Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by gmx »

kapsul 97 wrote:
maskopat wrote:ngelitik kalo pas akselerasi, masih dalam kategori wajar untuk green carbs... solusi? udah bosen ane ngasih solusi... :big_weee:

yang penting, jangan paksa akselerasi mendadak aja. kecuali kepepet. ngilanginnya, harus setel pengapian.

tanda2 mobil gak normal terutama mesin, dari bau dan rasa knalpot.. kalo baunya udah sangit dan mata perih, tanda2 ada kebocoran oli ke ruang bakar.

di kijang super ane dulu, kalo bejeg gas, terdengar suara tembakan dan asap hitam. akhirnya turun mesin dan stel klep...

buat om kapsul mah, the one and only solution... :ngacir:

*kopdar yuk... om kapsul masih di sumitmas kan?
jangan bosen2 lah Oom kopat kasih masukannya, lumayan kan ibadah .. :big_peace:
kopdar .. ? ayoo lah, masih di summitmas kok, bareng sama bro m4rio sekalian, nanti aja abiz lebaran, kantor masih deket2 summitmas kan ya .. ? :big_peace: *maap OOT*
Makan pecel lele di senopati..

Minggu lalu eterna ane bunyi mie tek tek, udah bete aja ane kira hla.. Ternyata setelah di cek di bengkel ternyata v belt udah nyaris putus..

Pernah juga rpm naik turun pas idle, beres setelah ane bersihin servo..

Pernah juga brebet, beres setelah tune up bersih2 fuel line, ganti fuel filter, cuci injector..

Pernah juga kayak kurang listrik, ternyata dinamo ampere modar, setelah dibawa nerobos banjir..

Sekarang PRnya getarannya melebihi mesin diesel, kudu ganti engine mounting

Pajero ane pernah tiba2 mati, diidupin ga mau, ternyata fuel pump rusak

Pernah juga gejala yg sama, ternyata selang karet antara fuel pump ke pipa pecah..

Getz pernah ban geal geol, harus ganti bearing..


Kalo zebra sih, buku catatan dan penyakitnya udah penuh.. Yg parah putus timing belt, udah turun mesin beberapa kali tetep ga bisa enak lagi, akhirnya ganti mesin segelondong
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by doq »

tanda2 mesin ga normal sering jg di baenol saya, cm yg bikin aneh tuh setelah beberapa saat gejala2 ga enak itu ilang dg sendiri nya............jd bingung :e-wall:
tempohari ada tetesan coolant ditempat yg ga seharus nya, sekarang udah ngga ada........
tempohari boros ajubile, sekarang cuman boros aja......
tempohari terasa kaya ada gesekan2 entah apa, sekarang ngga terasa lg..........
bingung emang :e-wall: :e-wall:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by gmx »

Pajero ane pernah juga awalnya kan radiator pake air biasa, trus ane pakein coolant, ga lama kok airnya berkurang terus, dicek dengan teliti ada bocor bagian depan mesin, beres setelah ganti water pump

Pernah juga bunyi ngiiiiiing di sekitar fanbelt, beres setelah ganti tensioner atau pulley atau bearing fanbelt..

Eterna juga pernah air berkurang, mesin panas, ternyata motor elektrik fan mati, sehingga suhu panas dan selang radiator pecah, untung mesin ngga sempet overheat..
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by jalu »

untuk mesin bensin konvensional...seringkali montir salah analisa antara karbu mbrebet dng kondensor yg udh lemah....krn gejalanya hampir sama.... :upss: :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by maskopat »

Kalau aja kakak pembina buka bengkel... Ane bawa ke sono dah si SL...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by BADAK »

Ngomongin troubleshooting mobil gak akan ada habisnya.
Ibarat manusia, sakitnya jg bermacam2 :shrug:
Berikut nubie share sedikit pengalaman troubleshooting, yg mana isinya tidak hanya seputar mesin.
Master2 pliz dikoreksi kl ada yg salah.

- Oli berkurang & boros, mungkin ring piston bocor atau seal klep aus.
- Pedal rem amblas waktu diinjak dalam2, kemungkinan karet master rem udah perlu diganti.
- Gak bisa starter, jangan langsung memvonis aki nya yg koit. Untuk mobil diesel jadul bisa jadi busi pemanas udah mati, bisa jg dinamo ampere atau dinamo starter yg bermasalah. Kalo indikator aki menyala, kemungkinan brush starter udah waktunya ganti. Kalo waktu starter ada suara kasar dan mesin susah nyala, kemungkinan ada kerusakan pada bendix starter.
Untuk mesin bensin bisa jadi kerusakan ada pada fuel pump & sistem kelistrikan yg lain.
- Body terasa bergetar kencang, mungkin engine mounting udah pecah atau getas karetnya.
- Minyak rem berkurang, mungkin kampas rem udah mulai menipis.
- Suara dengung waktu waktu berjalan, mungkin bearing roda sudah aus.
- Suara dengung waktu gas diinjak, mungkin gigi gardan sudah aus.
- Stir bergetar, mungkin ban udah gundul sebelah atau roda tidak seimbang.
- Keausan ban tidak rata, kalau dilakukan spooring & balancing masalah tidak hilang, mungkin tie rod udah lemah & perlu diganti.
- Speedometer mati atau tidak akurat, mungkin kabel speedo putus, atau gear speedo sudah aus.
- Bunyi besi beradu sewaktu mobil akan berjalan, mungkin cross joint sudah aus.
- Indikator oli menyala, mungkin switch oli rusak, atau tekanan oli turun.
- Mesin overheat, mungkin kipas radiator mati, air radiator bocor, thermostat rusak, water pump jebol, fan belt selip.
- Aki overcharge, mungkin regulator rusak.
- Gigi transmisi loncat, mungkin kerusakan pada gigi transmisi atau ring syncromesh.
Ini dulu beberapa troubleshooting yg saya posting. Saya gunakan kata "mungkin" karena sebenarnya suatu troubleshooting sulit dipastikan tanpa dilakukan diagnosa. Jadi anggap saja ini hanya praduga saja kalau terjadi trobuleshooting seperti di atas.
Selanjutnya silahkan master2 untuk melakukan koreksi ataupun menambahkan list yg ada.
Nubie belajar dulu diatas genteng.......................
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by kapsul 97 »

jalu wrote:untuk mesin bensin konvensional...seringkali montir salah analisa antara karbu mbrebet dng kondensor yg udh lemah....krn gejalanya hampir sama.... :upss: :upss:
Kondensor tuh yang sebelah mana ya kak..?
ada pengaruh ke tarikan ga ya..?
emang fungsi kondensor apa ya ..?
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by kapsul 97 »

ad yang mengganjal ma tokisul ane, terakhir 3 kali ganti oli mesin ke belakang ini ane kan ganti oli gardan+perseneling, kebetulan yang dua kali pertama pake pertamina roared yang biasanya pake spirax, nah pas ganti pertamina ini terkadang kok kalu gi mau masuk gigi mundur suka susah (ga setiap saat, sesekali ja) dan bunyi besi beradu gitu, ane pikir apa karena olinya, trus di ganti oki ke-3 ane balik ke spirax lagi, tapi kok masih kayak gitu kondisinya, kira2 apanya ya .. ?
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by jalu »

kapsul 97 wrote:
jalu wrote:untuk mesin bensin konvensional...seringkali montir salah analisa antara karbu mbrebet dng kondensor yg udh lemah....krn gejalanya hampir sama.... :upss: :upss:
Kondensor tuh yang sebelah mana ya kak..?
ada pengaruh ke tarikan ga ya..?
emang fungsi kondensor apa ya ..?
yang saya maksud kondensor ini adalah pasangannya platina (sistem pengapian) :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by kapsul 97 »

