Swap Engine

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bolakbalikmabok
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Jan 12, 2009 4:56

Re: Swap Engine

Post by bolakbalikmabok »

poeticmind wrote:maksudnya? aplikasi sama saja dengan kebanyakan kalo swap engine ya... begini bro, kalo swap engine itu dilakukan org karena pemikiran lebih cepat dan lebih murah dibanding turun mesin. kedua adalah alasan performance upgrade.
tapi ada baiknya swap engine menyediakan dana 2 X N (N itu engine 2nd price). jika harga engine 2nd nya 5jt (misalnya), sediakan dana 10jt. memang tidak harus, hanya utk jaga2 saja.

back to 2LT, menurut saya tidak terlalu jauh peningkatan performance nya dari 2L, malah lebih baik kenapa tidak mencari turbo saja buat engine yg sekarang? hehehe!

iyaaa saya tertarik pengen ganti 2LT karena menurut saran tmen2 saya lebih baik beli langsung mesin 2LT aja drpd nambahin turbo di mesin standar skrg yg berkode 2L,,
soalnya denger2 bnyk kasus retak rambut di cyl head,,
karena mesin yg skrg memang tidak diperuntukkan memakai turbo,,
jadi minimal settingan boost diperkecil,,
karena mesin yg skrg kan high compression,,
nah kalo 2LT kan memang dr sananya sudah memakai turbo jadi tinggal pasang saja mesinnya,,
kepraktisan itu yha buat saya tertarik om,,
hehehe,,
cuma masi sembari nabung sih,,
lg nyari2 info dulu skrg,,
maklum masi mahasiswa,,
masi seret duitnya,,
hehehe,,
pengeng bgt ngerasain diesel turboo,,
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Swap Engine

Post by poeticmind »

beda bro... 2LT standar dan diesel 2L dipasang turbo, sensasi nya lebih galak 2L+turbo. 2LT standarnya bukan turbo utk performance. soal retak rambut, rasanya semua ada resiko. seperti yg bro katakan, boost diperkecil saja... itu benar.
Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Swap Engine

Post by billyd1773dz »

^^
hehehe om bolakbalikmabok blm jadi aja nih swap engine?

bener kta om poeticmind mesin 2L standar di kasih turbo CT20 pasti lebih nendang dri 2L-T asli, karena compresinya udah tinggi di tambah turbo pula tentu jadi lebih nendang, orng2 yg suka balap juga lebih milih pke mesin N/A d tambah turbo boost 1.2bar biar ngacir. resikonya tentu jeroan mesin terancam. okelah klw bwat balap sih, kan pling gaspol 15menit udah aja diem.... sedangkan mobil yg untuk daily use kan tiap hari dipke, klw gas pol terus bisa ancur tu mesin, retak lah atw apa.. klw resiko tidak jadi soal dan tetep bwat harian, boost turbo baiknya di 0.5bar, hasilnya juga untuk daily use udah lebih enak dri 2L-T karena,tenaga nendang d RPM bawah khas mesin N/A tetep terasa, di tambah boost turbo di rpm atas membuat jd enjoy d tiap rpm..

tapi klw uji dyno, sya rasa tetep 2L-T asli lebih besar powernya apa lgi CR mesin rendah membuka peluang untuk menaikan boost tinggi, bedanya d power curvenya 2L-T bakal dasyat d rpm atas, dan lemot d RPM bawah, karakter diesel N/Anya hilang. dan karakternya jd kya mesin sedan bensin

terus klw masang d kijang bisa jadi langsung plek bisa jadi mesti rubah mounting atau penyesuaian lain. karena engine 2L-T ini di gunakan toyota di berbagai mobil dan platform dari SUV D-cab sampai MPV tentu mounting semuanya blm tentu sama, apa lgi klw copotan hiace, yg mengunakan mesin d kolong, pasti ada yg berbeda dgn di SUV/truk macam hilux atau landcruise 70.. nah beda lgi sma kijang.. ini ngikutin monting mobil yg mana? nda perlu khawatir,masalah rubah mounting bukan masalah besar.. toh saat masang yg memikirkan montig dan pemasangan tentu bengkel yg anda percayakan kan?

selain itu, klw lihat spek mesin 2L-T 94ps 215Nm dan versi ECUnya 2L-TE 97ps 240Nm berbanding diesel 2L yg 83ps
kyanya peningkatan performanya tda begitu besar nih...

kemarin liat dkoran mesin ford ranger yg non CRD di lego 6.5jt tu... ini sih 110ps lumayan... hehehehe toh klw om ngeswap mesin, sebagian besar mengenai pemasangan mounting dll di serahkan bengkel kan?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ariandy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Jul 08, 2008 9:25

Re: Swap Engine

Post by ariandy »

poeticmind wrote:
satyr wrote:swap engine selama ga ketauan ga papa

tp kalo ketauan --> isi sendiri deh..tau kan gmn kalo urusan ama polisi di Indo :D
swap engine tidak ada masalah, tyr... bawa saja engine lama nya utk didata dengan engine baru. saat ini engine swap sudah lebih mudah dibanding jaman dulu. ada keloggaran yg diberikan oleh yg berwenang. dan biayanya sangat sangat murah.
Maksudnya gimana nih bos? Ini berlaku hanya untuk mesin resmi (ada faktur) aja? Kalau mesin limbah tanpa faktur gimana?
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: Swap Engine

Post by KIOS3R »

maksudnya abis swap lgs bawa ke kantor pokis, ngurus STNK baru gitu bro.
kalo ketauan mesin beda pas lagi razia gitu bisa kena 500 - 1jtan
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
ariandy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Jul 08, 2008 9:25

Re: Swap Engine

Post by ariandy »

KIOS3R wrote:maksudnya abis swap lgs bawa ke kantor pokis, ngurus STNK baru gitu bro.
kalo ketauan mesin beda pas lagi razia gitu bisa kena 500 - 1jtan
Kalo mesin barunya dapet dari limbah gitu yang gak ada faktur sama surat2 resmi, bisa gak diurus lewat jalur resmi perubahan STNK?

Trus kalo razia emang sampe buka kap mesin trus cocokin nomer mesin ya bos?
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: Swap Engine

Post by KIOS3R »

hmm,, kalo temen temen saya malah pada beli mesin ex singapore smua, dan dari beberapa orang tuh hanya 1 yang resmi, smua "ngakunya" pada gampang ngurus ke pokis, tapi emang ada biaya tambahan, gw jg ga ngerti biayanya berapa,,,

razia balap liar aja om yang sampe cocokin nomer mesin, kalo razia biasa sih kaga.
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Swap Engine

Post by jalu »

misalkan mesin asli 1500cc lalu di swap ke mesin 1800cc, saat dokumennya diurus nanti apakah kategori pajaknya ikut berubah mengikuti kapasitas mesin yg terpasang ataukah tidak ada perubahan ?

gimana kalo bekgitu....?? :roll:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Swap Engine

Post by AD74YA »

jalu wrote:misalkan mesin asli 1500cc lalu di swap ke mesin 1800cc, saat dokumennya diurus nanti apakah kategori pajaknya ikut berubah mengikuti kapasitas mesin yg terpasang ataukah tidak ada perubahan ?

gimana kalo bekgitu....?? :roll:
Setau saya pajak tetep berdasar CC yang terpasang baru.. CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...