Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: ↑Fri Jan 20, 2017 16:58
Many thx info utk om pernah
Truk 3/4 dimuati 9 ton ????
Gak salah tuh um ?
Hehehe, sebenernya salah om..tp apa mau di kata...
Ongkos dan profit ga cukup kalau muat seperti yg d anjurkan d buku keur..
Kalau sy cenderung siksa unit 24 jam (tambang kaolin dan pasir buka 24jam) selama masih angsur bank, kelar lunas (5 thn) jual, separuh buat dp sisanya tambah modal..
Truk material dan angkutan berat lainnya kalau kita mau jujur hampir semua lebih dari tonase koq om, jd ga usah kuatir..temennya buanyak...
Noted: Resiko d tanggung sendiri, klo angkut sesuai keur perlahan kita bunuh usaha sendiri..trust me
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Dump truck zaman sekarang bak nya full, muatan pasir atau urug pasti tembus 10 ton, interval ganti ban n kopling lebih cepat. Kebutuhan om turbo sepertinya cocok di elf atau dutro, elf lebih irit, gear rasio pendek2 enak buat nanjak, suara mesin pas stationer paling alus. Canter enaknya klo long track dan canter itu di kabin bising soalnya siulan turbonya kenceng apalagi klo sudah di stel ulang hahaha..
Turboman wrote: ↑Fri Jan 20, 2017 16:58
Many thx info utk om pernah
Truk 3/4 dimuati 9 ton ????
Gak salah tuh um ?
Hehehe, sebenernya salah om..tp apa mau di kata...
Ongkos dan profit ga cukup kalau muat seperti yg d anjurkan d buku keur..
Kalau sy cenderung siksa unit 24 jam (tambang kaolin dan pasir buka 24jam) selama masih angsur bank, kelar lunas (5 thn) jual, separuh buat dp sisanya tambah modal..
Truk material dan angkutan berat lainnya kalau kita mau jujur hampir semua lebih dari tonase koq om, jd ga usah kuatir..temennya buanyak...
Noted: Resiko d tanggung sendiri, klo angkut sesuai keur perlahan kita bunuh usaha sendiri..trust me
Hoahoahoahoha.......I like it
Btw um, dgn kondisi full std, per std / ban std, dump truck apa yg paling kuat utk angkut tonase sampe paling tinggi.....alias suspensi masih kuat nahan, mesin masi kuat narik
VPW wrote: ↑Fri Jan 20, 2017 17:21
Dump truck zaman sekarang bak nya full, muatan pasir atau urug pasti tembus 10 ton, interval ganti ban n kopling lebih cepat. Kebutuhan om turbo sepertinya cocok di elf atau dutro, elf lebih irit, gear rasio pendek2 enak buat nanjak, suara mesin pas stationer paling alus. Canter enaknya klo long track dan canter itu di kabin bising soalnya siulan turbonya kenceng apalagi klo sudah di stel ulang hahaha..
Turboman wrote: ↑Fri Jan 20, 2017 16:58
Many thx info utk om pernah
Truk 3/4 dimuati 9 ton ????
Gak salah tuh um ?
Hehehe, sebenernya salah om..tp apa mau di kata...
Ongkos dan profit ga cukup kalau muat seperti yg d anjurkan d buku keur..
Kalau sy cenderung siksa unit 24 jam (tambang kaolin dan pasir buka 24jam) selama masih angsur bank, kelar lunas (5 thn) jual, separuh buat dp sisanya tambah modal..
Truk material dan angkutan berat lainnya kalau kita mau jujur hampir semua lebih dari tonase koq om, jd ga usah kuatir..temennya buanyak...
Noted: Resiko d tanggung sendiri, klo angkut sesuai keur perlahan kita bunuh usaha sendiri..trust me
Hoahoahoahoha.......I like it
Btw um, dgn kondisi full std, per std / ban std, dump truck apa yg paling kuat utk angkut tonase sampe paling tinggi.....alias suspensi masih kuat nahan, mesin masi kuat narik
Hino dutro, jawara kalau menurut sy pribadi..
(Tapi tetap dgn penambahan per belakang 2/3 lembar)
kalau dr berbagai merk
~ Mesin standart kuat koq om, asal normal
~ Per-nya aja tambahin 2/3 lembar(kalau std rawan patah)
~ Ban std kuat koq, asal ga vulkanisir tp kalau jarak tempuh kurang dr 25km vulkanisir masih mumpuni..
Ban depan harus asli, jangan pakai vulkanisir demi hemat dana..
Kalau baru mulai main truk angkut, ati2 dgn oknum driver nakal om...(maaf sy ga generalisir semua)..
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Hehehe, sebenernya salah om..tp apa mau di kata...
Ongkos dan profit ga cukup kalau muat seperti yg d anjurkan d buku keur..
Kalau sy cenderung siksa unit 24 jam (tambang kaolin dan pasir buka 24jam) selama masih angsur bank, kelar lunas (5 thn) jual, separuh buat dp sisanya tambah modal..
Truk material dan angkutan berat lainnya kalau kita mau jujur hampir semua lebih dari tonase koq om, jd ga usah kuatir..temennya buanyak...
Noted: Resiko d tanggung sendiri, klo angkut sesuai keur perlahan kita bunuh usaha sendiri..trust me
Hoahoahoahoha.......I like it
Btw um, dgn kondisi full std, per std / ban std, dump truck apa yg paling kuat utk angkut tonase sampe paling tinggi.....alias suspensi masih kuat nahan, mesin masi kuat narik
Hino dutro, jawara kalau menurut sy pribadi..
(Tapi tetap dgn penambahan per belakang 2/3 lembar)
kalau dr berbagai merk
~ Mesin standart kuat koq om, asal normal
~ Per-nya aja tambahin 2/3 lembar(kalau std rawan patah)
~ Ban std kuat koq, asal ga vulkanisir tp kalau jarak tempuh kurang dr 25km vulkanisir masih mumpuni..
Ban depan harus asli, jangan pakai vulkanisir demi hemat dana..
Kalau baru mulai main truk angkut, ati2 dgn oknum driver nakal om...(maaf sy ga generalisir semua)..
Ngomong2 tentang oknum driver nakal, modusnya 1001 cara. Pengalaman aku, sopir nakal selalu request merk ban yang gampang dicari (biar bisa tukar guling di jalan) terus klaim ban botak, minta ganti ban baru sama boss.
Untuk lintas Sumatra sopir nakal akan milih Canter, alasannya spareparts gampang dicari padahal modus untuk tukar-tambah/akal-akalin sparepart mobil kalau lagi kepepet BU
Kebetulan 2 th yg lalu bokap sempet pengen ambil truk, dah pengen tuker tambah sama inopah buat ambil canter yg 110 buat ngangkut gula merah dr blitar ke jkt muatan kira2 6,7 ton sekali jalan, tapi msh belom jadi krn belom urgent
Saya mau tanya dong om, kalo untuk ambil unit second, rekomendasi paling aman dan ekonomis ambil yg mana ya ? Apakah mending ambil yg rv nya paling jatuh, atau mending ambil yg mainstream (canter) tp sparepart banyak ? Penggunaan tidak berat, dibawah 6 ton, tidak buat angkut pasir, paling barang2 grosiran
elf paling irit tp sparepart paling mahal, kalau mau pakai muat pasir pakai saja kepala kuning atau dyna juga boleh, muat 9 ton gampang ini truck truck d Indonesia, paling sj as gardan yg patah
Sepengalaman bawa canter super hd,dyna 130ht,elf harimau tipe hd punya perusahaan,mesin 4d34nya canter paling awet om diantara yg lain,kalo Dyna,dutro,elf itu karakternyaa putaran bawahnya bagus tenaganya ,soal fc ane rasa beda beda tipis borosan canter tapi ane rasa worthed lah sama tenaganya
Kalau di Toyota DYNA ada 130HT high gear utk muatan batu bolder..pasir..dump cocok.
Customer saya sempat pakai canter..kebetulan saya sharing tentang dyna, dan beliau setuju utk pesan 3 unit 130HT high gear, kuncinya adalah menyesuaikan medan, karena customer kuari nya ada di gunung yg notabene menanjak dengan kondisi jalan jelek..
