Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

as subject

Khusus utk peminat aviasi / dunia penerbangan

Rule :
Utk pembahasan mengenai air accident harap hindari posting2 dgn asumsi tak berdasar, juga sebaiknya tidak menulis suatu kesimpulan sebelum adanya report resmi dari KNKT / NTSB

Yuk monggo.........
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Terlepas dari soal QZ 8501, semalam ane iseng2 liat yutub dan ada yg menarik


Air france 447, Kasus Pitot tube (speed sensor) yg beku krn cuaca jelek yg sgt dingin di atas


A 320 punyanya Air new zealand (XL airways) yg KO gara2 angle of attack sensor kemasukan air dan beku saat di ketinggian
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by evolution21 »

mau tanya antara maskapai mahal dan murah
apakah ada perbedaan dari segi keselamatan, pengecekan, kualitas pilot dll?
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by octafiantos »

evolution21 wrote:mau tanya antara maskapai mahal dan murah
apakah ada perbedaan dari segi keselamatan, pengecekan, kualitas pilot dll?
Seharusnya tidak.
Low cost carrier memotong layanan yang disediakan full service airline semisal meal, food and beverages dan sejenisnya. Selain itu memotong layanan counter seperti kertas tiket, menggunakan kode booking digital diganti dengan menyediakan seluruh layanan di web. Dan Air Asia Group memilili safety record sangat baik, baik grup short haul seperti Indonesia Air Asia, Malaysia Air Asia maupun layanan long haul seperti Air Asia X. Juga memiliki tingkat ketepatan waktu sangat baik. Dan jangan lupa, pendapatan maskapai tidak hanya dari pax, kalo hanya mengandalkan ini maskapai untungnya bisa jadi kurang tebal. Pendapatan lebih tebal biasanya justru ada di perut kapal, kargo. Mau seat separo isi asal perut penuh maskapai bisa bertahan, cmiiw.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by djia »

ngeri tiap lihat edisi air crash investigation. apalagi kalo pas besok / lusanya naik pesawat, jadi parno :frm_bang_head:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Salvanost »

yg bikin bingung itu kenapa ga bisa dilacak?
kalau seperti itu mungkin perlu ada satu alat bantu,
di lepaskan secara terpisah pas pesawat kondisi darurat
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by artoodetoo »

Alat pelacak (mungkin lebih tepat akat untuk dilacak) itu khan sudah ada di setiap pesawat modern, ada ELT dan apa itu lupa, belum lagi black box yg malah berwarna oranye.
Harusnya bila terjadi benturan keras, ada yg langsung menyala.
Nah, di kasus QZ8501 ini tidak ada yg menyala.
CMIIW
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by madcat015 »

artoodetoo wrote:Alat pelacak (mungkin lebih tepat akat untuk dilacak) itu khan sudah ada di setiap pesawat modern, ada ELT dan apa itu lupa, belum lagi black box yg malah berwarna oranye.
Harusnya bila terjadi benturan keras, ada yg langsung menyala.
Nah, di kasus QZ8501 ini tidak ada yg menyala.
CMIIW
Nah, berarti ada yang aneh dengan kasus QZ8501 ini... impact di air pun seharusnya sudah membuat ELT dan black box menyalak keras di frekuensi darurat...

Sesuatu yang sangat aneh mengapa obyek segede gaban bisa hilang dari radar begitu saja tanpa jejak, it must be the... *hpppmmhghhhhpppffff...* *dibekep capt haristk* :big_slap:


......................... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by amfibi »

Sssst lagi kemalangan begini kok becanda alien alienan...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

amfibi wrote:Sssst lagi kemalangan begini kok becanda alien alienan...
ya karena hilangnya MH-370 dan QZ-8501 sebenernya peristiwa yang bisa disebut "aneh" sih... kalo bahasanya Jeremy Clarkson : sorcery.