@Om badak + gmx : mantab bro, bisa buat referensi banget, tapi mudah2an kendaraan kita sehat2 selalu ... :D
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by m4rio »

kapsul 97 wrote:
jalu wrote:untuk mesin bensin konvensional...seringkali montir salah analisa antara karbu mbrebet dng kondensor yg udh lemah....krn gejalanya hampir sama.... :upss: :upss:
Kondensor tuh yang sebelah mana ya kak..?
ada pengaruh ke tarikan ga ya..?
emang fungsi kondensor apa ya ..?

fungsi kondensor di sini itu adalah untk meredam loncatan percikan bunga api pada saat platina berhubungan, sehingga aur yang berlebih bisa di sedot oleh kondenssor dan apabila nanti dibutuhkan tambahan bisa melalui kondensor ini. CMIIW

bukan kondensor AC loh ya
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by kapsul 97 »

m4rio wrote:
kapsul 97 wrote:
jalu wrote:untuk mesin bensin konvensional...seringkali montir salah analisa antara karbu mbrebet dng kondensor yg udh lemah....krn gejalanya hampir sama.... :upss: :upss:
Kondensor tuh yang sebelah mana ya kak..?
ada pengaruh ke tarikan ga ya..?
emang fungsi kondensor apa ya ..?

fungsi kondensor di sini itu adalah untk meredam loncatan percikan bunga api pada saat platina berhubungan, sehingga aur yang berlebih bisa di sedot oleh kondenssor dan apabila nanti dibutuhkan tambahan bisa melalui kondensor ini. CMIIW

bukan kondensor AC loh ya
Ooh iya, baru inget, berarti kalu yng dah CDI ga ada dong tuh kondensor..? apa tetep ada ..?
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Location: jakarta

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by nescafe »

kalau pengalaman saya, pada saat mesin sudah panas, coba di gas hingga rpm 1200 atau maksimal 1500.. kalau di mobil saya yang terdahulu akan terdengar suara tek..tek..tek..tek (atau semacam itu lah) yang sangat ternotice ditelinga.. setelah diperiksa, ternyata klep adjuster saya yang harus diganti..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by Nightster Guy »

Om Jalu....

Pengalaman pake mobil jadul platina y hehehe.... Yang pasti saat saya dulu megang Super Kijang ma Espass, tiap kali ganti platina pasti ganti kondensor. Betul, gejalanya HAMPIR sama. Pengalaman dulu, kalo karena kondensor lemah, mbrebetnya lebih 'teratur', kalo karbu kotor lebih 'berantakan' mbrebetnya. :)

Kadang heran juga sih, 'benda jelek berkabel secuil' yang gedenya cuman seujung jempol ini pengaruhnya besar banget pada performa mobil kalo dia uda ngadat minta pensiun hehehe....

Om Kapsul....

Tenang aja, dengan adanya CDI dengan sendirinya fungsi kondensor gak diperlukan lagi. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by solar_kerosen »

Nightster Guy wrote:
AD74YA wrote:Kalau mau nyalain mobil, pas starter tiba-tiba ada bunyi mendecit pelan-keras lalu hilang.... Atau saat nyalain AC ada bunyi mendecit yang serupa tapi hilang waktu di gas, itu biasanya timing belt minta ganti...

CMIIW
:ungg: Ummmm....

Keknya kalo bunyi berdecit gitu si fan belt alias V-belt deh, mods. :) Bukan timing belt. Kalo timing belt, tiba2 sesuka mood dia aja, mo putus y putus aja dia kagak bilang2 ke kitanya.. (pengalaman pribadi di Espass sampe 4 klep bengkok :frm_bang_head: ).

kalau sampai 4x mekaniknya gak waras itu pak
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by solar_kerosen »

tanda tanda mesin rusak susah di deteksi om , banyak masalahnya

- Bahan bakar kotor
- filter bahan bakar mampat
- busi mati
- throttle atau injector kotor atau sumbat

dan masih banyak lagi , setelan pengapian atau tangki solar masuk angin
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by kapsul 97 »

Nightster Guy wrote:Om Jalu....

Pengalaman pake mobil jadul platina y hehehe.... Yang pasti saat saya dulu megang Super Kijang ma Espass, tiap kali ganti platina pasti ganti kondensor. Betul, gejalanya HAMPIR sama. Pengalaman dulu, kalo karena kondensor lemah, mbrebetnya lebih 'teratur', kalo karbu kotor lebih 'berantakan' mbrebetnya. :)

Kadang heran juga sih, 'benda jelek berkabel secuil' yang gedenya cuman seujung jempol ini pengaruhnya besar banget pada performa mobil kalo dia uda ngadat minta pensiun hehehe....

Om Kapsul....

Tenang aja, dengan adanya CDI dengan sendirinya fungsi kondensor gak diperlukan lagi. :)
Thanks om NG .. :)
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by Nightster Guy »

solar_kerosen wrote:
Nightster Guy wrote: :ungg: Ummmm....

Keknya kalo bunyi berdecit gitu si fan belt alias V-belt deh, mods. :) Bukan timing belt. Kalo timing belt, tiba2 sesuka mood dia aja, mo putus y putus aja dia kagak bilang2 ke kitanya.. (pengalaman pribadi di Espass sampe 4 klep bengkok :frm_bang_head: ).

kalau sampai 4x mekaniknya gak waras itu pak
Wikssss....

Maksud saya, 4 klep yang bengkok bro, bukan 4x putus timing belt hehehehe.... Bener2 gak da gejala awal tuh si belt kalo mo putus. Untung putusnya saat mobil mo distarter bukan lagi jalan (RPM tinggi), bisa bubar semua tuh 16 klep Espass.. :e-doh:
Das Beste oder nichts.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by ak4ng »

Kbeneran ni.... Kl mbl g ad rem tangan gmn ngakalinnya ya???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: 26 Mar 2011, 13:18

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by FMEAKD »

kok AVANZA ane di tulus

DOHC 16V EFI VVTI :big_smoking: :big_smoking:
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: 12 Nov 2008, 23:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by scorpio »

@kapsul
tokisul gigi mundurnya emang rada rese oom, seumur2 ane nyetirin ini mobil. tiap mo mundur pasti harus oper ke gigi laen dulu, klo ga dijalanin dikit baru mau masuk. bisa dipaksain masuk tp pasti nanti ada bunyi besi ngadu..

@ak4ng
sedia batu di mobil buat ganjel ban k4ng :upss:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by gmx »

Setuju dengan om scorpio, sedia balok seperti kopaja/metromini/truck.. Atau di rem pake sendal
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by ak4ng »

Kl mobilnya S klas ms hrs bawa2 ganjel??.....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by BADAK »

ak4ng wrote:Kbeneran ni.... Kl mbl g ad rem tangan gmn ngakalinnya ya???
pake rem kaki :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Tanda-tanda/ciri-ciri mesin/kendaraan tidak normal

Post by kapsul 97 »

scorpio wrote:@kapsul
tokisul gigi mundurnya emang rada rese oom, seumur2 ane nyetirin ini mobil. tiap mo mundur pasti harus oper ke gigi laen dulu, klo ga dijalanin dikit baru mau masuk. bisa dipaksain masuk tp pasti nanti ada bunyi besi ngadu..

@ak4ng
sedia batu di mobil buat ganjel ban k4ng :upss:
kalu cerita kijang suka susah masuk gigi mundurnya emang sich ane sering denger emang kebiasaannya gitu, tapi sebelum 3 kali ini ganti oli gardan/perseneling kyaknya ga gini2 amat, secara ini mobil ane bawa tiap hari, jadi ada perubahan dikit aje ane tau ... :p
mudah2an ga ada ape2 sama kopling dkk ya .. :D
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post