Remap ECU tanpa pigyback

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 24 Feb 2017, 12:36 Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Or4cle »

ChZ wrote: 24 Feb 2017, 13:42
Or4cle wrote: 24 Feb 2017, 12:36 Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

Or4cle wrote: 24 Feb 2017, 14:27
ChZ wrote: 24 Feb 2017, 13:42
Or4cle wrote: 24 Feb 2017, 12:36 Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
ECU standar, firmwarenya memang riset tahunan, tp buat cover all condition (weather, sea level, fuel, temp, etc).
Sudah pernah buka firmwarenya? Sudah tau apa aja parameternya? Apa aja yg dirubah khan ada limitasi jg utk hardwarenya. Gak sembarangan.
FRDback however, ada limitnya ga? Anyway, its user preference sih.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 24 Feb 2017, 14:27
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Balik ke tunernya sih soal resiko nya. Semua kan ada caranya om. Kalo mau aman ya jangan di modif... Hehehe. Modif hardware pun ada resikonya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ »

b8099ok wrote: 24 Feb 2017, 14:40

ECU standar, firmwarenya memang riset tahunan, tp buat cover all condition (weather, sea level, fuel, temp, etc).
Sudah pernah buka firmwarenya? Sudah tau apa aja parameternya? Apa aja yg dirubah khan ada limitasi jg utk hardwarenya. Gak sembarangan.
FRDback however, ada limitnya ga? Anyway, its user preference sih.
Bos Bebong has spoken.... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

Or4cle wrote:
ChZ wrote: 24 Feb 2017, 13:42
Or4cle wrote: 24 Feb 2017, 12:36 Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Makanya abis re-map itu wajib Dyno run dgn baca data
Boost
AFR
EGT

utk pastikan semua masuk toleransi keamanan mesin utk jangka panjang

Kalo utk keamanan mesin ya naekkin power jangan gede2

juga benar harus dibantu dgn aspek mekanikal spt gimana intake - exhaust, juga fluida2 yg bagus
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

Utk StandAlone saat ini boleh dikatakan "It Was"

skg sopwer remap dah canggih2

Sebab kita re-map kalo sopwer canggih kayak AlienTech juga semua fungsi2 gak penting dr ECU juga bisa dimatikan

mau bikin

lepas Rev limiter
matikan semua fitur CE (lampu CE gak akan nyala)

bisa

Cuman kalo stand alone unggulnya dia ada kontrol auxiliaries spt utk kontrol WMI / NOS dll


User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by billyd1773dz »

Seandainya semua mbl sudah bisa remap dgn support ecutek race rom jadi bisa multiple map, valet mode, launchcontrol shiftlight dll mantap..

Skrng baru bisa single map, kec sedia tablet/leptop n toolsny bwat remap jika ingin ganti map
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ »

b8099ok wrote: 24 Feb 2017, 14:52 Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
CE is resing.... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

billyd1773dz wrote: 24 Feb 2017, 14:56 Seandainya semua mbl sudah bisa remap dgn support ecutek race rom jadi bisa multiple map, valet mode, launchcontrol shiftlight dll mantap..

Skrng baru bisa single map, kec sedia tablet/leptop n toolsny bwat remap jika ingin ganti map
Launch control and shift light bisa utk bbrp ecu.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by billyd1773dz »

Iya baru beberapa yang bisa

Mostly subaru, few mazda, few mitsu, few toyota

LoL
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

b8099ok wrote:Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
hanya utk permisalan aja
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by F272 »

Ngeri nih... momod2 pada komen semua...

Saya numpang nyimak aja eh..sambil jedug2. . :emo-big_love:
User avatar
fatmike21
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 14 Mar 2013, 10:56
Location: Lereng Merapi, Sleman, Jogja

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by fatmike21 »

b8099ok wrote: 24 Feb 2017, 15:10 Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:
"straight 6 forever"
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: 26 Aug 2014, 22:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by FRD »

ginting wrote: 24 Feb 2017, 12:00
efact wrote:
ginting wrote: 24 Feb 2017, 11:23 PM aja username B8099OK di atas,..

Minta diajak dan kenalin sama owner bebong garage, Summarecon Serpong.
Nanti kan bisa diskusi soal potensi kobel mesin itu..
Supaya sama2 enak,..jgn sampai over expectation.

Soal harga kan nanti oom bisa nego sama owner bebong langsung..



Sent from my K012 using Tapatalk
siap... bebong itu di serpong toh.. kebetulan deket sama lokasi saya tiap weekend, tq oom ginting..
Iya, oom...
Gak jauh2 koq...coba aja..

Cuma owner bebong agak nyentrik, oom

dia kerja based on appointment only..dan based on referral...






Sent from my K012 using Tapatalk
my time my place sih sistem nya bang sat :mky_03:
:big_smoking:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by nugroho bagor »

b8099ok wrote: 24 Feb 2017, 14:52 Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
Hallo hai,anda tho boss bebong :upss: sukses dah :big_smoking:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

nugroho bagor wrote: 24 Feb 2017, 17:46
b8099ok wrote: 24 Feb 2017, 14:52 Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
Hallo hai,anda tho boss bebong :upss: sukses dah :big_smoking:
Papih Bagor :cupss:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ »

b8099ok wrote: 24 Feb 2017, 15:10 Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Taxiberbilio?

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kuyaninja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 28 Feb 2014, 11:35

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by kuyaninja »

Saya korban dari bebonggaras, nyesel banget....


Nyesel knapa gak remap dari dulu :mky_02:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by quyquy »

Turboman wrote: 23 Feb 2017, 13:21
quyquy wrote:
Misi Om.. newbie niy..

Kalo di surabaya, remap di mana Om?
coba tanya ke bengkel Elysium
thks a lot om buat infonya..
User avatar
SiulTurbo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: 28 Sep 2016, 11:20
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Fortuner 2KD
Contact:

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by SiulTurbo »

fatmike21 wrote:
b8099ok wrote: 24 Feb 2017, 15:10 Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:
Honda resing ngacir bruuuummmm

Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: RE: Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

SiulTurbo wrote:
fatmike21 wrote:
b8099ok wrote: 24 Feb 2017, 15:10 Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:
Honda resing ngacir bruuuummmm

Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app
Nah....ini brio kalo gue ketemu di toll, gue langsung minggir aja..
Soalnya lepas dikobel bebong garage, itu brio jadi resing banget.


Sent from my K012 using Tapatalk

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

Sayang banget si MuX ini punya ECU merek Transtron Renesas, yg satu satunya di Indo yg make itu merek.
Yg lain pada pake Bosch, Delphi, Denso, Keihin, dll



Sent from my K012 using Tapatalk

Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post