cylinder head strada triton melenting
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Aug 15, 2015 2:10
cylinder head strada triton melenting
Salam hangat SM
mohon arahan dr teman teman SM..
singkat cerita.....
mobil ane overheat karna thermostat gak bekerja denga baik (info bengkel umum) nah akhirnya di lepas tu thermostat oleh mekanik bngkl nya agar saya bisa lanjut perjalanan..
setelah sampe tujuan sekitar 20km dr bgnkl, cek air radiator berkurang sekitar 1liter, dan di cadangan malah melimpah..
telpon ke beres pekanbaru - riau
mereka diagnosa paking head, head bengkok (karna pernah overheat)
dan mereka saran mobil masuk bngkl buat di cek.
dikarenakan saya lg di medan - sumut, saya di arahin ke Sumatera Berlian Motor
sampe di beres tersebut, mereka estimasi biaya 25jt (ganti cylinder head) tanpa mereka bongkar buat cek apa yg rusak.
saran dr beres pekanbaru coba bongkar head dan ukur, kalo belum parah bisa di potong head, dan ganti paking.
beres sumut gak mau bongkar buat cek, mereka mau bongkar kalo ganti.
akhirnya saya di oper ke sardana berlian motor medan.
sampe disana mereka estimasi 8jt untuk perbaikan, hari ini tanggal 5 mereka lakukan bongkar.
yang mau saya tanyakan
info : selama saya pakai 2 hari rutin cek air dan suhu di amper panas, tenaga mobil tidak ada perubahan (cuma suhu panas lama naik, dan cepat turun)
1. bolehkah pemapasan head dilakukan?
2. adakah angka tertentu batas kebengkokan head yg bisa di papas?
3. apakah setelah papas masih bisa pakai biosolar?
4. estimasi 8jt biaya perbaikan wajar kah?
terimakasih smers
mohon arahan dr teman teman SM..
singkat cerita.....
mobil ane overheat karna thermostat gak bekerja denga baik (info bengkel umum) nah akhirnya di lepas tu thermostat oleh mekanik bngkl nya agar saya bisa lanjut perjalanan..
setelah sampe tujuan sekitar 20km dr bgnkl, cek air radiator berkurang sekitar 1liter, dan di cadangan malah melimpah..
telpon ke beres pekanbaru - riau
mereka diagnosa paking head, head bengkok (karna pernah overheat)
dan mereka saran mobil masuk bngkl buat di cek.
dikarenakan saya lg di medan - sumut, saya di arahin ke Sumatera Berlian Motor
sampe di beres tersebut, mereka estimasi biaya 25jt (ganti cylinder head) tanpa mereka bongkar buat cek apa yg rusak.
saran dr beres pekanbaru coba bongkar head dan ukur, kalo belum parah bisa di potong head, dan ganti paking.
beres sumut gak mau bongkar buat cek, mereka mau bongkar kalo ganti.
akhirnya saya di oper ke sardana berlian motor medan.
sampe disana mereka estimasi 8jt untuk perbaikan, hari ini tanggal 5 mereka lakukan bongkar.
yang mau saya tanyakan
info : selama saya pakai 2 hari rutin cek air dan suhu di amper panas, tenaga mobil tidak ada perubahan (cuma suhu panas lama naik, dan cepat turun)
1. bolehkah pemapasan head dilakukan?
2. adakah angka tertentu batas kebengkokan head yg bisa di papas?
3. apakah setelah papas masih bisa pakai biosolar?
4. estimasi 8jt biaya perbaikan wajar kah?
terimakasih smers
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: cylinder head strada triton melenting
Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong
1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: cylinder head strada triton melenting
Idem dengan jawaban oom htannis...
Solusi klw head melenting... papas head. Selama bengkel yang kerjakan profesional, papas head cenderung aman. Asal papasnya gak miring aja aman kok. Kalo miring dipapas lagi, tapi bahaya kalo terlalu banyak.
Masih bisa pakai bio solar... Krn diesel bukan bensin. Diesel justru butuh kompresi tinggi.
Biaya... btul diliat dulu apa yang diganti (papas head, lalu adakah parts yang kira-kira perlu diganti menurut mereka?)
