New generation Suzuki Grand Vitara
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
- Location: Bontang, Kalimantan Timur
Mesen di Bontang Sudah didatengin, diteleponin, jawabannya sama, kalau barangnya dateng pasti dihubungi
Nanya di suzuki.co.id/grandvitara/contactus percuma ... berapa kali ngirim kagak dijawab2
Ngapain repot2 bikin fasilitas contact us ya kalo gitu?
Kalau dianggurin kayak begini kayaknya terpaksa pindah ke alternatif lain ...
Any idea dg Rp 250 juta bisa dapet SUV apa?
Nanya di suzuki.co.id/grandvitara/contactus percuma ... berapa kali ngirim kagak dijawab2
Ngapain repot2 bikin fasilitas contact us ya kalo gitu?
Kalau dianggurin kayak begini kayaknya terpaksa pindah ke alternatif lain ...
Any idea dg Rp 250 juta bisa dapet SUV apa?
my.opera.com/mrtaufik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Bulan kemaren dengan peluncuran New CRV pasaran Suzuki GV lumayan tertohok. Terus terang di Jaksel (sekitaran simatupang) masih jarang liat GV lewat. Kemaren ada liat satu, warna graphite grey, gue ikutin dari belakang :-) pengen liat gimana tongkrongannya pas lagi jalan... hehehehe...naldo wrote:Wah... Saya si gak tau ya kenapa mobilnya belom dateng... Karena inden-nya bertumpuk... Masih terus2an 1000 unit inden-an orang banyak... Jadi maaf kalau mobilnya belom dateng2 Mas Hidup Merek Lain...
Kabin GV senyap koq, lebih senyap dari X-trail...
Kabin dalam lumayan senyap, tapi sayangnya tombol-tombol di in-dash audio kok keliatan murahan yah?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Mon Mar 19, 2007 3:52
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Mon Mar 19, 2007 3:52
Ya setiap mobil pasti ada kelemahan n kelebihan... Ya GV si memang kadang2 ada tombol yang murahan tapi saya senang dengan harga yang sebanding apa yang diberikan Suzuki... Harga segitu mana ada lagi yang nyaingin fitur segitu banyak?? Fortuner aja gak bisa tandingin harga n fitur2nya(maaf bagi penggemar fortuner tapi ini menurut saya), jadi ya saya bilang mobil ini termasuk sangat masuk akal n bagus sekali modelnya(tongkrongannya mobil eropa)... Coba GV tuh emblemnya bukan Suzuki, saya berani jamin lakui berat...
Kepingin GV yang pke 2700CC V6 neh... Kenceng banget...
Kepingin GV yang pke 2700CC V6 neh... Kenceng banget...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Masalahnya, harga seringnya emang ndak bohong, contohnya mobil-mobil korea, untuk kelas yang sama, harganya di-set lebih murah. Di satu sisi mungkin karena pertimbangan brandnya emang belum kuat, tapi di sisi lain mobil korea memang secara teknologi dan kualitas masih kalah ama jepang.naldo wrote:Ya setiap mobil pasti ada kelemahan n kelebihan... Ya GV si memang kadang2 ada tombol yang murahan tapi saya senang dengan harga yang sebanding apa yang diberikan Suzuki... Harga segitu mana ada lagi yang nyaingin fitur segitu banyak?? Fortuner aja gak bisa tandingin harga n fitur2nya(maaf bagi penggemar fortuner tapi ini menurut saya), jadi ya saya bilang mobil ini termasuk sangat masuk akal n bagus sekali modelnya(tongkrongannya mobil eropa)... Coba GV tuh emblemnya bukan Suzuki, saya berani jamin lakui berat...
Kepingin GV yang pke 2700CC V6 neh... Kenceng banget...
Buat aku sendiri, tampang GV emang paling macho dan keyeeen ketimbang xtrail dan crv. Tapi dengan perbandingan berat/tenaga mesin seperti sekarang, nampaknya GV akan ngos-ngosan jika kejar-kejaran ama CRV atau Xtrail. Ndak tau deh hal yang terakhir ini... apakah ada yang uda ngebuktiin?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
menurut pengalamanku pribadi,
GV aku menang di tarikan bawahnya dibanding ma crv temen aku.
sama2 matic nya n sama2 2.0L tapi bukan crv yg baru ya.
cuman kalo udah di kecepatan tinggi udah ngga bisa narik terus kaya crv.
nih GV lumayan ok tongkrongannya, cuman emang interior agak keliatan murahan tapi masih OK2 aja kok.
plus mesinnya kenceng banget (suaranya) kalo dibuat tarik2 an.
suara mesinnya sampe masuk ke kabin
lain dari pada itu lumayan keren kok GV, dari tampilannya trus fitur2 nya.
so ok ok aja kok menurut aku.
maklum kawan2 review aku ga bisa lengkap soalnya cuman kebagian ngetes mobilnya 2 minggu aja..
n sampe sekarang ga ada comment yg ga enak ttg mobil ini dari bonyok.
so overall: NOT BAD
GV aku menang di tarikan bawahnya dibanding ma crv temen aku.
sama2 matic nya n sama2 2.0L tapi bukan crv yg baru ya.
cuman kalo udah di kecepatan tinggi udah ngga bisa narik terus kaya crv.
nih GV lumayan ok tongkrongannya, cuman emang interior agak keliatan murahan tapi masih OK2 aja kok.
plus mesinnya kenceng banget (suaranya) kalo dibuat tarik2 an.
suara mesinnya sampe masuk ke kabin
lain dari pada itu lumayan keren kok GV, dari tampilannya trus fitur2 nya.
so ok ok aja kok menurut aku.
maklum kawan2 review aku ga bisa lengkap soalnya cuman kebagian ngetes mobilnya 2 minggu aja..
n sampe sekarang ga ada comment yg ga enak ttg mobil ini dari bonyok.
so overall: NOT BAD
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
- Location: Jakarta
Ahh.... GV yang jelas2 brand suzuki aja udah laku keras.... bayangin aja peluncuran bulan juni 2006 total penjualan nya langsung melesat jauh di atas CRV dan XTRAIL dalam tahun 2006.... ampe2 inden nya aja berkepanjangan....naldo wrote:Coba GV tuh emblemnya bukan Suzuki, saya berani jamin lakui berat...
Kepingin GV yang pke 2700CC V6 neh... Kenceng banget...
Terbukti kalo kualitas keluaran suzuki akhir2 ini makin bagus...
Yeah yeah yeah ! ! !
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
handa wrote:Ahh.... GV yang jelas2 brand suzuki aja udah laku keras.... bayangin aja peluncuran bulan juni 2006 total penjualan nya langsung melesat jauh di atas CRV dan XTRAIL dalam tahun 2006.... ampe2 inden nya aja berkepanjangan....naldo wrote:Coba GV tuh emblemnya bukan Suzuki, saya berani jamin lakui berat...
Kepingin GV yang pke 2700CC V6 neh... Kenceng banget...
Terbukti kalo kualitas keluaran suzuki akhir2 ini makin bagus...
Skor bulan Feb 2007 :
New CRV : 1400
Grand Vitara : 427
X-trail : 247
Re-posting lagi berita di Bisnis Indonesia :
===============================================
Rabu, 21/03/2007 16:40 WIB
All New CR-V rajai segmen medium SUV
oleh : Ahmad Muhibuddin
JAKARTA: PT Honda Prospect Motor (HPM) yang baru merilis produk terbarunya mulai memetik hasil dengan mengantarkan All New CR-V ke tangga teratas segmen medium kendaraan sport serba guna ini.
Sepanjang Februari 2007, Honda All New CR-V merajai kelas medium SUV dengan peraihan pangsa pasar 48%. Suzuki Grand Vitara, Nissan X-Trail, dan model lain tertinggal di belakang CR-V generasi ke-3 ini dalam merebut perhatian konsumen SUV di Tanah Air.
Minat konsumen terhadap Nissan X-Trail dan Suzuki Grand Vitara yang pada Januari merajai segmen SUV medium ini jauh lebih sedikit dibandingkan CR-V. Meski meningkat, penjualan Suzuki Grand Vitara terpaut jauh yaitu hanya 427 unit. Penjualan Nissan X-Trail, yang juga baru merilis model baru justru terkoreksi yaitu dari 267 unit menjadi hanya 247 unit.
---- deleted ----
Mungkin karena kapasitas manufakturing GV yang cuma 500 unit per bulan makanya penjualan/delivery GV tercatat rendah, dimana hal tersebut tidak secara langsung merepresentasikan panjangnya antrian inden (kalau benar?).
Menurut info sales, awalnya IMNI memperkirakan warna silver dan hitam akan menjadi yang paling diminati sehingga produksi awal dioptimalkan untuk dua warna tersebut. Perkembangan terakhir, ternyata warna graphite grey (silver police) juga cukup laris, sementara persediaan unit-unit awal tidak disiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut. Inilah pangkal dari inden berkepanjangan GV, khususnya untuk warna graphite grey. Ke depan, warna silver dan hitam mungkin akan inden lama juga karena kapasitas produksi yang ada kudu dibagi dengan warna graphite grey tersebut....
BTW, buat yang pernah bawa GV di kecepatan tinggi, berapa kecepatan max-nya dan apakah masalah body roll/limbung ketika manuver di kecepatan tinggi atau ketika disalip bis cukup terasa?
Menurut thread di forum lain :
CRV --> shock-nya relatif keras, thus, cukup stabil di kecepatan tinggi
X-trail --> paling mendekati karakter sedan, shock empuk, tenaga gede. Tapi shock empuk digabung body tinggi, otomatis terasa limbung
GV --> ???
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Ini memang bener...id-grand-vitara wrote: .........
Skor bulan Feb 2007 :
New CRV : 1400
Grand Vitara : 427
X-trail : 247
........
tapi ini katanya, saya pernah ngobrol2 ama Orang Suzuki pas ketemu di pertemuan ktr pemerintah, katanya utk GV
itu udah kapasitas produksi maksimum...
GV cuman bisa di produksi sekitar 400 unit /bulan, karena byk piranti canggihnya...
CMIIW
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Fri Apr 06, 2007 14:48
- Location: Surabaya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
- Location: Bontang, Kalimantan Timur
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Waduh, lokasi dimana tuh? Bontang ya?HidupMerekLain wrote:@ Mike
Janganin yang A/T, saya pesen yang M/T dari Februari saja belum dateng2 ...
Kemaren telpon dealer lagi, katanya April ini kemungkinan besar uda dapat (M/T graphite grey). Padahal saya baru bikin SPK 19 Maret (lokasi dealer Jakarta)
rgds
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Dikutip dari :
http://www.asco.co.id/main.php?mod=news ... at=7&id=86
[email protected]
========================================
Segmen compact SUV di Indonesia sudah seperti ikan sarden. Penuh sesak dan persaingan pedas. Tetapi jauh sebelum SUV-SUV tersebut mengisi pasar otomotif di Indonesia, kita sudah lebih dulu mengenal Suzuki Vitara.
Sebetulnya momen kembalinya Vitara sudah bergaung sejak Suzuki memperkenalkan Concept X2 di ajang tahunan North American International Auto Show 2005. Dimensi, garis desain bodi, dan meskipun X2 dibangun atas konstruksi monokok seperti kebanyakan mobil sedan namun mobil konsep ini juga mengadopsi konstruksi built-in ladder frame ala big SUV. Sebuah sistem konstruksi yang juga bisa ditemui pada Land Rover Discovery 3 (lebih canggih, tentunya).
Tak sampai satu tahun kemudian, Suzuki sungguh-sungguh mewujudkan mimpi semua orang. Concept X2 dimasukkan ke dalam proses produksi masal dan diberi nama yang sudah sangat familiar di telinga kita yaitu Grand Vitara. Dan kabar baiknya adalah Grand Vitara dibangun plek ketiplek dengan basis Concept X2. Jadi mulai dari eksterior, interior, dan konstruksi underbody, semuanya dibangun persis sama dengan X2.Menyandang tambahan gelar Grand tentu bermakna pada dimensi bodi yang lebih besar ketimbang generasi sebelumnya.
Penampilannya pun sekarang terlihat lebih gagah dengan desain fender ekstra lebar yang menjadi rumah empat roda yang terpasang di ujung paling jauh di tiap sudutnya. Secara teori, desain seperti ini ikut menambah kestabilan Grand Vitara saat sedang bermanuver pada kecepatan tinggi. Lalu bagaimana dengan ruang kabinnya? Tentu saja lebih besar dan lapang terutama pada bangku baris belakangnya yang kini tidak lagi sesak jika harus ditempati oleh tiga penumpang. Desain setir, tombol instrumen, dashboard, fasia, dan konsol tengah Grand Vitara juga tidak sedikit pun melenceng dari Concept X2. Yang berbeda tentu saja adalah paduan warna kabinnya. Kalau X2 didominasi warna hitam, maka Grand Vitara yang sudah saya test drive terlihat mewah dengan materi kulit berwarna light chocolate, wood panel, serta sedikit aksen aluminium pada bagian setir dan panel indikator.
Sebagai tambahan, Grand Vitara ikut dilengkapi dengan sederet fi tur canggih seperti kontrol audio yang terletak di setir serta on-board computer yang terus menerus menyajikan informasi mengenai waktu, temperatur suhu di luar mobil, serta perkiraan konsumsi bahan bakar. Grand Vitara cukup oke untuk diajak bermacetmacet di jalan protokol kota Jakarta. Jarak pandang yang luas ke berbagai arah serta tata letak transmisi shift-gate dengan sudut kemiringan sekitar 200 memudahkan saya untuk menggapai tuas sewaktu waktu mengoper gigi antara D dan N. Di jalan raya yang panjang, Grand Vitara cukup smooth untuk dibesut. Kemampuan suspensinya dalam meredam jalan berlubang juga cukup mumpuni. Tapi di antara semua keunggulannya, saya paling menyukai kualitas steering dan handling Grand Vitara yang sangat presisi dan komunikatif. Efek limbung ketika Grand Vitara dipacu kencang pun tergolong minim.
http://www.asco.co.id/main.php?mod=news ... at=7&id=86
[email protected]
========================================
Segmen compact SUV di Indonesia sudah seperti ikan sarden. Penuh sesak dan persaingan pedas. Tetapi jauh sebelum SUV-SUV tersebut mengisi pasar otomotif di Indonesia, kita sudah lebih dulu mengenal Suzuki Vitara.
Sebetulnya momen kembalinya Vitara sudah bergaung sejak Suzuki memperkenalkan Concept X2 di ajang tahunan North American International Auto Show 2005. Dimensi, garis desain bodi, dan meskipun X2 dibangun atas konstruksi monokok seperti kebanyakan mobil sedan namun mobil konsep ini juga mengadopsi konstruksi built-in ladder frame ala big SUV. Sebuah sistem konstruksi yang juga bisa ditemui pada Land Rover Discovery 3 (lebih canggih, tentunya).
Tak sampai satu tahun kemudian, Suzuki sungguh-sungguh mewujudkan mimpi semua orang. Concept X2 dimasukkan ke dalam proses produksi masal dan diberi nama yang sudah sangat familiar di telinga kita yaitu Grand Vitara. Dan kabar baiknya adalah Grand Vitara dibangun plek ketiplek dengan basis Concept X2. Jadi mulai dari eksterior, interior, dan konstruksi underbody, semuanya dibangun persis sama dengan X2.Menyandang tambahan gelar Grand tentu bermakna pada dimensi bodi yang lebih besar ketimbang generasi sebelumnya.
Penampilannya pun sekarang terlihat lebih gagah dengan desain fender ekstra lebar yang menjadi rumah empat roda yang terpasang di ujung paling jauh di tiap sudutnya. Secara teori, desain seperti ini ikut menambah kestabilan Grand Vitara saat sedang bermanuver pada kecepatan tinggi. Lalu bagaimana dengan ruang kabinnya? Tentu saja lebih besar dan lapang terutama pada bangku baris belakangnya yang kini tidak lagi sesak jika harus ditempati oleh tiga penumpang. Desain setir, tombol instrumen, dashboard, fasia, dan konsol tengah Grand Vitara juga tidak sedikit pun melenceng dari Concept X2. Yang berbeda tentu saja adalah paduan warna kabinnya. Kalau X2 didominasi warna hitam, maka Grand Vitara yang sudah saya test drive terlihat mewah dengan materi kulit berwarna light chocolate, wood panel, serta sedikit aksen aluminium pada bagian setir dan panel indikator.
Sebagai tambahan, Grand Vitara ikut dilengkapi dengan sederet fi tur canggih seperti kontrol audio yang terletak di setir serta on-board computer yang terus menerus menyajikan informasi mengenai waktu, temperatur suhu di luar mobil, serta perkiraan konsumsi bahan bakar. Grand Vitara cukup oke untuk diajak bermacetmacet di jalan protokol kota Jakarta. Jarak pandang yang luas ke berbagai arah serta tata letak transmisi shift-gate dengan sudut kemiringan sekitar 200 memudahkan saya untuk menggapai tuas sewaktu waktu mengoper gigi antara D dan N. Di jalan raya yang panjang, Grand Vitara cukup smooth untuk dibesut. Kemampuan suspensinya dalam meredam jalan berlubang juga cukup mumpuni. Tapi di antara semua keunggulannya, saya paling menyukai kualitas steering dan handling Grand Vitara yang sangat presisi dan komunikatif. Efek limbung ketika Grand Vitara dipacu kencang pun tergolong minim.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Selingan berita, dari bisnis Indo
rgds
[email protected]
====================================
SX4 X-Over menantang batas
Di tengah rasa penasaran konsumen di Tanah Air akan model crossover, Suzuki dengan cepat memberi jawaban. PT Indomobil Niaga International, ATPM mobil Suzuki di Indonesia, tanpa banyak basa-basi memperkenalkan model crossover, yang dinamai SX4 X-Over.
Crossover-konon akan menjadi trendsetter model kendaraan kelak-memang masih cukup asing bagi telinga konsumen Indonesia. Kalangan ATPM pun belum punya definisi yang sama persis soal model ini.
Secara umum crossover didefinisikan sebagai perpaduan model multi purpose vehicle (MPV/ kendaraan serba guna) dengan sport utility vehicle (SUV/kendaraan sport multiguna).
Di sini, Suzuki menerjemahkan crossover dalam bentuk layaknya model hatchback (sedan dengan bagasi menyatu dalam ruang kabin penumpang alias memiliki lima pintu). ATPM biasanya menyebutnya sebagai low MPV.
Suzuki SX4 memiliki alasan tersendiri untuk menyebutnya sebagai crossover, kendati dalam sistem perpajakan dikelompokkan sebagai minibus.
Kendaraan ini punya radius putar 5,3 meter, lebih kecil dibandingkan SUV yang radius putarnya lebih lebar. Ini membuat SX4 lebih lincah dan mudah berbelok di tikungan tajam. Ban yang dipakai juga berukuran besar (205/60 R16) seperti umumnya SUV.
Suzuki pun mengusung slogan Cross The Limit untuk mempromosikan model terbarunya ini. "SX4 lahir dari persilangan antara Escudo 1.6 yang ada di kelas medium SUV dan Swift yang masuk di kelompok low MPV. Ini adalah crossover pertama di Indonesia," ujar Director Marketing 4W PT IMNI Rudjojo Nirjana.
Dalam test drive dari Medan menuju Danau Toba Sumatra Utara baru-baru ini, SX4 diuji ketangguhannya dengan melaju kencang di areal perkebunan kelapa sawit. Kondisi jalan tanah yang kasar, berbatu dan berlumpur bukan halangan bagi mobil ini untuk ngebut. Di tengah guncangan jalanan yang berdebu, suasana di kabin tetap nyaman nyaris tak beda dengan Swift, termasuk luas kabinnya yang relatif sempit.
Sayangnya, kendati ground clearance cukup tinggi, lambung kenalpot berulangkali terantuk gundukan tanah sehingga menimbulkan suara gaduh di kolong mobil. Ini karena posisi lambung knalpot begitu rendah, lebih rendah dari SUV Toyota Rush atau Suzuki Escudo.
Belum pakai ABS
Sistem pengereman pada SX4 ternyata belum mengaplikasikan antilock brake system (ABS) tapi cuma cakram berventilasi (ventilated disc brake) pada roda depan dan tromol (drum brake) pada belakangnya.
Sistem rem seperti ini membuat 'pantat' mobil kadang limbung dan ngesot di kala pengereman mendadak. Kendaraan juga tidak bisa berhenti seketika. Itulah sebabnya saat melaju kencang dalam iring-iringan yang dikawal voorijder polisi-sepulang dari Danau Toba-mobil SX4 mengalami tabrak belakang.
Kecelakaan ini bermula ketika barisan SX4 yang berjumlah enam mobil melaju cukup kencang memasuki kota. Tiba-tiba ciiiiittt...mobil voorijder polisi yang berada di paling depan berhenti mendadak karena jalanan padat dan banyak orang menyeberang.
Ciiiiiiit!!!....ciiiiit!!.....ciiit!...braaaak!!! Mobil SX4 yang ada di urutan keempat menabrak kendaraan di depannya.
"Uuup...ketoke ono sing nabrak kae," kataku dalam bahasa Jawa kepada Chadie Nurtjahyadi, rekan wartawan yang duduk di kursi depan kiri. "Iyo," ujarnya singkat sambil menengok ke belakang mencari tahu.
Dari kaca spion, Head of Public Relation INMI Priyo Kurnianto yang duduk di jok belakang, terlihat pucat. "Waduh!!"
Mobil pun terpaksa diderek karena 'hidungnya' ringsek parah dan mesin tidak bisa dihidupkan lagi.
Secara keseluruhan SX4 yang direncanakan diluncurkan medio April, memang mampu menawarkan kenyamanan sekaligus ketangguhan dan yang lebih penting dari itu hemat bahan bakar. Dalam test drive, konsumsi bahan bakar paling boros tercatat 19,3 km untuk tiap liter, dan paling irit 27,3 km.
Bagi IMNI, SX4 akan diandalkan untuk menggantikan kontribusi Escudo 1.6, yang sudah dihentikan produksinya dengan target penjualan 600 unit sebulan.
Mobil yang sepenuhnya masih diimpor secara utuh (completely built-up) tersebut sebenarnya diproduksi dengan dua tipe penggerak roda yakni 4x2 dan 4x4. Sayangnya, untuk tipe 4x4 sejauh ini masih dalam penjajakan pasar. Alasannya, tarif bea masuk mobil 4x4 mencapai 45%.
Untuk sementara ini, SX4 X-Over yang berlabel harga di kisaran Rp150 jutaan, akan melenggang sendirian tanpa pesaing.
Apakah SX4 mampu membuktikan slogan Cross The Limit yang diusungnya dalam menembus batas selera konsumen yang cenderung menyukai model MPV? Pasar jugalah yang akan menentukan. ([email protected])
rgds
[email protected]
====================================
SX4 X-Over menantang batas
Di tengah rasa penasaran konsumen di Tanah Air akan model crossover, Suzuki dengan cepat memberi jawaban. PT Indomobil Niaga International, ATPM mobil Suzuki di Indonesia, tanpa banyak basa-basi memperkenalkan model crossover, yang dinamai SX4 X-Over.
Crossover-konon akan menjadi trendsetter model kendaraan kelak-memang masih cukup asing bagi telinga konsumen Indonesia. Kalangan ATPM pun belum punya definisi yang sama persis soal model ini.
Secara umum crossover didefinisikan sebagai perpaduan model multi purpose vehicle (MPV/ kendaraan serba guna) dengan sport utility vehicle (SUV/kendaraan sport multiguna).
Di sini, Suzuki menerjemahkan crossover dalam bentuk layaknya model hatchback (sedan dengan bagasi menyatu dalam ruang kabin penumpang alias memiliki lima pintu). ATPM biasanya menyebutnya sebagai low MPV.
Suzuki SX4 memiliki alasan tersendiri untuk menyebutnya sebagai crossover, kendati dalam sistem perpajakan dikelompokkan sebagai minibus.
Kendaraan ini punya radius putar 5,3 meter, lebih kecil dibandingkan SUV yang radius putarnya lebih lebar. Ini membuat SX4 lebih lincah dan mudah berbelok di tikungan tajam. Ban yang dipakai juga berukuran besar (205/60 R16) seperti umumnya SUV.
Suzuki pun mengusung slogan Cross The Limit untuk mempromosikan model terbarunya ini. "SX4 lahir dari persilangan antara Escudo 1.6 yang ada di kelas medium SUV dan Swift yang masuk di kelompok low MPV. Ini adalah crossover pertama di Indonesia," ujar Director Marketing 4W PT IMNI Rudjojo Nirjana.
Dalam test drive dari Medan menuju Danau Toba Sumatra Utara baru-baru ini, SX4 diuji ketangguhannya dengan melaju kencang di areal perkebunan kelapa sawit. Kondisi jalan tanah yang kasar, berbatu dan berlumpur bukan halangan bagi mobil ini untuk ngebut. Di tengah guncangan jalanan yang berdebu, suasana di kabin tetap nyaman nyaris tak beda dengan Swift, termasuk luas kabinnya yang relatif sempit.
Sayangnya, kendati ground clearance cukup tinggi, lambung kenalpot berulangkali terantuk gundukan tanah sehingga menimbulkan suara gaduh di kolong mobil. Ini karena posisi lambung knalpot begitu rendah, lebih rendah dari SUV Toyota Rush atau Suzuki Escudo.
Belum pakai ABS
Sistem pengereman pada SX4 ternyata belum mengaplikasikan antilock brake system (ABS) tapi cuma cakram berventilasi (ventilated disc brake) pada roda depan dan tromol (drum brake) pada belakangnya.
Sistem rem seperti ini membuat 'pantat' mobil kadang limbung dan ngesot di kala pengereman mendadak. Kendaraan juga tidak bisa berhenti seketika. Itulah sebabnya saat melaju kencang dalam iring-iringan yang dikawal voorijder polisi-sepulang dari Danau Toba-mobil SX4 mengalami tabrak belakang.
Kecelakaan ini bermula ketika barisan SX4 yang berjumlah enam mobil melaju cukup kencang memasuki kota. Tiba-tiba ciiiiittt...mobil voorijder polisi yang berada di paling depan berhenti mendadak karena jalanan padat dan banyak orang menyeberang.
Ciiiiiiit!!!....ciiiiit!!.....ciiit!...braaaak!!! Mobil SX4 yang ada di urutan keempat menabrak kendaraan di depannya.
"Uuup...ketoke ono sing nabrak kae," kataku dalam bahasa Jawa kepada Chadie Nurtjahyadi, rekan wartawan yang duduk di kursi depan kiri. "Iyo," ujarnya singkat sambil menengok ke belakang mencari tahu.
Dari kaca spion, Head of Public Relation INMI Priyo Kurnianto yang duduk di jok belakang, terlihat pucat. "Waduh!!"
Mobil pun terpaksa diderek karena 'hidungnya' ringsek parah dan mesin tidak bisa dihidupkan lagi.
Secara keseluruhan SX4 yang direncanakan diluncurkan medio April, memang mampu menawarkan kenyamanan sekaligus ketangguhan dan yang lebih penting dari itu hemat bahan bakar. Dalam test drive, konsumsi bahan bakar paling boros tercatat 19,3 km untuk tiap liter, dan paling irit 27,3 km.
Bagi IMNI, SX4 akan diandalkan untuk menggantikan kontribusi Escudo 1.6, yang sudah dihentikan produksinya dengan target penjualan 600 unit sebulan.
Mobil yang sepenuhnya masih diimpor secara utuh (completely built-up) tersebut sebenarnya diproduksi dengan dua tipe penggerak roda yakni 4x2 dan 4x4. Sayangnya, untuk tipe 4x4 sejauh ini masih dalam penjajakan pasar. Alasannya, tarif bea masuk mobil 4x4 mencapai 45%.
Untuk sementara ini, SX4 X-Over yang berlabel harga di kisaran Rp150 jutaan, akan melenggang sendirian tanpa pesaing.
Apakah SX4 mampu membuktikan slogan Cross The Limit yang diusungnya dalam menembus batas selera konsumen yang cenderung menyukai model MPV? Pasar jugalah yang akan menentukan. ([email protected])
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Menurut :
http://www.rmk.co.id/vitara_spec.html
Spec J20A, rasio kompresi 10.5 : 1
Jika pakai premium (bukan pertamax) ndak ngelitik, hebat aja tuh....
Untuk pake premium mungkin kudu pasang broquet (tablet+tabung=3.25 jeti) + magnet Hi-Gaussian + kabel busi sport + busi sport + cyclone blade after filter + baru OK yah...
Ada yang tau alternatif lain untuk ningkatin performa putaran bawah sekaligus memperirit BBM ( maunya.. hehehe ) ?
Biasanya untuk meningkatkan performa alternatif pertama adalah porting dan poles manifold, tp
intake manifold GV uda pake resin, jadi efek turbulensi kulit jeruk (seperti yang ada di intake logam) uda berkurang, thus option porting+poles tidak berlaku lagi.
Setahuku baru kali ini ada intake manifold pake resin, kalau radiator emang dari dulu uda ada
rgds
http://www.rmk.co.id/vitara_spec.html
Spec J20A, rasio kompresi 10.5 : 1
Jika pakai premium (bukan pertamax) ndak ngelitik, hebat aja tuh....
Untuk pake premium mungkin kudu pasang broquet (tablet+tabung=3.25 jeti) + magnet Hi-Gaussian + kabel busi sport + busi sport + cyclone blade after filter + baru OK yah...
Ada yang tau alternatif lain untuk ningkatin performa putaran bawah sekaligus memperirit BBM ( maunya.. hehehe ) ?
Biasanya untuk meningkatkan performa alternatif pertama adalah porting dan poles manifold, tp
intake manifold GV uda pake resin, jadi efek turbulensi kulit jeruk (seperti yang ada di intake logam) uda berkurang, thus option porting+poles tidak berlaku lagi.
Setahuku baru kali ini ada intake manifold pake resin, kalau radiator emang dari dulu uda ada
rgds
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Ini khan thread Grand Vitara, kalo SX4 mungkin lebih pas di terusin di thread yg INIid-grand-vitara wrote:Selingan berita, dari bisnis Indo
rgds
[email protected]
====================================
SX4 X-Over menantang batas
...............
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
- Location: Bontang, Kalimantan Timur
-
- SM Specialist
- Posts: 21991
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Cobain Methorel Octane Booster G2 aja pak, mesin ga usah dikasih macem2 spt. di daftar anda, cukup tuang MOB G2 ke tangki & rasakan bedanyaid-grand-vitara wrote:Untuk pake premium mungkin kudu pasang broquet (tablet+tabung=3.25 jeti) + magnet Hi-Gaussian + kabel busi sport + busi sport + cyclone blade after filter + baru OK yah...
Ada yang tau alternatif lain untuk ningkatin performa putaran bawah sekaligus memperirit BBM ( maunya.. hehehe ) ?