Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

genisukma
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Sun Apr 20, 2008 18:38
Location: surabaya

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by genisukma »

kalo utk menghilangkan deposit carbon & jelaga, bgmn kalo dicampuri dgn sejenis WD 40 ???

Apakah penambahan oli 2T boleh digunakan pada mesin diesel non VNT /VGT ( misalnya Fortuner 4D4 2008 ataupun strada 2005 ) ?
Utamakan tidur nyenyak drpd makan enak;
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by asudarsono »

Motul 510 emang top brandnya oli 2T. Ada juga merk Motorex tapi gak masuk Indonesia. Harganya mahal sekali sekitar Rp 95 rebu tapi kualitas terjamin.

Ada juga merk Idemitsu, yang juga bagus dan harganya lumayan miring. Kalau di toko gede Rp 70 rebuan, di toko khusus sepeda motor bisa Rp 50 rebuan. Saya beli di distributor cuma Rp35 rebu sebotol, tapi kudu beli satu dus isi sekitar 24 botol.

Kalau merk oli 2T lain, di sepeda motor lama2 akan numpuk jelaga di KIPPS / RC Valve / Powervalve shg lama2 macet. Kecuali kalau motornya gak ada katup itu seperti Vespa atau RX King, ya gpp dipakai. Tinggal cari mana yg smokeless dan baunya harum aja, dan tentunya JASO FC atau FD. Tapi di mobil, resikonya jelaga di klep2.

Motul 510 aman dipakai di mesin berpendingin air.
Ready to Race
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara »

asudarsono wrote:Motul 510 emang top brandnya oli 2T. Ada juga merk Motorex tapi gak masuk Indonesia. Harganya mahal sekali sekitar Rp 95 rebu tapi kualitas terjamin.

Ada juga merk Idemitsu, yang juga bagus dan harganya lumayan miring. Kalau di toko gede Rp 70 rebuan, di toko khusus sepeda motor bisa Rp 50 rebuan. Saya beli di distributor cuma Rp35 rebu sebotol, tapi kudu beli satu dus isi sekitar 24 botol.

Kalau merk oli 2T lain, di sepeda motor lama2 akan numpuk jelaga di KIPPS / RC Valve / Powervalve shg lama2 macet. Kecuali kalau motornya gak ada katup itu seperti Vespa atau RX King, ya gpp dipakai. Tinggal cari mana yg smokeless dan baunya harum aja, dan tentunya JASO FC atau FD. Tapi di mobil, resikonya jelaga di klep2.

Motul 510 aman dipakai di mesin berpendingin air.
Kalau di mesin CRDI gimana pak Sudarsono, apakah juga ada potensi penumpukan carbon dg Jaso FC/FD ? Waktu digeber di rpm tinggi saya perhatikan gak ada ngepul dibelakang. Untuk Pertamina Enviro 2T gimana, apakah juga bisa untuk yg berpendingin cairan.
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Rakean »

um turbo, untuk mesin commonrail bukannya jadi bom waktu bagi nosel nya?
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman »

Rakean wrote:um turbo, untuk mesin commonrail bukannya jadi bom waktu bagi nosel nya?
Kok bisa ?

Bukankah artikel di AfSel itu mobilnya juga CRD ?

Coba deh search2 forum2 luar, bahkan user2 Diesel Euro V pun ga sedikit yg tuang oli 2T tuh
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by asudarsono »

Terus terang, saya belum begitu paham manfaat oli 2T buat diesel. Kalau emang mau dapat efek detergen apa gak ada bahan yg lain? Karena oli ini khan tujuan awalnya lebih buat melumasi. Makanya mesin pakai oli 2T jadi lebih mendem suaranya, karena pelumasan lebih banyak. Udah pakai oli mesin 4T masih ada oli samping 2T.

Kembali apakah manfaatnya lebih besar dari bahayanya? Bahaya terbesar dari jelaga / kerak / carbon yg dihasilkan oli 2T. Selain Motul 510, Motorex dan Idemitsu saya kok belum berani merekomendasi. Bahkan ada beberapa merk di atas yg rada2 ngeri gitu. Karena mesin diesel khan banyak printilannya seperti nosel injektor, kelep, dll. Semuanya akan terganggu jelaga. Karenanya, baiknya kita gak coba2 deh pakai oli samping 2T yg abal2.

Oli 2T sama amannya dipakai di mesin berpendingin udara maupun air.
Ready to Race
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman »

@om darsono:
Monggo di google apa aja klausul pada JASO FC dan FD

Std tsb bukanlah hiasan semata
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by asudarsono »

Iya om Turbo, tapi apa nggak ada konsentratnya? Olinya khan cuma sebagai medium, yang kita kejar khan aditifnya. Syukur2 kita bisa beli ke toko kimia, meracik sendiri.

Kalau bisa khan lumayan. Kita pengguna motor 2T merasa mewah banget beli Motul, jadi kagum kok pengguna mobil enteng aja beli oli dewa itu.
Ready to Race
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara »

asudarsono wrote:Iya om Turbo, tapi apa nggak ada konsentratnya? Olinya khan cuma sebagai medium, yang kita kejar khan aditifnya. Syukur2 kita bisa beli ke toko kimia, meracik sendiri.

Kalau bisa khan lumayan. Kita pengguna motor 2T merasa mewah banget beli Motul, jadi kagum kok pengguna mobil enteng aja beli oli dewa itu.
Bukanya enteng pak, makanya coba bandingin brand lain yg lebih murah dengan harapan kualitasnya gak beda jauh he...he...he..Sebagai perbandingan : Motul 2T Jaso FD 95 rb/l, Castrol Jaso FC 25 rb/700 ml, Pertamina Enviro 2T Jaso FC 40 rb/800 ml. Kalau bisa yg lebih murah tapi kualitasnya mirip kan lumayan pak he...he...
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by asudarsono »

Kalau gak ada aditif konsentratnya sebagai pengganti ya menurut saya gpp juga pakai oli 2T. Saya cuma menganjurkan pakai oli 2T yg bagus agar terhindar efek samping.

Saya pribadi cuma berani pakai oli yg kebetulan JASO FD semua. Kalau orang di forum2 luar negeri berani pakai yg JASO FC, boleh juga sebagai pembelajaran saya, ternyata oli2 itu aman. Banyak pengguna sepeda motor 2T misalnya Honda, Aprilia dan KTM masih ragu pakai oli2 tertentu karena jelaganya bisa bikin mampet Power Valve.
Ready to Race
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara »

Kemarin isi 44 liter biosolar, sisa di tanki kira-kira masih 30 literan, coba-coba masukin 200 ml oli 2T Pertamina Enviro Jaso FC tanpa Norival. Tes rpm rendah-tinggi mendekati redline rasanya mesin lebih halus dibanding pake Castrol. Tarikan juga ok. Yang paling menyolok adalah bau knalpot yg tadinya bau asap hydrocarbon endus sana-endus sini di ujung knalpot dua-duanya ternyata hampir gak ada bau hydrocarbon dan sepertinya ada sedikit wewangian. Ternyata ampuh juga ya pewangi yg ditambahkan oleh Pertamina. Kalau sudah jalan 10 ribu km nanti mau coba cek turbonya dan juga injektornya.
Image
rezamaulana
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Wed Oct 23, 2013 6:54

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by rezamaulana »

ikut nimbrung ya pak bro..
oli samping yg udah ane pernah coba untuk pajero sport, baru shell sx 2t, castrol activ 2t, agip 2t plus, qrange 2t.
km/L paling bagus pake qrange 2t ini rata2 14km/L. kalo yang lain hampir sama dapet 12km/L. dalkot bekasi-blokm
saya biasa isi biosolar 300rb buat jalan 800kman
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Xous »

Sofar apakah user2 yg mblnya d campur, kondisinya aman2 saja, pengen nyoba neh tp kan ipah ane ud tuwir, 220 ribuan km. Jd agak was2 aja hehe. Trakhir ane coba liquimoil yg d campur lsg d tangki, berdasarkan feel sotoi ane, enjin lbh alus suaranya n jg respon mbl lbh enak. salam.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara »

Saya sudah mengkonsumsi 3 botol, sekarang menginjak botol yg keempat so far ok ok aja, bahkan berasa tambah enak.
rezamaulana
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Wed Oct 23, 2013 6:54

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by rezamaulana »

Xous wrote:Sofar apakah user2 yg mblnya d campur, kondisinya aman2 saja, pengen nyoba neh tp kan ipah ane ud tuwir, 220 ribuan km. Jd agak was2 aja hehe. Trakhir ane coba liquimoil yg d campur lsg d tangki, berdasarkan feel sotoi ane, enjin lbh alus suaranya n jg respon mbl lbh enak. salam.
ane udah tuang oli samping ke taft jalan 350rbkm. Efeknya sih yang saya noticed gas buang lebih bersih sama alusan dikit. kalo di ps ane udah pake 6 botol
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sanfip77 »

halo semua, gara2 membaca artikel ini saya tertarik ikut mencoba memakai di KIA sedona Diesel 2003. Oli 2 T yang saya gunakan Castrol Activ 2T. Saya coba dengan dosis 1:300. Emang suara mesin menjadi lebih halus... dan terasa lebih meluncur. Tetapi dari sisi tenaga terasa biasa, karena merasa lebih nyaman saya memakainya hingga 3 botol.
Yang jadi masalah setelah rutin pakai tiap isi solar, 3 minggu lalu saya bawa mobil tersebut naik ke Bandungan namun via wonosobo temanggung bandungan, dimana tanjankannya cukup tinggi dan panjang. Selama perjalanan tidak ada masalah, sampai dibandungan menginap di Susan spa bandungan, istirahat dan malamnya cari makan turun ke bawah, saat stater agak susah, seperti masuk angin, tetapi akhirnya bisa nyala juga, dalam hati KEnapa ya??
Pagi2 coba stater mobil langsung jrengg tidak seperti semalam. saya coba pompa solar untuk buang angin. Distater kembali lancar. Saat mau meninggalkan bandungan, coba stater jadi susah kembali... tapi akhirnya tetap bisa nyala setelah stater beberapa kali.

Kembali ke purwokerto, langsung bawa ke bengkel KIA untuk di cek, ternyata filter solarnya berwarna hitam pekat?? Jadi aliran solar saat stater terhambat.
Dalam hati jadi tanda tanya, apakah gara2 tuang oli 2T ke tangki, atau gara2 salah isi solar di perjalanan. Kebetulan filter yang saya pakai filter ori dan belum jalan 5000 km. Atau gara2 tanjakan terjal selama perjalanan sehingga kotoran di tangki terhisap ke filter??

Pingin tahu pendapat teman2 lain yang sudah menggunakannya, silahkan coba di cek filter solarnya masing :big_peace: :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman »

Oli 2T ini sifatnya tambahan

bagaimanapun juga additive solar yg berkualitas adalah yg utama, since solar / biosolar = poor on additive

Utk Carnival 2003 = kapan terakhir kuras tangki ?
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sanfip77 »

Turboman wrote:Oli 2T ini sifatnya tambahan

bagaimanapun juga additive solar yg berkualitas adalah yg utama, since solar / biosolar = poor on additive

Utk Carnival 2003 = kapan terakhir kuras tangki ?
Kuras tangki terakhir sekitar tahun 2010 om, sorry om bukan KIA Carnival tapi KIA SEDONA.. :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman »

o ok :mrgreen:

wah 3 tahun udah banyak kotorannya lagi.....berarti sering kena BBM jelek

Boleh dikuras lagi dah tangkinya
izorh
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Nov 22, 2013 12:24

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by izorh »

Turboman wrote:o ok :mrgreen:

wah 3 tahun udah banyak kotorannya lagi.....berarti sering kena BBM jelek

Boleh dikuras lagi dah tangkinya
nubi ijin nyimak om......ane yang awam ginian percaya aja deh ma racun racun master turboman.... apalagi ada yang udah kasih testimoni....
om turbo numpang tanya nih, kan ane hidup di wilayah pedesaan, aditif solar agak susah carinya, trus klo penambahan oli 2T yang low smoke ni ditambah atsiri asli (misal kayu putih ato minyak cengkih) tambah bagus ato malah g boleh
:big_sorry: kalo OOT dikit ya om, kan masih bahas aditif solar juga.... :big_childish:
Newbie forever
User avatar
yungjahja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Oct 11, 2012 4:55

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by yungjahja »

Apakah itu membuat mesin lebih kuat ?
Saya belum bisa mencoba tes secara akurat tetapi untuk umum mengemudi / dalam kota, jika ada perbaikan apapun itu terlalu kecil bagi saya untuk merasakan.

Apakah saya mendapatkan FC lebih baik ( L/KM ? ? ) ?
Saya belum pernah terlalu yakin.

Apakah mesin berjalan lebih halus ?
Tentu saja. Sebagian besar suara tampaknya datang dari pompa bahan bakar dan kebisingan nyata berkurang . Mungkin ada sedikit pengurangan suara mesin secara umum.

Apakah akan membuat sistem bahan bakar atau mesin secara umum lebih awet ?
Entahlah, terlalu dini untuk mengatakan, tapi saya akan terus berusaha sampai bosan menambahkan oli 2T.
Tapi saya yakin fuel pump mobil captiva FL yg selama ini sering bermasalah, mudah2an dengan penambahan oli 2T, fuel pump saya dan injector tidak akan pernah masalah.

Oh ya saya ketemu artikel yg mungkin berguna:
http://www.johnfjensen.com/Diesel_fuel_ ... e_test.pdf
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sanfip77 »

Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara »

sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sanfip77 »

Deasegara wrote:
sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.
thanks bro untuk tanggapannya..... berarti kita sama... atau jangan2 banyak silent reader yang mencobanya juga.

Apakah sudah ada yang bongkar nozzle dan klep ... bersih atau kotor
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by htannis »

sudah lah repot2 amat, isi biosolar aja, beres deh, gak perlu perawatan, kalau gak ngapain beli mobil diesel :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares