Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by DOHC »

wuihh om haris banyak info2 nehh ttg penerbangan...

tlg di share d marih donk om... penasaran jg ane...

apalagi soal SQ dan jetstar... ane ckup sering pake tuh 2 maskapai utk kl pergi ke rute singapore atau perth soalnya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Bbrp tahun yg lalu pernah naik Jetstar SIN - KUL.....interior a320 nya udah kayak Taxi biru tahun lama......
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

Bbrp tahun yg lalu pernah naik Jetstar SIN - KUL.....interior a320 nya udah kayak Taxi biru tahun lama......
hehehe...tipikal pesawat perusahaan Singapore (rata2)...begitu serah terima dari pabrik..langsung disuruh kerja rodi habis2an sampe rontok...

Image

Jetstar Asia Fleet Age (Singapore)
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by evolution21 »

Makin bingung aja ni mo pergi mo naik pesawat apa
Kalo luat dr track record aja yg ga pernah kejadian misal seperti korean air, japan air, brittish air
tp itu semua jarang melayani rute2 sekifar indo

Any idea?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

evolution21 wrote:Makin bingung aja ni mo pergi mo naik pesawat apa
Kalo luat dr track record aja yg ga pernah kejadian misal seperti korean air, japan air, brittish air
tp itu semua jarang melayani rute2 sekifar indo

Any idea?
yang mana aja oom... soal nyawa tinggal berserah ama Yang di Atas.... :e-pray:

maskapai dengan track record bagus pun belom tentu aman dari bencana koq oom... AirAsia ntu contohnya, sepanjang perjalanannya nggak pernah ada accident, QZ8501 merupakan accident pertama mereka.

wa rasa kalau mau maskapai Indo yang bener-bener reliable sih masih Garuda yah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

evolution21 wrote:Makin bingung aja ni mo pergi mo naik pesawat apa
Kalo luat dr track record aja yg ga pernah kejadian misal seperti korean air, japan air, brittish air
tp itu semua jarang melayani rute2 sekifar indo

Any idea?
kalau saya sih bedakan antara maskapai yg Full Service VS yg LCC aja dah

Jika melihat dari pemakaian pesawatnya, LCC itu udah ibarat Taxi atau PO Bus, sebisa mungkin pesawat lebih banyak terbang daripada diem.....logikanya ya fatigue komponen2-nya yaa........

Sy gak bilang LCC bahaya ya, semua juga tergantung maintenance / Policy management Persh & operational

SQ juga policy-nya pesawat diupayakan terbang sebanyak mungkin, perawatan sih OK utk pesawat baru atau yg masih lama dipakainya.......tapi coba naekkin pesawatnya SQ yg udah berumur / yg sebentar lagi mau "dibuang".......perhatikan deh
:big_biglaugh:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by mylandy »

Turboman wrote:
Ratingnya itu aneh ah

http://www.airlineratings.com/ratings/3 ... ia-airways

Transasia rating di atas GA, tapi rekor keselamatan / kecelakaan dlm 10 tahun terakhir ??

Jetstar pesawat2 butut begitu rating juga tinggi ?

wah wah wah
Betul, Om, info ratingnya belum tentu menggambarkan kondisi sebenarnya.
Saya cek dua maskapai yang sampai sekarang masih rutin saya naiki yang ratingnya di situ lebih tinggi dari GA. Dalam sebuah penerbangan, pramugari maskapai (asing) tersebut--yang kebetulan cewek Indonesia--ditanya oleh supervisornya apakah pintu sudah ditutup dengan benar. Dijawab, sudah. Ketika ditanya lagi darimana dia tahu bahwa pintu sudah ditutup dengan benar, sang pramugari tidak bisa menjawab. :big_dunno:
Hadeeuhhh... langsung pray mode: ON. :big_think:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by octafiantos »

haristk7 wrote: hehehe...tipikal pesawat perusahaan Singapore (rata2)...begitu serah terima dari pabrik..langsung disuruh kerja rodi habis2an sampe rontok...

Image

Jetstar Asia Fleet Age (Singapore)
Bener dong.
Kan pesawat ga hasilin duit kalo di darat. Utilisasinya pentokin 6 jam doang istrahatnya :D

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by liat2aja »

gw masih gemeteran tiap lihat Youtube kecelakaan pesawat Transair/ATR. Kabarnya pilot, kopilot, dan teknisinya meninggal. Mereka dicap pahlawan karena sudah berusaha membawa pesawat ke posisi yg aman dari pemukiman, walaupun ya nyawa mereka yg hilang. Kabarnya mesin pesawat tersebut salah satunya rusak, tapi pilot "salah mematikan" engine sehingga engine yg masih berfungsi malah dimatikan. Sori lupa baca hal tsb dimana, jadi ga ada kutipan.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Germanwings Airbus crashes in French Alps, 150 dead

Image

Image

sumber : twitter om Gerry S
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

Tadi baca berita itu sambil nunggu flight SRG-SUB... sesuatu banget :e-wall:

Deep condolences buat para korban....

Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.

Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu... :e-think: setau ane checklistnya cukup lama biasanya , Jumat lalu pakai Sriwijaya B737-500 prasaan cukup lama dari mendarat sampe pilotnya menyatakan siap jalan lalu baru penumpang boleh masuk... ini bentar banget. Anyone can explain?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Post by DOHC »

Itu biasa kayanya mods kl utk rute2 yg ga tralu rame... ane d sulawesi jg kdg kaya gt... bahkan utk sekelas lion aj bsa kya gt utk flight plg pagi nya... cgk-plw paling awal jem 5 dini hari... pnumpang turun plg cuman 10- 15 menit.. palagi lcc.. ibaratnya kaya abis naek angkot aj

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by andrijet »

ChZ wrote:Tadi baca berita itu sambil nunggu flight SRG-SUB... sesuatu banget :e-wall:

Deep condolences buat para korban....

Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.

Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu... :e-think: setau ane checklistnya cukup lama biasanya , Jumat lalu pakai Sriwijaya B737-500 prasaan cukup lama dari mendarat sampe pilotnya menyatakan siap jalan lalu baru penumpang boleh masuk... ini bentar banget. Anyone can explain?
Sebabnya:
- Gak shutting down engine, engine kanan tetep nyala, checklist gak harus dimulai dari awal, istilah resminya Short Transit.
- Prosedur checklist ATR itu 'do then read', jadi beberapa checklist memang dilakukan setelah dikerjakan (kyk Taxi Checklist, Before Takeoff Checklist, dll)
- Yang agak lama itu Take Off Briefing, tapi pilotnya bisa ngakalin melakukan briefing saat waktu lenggang sebelumnya.
Baca dan melakukan Checklist gak selama yang dibayangkan kok..
:mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by kunaskun »

itu vertical speed kaya roller coaster :big_cry:

serem banget dalam 2 menit naik turun 4x ga kira2 sekali descent 2000 kaki, nanjak lagi 2000 kaki, :big_cry:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by NYoman »

ChZ wrote:Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.

Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu... :e-think: setau ane checklistnya cukup lama biasanya , Jumat lalu pakai Sriwijaya B737-500 prasaan cukup lama dari mendarat sampe pilotnya menyatakan siap jalan lalu baru penumpang boleh masuk... ini bentar banget. Anyone can explain?
Semakin kecil pesawatnya checklist semakin sedikit, perangkat yg di check juga gak sebanyak di pesawat kelas 737.. Lagian yg lama itu kalau memang di mulai dari engine mati alias coldstart, sambungin satnav dan read data itu bisa sampai 20 menit sendiri.. Kalau SMG-SUB sih nyantai, itu cuma transit isi bbm cek hal lain nya.. Pilot sepertinya juga msh didalam pesawat jd istilahnya udh gak perlu babibu alias lgsg brkt juga bisa..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by andrijet »

NYoman wrote:
ChZ wrote:Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.

Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu... :e-think: setau ane checklistnya cukup lama biasanya , Jumat lalu pakai Sriwijaya B737-500 prasaan cukup lama dari mendarat sampe pilotnya menyatakan siap jalan lalu baru penumpang boleh masuk... ini bentar banget. Anyone can explain?
Semakin kecil pesawatnya checklist semakin sedikit, perangkat yg di check juga gak sebanyak di pesawat kelas 737.. Lagian yg lama itu kalau memang di mulai dari engine mati alias coldstart, sambungin satnav dan read data itu bisa sampai 20 menit sendiri.. Kalau SMG-SUB sih nyantai, itu cuma transit isi bbm cek hal lain nya.. Pilot sepertinya juga msh didalam pesawat jd istilahnya udh gak perlu babibu alias lgsg brkt juga bisa..
Mmm..
Nganu om..
Kl sampe refuel rasanya Engine #2 udah pasti mati ya..
Jd itungannya start dari awal lagi, bukan Short Transit with Prop Brake engage.

Maksudnya SRG (Semarang) - SUB (Surabaya) kah..?
Kl SMG kejauhan om di Santa Maria, hehehe..

AFAIK, ATR72-600 itu checklist ada di dalem FMCnya.
Jadi gak mungkin di-skip pilot kl mau ke prosedur selanjutnya.
CMIIW
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by andrijet »

kunaskun wrote:itu vertical speed kaya roller coaster :big_cry:

serem banget dalam 2 menit naik turun 4x ga kira2 sekali descent 2000 kaki, nanjak lagi 2000 kaki, :big_cry:
Itu grafik perubahan Vertical Speed Indicator, om.
Bukan grafik perubahan Altitude (ketinggian).
Jadi pesawatnya gak naik turun kayak rollercoaster.
Melainkan terus turun dengan kecepatan vertikal yang gak stabil antara 2.000 kaki/menit sampai 5.500 kaki/menit.
Kecepatan turun vertikal pada penerbangan normal berkisar 1.000 sampai 2.000 kaki/menit.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

Ahh begitu yah... ane kirain saking mau kejar setoran jadi periksanya cepet cepetan.

:e-wall: my bad.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by kunaskun »

andrijet wrote:
kunaskun wrote:itu vertical speed kaya roller coaster :big_cry:

serem banget dalam 2 menit naik turun 4x ga kira2 sekali descent 2000 kaki, nanjak lagi 2000 kaki, :big_cry:
Itu grafik perubahan Vertical Speed Indicator, om.
Bukan grafik perubahan Altitude (ketinggian).
Jadi pesawatnya gak naik turun kayak rollercoaster.
Melainkan terus turun dengan kecepatan vertikal yang gak stabil antara 2.000 kaki/menit sampai 5.500 kaki/menit.
Kecepatan turun vertikal pada penerbangan normal berkisar 1.000 sampai 2.000 kaki/menit.
ohhh salah duga saya :big_childish: tapi tetep serem ya... kebayangnya 2-3x lebih cepet dari pas mau landing gitu kali ya? :big_cry:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

Kalo checklist udah kelar dan cabin ready gak masalah kok untuk early boarding..common practice..

refuel juga bisa pas engine nyala, istilahnya "hot refuel"..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by VanzMatic »

Hot.... [emoji177] [emoji177]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Lama2 kok rasanya jadi waswas kalo mau naek A320

:ungg:

*without Boeing I'm not Going*
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

tenang aja om turbo, accident rate nya belom ada yang bisa mengalahkan MD11 kok..A320 masih dibawah angka 1 koma..

MD11 ada di 3.78 per sejuta keberangkatan (2.1 dengan fatalities, terbanyak untuk modern widebody) (source: Boeing & Lufthansa Cargo Flight Safety Department)..udah gitu total produksi nya juga gak sebanyak DC10..populasi dikit tapi banyak accident..

:mky_03:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by andrijet »

Turboman wrote:Lama2 kok rasanya jadi waswas kalo mau naek A320

:ungg:

*without Boeing I'm not Going*
Wajar, hehehe..
Selama belum ada rilis Accident Report Airasia dan Germanwings, emang wajar agak was-was.
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by grandis_GT »

Kalo gak salah pesawatnya ini buatan tahun 90 yg berarti udah 25 tahun , pernah baca" di forum if , batas umur pakai pesawat yg di sarankan hanya 25 tahun , berarti seharusnya ini pesawat udah di phase out/grounded , benarkan om harist atau om turbo ? :mky_01: