Solar Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ineb
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14

Solar Indonesia

Post by ineb »

Maap sebelumnya saya bikin topik soal solar, soalnya saya tinggal nya di Jambi yg pastinya ga ada yg namanya solar DEX,apalagi shell...bio solar aja belom ada...yg mo saya tanyain disini tuh gimana efeknya solar biasa ini terhadap mesin diesel modern kaya innova D4D...jadi mesin nya ga cepet rusak...thanks all
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Solar Indonesia

Post by Hansen »

katanya sih nosel injektornya jadi cepet kotor... :ungg:
Image
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: Solar Indonesia

Post by kutkuy »

bensin type apa aja asal pertamina bikin injektor kotor
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
ineb
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14

Re: Solar Indonesia

Post by ineb »

nah tu dia...sekarang teknologi mesin dah maju banget...lha yg di daerah ini susah banget yah mo ngerawat mobil...kl mesin bensin masih untung ada pertamax (walaupun harga mahal)...lha yg diesel ga ada pilihan lain kl yg di daerah? makanya jadi mikir2 mo ngambil d4d...paling yg kuat n dah terbukti ya panther...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Solar Indonesia

Post by Turboman »

ineb wrote:Maap sebelumnya saya bikin topik soal solar, soalnya saya tinggal nya di Jambi yg pastinya ga ada yg namanya solar DEX,apalagi shell...bio solar aja belom ada...yg mo saya tanyain disini tuh gimana efeknya solar biasa ini terhadap mesin diesel modern kaya innova D4D...jadi mesin nya ga cepet rusak...thanks all
Coba posting foto warna cairan solar di Jambi spt apa.

Lalu bagaimana busanya setelah solar dikocok ? sedikit / banyak / cepat hilang / lama hilangnya ?

Ditunggu utk analisa.
* Bukan ajakan Beli *
impara
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Jan 13, 2008 2:08

Re: Solar Indonesia

Post by impara »

Innova diesel sempat stop produksi karena gak kuat sama solar diindonesia (note: waktu itu kadar sulfur di solar produksi pertamina rata2 3,500 - 5,000 ppm/parts per millions; sementara Shell 5,000 ppm). Dimana, mesin D4D Innova memang dibuat untuk pakai solar dg kandungan sulfur max. 500 ppm. Kesimpulannya, its going to be one hell of a job for Toyota buat ngasih penjelasan ke customernya yang complaint masalah ini. Sederhananya, di stop aja produksinya Innova diesel.

Pertengahan tahun lalu, Pertamina sempat ngeluarin standar baru utk kadar sulfur di solar yaitu max. 3,500 ppm. Nah, ini agak mendingan meskipun masih jauh dibawah standar euro 2 yaitu max.500 ppm. Beberapa engine diesel yang pakai commonrail keluaran Denso seperti Innova,Fortuner, dan beberapa mobil2 diesel Jepang masih problem. Tapi mobil2 Eropa dan Amerika yang pakai commonrail keluaran Bosch seperti Ford Ranger duratorq cukup bandel. Saya sempat tanya2 seorang rekan yang pakai solar biasa untuk Ranger duratorq di perkebunan sawit di siantar, menurut dia sampai Km34,000 tidak ada masalah.

Kalau ada yang punya data teknis perbandingan commonrail denso vs bosch mohon di share. Trims.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Solar Indonesia

Post by Turboman »

impara wrote:Innova diesel sempat stop produksi karena gak kuat sama solar diindonesia (note: waktu itu kadar sulfur di solar produksi pertamina rata2 3,500 - 5,000 ppm/parts per millions; sementara Shell 5,000 ppm). Dimana, mesin D4D Innova memang dibuat untuk pakai solar dg kandungan sulfur max. 500 ppm. Kesimpulannya, its going to be one hell of a job for Toyota buat ngasih penjelasan ke customernya yang complaint masalah ini. Sederhananya, di stop aja produksinya Innova diesel.

Pertengahan tahun lalu, Pertamina sempat ngeluarin standar baru utk kadar sulfur di solar yaitu max. 3,500 ppm. Nah, ini agak mendingan meskipun masih jauh dibawah standar euro 2 yaitu max.500 ppm. Beberapa engine diesel yang pakai commonrail keluaran Denso seperti Innova,Fortuner, dan beberapa mobil2 diesel Jepang masih problem. Tapi mobil2 Eropa dan Amerika yang pakai commonrail keluaran Bosch seperti Ford Ranger duratorq cukup bandel. Saya sempat tanya2 seorang rekan yang pakai solar biasa untuk Ranger duratorq di perkebunan sawit di siantar, menurut dia sampai Km34,000 tidak ada masalah.

Kalau ada yang punya data teknis perbandingan commonrail denso vs bosch mohon di share. Trims.

Ford Ranger Duratoq bukannya pake Siemens punya oom ?

Produsen sistem CRD memang makin ke sini makin bertambah seiring ramainya pasar penjualan mobil Diesel, Selain BOSCH, DENSO, Delphi juga ada Siemens & konon ga lama lagi Mitsubishi juga akan ngembangin hal yg sama. CMIIW

Kalo soal masalah / enggak dlm mengahadpi solar jelek mungkin tergantung dari jenis nozzle / injector, ukuran lubang di nozzle-nya serta sistem filter BBM nya. CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
ineb
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14

Re: Solar Indonesia

Post by ineb »

kl untuk mesin solar...apa saja yg perlu perhatian extra jika memakai solar kualitas jelek???untuk purging apakah bisa di bengkel resmi? soalnya belum punya rujukan bengkel umum yg bagus di Jambi