Solusi klw head melenting... papas head. Selama bengkel yang kerjakan profesional, papas head cenderung aman. Asal papasnya gak miring aja aman kok. Kalo miring dipapas lagi, tapi bahaya kalo terlalu banyak.
Masih bisa pakai bio solar... Krn diesel bukan bensin. Diesel justru butuh kompresi tinggi.
Biaya... btul diliat dulu apa yang diganti (papas head, lalu adakah parts yang kira-kira perlu diganti menurut mereka?)
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Aug 15, 2015 2:10
Re: cylinder head strada triton melenting
Karna di bengkel umum tidak punya stok, mereka udah cari ke rekanan g ada stok juga, saya minta tolong di akalin karna saya mau lanjutin perjalanan, solusi nya lepas thermostat kata mekanik.htannis wrote:Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong
1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
siap om htannis, nanti coba saya telpon beres apa saja yg di ganti
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Aug 15, 2015 2:10
Re: cylinder head strada triton melenting
Dr dulu biasa serahin ke BERES aja om, jd kemarin telpon ke beres langganan di pekanbaru, mereka bantu hub beres dimedan..ChZ wrote:........
Biaya... btul diliat dulu apa yang diganti (papas head, lalu adakah parts yang kira-kira perlu diganti menurut mereka?)
info dr beres pekanbaru mereka pernah nanganin beberapa unit, tp ttp di cek dlu parah atau tidak nya..
yang g enak waktu di beres SUMATERA BERLIAN MOTOR, mekanik bilang harus ganti cylinder head, Harus!!
saya minta cek dlu apa nya, mereka g mau cek, ini positif ganti, kalo mau ganti kita bongkar kata nya.
saya lapor ke beres d pekanbaru, beres pekanbaru kaget karna mereka g mau bongkar boil saya, info dr beres pku mereka bnyak yg scrap deksel kok, BONGKAR DULU, CEK UDAH PARAH APA MASIH BISA SCRAP.. KALO MASIH BISA KENAPA HARUS GANTI.
saya di cuekin dr jam 7 pagi sampe jam 2 siang, malah mekanik yang nama nya "ramli" saranol ke bengkel temen dia di daerah medan juga, saya g mau karna g pernah ke bgnkl umum.
akhir nya saya di pindahin ke beres SARDANA BERLIAN MOTOR, nah sampe disana saya di tanganin pak NUR, info dr pak nur tetap harus bongkar, cek, kalo masih bisa scrap kita lakukan scrap, kalo gak bisa kita harus ganti..
estimasi scrap 8jt.
saya lapor masalah biaya ke beres pekanbaru, mereka agak kaget juga, tp merka bilang, coba d bongkar nanti kita liat apa saja yg d ganti.
sebenr nya kalo merka bilang harus ganti ya pasti saya ok kan juga, yg g enak nya mereka belum cek udh bilang harus ganti.
ohh gt ya om, cuma takut rasio kompresi naik malah g tahan lama boil nya om..
sori ummm edisi curhat di terlantarin ber jam jam heheheh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: cylinder head strada triton melenting
Atau pilihan lagi cari cylinder head copotan di jakarta harusnya banyak, tinggal plek doang ongkos kira2 2 jt kalau turun head diluar packing yg harus di ganti
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: cylinder head strada triton melenting
Tipikal jawaban BeRes... ga mau repot langsung bilang asal ganti aja... Makanya saya kalo cari solusi jarang ke BeRes. BeRes jarang mau ngakal soalnya.banyakin wrote: Dr dulu biasa serahin ke BERES aja om, jd kemarin telpon ke beres langganan di pekanbaru, mereka bantu hub beres dimedan..
info dr beres pekanbaru mereka pernah nanganin beberapa unit, tp ttp di cek dlu parah atau tidak nya..
yang g enak waktu di beres SUMATERA BERLIAN MOTOR, mekanik bilang harus ganti cylinder head, Harus!!
saya minta cek dlu apa nya, mereka g mau cek, ini positif ganti, kalo mau ganti kita bongkar kata nya.
saya lapor ke beres d pekanbaru, beres pekanbaru kaget karna mereka g mau bongkar boil saya, info dr beres pku mereka bnyak yg scrap deksel kok, BONGKAR DULU, CEK UDAH PARAH APA MASIH BISA SCRAP.. KALO MASIH BISA KENAPA HARUS GANTI.
saya di cuekin dr jam 7 pagi sampe jam 2 siang, malah mekanik yang nama nya "ramli" saranol ke bengkel temen dia di daerah medan juga, saya g mau karna g pernah ke bgnkl umum.
akhir nya saya di pindahin ke beres SARDANA BERLIAN MOTOR, nah sampe disana saya di tanganin pak NUR, info dr pak nur tetap harus bongkar, cek, kalo masih bisa scrap kita lakukan scrap, kalo gak bisa kita harus ganti..
estimasi scrap 8jt.
saya lapor masalah biaya ke beres pekanbaru, mereka agak kaget juga, tp merka bilang, coba d bongkar nanti kita liat apa saja yg d ganti.
sebenr nya kalo merka bilang harus ganti ya pasti saya ok kan juga, yg g enak nya mereka belum cek udh bilang harus ganti.
ohh gt ya om, cuma takut rasio kompresi naik malah g tahan lama boil nya om..
sori ummm edisi curhat di terlantarin ber jam jam heheheh
Kasus sama seperti disc brake bergelombang... ada batas toleransi seberapa tipis itu disc bisa dibubut. Namanya material dari metal ketika dikepras pasti akan ada perubahan struktur yang berpengaruh ke kekuatan materialnya. Begitu pula dengan cylinder head, kalo memang bisa dipapas kenapa harus ganti full?
Papas dikit gakpapa pake bio, tapi kalau sudah papas banyak sebaiknya jangan, takutnya karena struktur material berubah dan clearance volume di kepala silinder semakin sempit, tekanan kompresi meningkat, malah nanti bisa melenting lagi, sukur-sukur gak pecah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Aug 15, 2015 2:10
Re: cylinder head strada triton melenting
Ini info dari beres katanya bengkok 0.10mm, katanya masih dalam toleransi..
apa bener ya om om SMers???
apa bener ya om om SMers???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11068
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: cylinder head strada triton melenting
kalo 0,1mm masih bisa di bubut. masalahnya, dudukan camshaft ikut melengkung nggak? coba camshaft dipasang trus diputer perlahan masih lancar normal apa ada seret pas di bagian tertentu.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Aug 15, 2015 2:10
Re: cylinder head strada triton melenting
siap, besok telpon mekanik beres nya ommarmut wrote:kalo 0,1mm masih bisa di bubut. masalahnya, dudukan camshaft ikut melengkung nggak? coba camshaft dipasang trus diputer perlahan masih lancar normal apa ada seret pas di bagian tertentu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4606
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: cylinder head strada triton melenting
Tanya om.htannis wrote:Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong
1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
Setahu saya dengan thermostat dilepas harusnya mesin jadi lebih dingin. Karena thermostat dulu saya pernah lepas di Panther.
Thermostat cara kerjanya kalau panas tinggi maka akan menekan thermostat sehingga air radiator mengalir, mesin jadi dingin. Kalau thermostat dilepas artinya tidak perlu tekanan tinggi maka air perputaran pendinginan air mengalir terus.
Ingin tahu saja system kerjanya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: cylinder head strada triton melenting
Batas toleransi papas head antar mesin/pabrikan bisa beda beda.banyakin wrote:Ini info dari beres katanya bengkok 0.10mm, katanya masih dalam toleransi..
apa bener ya om om SMers???
Biasanya kalau dilepas, nanti di permukaan cylinder head-nya itu ada semacam coakan yg menandakan batas aman maksimum seberapa banyak bisa dipapas. Ngga usah dihabiskan mapas-nya, yang penting udah lurus (center).
Sekiranya sampai batas coakan tadi masih belum dapat center-nya, ya mau ngga mau ganti head
Tapi biasanya bengkel bubut yg pengalaman papas head, pasti paham lah sebarapa aman bisa dipapas atau harus minta ganti
Dan bengkok 0.1 mm masih dalam toleransi ini maksudnya apa ya?
Toleransi kalau head masih aman untuk dipapas sebanyak 0.1mm?
Atau toleransi masih aman kalau bengkok 0.1 mm bisa di"biarkan" saja (ngga perlu papas head), karena berasumsi tercover sama packing-nya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: cylinder head strada triton melenting
Setau saya, thermostat terbuka karena material pegas-nya bereaksi terhadap suhu, bukan karena tekanan.Profith83 wrote:Tanya om.htannis wrote:Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong
1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
Setahu saya dengan thermostat dilepas harusnya mesin jadi lebih dingin. Karena thermostat dulu saya pernah lepas di Panther.
Thermostat cara kerjanya kalau panas tinggi maka akan menekan thermostat sehingga air radiator mengalir, mesin jadi dingin. Kalau thermostat dilepas artinya tidak perlu tekanan tinggi maka air perputaran pendinginan air mengalir terus.
Ingin tahu saja system kerjanya.
Makanya thermostat bisa beda beda sensitivitas nya (tergantung material pegas). Ada yg suhu 70an sudah melar, ada yg 80an ada yg 90an.
Saya kalau beli thermostat, sebelum saya pasang biasanya saya test sederhana dulu. Taruh dipanci, kasih air trus direbus.
Nanti saat panas (tapi belum mendidih), kelihatan kok pegas (per) nya melar. Setelah melar, langsung cemplungin air dingin, langsung mengkeret lagi.
Memang test sederhana ini ngga akurat untuk tahu sampai suhu berapa pegas-nya bereaksi.
Tapi minimal tahu kalau panas dia melar, kalau dingin mengkerut
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: cylinder head strada triton melenting
Ada 2 faktor yg harus dikonfirm di service manual book (beres wajib punya):
1. Batas maximum kebengkokan yg masih bisa direpair/scrap/papas
2. Batas minimum ketinggian cyl.head yg ga boleh dilewati sebagai control seberapa besar boleh dipapas untuk menghilangkan kebengkokan
1. Batas maximum kebengkokan yg masih bisa direpair/scrap/papas
2. Batas minimum ketinggian cyl.head yg ga boleh dilewati sebagai control seberapa besar boleh dipapas untuk menghilangkan kebengkokan
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Aug 15, 2015 2:10
Re: cylinder head strada triton melenting
jd gini om, kan boil saya tinggal di BeRes sumut, jd saya pantau via telpon..imsus2c wrote:banyakin wrote:Ini info dari beres katanya bengkok 0.10mm, katanya masih dalam toleransi..
apa bener ya om om SMers???
Dan bengkok 0.1 mm masih dalam toleransi ini maksudnya apa ya?
Toleransi kalau head masih aman untuk dipapas sebanyak 0.1mm?
Atau toleransi masih aman kalau bengkok 0.1 mm bisa di"biarkan" saja (ngga perlu papas head), karena berasumsi tercover sama packing-nya...
semalam sore saya telpon
kurang lebih gini perkakapan nya hehehe
saya : bagaimana dengan kendaraan saya
kekanik beres : itu bengkok 0.10mm pak, jd kita lalukan pemotongan cylinder head, kemungkinan hari ini siap skur dan bersih2.
saya: 0.10mm masib bisa di perbaiki apa harus ganti pak?
mekanik : 0.10mm masih bisa di pebaiki, kita potong dan ganti paking saja.
gt kira2 ummmmm
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Aug 15, 2015 2:10
Re: cylinder head strada triton melenting
imsus2c wrote:Setau saya, thermostat terbuka karena material pegas-nya bereaksi terhadap suhu, bukan karena tekanan.Profith83 wrote:Tanya om.htannis wrote:Wah3x untul yg awam sekali lagi saya tekankan : TIDAK boleh melepas thermostat kalau dah rusak, harus diganti termostat baru, ini untung mobil solar, kalau mobil bensin malah bs blok mesin bolong
1. Papas head gak masalah
2. Yah paling 0.[cencored] mm aja gak boleh banyak2 juga
3. Gak ada masalah sih pake bio solar
4. 8 jt relatif yg diganti apa aja kl cuman papas head sepertinya agak mahal
Setahu saya dengan thermostat dilepas harusnya mesin jadi lebih dingin. Karena thermostat dulu saya pernah lepas di Panther.
Thermostat cara kerjanya kalau panas tinggi maka akan menekan thermostat sehingga air radiator mengalir, mesin jadi dingin. Kalau thermostat dilepas artinya tidak perlu tekanan tinggi maka air perputaran pendinginan air mengalir terus.