kalo bahasanya modcat : aliens :ngacir:

kalo dibilang crash, ELT nggak nyala... what kind of sorcery is this? :shrug:

gw juga prihatin kali... banyak temen temen mahasiswa Petra yang juga disana masih belom ketauan nasibnya.... salah satunya temen deketnya temen gw....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by amfibi »

Turboman wrote:as subject

Khusus utk peminat aviasi / dunia penerbangan

Rule :
Utk pembahasan mengenai air accident harap hindari posting2 dgn asumsi tak berdasar, juga sebaiknya tidak menulis suatu kesimpulan sebelum adanya report resmi dari KNKT / NTSB

Yuk monggo.........
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ChZ »

yo wis... lanjutken diskusinya.... just intermezzo

back then... ini nggak khusus bahas accidentnya AirAsia aja kan?

MH-370 itu kabarnya cemana terakir?

*enaknya jadi mod bisa delete post* :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by newrubble »

byk findings dari independent aircrash investigators yg justru tdk terlihat oleh ntsb ...utk itu sy cukup baca baca thread ini sj
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by walid_007 »

Mungkin di buat percobaan rudal jarak jauh



Ngarang mode ...

Lain kali min british air...
engine roaring!
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by htannis »

sebenarnya pesawat itu termasuk aman loh, coba di persentasekan, lebih besar kecelakaan mobil :mky_08:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by newrubble »

betul accident rate lbh tinggi land transport drpd air transport tapi lbh byk mana ...populasi mobil atau aircraft?
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by artoodetoo »

Saat saya tulis post ini, Virginia Atlantic VS43 putar balik ke bandara asal karena masalah landing gear.

Live update bisa dilihat di youtube https://www.youtube.com/watch?v=VYlQJbsVs48

Nampaknya pilot sudah mencoba mengeluarkan roda dengan bantuan gravitasi (semacam dijatuhkan gitu) tapi belum berhasil
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by artoodetoo »

Sudah mendarat dengan selamat.
Hebat pilotnya :big_exellent:

http://www.dailymail.co.uk/news/article ... fault.html
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by djia »

bagaimanapun pesawat komersial tetep dibutuhkan ya, apalagi di negara kepulauan macem indonesia.
kalo masih satu pulau sprti di jawa sih enak, kalo takut naik pesawat naik kereta aja juga masih nyaman n ga lama2 amat.
lah kalo dari surabaya ke banjarmasin ato balikpapan ga naik pesawat alternatifnya cuma naik ferry yang bisa berhari2 di laut campur baur dengan berbagai macam orang :e-wall:
apalagi jakarta - papua :ngacir:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Salvanost »

ya bayangin aja mh-370
udah habis duid berapa banyak?
udah telusurin tempat berapa puluh ribu km?
udah 8 bulan masih belum ketemu...
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by jar-jit-no »

djia wrote:bagaimanapun pesawat komersial tetep dibutuhkan ya, apalagi di negara kepulauan macem indonesia.
kalo masih satu pulau sprti di jawa sih enak, kalo takut naik pesawat naik kereta aja juga masih nyaman n ga lama2 amat.
lah kalo dari surabaya ke banjarmasin ato balikpapan ga naik pesawat alternatifnya cuma naik ferry yang bisa berhari2 di laut campur baur dengan berbagai macam orang :e-wall:
apalagi jakarta - papua :ngacir:
yoi oom...ane udah 6 tahun bolak balik surabaya-kalimantan sampe skrg blm pernah sekalipun naik kapal laut, karena ya itu td lebih hemat waktu..

dulu paling nyeremin pas tahun 2010 naik trigana air rute surabaya-pangkalanbun wkt masih pake boeing 737-200 yg udah uzur..wkt itu cuaca buruk bgt, sepanjang jalan cm ada awan abu2 yg kadang2 agak hitam..waktu mau mendarat trnyata hujan deras pake bgt..sempat beberapa kali approach mau mendarat tapi gagal trs..sempet jg "muter2" di semacem safe area yg cuacanya bagus, tapi waktu approach mendarat gagal lagi..saat approach terakhir yg akhirnya gagal juga, pesawat akhirnya naik full throttle di tengah cuaca buruk disertai suara mesin yg kenceng bgt & guncangan yg cukup serem, akhirnya diputuskan untuk mendarat sementara di banjarmasin sambil menunggu cuaca membaik
Setelah menunggu sekitar 1 jam di banjarmasin akhirnya terbang kembali ke pangkalanbun & bisa mendarat dengan mulus disertai tepuk tangan & luapan suara kelegaan dr para penumpang :big_okay:
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

jar-jit-no wrote: yoi oom...ane udah 6 tahun bolak balik surabaya-kalimantan sampe skrg blm pernah sekalipun naik kapal laut, karena ya itu td lebih hemat waktu..

dulu paling nyeremin pas tahun 2010 naik trigana air rute surabaya-pangkalanbun wkt masih pake boeing 737-200 yg udah uzur..wkt itu cuaca buruk bgt, sepanjang jalan cm ada awan abu2 yg kadang2 agak hitam..waktu mau mendarat trnyata hujan deras pake bgt..sempat beberapa kali approach mau mendarat tapi gagal trs..sempet jg "muter2" di semacem safe area yg cuacanya bagus, tapi waktu approach mendarat gagal lagi..saat approach terakhir yg akhirnya gagal juga, pesawat akhirnya naik full throttle di tengah cuaca buruk disertai suara mesin yg kenceng bgt & guncangan yg cukup serem, akhirnya diputuskan untuk mendarat sementara di banjarmasin sambil menunggu cuaca membaik
Setelah menunggu sekitar 1 jam di banjarmasin akhirnya terbang kembali ke pangkalanbun & bisa mendarat dengan mulus disertai tepuk tangan & luapan suara kelegaan dr para penumpang :big_okay:
Crosswind / windshear or yg lebih buruk = ada Microburst di sekitar bandara

Itu pilot-nya bagus berarti, dia ambil tindakan bijaksana
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Udah mulai ada tanda2

Mudah2-an segera ketemu dah si AXC
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

On Sunday, Indonesian aviation consultant Gerry Soejatman tweeted out a "leaked" picture of an air traffic control screen showing the QZ8501.

"Leaked photo of ATCscreen on #QZ8501, it ended up at 36300ft and climbing but ground speed only 353 knots! Uh oh!," he wrote on Twitter.

An Emirates flight on the same screen was flying at a similar altitude but was much faster at 503 knots.

Image

"The QZ8501 was flying too slow, about 100 knots which is about 160km/h too slow. At that altitude, that's exceedingly dangerous," Thomas told Australia's Herald Sun.

"I have a radar plot which shows him at 36,000 feet and climbing at a speed of 353 knots, which is approximately 100 knots too slow ... if the radar return is correct, he appears to be going too slow for the altitude he is flying at."

http://www.thestar.com.my/News/Nation/2 ... -altitude/

Sumber gbr :
https://twitter.com/GerryS

Hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

Gak dikasih permit utk naik ke FL 380 tapi dia climbing dan apakah di FL 363 si QZ stall ???

.............air speed indicator..................stall warning in the cockpit ?????

Misterious......misterious........
:big_think: :big_think: :big_think:

FYI :
Pak Gerry Soejatman ini salah 1 moderator di forum indoflyer

Saya pernah ketemu beliau dulu waktu gath IF di rumahnya di Bintaro, beliau ini orangnya sangat idealis, A pasti dia bilang A, B pasti dia bilang B & punya passion luar biasa thd dunia penerbangan.......jarang banget ngeliat orang spt beliau ini
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by marmut »

Sebagai penikmat sensasi saat pesawat mau take off, saya ijin menyimak sambil nyeruput koffie sidikalang....