Toyota Hiace 1980

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Toyota Hiace 1980

Post by Turboman »

kalo yg mobil cape biasanya sering kejadian shock nya dah jelek tapi gak diganti

ane pernah naek CitiTrans punya, kerasa shock nya udah memble

coba kalo shock belakang dikasi yg bagus harusnya mayan
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Toyota Hiace 1980

Post by coklatMetalik »

agungbhaskara wrote: Wed Jun 21, 2017 11:32 Back to topic. Di kantor orangtua saya masih ada 1 unit Hiace Van seperi yang TS mau
Saya sering naik.
Mesin dieselnya masih halus dan kuat, tenaganya bagus bahkan dipake ke lembang dan tangkuban perahu penumpang 6 orang anteng aja

Yang unik dari mobil ini shifternya ada deket stir kayak crv gen 2. Dan suspensi depannya lembut sekali enyak
Klo gk salah ini mesin dieselnya L series ya? Msh 1 keluarga sm Kijang diesel
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Toyota Hiace 1980

Post by Dekyarov »

Saya tidak minta atau ngarep diproduksi kembali. Rasanya juga tak mungkin

Tapi suka penasaran aja apa yg bikin nih mobil pada masanya discontinue? Gak laku atau faktor selera masyarakat.

Tapi terlepas dari jadulnya ini mobil kuat di abuse.
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Toyota Hiace 1980

Post by ipat »

Turboman wrote: Sat Jun 17, 2017 6:50 Skg ini Hi Ace sgt populer

Travel Jkt - Bdg rata2 pake Hi Ace as std.......bahkan yg ke Cirebon juga

Di Semarang rental2 utk tur kecil rata2 pake Hi Ace.....

ane liat Hi Ace ini per belakang daun tapi bilahnya dikit dan bantingan juga manusiawi

Gear ratio nya juga bagus, mesin 2KD std gitu tapi mobil isi 10 orang + belanjaan jalan luar kota nyusul2 juga santai aja

Bbrp minggu lalu rental Hi Ace di Smg.......jalan2 ke Magelang - C Borobudur - Jogja.......mobil isi 9 org dewasa + 1 bocah + 1 driver......dr Simpang 5 naek ke Candi / Gombel itu enteng aja......
Hi Ace memang lagi hype di kalangan rent car,bagi yg mau banyak dan mewah tapi ga mau elf/canter, ni mobil powenya ga ada abisnya,pernah nyoba smg-jogja enak2 aja di tanjakan, tapi menurut para sopir masih enakan elf karoseri dari pada hi ace,sayang yg versi low roof ga dijual di indo, itu roof jenongnya tinggi bgt, plus nya akses kabin jadi luas
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Toyota Hiace 1980

Post by Dekyarov »

Ngomongin soal mobil travel. Espasio malah jarang keliatan di tempat saya. Yg laku malah Elf.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Toyota Hiace 1980

Post by Turboman »

Mobil travel di Indo yg kasta di atas Hi Ace :

MB Sprinter CDI

itu bener lebih nyaman dr Hi Ace......ane pernah naek CitiTrans punya, Jkt - Bdg
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Toyota Hiace 1980

Post by coklatMetalik »

Dekyarov wrote: Wed Jun 21, 2017 16:45 Ngomongin soal mobil travel. Espasio malah jarang keliatan di tempat saya. Yg laku malah Elf.
Espasio colt diesel ya?
Sptnya colt diesel lbh laku utk angkutan umum, bukan utk travel

Elf minibus mesinnya kecil, "cuma" 2800, sedangkan kompetitornya (colt diesel, dyna, dutro) 4000an
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue May 01, 2012 3:55

Re: Toyota Hiace 1980

Post by j4niS »

Dekyarov wrote: Wed Jun 21, 2017 14:59 Saya tidak minta atau ngarep diproduksi kembali. Rasanya juga tak mungkin

Tapi suka penasaran aja apa yg bikin nih mobil pada masanya discontinue? Gak laku atau faktor selera masyarakat.

Tapi terlepas dari jadulnya ini mobil kuat di abuse.
kalo menurut ane, kombinasi keinginan masyarakat sama permainan pabrikan aja. di bolak balik....

contoh :

trend bentuk lampu depan :
bundar - trus tren kotak - skrg mulai lg trend bulat (walau bkn model sealed beam)

trend bentuk ukuran mobil :
mobil kotak besar - mobil ada moncongnya agak kecil - mobil ada moncong tapi gede kembali

trend bentuk lampu belakang :
manjang ke samping - manjang ke atas - manjang ke samping kembali

hi ace tapi ya, dia cukup bandel, apa lg dibanding l300 (dulu pernah punya l300 1984 - lampu kotak, yg mesin lancer 4g 1400cc - bensin, 4 speed , cukup rewel.... :big_dunno: )
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Toyota Hiace 1980

Post by coklatMetalik »

Dulu awal2 terciptanya mobil kan kotak (Ford T, Ford A)
Lalu jd bulat (taun 40-60an)
Lalu jd kotak lg (jaman Kijang buaya, L300)
Lalu jd bulat lg (Kijang Kapsul, Esspass, Avanza, Ipah)
Lalu mulai jd kotak lg (GNA, ANKI)
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Toyota Hiace 1980

Post by Dekyarov »

coklatMetalik wrote: Thu Jun 22, 2017 3:18
Espasio colt diesel ya?
Sptnya colt diesel lbh laku utk angkutan umum, bukan utk travel

Elf minibus mesinnya kecil, "cuma" 2800, sedangkan kompetitornya (colt diesel, dyna, dutro) 4000an

Iya Om varian bus dari colt diesel. Iya, mungkin karena udah dianggap sebagai truk pengangkut barang.
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Toyota Hiace 1980

Post by Dekyarov »

j4niS wrote: Thu Jun 22, 2017 3:24

kalo menurut ane, kombinasi keinginan masyarakat sama permainan pabrikan aja. di bolak balik....

contoh :

trend bentuk lampu depan :
bundar - trus tren kotak - skrg mulai lg trend bulat (walau bkn model sealed beam)

trend bentuk ukuran mobil :
mobil kotak besar - mobil ada moncongnya agak kecil - mobil ada moncong tapi gede kembali

trend bentuk lampu belakang :
manjang ke samping - manjang ke atas - manjang ke samping kembali

hi ace tapi ya, dia cukup bandel, apa lg dibanding l300 (dulu pernah punya l300 1984 - lampu kotak, yg mesin lancer 4g 1400cc - bensin, 4 speed , cukup rewel.... :big_dunno: )
Tuh l300 bensin rewel kenapa om? Kalah ama t120.
j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue May 01, 2012 3:55

Re: Toyota Hiace 1980

Post by j4niS »

Dekyarov wrote: Thu Jun 22, 2017 8:09
Tuh l300 bensin rewel kenapa om? Kalah ama t120.
ini menurut pengalaman aja sih ya (l300 bensin 4 speed 1983-1984)......
dibanding t120 jauh lebih bandel t120 yg dogong (both mata 2 or mata 4)

1. weight to power ratio gak imbang.....terlalu berat bobot mobil yg berton ton karoseri+dempul buat diihandle mesin 1400cc
2. over run gear ratio (lari 140 - mentok spedo) di tol maen 6000rpm (cepet rontok mesin)
3. gampang bocor gak radiator, gk selang selang...(pa lg makin terakhir kan partsnya udah mulai non jepang)
4. seal engine block rembes sana sini (padahal gak pernah ampe di belah mesin).....
5. kaki kaki jg yg tidak termasuk awet.........kena tie rod dkk.....