Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

Menanggapi curhatan teman - teman di thread review X-Trail T32 saya...

viewtopic.php?f=19&t=25469

Tergelitik untuk membahas fenomena biaya servis di beberapa bengkel resmi yang "mengejutkan".

Bengkel resmi merupakan bentuk support dari ATPM sebagai pihak distributor / penjual suatu merek mobil untuk menyediakan jasa layanan servis ke konsumen. Sehingga konsumen enggak perlu lagi pusing cari bengkel untuk servis mobilnya. Secara sistem, adanya suatu tempat layanan 3S (Sales, Service, Spare Parts) terintegrasi di satu tempat sangat efektif. Bahkan ATPM / Dealer sudah memberikan SOP kepada konsumen tentang kapan harus service dan list apa saja yang diperlukan di buku servis termasuk prosedur warranty. Secara teori, ini terdengar sangat baik.

Sayangnya prakteknya tidak.

Fakta bahwa profit terbesar sebuah dealer mobil adalah dari service division, ya, bukan penjualan mobilnya. Bisa dilihat dari bengkel resmi merek - merek besar yang terkadang masih ramai walaupun hari minggu yang mengharuskan mereka minggu tetap buka dengan sistem piket jaga, service division menjadi ladang keruk uang dealer yang sangat hijau.

Akibatnya, banyak oknum sengaja menawarkan produk - produk yang tidak termasuk paket service. dan konsumen pun meng-iyakan... karena banyak konsumen tidak tau kegunaan produk - produk tersebut, mulut manis SA disini bekerja merayu konsumen untuk jatuh ke dalam perangkap. Tidak sampai disitu, biaya jasa service pun terkadang bisa berbeda antar dealer di merek yang sama.

Selain masalah biaya, belum masalah lain seperti warranty claim yang lebih susah dibanding ngasih makan FRD... bayar servis ternyata mobil ga diapa-apain... Ini serius terjadi. Krn apa? Ya krn konsumen ga ngawasin, wong servis ditinggal... Kluar service bill tinggal bayar.

"Jangan kek orang kismin service mobil mahal aja protes" .... well... I heard that somewhere... "jangan kek orang kismin beli alpat mikir bensin"...

It's more than just a matter of money, brother... elu yang horang kayah tinggal bayar... pake mobil ga sampe 3 taun bodo amat penting buku servis terisi walaupun gak yakin juga semua yang di buku servis dilakuin... yang pas-pasan beli mobil buat dipake lebih dari 5 taun...? Kalo mobilnya broke down krn mobilnya katanya "servis selalu bengkel resmi" tapi ternyata enggak beneran diservis... mau beliin mobil baru?

OK, kembali ke judul...

Jadi masih layak kah bengkel resmi dipercaya?

Untuk saya sendiri skrg sudah jarang ke bengkel resmi... Service di tempat kenalan - kenalan yang kerjanya jelas ketauan lebih baik dan pasti dikerjain... Kalau jujur saya sendiri sudah lama nggak percaya dengan beberapa bengkel resmi... Tapi karena kadang orang tua nyuruh serpisnya di bengkel resmi aja untuk beberapa mobil yang mereka pake terutama yang baru... ya udah... :ngacir: sambil tentunya ngeliatin kerjaannya dan milihin menu servis apa aja yang ane ga perlu... :ngacir: ane servis ke bengkel resmi ga pernah diem di ruang tunggu... pasti keluyuran... :ngacir:

Klw untuk mobil yang ane pake sendiri cm 1x masuk bengkel resmi... itupun krn bengkel langganan ane baru buka dan blom ada alat flush ATF... :ngacir: dan bengkel resmi langganan ane harganya bersahabat flush ATF g sampe sejuta abisnya :ngacir:

Monggo untuk teman - teman SMers share kisah - kisah dengan bengkel resmi...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

jawaban nya.... susah...

ini jg ke beres lg gegara owner sblom nya ngambil excl service program ahond... dan pas dijual doi jual murah package nya ke ane... kl ga sehh, haram serpis d beres lg... ini abis serpis berkala aj baru nyadar klip plastik ilang sbiji, pecah 2 biji... dan ngisi oli kepenuhan mulu...

btw, ad sdikit keanehan yg ane amati... biasa kl pake oli ahond yg biru, kl ganti sendiri di rumah, warna kuning jernih nya pas baru ganti berasa banget... lah ini baru ganti kenapa agak2 gelap gt yah... dan lg nyebelin nya honda pluit, ntuh ga boleh ngiderin mobil pas lg d servis...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Salvanost »

Cuma pengen komplain
Filter ac + pasang
Di mitsubishi outlander sport
Kena 400k-an

Tapi di luar negeri kayanya juga mahal deh..
Tapi gua daripada ganti filter ac 400k

Mending gua beli aja 5 filter ac
Harga juga 400k
Taruh dibagasi mobil
Biar ga lupa bisa ganti filter acnya sendiri...
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive
Contact:

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Gasoline24 »

beberapa kali kebeli mobil riwayatnya seken mulu, belum pernah beli baru dari dealer [nasib]. dan biasanya sekali doang ke bengkel resmi, buat general check up sama historinya [kebetulan semua atoyot], setelah itu gak balik lagi ke bengkel resmi, mending ke bengkel labngganan ajah...lebih gak banyak basa basinya dan tentunya partnya juga lebih murah
Blegedhez
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 19 Jan 2016, 09:46

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Blegedhez »

Hmm,karena saya gak paham mesin sama sekali jadi selalu servis diberes,pengen sih servis di luar tapi gak tahu mana bengkel yang bagus.terakhir servis berkala 40km crv rm 2.0 at habis 4,2 jt,wajar gak ya segitu? :big_think:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Mamang555 »

Karena mobil saya masi di cover gratis jasa dan diskon parts sampe 50 km, so masih setia ke beres hehehe :D

Berbagi pengalaman saja dari ane yang awam dan nubie ini. Kalo setiap ke beres baiknya :

1. Cek aja di web / via internet apa2 saja yang harus dikerjakan pada servis km tertentu (misal 20rb, 40rb dst dst). Jika perlu dan memungkinkan, sekalian cek biayanya. Lebih mantap dan akurat lagi, join saja forum komunitas kendaraan tertentu dan coba tanya2 disitu. Minimal kita bisa tau kisaran biaya di bengkel resmi itu berapa.

2. Begitu datang dan disodorkan item2 pekerjaan servis di WO (work order), jangan langsung tanda tangan. Coba di baca dan telaah satu persatu. Kira2 ada item pekerjaan remeh temeh yang harus kita bayar atau tidak (padahal seharusnya free). Cek juga apa ada pekerjaan yang harusnya masih bisa ditunda terlebih dahulu tapi sudah dimasukkan ke dalam item pekerjaan (kalo di beres S biasanya bolak balik nawarin spoor bal). Intinya jangan sungkan untuk berkata tidak kalo misalnya dirasa ada pekerjaan / part yang harus diganti padahal menurut kita itu masih bagus.

3. Begitu mobil masup ke stall untuk dikerjakan, jangan asik wifi-an aja. Kalo saya sih saya tongkrongin itu samping mekaniknya sambil nanya2. Lumayan, selain nambah ilmu dan nambah pinter dikit, juga biar kagak dikadalin. Sekalian coba cocokin item pekerjaan dan part dengan WO nya (kan kita dikasih kopi WO nya tuh untuk pengambilan kunci mobil saat proses payment). Jika ada yang kagak dikerjakan = damprat aja. Hihihi. True story, ane pernah waktu itu masukan item bersihkan dan cek ac. Itu mobil ane selesai di ganti oli malah di anggurin. Pas ditegur baru deh dikerjakan. Mungkin kalo ane asoy internetan kayakntya gak akan dikerjakan deh.

4. Kalo ada klaim2 tertentu, jangan sungkan untuk ngajak SA nya test jalan bareng untuk cerita keluhan secara detail. Ada satu situasi dimana kita ga bisa ngecek kondisi kerusakan mobil hanya berdasarkan pengamatan semata aja. Setelah dilakukan pekerjaan tsb, jangan lupa bawa jalan lagi. Dan test agak ekstrim kalo bisa untuk memastikan kerusakan sudah diperbaiki dengan maksimal.

5. Manfaatkan diskon2 servis (kalo ada) hehehe... :p

* cuma pernah pegang 2 merk saja = N dan S. Yang N sudah nyoba 3 beres, sekalian waktu itu body repair, dan S sudah jajal 2 beres
So far semuanya helpfull, gak neko2 dan ga ribet kalo ada klaim whatsoever
zenslv
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 30 Dec 2015, 20:15
Location: sidoarjo
Daily Vehicle: brio satya

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by zenslv »

ke bengkel resmi untuk ngabisin free jasa saat beli mobil, selanjutnya ganti oli di bengkel umum.
alasannya saya lihat menu service di bukunya cuman diperiksa dan cek tapi harga jasanya mahal.

sekarang km uda hampir 40k, baca buku menunya lumayan banyak, lagi galau harus kembali ke bengkel resmi / cari bengkel spesialis.
bung ChZ bisa kasi rekomendasi bengkel spesialis honda di surabaya yang oke, terima kasih sebelumnya.
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: 26 Jun 2015, 16:04

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by setsuka09 »

Layak selama masih warranty om, lepas dari itu terserah.

Sejauh ini nubie ke Beres u/ ganti oli & filter oli, juga perawatan transmisi.

Diluar itu service di spesialis, pernah dikasih tips om Egibaio -- Thanks a lot om Egi -- kereta yg nubie pakai perlu setel klep per 20rb km, tanya ke SA BeRes jawabnya udah, pas cek ke spesialis ternyata belum pernah & benar terasa perbedaan setelah setel klep, sejak saat itu BeRes = oli + filter oli, itu saja, maintenance bengkel spesialis bisa dipercaya apalagi bengkel yg komunikatif ga pedit ilmu [emoji6]


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
razorus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 13 Jun 2015, 17:40

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by razorus »

Sudah tidak percaya lagi dgn beres T, kacau QC nya

Setelah servis berkala tutup oli tidak dipasang erat dan lepas, baru ketauan pas diingetin pemotor dan itu oli udah membanjiri seluruh ruang mesin dan jalanan :big_dunno:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: 15 Nov 2016, 12:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by adrevolution »

Kalau ada bengkel umum yang SOP pelayanan baik mobilnya maupun customernya lebih bagus dari bengkel resmi dan costnya lebih murah, why not?

Sayangnya ane belum nemu bengkel umum yang kayak gitu, mungkin karena belom banyak dapet referensi juga sih. Mungkin ada bengkel kayak gini cuma ane aja belum tau hahaha :e-wall:

Pengalaman ke bengkel umum yang deket2 rumah ada aja gak sregnya imho, biasanya karena montirnya jorok atau demen ngakal2in yang memang harusnya diganti, duh. Jadi lah semenjak itu ke bengkel resmi terus kecuali memang servis2 yang umum kayak ganti oli mesin.

Bagus2nya pengalaman ke non beres pas ke spesialis kaki2 dan memang research dulu waktu itu, hasilnya cukup memuaskan. Cuma ya namanya spesialis jadi nanganin 1 bidang aja, bidang lain ya cari bengkel lain.

Memang sih beres nggak semua bagus, tapi at least mereka punya std SOP yang jelas, jadi ya minimal ada peace of mind sedikit
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by aabx »

Kalau menurut saya masih ada BeRes yang bisa dipercaya. Kebetulan di rumah ane ada 3 mobil merek H tegak, di Jakarta Selatan ada 2 BeRes yang menurut ane oke dan mereka 1 grup.

Saya bisa bilang masih ada BeRes yang bisa dipercaya karena belakangan ini sedang ada pengalaman yang cukup baik dengan BeRes (yang saya sebutkan diatas). Berawal dari ortu beli sebuah H tegak seken di km 50k, tadinya hanya mau ambil service record di tempat owner lamanya, rencana dilanjutin di BeRes dekat rumah di Bekasi (ortu mintanya di BeRes, saya hanya ngejalanin), tapi ternyata penawaran mereka cukup menarik. Kebetulan pas beli mobil itu memang masih member di BeRes tsb dan jatohnya gratis jasa. Pelayanan saya bilang bagus karena ternyata record mobil tsb lengkap dari dia keluar showroom, dan ternyata mobil tsb pernah claim garansi racksteer dan unit ps diganti baru, hanya beberapa bulan sebelum mobil tsb pindah tangan ke keluarga saya. Lumayan nih dapet barang mahal baru pula hehe. BeRes ini juga bolehin customer nungguin mobil, tapi dengan sedikit basa basi.

Dengan pertimbangan km 50k yaitu bisa dibilang umur 'akil balig' sebuah mobil jaman sekarang (alias mulai banyak jajan), diputuskan buat lanjutin member aja. Member bayar agak gede, berlaku setahun, gratis jasa apapun dan diskon sparepart. Memang terdengar agak buang2 duit karena harga apply member dan harga jasa 2x servis dalam setahun mirip2, tapi selama member berjalan ane udah beberapa kali ganti parts dan semua gratis jasa. Dari situ langsung keliatan menang banyak, ane juga bandingin harga spare parts dan jatohnya tetep lebih murah dari toko langganan ane, itu baru harga parts dan belom pasang. Member ini juga termasuk dapet voucher2 kayak flushing ATF, Service ac, spooring dll.

Unit mobil kedua adalah mobil kakak saya masih ke BeRes karena beli dari new dan bokap langsung apply paket service nya selama 5 tahun.

Unit ketiga mobil saya sendiri dengan umur udah 12 tahun, kalau ini saya udah gak ke BeRes sama sekali, wong BeRes rata2 udah gak nyetok spare parts mobil 10 tahun keatas. Di mesin mobil ada stiker penggantian timing belt dari sebuah BeRes di Tangerang namun ketika saya kontak mereka bilang gak ada record mobil tersebut, padahal stiker tersebut tertanggal gak sampai satu tahun.

So kesimpulan saya:
1. Harus pilih2 BeRes yang bagus, masih ada kok BeRes yang beneran beres.
2. BeRes worth it buat mobil baru sampai umur dibawah 5 tahun, apalagi untuk orang2 penggila resale value hehe no offense ya.
3. BeRes sebaiknya hanya untuk perawatan mesin, untuk kaki2 saya lebih rekomen ke spesialis. BeRes terbagus bisa aja bikin kaki2 rapih lagi namun costnya luar biasa.
4. Hanya menekankan bahwa saya bukan fanboy BeRes, karena mobil yang saya pakai gak pernah ke BeRes. Hanya sharing pengalaman saja.
Last edited by aabx on 21 Apr 2017, 11:39, edited 1 time in total.
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by andyez86 »

Ke BeRes servis berkala klo ada free jasa servis sama pas lg ada promo jasa aja...selebihnya ganti oli ato perbaikan kecil di bengkel luar...jasa nya jauh lebih miring,yg ngerjain jg teknisi pengalaman...
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by adriangaut »

Kalau untuk fast moving, biasa ke shop and drive atau bengkel langganan

Slow moving, biasa ke bengkel resmi

So far pegang Suzuki, bengkel resminya nggak neko", masih oke servisnya dan orang"nya cukup helpfull
Masih cari bengkel resmi Hyundai, sejauh ini 2 bengkel agak kurang ya, ganti oli matik aja bisa hampir salah, untung diingetin......

Jadi, layak" saja ke bengkel resmi, selama tahu apa yang dikerjain...dan selama bengkelnya oke, karena ternyata toh bengkel resmi ada yang oke dan gak oke juga :mky_01:
Last edited by adriangaut on 21 Apr 2017, 12:01, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

DOHC wrote: 21 Apr 2017, 10:55 jawaban nya.... susah...

ini jg ke beres lg gegara owner sblom nya ngambil excl service program ahond... dan pas dijual doi jual murah package nya ke ane... kl ga sehh, haram serpis d beres lg... ini abis serpis berkala aj baru nyadar klip plastik ilang sbiji, pecah 2 biji... dan ngisi oli kepenuhan mulu...

btw, ad sdikit keanehan yg ane amati... biasa kl pake oli ahond yg biru, kl ganti sendiri di rumah, warna kuning jernih nya pas baru ganti berasa banget... lah ini baru ganti kenapa agak2 gelap gt yah... dan lg nyebelin nya honda pluit, ntuh ga boleh ngiderin mobil pas lg d servis...
Tapi klw ikut yang paket cermat2 itu lebih membantu sie oom daripada kena jackpot... :mky_05:

setau ane bbrp beres ahond oli pake jerigenan... mungkin karena jerigenan... atau uda lama ngendap disono... tp rasanya ga mungkin oli ngendap di beres...
Salvanost wrote: 21 Apr 2017, 10:55 Cuma pengen komplain
Filter ac + pasang
Di mitsubishi outlander sport
Kena 400k-an

Tapi di luar negeri kayanya juga mahal deh..
Tapi gua daripada ganti filter ac 400k

Mending gua beli aja 5 filter ac
Harga juga 400k
Taruh dibagasi mobil
Biar ga lupa bisa ganti filter acnya sendiri...
ntuh jasa doang 300ribu? :big_slap: barangnya kecil gt gampang masangnya... ngehek abis...
Gasoline24 wrote: 21 Apr 2017, 11:09 beberapa kali kebeli mobil riwayatnya seken mulu, belum pernah beli baru dari dealer [nasib]. dan biasanya sekali doang ke bengkel resmi, buat general check up sama historinya [kebetulan semua atoyot], setelah itu gak balik lagi ke bengkel resmi, mending ke bengkel labngganan ajah...lebih gak banyak basa basinya dan tentunya partnya juga lebih murah
Sama, ke bengkel resmi kadang cm cek record ajah... :ngacir:

nyaris ga pernah beli baru jg... :ngacir:
Blegedhez wrote: 21 Apr 2017, 11:10 Hmm,karena saya gak paham mesin sama sekali jadi selalu servis diberes,pengen sih servis di luar tapi gak tahu mana bengkel yang bagus.terakhir servis berkala 40km crv rm 2.0 at habis 4,2 jt,wajar gak ya segitu? :big_think:
Item yang dikerjakan apa ajah... 4.2juta kok terdengar ajaib yak... :big_slap: 40k paling ganti oli, filter, spoorbal, tuneup, injektor cleaning...

ahond flush atf di 60k... gud... nunggu berlumpur dl baru diganti :ngacir:
Mamang555 wrote: 21 Apr 2017, 11:14 Karena mobil saya masi di cover gratis jasa dan diskon parts sampe 50 km, so masih setia ke beres hehehe :D

Berbagi pengalaman saja dari ane yang awam dan nubie ini. Kalo setiap ke beres baiknya :

1. Cek aja di web / via internet apa2 saja yang harus dikerjakan pada servis km tertentu (misal 20rb, 40rb dst dst). Jika perlu dan memungkinkan, sekalian cek biayanya. Lebih mantap dan akurat lagi, join saja forum komunitas kendaraan tertentu dan coba tanya2 disitu. Minimal kita bisa tau kisaran biaya di bengkel resmi itu berapa.

2. Begitu datang dan disodorkan item2 pekerjaan servis di WO (work order), jangan langsung tanda tangan. Coba di baca dan telaah satu persatu. Kira2 ada item pekerjaan remeh temeh yang harus kita bayar atau tidak (padahal seharusnya free). Cek juga apa ada pekerjaan yang harusnya masih bisa ditunda terlebih dahulu tapi sudah dimasukkan ke dalam item pekerjaan (kalo di beres S biasanya bolak balik nawarin spoor bal). Intinya jangan sungkan untuk berkata tidak kalo misalnya dirasa ada pekerjaan / part yang harus diganti padahal menurut kita itu masih bagus.

3. Begitu mobil masup ke stall untuk dikerjakan, jangan asik wifi-an aja. Kalo saya sih saya tongkrongin itu samping mekaniknya sambil nanya2. Lumayan, selain nambah ilmu dan nambah pinter dikit, juga biar kagak dikadalin. Sekalian coba cocokin item pekerjaan dan part dengan WO nya (kan kita dikasih kopi WO nya tuh untuk pengambilan kunci mobil saat proses payment). Jika ada yang kagak dikerjakan = damprat aja. Hihihi. True story, ane pernah waktu itu masukan item bersihkan dan cek ac. Itu mobil ane selesai di ganti oli malah di anggurin. Pas ditegur baru deh dikerjakan. Mungkin kalo ane asoy internetan kayakntya gak akan dikerjakan deh.

4. Kalo ada klaim2 tertentu, jangan sungkan untuk ngajak SA nya test jalan bareng untuk cerita keluhan secara detail. Ada satu situasi dimana kita ga bisa ngecek kondisi kerusakan mobil hanya berdasarkan pengamatan semata aja. Setelah dilakukan pekerjaan tsb, jangan lupa bawa jalan lagi. Dan test agak ekstrim kalo bisa untuk memastikan kerusakan sudah diperbaiki dengan maksimal.

5. Manfaatkan diskon2 servis (kalo ada) hehehe... :p

* cuma pernah pegang 2 merk saja = N dan S. Yang N sudah nyoba 3 beres, sekalian waktu itu body repair, dan S sudah jajal 2 beres
So far semuanya helpfull, gak neko2 dan ga ribet kalo ada klaim whatsoever
Summed up nicely... Hahaha...

Sama dengan yang ane lakukan klw harus servis di beres... terima WO dan estimasi nyacatin dl ada yang ga perlu ga... tp so far blom pernah sih dikerjain barang ga perlu dilakuin... krn ane menghindari pake keyword servis berkala... kalopun pake keyword itu nanya yg dilakuin apa ajah... bgitu nemu treatment2 mistis ga perlu "ga usah, coret aja" :ngacir:
zenslv wrote: 21 Apr 2017, 11:15 ke bengkel resmi untuk ngabisin free jasa saat beli mobil, selanjutnya ganti oli di bengkel umum.
alasannya saya lihat menu service di bukunya cuman diperiksa dan cek tapi harga jasanya mahal.

sekarang km uda hampir 40k, baca buku menunya lumayan banyak, lagi galau harus kembali ke bengkel resmi / cari bengkel spesialis.
bung ChZ bisa kasi rekomendasi bengkel spesialis honda di surabaya yang oke, terima kasih sebelumnya.
rate jasa d beres bisa bwat kenyang FRD 1 menit... :big_slap:

di Sby dl ada spesialis ahond d kenjeran... josuha tp uda bangkrut... skr kalo ane serpis selalu pisah-pisah tempat... oli di winst mulyosari... tune up biasa d bengkel kampus ajah murah :ngacir: tp di GUT Klampis/Citraland jg bagus... agak mahal tapi worth drpd d beres. Ahond engine need valve adjustment... jd cari yang bener bener qualified klw tune up...

spooring balancing di GBT... GBT yang bagus di dharmahusada sono ownernya masih ngawasin tiap hari :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Jambangan »

DOHC wrote: 21 Apr 2017, 10:55 jawaban nya.... susah...

ini jg ke beres lg gegara owner sblom nya ngambil excl service program ahond... dan pas dijual doi jual murah package nya ke ane... kl ga sehh, haram serpis d beres lg... ini abis serpis berkala aj baru nyadar klip plastik ilang sbiji, pecah 2 biji... dan ngisi oli kepenuhan mulu...

btw, ad sdikit keanehan yg ane amati... biasa kl pake oli ahond yg biru, kl ganti sendiri di rumah, warna kuning jernih nya pas baru ganti berasa banget... lah ini baru ganti kenapa agak2 gelap gt yah... dan lg nyebelin nya honda pluit, ntuh ga boleh ngiderin mobil pas lg d servis...
Ada beberapa beres ahond n merek lain pake oli drum2an mod hati2
Beres emang kadang2 ngaco
Kemaren servis 10rb KM + ganti oli di auto 2000 deket rumah masa oli mesin ditambahin aditif merek ga jelas pula
Trus dulu jaman2 pake suzuki servis 5rb KM di beres dicekokin engine flush tapi filter oli ga diganti :e-doh:
Akhirnya besok langsung kuras lagi itu oli mesin di shop n drive. Jadi buang2 duit
Emang kacau kadang2 beres
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

setsuka09 wrote: 21 Apr 2017, 11:24 Layak selama masih warranty om, lepas dari itu terserah.

Sejauh ini nubie ke Beres u/ ganti oli & filter oli, juga perawatan transmisi.

Diluar itu service di spesialis, pernah dikasih tips om Egibaio -- Thanks a lot om Egi -- kereta yg nubie pakai perlu setel klep per 20rb km, tanya ke SA BeRes jawabnya udah, pas cek ke spesialis ternyata belum pernah & benar terasa perbedaan setelah setel klep, sejak saat itu BeRes = oli + filter oli, itu saja, maintenance bengkel spesialis bisa dipercaya apalagi bengkel yg komunikatif ga pedit ilmu [emoji6]


Sent from my iPhone using Tapatalk
uwe lepas warranty males ke beres jg om, malu ama mobil LCGC baru-baru yg lebih kinclong drpd sedan dekil ane... :ngacir:

kadang SA dan mekanik di ahond males stel klep kalau user gak ada keluhan boros / bunyi... :glodak:
razorus wrote: 21 Apr 2017, 11:26 Sudah tidak percaya lagi dgn beres T, kacau QC nya

Setelah servis berkala tutup oli tidak dipasang erat dan lepas, baru ketauan pas diingetin pemotor dan itu oli udah membanjiri seluruh ruang mesin dan jalanan :big_dunno:
teman ue pernah serpis merek T keluar beres jadi nglitik... :big_slap:
adrevolution wrote: 21 Apr 2017, 11:28 Kalau ada bengkel umum yang SOP pelayanan baik mobilnya maupun customernya lebih bagus dari bengkel resmi dan costnya lebih murah, why not?

Sayangnya ane belum nemu bengkel umum yang kayak gitu, mungkin karena belom banyak dapet referensi juga sih. Mungkin ada bengkel kayak gini cuma ane aja belum tau hahaha :e-wall:

Pengalaman ke bengkel umum yang deket2 rumah ada aja gak sregnya imho, biasanya karena montirnya jorok atau demen ngakal2in yang memang harusnya diganti, duh. Jadi lah semenjak itu ke bengkel resmi terus kecuali memang servis2 yang umum kayak ganti oli mesin.

Bagus2nya pengalaman ke non beres pas ke spesialis kaki2 dan memang research dulu waktu itu, hasilnya cukup memuaskan. Cuma ya namanya spesialis jadi nanganin 1 bidang aja, bidang lain ya cari bengkel lain.

Memang sih beres nggak semua bagus, tapi at least mereka punya std SOP yang jelas, jadi ya minimal ada peace of mind sedikit
mslhnya kadang SOP ga dilakuin beberapa beres... :mky_05:

bengkel umum itu... yg bego ya bego abis... yg jago ya jago abis... :big_slap:

nih monggo buat referensi... gunanya ngumpul di SM ini khan buat referensi... :mky_01:

viewtopic.php?f=4&t=133
aabx wrote: 21 Apr 2017, 11:32 Kalau menurut saya masih ada BeRes yang bisa dipercaya. Kebetulan di rumah ane ada 3 mobil merek H tegak, di Jakarta Selatan ada 2 BeRes yang menurut ane oke dan mereka 1 grup.

Saya bisa bilang masih ada BeRes yang bisa dipercaya karena belakangan ini sedang ada pengalaman yang cukup baik dengan BeRes (yang saya sebutkan diatas). Berawal dari ortu beli sebuah H tegak seken di km 50k, tadinya hanya mau ambil service record di tempat owner lamanya, rencana dilanjutin di BeRes dekat rumah di Bekasi (ortu mintanya di BeRes, saya hanya ngejalanin), tapi ternyata penawaran mereka cukup menarik. Kebetulan pas beli mobil itu memang masih member di BeRes tsb dan jatohnya gratis jasa. Pelayanan saya bilang bagus karena ternyata record mobil tsb lengkap dari dia keluar showroom, dan ternyata mobil tsb pernah claim garansi racksteer dan unit ps diganti baru, hanya beberapa bulan sebelum mobil tsb pindah tangan ke keluarga saya. Lumayan nih dapet barang mahal baru pula hehe. BeRes ini juga bolehin customer nungguin mobil, tapi dengan sedikit basa basi.

Dengan pertimbangan km 50k yaitu bisa dibilang umur 'akil balig' sebuah mobil jaman sekarang (alias mulai banyak jajan), diputuskan buat lanjutin member aja. Member bayar agak gede, berlaku setahun, gratis jasa apapun dan diskon sparepart. Memang terdengar agak buang2 duit karena harga apply member dan harga jasa 2x servis dalam setahun mirip2, tapi selama member berjalan ane udah beberapa kali ganti parts dan semua gratis jasa. Dari situ langsung keliatan menang banyak, ane juga bandingin harga spare parts dan jatohnya tetep lebih murah dari toko langganan ane, itu baru harga parts dan belom pasang. Member ini juga termasuk dapet voucher2 kayak flushing ATF, Service ac, spooring dll.

Unit mobil kedua adalah mobil kakak saya masih ke BeRes karena beli dari new dan bokap langsung apply paket service nya selama 5 tahun.

Unit ketiga mobil saya sendiri dengan umur udah 12 tahun, kalau ini saya udah gak ke BeRes sama sekali, wong BeRes rata2 udah gak nyetok spare parts mobil 10 tahun keatas. Di mesin mobil ada stiker penggantian timing belt dari sebuah BeRes di Tangerang namun ketika saya kontak mereka bilang gak ada record mobil tersebut, padahal stiker tersebut tertanggal gak sampai satu tahun.

So kesimpulan saya:
1. Harus pilih2 BeRes yang bagus, masih ada kok BeRes yang beneran beres.
2. BeRes worth it buat mobil baru sampai umur dibawah 5 tahun, apalagi untuk orang2 penggila resale value hehe no offense ya.
3. BeRes sebaiknya hanya untuk perawatan mesin, untuk kaki2 saya lebih rekomen ke spesialis. BeRes terbagus bisa aja bikin kaki2 rapih lagi namun costnya luar biasa.
4. Hanya menekankan bahwa saya bukan fanboy BeRes, karena mobil yang saya pakai gak pernah ke BeRes. Hanya sharing pengalaman saja.
Beres ahond langganan ane jg bagus... service manager lama nya disiplin jd anak buahnya ikut disiplin dan ga brani main-main... culture nya uda kebentuk dari lama. Kerjaan cakep, harganya murmer, SA udah kayak temen sndiri manggilnya bkn pak/mas tp bro :big_slap: ... mekanik uda akrab... saking akrabnya klw jatah mobil ane dites, ane diminta ikut pdhl konsumen lain engga :ngacir:

serpis d sana ga pernah tembus 1.5jt billnya... :ngacir: sampe diteriakin d bilang antek ahond fenboi ahond gr2 ane cerita serpis d beres murah krn pada kena jackpot... :ngacir: lah gmn, kenyataan... saking murahnya sampe Harrier ane serpis d sana... :ngacir:

yep ane ga anti beres koq, cm kadang kasian atpm namanya jelek gr2 oknum beres yg suka ngerjain... konsumen jg terutama dirugikan :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ricz »

Kalo toyota, semuanya diurus beres karena cukup memuaskan pelayanannya, en kerjaannya jg not bad lah....

Kalo honda, beres honda di medan sampah abis, jdnya servis di bengkel langganan aja....
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 15 May 2012, 13:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Schweppes »

Service di Beres ahond di deket rumah, begitu masuk masih free service 20.000KM, dijelaskan apa yg dikerjakan dan request untuk oli tidak usah diganti karena sudah diganti di Toda. SA lgs menjawab: "Pak, kalau tidak diganti oli disini nanti garansinya akan hangus..." ini nih yg bikin jengkel kalau service di beres. Beda banget sama beres ahond lain tempat saya beli mobil, mereka gak pernah komentar masalah oli
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by silentIm2 »

Pengalaman sya jadi korban ATM beres, suka ngerjain yg ga perlu. Bersihkan kampas rem lah, carbon clean lah. Lama2 baru sadar yg penting mobil itu gantol + filter. Filter udara cek berkala aja pas gantol juga (kerjain sendiri). Kampas rem juga cek sendiri (kerjain sendiri). Cek busi juga bisa sendiri atau 40,000 km. Akhirnya saya sekarang kerjain sendiri atau kerjain di luar tapi diawasi. Buku user manual selalu ready di mobil untuk contekan kapasitas oli dll. Di komputer ada service manual donlotan share dari komunitas.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by htannis »

Bengkel RESMI tidak dapat dipercaya sama sekali
Kecuali yg di bengkel biasa dah buntu problem nya, itu pun di beres menang banyak part buat di test satu persatu :mky_03:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: 01 May 2012, 10:55

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by j4niS »

ChZ wrote: 21 Apr 2017, 10:48 Menanggapi curhatan teman - teman di thread review X-Trail T32 saya...

viewtopic.php?f=19&t=25469

Tergelitik untuk membahas fenomena biaya servis di beberapa bengkel resmi yang "mengejutkan".

Bengkel resmi merupakan bentuk support dari ATPM sebagai pihak distributor / penjual suatu merek mobil untuk menyediakan jasa layanan servis ke konsumen. Sehingga konsumen enggak perlu lagi pusing cari bengkel untuk servis mobilnya. Secara sistem, adanya suatu tempat layanan 3S (Sales, Service, Spare Parts) terintegrasi di satu tempat sangat efektif. Bahkan ATPM / Dealer sudah memberikan SOP kepada konsumen tentang kapan harus service dan list apa saja yang diperlukan di buku servis termasuk prosedur warranty. Secara teori, ini terdengar sangat baik.

Sayangnya prakteknya tidak.

Fakta bahwa profit terbesar sebuah dealer mobil adalah dari service division, ya, bukan penjualan mobilnya. Bisa dilihat dari bengkel resmi merek - merek besar yang terkadang masih ramai walaupun hari minggu yang mengharuskan mereka minggu tetap buka dengan sistem piket jaga, service division menjadi ladang keruk uang dealer yang sangat hijau.

Akibatnya, banyak oknum sengaja menawarkan produk - produk yang tidak termasuk paket service. dan konsumen pun meng-iyakan... karena banyak konsumen tidak tau kegunaan produk - produk tersebut, mulut manis SA disini bekerja merayu konsumen untuk jatuh ke dalam perangkap. Tidak sampai disitu, biaya jasa service pun terkadang bisa berbeda antar dealer di merek yang sama.

Selain masalah biaya, belum masalah lain seperti warranty claim yang lebih susah dibanding ngasih makan FRD... bayar servis ternyata mobil ga diapa-apain... Ini serius terjadi. Krn apa? Ya krn konsumen ga ngawasin, wong servis ditinggal... Kluar service bill tinggal bayar.

"Jangan kek orang kismin service mobil mahal aja protes" .... well... I heard that somewhere... "jangan kek orang kismin beli alpat mikir bensin"...

It's more than just a matter of money, brother... elu yang horang kayah tinggal bayar... pake mobil ga sampe 3 taun bodo amat penting buku servis terisi walaupun gak yakin juga semua yang di buku servis dilakuin... yang pas-pasan beli mobil buat dipake lebih dari 5 taun...? Kalo mobilnya broke down krn mobilnya katanya "servis selalu bengkel resmi" tapi ternyata enggak beneran diservis... mau beliin mobil baru?

OK, kembali ke judul...

Jadi masih layak kah bengkel resmi dipercaya?

Untuk saya sendiri skrg sudah jarang ke bengkel resmi... Service di tempat kenalan - kenalan yang kerjanya jelas ketauan lebih baik dan pasti dikerjain... Kalau jujur saya sendiri sudah lama nggak percaya dengan beberapa bengkel resmi... Tapi karena kadang orang tua nyuruh serpisnya di bengkel resmi aja untuk beberapa mobil yang mereka pake terutama yang baru... ya udah... :ngacir: sambil tentunya ngeliatin kerjaannya dan milihin menu servis apa aja yang ane ga perlu... :ngacir: ane servis ke bengkel resmi ga pernah diem di ruang tunggu... pasti keluyuran... :ngacir:

Klw untuk mobil yang ane pake sendiri cm 1x masuk bengkel resmi... itupun krn bengkel langganan ane baru buka dan blom ada alat flush ATF... :ngacir: dan bengkel resmi langganan ane harganya bersahabat flush ATF g sampe sejuta abisnya :ngacir:

Monggo untuk teman - teman SMers share kisah - kisah dengan bengkel resmi...
bengkel resmi selama masih bisa diliatin sih masih ok....masalahnya ini jg sekarang mulai sok pake sop (dikira orang yg mau ikutan masuk mau mencuri/merusak)

dan terutama merk merk harum , koq rata rata ngeliat kaya gak bole masuk ikutan mantauin kerja samping mobil tuh.... :mky_05:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Herman7103 »

Saya masih service di beres karena mobil masih warranty dan selalu tongkrongi saat mekanik lagi service mobil saya dan sering tanya tanya ke mekanik senior serta SA nya jadi udh pada kenal. Harga beres normal karena mobil cuma rutin ganti oli dan filternya serta sesekali spooring dan balancing. Sehabis service berkala bawa mobil selalu enak jadi worth. Selama service berkala ngak pernah tagihan lbh dari 2jt

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Jambangan »

razorus wrote: 21 Apr 2017, 11:26 Sudah tidak percaya lagi dgn beres T, kacau QC nya

Setelah servis berkala tutup oli tidak dipasang erat dan lepas, baru ketauan pas diingetin pemotor dan itu oli udah membanjiri seluruh ruang mesin dan jalanan :big_dunno:
Wah kacau nih
Dulu ad jg cerita di forum sebelah, mobilnya kijang kapsul efi abis ganti oli di beres toyota (lupa grupnya apa) baut drain oil pan ga rapet jadi oli rembes
Ketahuannya pas di rumah ada genangan oli dibawah mesin :e-doh:
Fatal nih yg beginian
Btw masalah ginian sih ga hanya di beres. Bisa jadi di bengkel umum kena masalah ginian jg
Yg penting dicek lagi kalo abis ganti oli

===================================


Btw jama dulu pake terios pernah komplain masalah ngelitik di beres
Keluar bengkel malah ga beres masalahnya. Malah makin parah ngelitiknya
Curiga itu mobil ga disentuh ama pihak bengkel sama sekali
orchard
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: 26 Jun 2014, 16:28

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by orchard »

Salvanost wrote: 21 Apr 2017, 10:55 Cuma pengen komplain
Filter ac + pasang
Di mitsubishi outlander sport
Kena 400k-an

Tapi di luar negeri kayanya juga mahal deh..
Tapi gua daripada ganti filter ac 400k

Mending gua beli aja 5 filter ac
Harga juga 400k
Taruh dibagasi mobil
Biar ga lupa bisa ganti filter acnya sendiri...
utk os. filter ac ori nya msh made in germany afaik, makanya mahal..
untungan dulu pas msh free service/part 50k, ane ada simpen tiap 10k filternya.. krn beres sk curang gk diganti, pdhl dr jatah ktb diganti

padahal beli diluaran merk sakura jg uda lmyn, murmer
Last edited by orchard on 21 Apr 2017, 13:01, edited 1 time in total.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Jambangan »

Btw kalo servis di beres enaknya hati tenang dapet sparepart ori
Kalo di bengkel luar yg bukan rekomendasi temen2 takut dikadalin
Bulan juni tahun lalu ganti kopling set ipah di bengkel deket rumah gara2 di auto 2000 barang inden (aneh masa kopling ipah barang inden)
Sampe sekarang masih was2 itu barang ori apa kaga
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post