konsultasi blower pembuangan cat

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gunz
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 04, 2008 16:37

konsultasi blower pembuangan cat

Post by gunz »

salam kenal temen2 SM, newbie nih..
mohon petunjuk dari temen2 SM yg punya bengkel. saya baru mulai usaha cat mobil di rumah sendiri tempatnya di garasi. luasnya cuma buat 1 mobil sekitar 5 x 3 m. yang jadi masalah adalah asap catnya ganggu lingkungan sekitar. kira2 berapa harga blower penghisap n merk apa yg recomended tapi yg murah hehehe..? trus kira-kira proses pembuangannya seperti apa yah?

oya, sekalian deh tanya harga heater n merknya. kalo di bandung barang-barang ini bisa di beli di mana yah? ada yg tahu toko yang recomended? mohon petunjuknya.. thxb4

salam,
gunz
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by sjamsul »

met kenal juga nih bro gunz, met datang di sm. Klo mo lbh enak silahkan liat http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =15&t=8181

Untuk masalah yg nt tanyakan coba aja cari di halaman kuning (yellow pages).
Mudah2an membantu. :mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by imsus2c »

Meneer gunz, saya bekerja di industri manufacturing/pabrik (meskipun bukan bidang otomotif) yg ada divisi painting-line nya juga.

Painting line ini sebenarnya sederhana kok meskipun yg sophisticated (mahal) juga ada.

Sistem exhaust (pembuangan) ada 2, basah dan kering. Kering lebih nyaman tapi mahal, udara yg mengandung solvent dan cat (yg dibilang asap tadi :mrgreen: ), dihisap trus dilewatkan semacam filter. repotnya, filter ini kalo sudah terlalu kotor ya wajib diganti.

Cara lainnya adalah sistem basah, atau bisa disebut "watercurtain". Udara kotor tadi dihisap, trus disalurkan lewat pipa ducting, nah...triknya di ujung pelepasan pipa ini tadi. Buatkan semacam kolam air, luasnya kira2 3-5 kali diameter pipa ducting, ujung pipa tadi diarahkan ke kolam itu, jangan sampai terbenam, kira2 2-5 cm dari permukaan air. Hembusan udara kotor tadi akan kena air, nah solvent dan cat akan "tertangkap" air tersebut. Kuras air 1-2 minggu sekali atau kalo sdh terlalu kotor gitu...

Kalau mau bagus dan aman, pengerjaan ini mendingan dikerjakan bengkel khusus ginian (kalo meneer gunz domisili jabotabek sih pasti banyak tuh). Yg perlu diingat (kalo faktor safety nomor 1 lho), tidak sembarang kipas pengisap boleh dipakai. Harus pake kipas dengan rating "flameproof" dan insulation ratingnya minimum "Class B"
Hal ini penting, mengingat yg bakal dihisap adalah udara yg mengandung bahan-bahan mudah terbakar (misalnya solvent/thinner, cat, dsb), apalagi kalau pengerjaannya diruang tertutup. Kecuali kalau dikerjakan dihalaman terbuka....lain ceritanya hehehe :mrgreen:

Sorry loh....yg saya tulis diatas itu kondisi spray-booth yg "ideal"

Btw, ...semoga sukses "garage-shop"-nya meneer... :frm_salut:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
gunz
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 04, 2008 16:37

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by gunz »

@bro sjamsul
yellow pages.. yup tak terpikirkan hehehe.. tar ta liat2, thxalot :frm_tumbright:

@Bro imsus
wuaah, jawabannya jauh dari yg diperkirakan haha detil bgt! thxalot, ternyata tidak segampang yg dibayangkan, tapi memang harus begitu ya, untuk memerangi pencemaran udara. hmm.. garage-shop? keren juga.. salam sukses :frm_salut:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by imsus2c »

oya meneer, 1 lagi faktor safety yg mungkin meneer sudah tahu, tp gpp kan kl saya tulis disini...

kalo spray-booth (ruang pengecatan) dikatakan "relatif" tertutup, hati-hati pasang lampunya. Sangat tdk dianjurkan pasang bohlamp pijar atau lampu TL. Mungkin pake lampu kapsul saja (lampu model hemat energy itu loh..).

Dan usahakan, lampunya ditaruh di semacam box gitu, trus ditutup kaca (jadi mirip-mirip headlamp mobil), lampunya tidak terpapar langsung. Ini untuk mencegah kebakaran/ledakan, mengingat ruangannya cukup kecil, anggap aja PxLxT = 5 x 3 x 3 = 45M3, takutnya kalau sudah jenuh dengan uap solvent, trus terpercik api...bahaya....

untuk heater, ada 2 macam sumber energi. Yg paling praktis, tentu saja pake sumber energi listrik (heater), cukup ekonomis di investasi awal tapi biaya pemakaian lumayan tinggi tuh....apalagi kalo tarif listrik naik.

alternatif lainnya, pake boiler, nah ini investasi awal cukup mahal.... Bikin boiler, merebus air, sampe kira-kira 80-90*C, trus air panas dialirkan ke radiator, radiator ditiup fan. Jadi mirip2 house-heater di rumah2 luar negeri gitu loh...
Bahan bakar bisa kayu bakar, batubara ato lainnya....tapi ya ada efek samping juga....asap hasil pembakaran boiler tadi hehehe :mrgreen:

Kalo di divisi painting line beberapa pabrik sejenis tempat sy kerja, sumber panasnya pake sistem boiler. Di dalam drying-chamber tadi suhunya diset 45-60*C, ukuran ruangannya bisa sampe 20x20x5 meter....wwheewww.....kayak sauna :shrug:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by Mogeman »

Sekedar saran:
Karena yg mau dibikin dan tempat cuma buat 1 mobil, berarti system batch, bukan seperti spray booth asembly line di perakitan mobil '
Jadi tempatnya bergantian fungsi, pertma buat painting, rasanya cukup pake filter bag aja selain lebih murah dan simple sistemnya, lagi pula waste yg timbul tdk terlalu banyak apalagi kalo pake Airless sprayer..

Proses pengeringan, tinggal lihat jenis cat apa yg dipakai, kalo polyurethane suhu pengeringan lbh tinggi dibanding mis jenis NC
Mungkin bisa dipertimbangkan memakai lampu pemanas atw untuk suhu lebih tinggi bisa pakai oil burner dgn heat exchanger
imsus2c wrote: ... Harus pake kipas dengan rating "flameproof" dan insulation ratingnya minimum "Class B"
.
Brur, bukannya explosion proof ,rating class F/G ?.
Tapi rasanya sih kalo buat skala yg TS mau bikin sih cukup class B aja... asal pake system suction dan motor taruh diluar....
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by imsus2c »

Mogeman wrote:Sekedar saran:
Karena yg mau dibikin dan tempat cuma buat 1 mobil, berarti system batch, bukan seperti spray booth asembly line di perakitan mobil '
Jadi tempatnya bergantian fungsi, pertma buat painting, rasanya cukup pake filter bag aja selain lebih murah dan simple sistemnya, lagi pula waste yg timbul tdk terlalu banyak apalagi kalo pake Airless sprayer..

Proses pengeringan, tinggal lihat jenis cat apa yg dipakai, kalo polyurethane suhu pengeringan lbh tinggi dibanding mis jenis NC
Mungkin bisa dipertimbangkan memakai lampu pemanas atw untuk suhu lebih tinggi bisa pakai oil burner dgn heat exchanger
imsus2c wrote: ... Harus pake kipas dengan rating "flameproof" dan insulation ratingnya minimum "Class B"
.
Brur, bukannya explosion proof ,rating class F/G ?.
Tapi rasanya sih kalo buat skala yg TS mau bikin sih cukup class B aja... asal pake system suction dan motor taruh diluar....
iya sih meneer, diatas sy berusaha menulis opini kondisi ideal tapi masih masuk akal untuk budget "garage-shop" getoooh... :mrgreen:

Exhaust fan tipe flameproof dan spark/explosionproof sebenarnya mirip, tinggal tingkat insulasi/proteksinya saja. Menurut sy, untuk spray-cabin kecil dan hanya solventborne-paint, saya kira flameproof sudah cukup...itu saja selisih harganya sudah lumayan dibanding exhaust fan biasa... :e-whistle:
pake yg explosion proof tentu saja lebih baik (dan lebih mahal :e-snooty: ),...tapi "agak" mubazir. Explosionproof fan diperlukan jika udara dalam ruangan beresiko tinggi untuk "ignite", misalnya penuh dengan uap solvent dan partikel "grain", misalnya serbuk amplas, gerinda, butiran amplas itu sendiri...dll....

Termasuk juga Insulation Rating tadi...., makanya sy tulis "minimum class B" :mrgreen:
class B tahan sampai suhu (internal) s.d. 130*C....tapi...balik lagi....kalo insulation ratingnya bisa lebih tinggi....kenapa tidak :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
gunz
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 04, 2008 16:37

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by gunz »

ga nyesel deh gabung di ms, jadi nambah ilmu. maklum buka usaha tapi ilmunya baru dikit, baru bisa ngitung untung rugi doank hehehe.. :mrgreen: oya, montir saya mau pasang neon 40 watt buat penerangan katanya? atau sekalian aja lampu pemanas biar multifungsi buat pengeringan?

system yg dijelasin meneer imsus secara garis besar saya dah bisa nangkep. trus ada lagi system batch seperti yg disarankan bro mogeman. masih satu system dengan filter bag? cara kerjanya kaya gimana yah? lebih praktis dan lebih murah?

jd idealnya buat garage shop ini pake yg mana yah? luasnya persis seperti yang bro imsus sebutkan, artinya ruang lingkup yg tertutup seluas itu. nah kalo pas pengecatan, klo ga ada angin ya ngumpul di ruangan, kasian deh si tukang catnya. kalo ada angin, ya keluar gangguin tetangga. kurang lebih kondisinya seperti itu :e-doh: . tak henti2nya mohon petunjuk. thx semuanyah.. :frm_salut:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by imsus2c »

gunz wrote: jd idealnya buat garage shop ini pake yg mana yah? luasnya persis seperti yang bro imsus sebutkan, artinya ruang lingkup yg tertutup seluas itu. nah kalo pas pengecatan, klo ga ada angin ya ngumpul di ruangan, kasian deh si tukang catnya. kalo ada angin, ya keluar gangguin tetangga. kurang lebih kondisinya seperti itu :e-doh: . tak henti2nya mohon petunjuk. thx semuanyah.. :frm_salut:
wah...saya trus terang ga bisa kasih petunjuk lengkap nih meneer... :oops: secara painting line di tempat sy bukan untuk automotive, meskipun prinsipnya sama.

Nah, udara dalam tempat pengecatan atau pengeringan memang ga boleh statis, harus "+" (plus) atau mengalir. Caranya, harus ada udara yg dialirkan ke dalam kabin. Biasanya diambil dari atas/atap, disedot pake kipas, trus dilewatkan filter (supaya bersih). Kalau ada budget, bisa ditambah radiator (sesuadah filter), jadi ketika radiator diaktifkan, udara yg lewat akan hangat/panas, membantu pengeringan.

Udara tadi tentu saja harus dibuang (supaya sirkulasi). Kalau mau, lantai garasinya dibuatkan semacam kolam/parit (ini yg murah meriah loh) yg disirkulasikan keluar, tujuannya selain menjadi jalan udara supaya keluar, juga "menangkap" partikel cat/solvent. kalau yg model professional/built up, parit ini diganti pipa ducting, udara yg kesitu ditarik sama exhaust fan yg diujungnya dikasi filter untuk menangkap cat/solvent, supaya tdk menggangu lingkungan.

Model gini biasanya disebut "downdraft"

Untuk kecepatan aliran udaranya juga ga boleh sembarangan (idealnya). Biasanya di technical-spec cat yg dipakai, akan dikasi tau, berapa air-velocity yg ideal saat mengaplikasikan/mengeringkan cat tsb. Biasanya dalam satuan m3/sec atau m3/min atau m3/hour. Pokoknya kalo mau ideal....ya rumitlah....wekekeke :mrgreen:

Jangan lupa pak, kalo bisa, saat pasang lampu. mendingan taruh di box trus kasih pelindung (dari kaca/mika). Supaya lampu ini tdk terpapar langsung oleh uap cat/solvent.

Model downdraft td kira2 gambarnya kayak yg dibawah:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by Mogeman »

bro gunz,
Apa yg sdh bro imsus tulis diatas ,sya setuju dan cukup memenuhi standard minimum. Klao boleh saya tambahkan sedikit biar lebih mudah mendesain painting boothnya.

1. Tentukan dulu jenis mobil2 yg bro mau tangani, ambil ukuran yg terbesar.
Kasih jarak selebar lk 1,5 m disekeliling mobil agar tk cat ckp ruangan dan nyaman bekerja, tinggi 3 - 3,5 m ckp buat pengerjaan di roof mobil.

2. P.Booth yg mau dibuat jenis multi fungsi atw terpisah antara painting dan dryer.
Masing2 punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Idealnya asal area dan dana cukup dibuat terpisah karena masing2 punya spec teknis yg sedikit berbeda ,baik dari segi ukuran booth, suhu maupun aliran udaranya.

3. sistem pengeringan apa yg mau digunakan, pilihan al: boiler, gas/oil burner, electric heater.Infra red lamp.

4. Standard hasil pengecatan seperti apa yg mau dicapai, standard umum atau standard perakitan mobil. Ini mempengaruhi spec dan peralatan yg akan dipakai belum lagi dr segi QC nya.

Setelah general spec diatas sdh ditentukan baru langkah selanjutnya menghitung detailnya, spt ukuran kapasitas blower, berapa kapasitas panas yg diperlukan untuk ukr ruangan dan suhu yg ingin dicapai, dll

Sya anjurkan pake filter bag(semacam kantong saringan untuk menahan partikel2 cat) diasumsikan anda bikin yg multi function, karena pada proses pengeringan, adanya air sangat tdk bersahabat (percikan air dan humidity bisa mempengaruhi finish product). Saat pengerjaan tk cat dilengkapi dengan masker

Khusus untuk mendesain blower/fan ,pada saat proses painting aliran udara hrs cukup untuk menarik keluar "air borne" partikel cat, krn pd beberapa jenis cat, debu cat yg jatuh kembali kepermukaan yg sdh dicat akan mengurangi kualitas permukaan cat, selain itu juga untukl mencegah kabut didalam sprayy booth yg menhalangi pengelihatan tk cat, sebaliknya kalo aliran terlalu besar juga bikin boros cat krn lebih banyak yg tersedot keluar drpd menempel di mobil.

Mdh2an post tdk terlalu panjang ,sambung lagi kalo dirasa masih perlu..
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by Mogeman »

imsus2c wrote:
iya sih meneer, diatas sy berusaha menulis opini kondisi ideal tapi masih masuk akal untuk budget "garage-shop" getoooh... :mrgreen:

Exhaust fan tipe flameproof dan spark/explosionproof sebenarnya mirip, tinggal tingkat insulasi/proteksinya saja. Menurut sy, untuk spray-cabin kecil dan hanya solventborne-paint, saya kira flameproof sudah cukup...itu saja selisih harganya sudah lumayan dibanding exhaust fan biasa... :e-whistle:
pake yg explosion proof tentu saja lebih baik (dan lebih mahal :e-snooty: ),...tapi "agak" mubazir. Explosionproof fan diperlukan jika udara dalam ruangan beresiko tinggi untuk "ignite", misalnya penuh dengan uap solvent dan partikel "grain", misalnya serbuk amplas, gerinda, butiran amplas itu sendiri...dll....
:frm_salut:
Termasuk juga Insulation Rating tadi...., makanya sy tulis "minimum class B" :mrgreen:
class B tahan sampai suhu (internal) s.d. 130*C....tapi...balik lagi....kalo insulation ratingnya bisa lebih tinggi....kenapa tidak :e-whistle:
Daar ben ik het met je.... :frm_salut:
gunz
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 04, 2008 16:37

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by gunz »

to bro imsus n mogeman :frm_tumbright:

penjelasannya memang pada panjang, tapi memang itu yang saya butuhkan (detil) :mrgreen: dengan tambah ilmu kaya gini, saya jadi lebih membuka mata n tambah semangat buka usaha :e-dance: ternyata saya lebih ngerti di sini dibanding tanya2 offline, untung tanya2 dulu nih sama pakarnya.. :thanks:

masih banyak sih yang mau ditanyain, tapi sementara itu dulu deh fokusnya. senang bisa kenal dengan para ahli kaya nt berdua yang sama sekali ga pelit ilmu :frm_salut: thx for sharing brothers.. I'll be back with another questions :oops: ..hehe..

salam,
gunz
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by Mogeman »

u r welcome n gd luck...:D
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by imsus2c »

hehehe...barusan bisa OL nih... iya, goodluck dan sukses garage shop-nya meneer gunz...

buat meneer mogeman; akkoord...en dank U zeer :frm_salut:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by avansa »

Wah menarik neh pembahasanya,Ane ingin ikut nanya tapi bukan seputar teknik pengecatanya,masalh mengawali usaha ,apakah Bro Guns emang sebelonya kerja di Cat mobil atau punya back ground di bidang ini,atau sedikit tahu dan untuk pengerjaanya anda punya montir handal..? Trus mengenai ijin lingkungan apa Bro Gun lakukan atau enggak,ok ane tunggu jawabanya.
Bro Imzuz and Mogeman..Good ekplaine :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by imsus2c »

iya nih....mana meneer gunz...? :e-think:
semoga usahanya jadi jalan (dan lancar) :frm_salut:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: konsultasi blower pembuangan cat

Post by Mogeman »

lagi sibuk bikin booth kale....atw lagi kebanjiran order... :frm_tumbright: