.

Intinya benahi dulu syste pendingin engine
ini gak pakai radiator air oom...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by ginting »

ngomong Citroen GS ini ingat punya Dosen saya di FH USU...saya ingat kalau parkir dibawah pohon akasia dia rendah..begitu starter langsung "bangkit" wkwkw
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

Mozawa wrote: Mon Aug 28, 2017 11:42 Bingung aku...
Cukup pasang kipas yang identik berhadapan.
1 di depan radiator 1 di belakang radiator.

Kipas di depan niup udara
Kipas di belakang ngisap udara.

Saran saya, coba ganti radiator dgn ply yang lbh banyak. Atau kalau kondensor ac dan radiator terletak berhadapan, biasanya udara panas dari kondensor ac melewati radiator shg mengurangi efektifitas pendinginan.

Intinya benahi dulu syste pendingin engine
Iya om, mmg bikin bingung sistem coolingnya.
Tapi sistemnya sama seperti vw kodok. Hanya vw kodong, mesin dibelakang.
Kayak gini om engine compartementnya klo di buka.
Image
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

ginting wrote: Mon Aug 28, 2017 11:40 Bagi yg mau piara Citroen gini, ini ada iklan di lapak sebelah..
=================

Halo agan-agan Citroen Mania..

Mau nawarin Citroen ane nih mau dijual, ada 3 unit: Citroen BX 16 TRS, Citroen BX 1900 GTI dan Citroen Cottage.

Kiranya ada agan-agan sekalian yg berminat bisa whatsapp saya di 081932984244 ya

Thank you gan, maap numpang jualan siapa tau ada yg tertarik hehe..

==============

Disclaimer : Teli sebelum membeli..mesin sama dengan Pug 505 GR
Mesin sama seperti pug 405, pakai XU9.
Klo maticnya, juga sama seperti 405 dan 360.
Klo ambil BX, biar nyamannya maksimal, harus full restoration, atau bisa sambil jalan bagi yg hobi utak atik.
Bagi yg mau ambil, jangan buru2 karena perlakukan agak beda seperti mobil biasa, termasuk pada saat mutasi kendaraan.
Bisa PM saya untuk info DO and DON'T nya.
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by Mozawa »

Baling baling di heli ada 2 dan berlawanan arah. Gunanya satu baling bertindak sbg anti torque baling baling lainnya, sehingga meniadakan efek berputar thd heli.

Tapi tetap fungsinya sama yaitu sama sama meniupkan udara kebawah shg pesawat terangkat. Walau arah putarannya berbeda satu cw satu ccw tapi karena arah atau sudut balingnya juga berbeda, maka hembusannya sama yaitu ke bawah.

Utk aplikasi pada mobil kok gak ada urgensinya harus berlawanan arah putaran.


Yang penting 1 meniup 1 mengisap beres.

O iya, dinamo fan mobil itu kan pakai arus searah atau DC, jadi kalau kebalik plus minusnya, arah putaran juga kebalik. Blm pernah coba sih. Atau mungkin ada dioda yang membuatnya gak nyala kalau kebalik polaritinya??? Tinggal lepas dioda aja.

Dgn arah terbalik, maka baling2 juga harus dibalik sehingga bisa saling menguatkan, 1 menghisap, 1 meniup
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Jun 02, 2010 13:27

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by ardianzer »

Kalau di copot fan bawaannya terus ducting fan dipanjangin dikit terus buat dudukan electrolic fan di lokasi ducting asli gimana om ?
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety »

ardianzer wrote: Mon Aug 28, 2017 12:13 Kalau di copot fan bawaannya terus ducting fan dipanjangin dikit terus buat dudukan electrolic fan di lokasi ducting asli gimana om ?
Iya om, ada temen yg sudah modif seperti itu juga.
Fan mekanik dicopot, lalu pasang elektrik fan karimun, dan ganti alternator ke yg lbh gedhe.
Jadi single speed electric fan. Fan langsung hidup pas mesin hidup.
Lbh simple, sepertinya bisa jd opsi sy kedepan.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by marmut »

kalau fan langsung hidup bersamaan dengan mesin,
1. buang-buang listrik.
2. suhu ideal mesin sangat lama dicapai. ini bikin bensin boros.

paling bener ya pasang thermoswitch atau manual switch (nyalain fan saat temperatur setengah).

@ginting,
seri BX sudah pakai pendingin air. saya dulu pernah pakai BX19 GTi. itu spoiler belakang beneran spoiler, bisa berdiri lompat-lompat diatasnya tanpa kuatir patah. ga kaya spoiler mobil jaman sekarang.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by marmut »

ginting wrote: Mon Aug 28, 2017 11:49 ngomong Citroen GS ini ingat punya Dosen saya di FH USU...saya ingat kalau parkir dibawah pohon akasia dia rendah..begitu starter langsung "bangkit" wkwkw
bola-bolanya udah lemah atau ada bocor di jalur pipa LHM.
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by nimoo »

wah air cooled berarti ya om ?

kalo saya mikirnya kenapa ngga anginnya dibuang kebawah/keatas (kalo ruang mesin cukup) soalnya menurut saya rada percuma kalo tambah fan di depan karna udara panasnya tetep susah buat keluar dari ruang mesin
maaf kalo rada ngaco :mky_01:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by newrubble »

POS VETT wrote: Mon Aug 28, 2017 10:11 Arah putaran 2 kipas seperti itu tidak harus berlawanan, yang penting aliran udaranya satu arah. Desain pesawat/heli yang seperti apa yang punya 2 kipas berlawanan arah? Heli yang tanpa tail rotor kah?
mgkn maksut nya contra rotation spt pesawat tu95 bear atau typical kamov helicopter family
AG497
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Mon Sep 29, 2014 0:33

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by AG497 »

Mgkin overheat bisa dikurangi dg melubangi kap mesin unt mengeluarkan udara panas mesin :)
Spt di vw beetle kap mesin nya jg banyak sirip2 lubang udara..