Ingin tahu saja system kerjanya.
Makanya thermostat bisa beda beda sensitivitas nya (tergantung material pegas). Ada yg suhu 70an sudah melar, ada yg 80an ada yg 90an.
Saya kalau beli thermostat, sebelum saya pasang biasanya saya test sederhana dulu. Taruh dipanci, kasih air trus direbus.
Nanti saat panas (tapi belum mendidih), kelihatan kok pegas (per) nya melar. Setelah melar, langsung cemplungin air dingin, langsung mengkeret lagi.
Memang test sederhana ini ngga akurat untuk tahu sampai suhu berapa pegas-nya bereaksi.
Tapi minimal tahu kalau panas dia melar, kalau dingin mengkerut
ikut nyimak omm
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Aug 15, 2015 2:10
Re: cylinder head strada triton melenting
wajib punya ya om..RVR wrote:Ada 2 faktor yg harus dikonfirm di service manual book (beres wajib punya):
1. Batas maximum kebengkokan yg masih bisa direpair/scrap/papas
2. Batas minimum ketinggian cyl.head yg ga boleh dilewati sebagai control seberapa besar boleh dipapas untuk menghilangkan kebengkokan
kembali lg ke cerita saya di awal om..
saya kan masuk 2 BeRes.
1. Sumatera Berlian Motor
Mereka tidak pernah perbaiki, harus ganti, g perduli bengkok parah atau bengkok dikit.
mereka gak mau bongkar kalo kita g acc buat ganti cylinder head.
2. Sardana Berlian Motor
Mereka harus cek, seberapa bengkok..
nanti baru bisa di ambil keputusan buat ganti atau bisa di perbaiki (sama dengan beres di daerah saya pekanbaru Pt.Suka Fajar)
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: cylinder head strada triton melenting
di sana gak ada bengkel swasta yg qualified ?
termostat WAJIB terpasang, krn mesin kerja harus dgn rentang suhu tertentu
suhu coolant kelewat dingin malah bikin BBM boros dan mesin pendek umur
termostat WAJIB terpasang, krn mesin kerja harus dgn rentang suhu tertentu
suhu coolant kelewat dingin malah bikin BBM boros dan mesin pendek umur
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: cylinder head strada triton melenting
kalau suhu terlalu panas ===> meleenting.
suhu terlalu dingin ===> pembakaran tidak sempurna. tenaga kurang joss....Deposit jelaga banyak, mesin jorok..
nanti musti lekas skir / skur klep .... selain boros..
//sekedar tambahan dari nubitol
suhu terlalu dingin ===> pembakaran tidak sempurna. tenaga kurang joss....Deposit jelaga banyak, mesin jorok..
nanti musti lekas skir / skur klep .... selain boros..
//sekedar tambahan dari nubitol
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11068
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: cylinder head strada triton melenting
thermostat itu seperti sebuah klep/pintu pembatas antara air panas yang berada di blok mesin dan air yang suhunya lebih dingin yang berada di radiator.Profith83 wrote: Tanya om.
Setahu saya dengan thermostat dilepas harusnya mesin jadi lebih dingin. Karena thermostat dulu saya pernah lepas di Panther.
Thermostat cara kerjanya kalau panas tinggi maka akan menekan thermostat sehingga air radiator mengalir, mesin jadi dingin. Kalau thermostat dilepas artinya tidak perlu tekanan tinggi maka air perputaran pendinginan air mengalir terus.
Ingin tahu saja system kerjanya.
setiap mesin harus berada di suhu sekitar 90-98 derajat celcius (tergantung dari tiap pabrik pembuatnya) supaya mesin bisa bekerja optimal.
dibawah 85 derajat, bensin tidak akan terbakar sempurna dan jadi boros.
diatas 100 derajat, logam mudah memuai dan bisa mengakibatkan friksi berlebih.
tugas thermostat menjaga supaya mesin berada di suhu kerja optimalnya. saat suhu mencapai 90-92 derajat, thermostat mulai membuka sedikit supaya air yang berada di blok mesin bisa bersirkulasi dengan air yang berada di radiator (yang suhunya lebih rendah).
saat suhu mencapai 95-98 derajat, thermostat membuka penuh supaya sirkulasi lebih cepat.