Awalnya banyak drivernya yg kurang setuju, tp karena saya jelaskan, karakter sasis baik dr kaki kaki gear ratio dan spesifikasi detil dump beserta hidrolisnya, sepakat 2 dr 3 driver setuju pake dyna..
Semisal jalan bergelombang/beda bidang jalan, rebound suspensi yg paling oke pas muatan full batu bolder cuma dyna..kalau rebound lambat bs dipastikan beban sasis makin berat dan utk berdiri ke posisi semula (datar) juga lambat, semisal beda bidang jalan/kemiringannya dalam, bisa bisa truck klontang alias body roll..dan saya lihat langsung canter yg klontang itu..
Hampir setahun ini memakai dyna 130HT high gear konsumen saya gak komplain soal performa dyna..paling paling soal material dump nya..yg memang dlm 2 tahun kedepan pemakaian harus di overhaul..dump nya..bukan dyna nya..
Oh iya soal spare parts..di toyota ada ARPI yg soal harga lumayan miring..
Zarno wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 12:40
Kalau di Toyota DYNA ada 130HT high gear utk muatan batu bolder..pasir..dump cocok.
Customer saya sempat pakai canter..kebetulan saya sharing tentang dyna, dan beliau setuju utk pesan 3 unit 130HT high gear, kuncinya adalah menyesuaikan medan, karena customer kuari nya ada di gunung yg notabene menanjak dengan kondisi jalan jelek..
Awalnya banyak drivernya yg kurang setuju, tp karena saya jelaskan, karakter sasis baik dr kaki kaki gear ratio dan spesifikasi detil dump beserta hidrolisnya, sepakat 2 dr 3 driver setuju pake dyna..
Semisal jalan bergelombang/beda bidang jalan, rebound suspensi yg paling oke pas muatan full batu bolder cuma dyna..kalau rebound lambat bs dipastikan beban sasis makin berat dan utk berdiri ke posisi semula (datar) juga lambat, semisal beda bidang jalan/kemiringannya dalam, bisa bisa truck klontang alias body roll..dan saya lihat langsung canter yg klontang itu..
Hampir setahun ini memakai dyna 130HT high gear konsumen saya gak komplain soal performa dyna..paling paling soal material dump nya..yg memang dlm 2 tahun kedepan pemakaian harus di overhaul..dump nya..bukan dyna nya..
Oh iya soal spare parts..di toyota ada ARPI yg soal harga lumayan miring..
Untuk parts filter solar, filter udara dan filter oli ARPI relatif miring harganya. Pernah juga pakai king pen ARPI tapi keok, gak tahan lama dihajar jalanan kubangan sapi di sekitar Lampung - Palembang
Really surprise dump truck 3/4 bisa angkut sampe 9 Ton
berarti 9 X isi pake PC 200
Rata2 10an ton om, nekad 12ton pun hajal aja kalo supirnya sanggup
Kl muatan 1x brangkat sesuai kir ngak bakal balik modal maybe kl PP dgn muatan penuh sesuai kir berangkat dan pulang bisa balik modal
Canter
Paling kencang di jalan datar...tanjakan paling payah
Harga paling mahal
Rv paling bagus
Part kw banyak
Mudah dicuri soalnya part nya sering ditukar ama supir
Hino dutro
Paling irit
Naikan keras
Pir kuat utk muatan 7ton ga perlu tambah
Isuzu elf
Cukup irit
Naikan enak
Sebenarnya harga part untuk ori hampir sama semua, bedanya canter byk sekali sampe kw keberapa.
Muatan standar 7 ton pakai ban 750 cukup. Klo biasa muat pasir sampai 14 ton harus 825.
Yg 14 ton rata2 hino dan elf, mitsu dah kalah gardan nya.
Klo muatan di ata 10ton harap diperhatikan rem nya, biasanya jalan pelan bgt spy ban tidak meledak (naik sepeda aja lebih kencang)
Ban bisa dicoba michelin agilis hd 750...irit ga habis2 cuma lbh mahal 600rb drpd gt
grandis_GT wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 8:03
Truck" medium gini dari pabrik di kasih AC gak sih ?
Basicnya tdk ada AC omm..
Tergantung pesanan omm..kalau mau pasang bisa, mau sanden atau denso bisa..
Tp banyakan bukan buat angkut dump yaa..karena dump identik buat kerja berat..butuh power yg kalau dipasang ac jd membebani kerja mesin..
Yg biasa buat dipasang AC ada di 110FT..130XT (box)..130 microbus yg medannya di aspal buat antar kota saja..
@Turboman kalau medan terjal..mending jangan sampai overload omm buat menjaga durabilitasnya..
Kalau medan aspal nanjak biasa masih bs banget omm..asal material plat dumpnya oke dan paling penting hidrolisnya..cari yg paling oke..standar harga dump dengan material oke si di angka 45jutaan omm..
Kalau beli unit truck baru harga segitu sudah termasuk BBN dump nya..
*Utk kelas toyota DYNA
grandis_GT wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 8:03
Truck" medium gini dari pabrik di kasih AC gak sih ?
Basicnya tdk ada AC omm..
Tergantung pesanan omm..kalau mau pasang bisa, mau sanden atau denso bisa..
Tp banyakan bukan buat angkut dump yaa..karena dump identik buat kerja berat..butuh power yg kalau dipasang ac jd membebani kerja mesin..
Yg biasa buat dipasang AC ada di 110FT..130XT (box)..130 microbus yg medannya di aspal buat antar kota saja..
Kira" misalnya kita mau pasang AC dari pabrik langsung nambah brapa Om ?
grandis_GT wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 8:03
Truck" medium gini dari pabrik di kasih AC gak sih ?
Basicnya tdk ada AC omm..
Tergantung pesanan omm..kalau mau pasang bisa, mau sanden atau denso bisa..
Tp banyakan bukan buat angkut dump yaa..karena dump identik buat kerja berat..butuh power yg kalau dipasang ac jd membebani kerja mesin..
Yg biasa buat dipasang AC ada di 110FT..130XT (box)..130 microbus yg medannya di aspal buat antar kota saja..
Kira" misalnya kita mau pasang AC dari pabrik langsung nambah brapa Om ?
Kalau dr pabrik sy ga paham om, tp kalau pasang d luaran sekitar 5 juta..
Kalau sy pakai inverter dc to ac, lalu pasangin ac portable 1/4 pk yg biasanya d pakai d ruang santai rumah (asal kelistrikan sehat, ac portable aman koq buat dinamo dll), biaya malah murah inverter 700rb, ac portable 2 jutaan..(pas iseng pengen jalan atau kalau sopir ada yg libur, sy kadang jalanin truk jg)
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Pernah dulu paman saya masang AC utk Fuso Mitsubishi kpla Oren di tukang AC pinggiran habis 6 jutaan tapi kurang dingin , malahan klo pas siang hari kayak angin aja yg keluar gak ada freonnya , padahal gk ada kebocoran .
Kayaknya cara Om diatas bisa di coba
Zarno wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 13:49
Basicnya tdk ada AC omm..
Tergantung pesanan omm..kalau mau pasang bisa, mau sanden atau denso bisa..
Tp banyakan bukan buat angkut dump yaa..karena dump identik buat kerja berat..butuh power yg kalau dipasang ac jd membebani kerja mesin..
Yg biasa buat dipasang AC ada di 110FT..130XT (box)..130 microbus yg medannya di aspal buat antar kota saja..
Kira" misalnya kita mau pasang AC dari pabrik langsung nambah brapa Om ?
Kalau dr pabrik sy ga paham om, tp kalau pasang d luaran sekitar 5 juta..
Kalau sy pakai inverter dc to ac, lalu pasangin ac portable 1/4 pk yg biasanya d pakai d ruang santai rumah (asal kelistrikan sehat, ac portable aman koq buat dinamo dll), biaya malah murah inverter 700rb, ac portable 2 jutaan..(pas iseng pengen jalan atau kalau sopir ada yg libur, sy kadang jalanin truk jg)
Ac standing itu om? Taro dimana om? Kayanya sizenya kam gede ya itu? Cmiiw