Santa Fe gen.3 user @SM

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Penikmat_Kopi »

Turboman wrote:
ricz wrote:@ mods turbo....

Apakah kalo diberi bio ke mesin diesel modern, akan berpengaruh pada kebersihan ruang bakar mis. injektor?
spt yg ane udah sering tulis kalo BIOS itu "poor on additive" makanya ane selalu menekankan perlunya penambahan additive yg sifatnya detergent, juga CN booster dan lubricant kalau mau lengkap

Udah itu purging setiap 20 - 25 rb Km sekali.
Om Mods Turbo, bukannya Biosolar itu katanya udah ada unsur detergentnya?
Kalau cetane numbernya biosolar diatas 48 kan ya? Tepatnya berapa Mod?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

De Javu nih RV.......wong yg punya Santa Fe aja dah merasa terganggu dgn tulisan anda......kok gak merasa yah

om RV tahu apa aja soal HMC dan HMI ? emang pernah kerja di HMI ? atau sering ngobrol ama om Bebin / pak Mukiat / pak Jongkie ???

Kalo iya, nanti acara opening VIP Day IIMS kita ketemuan yuk di booth Hyundai :mrgreen:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

Kalo detergent-nya dah cukup maka saat dituang busanya gak kayak beer om....itu aja :mrgreen:
Penikmat_Kopi wrote: Om Mods Turbo, bukannya Biosolar itu katanya udah ada unsur detergentnya?
Kalau cetane numbernya biosolar diatas 48 kan ya? Tepatnya berapa Mod?
hermanto irsan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 13 Feb 2013, 15:34

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by hermanto irsan »

@Om Turbo: kalau CRC ada nomer HP nya distributor yg di jakarta? Berat jg kalau beli di ACE dan barangnya suka out of stock. Btw nanya jg dong Purging itu apa sih? Thanks b4
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

hermanto irsan wrote:@Om Turbo: kalau CRC ada nomer HP nya distributor yg di jakarta? Berat jg kalau beli di ACE dan barangnya suka out of stock. Btw nanya jg dong Purging itu apa sih? Thanks b4
Kalo di Jkt yg masih jual harga bersahabat konon di :
- Toda
- Pongs

Purging : membersihkan fuel system / injector / nozzle tanpa bongkar mesin, closed loop circulation, mesin jalan pakai obat purging (idle), saluran balik cairan masuk ke bejana obat purging.

Tapi kalo utk santa Fe CRDi yg pakai El Fuel Pump, purging mesti pakai Tabung bertekanan either yg pompa manual atau yg pake kompressor....kal di BeRes Chevy sih ada, mrk utk purging captipa

Kalo bengke2l umum yg punya si Absolute Sunter / Sinergy Daan mogot
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by ricz »

Turboman wrote:De Javu nih RV.......wong yg punya Santa Fe aja dah merasa terganggu dgn tulisan anda......kok gak merasa yah

om RV tahu apa aja soal HMC dan HMI ? emang pernah kerja di HMI ? atau sering ngobrol ama om Bebin / pak Mukiat / pak Jongkie ???

Kalo iya, nanti acara opening VIP Day IIMS kita ketemuan yuk di booth Hyundai :mrgreen:
Baru jadi seles aja udh belagak jadi eksekutifnya HMI... Biasa om... :mrgreen:
2021 Fortuner VRZ
Resale Value

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Resale Value »

Saran saya untuk yang ingin coba coba beli additif / lakukan tindakan yang di sarankan pihak ketiga :



1. Consultasi dulu ama ATPMnya OK ngak ? Takutnya dengar rekomendasi pihak ke 3, nanti ada apa apa, siapa yang mau tanggung jawab ?



2. Lebih baik dalam kota pakai DEX aja. Ngak usah lagi coba coba masukin cairan yang aneh aneh, belum tau nanti cocok ngak ama mesinnya. Takutnya awalnya OK, nanti entah kapan ada efek samping. Toh cairan aneh aneh, tindakan macam macam juga perlu keluar duit lagi.




Ingat, saat kena kasus, siapa yang berikan warranty ? Pihak ketiga, atau ATPMnya ?



Kecuali yakin pihak ketiga udah lebih pintar dari Hyundai Motor Corporation.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by VanzMatic »

Resale Value wrote:Saran saya untuk yang ingin coba coba beli additif / lakukan tindakan yang di sarankan pihak ketiga :



1. Consultasi dulu ama ATPMnya OK ngak ? Takutnya dengar rekomendasi pihak ke 3, nanti ada apa apa, siapa yang mau tanggung jawab ?



2. Lebih baik dalam kota pakai DEX aja. Ngak usah lagi coba coba masukin cairan yang aneh aneh, belum tau nanti cocok ngak ama mesinnya. Takutnya awalnya OK, nanti entah kapan ada efek samping. Toh cairan aneh aneh, tindakan macam macam juga perlu keluar duit lagi.




Ingat, saat kena kasus, siapa yang berikan warranty ? Pihak ketiga, atau ATPMnya ?



Kecuali yakin pihak ketiga udah lebih pintar dari Hyundai Motor Corporation.
Ngetik aja NGAK teteh...

Sorry ye, konsumen gw pake aditip herbal malah ngejoss terus kok 6 bulan ini.

Masalah buat lhu??
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 03 May 2009, 14:09
Location: MINE IS TWO !

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sting »

Turboman wrote:wahhh.....jujur ane gak bisa memberi jawaban yg exact....tapi jika melihat spec mesin santi yg 1800 Bar sih agak riskan jika dgn Full Biosolar, saya lebih sarankan campur dgn solar Lux 50:50 atau se kurang2-nya solar Lux-nya 30% dan additive tambahan itu wajib jika kita ada pakai Biosolar walau dioplos solar Lux

memang si Solar Lux oplos Biosolar + racun tetap masih lebih ekonomis drpd solar Lux murni......lagian kualitas solar Lux antar SPBU merek sama) juga bisa beda2.........
dknee wrote:Om Turbo....
Baru sebulan santy hideungna aku pake km dah 880, biasa aku pake total ato shell. Temenku pake dakar trs dia pake solar biasa(bukan bio) dan tambahin red line 85. Katanya sih okeh banged. Dia saranin aku paku gituan juga....bener gak seh santy bisa pake solar biasa plus redline...advise ditunggu Om.
Nuhun
Om Turbo dan om lain, sharing sj ya. Ane di info sama beres kebon jeruk dan pondok indah silahkan pake bio solar atau solar lux tapi jangan sekali mencampur ke dua nya. So far ane selalu pakai dex jadi tdk ambil pusing. Pengalaman captiva FL 23 ribu KM, sebagian besar pakai biosolar +racun + dastek dan sebelum jual ngalami : injector mampet, suara kasar sekali, tenaga drop,boros 1:6 , asap bau asam, fuel pump ganti 3x. Just sharing pengalaman pribadi dan tidak ada membela atau menyudutkan pihak manapun.
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: 05 Mar 2013, 10:25
Location: Pati - Jateng

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by papico »

sting wrote: Om Turbo dan om lain, sharing sj ya. Ane di info sama beres kebon jeruk dan pondok indah silahkan pake bio solar atau solar lux tapi jangan sekali mencampur ke dua nya. So far ane selalu pakai dex jadi tdk ambil pusing. Pengalaman captiva FL 23 ribu KM, sebagian besar pakai biosolar +racun + dastek dan sebelum jual ngalami : injector mampet, suara kasar sekali, tenaga drop,boros 1:6 , asap bau asam, fuel pump ganti 3x. Just sharing pengalaman pribadi dan tidak ada membela atau menyudutkan pihak manapun.
Hal yang sama, saya juga diinfokan untuk tidak mencampur kedua jenis minuman ringan tersebut (katanya base kimiawinya beda) ..... Malah dianjurkan pakai pure dex atau pure bio solar. Cuman gak tega pakai pure bio solar (udah pernah dicoba soalnya) suara mesin kasar, getaran mayan kerasa, kentut bau asam banget. Meskipun pure biosolar + racun memang terasa lebih halus, namun tetap aja gak sehalus dan smooth kalo pakai oplos bio + dex.

Karena yang menjadi masalah menurut saya bukan angka Cetane-nya. Tapi justru kekentalannya, yang membuat pompa BBM bekerja berat, nosel injector tidak bisa menyemprotkan BBM dengan sempurna. Trus kalau terjadi penumpukan kotoran di filter solar (akibat bio solar yang gak bersih) pompa BBM yang jadi korban. CMMIW

Jadi sampai saat ini saya tetep oplos. Bio + DEX + racun ..... sampai ada pemberitahuan lebih lanjut :mky_01:

Sharing, pernah coba pure DEX + Racun, wow haluuuuuussss banget, trus putaran mesin enteng. Memang mesin Santa Fe CRDi beda banget dengan mesin diesel lainnya.
(sy blum pernah cobain Captiva VCDi, yang menurut saya teknologi mesinnya selevel).

Nah, kalau udah pakai Dastek, beda lagi ceritanya. Itu boostnya udah dinaikin, nyusss banget dah tambahan powernya. Dulu innova D4D (yg udah saya jual) tiap 5.000 km ganti filter solar. Takut kalo fuel pump jebol.
eric23
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 03 Aug 2007, 18:49

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by eric23 »

bro Turbo,

boleh diinfo ngga teknologi mesin ford focus tdci 2.0 itu apakah secanggih kaya crdi santa fee juga? kebetulan saya pake yang tdci dan so far ini isi bio+racun saja..
Henry Kurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 31 Mar 2011, 22:56

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Henry Kurniawan »

Sharing juga,

Saya 10rb KM pertama pakai full Shell, sekarang lagi mencoba full DEX untuk 10rb KM berikutnya.
Sub-filter saya ganti di 10rb (foto-nya lagi lupa dimana), bersih sekali.

Pengamatan saya berhubung baru 3x ngisi DEX:
-Lebih alus DEX
-Tenaga 11-12 sama shell
-Bau asam lebih kuat shell, DEX lebih gak bikin pusing.
-So far DEX masih lebih boros dari Shell
-DEX bikin stress nyari SPBU. Mesti cari yang rame supaya gak dapet yang basi.
-Mau ngisi DEX selalu ditutup tiang orange dan kagak ada yang jagain, malah diarahin suruh ngisi Biosolar aja :frm_bang_head:
Attachments
Fuel record
Fuel record
Capture.JPG (104.64 KiB) Viewed 1266 times
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

1. Alasannya apa yah ?

DEX mix Biosolar :
Jika alasannya menurunkan kualitas DEX dan lebih baik DEX full, ane setuju

Biosolar murni lebih baik drpd Biosolar + DEX :
Alasan yg benar2 gak masuk akal kalo menurut saya pribadi

Begini ceritanya :
BioSolar boleh dibilang adalah "Plain Fuel" (di luar kandungan BioDiesel 7,5% gak ada apa2 lagi), maka jika tidak ditambah additive si Biosolar dalam seminggu akan teroksidasi, warna berubah, boleh dicoba...diamkan dalam botol selama 1 - 2 minggu.

Dengan dicampur DEX atau Shell yg mengandung additive yg cukup, maka hal tsb akan memperbaiki kualitas si Biosolar, dan dari unsur Diesel fuel-nya sendiri juga akan menurunkan kandungan sulfur si Biosolar (bila dicampur DEX).

Perlu diketahui bahwa suatu HSD / Diesel Fuel itu di kilangnya sendiri umumnya adalah hasil pencampuran antara Straight Run Diesel + upgrading dari fraksi berat (Heavy Oil / residu yg dipecah lagi rantai karbon-nya dan akhirnya menjadi Diesel Fuel), baru sesudah itu campuran HSD tsb melewati unit Hydrotreating utk process pengurangan kandungan sulphur.

Straight Run Diesel = Diesel Fuel yg lgs dihasilkan dr penyulingan crude (Middle distillate process)

kenapa ada proses upgrading dr fraksi minyak berat ? Krn utk memenuhi output produksi Diesel Fuel itu sendiri.

Ini kita bicara dari kilangnya

Kedua :
Dari sisi operator SPBU.

Ada SPBU asing yg memang selalu menyediakan HSD dari kilang dedicated-nya, ada juga SPBU asing yang HSD nya beli dari berbagai sumber (kadang quantity dr 1 supplier bisa saja gak memenuhi demand). Nah, kalao sumbernya aja lebih dr 1, maka Diesel Fuel dgn karakter dan spec yg berbeda juga tercampur baik di depo penyimpanan maupun di storage tank SPBU.

Kesimpulannya :
Basic Diesel Fuel sendiri dia 100% saling soluble satu dengan lainnya, they will be perfectly blended. Bahkan berbagai uji ilmiah :
- Petro Diesel + BioDiesel
- Petro Diesel + Syn Diesel Fischer Tropsch (GTL / CTL)

Juga bercampur dengan sempurna, terlihat dari test emisi-nya dll.

Nah tapi kalau bicara soal kandungan additive, bisa saja 2 jenis Diesel Fuel dgn kandungan additive lengkap si additive-nya yg ada kemungkinkan "bentrok"

Maka itu kalo saya pribadi cenderung menghindari pencampuran 2 jenis solar Lux yg masing2 sudah ada additive lengkap.

Just IMO ajah en CMIIW

sting wrote: Om Turbo dan om lain, sharing sj ya. 1. Ane di info sama beres kebon jeruk dan pondok indah silahkan pake bio solar atau solar lux tapi jangan sekali mencampur ke dua nya. So far ane selalu pakai dex jadi tdk ambil pusing.

2. Pengalaman captiva FL 23 ribu KM, sebagian besar pakai biosolar +racun + dastek dan sebelum jual ngalami : injector mampet, suara kasar sekali, tenaga drop,boros 1:6 , asap bau asam, fuel pump ganti 3x. Just sharing pengalaman pribadi dan tidak ada membela atau menyudutkan pihak manapun.
2.
Pertama :
Udah pernah purging belum tuh Captiva ? Di D4 D aja saya purging 20 rb Km sekali.

Kedua :
Udah pernah cek belom kondisi catalytic Converter-nya mampat atau tidak ? CC mampat tarikan mesin jadi berat, BBM jadi Boros

Hayuuu di cek duluu :mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by imsus2c »

Henry Kurniawan wrote:Sharing juga,

Saya 10rb KM pertama pakai full Shell, sekarang lagi mencoba full DEX untuk 10rb KM berikutnya.
Sub-filter saya ganti di 10rb (foto-nya lagi lupa dimana), bersih sekali.

Pengamatan saya berhubung baru 3x ngisi DEX:
-Lebih alus DEX
-Tenaga 11-12 sama shell
-Bau asam lebih kuat shell, DEX lebih gak bikin pusing.
-So far DEX masih lebih boros dari Shell
-DEX bikin stress nyari SPBU. Mesti cari yang rame supaya gak dapet yang basi.
-Mau ngisi DEX selalu ditutup tiang orange dan kagak ada yang jagain, malah diarahin suruh ngisi Biosolar aja :frm_bang_head:
Ngga mau yg jeriken ya pak?
Memang sih ribet
Tapi konon katanya, mutunya lebih terjamin/konsisten dibanding yg DEX dispenser, karena relatif lebih aman dari kontaminasi dan basi... cmiiw yah..
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: 08 Sep 2008, 10:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Belphegor »

@ mod Turboman, mau tanya apakah Dex = Bio solar non subsidi + additif?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

Belphegor wrote:@ mod Turboman, mau tanya apakah Dex = Bio solar non subsidi + additif?
Beda pak.....base fuelnya si DEX kadar sulphurnya lebih kecil

dr warnanya keliatan....walau BIOS yg skg spt-nya kadar sulphurnya udah ngedeketin si DEK
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: 08 Sep 2008, 10:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Belphegor »

Icic, TFS mod :frm_tumbright:
eric23
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 03 Aug 2007, 18:49

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by eric23 »

bro Turbo,

boleh diinfo ngga teknologi mesin ford focus tdci 2.0 itu apakah secanggih kaya crdi santa fee juga? kebetulan saya pake yang tdci dan so far ini isi bio+racun saja..
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: 31 Dec 2005, 11:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by xtr40rd1n4rym4n »

focus ada yg tdci juga ya?
gua pikir cuman bensin doank..

bikin thread baru untuk review pemakaian donk om eric.
:mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

eric23 wrote:bro Turbo,

boleh diinfo ngga teknologi mesin ford focus tdci 2.0 itu apakah secanggih kaya crdi santa fee juga?
Boleh dibilang begitu
eric23
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 03 Aug 2007, 18:49

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by eric23 »

Bro Turbo,

thanks infonya

Bro xtr40rd1n4rym4n,

Ok sekali bro focus tdci ini, semua dapet, power,torsi,irit, cuma satu yang belum tahu ketersediaan spare part, secara overall mobil ini sangat rekomend sekali.
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: 31 Dec 2005, 11:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by xtr40rd1n4rym4n »

@ om eric: harga berapa yg tdci ini?
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 05 Sep 2013, 05:34
Location: Jakarta

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by B1335AM »

Saran gue sih buat PT HMI tuh pasarin juga Shanti Turbo GDi, kan bisa kenceng tuh buat kalahin Forty bensin. Seenggaknya, fitur setiap varian Santa Fe boleh seragam, tapi mesinnya musti beragam.

Biarpun sama2 theta, tujuannya musti dibedain. Kan ada MPi sama GDi tuh. Yang MPi buat kalo pengen santai, tapi GDi perlu buat ngacir.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
liora
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 03 Apr 2013, 18:49

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by liora »

@ b1335am ....lhooo emang santi sama forty bensin lebih kencang forty bensin? ga salah?,,,,,setau saya fortie bensin itu bolot banget tariaknnya......gede boong....jauh bener klo dibandingkan dengan santi..... :big_peace:
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 05 Sep 2013, 05:34
Location: Jakarta

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by B1335AM »

liora wrote:@ b1335am ....lhooo emang santi sama forty bensin lebih kencang forty bensin? ga salah?,,,,,setau saya fortie bensin itu bolot banget tariaknnya......gede boong....jauh bener klo dibandingkan dengan santi..... :big_peace:
Iya juga. Maksud ane buat ninggalin jauh si Forty bensin. Apa jadinya ya kalo Shanti bensin sama Forty bensin diadu di Tes Jalan Autobild?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post