Pilih-Pilih W211

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pilih-Pilih W211

Post by farizfsa »

egibaio wrote:
VIPSERIES wrote:Cukup banget om :mky_02:
Buat I si beda beda tipis, odo baru 60k om :frm_bang_head:
maviacrazy wrote:Kalo sering sih gak tau ya. Blom pernah pakai. Tp dulu pernah hunting. And mundur teratur karena masalah SBC. Kesem" sama E240 CBU coz ada panoramic sunroofnya yg bikin mupeng. Mungkin om VIPSERIES bisa nambahken.

Edit nambahin dikit.

Akhirnya ambil E90 2006. Eh ternyata oli rembes terus dimesin. Paking olinya jelek. Terus air radiator bocor. Udah deh jual ganti VNT. Skrg ambil F30 diesel. Smoga awet neh mobil. Setahun sih blom ada kendala apa".

Intinya sih. Hunting mobil 2nd eropa harus bener" teliti. Miss sedikit. Mayan uang kluar buat benerin. [emoji4][emoji4][emoji4]

Sent from my iPhone using Tapatalk
Pernah pake E260 '05 kurang enak om mesinnya sama ya itu SBC :mky_01:
====
E200K Fl sama PFL mesinnya beda loh
Oalah baru 60K kok gardan bisa jebol :big_chicken: Bagus lah kalau beda tipis sama W220 :mky_03:

Saya pernah test drive E260 juga punya orang bentaaaar banget. Memang ga kenceng sih ini mobil, cocoknya buat diurut pelan pelan aja gasnya. Varian kompressornya malah blm pernah megang sama sekali wkwk

Iya kelihatannya horsepowernya beda lumayan ya om yg FL dan PFL?

Ada tips lihat odo merc asli atau hasil puteran ga om? Kalau biem kan gampang tuh ceknya.
E260 atau e240 mesin m112, 167hp.. 2600cc V6 18valve, busi 12 biji...

E280 mesin m272, 231hp, 3000cc V6 24 valve.
E230 mesin m272, 204hp, 2500cc V6 24 valve.

Tenaga jauh enakan mesin m272
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Pilih-Pilih W211

Post by egibaio »

farizfsa wrote:
E260 atau e240 mesin m112, 167hp.. 2600cc V6 18valve, busi 12 biji...

E280 mesin m272, 231hp, 3000cc V6 24 valve.
E230 mesin m272, 204hp, 2500cc V6 24 valve.

Tenaga jauh enakan mesin m272
Hmm 3 valve per cyl, ditambah 2 busi per cyl kok kayak resep mesin "eco-minded" ya?
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Pilih-Pilih W211

Post by jivos »

Cr racuninnya gini om....test drive w211...lanjut bpk lgsng test drive bejek e60....msh ada kemungk beralih pilihan :mky_03:
Klo by omongan ngeracunin bapak" pk biem krg mempan

Mecha e60, skrg dah banyak copotannya om, hrg jg dah ngga semahal dl. Plus utk e60 populasi mecha rusak...kecil kejadiannya, tdk spt di e90.

FC e60 523i dalkot macet avg di 6.8/ lurkot diatas 10 dapet.
M54 di e46/325i utk dalkot di 5.8 up hrs nya bisa itu.M kode enjin 6cyl biem rada doyan minum, replacementnya N series ...rd better
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pilih-Pilih W211

Post by ChZ »

Berhubung harganya uda mulai drop dan untuk hobby.... Sekalian aja edisi terakhir... E280 7G-TRONIC Edition 9....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Pilih-Pilih W211

Post by egibaio »

jivos wrote:Cr racuninnya gini om....test drive w211...lanjut bpk lgsng test drive bejek e60....msh ada kemungk beralih pilihan :mky_03:
Klo by omongan ngeracunin bapak" pk biem krg mempan

Mecha e60, skrg dah banyak copotannya om, hrg jg dah ngga semahal dl. Plus utk e60 populasi mecha rusak...kecil kejadiannya, tdk spt di e90.

FC e60 523i dalkot macet avg di 6.8/ lurkot diatas 10 dapet.
M54 di e46/325i utk dalkot di 5.8 up hrs nya bisa itu.M kode enjin 6cyl biem rada doyan minum, replacementnya N series ...rd better
Wahaha siap oom, cuma kalau tampang udah keracunan kayaknya nih bapak saya om karena kenalannya ada yg collector benz. Masalah FC M54 mungkin kaki saya juga kurang sekolah om :mky_03:
ChZ wrote:Berhubung harganya uda mulai drop dan untuk hobby.... Sekalian aja edisi terakhir... E280 7G-TRONIC Edition 9....
Kebetulan kemarin nemu harganya 275 nih edt 9 om. Sempet juga nemu E240 AVG pre FL harganya segitu juga. Rasanya memang malah worth it bgt sih secara umur blm terlalu tua. Both agak nombok banyak dr budget awal sih :mky_01:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pilih-Pilih W211

Post by farizfsa »

kalo bisa budget ke E280 edt 9, go for it. siapa tau bisa bertahan harganya macem E320 Masterpiece, semacam edisi perpisahan
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Pilih-Pilih W211

Post by jivos »

egibaio wrote: Wahaha siap oom, cuma kalau tampang udah keracunan kayaknya nih bapak saya om karena kenalannya ada yg collector benz. Masalah FC M54 mungkin kaki saya juga kurang sekolah om :mky_03:
For info unit mecha baru e60 ada 2 pilihan
ZF : +/_ 20jt
GM: +/_. 40jt
Plus isi program di astra kitaran 1jt lbh, di bestindo lbh murah.

*blm tentu juga mecha yg kena, bs jg cm selenoid nya saja yg perlu di ganti, cm ngga bs ngeteng kudu beli satu set (ada 6biji..hrg lupa)

*klo terkontrol oli maticnya...umumnya awet si si mecha ini.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Pilih-Pilih W211

Post by arfyano »

eks silverbird yg thn 2009-2010 buka harga 180jt om, KM rata2 120rb tp barang rawatan. dpt garansi kl g salah yg eks silver macam mercy, camry, dll... bs test sepuasnya, kl ada yg g enak tinggal ganti.
Legtop
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Jan 10, 2016 19:21

Re: Pilih-Pilih W211

Post by Legtop »

Kalau bisa sih jangan ambil E200 om, agak khawatir di kompresor (supercharger) nya. Dan juga sensasi option dan sensasi 6 silindernya gak dapet om.

Tapi kalau ambil W211 ini sebisa mungkin dapet yang baru diganti SBC nya om, sayang uangnya bisa buat dandanin. Ane sih vote E240 AVG, mau pano atau sunroof biasa gak masalah. :big_exellent:
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45

Re: Pilih-Pilih W211

Post by richard t »

Kalau masuk budget , juga hanya utuk hobby ajah , E500 w211 sipp tuhh Om. Hening suara nya
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pilih-Pilih W211

Post by KielConstantine »

Nanya agak oot dikit.. Mercy E klass W212 dijual resmi di indo taun brp ya? 2009? atau 2010 ?

Trus itu E300 W212 model transmisi nya ada di belakang Setir om farizfsa ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pilih-Pilih W211

Post by farizfsa »

richard t wrote:Kalau masuk budget , juga hanya utuk hobby ajah , E500 w211 sipp tuhh Om. Hening suara nya
Nah iya ini bs juga, harganya jg ga jauh terakhir ada yg jual juga cuma 200an

KielConstantine wrote:Nanya agak oot dikit.. Mercy E klass W212 dijual resmi di indo taun brp ya? 2009? atau 2010 ?

Trus itu E300 W212 model transmisi nya ada di belakang Setir om farizfsa ?
W212 dijual 2009, yes di awal2 cuma e300 yg transmisi di kolon setir sehingga kompartemen laci tengah berbeda sama e200 e250 yg transmisi msh di floor bawah. Kalo yg transmisi msh dibawah konpartemen laci tengah persis seperti laci w204.

Ditahun2 berikutnya ada jg beberapa e250 udah trans kolom setir.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Pilih-Pilih W211

Post by idlamahilang »

Aambil yg udah facelift cakep om, e280, apalagi yg 9th edition rare item. Daripada avg ya mending 9th edition sih menurut ane lho ya hehehe. Denger2 9th edition udah airsus ya?
garza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri May 20, 2016 0:30

Re: Pilih-Pilih W211

Post by garza »

sedikit sharing dari pengalaman, ketika saya cari w211 ditahun 2016 awal
saya bikin point2 saja ya (sumber dari mekanik2, dan komunitas)

- cost sbc, 3jt-30jt, dari sekedar repair, sampe ganti utuh

-180jt dapat blubed, tapi jok sptnya sudah diganti kulitnya, dan unit tidak semua bagus
ketika saya datang beberapa kali, unit display ada yang lampu mati, karet pintu getas, ac ada yang dingin dan tidak etc

- ex taxi tidak disarankan oleh owner dari salah satu bengkel ternama
*kalau bengkel bilang jangan, sudah pasti agak deg2an, karena harusnya dia bilang, "ambil" (toh perbaikan dia dapat uang)

-ex taxi yang bagus sudah disikat habis rasanya ketika pertama kali ditawarkan

-kompresor, perlu direbuilt rasanya kalau sudah sekian ratusan ribu km (kalau mau ambil kompressor type)

- teman tes, sebelumnya dia tes c240 w203 seger, jauh kemana2 enak ex taxi

next non taxi

-cobain e240, luar biasa enak, liat jok kulit ex taxi, enggan banget
*ganti jok kulit ori rasanya cukup mahal
- shock depan mati e240, masih enak hajar polisi tidur dan conblok, oke banget
*15menit test drive temen sy dibelakang, ngantuk
- pajak 7jutaan seinget saya, jadi kalau pake seminggu sekali, sudah habis 130rb perminggu untuk "biaya sewa pajak" :D


oh iya saya masuk ke e280 7G TRONIC, beda sangat beda sekali, makin males liat kebelakang hehe
cuma harganya sudah dekat dengan sonderklasse (s class) tipe terendah (atau mungkin sama)

masuk s-class, jok belakang bisa diatur, saya duduk saja ac gk nyala sudah SENANG

semoga semakin galau :D

====================================
untuk mobil spt ini disarankan 3

1. test drive (ajak yang sudah punya, jadi tau bedanya bagus dan gak bagus)
2. scan, (tipikal)
3. angkat mobil, liat kaki kaki
total sekitar 100-500rb untuk cek dibengkel specialist/mekanik panggilan




-
Sparklinggraphite
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07

Re: Pilih-Pilih W211

Post by Sparklinggraphite »

Ga minat w220 om, belom pernah nyoba w211, tapi dulu pernah nyoba w220 s280 punya temen, impressed bgt sm nyaman dan effortless accelerationnya
W220 dibilang sclass paling gagal ya tapi kok nyaman bgt, gmn sclass generasi yg lain ya

Kalo buat saya pribadi, eclass itu kok aga nanggung, bodi gede tapi ga senyaman sclass, kalo nyari kompak lincah mending w204 apalagi klo nyetir sendiri
S class beda bgt nyamannya, different class dari yg lain
Cita2 pengen melihara sonderklasse one day
Opini pribadi saja...
User avatar
bain279
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu May 01, 2008 16:36
Location: KL-Jakarta

Re: Pilih-Pilih W211

Post by bain279 »

coba sedikit ngasih saran, ex pemakai e240 2006 avantgarde:

1. bigger engine is better. trim level avantgarde paling oke karena full spec. biasa avg comes in e240. e240 dan e260 mesin nya sama 2600cc. e280 jauh lebih bertenaga, dan ada yang agak jarang e320 (tahun awal biasanya) ini lebih enak lg tenaga nya. apalagi klo e500 dan kakak2nya dari amg.
2. banyak gimmick nya klo full spec. pengendaraannya karena saya modif jadi ga bisa komen banyak berubahnya.
3. e200k teman kmrn ambil 2007 diharga 130 minus pajak mati, jadi sekitaran 140an.
4. banyak yang bilang SBC utk prefacelift, tapi jangan takut sekarang banyak yang bisa repair dan ga semahal jaman dulu harus ganti 1 unit. kmrn saya pake udah dibelek2 buat BBK juga masih aman aja.

sekian dan terima kasih.
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Pilih-Pilih W211

Post by billi »

Bantu kasi saran om..
Mercy M271 kompressor itu mesin nya kuat sekali asal ngerawat nya haruz benar/ikut spek MB approval nya.

Yg penting pastikan aja pemilik sebelum nya :
1. Selalu rutin service pake oli mb. 229.3 / 229.5.
2. Rutin cek pulley2an, sama belt nya.. soal nya kan kompressor berhubungan dgn pulley.
3. Jangan pernah nerjang genangan air/ di siram ruang mesin nya. Bersih kan ruang mesin standar beres mercy disemprot angin om..
4. Rajin cek sistem cooling, elektrikal/sensor..

Memang w211 lebih canggih om.. kalo mau agak ringkas/praktis w204 kompressor 2008 om. Mesin sama seperti w211 kompressor fl.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pilih-Pilih W211

Post by farizfsa »

garza wrote: Fri Mar 24, 2017 19:19 sedikit sharing dari pengalaman, ketika saya cari w211 ditahun 2016 awal
saya bikin point2 saja ya (sumber dari mekanik2, dan komunitas)

- cost sbc, 3jt-30jt, dari sekedar repair, sampe ganti utuh

-180jt dapat blubed, tapi jok sptnya sudah diganti kulitnya, dan unit tidak semua bagus
ketika saya datang beberapa kali, unit display ada yang lampu mati, karet pintu getas, ac ada yang dingin dan tidak etc

- ex taxi tidak disarankan oleh owner dari salah satu bengkel ternama
*kalau bengkel bilang jangan, sudah pasti agak deg2an, karena harusnya dia bilang, "ambil" (toh perbaikan dia dapat uang)

-ex taxi yang bagus sudah disikat habis rasanya ketika pertama kali ditawarkan

-kompresor, perlu direbuilt rasanya kalau sudah sekian ratusan ribu km (kalau mau ambil kompressor type)

- teman tes, sebelumnya dia tes c240 w203 seger, jauh kemana2 enak ex taxi

next non taxi

-cobain e240, luar biasa enak, liat jok kulit ex taxi, enggan banget
*ganti jok kulit ori rasanya cukup mahal
- shock depan mati e240, masih enak hajar polisi tidur dan conblok, oke banget
*15menit test drive temen sy dibelakang, ngantuk
- pajak 7jutaan seinget saya, jadi kalau pake seminggu sekali, sudah habis 130rb perminggu untuk "biaya sewa pajak" :D


oh iya saya masuk ke e280 7G TRONIC, beda sangat beda sekali, makin males liat kebelakang hehe
cuma harganya sudah dekat dengan sonderklasse (s class) tipe terendah (atau mungkin sama)

masuk s-class, jok belakang bisa diatur, saya duduk saja ac gk nyala sudah SENANG

semoga semakin galau :D

====================================
untuk mobil spt ini disarankan 3

1. test drive (ajak yang sudah punya, jadi tau bedanya bagus dan gak bagus)
2. scan, (tipikal)
3. angkat mobil, liat kaki kaki
total sekitar 100-500rb untuk cek dibengkel specialist/mekanik panggilan




-
Yes, ex taxi bb yg barang bagusnya sudah habis diambilin orang2.

W211 avantgarde lebih banyak gimmick, features dan lebih keren dan mungkin kedepannya harga bertahan lebih baik. Tp pre facelift ini kalo udh dpt electrical kurang bagus bakalan cape. Tenaga payah yg e240 aka mbl priyayi ga bs dibawa sruntulan

W211 e280 facelift, secara kualitas udah oke, tenaga enak tp less features gimmick. Harga jg bersaing sama w211 avg.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pilih-Pilih W211

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Fri Jan 13, 2017 23:56
KielConstantine wrote:Nanya agak oot dikit.. Mercy E klass W212 dijual resmi di indo taun brp ya? 2009? atau 2010 ?

Trus itu E300 W212 model transmisi nya ada di belakang Setir om farizfsa ?
W212 dijual 2009, yes di awal2 cuma e300 yg transmisi di kolon setir sehingga kompartemen laci tengah berbeda sama e200 e250 yg transmisi msh di floor bawah. Kalo yg transmisi msh dibawah konpartemen laci tengah persis seperti laci w204.

Ditahun2 berikutnya ada jg beberapa e250 udah trans kolom setir.

Noted om fariz.

Mesin M272 V6 3.000CC dipake dari jaman W211 E280; W212 E300 sampe pre-FL 2013; W204 C280 Pre-FL, C300 FL bener yah ?
Sampe akhirnya di hentikan, dan diganti sama mesin E400 facelift V6 Twin turbo di tahun 2014 ?


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Btw teman2, ada yg pelihara / tau info2 tentang W211 E280 Edition 9 thn 2009?
Airsus nya masih pada sehat apa udah pernah ganti? Gejala air suspension udah mau rusak itu seperti apa ya?
Klo ganti kisaran harga brapa yah? Rp 15-20 juta sampe?
Biasanya klo ganti airsus brand new. Usia nya bisa brapa lama yah sampe ganti lagi?
Mohon sharingnya jika berkenan.. :cupss:


Tombol Air-sus:
Image
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pilih-Pilih W211

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Mon Mar 27, 2017 1:36
farizfsa wrote: Fri Jan 13, 2017 23:56
KielConstantine wrote:Nanya agak oot dikit.. Mercy E klass W212 dijual resmi di indo taun brp ya? 2009? atau 2010 ?

Trus itu E300 W212 model transmisi nya ada di belakang Setir om farizfsa ?
W212 dijual 2009, yes di awal2 cuma e300 yg transmisi di kolon setir sehingga kompartemen laci tengah berbeda sama e200 e250 yg transmisi msh di floor bawah. Kalo yg transmisi msh dibawah konpartemen laci tengah persis seperti laci w204.

Ditahun2 berikutnya ada jg beberapa e250 udah trans kolom setir.

Noted om fariz.

Mesin M272 V6 3.000CC dipake dari jaman W211 E280; W212 E300 sampe pre-FL 2013; W204 C280 Pre-FL, C300 FL bener yah ?
Sampe akhirnya di hentikan, dan diganti sama mesin E400 facelift V6 Twin turbo di tahun 2014 ?


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Btw teman2, ada yg pelihara / tau info2 tentang W211 E280 Edition 9 thn 2009?
Airsus nya masih pada sehat apa udah pernah ganti? Gejala air suspension udah mau rusak itu seperti apa ya?
Klo ganti kisaran harga brapa yah? Rp 15-20 juta sampe?
Biasanya klo ganti airsus brand new. Usia nya bisa brapa lama yah sampe ganti lagi?
Mohon sharingnya jika berkenan.. :cupss:


Tombol Air-sus:
Image
yes bener.
gejala airsus rusak mostly sih suspensi cepet turun aja, naiknya juga lama. di airsus ini belum tentu masalahnya di balon, tp bs juga selang jalur airsus nya.
ganti kisaran satunya 4-6 jt new. bisa dipake lama bgt kalo nyetirnya ga rusuh. udh banyak yg bs service juga
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)