Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Sun Apr 20, 2008 18:38
- Location: surabaya
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
kalo utk menghilangkan deposit carbon & jelaga, bgmn kalo dicampuri dgn sejenis WD 40 ???
Apakah penambahan oli 2T boleh digunakan pada mesin diesel non VNT /VGT ( misalnya Fortuner 4D4 2008 ataupun strada 2005 ) ?
Apakah penambahan oli 2T boleh digunakan pada mesin diesel non VNT /VGT ( misalnya Fortuner 4D4 2008 ataupun strada 2005 ) ?
Utamakan tidur nyenyak drpd makan enak;
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Motul 510 emang top brandnya oli 2T. Ada juga merk Motorex tapi gak masuk Indonesia. Harganya mahal sekali sekitar Rp 95 rebu tapi kualitas terjamin.
Ada juga merk Idemitsu, yang juga bagus dan harganya lumayan miring. Kalau di toko gede Rp 70 rebuan, di toko khusus sepeda motor bisa Rp 50 rebuan. Saya beli di distributor cuma Rp35 rebu sebotol, tapi kudu beli satu dus isi sekitar 24 botol.
Kalau merk oli 2T lain, di sepeda motor lama2 akan numpuk jelaga di KIPPS / RC Valve / Powervalve shg lama2 macet. Kecuali kalau motornya gak ada katup itu seperti Vespa atau RX King, ya gpp dipakai. Tinggal cari mana yg smokeless dan baunya harum aja, dan tentunya JASO FC atau FD. Tapi di mobil, resikonya jelaga di klep2.
Motul 510 aman dipakai di mesin berpendingin air.
Ada juga merk Idemitsu, yang juga bagus dan harganya lumayan miring. Kalau di toko gede Rp 70 rebuan, di toko khusus sepeda motor bisa Rp 50 rebuan. Saya beli di distributor cuma Rp35 rebu sebotol, tapi kudu beli satu dus isi sekitar 24 botol.
Kalau merk oli 2T lain, di sepeda motor lama2 akan numpuk jelaga di KIPPS / RC Valve / Powervalve shg lama2 macet. Kecuali kalau motornya gak ada katup itu seperti Vespa atau RX King, ya gpp dipakai. Tinggal cari mana yg smokeless dan baunya harum aja, dan tentunya JASO FC atau FD. Tapi di mobil, resikonya jelaga di klep2.
Motul 510 aman dipakai di mesin berpendingin air.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Kalau di mesin CRDI gimana pak Sudarsono, apakah juga ada potensi penumpukan carbon dg Jaso FC/FD ? Waktu digeber di rpm tinggi saya perhatikan gak ada ngepul dibelakang. Untuk Pertamina Enviro 2T gimana, apakah juga bisa untuk yg berpendingin cairan.asudarsono wrote:Motul 510 emang top brandnya oli 2T. Ada juga merk Motorex tapi gak masuk Indonesia. Harganya mahal sekali sekitar Rp 95 rebu tapi kualitas terjamin.
Ada juga merk Idemitsu, yang juga bagus dan harganya lumayan miring. Kalau di toko gede Rp 70 rebuan, di toko khusus sepeda motor bisa Rp 50 rebuan. Saya beli di distributor cuma Rp35 rebu sebotol, tapi kudu beli satu dus isi sekitar 24 botol.
Kalau merk oli 2T lain, di sepeda motor lama2 akan numpuk jelaga di KIPPS / RC Valve / Powervalve shg lama2 macet. Kecuali kalau motornya gak ada katup itu seperti Vespa atau RX King, ya gpp dipakai. Tinggal cari mana yg smokeless dan baunya harum aja, dan tentunya JASO FC atau FD. Tapi di mobil, resikonya jelaga di klep2.
Motul 510 aman dipakai di mesin berpendingin air.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
um turbo, untuk mesin commonrail bukannya jadi bom waktu bagi nosel nya?
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Kok bisa ?Rakean wrote:um turbo, untuk mesin commonrail bukannya jadi bom waktu bagi nosel nya?
Bukankah artikel di AfSel itu mobilnya juga CRD ?
Coba deh search2 forum2 luar, bahkan user2 Diesel Euro V pun ga sedikit yg tuang oli 2T tuh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Terus terang, saya belum begitu paham manfaat oli 2T buat diesel. Kalau emang mau dapat efek detergen apa gak ada bahan yg lain? Karena oli ini khan tujuan awalnya lebih buat melumasi. Makanya mesin pakai oli 2T jadi lebih mendem suaranya, karena pelumasan lebih banyak. Udah pakai oli mesin 4T masih ada oli samping 2T.
Kembali apakah manfaatnya lebih besar dari bahayanya? Bahaya terbesar dari jelaga / kerak / carbon yg dihasilkan oli 2T. Selain Motul 510, Motorex dan Idemitsu saya kok belum berani merekomendasi. Bahkan ada beberapa merk di atas yg rada2 ngeri gitu. Karena mesin diesel khan banyak printilannya seperti nosel injektor, kelep, dll. Semuanya akan terganggu jelaga. Karenanya, baiknya kita gak coba2 deh pakai oli samping 2T yg abal2.
Oli 2T sama amannya dipakai di mesin berpendingin udara maupun air.
Kembali apakah manfaatnya lebih besar dari bahayanya? Bahaya terbesar dari jelaga / kerak / carbon yg dihasilkan oli 2T. Selain Motul 510, Motorex dan Idemitsu saya kok belum berani merekomendasi. Bahkan ada beberapa merk di atas yg rada2 ngeri gitu. Karena mesin diesel khan banyak printilannya seperti nosel injektor, kelep, dll. Semuanya akan terganggu jelaga. Karenanya, baiknya kita gak coba2 deh pakai oli samping 2T yg abal2.
Oli 2T sama amannya dipakai di mesin berpendingin udara maupun air.
Ready to Race
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
@om darsono:
Monggo di google apa aja klausul pada JASO FC dan FD
Std tsb bukanlah hiasan semata
Monggo di google apa aja klausul pada JASO FC dan FD
Std tsb bukanlah hiasan semata
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Iya om Turbo, tapi apa nggak ada konsentratnya? Olinya khan cuma sebagai medium, yang kita kejar khan aditifnya. Syukur2 kita bisa beli ke toko kimia, meracik sendiri.
Kalau bisa khan lumayan. Kita pengguna motor 2T merasa mewah banget beli Motul, jadi kagum kok pengguna mobil enteng aja beli oli dewa itu.
Kalau bisa khan lumayan. Kita pengguna motor 2T merasa mewah banget beli Motul, jadi kagum kok pengguna mobil enteng aja beli oli dewa itu.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Bukanya enteng pak, makanya coba bandingin brand lain yg lebih murah dengan harapan kualitasnya gak beda jauh he...he...he..Sebagai perbandingan : Motul 2T Jaso FD 95 rb/l, Castrol Jaso FC 25 rb/700 ml, Pertamina Enviro 2T Jaso FC 40 rb/800 ml. Kalau bisa yg lebih murah tapi kualitasnya mirip kan lumayan pak he...he...asudarsono wrote:Iya om Turbo, tapi apa nggak ada konsentratnya? Olinya khan cuma sebagai medium, yang kita kejar khan aditifnya. Syukur2 kita bisa beli ke toko kimia, meracik sendiri.
Kalau bisa khan lumayan. Kita pengguna motor 2T merasa mewah banget beli Motul, jadi kagum kok pengguna mobil enteng aja beli oli dewa itu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Kalau gak ada aditif konsentratnya sebagai pengganti ya menurut saya gpp juga pakai oli 2T. Saya cuma menganjurkan pakai oli 2T yg bagus agar terhindar efek samping.
Saya pribadi cuma berani pakai oli yg kebetulan JASO FD semua. Kalau orang di forum2 luar negeri berani pakai yg JASO FC, boleh juga sebagai pembelajaran saya, ternyata oli2 itu aman. Banyak pengguna sepeda motor 2T misalnya Honda, Aprilia dan KTM masih ragu pakai oli2 tertentu karena jelaganya bisa bikin mampet Power Valve.
Saya pribadi cuma berani pakai oli yg kebetulan JASO FD semua. Kalau orang di forum2 luar negeri berani pakai yg JASO FC, boleh juga sebagai pembelajaran saya, ternyata oli2 itu aman. Banyak pengguna sepeda motor 2T misalnya Honda, Aprilia dan KTM masih ragu pakai oli2 tertentu karena jelaganya bisa bikin mampet Power Valve.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Kemarin isi 44 liter biosolar, sisa di tanki kira-kira masih 30 literan, coba-coba masukin 200 ml oli 2T Pertamina Enviro Jaso FC tanpa Norival. Tes rpm rendah-tinggi mendekati redline rasanya mesin lebih halus dibanding pake Castrol. Tarikan juga ok. Yang paling menyolok adalah bau knalpot yg tadinya bau asap hydrocarbon endus sana-endus sini di ujung knalpot dua-duanya ternyata hampir gak ada bau hydrocarbon dan sepertinya ada sedikit wewangian. Ternyata ampuh juga ya pewangi yg ditambahkan oleh Pertamina. Kalau sudah jalan 10 ribu km nanti mau coba cek turbonya dan juga injektornya.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Wed Oct 23, 2013 6:54
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
ikut nimbrung ya pak bro..
oli samping yg udah ane pernah coba untuk pajero sport, baru shell sx 2t, castrol activ 2t, agip 2t plus, qrange 2t.
km/L paling bagus pake qrange 2t ini rata2 14km/L. kalo yang lain hampir sama dapet 12km/L. dalkot bekasi-blokm
saya biasa isi biosolar 300rb buat jalan 800kman
oli samping yg udah ane pernah coba untuk pajero sport, baru shell sx 2t, castrol activ 2t, agip 2t plus, qrange 2t.
km/L paling bagus pake qrange 2t ini rata2 14km/L. kalo yang lain hampir sama dapet 12km/L. dalkot bekasi-blokm
saya biasa isi biosolar 300rb buat jalan 800kman
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Sofar apakah user2 yg mblnya d campur, kondisinya aman2 saja, pengen nyoba neh tp kan ipah ane ud tuwir, 220 ribuan km. Jd agak was2 aja hehe. Trakhir ane coba liquimoil yg d campur lsg d tangki, berdasarkan feel sotoi ane, enjin lbh alus suaranya n jg respon mbl lbh enak. salam.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Saya sudah mengkonsumsi 3 botol, sekarang menginjak botol yg keempat so far ok ok aja, bahkan berasa tambah enak.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Wed Oct 23, 2013 6:54
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
ane udah tuang oli samping ke taft jalan 350rbkm. Efeknya sih yang saya noticed gas buang lebih bersih sama alusan dikit. kalo di ps ane udah pake 6 botolXous wrote:Sofar apakah user2 yg mblnya d campur, kondisinya aman2 saja, pengen nyoba neh tp kan ipah ane ud tuwir, 220 ribuan km. Jd agak was2 aja hehe. Trakhir ane coba liquimoil yg d campur lsg d tangki, berdasarkan feel sotoi ane, enjin lbh alus suaranya n jg respon mbl lbh enak. salam.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
halo semua, gara2 membaca artikel ini saya tertarik ikut mencoba memakai di KIA sedona Diesel 2003. Oli 2 T yang saya gunakan Castrol Activ 2T. Saya coba dengan dosis 1:300. Emang suara mesin menjadi lebih halus... dan terasa lebih meluncur. Tetapi dari sisi tenaga terasa biasa, karena merasa lebih nyaman saya memakainya hingga 3 botol.
Yang jadi masalah setelah rutin pakai tiap isi solar, 3 minggu lalu saya bawa mobil tersebut naik ke Bandungan namun via wonosobo temanggung bandungan, dimana tanjankannya cukup tinggi dan panjang. Selama perjalanan tidak ada masalah, sampai dibandungan menginap di Susan spa bandungan, istirahat dan malamnya cari makan turun ke bawah, saat stater agak susah, seperti masuk angin, tetapi akhirnya bisa nyala juga, dalam hati KEnapa ya??
Pagi2 coba stater mobil langsung jrengg tidak seperti semalam. saya coba pompa solar untuk buang angin. Distater kembali lancar. Saat mau meninggalkan bandungan, coba stater jadi susah kembali... tapi akhirnya tetap bisa nyala setelah stater beberapa kali.
Kembali ke purwokerto, langsung bawa ke bengkel KIA untuk di cek, ternyata filter solarnya berwarna hitam pekat?? Jadi aliran solar saat stater terhambat.
Dalam hati jadi tanda tanya, apakah gara2 tuang oli 2T ke tangki, atau gara2 salah isi solar di perjalanan. Kebetulan filter yang saya pakai filter ori dan belum jalan 5000 km. Atau gara2 tanjakan terjal selama perjalanan sehingga kotoran di tangki terhisap ke filter??
Pingin tahu pendapat teman2 lain yang sudah menggunakannya, silahkan coba di cek filter solarnya masing
Yang jadi masalah setelah rutin pakai tiap isi solar, 3 minggu lalu saya bawa mobil tersebut naik ke Bandungan namun via wonosobo temanggung bandungan, dimana tanjankannya cukup tinggi dan panjang. Selama perjalanan tidak ada masalah, sampai dibandungan menginap di Susan spa bandungan, istirahat dan malamnya cari makan turun ke bawah, saat stater agak susah, seperti masuk angin, tetapi akhirnya bisa nyala juga, dalam hati KEnapa ya??
Pagi2 coba stater mobil langsung jrengg tidak seperti semalam. saya coba pompa solar untuk buang angin. Distater kembali lancar. Saat mau meninggalkan bandungan, coba stater jadi susah kembali... tapi akhirnya tetap bisa nyala setelah stater beberapa kali.
Kembali ke purwokerto, langsung bawa ke bengkel KIA untuk di cek, ternyata filter solarnya berwarna hitam pekat?? Jadi aliran solar saat stater terhambat.
Dalam hati jadi tanda tanya, apakah gara2 tuang oli 2T ke tangki, atau gara2 salah isi solar di perjalanan. Kebetulan filter yang saya pakai filter ori dan belum jalan 5000 km. Atau gara2 tanjakan terjal selama perjalanan sehingga kotoran di tangki terhisap ke filter??
Pingin tahu pendapat teman2 lain yang sudah menggunakannya, silahkan coba di cek filter solarnya masing
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Oli 2T ini sifatnya tambahan
bagaimanapun juga additive solar yg berkualitas adalah yg utama, since solar / biosolar = poor on additive
Utk Carnival 2003 = kapan terakhir kuras tangki ?
bagaimanapun juga additive solar yg berkualitas adalah yg utama, since solar / biosolar = poor on additive
Utk Carnival 2003 = kapan terakhir kuras tangki ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Kuras tangki terakhir sekitar tahun 2010 om, sorry om bukan KIA Carnival tapi KIA SEDONA..Turboman wrote:Oli 2T ini sifatnya tambahan
bagaimanapun juga additive solar yg berkualitas adalah yg utama, since solar / biosolar = poor on additive
Utk Carnival 2003 = kapan terakhir kuras tangki ?
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
o ok
wah 3 tahun udah banyak kotorannya lagi.....berarti sering kena BBM jelek
Boleh dikuras lagi dah tangkinya
wah 3 tahun udah banyak kotorannya lagi.....berarti sering kena BBM jelek
Boleh dikuras lagi dah tangkinya
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Nov 22, 2013 12:24
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
nubi ijin nyimak om......ane yang awam ginian percaya aja deh ma racun racun master turboman.... apalagi ada yang udah kasih testimoni....Turboman wrote:o ok
wah 3 tahun udah banyak kotorannya lagi.....berarti sering kena BBM jelek
Boleh dikuras lagi dah tangkinya
om turbo numpang tanya nih, kan ane hidup di wilayah pedesaan, aditif solar agak susah carinya, trus klo penambahan oli 2T yang low smoke ni ditambah atsiri asli (misal kayu putih ato minyak cengkih) tambah bagus ato malah g boleh
kalo OOT dikit ya om, kan masih bahas aditif solar juga....
Newbie forever
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 11, 2012 4:55
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Apakah itu membuat mesin lebih kuat ?
Saya belum bisa mencoba tes secara akurat tetapi untuk umum mengemudi / dalam kota, jika ada perbaikan apapun itu terlalu kecil bagi saya untuk merasakan.
Apakah saya mendapatkan FC lebih baik ( L/KM ? ? ) ?
Saya belum pernah terlalu yakin.
Apakah mesin berjalan lebih halus ?
Tentu saja. Sebagian besar suara tampaknya datang dari pompa bahan bakar dan kebisingan nyata berkurang . Mungkin ada sedikit pengurangan suara mesin secara umum.
Apakah akan membuat sistem bahan bakar atau mesin secara umum lebih awet ?
Entahlah, terlalu dini untuk mengatakan, tapi saya akan terus berusaha sampai bosan menambahkan oli 2T.
Tapi saya yakin fuel pump mobil captiva FL yg selama ini sering bermasalah, mudah2an dengan penambahan oli 2T, fuel pump saya dan injector tidak akan pernah masalah.
Oh ya saya ketemu artikel yg mungkin berguna:
http://www.johnfjensen.com/Diesel_fuel_ ... e_test.pdf
Saya belum bisa mencoba tes secara akurat tetapi untuk umum mengemudi / dalam kota, jika ada perbaikan apapun itu terlalu kecil bagi saya untuk merasakan.
Apakah saya mendapatkan FC lebih baik ( L/KM ? ? ) ?
Saya belum pernah terlalu yakin.
Apakah mesin berjalan lebih halus ?
Tentu saja. Sebagian besar suara tampaknya datang dari pompa bahan bakar dan kebisingan nyata berkurang . Mungkin ada sedikit pengurangan suara mesin secara umum.
Apakah akan membuat sistem bahan bakar atau mesin secara umum lebih awet ?
Entahlah, terlalu dini untuk mengatakan, tapi saya akan terus berusaha sampai bosan menambahkan oli 2T.
Tapi saya yakin fuel pump mobil captiva FL yg selama ini sering bermasalah, mudah2an dengan penambahan oli 2T, fuel pump saya dan injector tidak akan pernah masalah.
Oh ya saya ketemu artikel yg mungkin berguna:
http://www.johnfjensen.com/Diesel_fuel_ ... e_test.pdf
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
thanks bro untuk tanggapannya..... berarti kita sama... atau jangan2 banyak silent reader yang mencobanya juga.Deasegara wrote:Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Apakah sudah ada yang bongkar nozzle dan klep ... bersih atau kotor
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis
sudah lah repot2 amat, isi biosolar aja, beres deh, gak perlu perawatan, kalau gak ngapain beli mobil diesel
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares