Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by pernahmiskin »

Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 16:58 Many thx info utk om pernah :frm_salut:

Truk 3/4 dimuati 9 ton ????

Gak salah tuh um ?
:mky_02:
Hehehe, sebenernya salah om..tp apa mau di kata...
Ongkos dan profit ga cukup kalau muat seperti yg d anjurkan d buku keur..
Kalau sy cenderung siksa unit 24 jam (tambang kaolin dan pasir buka 24jam) selama masih angsur bank, kelar lunas (5 thn) jual, separuh buat dp sisanya tambah modal..

Truk material dan angkutan berat lainnya kalau kita mau jujur hampir semua lebih dari tonase koq om, jd ga usah kuatir..temennya buanyak... :big_peace:

Noted: Resiko d tanggung sendiri, klo angkut sesuai keur perlahan kita bunuh usaha sendiri..trust me :big_peace:
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
VPW
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 13, 2016 18:27

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by VPW »

Dump truck zaman sekarang bak nya full, muatan pasir atau urug pasti tembus 10 ton, interval ganti ban n kopling lebih cepat. Kebutuhan om turbo sepertinya cocok di elf atau dutro, elf lebih irit, gear rasio pendek2 enak buat nanjak, suara mesin pas stationer paling alus. Canter enaknya klo long track dan canter itu di kabin bising soalnya siulan turbonya kenceng apalagi klo sudah di stel ulang hahaha..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Turboman »

pernahmiskin wrote: Fri Jan 20, 2017 17:01
Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 16:58 Many thx info utk om pernah :frm_salut:

Truk 3/4 dimuati 9 ton ????

Gak salah tuh um ?
:mky_02:
Hehehe, sebenernya salah om..tp apa mau di kata...
Ongkos dan profit ga cukup kalau muat seperti yg d anjurkan d buku keur..
Kalau sy cenderung siksa unit 24 jam (tambang kaolin dan pasir buka 24jam) selama masih angsur bank, kelar lunas (5 thn) jual, separuh buat dp sisanya tambah modal..

Truk material dan angkutan berat lainnya kalau kita mau jujur hampir semua lebih dari tonase koq om, jd ga usah kuatir..temennya buanyak... :big_peace:

Noted: Resiko d tanggung sendiri, klo angkut sesuai keur perlahan kita bunuh usaha sendiri..trust me :big_peace:
Hoahoahoahoha.......I like it

Btw um, dgn kondisi full std, per std / ban std, dump truck apa yg paling kuat utk angkut tonase sampe paling tinggi.....alias suspensi masih kuat nahan, mesin masi kuat narik
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Turboman »

VPW wrote: Fri Jan 20, 2017 17:21 Dump truck zaman sekarang bak nya full, muatan pasir atau urug pasti tembus 10 ton, interval ganti ban n kopling lebih cepat. Kebutuhan om turbo sepertinya cocok di elf atau dutro, elf lebih irit, gear rasio pendek2 enak buat nanjak, suara mesin pas stationer paling alus. Canter enaknya klo long track dan canter itu di kabin bising soalnya siulan turbonya kenceng apalagi klo sudah di stel ulang hahaha..
:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:

Really appreciate for da inpo & summary

:frm_salut:
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by pernahmiskin »

Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 17:50
pernahmiskin wrote: Fri Jan 20, 2017 17:01
Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 16:58 Many thx info utk om pernah :frm_salut:

Truk 3/4 dimuati 9 ton ????

Gak salah tuh um ?
:mky_02:
Hehehe, sebenernya salah om..tp apa mau di kata...
Ongkos dan profit ga cukup kalau muat seperti yg d anjurkan d buku keur..
Kalau sy cenderung siksa unit 24 jam (tambang kaolin dan pasir buka 24jam) selama masih angsur bank, kelar lunas (5 thn) jual, separuh buat dp sisanya tambah modal..

Truk material dan angkutan berat lainnya kalau kita mau jujur hampir semua lebih dari tonase koq om, jd ga usah kuatir..temennya buanyak... :big_peace:

Noted: Resiko d tanggung sendiri, klo angkut sesuai keur perlahan kita bunuh usaha sendiri..trust me :big_peace:
Hoahoahoahoha.......I like it

Btw um, dgn kondisi full std, per std / ban std, dump truck apa yg paling kuat utk angkut tonase sampe paling tinggi.....alias suspensi masih kuat nahan, mesin masi kuat narik
Hino dutro, jawara kalau menurut sy pribadi..
(Tapi tetap dgn penambahan per belakang 2/3 lembar)

kalau dr berbagai merk
~ Mesin standart kuat koq om, asal normal

~ Per-nya aja tambahin 2/3 lembar(kalau std rawan patah)

~ Ban std kuat koq, asal ga vulkanisir tp kalau jarak tempuh kurang dr 25km vulkanisir masih mumpuni..
Ban depan harus asli, jangan pakai vulkanisir demi hemat dana..

Kalau baru mulai main truk angkut, ati2 dgn oknum driver nakal om...(maaf sy ga generalisir semua)..
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Or4cle »

Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 16:58 Many thx info utk om pernah :frm_salut:

Truk 3/4 dimuati 9 ton ????

Gak salah tuh um ?
:mky_02:
Dyna 130 HT aku rata2 muat max 12 tons, rute JKT - JAMBI, ekspedisi lintas Sumatera.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Or4cle »

pernahmiskin wrote: Fri Jan 20, 2017 18:16
Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 17:50
pernahmiskin wrote: Fri Jan 20, 2017 17:01

Hehehe, sebenernya salah om..tp apa mau di kata...
Ongkos dan profit ga cukup kalau muat seperti yg d anjurkan d buku keur..
Kalau sy cenderung siksa unit 24 jam (tambang kaolin dan pasir buka 24jam) selama masih angsur bank, kelar lunas (5 thn) jual, separuh buat dp sisanya tambah modal..

Truk material dan angkutan berat lainnya kalau kita mau jujur hampir semua lebih dari tonase koq om, jd ga usah kuatir..temennya buanyak... :big_peace:

Noted: Resiko d tanggung sendiri, klo angkut sesuai keur perlahan kita bunuh usaha sendiri..trust me :big_peace:
Hoahoahoahoha.......I like it

Btw um, dgn kondisi full std, per std / ban std, dump truck apa yg paling kuat utk angkut tonase sampe paling tinggi.....alias suspensi masih kuat nahan, mesin masi kuat narik
Hino dutro, jawara kalau menurut sy pribadi..
(Tapi tetap dgn penambahan per belakang 2/3 lembar)

kalau dr berbagai merk
~ Mesin standart kuat koq om, asal normal

~ Per-nya aja tambahin 2/3 lembar(kalau std rawan patah)

~ Ban std kuat koq, asal ga vulkanisir tp kalau jarak tempuh kurang dr 25km vulkanisir masih mumpuni..
Ban depan harus asli, jangan pakai vulkanisir demi hemat dana..

Kalau baru mulai main truk angkut, ati2 dgn oknum driver nakal om...(maaf sy ga generalisir semua)..
Ngomong2 tentang oknum driver nakal, modusnya 1001 cara. Pengalaman aku, sopir nakal selalu request merk ban yang gampang dicari (biar bisa tukar guling di jalan) terus klaim ban botak, minta ganti ban baru sama boss.

Untuk lintas Sumatra sopir nakal akan milih Canter, alasannya spareparts gampang dicari padahal modus untuk tukar-tambah/akal-akalin sparepart mobil kalau lagi kepepet BU
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by keong »

Wah banyak belajar nih saya...

Kebetulan 2 th yg lalu bokap sempet pengen ambil truk, dah pengen tuker tambah sama inopah buat ambil canter yg 110 buat ngangkut gula merah dr blitar ke jkt muatan kira2 6,7 ton sekali jalan, tapi msh belom jadi krn belom urgent

Saya mau tanya dong om, kalo untuk ambil unit second, rekomendasi paling aman dan ekonomis ambil yg mana ya ? Apakah mending ambil yg rv nya paling jatuh, atau mending ambil yg mainstream (canter) tp sparepart banyak ? Penggunaan tidak berat, dibawah 6 ton, tidak buat angkut pasir, paling barang2 grosiran

Thanks
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by alicevamps »

Turboman wrote: Thu Oct 27, 2016 2:50 Dear all

Mungkin ada yg berpengalaman dgn dump truk "mini" kelas 3/4 dgn ban belakang dobel & bak hydraulic actuated

Apa saja keunggulan / kekurangan dari masing2 merek :

- Mitsu Colt
- Isuzu Elf
- Toyota Dyna
- Hino

Dan merek2 lain

many Thx before
Biasanya nyebutnya:
- si kuning
- si putih
- si merah
- si hijau

Kok ak paling sering liat si putih ya, apa perasaan aja kali
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by matra »

elf paling irit tp sparepart paling mahal, kalau mau pakai muat pasir pakai saja kepala kuning atau dyna juga boleh, muat 9 ton gampang ini truck truck d Indonesia, paling sj as gardan yg patah
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Nugrohonug »

Sepengalaman bawa canter super hd,dyna 130ht,elf harimau tipe hd punya perusahaan,mesin 4d34nya canter paling awet om diantara yg lain,kalo Dyna,dutro,elf itu karakternyaa putaran bawahnya bagus tenaganya ,soal fc ane rasa beda beda tipis borosan canter tapi ane rasa worthed lah sama tenaganya
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Or4cle »

alicevamps wrote: Sat Jan 21, 2017 2:34
Turboman wrote: Thu Oct 27, 2016 2:50 Dear all

Mungkin ada yg berpengalaman dgn dump truk "mini" kelas 3/4 dgn ban belakang dobel & bak hydraulic actuated

Apa saja keunggulan / kekurangan dari masing2 merek :

- Mitsu Colt
- Isuzu Elf
- Toyota Dyna
- Hino

Dan merek2 lain

many Thx before
Biasanya nyebutnya:
- si kuning
- si putih
- si merah
- si hijau

Kok ak paling sering liat si putih ya, apa perasaan aja kali
Untuk sekitar Jabotabek Isuzu ELF populasinya cukup banyak. Kalau di Sumatera si kepala kuning ada dimana-mana
Zarno
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Oct 28, 2016 9:51

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Zarno »

Kalau di Toyota DYNA ada 130HT high gear utk muatan batu bolder..pasir..dump cocok.
Customer saya sempat pakai canter..kebetulan saya sharing tentang dyna, dan beliau setuju utk pesan 3 unit 130HT high gear, kuncinya adalah menyesuaikan medan, karena customer kuari nya ada di gunung yg notabene menanjak dengan kondisi jalan jelek..
Awalnya banyak drivernya yg kurang setuju, tp karena saya jelaskan, karakter sasis baik dr kaki kaki gear ratio dan spesifikasi detil dump beserta hidrolisnya, sepakat 2 dr 3 driver setuju pake dyna..
Semisal jalan bergelombang/beda bidang jalan, rebound suspensi yg paling oke pas muatan full batu bolder cuma dyna..kalau rebound lambat bs dipastikan beban sasis makin berat dan utk berdiri ke posisi semula (datar) juga lambat, semisal beda bidang jalan/kemiringannya dalam, bisa bisa truck klontang alias body roll..dan saya lihat langsung canter yg klontang itu..
Hampir setahun ini memakai dyna 130HT high gear konsumen saya gak komplain soal performa dyna..paling paling soal material dump nya..yg memang dlm 2 tahun kedepan pemakaian harus di overhaul..dump nya..bukan dyna nya..
Oh iya soal spare parts..di toyota ada ARPI yg soal harga lumayan miring..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Turboman »

Noted

really appreciate utk masukkan dr kawan2

Really surprise dump truck 3/4 bisa angkut sampe 9 Ton

berarti 9 X isi pake PC 200

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Or4cle »

Zarno wrote: Sat Jan 21, 2017 12:40 Kalau di Toyota DYNA ada 130HT high gear utk muatan batu bolder..pasir..dump cocok.
Customer saya sempat pakai canter..kebetulan saya sharing tentang dyna, dan beliau setuju utk pesan 3 unit 130HT high gear, kuncinya adalah menyesuaikan medan, karena customer kuari nya ada di gunung yg notabene menanjak dengan kondisi jalan jelek..
Awalnya banyak drivernya yg kurang setuju, tp karena saya jelaskan, karakter sasis baik dr kaki kaki gear ratio dan spesifikasi detil dump beserta hidrolisnya, sepakat 2 dr 3 driver setuju pake dyna..
Semisal jalan bergelombang/beda bidang jalan, rebound suspensi yg paling oke pas muatan full batu bolder cuma dyna..kalau rebound lambat bs dipastikan beban sasis makin berat dan utk berdiri ke posisi semula (datar) juga lambat, semisal beda bidang jalan/kemiringannya dalam, bisa bisa truck klontang alias body roll..dan saya lihat langsung canter yg klontang itu..
Hampir setahun ini memakai dyna 130HT high gear konsumen saya gak komplain soal performa dyna..paling paling soal material dump nya..yg memang dlm 2 tahun kedepan pemakaian harus di overhaul..dump nya..bukan dyna nya..
Oh iya soal spare parts..di toyota ada ARPI yg soal harga lumayan miring..
Untuk parts filter solar, filter udara dan filter oli ARPI relatif miring harganya. Pernah juga pakai king pen ARPI tapi keok, gak tahan lama dihajar jalanan kubangan sapi di sekitar Lampung - Palembang
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by ak4ng »

Turboman wrote: Sun Jan 22, 2017 0:15 Noted

really appreciate utk masukkan dr kawan2

Really surprise dump truck 3/4 bisa angkut sampe 9 Ton

berarti 9 X isi pake PC 200
Rata2 10an ton om, nekad 12ton pun hajal aja kalo supirnya sanggup :off_good_job:
Kl muatan 1x brangkat sesuai kir ngak bakal balik modal :big_biglaugh: maybe kl PP dgn muatan penuh sesuai kir berangkat dan pulang bisa balik modal :shrug: :big_think:

Selamat mencoba.... :mrgreen: :ngacir:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by sprint07 »

Canter
Paling kencang di jalan datar...tanjakan paling payah
Harga paling mahal
Rv paling bagus
Part kw banyak
Mudah dicuri soalnya part nya sering ditukar ama supir

Hino dutro
Paling irit
Naikan keras
Pir kuat utk muatan 7ton ga perlu tambah

Isuzu elf
Cukup irit
Naikan enak

Sebenarnya harga part untuk ori hampir sama semua, bedanya canter byk sekali sampe kw keberapa.

Muatan standar 7 ton pakai ban 750 cukup. Klo biasa muat pasir sampai 14 ton harus 825.
Yg 14 ton rata2 hino dan elf, mitsu dah kalah gardan nya.

Klo muatan di ata 10ton harap diperhatikan rem nya, biasanya jalan pelan bgt spy ban tidak meledak (naik sepeda aja lebih kencang)

Ban bisa dicoba michelin agilis hd 750...irit ga habis2 cuma lbh mahal 600rb drpd gt
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by sprint07 »

Rata2 yang diambil ban dan aki...tp pernah yang parah mau tukar bak persneling
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by grandis_GT »

Truck" medium gini dari pabrik di kasih AC gak sih ?
Zarno
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Oct 28, 2016 9:51

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Zarno »

grandis_GT wrote: Sun Jan 22, 2017 8:03 Truck" medium gini dari pabrik di kasih AC gak sih ?
Basicnya tdk ada AC omm..
Tergantung pesanan omm..kalau mau pasang bisa, mau sanden atau denso bisa..
Tp banyakan bukan buat angkut dump yaa..karena dump identik buat kerja berat..butuh power yg kalau dipasang ac jd membebani kerja mesin..
Yg biasa buat dipasang AC ada di 110FT..130XT (box)..130 microbus yg medannya di aspal buat antar kota saja..
Zarno
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Oct 28, 2016 9:51

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by Zarno »

@Turboman kalau medan terjal..mending jangan sampai overload omm buat menjaga durabilitasnya..
Kalau medan aspal nanjak biasa masih bs banget omm..asal material plat dumpnya oke dan paling penting hidrolisnya..cari yg paling oke..standar harga dump dengan material oke si di angka 45jutaan omm..
Kalau beli unit truck baru harga segitu sudah termasuk BBN dump nya..
*Utk kelas toyota DYNA
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by grandis_GT »

Zarno wrote: Sun Jan 22, 2017 13:49
grandis_GT wrote: Sun Jan 22, 2017 8:03 Truck" medium gini dari pabrik di kasih AC gak sih ?
Basicnya tdk ada AC omm..
Tergantung pesanan omm..kalau mau pasang bisa, mau sanden atau denso bisa..
Tp banyakan bukan buat angkut dump yaa..karena dump identik buat kerja berat..butuh power yg kalau dipasang ac jd membebani kerja mesin..
Yg biasa buat dipasang AC ada di 110FT..130XT (box)..130 microbus yg medannya di aspal buat antar kota saja..
Kira" misalnya kita mau pasang AC dari pabrik langsung nambah brapa Om ?
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by pernahmiskin »

grandis_GT wrote: Sun Jan 22, 2017 14:34
Zarno wrote: Sun Jan 22, 2017 13:49
grandis_GT wrote: Sun Jan 22, 2017 8:03 Truck" medium gini dari pabrik di kasih AC gak sih ?
Basicnya tdk ada AC omm..
Tergantung pesanan omm..kalau mau pasang bisa, mau sanden atau denso bisa..
Tp banyakan bukan buat angkut dump yaa..karena dump identik buat kerja berat..butuh power yg kalau dipasang ac jd membebani kerja mesin..
Yg biasa buat dipasang AC ada di 110FT..130XT (box)..130 microbus yg medannya di aspal buat antar kota saja..
Kira" misalnya kita mau pasang AC dari pabrik langsung nambah brapa Om ?
Kalau dr pabrik sy ga paham om, tp kalau pasang d luaran sekitar 5 juta..
Kalau sy pakai inverter dc to ac, lalu pasangin ac portable 1/4 pk yg biasanya d pakai d ruang santai rumah (asal kelistrikan sehat, ac portable aman koq buat dinamo dll), biaya malah murah inverter 700rb, ac portable 2 jutaan..(pas iseng pengen jalan atau kalau sopir ada yg libur, sy kadang jalanin truk jg)
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by grandis_GT »

Pernah dulu paman saya masang AC utk Fuso Mitsubishi kpla Oren di tukang AC pinggiran habis 6 jutaan tapi kurang dingin , malahan klo pas siang hari kayak angin aja yg keluar gak ada freonnya , padahal gk ada kebocoran .
Kayaknya cara Om diatas bisa di coba :D
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Diskusi Dump Truck kelas 3/4 - ban blkg dobel

Post by nyotnyet »

pernahmiskin wrote:
grandis_GT wrote: Sun Jan 22, 2017 14:34
Zarno wrote: Sun Jan 22, 2017 13:49 Basicnya tdk ada AC omm..
Tergantung pesanan omm..kalau mau pasang bisa, mau sanden atau denso bisa..
Tp banyakan bukan buat angkut dump yaa..karena dump identik buat kerja berat..butuh power yg kalau dipasang ac jd membebani kerja mesin..
Yg biasa buat dipasang AC ada di 110FT..130XT (box)..130 microbus yg medannya di aspal buat antar kota saja..
Kira" misalnya kita mau pasang AC dari pabrik langsung nambah brapa Om ?
Kalau dr pabrik sy ga paham om, tp kalau pasang d luaran sekitar 5 juta..
Kalau sy pakai inverter dc to ac, lalu pasangin ac portable 1/4 pk yg biasanya d pakai d ruang santai rumah (asal kelistrikan sehat, ac portable aman koq buat dinamo dll), biaya malah murah inverter 700rb, ac portable 2 jutaan..(pas iseng pengen jalan atau kalau sopir ada yg libur, sy kadang jalanin truk jg)
Ac standing itu om? Taro dimana om? Kayanya sizenya kam gede ya itu? Cmiiw


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom