Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun Aug 04, 2013 15:41
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
1. Utk menyaring partikel2 kotoran dan sludge, water separator utk memisahkan air. Sulphur hanya bisa dihilangkan di kilang, tapi sebetulnya sulphur bukanlah musuh mesin, sulphur hanya musuh emission device spt EGR dan Cat Conv. So tutup aja EGR nya dan cabut CC nya, Beresss....
Om.. Kl tutup EGR CC nya ngk di copot ada efeknya ngk..?
tq newbi nanyak nih
Om.. Kl tutup EGR CC nya ngk di copot ada efeknya ngk..?
tq newbi nanyak nih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
........................
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Tue Sep 09, 2014 8:59
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Ikutan nimbrung yah.
Coba pakai pembersih injektor / carburator (Bensin) seperti PRIMO TURBOCARB atau TURBOJET (FOAMING) atau PRIMO DIESEL PURGE (Solar) untuk purging, khususnya mesin diesel commonrail, harus lebih sering purging daripada diesel biasa, apalagi kalo minumnya Solar Biasa, bukan DEX.
Lihat videonya, copy link ini : http://youtu.be/wY7OVNjHK7Q atau lihat :
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/ ... 73546543af
https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/ ... 5bec380589
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54A15AA6
Setelah itu, coba pakai PRIMO NITRO RACE (untuk mesin bensin) dan PRIMO NITRO DIESEL (untuk Solar), keduanya adalah aditif bahan bakar yang memiliki kemampuan berbagai fungsi dalam 1 botol kemasan seperti Octane/Cetane Bosster, bahkan Cetane Booster di NITRO DIESEL mencapai 8 angka jika dipakai 1botol 300 ml ke dalam tangki solar 60-70 liter. Produk ini membanti tingkat kebersihan terjaga terus dalam sistem bahan bakar, khususnya NITRO DIESEL untuk solar. Bahkan jika sudah memakai solar DEX pun dianjurkan tetap menambahkan NITRO DIESEL ini untuk performa lebih baik dan irit bbm. Jika sudah memakai NITRO DIESEL rutin, bahkan pengalaman beberapa pemakai diesel commonrail, mereka tidak lakukan purging lagi setelah bahkan melewati 30.000 km (anjuran purging bagi Diesel Common rail adalah setiap 5.000 sd 10.000 km)
Semoga turut membantu
Terima kasih.
Robert Lim
[email protected]
Coba pakai pembersih injektor / carburator (Bensin) seperti PRIMO TURBOCARB atau TURBOJET (FOAMING) atau PRIMO DIESEL PURGE (Solar) untuk purging, khususnya mesin diesel commonrail, harus lebih sering purging daripada diesel biasa, apalagi kalo minumnya Solar Biasa, bukan DEX.
Lihat videonya, copy link ini : http://youtu.be/wY7OVNjHK7Q atau lihat :
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/ ... 73546543af
https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/ ... 5bec380589
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54A15AA6
Setelah itu, coba pakai PRIMO NITRO RACE (untuk mesin bensin) dan PRIMO NITRO DIESEL (untuk Solar), keduanya adalah aditif bahan bakar yang memiliki kemampuan berbagai fungsi dalam 1 botol kemasan seperti Octane/Cetane Bosster, bahkan Cetane Booster di NITRO DIESEL mencapai 8 angka jika dipakai 1botol 300 ml ke dalam tangki solar 60-70 liter. Produk ini membanti tingkat kebersihan terjaga terus dalam sistem bahan bakar, khususnya NITRO DIESEL untuk solar. Bahkan jika sudah memakai solar DEX pun dianjurkan tetap menambahkan NITRO DIESEL ini untuk performa lebih baik dan irit bbm. Jika sudah memakai NITRO DIESEL rutin, bahkan pengalaman beberapa pemakai diesel commonrail, mereka tidak lakukan purging lagi setelah bahkan melewati 30.000 km (anjuran purging bagi Diesel Common rail adalah setiap 5.000 sd 10.000 km)
Semoga turut membantu
Terima kasih.
Robert Lim
[email protected]
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Jun 05, 2014 7:00
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Kalo gw sih masih milih purging saja injektornya secara berkala pakai Liquimoly atau Primo, kadang kalo ga ada baru pilihan ke wurth. yang lain merk belum begirtu percaya. sesekali gw nambahin aditif dieselnya, kalo aditif solarnya skrg gw milih merk Primo diesel nitro itu.
Prinsipnya yang kalo gw denger dari banyak seminar2 tentang oli dan aditif, untuk khususnya mesin diesel, sepanjang solar ditingkatkan cetane, keep clean saluran dan sistem bahan bakar, dan rutine detergen aditif ditambahkan, maka pembakaran akan lebih sempurna, irit karena jumlah solar terbakar jadi energi lebih banyak volumenya, otomatis tarikan mesin juga mantap.
Prinsipnya yang kalo gw denger dari banyak seminar2 tentang oli dan aditif, untuk khususnya mesin diesel, sepanjang solar ditingkatkan cetane, keep clean saluran dan sistem bahan bakar, dan rutine detergen aditif ditambahkan, maka pembakaran akan lebih sempurna, irit karena jumlah solar terbakar jadi energi lebih banyak volumenya, otomatis tarikan mesin juga mantap.
-
- SM Specialist
- Posts: 21999
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
PERINGATAN
Trit ini adalah trit diskusi dan bukan kolom iklan baris
sekali lagi beriklan di trit diskusi maka akan cuti Posting !!
- Moderator -
Trit ini adalah trit diskusi dan bukan kolom iklan baris
sekali lagi beriklan di trit diskusi maka akan cuti Posting !!
- Moderator -
AUTOCAREMANIA wrote:Ikutan nimbrung yah.
Coba pakai pembersih injektor / carburator (Bensin) seperti PRIMO TURBOCARB atau TURBOJET (FOAMING) atau PRIMO DIESEL PURGE (Solar) untuk purging, khususnya mesin diesel commonrail, harus lebih sering purging daripada diesel biasa, apalagi kalo minumnya Solar Biasa, bukan DEX.
Lihat videonya, copy link ini : http://youtu.be/wY7OVNjHK7Q atau lihat :
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/ ... 73546543af
https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/ ... 5bec380589
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54A15AA6
Setelah itu, coba pakai PRIMO NITRO RACE (untuk mesin bensin) dan PRIMO NITRO DIESEL (untuk Solar), keduanya adalah aditif bahan bakar yang memiliki kemampuan berbagai fungsi dalam 1 botol kemasan seperti Octane/Cetane Bosster, bahkan Cetane Booster di NITRO DIESEL mencapai 8 angka jika dipakai 1botol 300 ml ke dalam tangki solar 60-70 liter. Produk ini membanti tingkat kebersihan terjaga terus dalam sistem bahan bakar, khususnya NITRO DIESEL untuk solar. Bahkan jika sudah memakai solar DEX pun dianjurkan tetap menambahkan NITRO DIESEL ini untuk performa lebih baik dan irit bbm. Jika sudah memakai NITRO DIESEL rutin, bahkan pengalaman beberapa pemakai diesel commonrail, mereka tidak lakukan purging lagi setelah bahkan melewati 30.000 km (anjuran purging bagi Diesel Common rail adalah setiap 5.000 sd 10.000 km)
Semoga turut membantu
Terima kasih.
Robert Lim
[email protected]
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
wuikksss anjuran purging tiap 5000-10000kmTurboman wrote:PERINGATAN
Trit ini adalah trit diskusi dan bukan kolom iklan baris
sekali lagi beriklan di trit diskusi maka akan cuti Posting !!
- Moderator -
AUTOCAREMANIA wrote:Ikutan nimbrung yah.
Coba pakai pembersih injektor / carburator (Bensin) seperti PRIMO TURBOCARB atau TURBOJET (FOAMING) atau PRIMO DIESEL PURGE (Solar) untuk purging, khususnya mesin diesel commonrail, harus lebih sering purging daripada diesel biasa, apalagi kalo minumnya Solar Biasa, bukan DEX.
Lihat videonya, copy link ini : http://youtu.be/wY7OVNjHK7Q atau lihat :
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/ ... 73546543af
https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/ ... 5bec380589
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54A15AA6
Setelah itu, coba pakai PRIMO NITRO RACE (untuk mesin bensin) dan PRIMO NITRO DIESEL (untuk Solar), keduanya adalah aditif bahan bakar yang memiliki kemampuan berbagai fungsi dalam 1 botol kemasan seperti Octane/Cetane Bosster, bahkan Cetane Booster di NITRO DIESEL mencapai 8 angka jika dipakai 1botol 300 ml ke dalam tangki solar 60-70 liter. Produk ini membanti tingkat kebersihan terjaga terus dalam sistem bahan bakar, khususnya NITRO DIESEL untuk solar. Bahkan jika sudah memakai solar DEX pun dianjurkan tetap menambahkan NITRO DIESEL ini untuk performa lebih baik dan irit bbm. Jika sudah memakai NITRO DIESEL rutin, bahkan pengalaman beberapa pemakai diesel commonrail, mereka tidak lakukan purging lagi setelah bahkan melewati 30.000 km (anjuran purging bagi Diesel Common rail adalah setiap 5.000 sd 10.000 km)
Semoga turut membantu
Terima kasih.
Robert Lim
[email protected]
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- SM Specialist
- Posts: 21999
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Purging tiap 5000 Km sih alamat bisa hancur tuh Fuel Injection system
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
hmmm..kalo gitu hmmm..jgn di purging juga mampet ya om..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Thu Jul 03, 2014 3:23
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Captiva diesel gw emang gw purging setiap 5000 km krn pernah dengar dari orang chevrolet common rail hrs lbh rajin bersihin injektor minimum 2x atau lebih sering dari diesel biasa, dan sdh berjalan 3 tahun gpp tuh, mungkin krn gw jarang pake, jadi bisa 5 bulan baru nyampe 5000 km, trus pake solar biasa bukan dex jadi cepet kotor. Berasa tarikannya jauh lbh enteng daripada ga dituneup obat sihTurboman wrote:Purging tiap 5000 Km sih alamat bisa hancur tuh Fuel Injection system
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Fri Jan 16, 2015 8:54
- Location: bandung
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
cara paling ampuh yah cara nyetir.metanol wrote:Setelah harga BBM naik hampir 100% dari harga sebelumnya, maka mau tidak mau saya sebagai pengguna kendaraan bermotor berfikir untuk meningkatkan efisiensi (penghematan) mesin.
Selain dengan menerapkan cara mengemudi yang baik dan efisien, cara lain adalah menambah alat tambahan untuk menghemat dan menambah efisiensi mesin.
Pada mesin diesel, salah satunya adalah pemanas solar. Alat tambahan ini cara kerjanya adalah memanaskan solar sebelum masuk ke injektor.
Alatnya berupa tabung logam dimana di dalamnya ada pipa aliran solar dan pipa aliran air radiator. Prinsip kerjanya, solar yang masuk ke tabung pemanas ini akan dipanaskan suhunya oleh aliran air panas radiator. Sehingga katanya si penjual/produsen dengan solar yang suhunya tinggi itu akan membantu proses pembakaran dan meningkatkan efisiensi dan juga performance mesin diesel.
Dengan cara kerja seperti itu alat ini tidak membutuhkan energi listrik untuk pemanasannya, dengan memanfaatkan panas air radiator, sehingga tidak mengganggu sistem kelistrikan atau fungsi mesin lainnya.
Nah yang menjadi pertanyaan saya,
1. Apakah dengan alat pemanas ini efisiensi dan akselerasi mesin diesel meningkat signifikan?
Mungkin ada dari forumers SM ini yang pakar-pakar di bidangnya otomotif bisa memberikan pendapat dan analisanya?
Bagi yang pernah menggunakan alat ini kira-kira berapa penghematan konsumsi solar dibanding sebelum memakai alat ini?
2. Harga dari pemanas solar ini berkisar antara 500rb-1jt rupiah, mahal memang jika dilihat dari konstruksi alat ini yang sederhana. Mungkin ada netters yang tahu berapa harga alat ini di pasaran atau ada yang sudah membeli dan memakainya?
3. Apakah ada cara atau alat tambahan lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan performance mesin diesel ?
Terimakasih atas masukan, saran, informasi, dan pengalamannya.
setelah itu kesehatan mesin, tekanan angin ban dll.
kalo mau nambah biaya yah oil additive dan fuel additive.
IMHO.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Kalau mau disel lebih irit dan nambah tenaga, beli saja subwoofer rusak di pasar loak. ambil magnetnya, lalu carikan tempat yang cocok dimana selang solar lewat didekatnya.
setelah itu, kalau menurut saudara ipar, tarikan disel serasa mesin bensin. waktu dijual, harga juga jadi sangat tinggi.
biaya tergantung kemampuan nawar....
setelah itu, kalau menurut saudara ipar, tarikan disel serasa mesin bensin. waktu dijual, harga juga jadi sangat tinggi.
biaya tergantung kemampuan nawar....
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jun 18, 2014 2:41
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
kalo ane skrg rajin purging injektor diesel sendiri setiap 10 ribu km, terakhir terasa lebih bagus pake obat Primo Diesel Purge, belinya online di lazada. Mudal ga pake ribet hehe....
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jun 18, 2014 2:41
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Selama ini ane purging sekitar tiap 6.000 km, kadang paling lama s/d 10.000 untuk Pajero Diesel.gerokio wrote:Captiva diesel gw emang gw purging setiap 5000 km krn pernah dengar dari orang chevrolet common rail hrs lbh rajin bersihin injektor minimum 2x atau lebih sering dari diesel biasa, dan sdh berjalan 3 tahun gpp tuh, mungkin krn gw jarang pake, jadi bisa 5 bulan baru nyampe 5000 km, trus pake solar biasa bukan dex jadi cepet kotor. Berasa tarikannya jauh lbh enteng daripada ga dituneup obat sihTurboman wrote:Purging tiap 5000 Km sih alamat bisa hancur tuh Fuel Injection system
Nurut ane, obat purging ga bisa rusak injektor didalam mesin yang tahan banting, krn emang sdh didesign tahan bakar, tahan kimia sulfur dari solar.
Walau purging tiap 6.000 km saja, keliatan waktu purging, kotor banget cairan hasil keluarannya, artinya emang perlu kan dipurging sering apalagi buat commonrail.
Kalo itung biaya, ga mahal dibanding hrs isi solar dex .
-
- SM Specialist
- Posts: 21999
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Purging 6000 Km keluarnya udah kotor ? Biasa isi solar dimana om ?staniakrusnov wrote:
Selama ini ane purging sekitar tiap 6.000 km, kadang paling lama s/d 10.000 untuk Pajero Diesel.
Nurut ane, obat purging ga bisa rusak injektor didalam mesin yang tahan banting, krn emang sdh didesign tahan bakar, tahan kimia sulfur dari solar.
Walau purging tiap 6.000 km saja, keliatan waktu purging, kotor banget cairan hasil keluarannya, artinya emang perlu kan dipurging sering apalagi buat commonrail.
Kalo itung biaya, ga mahal dibanding hrs isi solar dex .
Saya purging selang 20.000 Km sisa cairannya masih bening. BBM juga mostly Biosolar full + racun.
kalo purging interval cepet better pilih obat purging yg ada daya lumasnya,
saya pernah test purging dgn obat di bawah :
Krn ngeliat dari MSDS nya isinya 70 - 80% Diesel Fuel high grade, ane coba en mesin idup & idle bagus spt halnya purging pake Liq Moly DP
si Cyclo ini kalo dipegang cairannya licin, kalo LMDP keset
cuman daya pembersihannya sedikit di bawah LMDP, tapi harga lebih murah
*bukan seles siklo*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jun 18, 2014 2:41
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Purging 6000 Km keluarnya udah kotor ? Biasa isi solar dimana om ?Turboman wrote:staniakrusnov wrote:
Selama ini ane purging sekitar tiap 6.000 km, kadang paling lama s/d 10.000 untuk Pajero Diesel.
Nurut ane, obat purging ga bisa rusak injektor didalam mesin yang tahan banting, krn emang sdh didesign tahan bakar, tahan kimia sulfur dari solar.
Walau purging tiap 6.000 km saja, keliatan waktu purging, kotor banget cairan hasil keluarannya, artinya emang perlu kan dipurging sering apalagi buat commonrail.
Kalo itung biaya, ga mahal dibanding hrs isi solar dex .
Saya purging selang 20.000 Km sisa cairannya masih bening. BBM juga mostly Biosolar full + racun.
---------------------------
Sepertinya bukan masalah solar yang saya isi lebih kotor ya....Tapi obat pembersihnya itu kali yang benar2 bersihinnya mantap om, jadi selang keluarnya keliatan kotorannya bener dilarutkan sehingga warnanya kotor gelap.
Kalo obat yg dipake ga mampu bersihin, keluarnya pasti bening trus karena kotoran ga keangkat dan sebaliknya.
Ane dulu pake liquimoly tapi skrg pake Primo diesel purging, ikutin anjuran org bengkel aja, emang lebih bersih yg Primo om (bukan promosi ya), ane beli di toda racing, tapi minta org bengkel upah bersihin, skrg sdh bisa bersihin sendiri jd beli di lazada online.
Itu cyclo bukan obat purging om, tapi campuran bbm kyknya kalo saya baca....jadi dipakenya tuang ke tangki bbm. Nanti mau coba juga...di toda racing ada kali ya. Thx
-
- SM Specialist
- Posts: 21999
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
Wah kalo obat purgingnya keras sih berarti interval purgingnya bisa dipanjangin, kalau kelewat sering berisiko thd jeroan pompa injeksistaniakrusnov wrote: Sepertinya bukan masalah solar yang saya isi lebih kotor ya....Tapi obat pembersihnya itu kali yang benar2 bersihinnya mantap om, jadi selang keluarnya keliatan kotorannya bener dilarutkan sehingga warnanya kotor gelap.
Kalo obat yg dipake ga mampu bersihin, keluarnya pasti bening trus karena kotoran ga keangkat dan sebaliknya.
Ane dulu pake liquimoly tapi skrg pake Primo diesel purging, ikutin anjuran org bengkel aja, emang lebih bersih yg Primo om (bukan promosi ya), ane beli di toda racing, tapi minta org bengkel upah bersihin, skrg sdh bisa bersihin sendiri jd beli di lazada online.
Itu cyclo bukan obat purging om, tapi campuran bbm kyknya kalo saya baca....jadi dipakenya tuang ke tangki bbm. Nanti mau coba juga...di toda racing ada kali ya. Thx
Saya juga ada nyimpen Purging-nya Primo, belum saya pakai, nanti tunggu 4000 Km lagi rencana mau dicoba
Cyclo iya itu sebetulnya campuran ke solar, tapi dari penerawangan MSDS nya yg spt itu ya ane berani test buat purging en just fine
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
- Location: Kodya Tangerang
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn a
gnki d4d ane kalo purging antara 20-30rb km pake LMDP 500cc, fuel return nya masih bersih.
bbm selalu pake bio solar+additive/olie 2t
LMDP ane beli di tempat cuci mobil d' auto jl. ks tubun tangerang idr 140rb (des/14)
bbm selalu pake bio solar+additive/olie 2t
LMDP ane beli di tempat cuci mobil d' auto jl. ks tubun tangerang idr 140rb (des/14)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jun 18, 2014 2:41
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
Jika sesudah 20.000 s/d 30.000 km , fuel returnnya masih bersih? Menurut diskusi dgn Technical Manager Astra ketauan produk pembersihnya ga bekerja bagus om. Apalagi jika pakai solar "busuk" harusnya kotor sekali.
Nih buktinya sesuai saran Om Turboman, gw coba tuh pake Cycle Diesel Injector Cleaner (sebenarnya untuk campuran ke tangki solar) tapi untuk percobaan gw pake ini untuk gantikan Diesel Purge, eh......emang fuel returnnya bersih, seperti Oom Turboman sampaikan.....lalu langsung gw ganti ke pembersih yang bener2 untuk PURGING....yaitu yg gw pake terakhir ini Primo Diesel Purge (sorri bukan sales primo ini yah) ....nah sekarang fuel returnnya langsung keluar kotor sekali padahal baru 8.500 an KM....nah baru ketauan bahwa emang Diesel Purge yang benar bekerja bagus baru fuel returnnya bisa kotor, jika bersih, jelas ga bagus atau ga cocok pembersihnya....dan kotoran masih lekat di sistem ruang bakarnya.
Nurut technisi bengkelnya emang Diesel Purge yang benar (pas waktu itu dia pakai Primo Diesel Purge) punya zat khusus konsentrat yang bisa membersihkan instant, beda dengan campuran fuel aditif yg bekerjanya bercampur dengan solar harusnya.
Nah makanya gw yakin sekali jika pake solar "busuk" sdh diatas 5.000 km pasti kotor...dan jangan kelamaan bersihinnya (maximum sih u common rail 10.000 km deh sesuai bisikan tehnisi) karena boros bbm dan bisa rusak injector systemnya khususnya Common Rail yang emang untungnya di Indonesia sdh diperbesar lubang semburannya, jika tidak bakalan ga bisa pake solar "busuk"....langsung cepat rusak.
*Bukan orang bengkel atau penjual aditif ya, hanya pemakai yg sharing....dan lagi pas dgn aditif tertentu saja ...lagian gw beli di Toda Racing juga dan kadang di Lazada!!!
Nih buktinya sesuai saran Om Turboman, gw coba tuh pake Cycle Diesel Injector Cleaner (sebenarnya untuk campuran ke tangki solar) tapi untuk percobaan gw pake ini untuk gantikan Diesel Purge, eh......emang fuel returnnya bersih, seperti Oom Turboman sampaikan.....lalu langsung gw ganti ke pembersih yang bener2 untuk PURGING....yaitu yg gw pake terakhir ini Primo Diesel Purge (sorri bukan sales primo ini yah) ....nah sekarang fuel returnnya langsung keluar kotor sekali padahal baru 8.500 an KM....nah baru ketauan bahwa emang Diesel Purge yang benar bekerja bagus baru fuel returnnya bisa kotor, jika bersih, jelas ga bagus atau ga cocok pembersihnya....dan kotoran masih lekat di sistem ruang bakarnya.
Nurut technisi bengkelnya emang Diesel Purge yang benar (pas waktu itu dia pakai Primo Diesel Purge) punya zat khusus konsentrat yang bisa membersihkan instant, beda dengan campuran fuel aditif yg bekerjanya bercampur dengan solar harusnya.
Nah makanya gw yakin sekali jika pake solar "busuk" sdh diatas 5.000 km pasti kotor...dan jangan kelamaan bersihinnya (maximum sih u common rail 10.000 km deh sesuai bisikan tehnisi) karena boros bbm dan bisa rusak injector systemnya khususnya Common Rail yang emang untungnya di Indonesia sdh diperbesar lubang semburannya, jika tidak bakalan ga bisa pake solar "busuk"....langsung cepat rusak.
*Bukan orang bengkel atau penjual aditif ya, hanya pemakai yg sharing....dan lagi pas dgn aditif tertentu saja ...lagian gw beli di Toda Racing juga dan kadang di Lazada!!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sat Mar 21, 2015 15:59
- Location: Jakarta Barat
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
Merk PRIMO Nitro campuran bbm bagus yah....., emang mulai sering lihat temen2 pada bilang bagus produknya.
Kalo diesel, papa gw skrg lagi rajin2nya purging sendiri....bagus nih info2 ini berguna buat gw beritahu dia.
Thx...ane new bi....
Desi
Kalo diesel, papa gw skrg lagi rajin2nya purging sendiri....bagus nih info2 ini berguna buat gw beritahu dia.
Thx...ane new bi....
Desi
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Jun 30, 2014 13:35
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
Kalo saran tehnisi toyota sih emang harus sering dipurging diesel commonrail ya....bahaya mapet, rusak krn katanya walau commonrail di indonesia, setelan nya walau sudah digedein lubang semburnya untuk dapat adopsi solar biasa, tetep kecil sehingga harus rajin purging.
Waktu dipurging, kalo ga salah pake primo diesel purge gitu, emang beda tarikannya jadi ringan gitu.....
jadi bener2 percaya deh gw emang harus dipurging supaya efisiensi dan unjuk kerja mesin diesel jadi prima kembali.
Waktu dipurging, kalo ga salah pake primo diesel purge gitu, emang beda tarikannya jadi ringan gitu.....
jadi bener2 percaya deh gw emang harus dipurging supaya efisiensi dan unjuk kerja mesin diesel jadi prima kembali.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
Ah purging mah 20 000km kali.5000 mah keseringan om
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
ya gapapa..........nugroho bagor wrote:Ah purging mah 20 000km kali.5000 mah keseringan om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
Hansen wrote:ya gapapa..........nugroho bagor wrote:Ah purging mah 20 000km kali.5000 mah keseringan om
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
nugroho bagor wrote:Hansen wrote:ya gapapa..........nugroho bagor wrote:Ah purging mah 20 000km kali.5000 mah keseringan om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Meningkatkan efisiensi dan unjukkerja mesin diesel dgn alat
sbelumnya isi solar terpaksa habis yg dex...bbrp x pakai waktu di hidupkan mau jalan ada asap dr knalpot...sejak pake bio solar tarikan kurang respon..penasaran seperti apa cairannya waktu kembali isi dex..parah bio solar...
lupa tar mau saya beli aditif redline saya tetesin atau tuang 1 botol jd bening gak..
lupa tar mau saya beli aditif redline saya tetesin atau tuang 1 botol jd bening gak..