perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

444
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by 444 »

KodokPushUp wrote: Dari perbedaan konstruksi kaki2 om
Kebanyakan rwd lebih tahan banting daripada fwd, karena komponen lebih simpel.
Fwd komponen kaki2 depan ruwet, otomatis ukuran komponen lebih kecil, +beban berat di depan (buat belok+poros penggerak).
Bayangin aja nokia jadul (fortuner) vs hp skrg yg tipis, komponen ruwet (mobil fwd), dari segi ketahanan, pasti menang nokia jadul
makasi responnya um, asyik yah punya RWD kirain gegara fortuner Ladder frame dan bannya yang besar dan ruang spatbor? luas(apa ini yg disebut travel shock besar?)

misal saya paksain pake ban ukuran profil fortuner gitu di carnival apakah lebih tahan banting di jalan jelek? :mky_08:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by KodokPushUp »

444 wrote: makasi responnya um, asyik yah punya RWD kirain gegara fortuner Ladder frame dan bannya yang besar dan ruang spatbor? luas(apa ini yg disebut travel shock besar?)

misal saya paksain pake ban ukuran profil fortuner gitu di carnival apakah lebih tahan banting di jalan jelek? :mky_08:
Travel shock besar : ban naik turunnya bisa jauh
Travel shock besar, ruang spatbor pasti besar
Image

Ganti ban gede, hajar lubang lebih ga terasa (karena empuk nya sidewall+lingkaran luar ban gede)
Tapi kalo kaki2 standar, ya sama aja, ga lebih tahan banting
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
444
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by 444 »

KodokPushUp wrote:
444 wrote: makasi responnya um, asyik yah punya RWD kirain gegara fortuner Ladder frame dan bannya yang besar dan ruang spatbor? luas(apa ini yg disebut travel shock besar?)

misal saya paksain pake ban ukuran profil fortuner gitu di carnival apakah lebih tahan banting di jalan jelek? :mky_08:
Travel shock besar : ban naik turunnya bisa jauh
Travel shock besar, ruang spatbor pasti besar
Image

Ganti ban gede, hajar lubang lebih ga terasa (karena empuk nya sidewall+lingkaran luar ban gede)
Tapi kalo kaki2 standar, ya sama aja, ga lebih tahan banting
mantab um, makasi sampe dibelain jelasin pake gambar juga :mky_02:

berarti ga cukup ganti ban aja yaa,,??
musti upgrade kaki, bikin tinggi supaya cukup untuk travel shock.., berarti ke bengkel alto ya ..
thanks um :big_exellent:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by KodokPushUp »

444 wrote: mantab um, makasi sampe dibelain jelasin pake gambar juga :mky_02:

berarti ga cukup ganti ban aja yaa,,??
musti upgrade kaki, bikin tinggi supaya cukup untuk travel shock.., berarti ke bengkel alto ya ..
thanks um :big_exellent:
Kalo saya, bikin tinggi itu alternatif terakhir.
Dan panjang travel suspensi ga ngaruh sama durability.
Travel panjang belum tentu lebih nyaman loh om.
Ganti ban efektif buat nambah kenyamanan, atau nambah tinggi kalo takut mentok

Suspension lift -> geometry kaki2 berubah, otomatis mesti ngerubah ukuran lengan (control arm), bisa diakalin pake camber kit.
Ganti per+shock, susah kawinkan per dan shock sesuai selera yg kita mau. Kalo ga cocok, ya jadinya kekocok2.
Buat durability, ganti joint control arm ke yg lebih stiff, konon membantu, cuma bakalan jadi tambah keras.
Shock bisa pake yg lebih heavy duty, tinggal pas ga sama dudukan.
Komponen setir yg susah, karena steering gear dkk, tiap mobil beda.
Kalo bunyi2, mesti cek dulu sumbernya dari mana. Dugaan saya sih antara salah 1 ball joint atau mounting suspensi

*jangan tanya saya pake merk apa, udah lama banget ga tuning suspensi, skrg standar aja, asal jalan
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
444
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by 444 »

KodokPushUp wrote:
444 wrote:
Kalo saya, bikin tinggi itu alternatif terakhir.
Dan panjang travel suspensi ga ngaruh sama durability.
Travel panjang belum tentu lebih nyaman loh om.
Ganti ban efektif buat nambah kenyamanan, atau nambah tinggi kalo takut mentok

Suspension lift -> geometry kaki2 berubah, otomatis mesti ngerubah ukuran lengan (control arm), bisa diakalin pake camber kit.
Ganti per+shock, susah kawinkan per dan shock sesuai selera yg kita mau. Kalo ga cocok, ya jadinya kekocok2.
Buat durability, ganti joint control arm ke yg lebih stiff, konon membantu, cuma bakalan jadi tambah keras.
Shock bisa pake yg lebih heavy duty, tinggal pas ga sama dudukan.
Komponen setir yg susah, karena steering gear dkk, tiap mobil beda.
Kalo bunyi2, mesti cek dulu sumbernya dari mana. Dugaan saya sih antara salah 1 ball joint atau mounting suspensi

*jangan tanya saya pake merk apa, udah lama banget ga tuning suspensi, skrg standar aja, asal jalan
mantab kali pengalamannya,, :off_good:

sebenernya motivasi saya karena ingin ganti suasana dan iri sama SUV ladder kaya fortuner itu yang tinggi dan kakinya kuat um.. :big_sorry:
nah tapi yg jadi objeknya ini carnival, hehehe.. suka banget sama luasnya baris ke-3 carnival.. (keluarga kami tinggi di atas 176 cm, istri saya 176 cm dan suka jalan rame rame (ber 8).
di rumah ada juga innova dan luxio tapi favoritnya ya tetep carnival ini..

inginnya saya rubah tampangnya kaya SUV ladder frame yang tinggi itu tapi ternyata ribet :big_slap:
any way terimakasih info dan sarannya um :big_exellent:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by KodokPushUp »

Kalo sudah siap dengan segala resikonya (kenyamanan, durabilitas, handling), ya why not om. Cari aja bengkel yg pengalaman ngerubah per jadi nyaman (biasanya mereka udah hapal custom per+shock apa, jadi trial error ga perlu terlalu lama).
Saya sedikit perfeksionis, jadi yg dipertimbangkan banyak.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by DOHC »

KodokPushUp wrote:Kalo sudah siap dengan segala resikonya (kenyamanan, durabilitas, handling), ya why not om. Cari aja bengkel yg pengalaman ngerubah per jadi nyaman (biasanya mereka udah hapal custom per+shock apa, jadi trial error ga perlu terlalu lama).
Saya sedikit perfeksionis, jadi yg dipertimbangkan banyak.
bener2 master pembalap... ud ga level kelas modif ecek2... :frm_salut: :frm_salut:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by KodokPushUp »

DOHC wrote: bener2 master pembalap... ud ga level kelas modif ecek2... :frm_salut: :frm_salut:
Dosen udah nongol..
Saatnya newbie balik ke belakang kelas, nunggu kuliah selanjutnya dari prof. DOHC
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by DOHC »

@ prof kodok...

apalah nubie ini... drtd sibuk nyatetin bahan kuliah dr master pembalap...

btw, baca2 ke atas... kl yg ane simpulkan... berarti jarak travel makin panjang = bantingan lebi lebi bsa di redam tp di trade off dgn di kocok2 jg d dalem alias ga stabil mobil nya.... nahh kl gt misalnya ditambahin panhard bar depan blakang, kira2 gmana tuh prof, bsa ga dapet bantingan nyaman tp body tetep less di kocok2 ???
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
444
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by 444 »

Wah master master makin banyak yg hadir, hehehe
Saya ga ngarep kenyamanan dibanding kaki standar ko um, ..
Klo uda jadi tinggi jg paling nyetirnya ga akan sampe 100 kpj, maklum mobil untuk bawa keluarga besar
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by KodokPushUp »

DOHC wrote:btw, baca2 ke atas... kl yg ane simpulkan... berarti jarak travel makin panjang = bantingan lebi lebi bsa di redam tp di trade off dgn di kocok2 jg d dalem alias ga stabil mobil nya.... nahh kl gt misalnya ditambahin panhard bar depan blakang, kira2 gmana tuh prof, bsa ga dapet bantingan nyaman tp body tetep less di kocok2 ???
Err panhard rod bukannya cuma iket roda biar ga lari kiri kanan, prof?
Di macpherson/multilink kan ga perlu panhard prof, masalahnya cuma ngakalin camber yg berubah aja kalo di lift.

Masalah tinggal kekocok atas-bawah karena travel besar.
Kalo suspensi empuk, mantul2 trus.
Suspensi keras, travel nya ga kepake.
Solusinya menurut newbie, suspensi yg bisa atur kekerasan secara real time, dengan sensor di body yg mendeteksi horizontality (halah ga tau bahasa yg bener, pokoknya gitu, menjaga body tetep posisi datar (mirip2 sensor gyroscope kalo di android) dengan mengatur kekerasan suspensi (mungkin dilakukan dengan air suspension)).
Di mobil2 eropa sudah implementasi belasan tahun lalu, contohnya ABC sensor di mercy.

Contohnya ban kanan injek polisi tidur, sensor di body deteksi kalo body bagian kanan terangkat, sensor memerintahkan suspensi buat ngurangin tekanan, begitu ban turun dari polisi tidur, langsung tekanan ditambah.
Injek lubang juga sebaliknya.
Jadi kuncinya di kecepatan sensor dan kecepatan perubahan tekanan di suspensi, sehingga body mobil tetep terasa diem, ban yg bergerak naik turun ngikutin kontur jalan.

Apakah jawaban newbie tepat, prof?
*deg2an dites sama prof klep :mky_01:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by DOHC »

nahh ya ya btul prof... maksud ane gerakan lateral...

soalnya mnurut pemikiran nubie, kl seandainya jarak travel bertambah, otomatis gerak2 selain naik turun, jg mobil jg rentan thd gerakan lateral kiri kanan, nah ini yg bikin rasa kocok2 atau kaya naek kapal laut... (cmiiw nubie kl salah)... nahh dgn ad nya si panhard itu, maka urusan gerakan lateral beres trus utk urusan suspensi... mungkin bsa jg sperti sensor2 yg prof jelasin... atau macam adaptive susp macam di mobil2 sports...

*nubie balik nyatet lg....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by ilhami »

Innova baris ketiga rasanya payah, padahal jalannya biasa aja. Jumlah penumpang 5 orang. Apa memang pros - cons antara keras+stabil vs limbung+nyaman.
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by mr-saga »

wuiik ngeriii bro KodokPushUp... :big_love: :mky_02:
444 wrote: mantab kali pengalamannya,, :off_good:

sebenernya motivasi saya karena ingin ganti suasana dan iri sama SUV ladder kaya fortuner itu yang tinggi dan kakinya kuat um.. :big_sorry:
nah tapi yg jadi objeknya ini carnival, hehehe.. suka banget sama luasnya baris ke-3 carnival.. (keluarga kami tinggi di atas 176 cm, istri saya 176 cm dan suka jalan rame rame (ber 8).
di rumah ada juga innova dan luxio tapi favoritnya ya tetep carnival ini..

inginnya saya rubah tampangnya kaya SUV ladder frame yang tinggi itu tapi ternyata ribet :big_slap:
any way terimakasih info dan sarannya um :big_exellent:
menurut ku, sebaiknya jgn dipaksakan Carnival diajak nerabas2 jalan selayaknya Fortuner om..
kalo kondisi Carnival anda msh sehat, wah selamat om... :frm_tumbright: :frm_salut:
sebaiknya dijaga aja kesehatan Carnivalnya om :big_smile]
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by swag7 »

Keren thread nya! Berguna nih buat nubie spt saya :)
Makasih buat TS yg bikin dan suhu2 yg sdh ngasih penjelasan.
Improvise, Adapt and Overcome!
444
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by 444 »

mr-saga wrote:wuiik ngeriii bro KodokPushUp... :big_love: :mky_02:
444 wrote: mantab kali pengalamannya,, :off_good:

sebenernya motivasi saya karena ingin ganti suasana dan iri sama SUV ladder kaya fortuner itu yang tinggi dan kakinya kuat um.. :big_sorry:
nah tapi yg jadi objeknya ini carnival, hehehe.. suka banget sama luasnya baris ke-3 carnival.. (keluarga kami tinggi di atas 176 cm, istri saya 176 cm dan suka jalan rame rame (ber 8).
di rumah ada juga innova dan luxio tapi favoritnya ya tetep carnival ini..

inginnya saya rubah tampangnya kaya SUV ladder frame yang tinggi itu tapi ternyata ribet :big_slap:
any way terimakasih info dan sarannya um :big_exellent:
menurut ku, sebaiknya jgn dipaksakan Carnival diajak nerabas2 jalan selayaknya Fortuner om..
kalo kondisi Carnival anda msh sehat, wah selamat om... :frm_tumbright: :frm_salut:
sebaiknya dijaga aja kesehatan Carnivalnya om :big_smile]
Iya um, makasi. Kebetulan unit yg saya pake diesel matic. Masi running well untuk kaki sehari hari, dan perjalanan kediri-bojonegoro pp yang berbukit bukit.
Uda mulai nyadar, ini bukan SUV. Hehehe :big_childish:
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by ngalih »

Klo mo ganti kaki2 suv ke bengkel mana yang terpercaya di Jakarta? Mohon infonya