Tanya BMW E46

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

jivos wrote:
Gejalanya dl:
* ngebul putih klo di gas
* running idle rd kasar
* sedotan/sucks oil cap nya keceng k dlm.

Gejala yg om egibe bilang sdh k arah sana itu.

Design memang rd ringkih, uap oli panas itu gampang numpuk bikin sludge disini.

Hrg separator ori di angka 1jt dikit. Utk slang2 ada yg dr plastik atopun karet2 range hrg di 350r-375rb/set (4pcs). Selang ngga mesti diganti, liat sikon, cm biasanya pas dibongkar krn getas dia jd patah. Jd di budgetin saja.
Naruto wrote: Emang curiga nya kenapa om dengan CCV nya?
Kalo masalah idle ga lancar / rpm ngaco (naik turun sendiri), coba dibersihin dulu aja MAF sensornya, sekalian jalur2 intake disekitarnya.

Kalau masalah recall airbag, kalo ga salah unitnya mulai dari facelift yg taun produksi 2002 pertengahan ke atas.
Tapi lebih baik di cek lgsg ke beres.

Masalah2 umum di e46, biasanya vapor barrier di dalam pintu, sealingnya udah ga rapat semua jadi kalao hujan, carpetnya basah. Interior yg gampang beret, expansion tank yg gampang retak, bushing depan ceprt oblak, rear parking sensor error, lampu blkg muncul indicator error di dash, dan per belakang patah. Aneh sih yg per bisa patah, tapi sepertinya common problems di e46 (patah nya kiri kanan). Airbag indicator lamp juga gampang error. Untuk oli transmisi, harus dicek. Kalau olinya kurang, waktu awal start, mobilnya ga mau jalan. Setelah panas, 2-3 menit, baru mau jalan (olinya memuai). Sepele semua sih problemnya. Dan tidak sedikit problem2nya yg bisa di DIY sendiri. Overall, worth it banged piara e46.
Asal kaki sehat + ban dikasi michelin pilot = freude am fahren
Hari ini mau ganti oil separator nih om. Kemarin general check up di bmw sih katanya ini belum parah tapi memang mulai kena, ganti aja deh lebih tenang :mky_03:

Bushing udah digantiin kemarin sama owner sebelumnnya sesuai perjanjian dan interior jg hari ini ada montir yang datang ke rumah buat benerin kain yang mulai sagging di pilar. Semua dibayarin ex-owner :mky_02: Expansion tank aman katanya, tapi ya I will keep an eye di komponen ini soalnya ngeri kalau rusak di jalan
Dat510 wrote:
jivos wrote:@dat510

denger recall blm ya om (memang ngga tau)
waktu pk ni coil, memang ngalamin problem spt yg disebut, dg pengetesan yg sm spt om lakukan. Malah penyakit sempet pindah k cyl 5 xi xixi..
cm DME ane ngga sampe kena. Akhirnya dganti pk bosch.

Mesin jd agak pincang/vibrate gt ya om, di tarik pun trasa berat.
Wew om Jivos pernah ngalamin retak juga ya.
Iya om jadi pincang mesinnya, tarikan si ngga ngaruh, tetep enak, cuma suara & getaran pas RPM rendah ngga enak.
Waduh punya saya bremi juga nih.... Misfire code sih untungnya belum ada. Ganti ke bosch kena berapa itu om?
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Tanya BMW E46

Post by Dat510 »

egibaio wrote:
Hari ini mau ganti oil separator nih om. Kemarin general check up di bmw sih katanya ini belum parah tapi memang mulai kena, ganti aja deh lebih tenang :mky_03:

Bushing udah digantiin kemarin sama owner sebelumnnya sesuai perjanjian dan interior jg hari ini ada montir yang datang ke rumah buat benerin kain yang mulai sagging di pilar. Semua dibayarin ex-owner :mky_02: Expansion tank aman katanya, tapi ya I will keep an eye di komponen ini soalnya ngeri kalau rusak di jalan

Waduh punya saya bremi juga nih.... Misfire code sih untungnya belum ada. Ganti ke bosch kena berapa itu om?
Wew enak amat om banyak yg dibayarin owner sebelumnya,.

Yg saya sekarang jg ada 4 yg masih pake bremi masi aman, cuma buat jaga2 ganti ke Bosch yg body nya silver itu. Satu nya 300an, minggu depan mau ganti dua dulu, dua lagi nyusul, dicicil. Hehe
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 15 Apr 2014, 23:41

Re: Tanya BMW E46

Post by Volare »

egibaio wrote:
Volare wrote:^ mantap gan mobilnya bikin ngeces hehehe

Wah 10jt belum oli dsb, jd anggaran total berapa ya per 5th tmsk ganti oli, ban, aki, dsb, 60jt/5th cukup? Asumsi dapat 325i th 2003 yg pas dicek ga ada PR
itu aslinya lumayan banyak baret halus kok om harus disalon :mky_03:

Saya rasa cukup om kalau ga dipakenya jauh2 bgt. Ganti oli setau saya bisa 1.1 juta sekali (ini di tunas BMW)

Saran saya kalau lg lihat e46 mau tau ini matic sehat atau ngga coba pas lagi diem masukin ke mode manual trs pindah2 sampe gear 5. Kalo halus ga ada sedikit pun hentakan itu sehat. Ini saya dikasih tau org bmw avenue tips ini. Awalnya ga percaya, eh taunya bener kmrn pas liat e60 ada yg dites cara begitu rasanya ngehentak dikit kayak baru masuk dari N ke D. Tapi kalau pun ga ada hentakan, test drive agak jauh itu wajib.

Cara lainnya buat tau cooling system aman coba masuk ke hidden menu OBC nya. Pencet tombol reset trip agak lama sampe keluar tulisan test. Terus pencet berulang2 sampe keluar angka 19. Abis itu ntar keluar off-on-off-on pencet lagi tombol reset trip di tulisan off. Nah abis itu pencet2 lg tombol reset sampe keluar angka 7. Keluar deh tuh temperatur coolant. Temperatur yang sehat setau saya 88-96 CMIIW.

Kalau mau ngetest aki bisa dengan cara sama tapi pilihnya angka 9 jangan 7. Nanti keluar voltasenya. Kalau deket2 14 itu masih sehat akinya
gan tlg tanya klo gak bisa asuransi all risk kan mau ga mau kejadian kecil urus sendiri, misal kejadian ketabrak kecil-menengah, untuk body repair + catnya di jakarta yg recommended dimana ya? sama misal sampe rusak bemper dan lampu belakang, kalo ganti baru kira2 brp?
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

Volare wrote: gan tlg tanya klo gak bisa asuransi all risk kan mau ga mau kejadian kecil urus sendiri, misal kejadian ketabrak kecil-menengah, untuk body repair + catnya di jakarta yg recommended dimana ya? sama misal sampe rusak bemper dan lampu belakang, kalo ganti baru kira2 brp?
[/quote]

Body repair paling recommended sih jelas di bmw nya om :mky_03: Kalau bengkel luar bengkel resmi di jkt jujur aja saya ga punya pengalaman. Nah untuk urusan body part memang bmw ini mahal, spare part mesin murah tp body part mahal. Nah solusinya kalau males beli baru adalah beli copotan. Nanti coba saya tanyain ke montir tunas langganan saya urusan part copotan ini apakah worth it dan memang stoknya melimpah atau malah mending beli baru sekalian
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 15 Apr 2014, 23:41

Re: Tanya BMW E46

Post by Volare »

^^^

waduh hehe.. di bmw nya pastinya mahal nih gan.. kayanya mundur teratur saya cari yg masi bisa all risc aja hehe
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

Om om sekalian, mau tanya dong kalau 325i E46 2001 udah ada O2 sensornya belum ya di headernya? Kok saya ga lihat ya? Apa jangan2 udah di remove sama pemilik sebelumnya? Tapi sejauh ini saya ga ada masalah sih ga ada fault juga, cuma heran aja kok ga keliatan sensornya

Image
Image
IvanS
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 17 Aug 2016, 11:29

Re: Tanya BMW E46

Post by IvanS »

egibaio wrote:Om om sekalian, mau tanya dong kalau 325i E46 2001 udah ada O2 sensornya belum ya di headernya? Kok saya ga lihat ya? Apa jangan2 udah di remove sama pemilik sebelumnya? Tapi sejauh ini saya ga ada masalah sih ga ada fault juga, cuma heran aja kok ga keliatan sensornya

Image
Image
Harusnya udh ada Om Egi
Di 320i E90 saya sih ada dan keliatan dari posisi itu

Oh iya om egi, FC 325i nya di dalkot Bandung dapet brp ?

Kapan mau di indepth review 325i nya om ?
Saya tunggu2 nih om.. Heeheheee
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

IvanS wrote:
egibaio wrote:Om om sekalian, mau tanya dong kalau 325i E46 2001 udah ada O2 sensornya belum ya di headernya? Kok saya ga lihat ya? Apa jangan2 udah di remove sama pemilik sebelumnya? Tapi sejauh ini saya ga ada masalah sih ga ada fault juga, cuma heran aja kok ga keliatan sensornya

Image
Image
Harusnya udh ada Om Egi
Di 320i E90 saya sih ada dan keliatan dari posisi itu

Oh iya om egi, FC 325i nya di dalkot Bandung dapet brp ?

Kapan mau di indepth review 325i nya om ?
Saya tunggu2 nih om.. Heeheheee
Nah iya makanya saya agak bingung kok ga liat O2 sensor ya. Terus saya liat ada kabel yang not going anywhere gt jd curiga. Baru nyadar skrg lagi wkwkwk.

Hahaha siap nanti saya susun ya oom. FC dalkot yang selalu macet (rute dago-buah batu rush hour) cuma dapet 5.5 km/L om wkwkwk. Kalau pulangnya malem2 yaa 7-8 km/L masih bisa om
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Tanya BMW E46

Post by Dat510 »

Om2 sekalian mau tanya disini, steer saya sekarang ada speleng/celah, sekitar 0.5 cm ke kiri & 0.5 cm ke kanan, sebelumnya ngga ada sama sekali, ngga ada efek negatif ke handling atau semacamnya si, cuma ane orangnya gatelan, ada yg ngga beres dkit bawaannya pengen ngebenerin aja.

Biasa nya apa ya yg kena? dan berapaan harga parts nya?
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Tanya BMW E46

Post by jivos »

Om egi,
Brief detail O2 sensor complete dg pict/lok/wiring/sop replacement bs cb buka link ini.
http://www.pelicanparts.com/BMW/techart ... cement.htm
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

Dat510 wrote:Om2 sekalian mau tanya disini, steer saya sekarang ada speleng/celah, sekitar 0.5 cm ke kiri & 0.5 cm ke kanan, sebelumnya ngga ada sama sekali, ngga ada efek negatif ke handling atau semacamnya si, cuma ane orangnya gatelan, ada yg ngga beres dkit bawaannya pengen ngebenerin aja.

Biasa nya apa ya yg kena? dan berapaan harga parts nya?
http://www.realoem.com/bmw/enUS/showpar ... Id=32_0942

Nampaknya itu part yang nomer 4 di gambar om yg mulai kena. CMIIW
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

jivos wrote:Om egi,
Brief detail O2 sensor complete dg pict/lok/wiring/sop replacement bs cb buka link ini.
http://www.pelicanparts.com/BMW/techart ... cement.htm
Ok terima kasih om jivos :big_deal:
IvanS
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 17 Aug 2016, 11:29

Re: Tanya BMW E46

Post by IvanS »

egibaio wrote:
IvanS wrote:
egibaio wrote:Om om sekalian, mau tanya dong kalau 325i E46 2001 udah ada O2 sensornya belum ya di headernya? Kok saya ga lihat ya? Apa jangan2 udah di remove sama pemilik sebelumnya? Tapi sejauh ini saya ga ada masalah sih ga ada fault juga, cuma heran aja kok ga keliatan sensornya

Image
Image
Harusnya udh ada Om Egi
Di 320i E90 saya sih ada dan keliatan dari posisi itu

Oh iya om egi, FC 325i nya di dalkot Bandung dapet brp ?

Kapan mau di indepth review 325i nya om ?
Saya tunggu2 nih om.. Heeheheee
Nah iya makanya saya agak bingung kok ga liat O2 sensor ya. Terus saya liat ada kabel yang not going anywhere gt jd curiga. Baru nyadar skrg lagi wkwkwk.

Hahaha siap nanti saya susun ya oom. FC dalkot yang selalu macet (rute dago-buah batu rush hour) cuma dapet 5.5 km/L om wkwkwk. Kalau pulangnya malem2 yaa 7-8 km/L masih bisa om
Ok om egi ditunggu banget reviewnya :big_blushing:

Kalau bisa sama biaya penyegaran mobilnya om, mau banding sama penyegaran yg saya lakukan jg kmrn.. Mengingat sama2 mobil 2nd.. Hahaaa
Saya juga pengen buat review 320i e90 lci, tgu mobilnya kelar repaint..

FC nya sama kaya 320i saya dalkot jkt, sedih rasanya :e-wall:

Salam baling baling !
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Tanya BMW E46

Post by Dat510 »

egibaio wrote:
Dat510 wrote:Om2 sekalian mau tanya disini, steer saya sekarang ada speleng/celah, sekitar 0.5 cm ke kiri & 0.5 cm ke kanan, sebelumnya ngga ada sama sekali, ngga ada efek negatif ke handling atau semacamnya si, cuma ane orangnya gatelan, ada yg ngga beres dkit bawaannya pengen ngebenerin aja.

Biasa nya apa ya yg kena? dan berapaan harga parts nya?
http://www.realoem.com/bmw/enUS/showpar ... Id=32_0942

Nampaknya itu part yang nomer 4 di gambar om yg mulai kena. CMIIW
Oo sering disebut steering coupler / steering guibo jg ya kalo ngga salah..
Semoga jangan sampe steering rack. :mky_01:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

Dat510 wrote:
egibaio wrote:
http://www.realoem.com/bmw/enUS/showpar ... Id=32_0942

Nampaknya itu part yang nomer 4 di gambar om yg mulai kena. CMIIW
Oo sering disebut steering coupler / steering guibo jg ya kalo ngga salah..
Semoga jangan sampe steering rack. :mky_01:
Iya om orang luar nyebutnya guibo kalau ga salah. Feeling saya sih paling itu itu aja yang kena oom haha


Btw mobil om mesin bagian supirnya ada kabel2 gt ga om? Atau sensor oksigen
Image
Image

Yang saya beda dengan link yang dikasih sama om jivos. Ada dua kabel juga yg going nowhere. Semoga cuma copot aja bukan kenapa kenapa. Yang pasti mobil sih no problem tp lumayan bikin saya ga tenang nih liat ada yg begini, takutnya mixture jd rich/lean atau ada efek lainnya
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

Hmm ternyata setelah saya lihat lg spek indonesia memang begitu

Image

Ini dari autobild bisa diliat itu kabel memang going no where di E46 spek sini dan ga ada sensor oksigen di atas header

Image

meanwhile di spek luar itu kabel kesambung lg ke kabel lainnya dan ada sensor oksigen jelas bgt di atas header



Berarti sensor oksigen disini kena sunat kali ya?
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Tanya BMW E46

Post by Dat510 »

egibaio wrote:
Dat510 wrote:
egibaio wrote:
http://www.realoem.com/bmw/enUS/showpar ... Id=32_0942

Nampaknya itu part yang nomer 4 di gambar om yg mulai kena. CMIIW
Oo sering disebut steering coupler / steering guibo jg ya kalo ngga salah..
Semoga jangan sampe steering rack. :mky_01:
Iya om orang luar nyebutnya guibo kalau ga salah. Feeling saya sih paling itu itu aja yang kena oom haha


Btw mobil om mesin bagian supirnya ada kabel2 gt ga om? Atau sensor oksigen
Image
Image

Yang saya beda dengan link yang dikasih sama om jivos. Ada dua kabel juga yg going nowhere. Semoga cuma copot aja bukan kenapa kenapa. Yang pasti mobil sih no problem tp lumayan bikin saya ga tenang nih liat ada yg begini, takutnya mixture jd rich/lean atau ada efek lainnya
Kurang merhatiin juga om perkabelan atau sensor O2 nya. Hehe
Coba minggu depan ane liat lg, skrg masi di luar kota, terakhir bongkar si ngga ada kabel yg ngeloyor di sekitaran mesin. Pas ganti packing mesin jg montir ngga ngomong apa2, biasanya dia ngasi tau kalo ada yg ngga beres.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Tanya BMW E46

Post by jivos »

pastiin dulu om dg e46 lain, benar ngga tuh emang ngga ada. AB kdg jg sk miss kutip spec.

Spt nya electrical connector nya o2 sensor.

Msh tanda tanya jg ngga ada O2, tapi kabel dibiarkan menjuntai spt itu
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

Dat510 wrote:
egibaio wrote:[
Iya om orang luar nyebutnya guibo kalau ga salah. Feeling saya sih paling itu itu aja yang kena oom haha


Btw mobil om mesin bagian supirnya ada kabel2 gt ga om? Atau sensor oksigen
Image
Image

Yang saya beda dengan link yang dikasih sama om jivos. Ada dua kabel juga yg going nowhere. Semoga cuma copot aja bukan kenapa kenapa. Yang pasti mobil sih no problem tp lumayan bikin saya ga tenang nih liat ada yg begini, takutnya mixture jd rich/lean atau ada efek lainnya
Kurang merhatiin juga om perkabelan atau sensor O2 nya. Hehe
Coba minggu depan ane liat lg, skrg masi di luar kota, terakhir bongkar si ngga ada kabel yg ngeloyor di sekitaran mesin. Pas ganti packing mesin jg montir ngga ngomong apa2, biasanya dia ngasi tau kalo ada yg ngga beres.
Oke terima kasih om dat510 :big_deal: yang punya om yang facelift ya?
jivos wrote:pastiin dulu om dg e46 lain, benar ngga tuh emang ngga ada. AB kdg jg sk miss kutip spec.

Spt nya electrical connector nya o2 sensor.

Msh tanda tanya jg ngga ada O2, tapi kabel dibiarkan menjuntai spt itu
Iya om nanti saya selasa mau coba main2 ke bengkel mau numpang ngintip M54 punya orang hahaha. Feeling saya sih ini kabel hrsnya ada tempat nyimpennya tp entah jatuh atau gmn. Still, itu masih analisa sotoy saya aja
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Tanya BMW E46

Post by octafiantos »

Itu soket o2 sensor. Kalo di e36 emang disunat, mesti beli sendiri. Mestinya ga menjuntai, ada jepitannya di situ om.

Sent from my m2 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Tanya BMW E46

Post by Dat510 »

egibaio wrote:
Oke terima kasih om dat510 :big_deal: yang punya om yang facelift ya?
jivos wrote:pastiin dulu om dg e46 lain, benar ngga tuh emang ngga ada. AB kdg jg sk miss kutip spec.

Spt nya electrical connector nya o2 sensor.

Msh tanda tanya jg ngga ada O2, tapi kabel dibiarkan menjuntai spt itu
Iya om nanti saya selasa mau coba main2 ke bengkel mau numpang ngintip M54 punya orang hahaha. Feeling saya sih ini kabel hrsnya ada tempat nyimpennya tp entah jatuh atau gmn. Still, itu masih analisa sotoy saya aja
Iya yg facelift Om, tapi kan mesinnya sama,.
Coba ntar kalo udah ngintip punya orang di report hasilnya Om. Kalo yg ane sih ngga ada itu seperangkat komponen yg di atas header.
:big_peace:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

octafiantos wrote:Itu soket o2 sensor. Kalo di e36 emang disunat, mesti beli sendiri. Mestinya ga menjuntai, ada jepitannya di situ om.

Sent from my m2 using Tapatalk
Terima kasih penjelasannya om octa. Semoga di e46 jg memang di sunat deh. Kalau ngga pusing jg kepala :mky_01:
Dat510 wrote:

Iya yg facelift Om, tapi kan mesinnya sama,.
Coba ntar kalo udah ngintip punya orang di report hasilnya Om. Kalo yg ane sih ngga ada itu seperangkat komponen yg di atas header.
:big_peace:
Haha iya om siapa tau ada perubahan kecil-kecilan pre-FL vs FL

Siap om Dat510, nanti pasti saya laporkan disini :frm_salut:
and77
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 25 Sep 2016, 14:54

Re: Tanya BMW E46

Post by and77 »

Post removed by poster request
and77
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 25 Sep 2016, 14:54

Re: Tanya BMW E46

Post by and77 »

and77 wrote:
Volare wrote:Misi mastah2 sy ingin info2 mengenai BMW E46 yg notabene BMW seri 3 paling bandel ini, terutama soal biaya2 biar ngga kaget ditengah jalan ntar heh

3) Saya baca2 untuk bmw e46 ini di km 80-100rb transmisi matic nya akan jebol. Bila terjadi jebol, berapa biaya gantinya?

4) Cari-cari iklan yang transmisi manual barangnya dikit bgt ya, yg manual populasinya lebih sedikit?

No 3. Saya baru kena nih (e46 318i th2000), transmisi halus2 saja dan hanya dalam hitungan menit langsung rusak. Penyebabnya karena ada ring (montir saya sebutnya bos... apa gitu kaya kedengaran bosch) dengan panjang sekitar 3cm bahan aluminium seiring pemakaian akan aus dan bergeser nendang seal converter yang berakibat olinya langsung muncrat abis. Dan begitu oli hilang ya plat transmisi rusak.

Biaya plat kampas kopling 7jt-an, oli matic 8lt 1,2jt, filter matic 180rb, bikin bubut bosc bahan kuningan spy lebih kuat 600rb, dan pritilan lainnya, ongkos kerja tergantung bengkel ato montir, bisa 3jt mungkin ato bengkel dg alat lengkap bisa jd lebih murah tp harga part mahal :P

Inipun masih rada ngaco nih, kayanya si bosch/ring kuningannya terlalu seret/ngepas, bikin part yg kaya donut raksasa jadi seret.

Saran sih beli copotan aja, sekitar 7jt-9jt n garansi 1th, drpd beli kampas mahal2 lalu gagal, hangus deh.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Tanya BMW E46

Post by egibaio »

Halo om om sekalian. Mau tanya dong shock yang paling enak sachs, bilstein apa boge ya? Paling mahal sih saya lihat boge. Sachs dan bilstein kurang lebih sama
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post